Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Basturi Hasan
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016
808.066 BAS r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kundharu Saddhono
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014
499.221 KUN p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ainun Fitri
"Latar Belakang: Skizofrenia ditandai dengan gangguan signifikan dalam persepsi dan perubahan perilaku. Gejala lainnya yang muncul termasuk delusi, halusinasi, pemikiran tidak teratur, perilaku tidak terarah atau agitasi yang ekstrim. Seseorang dengan skizofrenia mengalami kesulitan terus menerus dengan fungsi kognitif, namun pengobatan skizofrenia dapat dilakukan dengan patuh minum obat, psikoedukasi, intervensi keluarga, dan rehabilitasi psikososial. Gejala paling umum oleh penderita skizofrenia adalah halusinasi (persepsi yang salah tentang objek atau peristiwa yang melibatkan panca indra seperti penglihatan, suara, penciuman, sentuhan, dan rasa). Kasus: Ny. T (25 tahun) diantar suaminya karena sejak 2 minggu gelisah, sulit tidur, sering berteriak, bicara sendiri, mondar-mandir, tidak ada gairah, dan sudah tidak bisa diajak berkomunikasi. Pasien minum densol pukul 14.00 sudah di pasang NGT untuk kumbah lambung di RS Citra Insana. Pasien putus obat sejak 17 Januari 2023. Diskusi: Asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian, analisa data, perencanaan, implementasi hingga evaluasi. Seluruh proses asuhan keperawatan dilakukan selama sepuluh hari sejak 8 April-17 April 2023 di ruangan Utari Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor. Intervensi yang diberikan sesuai dengan standar asuhan keperawatan generalis untuk diagnosa utama halusinasi dengan dikombinasikan terapi menggambar dan menulis sebagai alternatif untuk mendistraksi pasien dari pikiran yang terpusat pada halusinasi yang muncul pada pasien. Kesimpulan: Penerapan intervensi generalis dengan pendekatan terapi seni menggambar dan menulis terhadap pasien Ny. T dengan masalah keperawatan halusinasi dapat mengurangi tanda gejala dan meningkatkan kemampuan mengontrol halusinasi

Background: Schizophrenia is characterized by significant disturbances in perception and changes in behavior. Other symptoms include delusions, hallucinations, disorganized thinking, disorganized behavior or extreme agitation. Someone with schizophrenia experiences continuous difficulties with cognitive function, but schizophrenia treatment can be carried out by adhering to taking medication, psychoeducation, family intervention, and psychosocial rehabilitation. The most common symptom of people with schizophrenia is hallucinations (false perceptions of objects or events involving the five senses such as sight, sound, smell, touch and taste). Case: Mrs. T (25 years) brought by her husband because since 2 weeks she has been restless, has trouble sleeping, often screams, talks to herself, paces back and forth, has no passion, and is no longer able to communicate. The patient drank densol at 14.00 and had an NGT installed for gastric lavage at Citra Insana Hospital. The patient has been off medication since January 17, 2023. Discussion: Care begins with assessment, data analysis, planning, implementation and evaluation. The entire process of nursing care was carried out for ten days from 8 April to 17 April 2023 in the Utari room of the Dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor. The interventions provided are in accordance with generalist nursing care standards for the main diagnosis of hallucinations with a combination of drawing and writing therapy as an alternative to distract patients from thoughts that are forced on hallucinations that appear in patients. Conclusion: The application of generalist interventions with a drawing and writing art therapy approach to Mrs. T with hallucination nursing problems can increase patient motivation to reduce signs and symptoms and improve the ability to control hallucinations."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Urip Santoso
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014
808.066 URI k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Lutfiyatun
"Pembelajaran di era revolusi industri 4.0 bertujuan untuk meningkatan literasi digital. Salah satunya adalah kompetensi menulis di media digital atau digital writing. Tugas-tugas sekolah pun sudah mulai beralih ke penugasan konten di media digital. Permasalahannya adalah bagaimana menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kreativitas serta meningkatkan kompetensi menulis peserta didik menulis di media digital. Tujuan kajian ini adalah mendeskripsikan bagaimana optimasi kompetensi menulis di media digital. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah analisis deskriptif atau kajian literatur yang menghasilkan data deskriptif dari berbagai hasil penelitian tentang pengalaman guru dalam optimasi kompetensi menulis peserta didik di media digital. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pengalaman parapendidik di kelas dalam menggunakan berbagai media penunjang latihan digital writing melalui Edmodo, Wattpad,Blog, dan Wordpress untuk membuat konten berupa ulasan, essai, dan tanggapan dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap kreatif dan produktif peserta didik sehingga dapat meningkatkan kompetensi dalam menulis dimedia digital. Selain itu, menurut peserta didik, menulis di media digital lebih menyenangkan dan dapat dilakukan lebih efektif, serta menumbuhkan minat menulis. Namun, pelaksanaannya menuntut peserta didik untuk aktif dan pendidik berperan sebagai fasilitator. Sarannya adalah bahwa para pendidik harus selalu menggali potensi peserta didik dengan memanfaatkan berbagai media digital yang ada"
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2020
371 TEKNODIK 24:2 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Cahyaningrum
"This research aims to improve learning process quality of writing argumentationtext and argumentation writing skills through the Think Pair Share model with audiovisualmedia of students X-10 grade SMA Negeri Kebakkramat. This research was a ClassroomAction Research (CAR) with two cycles. Data sources include events, informants, anddocuments. Data collection through interviews, observation, and document analysis. Datavalidity by triangulation method technique, triangulation of data source and informant review.Data analysis technique using comparative descriptive analysis technique. Think Pair Sharemodel with audiovisual is able to improve the quality of learning process of argumentationwriting skill indicated by teacher and student performance. In pre-cycles, the teacher andstudent performance values were still below the achievement indicator. In cycle I, thevalue of teacher performance increased to 69.29 and the percentage of student performanceof 47.22%. Meanwhile, in cycle II the teacher performance value became 80.71 and thepercentage of student performance became 78.95%. After the action done on the firstcycle, there were only 21 students who achieved the value of KKM (minimum completenesscriteria) which means it did not meet the achievement indicators. Implementation of ThinkPair Share with audiovisual media in cycle II showed a significant improvement inargumentation writing skill, that is, score of 31 students exceeded KKM. In conclusion, theapplication of Think Pair Share model with audiovisual media is able to improve learningprocess quality and argumentation writing skill for the tenth grade students of SMA Negeri Kebakkramat."
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Salma Putri Syakura
"Wattpad merupakan salah satu aplikasi atau platform digital yang populer bagi kalangan penulis dan pembaca yang memperbolehkan penggunanya untuk membaca cerita dan mempublikasikan cerita yang mereka tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Wattpad mempengaruhi perubahan dan perkembangan minat membaca dan menulis penggunanya dari sebelum dan sesudah mereka menggunakan aplikasi Wattpad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik Snowball Sampling dalam pengambilan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan enam informan terpilih dan ditambahkan juga lima studi pustaka sebagai pendukung pernyataan informan. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana Wattpad merubah minat membaca dan menulis pengguna setelah menggunakan aplikasi selama beberapa tahun. Kata Kunci: Platform Digital, Minat membaca dan menulis, Wattpad.

Wattpad is one of the most popular Digital platforms for reader and writer communities that can be used for reading stories or publishing stories or other writings. This research aims to compare out how Wattpad changed and developed its users’ interests in reading and writing before and after they use the application. The method used in this study is descriptive qualitative. This paper uses Snowball Sampling techniques in taking samples. The study employs data collection method by using semi-structured interviews with six chosen informants and five literature reviews to support the informants statements. The results of this research shows how Wattpad changes the users reading and writing interest after using the application for several years."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Fatmawati
"Artikel ini membahas tentang bagaimana menumbuhkan motivasi para pustakawan untuk menulis karya tulis/ karya ilmiah. Motivasi menulis diartikan sebagai dorongan untuk menulis. Untuk bisa menulis dibutuhkan adanya kemauan. Kemampuan pustakawan dalam menulis tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan membaca. Bagi pustakawan membuat karya tulis adalah bagian dari kegiatan utama unsur pengembangan profesi dan merupakan salah satu kegiatan yang ada di semua jenjang baik pustakawan tingkat terampil maupun ahli. Besarnya nilai angka kredit untuk kegiatan menulis termasuk lebih besar apabila dibandingkan dengan nilai angka kredit lainnya. Jenis karya tulis pustakawan bisa dibedakan menjadi karya tulis ilmiah, karya ilmiah, dan karya ilmiah populer. Publikasi mengenai perpusdokinfo di Indonesia antara lain bisa berupa jurnal, majalah, buletin, maupun lembar berita."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Isnaniah
"ABSTRAK
Keterampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk inen^iadapi
era globalisasi yang melanda di segala bidang. Oleh karena itu banyak
oraiig yang mengikuti kursus-kursus. Mmsusnya di LB-LIA, untuk
meningkatkan kemampuan merelsa dalam berbahasa Inggris.
Ketrampilan berbaliasa Inggris tidak lianya ditekankan pada kemampuan
lisan. tetapi iuga kemampuan menulis. Menurut Wright (1993)
kemampuan menulis adalali kemampuan yang paling sulit dipelajari oleh
siswa. Di LB-LIA, prestasi yang dituniukJcan siswa dalam pelajaran
menuUs belum menunjukkan kemampuan siswa yang sebenamya. Hal
ini diduga terjadi karena siswa memiliki derajat self-efficacy rendah pada
pelajaran menulis. Self-efficacy adalah keyakinan seseorang akan
kemampuannya dalam melakukan suatu tugas. Menurut Stipek (1993)
siswa yang memiliki self-efficacy rendali pada suatu tugas cenderung
untuk mengatribusikan kegagalan atau keberhasilannya dalam
melakukan tugas tersebut pada faktor-faktor di luai- diiinya (faktor
ekstemal).
Salah satu faktor ekstemal itu adalali umpan balik yang dibenkan gum
mengenai unjuk kerja siswa pada tugas tersebut. Dalam pelajaran
menulis ada dua jenis umpan balik vang biasa digunakan oleh guru untuk memberikaii unipan balik pada vuijuk keria siswa (Sliennaii. 1994).
Umpan balik itu adalah: (1) Error marked and corrected but without
explanation, yang bersifat iiifonnatif ; dan (2) Error marked and
corrected with explanation, yang sifatnya korektif. Menurut Shennan
(1994) pula. nmpan balik yang baik adalah unipan balik yang bergmia
dan dapat digimakan oleh siswa. Bagi siswa yang memiliki derajat selfefficacy
rendalu unipan balik korektif yang diberikan gum ini sangat
membanhi karena umpan balik korektif ini difokuskan pada unjuk kerja
siswa dan bukan pada kemampuan dirinya. Sehingga dengan pemberian
umpan balik korektif ini siswa tidak merasa terancam konsep dirinya.
Dari mnpan balik korektif ini siswa secara obyektif dapat mengetahui
kesalahan yang dilakukannya dan cara-cara untuk memperbaiki
kesalalian yang sama di masa datang. Seperti mnpan balik jenis lainnya,
umpan balik korektif dapat diinterprestasikan secara berbeda oleh
penerina dan pemberi mnpan balik. Banyaknya coretan yang berisi
penielasan yang dituliskan gum pada kertas menulis siswa mungkin akan
diinteiprestasikan oleh siswa sebagai penegesan atau hukuman atas
ketidak mamapuaimya dalam melakukan tugas menulis. Bila hal ini
ter^jadi. maka siswa tersebut semakin tidak man menunjukkan usalia yang
sungguh-sungguh dalam m-alakukan tugas yang sama di masa yang akan
datang. Sebagai akaibatnya prestasinya pada tugas tersebut di masa
datang juga akan semakin menurun. Oleh karena itu, maka penelitian ini
bertujuan meneliti efektivitas dari pemberian umpan bahk korektif
terhadap prestasi menulis siswa yang memiliki taraf self-efficacy rendah.
PeneUtian ini adalali penelitian eksperimen dua kelompok yang
menggunakan desain dua kelompok randomised pre-post control group.
Penempatan subyek ke dalam dua kelompok. yaitu kelompok kontiol dan
kelompok eksperimen dilakukan secara random. Pada kedua kelompok dilalcukaii pre dmi post test. Data hasil peiielitiaii iiii diolali dengaii
menggimakan t-test.
Penelitiaii iiii membuktikaii baliwa Ho yang menyatakan baliwa tidak
ada perbedaan yang signifikan antaia gain skor menulis kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol ditolak (t = 6.14 ; a =0.05). Sehingga
Ha yang menyatakan baliwa gain skor menulis kelompok eksperimen
lebih besar secara signifikan dibandingkan gain skor menulis kelompok
kontrol diterima. Jadi dalam penelitian ini terbukti baliwa umpan balik
korektif efektif untuk meningkatkan prestai menulis dalam bahasa
Inggris siswa dengan derajat self-efficacy rendali"
1998
S2943
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inayanti
"Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pemelajar bahasa. Sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis, peneliti menggunakan pendekatan Task Based Language Teaching (TBLT). Pendekatan TBLT dilakukan terhadap 19 mahasiswa tingkat 1 program studi Sastra Inggris dalam pembelajaran keterampilan menulis Deskriptif berbahasa Inggris. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berkolaborasi dengan dosen pengajar mata kuliah Menulis 1. Penelitian ini didukung dengan data kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan mahasiswa dalam proses belajar menulis Deskriptif dengan menggunakan TBLT. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari hasil tes pembelajaran menulis Deskriptif yang dilakukan pada siklus I dan siklus II. Selain itu, penggunaan TBLT dapat memotivasi mahasiswa dalam proses belajar. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan nilai tes menulis Deskriptif, observasi dan kuesioner. Dari hasil post-test menunjukkan peningkatan rata-rata nilai mahasiswa menjadi 85,6 yang semula rata-rata nilai pre-test mahasiswa 62,2. Terakhir, hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa hampir seluruh mahasiswa menyetujui penggunaan TBLT sebagai panduan dalam menulis Deskriptif serta terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa.

Writing skill is one of the skills that must be mastered by language learners. As an effort to improve writing skill, the author uses the Task Based Language Teaching (TBLT) approach. The TBLT approach is carried out on 19 Grade 1 students of the English Literature study program in learning Descriptive writing skill in English. The type of research conducted is Classroom Action Research (CAR) and collaborating with the lecturer of Writing 1. This research is supported by qualitative and quantitative data to determine the increase of students in the process of learning Descriptive writing by using TBLT. The results showed significant increases in the results of Descriptive writing tests conducted in the first cycle and second cycle. In addition, the implementation of TBLT motivates students in the learning process. The results of this study were obtained based on the scores of Descriptive writing tests, observations and questionnaires. The results of the post-test showed an increase in the average student score to 85.6 which previously the average pre-test score was 62.2. Finally, the results of the questionnaire also showed that almost all students agreed to use TBLT as a guide in writing Descriptive text and proved to improve student writing skill."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T52830
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library