Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011
499.213 KAM k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Tjoa, Tiong Kwan
Abstrak :
Kita tak dapat membajangkan sebuah bahasa tanpa kata-kata. Kata-kata merupakan unsur penting dari bahasa. Kata-kata jang terdapat didalam sebuah bahasa lazim disebut perbendaharaan kata . Dengan bertambahnja pengetahuan pemakai bahaa, dengan bertambah madjunja masjarakatnja, bertambah kaja pula perbendaharaan katanja. Kata-kata baru timbul, tetapi ada djuga kata-kata jang usang, jang makin lama makin menghilang dari pergaulan sehari-hari, dan achirnja hanja terdapat dalam buku-buku lama sadja. Untunglah djumlah kata jang timbul itu djauah lebih besar daripada jang menghilang. Disamping kedua matjam kata itu masih ada lagi kata-kata jang tetap bertahan, tahan udji sepandjang masa.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1958
S11270
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Folse, Keith S.
Jakarta: Binarupa Aksara Press , 1993
428.2 FOL i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992
499.221 JUM
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sheddy Nagara Tjandra
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
495.61 SHE b (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Soepomo Poedjosoedarmo
Jambi: Pust Pembinaan dan Pengemangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1979
419.22 SOE t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
New York: N. A. L. Signet Books,
R 423 NEW
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Suranta Abd. Rahman
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Aninditya Nafianti
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan pola interaksi dapat
meningkatkan kompetensi pengasuh dalam mengembangkan kosakata anak pada
usia 18-30 bulan. Usia 18-30 bulan adalah masa terbaik untuk memperkenalkan
banyak kosakata. Pengasuh adalah salah satu orang terdekat anak yang sangat
potensial dalam menstimulasi kosakata anak pada saat ibu bekerja. Melalui
penerapan pola interaksi yang tepat, diharapkan bahwa kosakata anak dapat lebih
berkembang. Pola interaksi merupakan cara praktis untuk meningkatkan
perkembangan kosakata anak. Desain penelitian ini adalah before and after
design. Intervensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah program pelatihan
pola interaksi. Alat ukur yang disusun berdasarkan pola interaksi Otto 2010. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
program sebelum dan sesudah intervensi (p <0,05). Hal itu menunjukkan bahwa
pelatihan pola interaksi efektif untuk meningkatkan kompetensi pengasuh dalam
menstimulasi perkembangan kosakata anak usia 18 sampai 30 bulan.
Abstract
This research is aimed to find out whether training of interaction pattern can
increase caregiver?s competences in developing child?s vocabulary at the age of
18-30 months. The age of 18-30 months is a best period of to introduce many
vocabularies. Caregiver is a one of people closest to the child who is very
potential in stimulating child?s vocabulary at the time mother goes out to work.
Through the application of appropriate interaction patern, it is expected that
childs vocabulary can be better develop. The interaction pattern is a practical
way to increase the child?s vocabulary development. The design of this research is
before and after design. The intervention which has been applied in this research
is the training program of interaction pattern. The data is gathered through
behavioral check list which is desgined based on interaction pattern Otto 2010.
The result shows that there is a significant different between pre and post
intervention program (p<0.05). It indicates that the training of interaction pattern
is effective to increase caregiver?s competence of developing child?s vocabulary
at the age of 18 to 30 months.
2012
T31117
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library