Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 207 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indira Aulia Permata Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai representasi feminisme dalam buku Doe Maar Gewoon, karangan Marian Hoefnagel. Buku ini adalah buku berbahasa Belanda untuk penutur asing yang memperkenalkan budaya Belanda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi nilai-nilai feminisme yang terlihat dalam buku dan bahasa perempuan yang
digunakan. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa feminisme yang terlihat ada dua jenis yaitu yang umum dan khas Belanda dan semua ini didasarkan pada feminisme liberal dan feminis psikoanalisis yang didukung dengan karakteristik bahasa perempuan khas Belanda seperti dapat berbicara dengan tegas, menggunakan logika dan bersikap realistis.

ABSTRACT
This research discusses the representation of feminism in Doe Maar Gewoon addressed for Dutch foreign speakers. This book is written by a female author Marian Hoefnagel who introduces the Dutch culture. This paper uses qualitative and descriptive research method to identify that feminist values in the story of the book and through Dutch women‟s language. Based on the research, it is found that there are two kinds of feminism value: generaal and specific one. Those two feminism values are based on the liberal and psycoanalitic feminism
which are presented by the characteristics of Dutch women language, such as speaking firmly, using logical thinking, and being realistic."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Summary:
Written by the most influential scholars in International Relations, the fourth edition of this bestselling textbook provides a lively introduction to all the major theories of International Relations and draws on case studies to show how theory can help explain the dynamics of world politics."
Oxford, United Kingdom ; New York, NY: Oxford University Press, 2016
327.101 INT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ikhsan Yandy
"ABSTRAK
Makalah ini membahas bagaimana film tahun 1978, I Spit On Your Grave merepresentasikan pembalikan peran. Dewasa ini, visibilitas wanita sebagai peran utama telah meningkat secara signigikan. Narasi mengenai pemberdayaan wanita terus diproduksi sebagai reaksi dari masyarakat berbudaya patriarki.Film I Spit On Your Grave mengilustrasikan isu kekuasaan wanita melalui narasi rape revenge-nya. Namun, makalah ini lebih berfokus terhadap dinamika dari pembalikan peran dari para karakter. Ada dua poin utama yang dibahas di makalah ini. Pertama, mengenai bagaimana para lelaki menggunakan rdquo; rape rdquo; sebagai alat untuk menunjukkan kekuasaan. Kedua, menganalisis bagaimana karakter Jennifer menggunakan ldquo;revenge rdquo; untuk membalikan peran dari seorang korban ke seorang penguasa. Akhirnya, makalah ini menyimpulkan bahwa rdquo;rape rdquo; dan ldquo;revenge rdquo; yang dilakukan oleh geng laki-laki dan Jennifer mempunyai tujuan yang serupa, untuk mendominasi ldquo;gender rdquo; yang berlawanan.

ABSTRACT
This paper examines how 1978 movie, I Spit On Your Grave represents gender role reversal. Recently, women visibility as a main character has increased significantly. Stories of women empowerment continue being made as a reaction to the current patriarchal society. The film I Spit On Your Grave illustrate the issue of female power through its rape revenge narrative. However, this paper focuses more on the role reversal dynamics of the character. There are two major points that this paper covers. First, it discusses how the men use rape as a tool to show dominance. Second, it analyzes how the character Jennifer uses revenge to reverse her role from victim to dominator. Finally, the paper concludes that both rape and revenge that done by the gang and Jennifer have similar purpose, which is to dominate opposite gender."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Rahmawati
"ABSTRAK
Penelitian ini mengacu pada suatu permasalah pokok, yaitu isu-isu perempuan yang ditampilkan dalam puisi Ballade vom Paragraphen 218 karya pengarang laki-laki, Bertolt Brecht. Isu-isu perempuan yang diangkat terutama berkaitan dengan tuntutan peran maternal dan opresi tubuh perempuan yang membatasi kebebasan hak perempuan. Dalam penelitian ini, digunakan teori Kritik Sastra Feminis KSF , teori Sexual Politics Kate Millet serta pandangan Michel Foucault terhadap politik tubuh perempuan terkait kekuasaan. Tuntutan peran maternal dan opresi tubuh perempuan tergambar melalui dialog antar tokoh dalam puisi Ballade vom Paragraphen 218, selain itu tergambar pula nada kritik dan efek persuasif dalam puisi ini setelah menganalisis unsur-unsur intrinsik dan hakikat puisi Ballade vom Paragraphen 218.Kata kunci: Bertolt Brecht, Ballade vom Paragraphen 218, feminisme, peran maternal, opresi tubuh perempuan, peran seksual.

Abstract
In the poem Ballade vom Paragraphen 218 by a German poet, Bertolt Brecht, several issues of women implicitely presented .The women 39 s issues that are presented mainly relate to the demands of maternal role and oppression of female body that limit women 39 s rights and freedom. To analyse the women issues in this poem, the author uses the theory of Feminist Literary Criticism, Kate Millet 39 s Sexual Politics Theory and Michel Foucault 39 s view of women 39 s body politics that related to power. The demands of maternal role and oppression of female body are implied through the dialogues between characters in Ballade vom Paragraphen 218. Besides the critical tone and persuasive effects also found in this poem after analyzing intrinsic elements of Ballade vom Paragraphen 218 poem."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Social work as a profession and academic discipline has long centered women and issues of concern to women, such as reproductive rights, labor rights, equal rights, violence and poverty. In fact, the social work profession was started by and maintained in large part by women and has been home to several generations of feminists starting with recognized first wave feminists. This wide-ranging volume both maps the contemporary landscape of feminist social work research, and offers a deep engagement with critical and third wave feminisms in social work research. Showcasing the breadth and depth of exemplary social work feminist research, the editors argue that social work's unique focus on praxis, daily proximities to privilege and oppression, concern with social change and engagement with participatory forms of inquiry place social workers in a unique position to both learn from and contribute to broader social science and humanities discourse associated with feminist research. The authors attend here to their specific claims of feminisms, articulate deep engagement with theory, address the problematic use of binaries, and engage with issues associated with methods that are consistently of interest to feminist researchers, such as power and authority, ethics, reflexivity, praxis and difference. Comprehensive and containing an international selection of contributions, Feminisms in Social Work Research is an important reference for all social work researchers with an interest in critical perspectives"
New York: Routledge, 2015
361.307 2 FEM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dian May Fitri
"ABSTRAK
Psikoanalisis adalah istilah yang digunakan dalam studi mengenai fungsi dan perilaku psikologis manusia. Awalnya studi ini diperkenalkan oleh seorang dokter Austria bernama Sigmund Freud pada tahun 1896. Freud dengan teorinya mengenai penis envy telah memberikan kerangka yang kurang menguntungkan bagi kaum perempuan. Teori ini mengklaim bahwa tubuh perempuan dilemahkan oleh tidak adanya organ penis. Oleh karena itu, kepercayaan publik terbentuk dengan paradigma bahwa maskulinitas lebih baik daripada feminitas. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi masalah psikologis pada perempuan, terutama masalah neurosis yang sangat dipengaruhi oleh dominasi budaya patriarkal ketika perempuan berada dalam tahap awal perkembangannya. Menurut Freud, gangguan psikologis pada perempuan umumnya disebabkan oleh penentuan biologis yang berkaitan dengan masalah seksual. Pernyataan tersebut menekankan bahwa inferioritas perempuan diwakili oleh ketiadaan penis pada tubuh. Film ini dipilih sebagai korpus penelitian untuk menunjukkan penerapan teori feminisme psikoanalisis Karen Horney sebagai kritik terhadap teori psikoanalisis Sigmund Freud. Selanjutnya, analisis film A Dangerous Method ini akan dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui analisis pada beberapa adegan dan dialog. Analisis juga akan dikembangkan melalui eksplorasi representasi karakter-karakter dalam film ini dengan teori feminisme psikoanalisis yang dikemukakan oleh Karen Horney.
ABSTRACT
Psychoanalysis is a term used as a study of human psychological functions and behaviors which was initially introduced by an Austrian doctor named Sigmund Freud in 1896. Freud with his theory of penis envy has given less favorable frames for women. The theory claims that the female body is weakened by the absence of a penis; hence, that public trust is formed with the paradigm that masculinity is better than femininity. Furthermore, this affects psychological problems in women, especially neurosis problems that are strongly influenced by the dominance of patriarchal culture when women are in their infancy. According to Freud, women s psychological disorders are generally caused by biological determination related to sexual problems. The statement stressed out that women s inferiority is represented by penile absence in the body. The film A Dangerous Method was chosen as the corpus of research to demonstrate the application of Karen Horney s psychoanalysis feminism theory as a criticism of Sigmund Freud s psychoanalytic theory. Moreover, the analysis of this film will be done by using qualitative descriptive methods through analysis on means of scenes and dialogues. The analysis also will be carried out through exploring representation of characters in the film with particular theories put forward by Karen Horney.
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yunasti Pratiwi Nur Malitasari
"ABSTRAK
Gerakan perempuan di Korea Selatan dipicu sejak Korea berada di bawah penjajahan Jepang. Noh Cheon-myeong adalah seorang perempuan penulis asal Korea yang aktif pada era tersebut. Dalam karya-karya Noh, terdapat unsur-unsur eksistensialisme. Tulisan ini menganalisis anasir-anasir eksistensialisme feminis yang terdapat dalam puisi Ireum Eobsneun Yeoin-i Doieo karya Noh menggunakan teori eksistensialisme dan konstruksi sosial dari feminisme. Sosok perempuan yang ada di dalam puisi Ireum Eobsneun Yeoin-i Doieo, yang berarti Perempuan Tak Bernama, memiliki keinginan untuk menjadi sesosok perempuan tanpa memiliki nama. Tujuan dari tulisan ini adalah memahami sosok perempuan dalam puisi tersebut sebagai ikon eksistensialisme feminis melalui anasir-anasir eksistensialisme feminis yang penulis temukan pada diri sosok tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sosok perempuan tersebut merupakan benar ikon eksistensialisme feminis pada puisi Noh dan Noh Cheon-myeong terbukti sebagai seorang feminis beraliran eksistensialis.

ABSTRACT
Women s movements in South Korea have been thriving since Korea was under Japanese colonisation. Noh Cheon-myeong is a Korean female writer who was active in that era. In Noh s works, there are elements of existentialism. This paper analyses the elements of feminist existentialism found in Noh s poetry titled Ireum Eobsneun Yeoin-i Doieo using the theory of existentialism and social constructs of feminism. The female figure in the Ireum Eobsneun Yeoin-i Doieo poetry, which means Nameless Woman, has the desire to become a woman with no name. The purpose of this paper is to understand the female figure in the poetry as an icon of feminist existentialism through the elements of feminist existentialism that the writer finds within the figure. The results of this study indicates that the female figure is truly an icon of feminist existentialism in Noh s poetry and Noh Cheon-myeong herself has been proven to be an existentialist feminist."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Devi
"ABSTRAK
Salah satu negara yang kental dengan sistem patriarkinya adalah Korea. Dengan melekatnya sistem tersebut dalam kehidupan orang Korea membuat perempuan sejak lahir dianggap tidak bebas menentukan hidupnya sendiri. Pada akhirnya gerakan untuk menuntut pembebasan perempuan semakin gencar dilakukan. Feminisme liberal pun menjadi dasar gerakan perempuan di Korea. Para perempuan ini memperjuangkan status sosial, hak perempuan dan wacana mengenai 39;perempuan modern rsquo;. Sementara itu, drama feminis memiliki karakter yang berbeda dengan stereotip perempuan Korea yang seringkali digambarkan. Perempuan Korea yang sering digambarkan dalam drama adalah orang yang taat, patuh, bergantung dan seorang pengikut. Maka dari itu, jurnal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa perempuan saat ini telah bergerak untuk memperjuangkan haknya masing-masing. Penulis akan membahas mengenai representasi perempuan modern yang ditunjukkan tokoh utama Cha Kiyoung dalam drama Choegoui Gyeolhon. Temuan dari penelitian ini adalah perempuan berpendidikan, perempuan mandiri, perempuan memiliki kebebasan untuk memilih dan perempuan setara dengan laki-laki. Sementara itu untuk menunjang penelitian, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan sumber data terkait dengan objek penelitian berdasarkan studi kepustakaan.

ABSTRACT
Korea is one of the countries that has the strongest patriarchal system. The system is inherent in the life of Koreans, so that since birth, women cannot determine their life choices. In the end, the movement to demand women rsquo;s liberation began. Liberal feminism became the base of women rsquo;s movement in Korea. These women fight for the social status, women rsquo;s rights and the discourse of lsquo;modern women rsquo;. On the other hand, feminist drama has women characters with different characteristics from the stereotype of Korean women who are often described as being obedient, submissive, dependent, and a follower in the drama. Therefore, this journal aims to prove that Korean women today are fighting for their respective rights. This journal will discuss about the representation of modern women shown on main character Cha Kiyoung in the drama Cheogoui Gyeolhon. The results of this research shows that women are educated, independent, have the freedom to choose, and equal to men. The research method that the author uses is descriptive qualitative. The author collected data sources related to the research based on literature study."
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amin Mudzakkir
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2022
305.42 AMI f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Aliefia Augustine
"Penelitian ini mengenai agensi perempuan dalam industri musik independen di Indonesia. Penulis berargumen bahwa musisi perempuan mempraktikkan otonomi dalam tatanan dunia patriarkis–di mana perempuan memiliki sedikit kesempatan untuk angkat bicara (Yab et al., 2022)--dan kapitalis–di mana industri jasa secara umum dan musik secara khusus terpusat di pulau Jawa dan Bali (Resmadi & Batari, 2020). Meskipun literatur akademik dan temuan riset menunjukkan bahwa musisi dari kelompok budaya non-dominan sulit berpartisipasi dalam industri musik, penulis berargumen bahwa musik independen memberikan bukti sebaliknya. Dengan mengambil kasus kelompok musik perempuan asal Lombok, The Dare. Kelompok musik perempuan ini mempraktikkan feminisme di tengah komersialisasi musik independen Indonesia yang didominasi laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik feminisme dalam karya The Dare dengan menggunakan data sekunder. Penulis meminjam konsep reproduksi ideologi feminisme dan partisipasi audiens (Keltie, 2017) untuk mencapai tujuan ini. Penelitian ini menemukan bahwa The Dare mempraktikkan agensi melalui partisipasi audiens, dan mempromosikan feminisme melalui pertunjukan dan citra yang mereka bangun di dalam jaringan maupun di luar jaringan.  

This journal is about women musicians’ agency in Indonesia’s independent music industry. In this journal, the author argues that women musicians practice autonomy in a patriarchal world–where there is only a small opportunity for women to speak up (Yab et al., 2022)–and a capitalist world–where service industry in general and specifically music industry focused in Java and Bali (Resmadi & Batari, 2020). Even though many literature and academic findings show that musicians who come dari marginalized cultures find it hard to participate in the music industry, the author argues that independent music proves the opposite. By looking at The Dare, a girl group from Lombok. This girl group practices feminism amidst the commercialization of Indonesia’s independent music industry which is dominated by men. This research aims to understand the feminism practice by The Dare with secondary data. The author uses feminism ideology reproduction and audience participation concept (Keltie, 2017) to achieve the result. This research finds that The Dare practice agency through audience participation and promoting feminism through their act and online-offline branding."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library