Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harwintha Yuhria Anjarningsih
"Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang ingin dikembangkan dalam pengajaran bahasa Inggris. Di SMU, pada setiap tingkat kelas, tujuan yang ingin dicapai tercantum dalam GBPP yang dipakai. Salah satu komponen penting dalam pengajaran membaca adalah teks-teks yang terdapat di dalam buku ajar yang dipakai. Sering kali, derajat keterbacaan teks mempengaruhi keterpahaman teks tersebut. Ada setidaknya dua hal yang dapat mempengaruhi keterpahaman teks. Hal pertama adalah kompleksitas gaya teks dan yang kedua adalah pilihan kata-kata yang menyusun teks tersebut. Kompleksitas gaya secara sederhana mengacu kepada faktor sintaksis dari teks; apakah kalimat-kalimat dalam teks tersebut terdiri atas kalimat-kalimat sederhana, majemuk, atau kompleks. Faktor kompleksitas gaya ini diasumsikan mempengaruhi keterpahaman teks karena kalimat-kalimat sederhana akan lebih mudah dan cepat dimengerti daripada kalimat kompleks. Kemudian, pilihan kata diasumsikan berpengaruh kepada keterpahaman karena kata-kata yang berfrekuensi rendah (jarang diternui) kemungkinan besar akan menghambat proses pemahaman atas arti sebuah kalimat atau bahkan makna teks itu sendiri jika kata-kata tersebut terdapat dalam jumlah yang relatif banyak. Karena alasan tersebut di atas, di dalam penelitian yang hasilnya dilaporkan dalam skripsi ini dianalisis kompleksitas gaya dan tingkat pilihan kata yang terdapat dalam dua buku ajar yang dipakai di kelas III SMU Negeri 39, Jakarta Timur. Dipilih SMU 39 karena di sekolah tersebut dipakai dua buah buku ajar bahasa Inggris. Perbedaan kompleksitas gaya dan tingkat pemilihan kata di antara kedua buku ajar ini diasumsikan mempengaruhi keterpahaman teks. Pengaruh ini diharapkan terbukti dalam hasil tes keterpahaman yang dilakukan dengan menggunakan soal-soal yang terdapat setelah teks-teks yang dijadikan percontoh dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat dilihat korelasi apa yang terdapat antara kompleksitas gaya dan tingkat pilihan kata di satu pihak dengan keterpahaman teks di pihak lain."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
S14130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benedictus Wahyunarso
"ABSTRAK
Psikolinguistik merupakan cabang ilmu linguistik. Cabang ilmu ini merupakan penggabungan psikologi dan linguistik. Psikolinguistik membahas proses pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan perkembangan mental. Aspek linguistik dan psikologi menjadi landasan penelitian ini, dengan penekanan sudut Pandang semantik.
Penelitian ini menganalisis kesesuaian bahasa dalam empat Buku Cerita Bergambar Anak. yaitu : Frau Meier , die Amsel ; Oh, wie schon ist Panama,' Die Kannincheninsel dan Der Bar, der ein Bar bleiben wollte dengan tingkat perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai perlunya memperhatikan perkembangan bahasa anak, sehingga para pembaca dapat menyeleksi buku bacaan yang bermanfaat dan dapat dimengerti oleh anak-anak dari segi pemahaman bahasa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan unsur-unsur Buku Cerita Bergambar Anak yang sesuai dengan perkembangan kognisinya dan unsur-unsur mana yang belum dipahami anak.

"
1999
S14697
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wygotski, Lew Semjonowitsch
Framkfurt: Main Fischer Taschenbuch , 1988
401.9 WYG d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Soenjono Dardjowidjojo, 1938-
Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2003
401.9 SOE p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Burhan Eko Purwanto
"This research observes a correlation of two variables, verbal reasoning skill as an independent variable and pro¬blem solving skill on storical arithmetic as a dependent variable. By observing the correlation of those two varia¬bles, the influence of one variable to the other one and tendencies coming up from responding concerning to those two skills can be found. Method used in this research is ex post facto methode as the variables being observed have happened before without researcher's manipulation.
This research is conducted in Tegal Regency, Central Java. Samples are taken from more or less fourteen years old students who have been experiencing with early formal opera¬tion of cognitive growth stage. Sampling technique used ie multistage sampling for 120 respondents. Data analysis tech¬nique used is quantitative by using two kinds of statistic, descriptive and analitical statistic.
The results of this research shows that there is a positive correlation between X variable and Y variable with significant correlation of 0,730. Significant test to the influence of X variable to Y variable using linier regressi¬on also shows that there is a significant influence, that is on the 0,05 significant value, t-student test shows that (11,583) is greater than ttable (1,645). Besides those, it is also known that either verbal reasoning skill or problem solving skill on storical arithmetic are low. The comprehen¬sion to sentence structure and the way how to make conclusi¬on generally have not been mastered well. Tendencies in making conclusion is done by combining the stated premises. In general, the respondents experience difficulties in solving the storical arithmetic problems. This problem is caused by the language comprehension and arithmetical problem itself."
Depok: Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leontyev, Alexei
"Buku yang berjudul Psixolingvistika ini ditulis oleh Aleksej Alekseevich Leont'ev; editor, N. G. Gerasimova; teknik editor A. P. Chistyakova; korektor, N. M. Shilova. Buku ini berisikan tentang psikolinguistik dalam bahasa Rusia."
Leningrad: Nauka, 1967
RUS 491.78 LEO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soenjono Dardjowidjojo, 1938-
Jakara: Yayasan Obor Indonesia, 2014
401.9 SOE p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Merlina Guspita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis gej ala beserta faktor penyebab skizofrenia yang dialami oleh tokoh Sarah dalam film Horse Girl. Penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dianalisis berdasarkan kriteria dari Panduan Asosiasi Psikiatri Amerika, yaitu Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders versi DSM-IV-TR (2000). Gejala-gejala yang tercerminkan pada tokoh utarna Sarah, yaitu (l) waham; (2) halusinasi; (3) berbicara tidak teratur; (4) perilaku tidak teratur; dan (5) gejala perilaku negatif. Selain itu, diternukan pula beberapa faktor penyebab skizofrenia menurut Kapor dan Selten yang tercerminkan pada tokoh utama Sarah, yaitu faktor genetika dan faktor disfungsi keluarga."
Serang: Kantor Bahasa Banten, 2023
400 BEBASAN 10:1 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Bickerton, Derek
London: UCL Press, 1996
400 BIC l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>