Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmat Primadi
Abstrak :
Dalam mencapai tujuan dan sasaran dari tugas seorang insinyur pasti memiliki sistem manajemen operasi yang terorganisir dengan baik. Tujuan dari penulisan ini adalah Mendapatkan pengelolaan sistem manajemen operasi yang tepat sasaran. Upaya evaluasi manajemen operasi proyek pada unsur pengelolaan kontrak berupa membuat Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Analisa Teknis Satuan Pekerjaan, Daftar Kuantitas Harga, Metodologi dan Program Kerja. Upaya evaluasi Manajemen Proyek Memiliki sistem kerja terintegrasi melalui website. Memberikan solusi pada kegagalan struktur dengan cara pemadatan tanah dengan metode pelaksanaan vibro roller dan Dynamic Compaction. Kemudian stabilitas daya dukung tanah menambahkan lamestone, Subbase, dan Base Coarse. mengidentifikasi dan evaluasi dari keterlambatan pekerjaan dan ketidaktepatan perencanaan pengadaan material, tenaga, dan alat. Pembuatan master schedule dengan menambahkan faktor risiko didalamnya. Upaya evaluasi sertifikasi yaitu meregistrasi badan usaha sebagai jasa konstruksi terintegrasi sesuai dengan bidangnya sebagai kontraktor EPC design and build. Menambah tenaga ahli dan profesional struktur dan ME yang tersertifikasi oleh LPJK dan PII. Memiliki kerangka kerja perencanaan dan konstruksi yang tertuang pada prosedur pekerjaan. Meningkatkan pelatihan tenaga ahli dan profesional. ......In achieving the goals and objectives of an engineer must have well-organized operation management. The purpose of this paper is to get the management of operating management that is right on target. Efforts to evaluate project operations management in contract management are creating a Work Unit Price Analysis, Technical Analysis for Work Units, List of Price Quantities, Methodology, and Work Program. Project Management evaluation efforts Have an integrated work through the website. Providing solutions to structural failures through soil compaction using the Vibro roller implementation method and Dynamic Compaction. Then the stability of the bearing capacity of the soil adds limestone, Subbase, and Base Course. Identify and evaluate the delays in work and inaccuracies in planning the procurement of materials, personnel, and tools. Making a master schedule by adding risk factors to it. The certification evaluation effort is to register a business entity as an integrated construction service following its field as an EPC design and build contractor. Adding structural experts and professionals and ME certified by LPJK and PII. Have a planning and construction framework contained in work procedures. Improve the training of experts and professionals.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zakir Machmaud
Abstrak :
Manajemen Proyek konstruksi yang dilaksanakan oleh Divisi Konstruksi meliputi pembangunan Pembangkit, Transmisi dan Gardu Induk. Pada Divisi Konstruksi Jawa Bagian Timur, Madura dan Bali bidang konstruksi jaringan memelakukan fungsi pembinaan, pengawasan dan pengendalian kontrak konstruksi transmisi dan gardu induk. Industri konstruksi di Indonesia tidak luput dari dampak pandemi Covid-19 di Indonesia termasuk proyek jaringan ketenagalistrikan PT PLN (Persero). Pandemi Covid-19 menyebabkan timbulnya kebijakan dari pemerintah dalam hal ini Gubernur, Bupati dan walikota untuk mencegah penyebaran covid-19 melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meskipun sektor konstruksi merupakan tempat kerja/kantor yang masuk dalam kategori yang dikecualikan namun PSBB memberikan dampak terhadap pembatasan interaksi kegiatan kerja pada proyek konstruksi di PT PLN (Persero). Hal tersebut akan menyebabkan terganggunya waktu penyelesaian pekerjaan karena sumber daya proyek (man, material, machines) yang dibatasi. Pemberlakuan PSBB sebagai akibat dampak pandemi Covid-19 menyebabkan terganggunya penyelesaian pekerjaan Konstruksi Proyek Jaringan Ketenagalistrikan PT PLN (Persero) dan menyimpan potensi permasalahan dari sisi kontrak konstruksi yaitu berupa pengajuan klaim dari penyedia jasa berupa delay waktu pekerjaan, dan tambahan biaya. Mekanisme penanganan kontrak akibat dampak pandemi Covid-19 merujuk kepada ketentuan kontrak dan peraturan pengadaan barang dan jasa PT PLN (Persero). Penyelesaian klaim atas perubahan jadwal pelaksanaan pekerjaan dapat diberikan perpanjangan waktu pelaksanaan dengan melihat penyebab keterlambatan yaitu keterlambatan yang disebabkan oleh penyedia jasa dan keadaan yang terjadi diluar kehendak para pihak (keadaan kahar). Keterlambatan dari sisi pengguna jasa jika adanya larang perjalanan/pembatasan supervisi konstruksi sehubungan dengan peraturan internal PT PLN (Persero) dan Keterlambatan disebabkan keadaan kahar diberlakukan pada kondisi PSBB sebagai akibat dampak pandemi Covid-19. Pengajuan klaim tambahan biaya sehubungan dampak pandemi Covid-19 menurut pengadaan barang dan jasa PT PLN (Persero) diselesikan secara ketentuan kontrak melalui negosiasi musyawarah mufakat, namun jika mempertimbangkan ketentuan FIDIC atas dampak Covid-19 sebagai keadaan kahar maka hanya dapat diberikan kompensasi perpanjangan waktu tanpa kompensasi. Potensi sengketa kontrak dapat muncul apabila kedua bela pihak tidak sepakat terhadap tambahan biaya yang ditimbulkan sehingga sesuai kontrak diselesaikan melalui jalur arbitrase. ......Construction Project Management carried out by the Construction Division includes the construction of Power Plants, Transmission and Substation. In the East Java, Madura and Bali Construction Division, the network construction sector carries out the functions of guidance, supervision and control of transmission and substation construction contracts. The construction industry in Indonesia has not escaped the impact of the Covid-19 pandemic in Indonesia, including the Electrical Power Transmission Line Project of PT PLN (Persero). The Covid-19 pandemic led to the emergence of policies from the government in this case the Governor, Regent and mayor to prevent the spread of Covid-19 through Large-Scale Social Restrictions (PSBB). Although the construction sector is a workplace / office that is included in the exempt category, PSBB has an impact on limiting the interaction of work activities on construction projects at PT PLN (Persero). This will disrupt the completion time of work because of limited project resources (man, material, machines). The implementation of the PSBB as a result of the impact of the Covid-19 pandemic caused disruption in the completion the Electrical Power Transmission Line Project of PT PLN (Persero) and saved potential problems from the construction contract side, namely in the form of submitting claims from service providers in the form of work time delays and additional costs. The contract handling mechanism due to the impact of the Covid-19 pandemic refers to the contract provisions and regulations for the procurement of goods and services of PT PLN (Persero). Settlement of claims for changes to the schedule of work implementation can be given an extension of the implementation time by looking at the causes of delays, namely delays caused by service providers and conditions that occur outside the will of the parties (force majeure). Delays from the service user side if there is a travel ban / construction supervision restrictions in connection with the internal regulations of PT PLN (Persero) and the delay is due to force majeure imposed on PSBB conditions as a result of the impact of the Covid-19 pandemic. Submission of additional cost claims in connection with the impact of the Covid-19 pandemic according to the procurement of goods and services of PT PLN (Persero) is completed under contract terms through negotiation of consensus, but if you consider the FIDIC provisions for the impact of Covid-19 as a force majeure, compensation for extended time can only be given compensation. The potential for contract disputes can arise if the two parties do not agree on the additional costs incurred so that according to the contract it is resolved through arbitration.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Skill manajemen proyek di perlukan oleh mahasiswa teknik informatika. Manajemen proyek diperlukan untuk m,engelola proyek-proyek teknologi informasi agar dapat berjalan dengan sukses. ....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ralpy Machio
Abstrak :
[Kampung Deret merupakan program yang dicanangkan pemerintah DKI Jakarta untuk menangani permasalahan permukiman kumuh di Jakarta. Untuk mendapatkan efisiensi dari segi waktu, PEMDA DKI Jakarta menerapkan sistem prafabrikasi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) pada pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan PEMDA DKI menganut sistem kinerja 1 tahun anggaran. Akan tetapi, pada pelaksanaannya proyek kampung deret ini tetap mengalami keterlambatan. Ada banyak faktor dari tiap-tiap tahapan pelaksanaan proyek ini yang menyebabkan terjadinya keterlambatan. Oleh sebab itu tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan proyek tersebut. Setelah itu, baru diberikan rekomendasi untuk perbaikan pelaksanaan proyek kampung deret berikutnya. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada para pelaksana proyek ini, diantaranya adalah PEMDA DKI Jakarta, konsultan, supplier RISHA, dan masyarakat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji validitas dan realibilitas, uji homogenitas, analisa faktor, dan analisa regresi. Hasil yang diperoleh adalah terdapat 23 faktor yang mempengaruhi kinerja waktu. Dan berdasarkan analisa faktor didapatkan 5 faktor dominan yang sangat mempengaruhi kinerja waktu. ......"Kampung Deret" is a programme which proclaimed by local government of DKI Jakarta to solve the problem of slum areas in Jakarta. To obtain efficiency in terms of time, local government of DKI Jakarta applied a prefabrication system "RISHA" (Rumah Instan Sederhana Sehat). This is because local government of DKI Jakarta adopts 1 year budget working system. However, this Kampung Deret's development project was still remains delayed. There are many factors from each phase of this project implementation which caused delays. Therefore, the main objective of this study was to determine the factors that caused delays on that project. Afterwards, giving the recommendation to improve the implementation process on the next project of "Kampung Deret" . The data were obtained through the distribution of questionnaires to stakeholders who implement this project, such as the local government of DKI Jakarta, consultant, supplier of RISHA, and local society. The data were analyzed with descriptive statistics, normality test, validity and reliability test, homogeneity test, factor analysis, and regression analysis. The result is there are 23 factors that affect the time performance. And based on factor analysis, there are 5 dominant factors which very affect time performance;“Kampung Deret” is a programme which proclaimed by local government of DKI Jakarta to solve the problem of slum areas in Jakarta. To obtain efficiency in terms of time, local government of DKI Jakarta applied a prefabrication system “RISHA” (Rumah Instan Sederhana Sehat). This is because local government of DKI Jakarta adopts 1 year budget working system. However, this Kampung Deret’s development project was still remains delayed. There are many factors from each phase of this project implementation which caused delays. Therefore, the main objective of this study was to determine the factors that caused delays on that project. Afterwards, giving the recommendation to improve the implementation process on the next project of “Kampung Deret” . The data were obtained through the distribution of questionnaires to stakeholders who implement this project, such as the local government of DKI Jakarta, consultant, supplier of RISHA, and local society. The data were analyzed with descriptive statistics, normality test, validity and reliability test, homogeneity test, factor analysis, and regression analysis. The result is there are 23 factors that affect the time performance. And based on factor analysis, there are 5 dominant factors which very affect time performance, “Kampung Deret” is a programme which proclaimed by local government of DKI Jakarta to solve the problem of slum areas in Jakarta. To obtain efficiency in terms of time, local government of DKI Jakarta applied a prefabrication system “RISHA” (Rumah Instan Sederhana Sehat). This is because local government of DKI Jakarta adopts 1 year budget working system. However, this Kampung Deret’s development project was still remains delayed. There are many factors from each phase of this project implementation which caused delays. Therefore, the main objective of this study was to determine the factors that caused delays on that project. Afterwards, giving the recommendation to improve the implementation process on the next project of “Kampung Deret” . The data were obtained through the distribution of questionnaires to stakeholders who implement this project, such as the local government of DKI Jakarta, consultant, supplier of RISHA, and local society. The data were analyzed with descriptive statistics, normality test, validity and reliability test, homogeneity test, factor analysis, and regression analysis. The result is there are 23 factors that affect the time performance. And based on factor analysis, there are 5 dominant factors which very affect time performance]
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44725
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhavin Ariza Adrian
Abstrak :
Konsep pembangunan stadion telah berkembang pesat, dimana pembangunan stadion utama dan pelengkapnya seringkali dituntut untuk diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat dan waktu yang terbatas untuk memenuhi tuntutan jadwal acara yang akan diselenggarakan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mengontrol waktu pekerjaan konstruksi bangunan dapat dilakukan dengan memilih Kontrak Design and build. Situasi tersebut memicu terjadinya perselisihan, salah satu permasalahan yang muncul karena tidak adanya standar dalam menentukan perhitungan volume pekerjaan yang menyebabkan perbedaan pandangan dari berbagai pihak mengenai pengukuran volume pekerjaan. Kajian ini dilakukan untuk mensintesis dan mengembangkan Metode Pengukuran Standar (SMM) volume pekerjaan Design Development, Sitework, dan struktur pada bangunan utama stadion bangunan khusus gedung negara berdasarkan Work Breakdown Structure (WBS) dan untuk memodelkan hubungan antara metode pengukuran volume pekerjaan pembangunan, Sitework, dan pekerjaan struktur pada tingkat akurasi perhitungan volume pekerjaan menggunakan Structural equation modeling (SEM). Penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pertama adalah membentuk WBS standar pekerjaan Design Development, Sitework, dan struktur pada bangunan utama stadion yang hasilnya akan divalidasi oleh pakar. Bagian Kedua adalah membentuk SMM berbasis WBS yang telah dibuat dari bagian pertama lalu divalidasi oleh pakar. Bagian ketiga adalah membuat model hubungan antara WBS dan SMM terhadap akurasi perhitungan volume pekerjaan menggunakan SEM yang pada akhirnya divalidasi oleh pakar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa WBS dan SMM mempengaruh Akurasi Perhitungan Volume Pekerjaan secara positif, SMM berbasis WBS diharapkan dapat menjadi pedoman dalam mengukur volume untuk menetapkan metode pengukuran yang konsisten dan menghasilkan metode pengukuran yang dapat diterima oleh berbagai pihak. ......The concept of stadium development has developed rapidly, where the construction of the main stadium and its complementary sports venues is often required to be completed in a relatively fast and limited time to meet the demands of the schedule of the events to be held. Efforts that can be made to reduce or control the time of building construction work can be done by choosing Design and Build Contract. These situations trigger disputes, one of the problems that arise because there are no standards in determining the calculation of the volume of work which causes different views from various parties regarding the measurement of the volume of work. This study was carried out to synthesize and develop Standard Measurement Method (SMM) of the volume of design development, Sitework, and structures work in the Main stadium building by special state building with integrated design and build contract based on Work Breakdown Structure (WBS) and to model the relationship between the method of measuring the volume of design development, Sitework, and structures work on the level of accuracy of calculating the volume of work using Structural equation modeling (SEM). This research is divided into three parts, namely the first part is to form a standard WBS for Design Development, Sitework, and structures in the main stadium building, the results of which will be validated by experts. The second part is to form a WBS-based QMS that has been made from the first part and then validated by experts. The third part is to model the relationship between WBS and SMM on the accuracy of calculating the volume of work using SEM which is finally validated by experts. The results of the study concluded that WBS and SMM positively affect Work Volume Calculation Accuracy, WBS-based SMM is expected to be a guide in measuring volume to establish a consistent measurement method and produce a measurement method that is acceptable to various parties.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widiyo Dwihartanto
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini berkembang dengan pesatnya. Hal ini didukung pula oleh perkembangan teknologi informasi yang saat ini telah memasuki segala sendi-sendi kehidupan manusia. Merupakan hal yang wajar bila sekarang perkembangan budaya manusia sangat dipengaruhi oleh teknologi informasi dan sistem informasi ini.

Salah satu yang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat adalah ilmu Teknik Industri. Ilmu pengetahuan ini dapat dikatakan unik karena selain ia bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman, ilmu ini juga dapat diaplikasikan pada hampir seluruh segi-segi kehidupan manusia. Tidaklah mengherankan banyak perguruan tinggi yang mengajarkan ilmu ini kepada mahasiswanya.

Hal yang sama juga berlangsung di Universitas Indonesia. Melalui Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia, ilmu ini diajarkan pada salah satu program studinya yakni Program Studi Teknik Industri. Pengajarannya dimulai sejak tahun 1978 hingga saat ini dimana pada saat permulaannya berupa suatu Kabinet Teknik Industri.

Mengikuti perkembangan zaman, dirasakan wang gerak pengajaran ilmu Teknik Industri ini perlu diperluas. Hal ini merupakan suatu kewajaran, mengingat sifat ilmu ini dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Timbul pemikiran untuk mengubah status Program Studi Teknik Industri menjadi suatu jurusan yang Iangsung berada di bawah Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Mengantisipasi pemikiran tersebut, merupakan suatu hal yang baik jika ada suatu perencanaan pengembangan Program Studi Teknik Industri menjadi Jurusan Teknik Industri, sehingga nanti pada pelaksanaannya dapat menjadi suatu masukan yang berguna bagi pengembangan pemikiran tersebut.

Salah satu hal utama perencanaan pengembangan ini adalah sarana yang dibutuhkan oleh sebuah jumsan sebagai tempal untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sarana yang mendasar tersebut diantaranya adalah gedung, Iaboratorium, dan perlengkapannya yang merupakan sarana fisik. Dalam perencanaan fisik tersebut, akan Iebih mudah jika digunakan pendekatan manajemen proyek karena pendekatan ini dilakukan secara menyeluruh meliputi perencanaan proyek, pelaksanaan, dan kontrol pada proyek tersebut.
1996
S36529
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Wanhar
Abstrak :
Pada tahun 1990, berbagai perusahaan industri konstruksi mulai menyadari bahwa manajemen proyek adalah bukan sebuah pilihan melainkan sebuah kebutuhan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis faktor risiko dalam aspek manajemen proyek. Referensi utama manajemen proyek pada skripsi ini adalah PMBOK (Project Management Body of Knowledge). Penelitian kali ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner yang dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode AHP dan SNI risiko. Setelah analisis selesai maka dilakukan pembahasan mengenai penyebab, dampak, respon preventif dan korektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor risiko yang paling berpengaruh terhadap cost overrun terletak pada kelompok proses manajemen perencanaan. Apabila perencanaan dilakukan dengan baik dan matang maka eksekusi, pengawasan, dan penutupan akan berjalan dengan baik sehingga kinerja biaya proyek akan baik. Keberhasilan kinerja proyek 60% tergantung pada perencanan. ......In 1990, companies began to realize that the construction industry project management is not an option but a necessity. Therefore it is necessary to analyze the risk factors in the project management aspects. The main reference for project management of this final report is the PMBOK (Project Management Body of Knowledge). The research was conducted by distributing questionnaires, followed by analysis using AHP and SNI risk. Once the analysis is completed, then continued with discussions for the causes, effects, preventive and corrective response. Results of this study showed that the risk factors that most affect the cost overrun is planning management process group. If planning did well and properly, the execution, monitoring, and closure will run well so that the performance of the project cost would be good. The successful performance of the project 60% depending on the planning.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47148
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Try Habibie Arief
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membandingkan penerapan sistem upah harian dan borongan terhadap performa suatu proyek melalui metode System Dynamics. Metode System Dynamics digunakan untuk dapat menangkap manajemen proyek sebagai sebuah sistem yang kompleks dan dinamis sehingga simulasi implementasi kebijakan upah yang dihasilkan menunjukkan dampaknya terhadap proyek secara menyeluruh. Penelitian ini menemukan bahwa target biaya dapat dicapai dalam kedua sistem upah. Namun, sistem upah borongan gagal dalam mencapai target kualitas dan sistem upah harian gagal dalam mencapai target durasi. Selanjutnya, penelitian ini juga menemukan perbaikan dalam kebijakan sistem upah agar keduanya dapat mencapai ketiga target yang ada. Hasil dari temuan ini dibuktikan melalui simulasi model dinamis.
ABSTRACT
This study compares the implementation of piece rate and time rate incentive on project performance through System Dynamics. System Dynamics is suitable to capture project management as a complex and dynamic system which enable this study to systematically simulate the effects of compensation system on project. This study finds how cost target was both successfully attained on piece rate and time rate incentive. But, the piece rate incentive was unsuccessful on reaching quality target and time rate incentive was unsuccessful on reaching duration target. Furthermore, this study also uncovers how the compensation system could be improved to enable both in achieving all of the three targets. The outcome of this improvement was proven on the simulation of the dynamic model.
2014
S59953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Rahma Azis
Abstrak :
Breakdown merupakan sebuah aplikasi manajemen proyek berbasis JavaScript yang dapat dijalankan melalui perambah (browser). Breakdown mengadopsi kombinasi konsep breakdown structure dengan bentuk treetable dan formula Excel yang digabungkan untuk membuat aplikasi yang bersifat modular sehingga dapat digunakan secara modular dan dilepas-pasang sesuai kebutuhan. Aplikasi ini dilengkapi dengan library Analisa Harga Satuan (AHS) yang terstandarisasi dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menentukan kebutuhan-kebutuhan dan menghitung anggaran biaya yang diperlukan dalam sebuah proyek. Hasil pekerjaan pengguna menggunakan aplikasi selanjutnya dapat diekspor ke dalam berkas Excel. Dari segi kecepatan respons aplikasi pada beberapa perambah yang diujikan, diperoleh rata-rata waktu respons 6.22 milidetik apabila aplikasi dijalankan pada perambah Mozilla Firefox. Berdasarkan pengujian fungsionalitas dan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi diperoleh nilai rata-rata 2.88 untuk keseluruhan sistem (menggunakan kuesioner PSSUQ dengan nilai 1 sebagai nilai tertinggi). ......Breakdown is a JavaScript based project management application that can be run through a browser. Breakdown adopts a combination of breakdown structure concept in treetable form and Excel formula to create a modular application, so it can be used in a modular and removable as needed. The application comes with library of Unit Price Analysis (AHS) which is standardized to provide convenience for the user in determining requirements and calculate cost estimate of a project. The result can be export into Excel file. In terms of time response of the application on several browsers that are tested, gained an average 6.22 miliseconds response time when the applicaton is run through Mozilla Firefox. Based on functionality and user acceptance testing, obtained average score 2.88 for overall system (using PSSUQ Questionaire which is 1 as the highest score).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62670
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Wibisana
Abstrak :
The quality management issues in ceramic floor tile companies indicated by the existence of variation in ceramic floor tile quality, degrade companies cost performance. The research aims to determine the existing quality management, identify relevant six sigma process that can be implemented and to identify the six sigma variables that have major influence on cost performance. Exploratory research is applied in this research by interviewing and the using of questionnaires for two floor tile companies. The results showed that the two floor tiles companies have applied several six sigma processes and most of them can be implemented in those companies. Keywords: Ceramic floor tile, ceramic floor tile companies, quality management, six sigma
Permasalahan manajemen kualitas pada perusahaan keramik lantai yang ditunjukkan dengan adanya tingkatan kualitas pada hasil produk keramik lantai menurunkan kinerja biaya perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kualitas eksisting perusahaan keramik lantai, relevansi implementasi variabel proses six sigma pada perusahaan keramik di Indonesia dan untuk mengidentifikasi variabel proses yang berpengaruh besar terhadap kinerja biaya perusahaan. Penelitian eksploratif dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner kepada dua perusahaan keramik lantai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua perusahaan keramik yang diteliti telah menerapkan beberapa proses dalam metode six sigma dan sebagian proses metode six sigma relevan diterapkan dalam kedua perusahaan tersebut. Kata kunci Keramik lantai, Manajemen kualitas, perusahaan keramik lantai, six sigma
2017
S66370
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>