Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Radhi Aditya
"Penelitian ini menganalisis hubungan persepsi dan preferensi pada kepuasan dan tingkat penggunaan sistem pembayaran digital dan perbandingan pengaruh antara kelompok jenis kelamin dan kelompok umur. Di bagian akhir, juga dianalisis penagruh tingkat penggunaan dengan kebiasaan menggunakan sistem pembayaran digital. Dimensi persepsi meliputi kemudahan penggunaan, kegunaan, kepercayaan, hedonisme, sosial, self-efficacy, sikap, dan keamanan. Untuk variabel preferensi, faktor yang dipelajari adalah jenis transaksi yang dilakukan pada sistem pembayaran digital. Untuk variabel kepuasan, faktor yang dipelajari adalah tingkat kepuasan pengguna dalam sistem pembayaran digital. Untuk dimensi tingkat penggunaan, item adalah intensitas pengguna dalam menggunakan aplikasi pembayaran digital. Data yang dikumpulkan dari responden dianalisis menggunakan uji regresi linier. Dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi terhadap kepuasan, kepuasan terhadap preferensi, persepsi terhadap preferensi. Hubungan persepsi, kepuasan, dan preferensi terhadap tingkat penggunaan aplikasi sebagian didukung, dan hubungan tingkat penggunaan dan kebiasaan dalam menggunakan aplikasi juga didukung.

This study analyzes the relationship of perception and preferences on satisfaction and the usage rate of the digital payment system and the comparison of test differences between gender and age groups. To conclude the research, we also analyze the relationship of usage rate to habit of using the digital payment system. The perception dimensions include ease of use, usefulness, trust, hedonism, social, self-efficacy, attitude, and security. For the preference variable, factors that were studied are the types of transactions carried out on the digital payment system. For the satisfaction variable, factors that were studied are the level of user satisfaction in the digital payment system. For the dimensions of the usage rate, the items are the user intensity in using the digital payment applications. The data collected from the respondents were analyzed using linear regression test. From the research, we can conclude that there is a relationship between perception to satisfaction, satisfaction to preference, perception to preference. The relationship of perception, satisfaction, and preference to application usage rate is partially supported, and the relationship of usage rate and habit in using the applications is also supported."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54660
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Adhitya
"Akibat pandemi, terjadi pergeseran perilaku konsumen ke arah daring, khususnya jasa pengantaran makanan. Praktisi bisnis harus berstrategi agar menonjol dari pesaingnya, terutama cloud kitchen. Dengan memasukkan unsur seni atau art infusion, terutama seni urban ke dalam desain kemasan, konsumen berpotensi memiliki evaluasi terhadap produk dan niat membeli yang tinggi. Penelitian ini menggunakan kerangka SOR dengan stimulus tipe karya seni dan nama seniman, kemudian organisme berupa estetika produk dan persepsi kemewahan, serta evaluasi produk dan niat membeli sebagai respon. Hasil penelitian eksperimental menggunakan metode SEM membuktikan efek art infusion yang dimediasi penuh oleh persepsi kemewahan dan estetika secara bersamaan kecuali fine art. Namun penggunaan nama seniman tidak memiliki pengaruh signifikan. Studi ini membuka jalan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji seni perkotaan dalam bidang komersil. Sementara pemahaman perilaku konsumen dapat memberikan praktisi bisnis keunggulan kompetitif, karena efek dari art infusion dapat menciptakan nilai finansial secara langsung.

In light of the pandemic, there has been a shift in consumer behavior towards online services, particularly food delivery. It is crucial for business professionals to develop a strategy that helps them stand out, especially in the context of cloud kitchens. By incorporating artistic elements, particularly urban art, into the design of packaging, businesses have the potential to receive favorable evaluations from consumers and increase their intention to make purchases. This research study applies the SOR framework, utilizing artwork type and the artist's name as a stimulus. It examines how consumers perceive the product's aesthetics and luxury, as well as their evaluation of the product and intention to make a purchase as responses. The results of experimental research using the SEM method prove the effect of art infusion, which is fully mediated by the perception of luxury and aesthetics simultaneously except for fine art. However, the use of the artist's name does not have a significant effect. The results of the experiment, conducted using the SEM method, confirm the impact of art infusion effect, which is fully mediated by perceptions of luxury and aesthetics. This study paves the way for future researchers to explore the role of urban art in the realm of commerce. While understanding consumer behavior can offer a competitive edge to businesses, the inclusion of art infusion can immediately generate financial value."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mawaddah
"Berkembangnya UMKM yang setiap tahun terus meningkat jumlahnya, sebagai pelaku usaha mengakui bahwa kebutuhan untuk berinvestasi teknologi untuk sebuah toko itu dibutuhkan, salah satunya adalah teknologi sistem aplikasi POS (Point of Sales). Oleh karena itu, perusahaan jasa teknologi sistem aplikasi POS harus melihat peluang ini untuk memanfaat pelaku UMKM untuk loyal menggunakan sistem aplikasi POS. Pada penelitian ini, peneliti ingin menjelaskan anteseden apa saja yang mempengaruhi pelaku UMKM untuk loyal dalam penggunaan sistem aplikasi POS berdasarkan teori TAM. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 321 responden dan memiliki tujuan untuk meneliti anteseden apa saja yang mempengaruhi pelaku UMKM untuk loyal dalam menggunakan sistem aplikasi POS. Pada penelitian ini pelaku UMKM akan loyal untuk menggunakan sistem aplikasi POS ketika sistem tersebut memberikan kemudahan dan memberikan manfaat pada pelaku UMKM. Selain itu, fasilitas berupa sumber daya manusia, finansial, informasi penggunaan yang jelas, mudah menghubungi tim support, sistem memiliki fitur keamanan role access user dan teknologi yang terhubung dengan teknologi lainnya (dapat diandalkan) juga dapat menjadi anteseden dari pelaku UMKM menggunakan sistem. Hasil dari penemuan pada penelitian ini memiliki implikasi untuk mengembangkan teknologi sistem aplikasi POS agar pelaku UMKM loyal menggunakan aplikasi ini secara lebih efektif, baik secara teori maupun praktik.

The development of MSMEs continues to increase in number every year, as business actors recognize the need to invest in technology for a store is needed, one of which is POS (Point of Sales) application system technology. Therefore, POS application system technology service companies must see this opportunity to benefit MSME players to be loyal to using the POS application system. In this study, researchers want to explain what antecedents influence MSME actors to be loyal in using the POS application system based on the TAM theory. This research was conducted by distributing questionnaires to 321 respondents and aimed to examine what antecedents influenced MSME actors to be loyal in using the POS application system. In this study, MSME actors will be loyal to using the POS application system when the system provides convenience and provides benefits to MSME actors. In addition, facilities in the form of human resources, finance, clear usage information, easy contact with the support team, the system has a user role access security feature and technology that is connected to other technologies (reliable) can also be an antecedent of MSME actors using the system. The results of the findings in this study have implications for developing POS application system technology so that loyal MSME players use this application more effectively, both in theory and practice."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Elbert Ongko
"Kemajuan teknologi dan internet telah mentransformasi lanskap bisnis di seluruh industri, dengan munculnya berbagai saluran berbasis teknologi yang mentransformasi perilaku konsumen saat ini. Strategi omnichannel merupakan strategi pemasaran baru berbasis teknologi diseluruh platformnya dan mengintegrasikan banyak saluran untuk menawarkan shopping journey yang lengkap dan lancar untuk seorang konsumen. Ada gap antara perilaku konsumen yang sudah berubah dengan praktik implementasi strategi omnichannel. Paper ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan analisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen omnichannel saat berbelanja. Model penelitian ini dibentuk berdasarkan model UTAUT2 dan memasukkan variabel penelitian lainya. Model diuji dengan sampel berjumlah 495 responden konsumen restoran omnichannel menggunakan structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian ialah, berurut dari yang paling kuat: habit, facilitating conditions, personal innovativeness, hedonic motivation, performance expectancy dan social influence.

The advance of technologies has transformed the business landscape all across industries. The omnichannel strategy is a new advanced form of marketing, where by using technology across platforms, enable integration of different channels for consumers to shop with a unique and complete shopping experience. There is a gap between the behavior of consumers and the know-how of companies in implementing omnichannel strategy. This paper aims to analyse the factors that influence omnichannel consumers’ behavior in shopping. An original model was developed based on variabels used in UTAUT2 and other previous research. The model was tested with a sample of 495 consumers of omnichannel restaurants using Structural Equation Modelling. The results indicate that key determinants of purchase intention in omnichannel context are, in order of importance: habit, facilitating conditions, personal innovativeness, hedonic motivation, performance expectancy and social influence."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinaldy Hassanudin
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25432
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Budi Tjahjono
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T25440
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dave Akbarshah Fikarno
"ABSTRACT
The aeronautics industry is of major importance for a country such as Indonesia
that comprises of islands. Apart from that matter, global development makes this
industry as one of the main factor of creating communication among nations. But
it is such a shame that in recent years, Indonesia?s aeronautic industry has been
in dire states. This was caused by low safety flying standards, indicated by major
airline accidents that prohibited Indonesia?s airlines to enter the European
Union.
The heart of the matter in this thesis is ?Why are Indonesia?s airline?s security
standards still so low?? By knowing the crux of the matter of such low security
levels in the airlines industry, I thereby, have certain strategies to increase such
security standards in Indonesia?s aeronautics industry.
The methodology in this thesis is divided into two parts, the first being a method
of evaluating the airlines institution performances to create safety flying
procedures. From the result of undergoing such a research, it was found that each
airlines institution contributes towards such low-key safety flying standards.
The result of research on consumer behaviour shows that the majority of
Indonesian airlines consumers do prefer cheaper rates. Making strategies of
cheaper tariffs is quite an effective application.
This, therefore, brings to conclusion that each airlines institution in Indonesia
lacks quality performance, and therefore, every sector is contributing towards low
safety flying procedures. Cheap tariffs is surely a potential risk towards low
maintenance costs for the airplanes, which would eventually cause low safety
conditions in Indonesia?s airlines industry.
"
2009
T 26298
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tirta Rahman Maulana
"Tingginya tingkat pembangunan konstruksi di wilayah DKI Jakarta, berakibat pada meningkatnya kebutuhan akan bahan bangunan. Khususnya permintaan akan rangka atap baja ringan. Dengan semakin banyaknya produsen rangka atap baja ringan di pasaran, sehingga perlu diketahui faktor-faktor benefit yang paling berpengaruh pada penggunaan rangka atap baja ringan di wilayah DKI Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya nilai pengaruh dan peringkat faktor-faktor benefit berdasarkan variabel kualitas, waktu, dan biaya, yang berpengaruh pada pemilihan penggunaan rangka atap baja ringan di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa faktor life time tinggi (variabel biaya) merupakan faktor benefit yang paling berpengaruh pada penggunakan rangka atap baja ringan di wilayah DKI Jakarta.

The high level of construction development in the DKI Jakarta area, result in increased demand for building materials. Especially light steel roof truss. As more light steel roof truss manufacturers in the market, it's need to know the benefit factors using light steel roof truss in the DKI Jakarta area.
This research aims to identify and rank the value of benefit factors on basis of quality, time, and cost variable, which affected for using light steel roof truss in the DKI Jakarta area. This research is a qualitative with case study method.
The results identified that 'high life time' (cost variable) is the most affected benefit factor of using light steel roof truss in the DKI Jakarta area.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29519
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Safia Lainufar
"Penelitian ini berfokus pada pengaruh dari perilaku konsumen dalam kegiatan berbelanja online melalui ecommerce yang mengarah pada pengabaian keranjang belanja. Penelitian diukur melalui variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen baik dari sisi ecommerce maupun internal konsumen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian conclusive causal dan single cross sectional dengan total 216 responden. Pengolahan data menggunakan Partial Least Square Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa push factors lebih mempengaruhi perilaku konsumen, sedangkan pull factors tidak memiliki pengaruh pada perilaku konsumen.

The focus of this study is the impact of consumer behavior in online shopping activities through e-commerce that lead to shopping cart abandonment. This study measured by variables that have several impacts in consumer behavior both by the ecommerce (pull factors) and the consumers itself (push factors). This study used conclusive causal and single-cross sectional research design, with 216 respondents obtained. The data processing was done by Partial Least Square Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 3 software. The result showed that push factors have impact on consumer behavior, while the pull factors do not have impact on consumer behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gianella Carmella
"

Pemahaman akan perilaku ritual konsumen merupakan hal yang penting untuk mempertahankan bisnis dalam tingginya presaingan, khususnya bisnis kosmetik yang kian menjamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi mengapa wanita membeli dan memakai lipstik cair serta menemukan perilaku ritual yang terkait dengan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa lipstik cair merupakan artefak ritual yang dapat mengkomunikasikan pesan melalui warna. Pemilihan warna dapat dipengaruhi oleh konsep diri serta pola perilaku dari konsumen lipstik tersebut. Penggunaan lipstik cair juga dilakukan dengan cara dan naskah yang signifikan serta bertujuan untuk mengubah penampilan dan menambah rasa percaya diri.


Understanding of consumer ritual behavior is important to maintain business in high competition, especially the cosmetics business. This study aims to explore why women buy and use liquid lipstick and find ritual behavior related to its use. This study uses the constructivism paradigm and qualitative approach with a case study strategy. The results of this study found that liquid lipstick is a ritual artifact that can communicate messages through color. Color selection can be influenced by self-concept and behavior patterns of consumers of these lipsticks. The script for lipstick application was ordered, consistent and aim to change the consumer’s appearance and increase self-confidence.

"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11 12 13   >>