Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Fabiola D. Kurnia
" By deconstructing a text as proposed by Derrida, the text can reveals its meanings. To do this, re-reading a text is neded. For this purpose, the study attempts to understand the meanings behind Rendra's Surat Cinta and Surat kepada Bunda by discussing the use of metaphors. Both poems are read, re-read and discussed to get their meanings. It is argued that the re-readings show opposite meanings as understood in the first readings. Power, sex, and ... "
University of Indonesia, Faculty of Humanities, 2002
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dona Aji Karunia Putra
" ABSTRACT
The issue of the lack tradition of reading among students needs attention and solution. Students need to be inspired, motivated, and facilitated so diligent and intense reading. For the progress of the study, reading is the basic skills are constantly required by the student. In the context of a student in college, an important reading skill by a student is critical reading skills. Critical reading skills involve aspects of critical thinking. Students trying to explore ... "
Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015
400 DIAL 2:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Ruswandi
" Mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, karena Al-Qur’an sebagai pedoman beragama harus difahami dengan benar. Membaca Al-Qur’an tidak seperti membaca teks yang lainnya. Dalam Al-Qur’an ada kaidah-kaidah tertentu yang apabila kaidah itu tidak digunakan maka makna Al-Qur’an tersebut akan menjadi salah. Oleh karena itu, perlu ada sebuah metode yang inovatif dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan metode deskriptif analitik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ... "
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
297 JPAM 32:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca
" Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan apakah pemberian intervensi individual berupa aktivitas motivasional dan strategi membaca BaTaRang Baca, Tanya, Rangkum dapat meningkatkan motivasi membaca dan kemampuan pemahaman bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain subjek tunggal pada siswa SMP dengan slow learner. Program diberikan selama 10 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi membaca dan kemampuan pemahaman bacaan pada subjek setelah program diberikan. ......The objective of this research is to examine whether individual intervention which ... "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47025
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mugiarsih CH., Widodo
" ABSTRAK< b>
Penelitian ini diawali melalui suatu pemikiran penulis dengan ineinperhatikan jenis kelainan anak luar biasa khususnya anak tunarungu. Anak tunarungu mi meiniliki kelainan pendengaran yang harus mendapat pelayanan pendidikan secara khusus di Sekolah Luar Biasa bagian tunarungu. Anak tunarungu luengalaiui kesulitan dalam berkomunikasi dengan menggunakan tatabahasa yang balk dan benar dilingkungan kaum tunarungu, keluarga maupun masyarakat secara luas. Bagi anak tunarungu yang duduk di kelas I Sekolah Luar Biasa bagian tunarungu secara dini perlu inandapat ... "
1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fashila Desfianti
" Tesis ini membahas pengaruh penerapan membaca kritis dalam proses pembelajaran kemahiran membaca bahasa Jepang pada tingkat universitas. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimental yang melibatkan dua kelompok pemelajar yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan eksplanasi tentang penerapan kegiatan membaca kritis dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemelajar dalam proses pembelajaran kemahiran membaca TBJ. Populasi penelitian ini adalah pemelajar Indonesia jurusan bahasa Jepang sebagai bahasa asing (JFL) yang telah menerima pemelajaran bahasa ... "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T54465
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanuarita Puji Hastuti
"
ABSTRAK

Penelitian ini mencoba memaparkan pola-pola kesalahan membaca secara fonologis yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar yang meskipun telah melampaui masa awal pembelajaran membaca tetapi masih juga mengalami kesulitan membaca sehingga siswa tersebut mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran lainnya. Tulisan yang dilatarbelakangi kenyataan masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan membaca ini mengambil responden yang duduk antara kelas satu (tahun kedua) sampai kelas tiga, cukup mendapat rangsangan, memiliki intelejensi cukup, dan secara umum tidak memiliki masalah kesehatan. ... "
1998
S11303
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elyan Nadian Zahara
" Penelitian ini membahas tentang tipologi kesalahan yang terjadi pada sesi membaca nyaring yang dilakukan oleh pemelajar bahasa Jepang IV FIB UI sebagai responden, yang ditinjau dari aspek keterampilan membaca secara mekanis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui suatu pengamatan langsung. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diketahui kesalahan yang dilakukan oleh pemelajar serta faktor yang memungkinkan kesalahan itu terjadi, sehingga tindakan antisipasi untuk meminimalkan kesalahan dapat dilakukan. The focus of this ... "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S13649
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sulastri Nurpanca Agustin
" ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menelisik pengaruh strategi QAR terhadap pengajaran pemahaman membaca teks recount siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah non-equivalent comparison group design. Kuesioner, observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengajaran pemahaman membaca teks recount dengan strategi QAR. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIID. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan data yang diperoleh, simpulan hasil penelitiaan ini adalah (1) terdapat perbedaan ... "
2016
T46151
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11 12 13   >>