Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 121 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Iqbal
"ABSTRAK
Persaingan usaha dalam industri asuransi umum yang bertambah ketat dan yang
mempunyai sifat hanya dapat bersaing dalam biaya promosi membuat perusahaan
asuransi umum harus berlomba lomba untuk menjadi lebih efisien. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis sistem akuntansi biaya dengan menggunakan time
driven activity based costing (TDABC) untuk meningkatkan efisiensi sehingga
profitabilitas meningkat dengan cara mengalokasikan biaya dengan lebih akurat
ke setiap produk. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kepustakaan,
studi lapangan, dan metode deskriptif. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan
bahwa TDABC dapat digunakan untuk mengidentifikasi ketidakefisianan
sehingga perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas.

ABSTRACT
The general insurance industry that is becoming more tighter and is characterized
by can only competing in promotion expense make general insurance company
have to compete to become more efficient. This study aims to analyze a cost
accounting system at general insurance company by using time driven activitybased costing (TDABC) to increase the company efficiency so that profitability
increase by allocating accurately the cost to each product. The research method
used are library study, field study, and descriptive method. From this study, it can
be concluded that the use of TDABC can identify inefficiency in the company so
that the company can address the problem.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boston : McGraw-Hill, 2005
658.15 COS
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Moore, Carl L.
Cincinnati, Ohio: South-Western Publishing, 1976
658.15 MOO m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Shillinglaw, Gordon
Homewood, Illinois: Richard D. Irwin, 1977
658.15 SHI m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Shillinglaw, Gordon
Homewood, Illinois: Richard D. Irwin, 1982
658.15 SHI m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Moore, Carl L.
Chicago: South-Western Publishing, 1984
658.151 1 MOO m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Moore, Carl L.
Chicago: South-Western Publishing, 1984
658.151 1 MOO m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Charoline Cheisviyanny
"Perubahan orientasi perusahaan dari product-oriented menjadi customer-oriented menuntut perusahaan untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggannya agar tercapai kepuasan pelanggan. Perusahaan mengarahkan salespersonnya untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggan. Namun perusahaan tidak menyadari bahwa semua usaha yang dilakukannya itu membutuhkan biaya yang sangat besar. Selama ini perusahaan beranggapan bahwa pelanggan yang sering membeli akan memberikan profit yang besar bagi perusahaan dan sebaliknya. Salesperson pun hanya berorientasi pada volume penjualan, bukan pada profit, karena bonus mereka ditentukan dari pencapaian target penjualan.
Kesalahan pandangan ini terjadi karena perusahaan tidak pernah mengukur profitabilitas dari masing-masing pelanggannya. Perusahaan beranggapan bahwa pelanggan yang membeli dengan harga di atas full manufacturing cost ditambah dengan persentase mark-up, pastilah menguntungkan. Padahal setiap pelanggan menyerap biaya yang berbeda karena mereka menggunakan sumber daya dalam proporsi yang berbeda.
Objek penelitian dari thesis ini adalah PT X yaitu sebuah perusahaan distributor tekstil. Selama ini PT X juga tidak pernah menghitung profitabilitas dari pelanggannya. Kinerja pelanggan hanya dilihat, diukur, dan dinilai dari banyaknya pembelian. Semakin banyak pelanggan membeli berarti kinerjanya dinilai baik. Padahal belum tentu demikian.
Dengan menerapkan Activity-Based Costing (ABC) untuk menghitung cost-to-serve dan melakukan analisis profitabilitas pelanggan ternyata dari 25 pelanggan yang dimiliki oleh PT X yaitu terdiri dari 14 pelanggan dalam kota dan 11 pelanggan luar kota, temyata hanya 13 pelanggan (52%) yang merupakan pelanggan yang menguntungkan yaitu terdiri dari 5 pelanggan dalam kota dan 8 pelanggan luar kota. Sementara 12 pelanggan yang lain (48%) merupakan pelanggan yang tidak menguntungkan yaitu terdiri dari 9 pelanggan dalam kota dan 3 pelanggan luar kota. Pelanggan yang menguntungkan adalah BJ, IN, RH, SI, SP (dalam kota) dan EI, MR, RP, SK, SR, BM, GG, BT (luar kota). Sedangkan pelanggan yang tidak menguntungkan adalah AA,BS, CB, IK, LT, LM, MC, RT, UT (dalam kota) dan SM, SJ, AT (luar kota).
Penyebab tingginya cost-to-serve dari pelanggan yang tidak menguntungkan tersebut adalah besarnya biaya marketing yang meliputi lebih dari 50% total biaya PT X dan perilaku pelanggan yang bersangkutan menyebabkan cost-to-serve mereka menjadi besar.
Ada beberapa tindakan yang dapat diambil PT X untuk mengubah pelanggan yang tidak menguntungkan menjadi menguntungkan, yaitu mengaplikasikan CRM, mengubah kebijakan penetapan harga, mendidik pelanggan, dan memperbaiki operasional internal perusahaan.
Analisis profitabilitas pelanggan ini dapat membantu perusahaan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dan lebih erat dengan pelanggannya. Sehingga dalam jangka panjang, analisis ini bisa bermanfaat bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misinya menjadi perusahaan distributor tekstil yang terkemuka dan berkembang bersama-sama dengan pelanggannya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T14753
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pinder-Ayres, Brian
"How can you keep up with the relentless costs of running a practice - the monthly payroll, the rent, income tax, VAT and so on - when your fee income is prone to so much unpredictable delay?"
London: RIBA, 2008
e20436517
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Luki Prastyarianti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem akuntasi biaya tradisional yang sekarang diaplikasikan oleh perusahaan manufaktur X. Sistem ini dirasa memerlukan sebuah perbaikan ke metode yang lebih menghasilkan informasi yang lebih akurat dan tidak misleading untuk pengambilan keputusan manajemen, seperti metode activity-based costing. Rekalkulasi dengan menggunakan metode yang baru akan dilakukan sehingga kemudian akan diketahui beberapa rekomendasi manajerial yang mungkin dapat dilakukan untuk menghasilkan nilai tambah pada perusahaan. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi kasus pada divisi produksi non uang perusahaan manufaktur X dengan mengumpulkan berbagai data primer terkait proses pembentukan costing dan observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan adanya ketimpangan alokasi biaya antara produk satu dengan produk lainnya yang mengarah ke kekeliruan interpretasi profitabilitas perusahaan akan suatu produk.

The research aims to evaluate traditional, direct labor volume-based cost accounting system which is currently applied by Company X. This system might need to be upgraded to a more accurate and non-misleading result method that is important for managements decision making, such as activity-based costing. This study is to be done by recalculating the cost using the new method as the result is expected to be a set of useful value-adding recommendations to the management. This is a case study regarding companys non-money division by gathering primary data to form current costing and direct field observation. The result shows deviation between one product cost allocation to the others which leads to interpretation bias regarding companys profitability of some products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library