Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 57 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Natasya Putri
"Karena meningkatnya kekhawatiran tentang dampak ekologis dan sosial yang berbahaya dari industri fashion, fashion berkelanjutan mengangkat perhatian sebagai model yang mempertimbangkan aspek etika, ekologi, dan sosial. Dengan elektronik dari mulut ke mulut (eWOM) sebagai alat yang ampuh untuk menyebarkan informasi di media sosial, makalah ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara eWOM dan fashion berkelanjutan melalui media sosial. Juga, mengeksplorasi hubungan antara sikap yang dibentuk oleh eWOM dan perilaku pembelian terhadap konsumsi mode berkelanjutan. Menggunakan tinjauan literatur, temuan menunjukkan bahwa eWOM memediasi sikap pelanggan terhadap mode berkelanjutan, namun, sikap ini tidak diterjemahkan ke perilaku yang sesuai karena kesenjangan sikap-perilaku. Tidak ada kesimpulan yang ditemukan mengapa kesenjangan sikap-perilaku ini terjadi karena penelitian sebelumnya percaya bahwa sikap positif mengarah pada perilaku positif. Makalah ini menemukan bahwa pelanggan fashion berkelanjutan memiliki karakteristik psikologis yang berbeda dan oleh karena itu peneliti harus mengelompokkan mereka untuk mendapatkan studi menyeluruh tentang pemahaman perilaku mereka. Segmentasi pelanggan pada keberlanjutan menghasilkan hasil yang berbeda. Keterbatasan dalam penulisan ini adalah pengumpulan datanya mengandalkan data sekunder, disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan dual metode pengumpulan data dari sumber primer dan sekunder untuk mendapatkan studi yang lebih kaya.

Because of the rising concern about the harmful ecological and social impact of the fashion industry, sustainable fashion raises attention as a model that considers the ethical, ecological, and social aspects. With electronic word-of-mouth (eWOM) as a powerful tool to disperse information on social media, this paper aims to explore the relationship between eWOM and sustainable fashion through social media. Also, explore the relationship between attitude formed by eWOM and purchasing behavior toward sustainable fashion consumption. Using the literature review, the finding shows that eWOM mediates customers’ attitudes toward sustainable fashion, however, this attitude doesn’t translate to a corresponding behavior because of the attitude-behavior gap. No conclusion was found on why this attitude-behavior gap occurred because a prior study believes that a positive attitude leads to positive behavior. This paper found that sustainable fashion customers have different psychological characteristics and therefore researchers should segment them to obtain a thorough study on understanding their behavior. Segmentation of customers on sustainability yields different results. The limitation of this paper is that the data gathering relies on secondary data, it’s recommended that future research can do a dual method of gathering data from primary and secondary resources to get a richer study."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irianti Novita
"ABSTRAK

Tujuan dari tesis ini adalah untuk menguji faktor-faktor apa saja yang akan mempengaruhi intention to book,attitude dan trust konsumen dalam melakukan pemesanan hotel. Berdasarkan bantuan studi peneltian sebelumnya, secara khusus penelitian ini akan menyelidiki pengaruh EWOM, classes hotel, dan discount strategy terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen untuk melakukan pemesanan hotel. Dengan menggunakan desain eksperimental, tesis ini mencoba mengungkapkan efek utama dari EWOM, classes hotel, dan discount strategy pada intention to book,attitude dan trust konsumen. Agar penelitian ini lebih menarik, penelitian ini juga mengungkapkan pengaruh interaksi antar variabel independen tersebut terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen. Total partisipan pada penelitian ini 240 respondent yang disebar dan diminta untuk mengisi pertanyaan dari salah satu sel yang dimana skenario setiap sel akan berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan efek utama yang signifikan adalah dari EWOM terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh ke 3 interaksi antara EWOM, classes hotel, dan discount strategy terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen dengan hasil yang signifikan juga. Hasil dari penelitian ini member arahan kepada pemasar hotel tentang cara mempromosikan hotel mereka dan meningkatkan keuntungan hotel tersebut. 


ABSTRACT


The objective of this study was to examine factors affecting hotel booking intention,attitude and trust. Based on previous studies, this research specifically investigated the effect of e-wom, discount strategies and hotel classes on consumer intention to book, attitude and trust hotel. By using experimental design, this research tried to uncover the main effects of e-wom, discount strategies, as well as hotel classes on intention to book, attitude and trust hotel. Further, this research also tried to reveal the interaction effect among above independent variables on intention to book, attitude and trust hotel. The sample of this research was 240 students of Universitas Indonesia who were then randomly assigned to each of treatment conditons. The results of this research showed significant main effects of e-wom, discount strategies, and hotel classes on intention to book, attitude and trust hotel. This research also showed a significant interaction effect of e-wom, discount strategies, as well as hotel classes on intention to book, attitude and trust hotel. The research results gave directions to hotel marketers on how to promote their hotels and increase their hotels occupancy rates.

"
2019
T54061
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fikri Dhiyaul Ilmi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth pada ulasan online di akun media sosial Instagram @beritagadget terhadap minat beli melalui sikap merek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, berumur 17 tahun ke atas, yang dapat mengakses internet terutama Instagram dan pernah membaca informasi mengenai produk smartphone OPPO di akun Instagram @beritagadget, namun belum pernah membeli produk atau jasanya. Sampel diambil dengan menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multivariat dengan menggunakan path analysis dan Uji Sobel pada SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli secara tidak langsung melalui variabel sikap merek dan juga memiliki pengaruh yang signifikan antara variabel electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen secara langsung.

ABSTRACT
The study aims to analyze the effect of electronic word-of-mouth on Instagram @beritagadget social media accounts toward purchase intention through brand attitude. This study uses a quantitative approach. The sample in this study are 100 respondents, who aged 18 years and above, can uses the internet especially Instagram and have read information about OPPO smartphone products on Instagram account @beritagadget, but have never purchased a product or service before. Samples were taken using non-probability sampling with purposive sampling technique. Analysis technique of the data uses in this study is multivariate analysis using path analysis and Sobel Test on SPSS 23.0. The results shows that Electronic Word of Mouth has a significant indirect effect toward purchase intention through brand attitude as a mediating variable, and significant direct effect toward purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viranti Mustika Sari
"Seiring dengan pertumbuhan dan evolusi internet, electronic word of mouth telah menjadi fenomena yang penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di social media twitter terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah terpapar informasi mengenai holycowsteak dan belum pernah bersantap di holycowsteak dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik snowball. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan multiple regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth (eWOM) di social media twitter memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli.

Following the growth and evolution of the Internet, electronic word of mouth have become an important phenomenon. The objective of this research is to analyze how the effect of electronic word of mouth (eWOM) in social media twitter toward purchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 100 respondent exposed about holycowsteak restaurant via social media twitter and have not eat at holycowsteak, collected using non-probability sampling and snowball technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with multiple regression. The result of this research indicate that electronic word of mouth (eWOM) in social media twitter have a strong effect toward purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Santi Prameswari Ramadhani
"[Jumlah restoran yang meningkat menyebabkan pergeseran tren, yaitu semakin banyaknya orang yang lebih memilih makan di restoran, khususnya restoran bertipe casual dining yang menawarkan pengalaman yang lebih dari hanya sekedar makan. Hal ini sejalan dengan pesatnya perkembangan media sosial, sehingga memunculkan suatu platform baru bagi pelanggan untuk menyebarkan eWOM mengenai restaurant experience. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis atribut-atribut restaurant experience yang dapat mempengaruhi motif pelanggan dalam menyebarkan eWOM positif mengenai restoran casual dining. Data penelitian ini diolah dengan metode multiple regression. Hasil penelitian menunjukan bahwa food quality, atmosphere, dan price fairness berpengaruh positf terhadap concern for others, sedangkan food quality, service quality, dan atmosphere berpengaruh positif pada expressing positive feelings dan helping restaurant company.

The increasing number of restaurants created the shift of trend, in which more people prefer to dine in restaurants, specifically restaurants with a casual dining type that offer more experience than plain dining. This is in accordance with the rapid development of social media, resulting in a new platform for customers to spread eWOM about their restaurant experience. This study aims to
analyse the attributes of restaurant experience that can affect the motives of the customers in spreading positive eWOM on casual dining restaurants. The data are processed using the multiple regression method. Results show that food quality, atmosphere, and price fairness positively influence the concern for others, while food quality, service quality, and atmosphere positively influence the
expressing positive feelings and the helping restaurant company.
, The increasing number of restaurants created the shift of trend, in which
more people prefer to dine in restaurants, specifically restaurants with a casual
dining type that offer more experience than plain dining. This is in accordance
with the rapid development of social media, resulting in a new platform for
customers to spread eWOM about their restaurant experience. This study aims to
analyse the attributes of restaurant experience that can affect the motives of the
customers in spreading positive eWOM on casual dining restaurants. The data
are processed using the multiple regression method. Results show that food
quality, atmosphere, and price fairness positively influence the concern for others,
while food quality, service quality, and atmosphere positively influence the
expressing positive feelings and the helping restaurant company.
Key Words : Restaurant experience, Positive eWOM motivations, Concern for
others, Expressing positive feelings, Helping restaurant company]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61834
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kautsar
"Komunitas pengguna bus TransJakarta adalah fenomena unik di Jakarta, karena bertentangan dengan teori consumer engagement. eWOM dan citra merek diprediksi mampu meningkatkan consumer engagement pengguna bus TransJakarta. Partisipan adalah pengguna rutin TransJakarta yang memiliki akun sosial media (n=122). Penelitian field experiment dengan desain 2( eWOM teks dan eWOM teks gambar) x 2(citra merek positif dan non citra merek) desain faktorial. Kelompok partisipan mendapatkan eWOM gambar dan kelompok eWOM teks gambar mengenai bus TransJakarta serta ada tambahan salience mengenai citra merek bus TransJakarta.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh variasi eWOM terhadap consumer engagement nilai F(1,122) = 1,791, p>0,05 yang berarti tidak ada efek pengaruh dari variasi eWOM (teks dan teks gambar) terhadap consumer engagement. Efek moderasi yang diduga bisa muncul dari variabel citra merek ternyata tidak menunjukkan signifikansi dalam analisa hasil penelitian, nilai F(1,122) = 1,257, p>0,05 menunjukkan moderator citra merek tidak dapat menguatkan ataupun melemahkan pengaruh variasi eWOM terhadap consumer engagement.

Busway bus user community is a unique phenomenon in Jakarta, because this phenomenon contradictive with consumer engagement theory. eWOM and brand image predicted to increase consumer engagement bus of TransJakarta users. Participants are bus of TransJakarta users who have social media accounts (n=122). Field experiment research design with 2 (eWOM text and eWOM text images) x 2 (positive brand image and non-image brand) factorial design. Groups of participants get eWOM text and eWOM text images on bus of TransJakarta and salience of the brand image bus of TransJakarta.
The results showed value of F (1,122) = 1.791, p> 0.05, which means there is no effect of the influence of variations eWOM (text and text images) to consumer engagement. Moderating effects that allegedly could arise from the brand image variables did not show significance in the analysis of the research results, the value of F (1,122) = 1.257, p> 0.05 indicates moderator brand image can not strengthen or weaken the effect of variation eWOM to consumer engagement.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T45216
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noviana Nabila Sari
"Perkembangan internet dan media sosial memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi secara interaktif baik secara pribadi maupun dalam komunitas. Perubahan ini membuat WOM tradisional beralih menjadi komunikasi Electronic Word of Mouth (eWOM). Komunikasi elektronik ini dilakukan melalui sosial media seperti blog, wiki, dan forum. Melalui media sosial konsumen leluasa untuk bertukar informasi tentang produk dan jasa.
Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui penggunaan Electronic Word of Mouth (eWOM) di Media Sosial dalam Keputusan Pembelian Produk The Body Shop oleh Konsumen. Aktivitas Electronic Word of Mouth (eWOM) The Body Shop di media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk The Body Shop.

The development of the internet and social media allows everyone to communicate interactively both personally and in community. These changes make traditional WOM communication turned into Electronic Word of Mouth (eWOM). Electronic communication is done through social media such as blog, wiki, and forum. Through social media consumers freely exchange information about products and services.
The purpose of this paper is to investigate the use of the Electronic Word of Mouth (eWOM) in social media and product purchasing decisions of The Body Shop products by consumers. Electronic Word of Mouth (eWOM) activity of The Body Shop in social media has a significant influence on the consumer?s decision to purchase products of The Body Shop.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nuriyah Syakiela
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis efektivitas informasi electronic word of mouth eWOM dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kami menguji tiga konstruksi jaringan sosial online, yaitu Tie Strength, Homophily, dan Source Credibility. Konstruksi diukur menggunakan pernyataan kuesioner dan analisis regresi berganda pada ukuran sampel 516 responden. Kami menemukan bahwa Tie Strength dan Homophily mempengaruhi Source Credibility, yang pada kemudian mempengaruhi persepsi konsumen tentang informasi eWOM, sehingga menambah efektivitas eWOM. Tie Strength, Homophily, dan Source Credibility juga memengaruhi persepsi konsumen di situs web, yang memengaruhi adopsi eWOM konsumen dalam keputusan pembelian mereka.

ABSTRACT
This study analyses the effectiveness of electronic word of mouth eWOM information to influence consumer purchase decisions. We test three online social network constructs, namely Tie Strength, Homophily, and Source Credibility. The constructs are measured using questionnaire statements and a multiple regression analysis on a sample size of 516 respondents. We found that Tie Strength and Homophily influence Source Credibility, which in turn influences consumer perceptions of eWOM information, thereby adding to eWOM 39 s effectiveness. Tie Strength, Homophily, and Source Credibility also influence consumer perceptions on a website, influencing the consumers rsquo adoption of eWOM in their purchase decisions. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savira Rahma Frida
"Artikel ini mendiskusikan implikasi word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth (eWOM) terhadap brand image. Data sekunder berupa penelitian terdahulu menunjukkan adanya implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image. Analisis dilakukan dengan pendekatan exploratory sequential mixed methods. Artikel ini juga mendiskusikan perkembangan implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image selama lima tahun terakhir dari 10 jurnal dengan pendekatan mixed method dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian terdahulu cenderung termasuk dalam bidang studi ilmu sosial, berlokasi di Asia, menggunakan WOM dan eWOM sebagai variabel independen dan brand image sebagai variabel dependen, serta dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis kualitatif berbasis desk review menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara WOM dan eWOM dengan brand image. WOM dan eWOM berpengaruh dalam membentuk brand image dalam benak konsumer. Apabila pengalaman konsumer dengan suatu brand bersifat positif, konsumer akan terdorong menyebarkan WOM atau eWOM yang positif, begitu pula sebaliknya.

This article discusses the implications of word of mouth (WOM) and electronic word of mouth (eWOM) on brand image. Secondary data in the form of previous research shows the implications of WOM and eWOM on brand image. The analysis was performed using an exploratory sequential mixed methods approach. This article also discusses the development of the implications of WOM and eWOM on brand image during the last five years from 10 journals using mixed method and quantitative approaches. Quantitative analysis shows that previous research tends to belong to the field of social science studies, located in Asia, using WOM and eWOM as independent variables and brand image as dependent variables, and is carried out with a quantitative approach. Qualitative analysis based on desk review shows that there is an interdependence between WOM, eWOM and brand image. WOM and eWOM are influential in shaping the brand image in the minds of consumers. If the consumers’ experience with a brand is positive, consumers will be encouraged to spread positive WOM or eWOM, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Herda Prabadipta
"Tesis ini membahas bagaimana brand love terhadap produk skin care dapat terbentuk dari topik-topik yang dibahas konsumen pada electronic word of mouth yang dibagikan melalui Twitter. Konsep pembentukan brand love meliputi terjadinya brand experience dari konsumen, mulai terbentuknya brand love dengan brand experience consequence dan kemudian brand love terbentuk melalui lima dimensi, yaitu passion for a brand, brand attachment, positive evaluation of the brand, positive emotions in response to the brand dan declarations of love toward the brand. Analisis data dilakukan dengan enam tahapan pengkodingan, yaitu coding, noting, asbtracting, checking and refinement, generalizing, serta theorizing. Data yang digunakan adalah tweet yang memiliki keyword produk-produk skin care dengan periode data selama 1 tahun. Dari proses analisis data, ditemukan tiga brand skin care tertinggi yaitu Viva, Garnier dan Wardah yang akan menjadi penentu Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen secara sukarela membagikan brand experience mereka dengan semangat altruisme. Kemudian, brand experience konsumen dalam menggunakan produk skin care tidak semuanya positif, namun bisa juga netral dan negatif. Pendapat konsumen sangat tergantung dengan keampuhan produk skin care pada kulit mereka. Penelitian menemukan kebaruan teori dimana brand experience consequences ternyata tidak positif secara tunggal, namun dapat memiliki emosi negatif dan netral. Dengan begitu, ikatan konsumen dengan brand dapat terbentuk melalui kesan negatif atau bahkan netral dalam prosesnya. Penelitian ini memiliki kebaruan yaitu kemampuan untuk karakteristik perilaku konsumen dari produk skin care melalui metode netnografi, merekomendasikan penelitian lain untuk dapat melakukan penelitian dengan metode serupa.

This thesis discusses how brand love for skin care products can be formed from topics discussed by consumers in electronic word of mouth shared via Twitter. The concept of brand love formation includes the occurrence of brand experience from consumers, brand formation begins with brand experience consequence and then brand love is formed through five dimensions, namely passion for a brand, brand attachment, positive evaluation of the brand, positive emotions in response to the brand and declarations of love toward the brand. Data analysis was carried out with six stages of coding, namely coding, noting, abstracting, checking and refinement, generalizing, and theorizing. The data used are tweets that includes skin care products keywords with a data period of one year. From the data analysis process, it is found that there are three highest skin care brands, Viva, Garnier and Wardah. The research shows that consumers voluntarily share their brand experience with a spirit of altruism. Thus, consumers brand experience in using skin care products can also be neutral and negative, not only positive. Consumer opinion is very dependent on the efficacy of skin care products on their skin. The research found a new perspective that brand experience consequences can have negative and neutral emotions. That way, the bond between consumers and brands can be formed through negative or even neutral impressions in the process. This research has a novelty that is the ability to characterize the consumer behavior of skin care products through the netnographic method, recommending other studies to be able to conduct research with similar methods."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T55265
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>