Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 155 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Seoul: Moonji Media, 2009
KOR 495.782 LAN h II
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Seoul: Moonji Media, 2010
KOR 495.782 LAN h IV
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Seoul: Moonji Media, 2008
KOR 495.782 LAN h I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kawira, Lita Pamela
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Bahasa , 2010
899.221 GUR
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Liotohe, Wimanjaya K.
Jakarta: Balai Pustaka, 1991
808 WIM p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Kuswandari Banuwa
"[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas program SRSD (Self-Regulation
Strategy Development) berdasarkan metakognisi untuk meningkatkan
keterampilan menulis karangan pada siswa sekolah dasar. Intervensi yang
dirancang ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuannya
dalam meregulasi proses menulis karangan secara mandiri. Penelitian ini
menggunakan single subject design dengan melibatkan satu orang partisipan,
yaitu siswa perempuan berusia 11 tahun yang memiliki kecerdasan di atas ratarata
(Skala Wechsler), namun kesulitan dalam menulis karangan. Intervensi dibagi
ke dalam 10 sesi dengan durasi 60 menit pada setiap sesinya. Setelah dilakukan
analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test, ditemukan bahwa model SRSD
yang diberikan efektif dalam mengembangkan kemampuan metakognisi, baik
dalam hal planning maupun reviewing dan meningkatkan keterampilan menulis
karangan.

ABSTRACT
The purpose of this study was to know the effectiveness of SRSD program (Self-
Regulation Strategy Development) based on metacognition in improving story
writing skills on elementary students. This intervention expected to help
elementary students to develop their skill in regulating writing process
independently. This study is a single subject research with one student involved.
Participant is an eleven years old girl with an above average intelligent quotient
(Wechsler Scale), but having problem in story writing. This intervention was
given in ten session and 60 minutes for each session. Qualitative analysis was
applied to measure changes of writing score before and after the intervention. The
result of this study shows that SRSD model is effective in developing
metacognition, not only planning but also reviewing and improving story writing
skills., The purpose of this study was to know the effectiveness of SRSD program (Self-
Regulation Strategy Development) based on metacognition in improving story
writing skills on elementary students. This intervention expected to help
elementary students to develop their skill in regulating writing process
independently. This study is a single subject research with one student involved.
Participant is an eleven years old girl with an above average intelligent quotient
(Wechsler Scale), but having problem in story writing. This intervention was
given in ten session and 60 minutes for each session. Qualitative analysis was
applied to measure changes of writing score before and after the intervention. The
result of this study shows that SRSD model is effective in developing
metacognition, not only planning but also reviewing and improving story writing
skills.]"
2016
T45326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barnet, Sylvan
Boston: Bedford/St Martin's, 2014
808.042 BAR c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Rosma Pramodhawardhani
"ABSTRAK
Pembelajaran kolaboratif merupakan suatu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pengajaran menulis. Pembelajaran ini terjadi ketika pembelajar bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama Barkley, Cross, Major, 2005 . Dengan menerapkan pembelajaran kolaboratif dalam kegiatan menulis, setiap anggota dapat saling berdiskusi dan bertukar wawasan. Oleh karena itu, pembelajaran kolaboratif ini bermanfaat dalam penguasaan konten, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, dan meningkatkan kemampuan intrapersonal Johnson Johnson, 1999 . Namun demikian, tidak semua mahasiswa senang jika kegiatan menulis yang biasanya dilakukan secara individual, dikerjakan secara berkelompok. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran kolaboratif pada performa menulis esai dan melihat korelasi antara performa menulis esai dan sikap belajar mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel dari penelitian ini ialah mahasiswa tingkat satu fakultas X yang berjumlah 48 mahasiswa, yaitu 23 mahasiswa kelas kontrol dan 25 mahasiswa kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kolaboratif efektif dalam meningkatkan performa menulis mahasiswa terutama pada bagian thesis statement dan essay development. Terlebih lagi, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada korelasi antara sikap pemelajar terhadap metode kolaboratif dan performa menulis. Pemelajar dapat memperoleh manfaat dari metode ini secara optimal.

ABSTRACT
Collaborative learning is an approach that can be applied in teaching writing. This approach occurs when learners work together to achieve shared learning goals Barkley, Cross, Major, 2005 . In this case, each member of the group can discuss and exchange knowledge. Hence, collaborative learning is beneficial for learners in content mastery, development of critical thinking, problem solving skills, and improved interpersonal skills Johnson Johnson, 1999 . Nevertheless, not all learners are interested in working in groups especially in a writing course whose tasks are usually done individually. Therefore, this study aimed to measure the effectiveness of collaborative learning toward learner rsquo s writing performance and find out the correlation between learner rsquo s writing performance and their attitude toward the approach. This research is a quantitative and qualitative reasearch. The samples of the study are 48 freshmen of faculty X and they are divided into two groups. Twenty three learners were in the control class and twenty five learners were in the experimental class. The results show that collaborative learning can improve learners 39 writing performance especially in writing the thesis statement and essay development quality. Moreover, the results also found that there was a significant correlation between the learners rsquo attitude towards collaborative methods and their writing performance. "
2017
T48171
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Syawqi
"Bagi seorang penulis, kegiatan membaca dan menulis adalah dua hal yang saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan. Seorang yang bisa membaca belum tentu seorang penulis, tetapi seorang penulis adalah seorang pembaca sejati yang tak pernah bosan dengan berbagai bahan bacaan. Keduanya merupakan suatu ciri intelektual. Dalam menulis dibutuhkan minat yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi kebiasaan. Minat maupun kebiasaan membaca diperoleh seseorang karena dipelajari, tidak tumbuh dengan sendirinya. Kemampuan menulis pun tidak tumbuh begitu saja, melainkan sangat dipengaruhi oleh kebiasaan membaca dan kemudian diungkapkan kembali dengan cara menuliskan pemikiran yang sudah dikembangkan dan dipengaruhi oleh pemikiran si penulis itu sendiri. Dengan siklus itu, profesi pustakawan akan senantiasa berkembang karena selalu memperbaharui otaknya dengan pemikiran-pemikiran mutakhir, melalui proses membaca, mengkaji dan menyajikannya kembali dalam bentuk tulisan baru."
Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, 2017
021 MPMKAP 24:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11 12 13   >>