Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 33 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Naskah ini berisi teks sindhenan dalam suatu gendhing, yaitu terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Gamelan Minggah (h.1), Gamelan Suwuk, Lajeng Buka Gendhing Semang Paseban (h.2), Lagon Lasem (h.3), Ladrangan (h.4), dan Ketawang (h.5). Naskah ini disalin oleh staf Panti Boedaja dari sebuah babon yang dipinjam Pigeaud (?) dari Kraton Yogyakarta melalui perantara Mangkunegara VII pada tahun 1934, di Surakarta. Disalin rangkap empat yang keseluruhannya kini terdapat di Koleksi FSUI (A 32.01a-d). Hanya ketikan asli (a) yang dimikrofilm"
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SS.18-A 36.01a
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Stm. Atmasumarta
"Serat Lagu Jawi Jilid I ini memuat tentang Bawa Sekar Ageng (tembang yang mengawali sebuah gendhing), dalam hal ini (dapat) berupa Sekar Tengahan. Not Gendhing kemudian di?gerong?kan (Gerong: menembang berbarengan dengan gamelan). Disertai dengan not lagu swara dengan penuntun. Ditambah pula dengan Sekar Macapat dan Sekar Dolanan."
Soerakarta: Si Dyan Ho, 1935
BKL.0763-SS 21
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Djakoeb
"Buku ini berisi tentang pembuatan atau belajar menabuh gamelan, notasi gamelan, perihal gamelan kecil atau klenengan, perihal menabuh gendang, notasi gendang, perihal alat musik seruling beserta cara menyuling, perihal cara pembuatan seruling itu sendiri, pembutan ketruk, kempyang dan gong, nama-nama gending pelog dan lain-lainnya."
Batavia: Papyrus, 1913
BKL.0834-SS 24
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
"Teks berisi daftar nama gendhing-gendhing Santiswara, sebanyak 95 judul (h.ii-vii), ditambah notasi angka serta lirik untuk sebagian dari gendhing Santiswara tersebut. Santiswara ialah sejenis musik yang bernafaskan keislaman dengan menggunakan seperangkat alat musik yang disebut terbang. Untuk keterangan yang mendetail tentang Santiswara sebagai pertunjukkan seni suara Jawa, lihat Pigeaud, Javaanse Volksvertoningsen (Batavia : Volkslectuur, 1938). Pada naskah ini terselip pula sebuah surat yang ditulis oleh Prajakintaka (Prajakenaka?) kepada Dr. Tjan Tjoe Siem, tertanggal 26 Oktober 1939 (h.31-32). Dalam surat ini, Prajakintaka menceritakan tentang sejarah dan perkembangan seni Santiswara itu. Di bawah ini dikutip sebagian keterangannya. Seserapan kula, saking pangandikanipun swargi uwa B.R.M.H. Sumaningrat, santana dalem riya nginggil, punika putranipun B.K.P.H. Sontakusuma, putra dalem Sampeyan-dalem I.S.K.S. PB V, gendhing santiswara wau sakawit ingkang iyasa inggih Sampeyan-dalem I.S.K.S. PB V wau. Sasurud-dalem lajeng kendel boten wonten ingkang ngagem klangenan santiswara. Sareng jaman-dalem Sampeyan-dalem I.S.K.S. PB VII, B.K.P.H. Sontakusuma kapareng nguluri lalangen santiswara ing saben malem ing tanggal ping 9, dumugi kaping 19, ing wulan Jawi . Sasedanipun K.P.H. Sontakusuma lajeng kendel. Dene titimangsanipun kula boten saged ngaturaken. Ing mangke kula ngaturi katrangan gesangipun malih gendhing santiswara wau. Jaman jumeneng-dalem Sampeyan-dalem Ingkang Sinuhun Ingkang Minulya saha Wicaksana Kangjeng Susuhunan PB X, kaparengipun swargi Papatih-dalem, K.R.A. Sasradiningrat ingkang mulang uwa B.R.M.H. Sumaningrat wau, wiwitipun nalika malem Jumungah kaping 3 Rabingulakir tahun Jimawal, ongka 1837, utawi kaping 17 Mei 1907. Kula ingkang kautus ngirit wiyaga kanthi panakawan amongraras. Ingkang nampeni piwulang, sareng sampun sami saged lajeng kagem wonten ing Wimbasana sareng sampun sami saged lajeng kagem wonteng ing Wimbasana (Kapatihan) saben sonten, wiwit jam 6 dumugi jam 8. Kaparengipun Papatih-dalem kula kadhawuhan nata apalaning sindhenanipun. Kula pendhetaken saking serat Centhini. Wiwit punika lajeng kathah ingkang sami remen, rare-rare kathah ingkang apal dhateng gendhing santiswara wau, malah nalika malem Jumungah tanggal kaping 27 wulan Jumalidakir ugi tahun Jimawal, utawi kaping 7 Agustus 1907, wonten kasareng ing karsa dalem, Sampeyan-dalem... PBX mundhut santiswara ing Kapatihan kagem lalangan wonten ing ngarsa pura, wiwit jam 8 dumugi jam 1 dalu. Kula ingkang kadhawuhan ngirit. Lalajenganipun ing saben wonten kasareng dalem mundhut, ugi kula ingkang kadhawuhan ngirit. Dangu dangu kapareng ing karsa dalem lajeng iyasa piyambak. Ingkang nindakaken abdidalem wiyaga sarta wiraswara. Kagemipun boten katemtokaken amung saka pareng ing karsa dalem. Ing sajumeneng-dalem Sampeyan-dalem I.S.K.S. PB XI, gendhing santiswara kagem lalangen saben malem Jumungah. Wasan amung samanten anggen kula saged ngaturi katrangan. Naskah ketikan ini dibuat oleh staf Pantoi Boedaja di Surakarta pada tahun 1935, menyalin dari babon naskah SMP/RP-G.17. Penyalinan dibuat sebanyak empat eksemplar. Satu eksemplar dikirim kepada BRANDST Buys, dua eksemplar disimpan Pigeaud (SS.12-13), dan sisanya diserahkan kepada Panti Boedaja (MSB/M.12). Untuk keterangan sejarah Santiswara yang sedikit berbeda dengan versi Prajakintaka, lihat deskripsi naskah SMP/RP-G.17 s/d 20. Menurut naskah-naskah itu, gendhing santiswara adalah hasil karya Demang Warsapradangga"
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SS.12-G 89
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Demang Warsapradangga
"Tembusan karbon dari FSUI/SS.12. Informasi selanjutnya lihat deskripsi naskah tersebut."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SS.13-B 56.09
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Serat pakem wirama lengkap dengan laras pelog dan laras slendro. Naskah ini merupakan alih aksara dari FSUI/SS.3 (h.71-85) dan SS.4 (h.1-70), yang dilakukan oleh staf Panti Boedaja pada tahun 1931. Lihat deskripsi naskah-naskah asli untuk informasi selanjutnya. FSUI memiliki dua eksemplar naskah ini, yaitu ketikan asli (B 39.02a) dan tembusan karbon (b). Naskah koleksi museum Sono Budoyo tersebut telah pernah dimikroflim (lihat reel 158.05), maka naskah koleksi FSUI ini tidak dimikrofilm."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SS.5-B 38.02a
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Demang Warsapradangga
"Notasi tigabelas gendhing pelog pathet gangsal. Notasi ini dibuat oleh Mas Demang Warsapradangga di Surakarta pada tahun 1906, atas perintah Adipati Sasradiningrat IV. Sistem notasi yang dipakai adalah transkripsi gaya Kepatihan, yaitu dengan angka untuk menunjukkan lagu balungan dan tanda-tanda lain (>,=) untuk pukulan gong kenong. Naskah ketikan ini disalin pada tahun 1935 oleh staf Panti Boedaja, menyalin naskah SMP/RP-G.1. Penyalinan sebanyak empat eksemplar. Satu dikirim kepada musikolog ternama, J. S. Brandts-Buys, dua lainnya disimpan oleh Pigeaud (SS.8-9) dan sisanya lagi diserahkan kepada Panti Boedaja (lihat MSB/M.12). Naskah koleksi Museum Sono Budoyo tersebut telah pernah dimikrofilm (reel 109,5), oleh karena itu naskah koleksi FSUI ini tidak dimikrofilm"
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SS.8-B 56.10
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Demang Warsapradangga
"Tembusan karbon dari FSUI/SS.8. Lihat deskripsi naskah tersebut untuk informasi lebih lanjut."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SS.9-G 90
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
"Teks ini berisikan titilaras (notasi) gendhing-gendhing gamelan Jawa gaya Surakarta. Jumlah gendhing yang tercatat mencapai 422 buah, berlaras slendro maupun pelog, dalam semua pathet. Sistim notasi yang digunakan adalah nut rante yang konon diciptakan sekitar tahun 1870 di kraton Surakarta. Menurut keterangan di h.i, himpunan gendhing dengan notasi nut ranre ini disusun oleh M. Demang Gunapangrawit. abdidalem pangageng niyaga kala jaman Sinuhun oleh PB (Pakubuana) IV. kabiyantu Encik Bemgkok, abdidalem musikan. Identifikasi ini meragukan, karena sistem notasi nut rante baru diciptakan sekitar tahun 1870an, yaitu lima puluh tahun setelah wafatnya PB IV. Menurut catatan, memang ada seorang pemusik kraton Surakarta yang terkenal yang bernama Kyai Demang Gunapangrawit, abdidalem panewu niyaga kasepuhan di Kraton Surakarta, namun beliau hidup pada masa pemerintahan PB IX dan PB X. Gunapangrawit itu juga disebutkan sebagai penghimpun gendhing pada naskah lain bernotasi nut rante, yaitu pada naskah MSB/M.1. Dengan demikian, kaitan dengan PB IV sebagaimana tertera di h.i tersebut, penyunting anggap sebagai kekeliruan informasi. Tidak ada informasi mengenai penyalinan buku notasi ini, tetapi dari jenis kertas yang digunakan dapat diperkirakan penyalinannya sekitar awal abad ke-20. Oleh staf Pigeaud daftar dari judul-judul gendhing yang dimuat pada naskah ini disalin untuk dimasukkan dalam kamusnya (lihat MS/SS.11). Bandingkan dengan naskah MSB?M-X.1-2, MSB/M.10 dan PNRI/KBG.586 untuk naskah lain dengan notasi nut rante. Lihat pul SMP/KS.554 untuk karya tertulis lain dari Gunapangrawit."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SS.10-NR 512
Naskah  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>