Ditemukan 137 dokumen yang sesuai dengan query
Leeuwen, Joke van
Amsterdam and Antwerpen: E.M. Querido's Uitgeverij B.V., 2003
BLD 439.318 LEE k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rahma Sugihartati
Yogyakarta: Suluh Media, 2018
418.4 RAH m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Mega Pratiwi
Abstrak :
Subjek penelitian adalah para penulis yang pada usia sekolah telah mengeluarkan buku minimal tiga kali; mendapat penghargaan dalam bentuk award, meraih predikat penjualan terbaik; muncul di artikel media cetak atau elektronik; ataupun diundang menjadi pembicara sebagai penulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa mereka memang menyukai kegiatan menulis dan telah diperkenalkan dunia baca tulis semenjak usia pra sekolah. Ada yang menjadi penulis karena tanggapnya orangtua akan kemampuan anak dan ada juga yang menjadi penulis karena keinginan mereka sendiri. Orangtua memiliki peran yang besar dalam menciptakan suasana lingkungan yang mendukung. Hasil lain dari penelitian akan dibahas lebih lanjut.
Subject of this research are young writers on middle childhood has published at least three books, having public appreciation in term of award, best seller; being reviewed on various articles both in print and electronic; or being speaker due to their capacity as writers. Result of this research shows that they were love both writing and reading since preschool. Some children become writer because parent's awareness of their writing skill. Other because their own will. Parents have great influence to make a good situation for their children's literacy activity. Other result will discuss in this research.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
155.4 MEG g
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Yasmin Prihatini
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S13041
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ika Rostia Wijayandara
Abstrak :
Penelitian mengenai pengajaran membaca aksara Arab ini bertujuan: (1) untuk memerikan perbedaan-perbedaan materi dan evaluasi antara buku Iqra_ dan buku Qira_ati, (2) mengetahui metode yang digunakan dalam pengajaran Iqra_ dan Qira_ati (3) mengetahui evaluasi yang ada pada buku Iqra_ dan Qira_ati dan (4) mengetahui kelebihan dan kekurangan pengajaran aksara Arab pada buku Iqra_ dan buku Qira_ati. Pengumpulan data dilakukan dengan menginventaris materi-materi yang ada dalam buku Iqra_: Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur_an karangan KH. As_ad Humam, penerbit Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus _AMM_ Yogyakarta tahun 1990 dan buku Qira_ati: Metode Praktis Belajar Al-Qur_an (untuk usia 4-6 tahun) karangan H. Dachlan Salim Zarkasyi, penerbit Yayasan Pendidikan Al-Qur_an Raudhatul Mujawwidin Semarang tahun 1990. Dari hasil penelitian mengenai pengajaran membaca aksara Arab dengan menganalisis buku Iqra_ dan Qira_ati ini dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan dan persamaan dari kedua buku tersebut. Pertama, pemerian materi yang lebih banyak pada buku Qira_ati dibanding buku Iqra_. Kedua, adanya bahan EBTA pada buku Iqra_ dan pada buku Qira_ati tidak ada. Ketiga, baik buku Iqra_ maupun Qira_ati menggunakan metode sintetik sebagai dasar metode pengajarannya. Keempat, pemerian materi pada buku Qira_ati banyak memberikan perhatian pada pelafalan huruf yang dianggap sulit karena tidak ada dalam bahasa pertama siswa (bahasa Indonesia) dan bacaan langka dalam Al-Qur_an, kemudian sudah memberikan bacaan berupa teks dalam Al-Qur_an secara utuh, sementara pada buku Iqra_ hanya berupa potongan-potongan ayat
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S13252
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Astri Pirantiwi
Abstrak :
Skripsi ini membahas gambaran kegiatan Read Aloud yang dilakukan oleh orang tua di Kelurahan Ciganjur, apakah dilakukan karena telah memiliki wawasan read aloud sebelumnya atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel yang diambil berjumlah 85 orang dengan teknik pengambilan sampel aksidental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua melakukan read aloud sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan mereka. Read aloud dilakukan atas kesadaran orang tua bahwa anaknya dapat membaca sebelum memasuki pendidikan formal. Read aloud dapat mendorong anak menyampaikan ekspresi mereka selama mendengarkan cerita dan juga ekspresi orang tua selama membacakan, dengan demikian tidak menutup kemungkinan bahwa read aloud dapat mendorong anak menyukai buku dan aktivitas membaca.
......
The Focus of this study is to give a description about reading aloud activity which was done by parents in Ciganjur, to find out whether this activity was done because the parents has previous knowledge about reading aloud before or not. This research is a quantitative research with survey method. Accidental sample was taken from populatio n of 85. The result of the study shows that parents who did read aloud are based on their ability and knowledge. Reading aloud was done by parents_ awareness that their children should be able to read before they enroll the formal education. Read aloud can encourage children to convey their expressions as they listen to the story and also the expressions of their parents while they are reading the story, so it is possible that the reading aloud activity could encourage children to love books and reading.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15193
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Jakarta: Sub Bagian Hubungan Masyarakat Perpustakaan Nasional RI , {s.a}
020 PIJ
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Abstrak :
Membahas tentang kajian informasi, perpustakaan, kearsipan dan dokumentasi
Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
020 PAL
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Novita Dewi
Abstrak :
This paper is to address problems of repeatation and lack of novelty and sophistication in literary as often research as often evident in under graduate and graduate theses in the department of English. Many of them do not go beyond anatomy and taxonomy of text. While attempts are made recently to experiment with various contemporary literature theories or to cross-breed literature with popular culture and media studies, the execution of these projects is yet flawed. It appears that the 'input'(what the student read) and the 'output'(what that write) are equally poor.
This paper suggests that literary research is but a mature recognition and handing of ways of reading and ways of writing. It explores 1) informative reading/writing,2) interpretative reading/writing3) critical reading/writing,and 4) creative reading/writing. Albeit its nature as a 'case study' focusing as it does on research done at the University of Sanata Dharma, Yogyakarta,this paper hopes to contribute to debate about the present shape and future direction of research in literature.
2006
SJIS-2-3-2006-20
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Anhar Dana Putra
Abstrak :
Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku membaca pada remaja di Kabupaten Barru. Penelitian ini terbagi dalam dua tahap, yakni baseline study dan intervensi. Teori yang digunakan dalam baseline study adalah theory of planned behaviour. Berdasarkan hasil baseline study ditemukan bahwa faktor norma subjektif memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap intensi remaja untuk membaca buku (B= 0,247p<0,05). Sementara itu, intervensi menerapkan teknik intervensi nudgedengan pendekatan norma. Intervensi diuji dengan independent t test melalui metode eksperimen dengan rancangan post test only control group design dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa partisipan yang mendapatkan pesan visual nudge dengan pendekatan norm membaca lebih lama dibandingkan partisipan dalam kelompok kontrol.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Ikatan Psikologi Sosial-HIMPSI, 2019
150 JPS 17:1 (2019)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library