Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011
499.213 KAM k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tjoa, Tiong Kwan
Abstrak :
Kita tak dapat membajangkan sebuah bahasa tanpa kata-kata. Kata-kata merupakan unsur penting dari bahasa. Kata-kata jang terdapat didalam sebuah bahasa lazim disebut perbendaharaan kata . Dengan bertambahnja pengetahuan pemakai bahaa, dengan bertambah madjunja masjarakatnja, bertambah kaja pula perbendaharaan katanja. Kata-kata baru timbul, tetapi ada djuga kata-kata jang usang, jang makin lama makin menghilang dari pergaulan sehari-hari, dan achirnja hanja terdapat dalam buku-buku lama sadja. Untunglah djumlah kata jang timbul itu djauah lebih besar daripada jang menghilang. Disamping kedua matjam kata itu masih ada lagi kata-kata jang tetap bertahan, tahan udji sepandjang masa.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1958
S11270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Folse, Keith S.
Jakarta: Binarupa Aksara Press , 1993
428.2 FOL i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992
499.221 JUM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sheddy Nagara Tjandra
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
495.61 SHE b (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soepomo Poedjosoedarmo
Jambi: Pust Pembinaan dan Pengemangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1979
419.22 SOE t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: N. A. L. Signet Books,
R 423 NEW
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Suranta Abd. Rahman
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Aninditya Nafianti
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan pola interaksi dapat meningkatkan kompetensi pengasuh dalam mengembangkan kosakata anak pada usia 18-30 bulan. Usia 18-30 bulan adalah masa terbaik untuk memperkenalkan banyak kosakata. Pengasuh adalah salah satu orang terdekat anak yang sangat potensial dalam menstimulasi kosakata anak pada saat ibu bekerja. Melalui penerapan pola interaksi yang tepat, diharapkan bahwa kosakata anak dapat lebih berkembang. Pola interaksi merupakan cara praktis untuk meningkatkan perkembangan kosakata anak. Desain penelitian ini adalah before and after design. Intervensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah program pelatihan pola interaksi. Alat ukur yang disusun berdasarkan pola interaksi Otto 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara program sebelum dan sesudah intervensi (p <0,05). Hal itu menunjukkan bahwa pelatihan pola interaksi efektif untuk meningkatkan kompetensi pengasuh dalam menstimulasi perkembangan kosakata anak usia 18 sampai 30 bulan.
Abstract
This research is aimed to find out whether training of interaction pattern can increase caregiver?s competences in developing child?s vocabulary at the age of 18-30 months. The age of 18-30 months is a best period of to introduce many vocabularies. Caregiver is a one of people closest to the child who is very potential in stimulating child?s vocabulary at the time mother goes out to work. Through the application of appropriate interaction patern, it is expected that childs vocabulary can be better develop. The interaction pattern is a practical way to increase the child?s vocabulary development. The design of this research is before and after design. The intervention which has been applied in this research is the training program of interaction pattern. The data is gathered through behavioral check list which is desgined based on interaction pattern Otto 2010. The result shows that there is a significant different between pre and post intervention program (p<0.05). It indicates that the training of interaction pattern is effective to increase caregiver?s competence of developing child?s vocabulary at the age of 18 to 30 months.
2012
T31117
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>