Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 143 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Byars, Edward Ford, 1925-
Scranton: International Textbook, 1969
620.112 BYA e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Higdon, Archie, 1905-
New York: John Wiley & Sons, 1960
620.112 HIG m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Felbeck, David K.
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1984
620.112 FEL s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Spiegel, Leonard
New Jersey: Prentice-Hall, 1991
620.112 3 SPI a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sandor, Bela I. (Bela Imre)
Englewood Cliff, New Jersey: Prentice-Hall, 1980
620.112 SAN e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Dini Sofyani
"Penelitian ini membahas tentang penggunaan Abu Sekam Padi (RHA) sebagai bahan subtitusi perekat semen dan penggunaan Limbah Adukan Beton (CSW) sebagai agregat halus untuk mengurangi penggunaan jumlah pasir pada beton. Penelitian dilakukan dengan membuat mortar dengan lima variasi campuran dengan jumlah CSW 30%, 40%, 50%, 60% dan 70% dengan penggunaan RHA tetap yaitu 8% dari total pemakaian semen. Sifat mekanis beton yang diuji meliputi: kuat tekan, densitas atau kerapatan, absorbsi atau penyerapan air dan uji susut. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur 3, 7, 14, 21, 28, 56 dan 90 hari. Untuk pengujian densitas dan absorbsi dilakukan pada umur 28 hari. Sedangkan untuk pengujian susut dilakukan pada umur 1-28 hari secara terus-menerus. Pada pengujian-pengujian yang sudah dilakukan, nilai optimum terjadi pada campuran dengan jumlah CSW 30%, karena memiliki nilai kuat tekan dan densitas paling tinggi, serta penyerapan air dan penyusutan yang paling rendah. Dari penelitian ini diharapkan mortar dengan campuran RHA dan CSW dapat diaplikasikan untuk pembuatan bahan konstruksi ramah lingkungan.

The focus of this study is observing the use of Rice Husk Ash (RHA) as a subtitute of portland cement and Concrete Sludge Waste (CSW) to reduce of sand in concrete. Five compotitions are made in this study with precentages of CSW are 30%, 40%, 50%, 60% and 70% and fixed amount 8% of RHA. The concrete were tested in compressive strength test at the age of 3, 7, 14, 21, 28, 56 and 90 days. Density test and absorption test at the age of 28 days. And Shrinkage test at the age of 1-28 days. From the result of those tests obtained an optimum number of CSW 30% because has the biggest compressive strength and density, thelowestabsorption and percentage of shrinkage. From the result has been obtained, the concrete with RHA and CSW could be applied to building material."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S57865
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beer, Ferdinand Pierre, 1915-2003
New York: McGraw-Hill, 2015
620.112 3 MEC
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
William Sakti
"ABSTRACT
Pengujian beton dengan metode non destructive test sangat dibutuhkan dalam mengevaluasi kondisi beton pada konstruksi, guna mengurangi resiko kerugian akibat pengujian dengan metode destructive test. Skripsi ini membahas korelasi shearwave velocity dengan mutu beton. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan mencari nilai shearwave velocity dan mutu beton, yang kemudian dibandingkan dengan nilai longitudinal wave velocity. Nilai shearwave velocity didapatkan dari pengujian menggunakan bantuan alat A1040 MIRA dan longitudinal wave velocity didapatkan dari bantuan alat UPV. Pengujian dilakukan pada beton dengan mutu K225, K350, dan K500 selama 28 hari hingga lebih. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa shearwave velocity pada beton berbanding lurus dengan mutu beton akan tetapi nilai shearwave velocity tidak mengikuti kenaikan kekuatan tekan beton, shearwave velocity cenderung bersifat stabil saat umur beton memasuki 10 hingga 14 hari.

ABSTRACT
Concrete testing with non destructive test method is needed in evaluating the condition of concrete in construction, in order to reduce the risk of loss due to testing by destructive test method. This thesis discusses the correlation of shearwave velocity with the concrete strength. This research is an experimental research by looking for shearwave velocity and concrete strength, which is then compared with longitudinal wave velocity value. The shearwave velocity values were obtained from the test using the A1040 MIRA tool and longitudinal wave velocity were obtained from the test using the UPV tools. Tests were performed on concrete with quality K225, K350, and K500 for 28 days to over. The result of this research shows that shearwave velocity in concrete is directly proportional to the quality of concrete but the shearwave velocity does not follow the increase of concrete compressive strength for the same quality, shearwave velocity tends to be stable when the age of concrete enters 10 to 14 days."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Huda
"ABSTRAK
Material FRP menawarkan potensi yang sanggat baik untuk aplikasi di bidang kelautan, dimana ketahanan korosi dan beratnya yang ringan merupakan kelebihan utama dibanding struktur logam. Namun, seringnya terjadi kecelakaan kapal berbahan fiberglass disebabkan oleh desain konstruksi dan proses produksi kapal fiberglass yang umumnya belum mengacu pada persyaratan klasifikasi, khususnya pada kapal-kapal berukuran di bawah 24 meter. Selain itu jenis bahan, komposisi, dan susunan laminasi di masing-masing galangan bervariasi, tanpa adanya pengujian spesimen di laboratorium, sehingga kekuatan konstruksinya sulit dijamin. Pada penelitian kali ini akan dilakukan perhitungan kekuatan struktur kapal menggunakan regulasi ISO 12215-5 yang dilanjutkan dengan kajian variasi arah penyusunan serat komposit FRP pada lambung kapal untuk mendapatkan komposisi susunan laminasi yang optimum dengan menggunakan metode elemen hingga (FEM). Hasil optimasi menunjukkan orientasi arah serat 45 derajat memiliki defleksi paling kecil.

ABSTRACT
FRP materials offer tremendous potential for applications in a marine environment, where their corrosion resistance and light weight are their principal advantages compared to metallic structures. However, the strength of ship's hull lamination construction sometime becomes the cause of sea accident as the result of construction design and hull lamination process of fiberglass vessels generally do not comply to class requirement especially for hull with length less than 24 meter. Besides that, the shipyards do not have engineering standards with regard to material used, composition, and lamination procedures that could fulfill the classification requirements. This research is particularly intended to assess the strength of ship's hull lamination through standard ISO 12215-5, and continue with the study of variation ply angle using finite element method (FEM). The optimization result shows, fiber with 45 degree ply angle have smallest deflection."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50236
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 2012
620.1 MEC
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library