Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 135 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ronny Emerson P.S.
"Aliran fluida yang melalui silinder melintang akan menyebabkan adanya distribusi tekanan di sekeliling pem1ukaan silinder. Adanya viskositas dari Huida tersebutjuga akan menimbulkan terbentuknya lapisan batas di dekat permukaan silinder meiintang tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa aliran fluida di dalam saluran tertutup penampang segi empat yang di dalamnya terdapat pipa silinder dengan diameter 30 mm. Fluida yang digunakan adalah air biasa dan campuran air biasa dengan 5% dan 10% Gliserin.
Dari penelilian tersebut terlihat adanya distribusi tekanan yang berbeda-beda pada permukaan sllinder untuk setiap jenis aliran fluida. Sudut dimana pemisahan lapisan batas rnulai terjadi pada aliran Huida air cenderung lebih besar dibandingkan dengan aliran Huida campuran.

Fluid flow about a circular cylinder would caused a pressure distribution along the cylinder surface, and because of the viscosity of the fluid, a boundary layer grows along of the body surface starting at the front of cylinder.
The purpose of this research is to analyze fluid flow through a guadrangle duct where there is a lie athwart circular cylinder plugged horizontally in it. So, the fluid flow would crashed the body of the cylinder. The fluid, which is used in this research are water and a mixture of water and Glycerine ( C3H3O;,) witl1 5% and 10% concentration.
The result of this research showed that there are differences of pressure distribution around the cylinder in any fluid flow. The angle where separation of boundary layer started, tend to decrease with the increasing viscosity of the fluid.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37240
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fernando Arya Nugroho
"Udara merupakan gas yang tersedia pada alam semesta. Udara dapat berubah seiring dengan perbedaan kecepatan yang terjadi. Oleh karena itu, pada penelitian ini terdapat suatu box simulasi yang diasumsikan sebagai ruangan, aliran masuk dan keluar fluida yaitu udara, serta dinding penghambat aliran yang diletakkan di dalam box simulasi.
Penelitian ini dilakukan dengan simulasi CFD yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik pola aliran fluida dengan pendekatan dinamika fluida berdasarkan beberapa kecepatan masuk udara yang berbeda. Karakteristik pola aliran yang terjadi, kemudian dianalisa melalui grafik dan kontur yang terjadi dari hasil potongan.

Air is a gas which available in universe. Air can change together with the velocity difference which consists. Hence, on this research there used simulation box is a chamber which assumes, air intake flow and outflow, and then flow wall inhibitor what put in the simulation box.
This research is using CFD simulation with purpose to know fluid flow characteristic with fluid dynamics approaching and based on the several different air intake velocity. Flow characteristic which happen, and analysis into graphic and contour from plane after then.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50985
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elvin
"Desain suatu roket yang dihasilkan berdasarkan misi tujuan awal sangat mempengaruhi performa aerodinamika yang dimiliki roket tersebut. Dengan berbagai konfigurasi yang dapat dimiliki suatu roket dari profil nose cone, fineness, tail fin, propulsion dan berbagai komponen lainnya, tentunya akan menjadi sebuah tantangan untuk menghasilkan desain yang optimal untuk suatu misi. Dengan demikian dilaksanakan sebuah penelitian yang menguji performa aerodinamika roket terkhususnya drag dan pola aliran udara berdasarkan variasi geometri nose cone yang dibuat dari 4 profil umum. Profil-profil nose cone yang akan diuji dalam penelitian ini adalah conic, power series, tangent ogive, dan elliptical yang akan digunakan pada geometri motor roket FFAR Mk. 40 yang disederhanakan untuk mempermudah penelitian ini. Metode penelitian akan dilakukan secara numerik dengan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) dengan parameter-parameter yang sudah ditetapkan dan variabel input yang sesuai dengan operasional motor roket Mk. 40. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa nose cone dengan profil conic menhasilkan drag tertinggi dibandingkan 3 profil nose cone lainnya untuk kecepatan subsonik hingga transonik, sedangkan elliptical menghasilkan drag tertinggi untuk kecepatan supersonik. Profil nose cone yang menghasilkan drag terendah dari kecepatan subsonik hingga supersonik dalam penelitian ini adalah profil power series dengan kedua terbaik adalah tangent ogive.

Design of a rocket is dependent on the mission it is based on which entirely affects the aerodynamic performance of said rocket. With unlimited amount of rocket configurations readily available based on the variation of components and factors such as nose cones, fineness, tail fins, propulsion system and etc., the creation of a optimal rocket for a specific mission is sure to be challenging. In which case, a research is done to analyze the aerodynamic performance of a rocket specifically drag and airflow based on the variation of nose cone geometry made from 4 common profiles. The 4 nose cone profiles which will be studied in this research are conic, power series, tangent ogive, and elliptic which will be then attached to the simplified body of FFAR Mk. 40 rocket motor to ease the study. The research method used are numerical study with computational fluid dynamic (CFD) analysis with various parameters set and input variables based on the operational capabilities of the FFAR Mk. 40 motor. Based on the results of the research, we can conclude that the conic profile produces the most drag than the other 3 profiles during subsonic and transonic speeds and is overtaken by the elliptic profile at supersonic speed. The power series profile produces the least drag from the range of subsonic to supersonic velocity with the second least drag produced from the tangent ogive profile."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Agus Sulistia
"Penelitian yang dilakukan untuk tugas akhir ini mengambil tema Jatuh tekanan fluida air pada Mixing head spray Nozzle . Yaitu suatu nozzle yang merupakan komponen utama dari sistem spray mesin die casting. Mesin casting merupakan mesin pembuat part part casting (otomotif ) yang banyak terdapat di industri manufaktur khususnya otomotif. Output daripada penelitian ini adalah mencari nilai jatuh tekanan pada mixing head spray dimana nantinya dimanfaatkan untuk penerapan standar kualitas pada part casting , maupun improvement lanjutan yang membutuhkan nilai jatuh tekanan pada sistem spray. Kembali terkait dengan nozzle , komponen ini merupakan komponen yang di lewati oleh fluida cair dengan jatuh tekanan yang cukup besar. Nozzle ini memiliki dimensi yang cukup kecil dengan inside diameter 1.8 mm dan panjang nozzle 42.4 mm. Penelitian yang di lakukan selain mencari besar jatuh tekanan pada nozzle tersebut, juga mencari mass flow rate untuk kondisi operasional ( dalam satu kasus ). Metode penelitian yang di lakukan selain dengan perhitungan menggunakan persamaan fluida ,juga di lakukan dengan pengukuran aktual terhadap nozzle saat operasional serta pen simulasian menggunakan software cfdsof ( Computational fluid dynamic ) . Hal ini di lakukan sebagai pembanding / control terhadap perhitungan serta untuk mendapatkan nilai yang lebih akurat.

Research conducted for this thesis takes the theme of Pressure drop ater fluid on mixing head spray nozzles. That is a nozzle which is the main component of the die casting machine spray system. Casting machine is a machine parts manufacturer casting parts (automotive) are widely available in the automotive manufacturing industry in particular. Output than this study is to find the value of pressure drop on the spray mixing head where the latter used for the application of quality standards on the part casting, as well as continued improvement that requires the value of pressure drop in the spray system. Return associated with the nozzle, these components are the components that are skipped by the fluid liquid with a sufficiently large pressure drop. This nozzle has dimensions that are small enough with the inside diameter of 1.8 mm and 42.4 mm long nozzle. Research will be undertaken in addition to looking for a big fall in pressure at the nozzle, the mass flow rate is also looking for the operating conditions (in one case). Research methods in the do than by calculation using the equations of fluid, is also done with the actual measurements of the nozzle when the operational and simulated using software cfdsof (computational fluid dynamics). This is done as a comparison / control of the calculations and to obtain a more accurate value. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S979
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Rahmania
"Pipa merupakan sarana transportasi yang tepat untuk mengangkut heavy oil. Fluida non-Newtonian heavy oil memiliki karakteristik fluida shear-thinning. Namun, kendala yang muncul dalam penggunaan pipa sebagai media transportasi heavy oil adalah pressure drop yang tinggi sepanjang pipa. Penyebab dari tingginya pressure drop karena heavy oil memiliki viskositas yang besar sehingga dibutuhkan biaya dan konsumsi energi yang besar juga. Salah satu teknologi yang digunakan di industri migas untuk mengurangi pressure drop tinggi adalah metode core annular flow (CAF). Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan penghematan energi aliran laminar pada heavy oil 1 fase dengan metode CAF pada geometri pipa Y-junction. Juga menganalisis hidrodinamika aliran heavy oil 1 fase dalam pipa menggunakan simulasi computational fluid dynamics (CFD) pada ANSYS Fluent Student dengan model viskositas Carreau. Penghematan energi dihitung menggunakan konsumsi energi, power reduction factor, danpressure drop reduction. Penghematan energi tertinggi dan terendah dihasilkan oleh geometri Y50-50 dan Y20-50. Geometri Y50-50 menghasilkan nilai pressure drop reduction hingga 92,91% dengan penghematan energi sebesar 79,30%. Pressure drop tertinggi dihasilkan pada geometri Y50-20 karena mengalami penyempitan pada intersection pipa.

A pipeline is an efficient tool for transporting heavy oil. Non-Newtonian heavy oil fluid has the characteristics of a shear-thinning fluid. However, due to its high viscosity, the constraint of using pipelines to transport heavy oil is the high-pressure drop along the pipe. The cause of a high-pressure drop of heavy oil affects the cost and energy consumption. The core annular flow (CAF) method is a technology familiar in the oil and gas industry to reduce pressure drop in pipelines. In this study, energy savings have been served to compare the savings between single-phase oil laminar flow and the CAF method through a Y-junction pipe. Also, to analyze hydrodynamics of heavy oil flow through pipe using computational fluid dynamics (CFD) simulation in ANSYS Fluent Student with Carreau model viscosity. Energy savings are calculated by consumption energy, power reduction factor, and pressure drop reduction. The highest and lowest energy savings are produced by Y50-50 and Y20-50 geometry, respectively. Y50-50 generates pressure drop reduction by 92.91% with energy savings of 79.30%. On the other hand, Y50-20 has the highest pressure drop due to sudden contraction in the intersection of the pipe."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hamzah
"Teknologi Carbon Capture Storage merupakan teknologi yang menawarkan pemecahan atas masalah pemanasan global melalui pemisahan gas karbondioksida dari gas buang. Salah satu upaya dalam pengurangan biaya teknologi Carbon Capture Storage adalah penggunaan jenis isian kolom/packing yang memiliki efektivitas perpindahan massa lebih baik pada proses absorpsi karbondioksida sehingga dapat mengurangi biaya kapital kolom. Penelitian ini melakukan simulasi terhadap proses absorpsi karbon dioksida gas buang pada geometri satu unit packing jenis super mini ring menggunakan larutan MEA sebagai absorben pada perangkat lunak Computational Fluid Dynamic (CFD) yaitu COMSOL Multiphysics. Simulasi ini mempertimbangkan pengaruh perpindahan momentum terhadap laju perpindahan massa dan dilakukan dengan menggambarkan geometri super mini ring.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa absorpsi yang disertai reaksi memiliki laju perpindahan CO2 yang lebih tinggi. Faktor lain yang meningkatkan laju perpindahan CO2 adalah kecepatan aliran gas yang lebih tinggi, suhu operasi yang lebih tinggi, tekanan operasi yang lebih tinggi, dan diameter Super Mini Ring yang lebih kecil Modifikasi geometri dari Super Mini Ring dengan bentuk dua buah sobekan memberikan fluks absorpsi yang lebih baik.

Carbon Capture Storage provide alternative to reduce global warming. One of the ways to reduce the cost of Carbon Capture Storage is using packing’s type which gives high mass transfer efficiency on CO2 absorption process from flue gas. This research will simulate CO2 absorption process using MEA solution at Super Mini Ring. This simulation will consider the effect of momentum transfer to mass transfer rate and this simulation is also consider the effect of Super Mini Ring geometry. This simulation is held on CFD Software, COMSOL Multiphysics.
The result of simulation shows that reactive absorption give higher mass transfer efficiency than physical absorption. The other factors that increase mass transfer efficiency are higher gas velocity, higher operating temperature, although not significant, and higher operating pressure. Smaller diameter of Super Mini Ring gives higher mass transfer efficiency because of its higher surface area. Modification of Super Mini Ring’s geometry which has two tears give higher mass transfer efficiency.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54850
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Multiphase flows are typically described assuming that the different phases are separated by a sharp interface, with appropriate boundary conditions. This approach breaks down whenever the lengthscale of the phenomenon that is being studied is comparable with the real interface thickness, as it happens, for example, in the coalescence and breakup of bubbles and drops, the wetting and dewetting of solid surfaces and, in general, im micro-devices. The diffuse interface model resolves these probems by assuming that all quantities can vary continuously, so that interfaces have a non-zero thickness. This book review the theory and describe some relevant applications of the diffuse interface model for one-component, two-phase fluids and for liquid binary mixtures, to model multiphase flows in confined geometries. "
New York: [, Springer], 2012
e20398556
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
de Lemos, Marcelo J.S.
"This short book deals with the mathematical modeling of jets impinging porous media. It starts with a short introduction to models describing turbulences in porous media as well as turbulent heat transfer. In its main part, the book presents the heat transfer of impinging jets using a local and a non-local thermal equilibrium approach.
"
Heidelberg : [, Springer], 2012
e20398986
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"This book is the first monograph on UVP that offers comprehensive information about the method, its principles, its practice, and applied examples, and which serves both current and new users. Current users can confirm that their application configurations are correct, which will help them to improve the configurations so as to make them more efficient and effective. New users will become familiar with the method, to design applications on a physically correct basis for performing measurements accurately. Additionally, the appendix provides necessary practical information, such as acoustic properties."
Tokyo : [, Springer], 2012
e20398997
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhsan Nur Rosid
"ABSTRAK
Carbon nanotube (CNT) memiliki struktur yang unik, sifat mekanik dan sifat elektrik yang unggul serta kekuatan yang tinggi. Sehingga metode sintesis CNT semakin banyak yang dikembangkan. Untuk membantu proses pengembangan dari skala laboratorium ke skala industry diperlukan pemodelan untuk meminimalisir kegagalan dan mengurangi biaya. Model didapatkan dengan menyusun persamaan neraca massa, energi dan momentum. Persamaan disusun berdasarkan data kinetika yang telah didapatkan dari penelitian sebelumnya. Program yang digunakan adalah COMSOL Multiphysycs sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan pemodelan dengan metode Computational Fluid Dynamics. Untuk melakukan pemodelan pada COMSOL diperlukan geometri reaktor. Parameter serta variabel juga digunakan sebagai input untuk dapat menjalankan komputasi berdasarkan persamaan-persamaan yang telah ditentukan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa profil konsentrasi metana dipengaruhi oleh suhu dinding reaktor, rasio umpan dan laju alir gas. Konversi metana dan yield karbon meningkat seiring dengan peningkatan suhu dinding reaktor, penambahan hidrogen dan kecepatan fluida di dalam reaktor. Berdasarkan hasil simulasi didapatkan konversi metana dan yield karbon tertinggi pada reaktor dengan suhu dinding 1023 K, rasio umpan 3:1 dan laju alir gas 5 liter/jam.

ABSTRACT
Carbon nanotubes (CNT) has a unique structure, mechanical properties and superior electrical properties and high strength. So the CNT synthesis methods are more developed nowadays. To help the process of development from laboratory scale to industrial scale requires modeling to minimize failures and reduce costs. The model is obtained by arranging the mass balance equation, energy and momentum. The equation is based on the kinetics data that have been obtained from previous researchs. The program used is COMSOL Multiphysycs a software that can perform modeling with Computational Fluid Dynamics methods. To perform the necessary modeling COMSOL needs an input of geometry of the reactor. Parameters and variables are also used as inputs to be able to run the computation based on the equations that have been determined. The simulation results show that the methane concentration profile is influenced by the temperature of the walls of the reactor, the feed ratio and gas flow rate. Conversion of methane and carbon yield increases with increasing temperature of the reactor wall, the addition of hydrogen and the velocity of the fluid in the reactor. Based on simulation results obtained the highest conversion of methane and carbon yield in the reactor with a wall temperature of 1023 K, the feed ratio of 3: 1 and a gas flow rate of 5 liters / hour.
"
2014
S59776
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11 12 13   >>