Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sulastri Nurpanca Agustin
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menelisik pengaruh strategi QAR terhadap
pengajaran pemahaman membaca teks recount siswa sekolah menengah pertama.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian
adalah non-equivalent comparison group design. Kuesioner, observasi dan
wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengajaran
pemahaman membaca teks recount dengan strategi QAR. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIID. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan data yang diperoleh,
simpulan hasil penelitiaan ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan
pemahaman membaca teks recount antara siswa yang diajar menggunakan strategi
QAR dengan yang diajar tanpa menggunakan strategi QAR pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Tanjungpandan, (2) strategi QAR mampu meningkatkan
pemahaman membaca teks recount siswa SMP Negeri 3 Tanjungpandan, dan (3)
siswa menunjukkan respon positif terhadap pengajaran pemahaman membaca teks
recount dengan strategi QAR

ABSTRACT
The aim of this study is to present the effects of QAR strategy in
teaching reading comprehension recount text of junior high school level. The
study is a quasi-experimental research with non-equivalent comparison group
design. A questionnaire, observation and interview were used to find out the
student?s perception about QAR strategy. The sample of this study was VIIIA and
VIIID. The data were analyzed through t-test significance 5%. Based on the data,
The findings of this study indicated that (1) Ho was rejected, and Ha1 was
accepted. In other words, there is a significant difference between experimental
group and control group, (2) QAR strategy could improve reading comprehension
recount text of junior high school level, and (3) there was positive response
towards teaching reading comprehension recount text through Question Answer
Relationship (QAR) strategy"
2016
T46151
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esa Yolanda Putri
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan institusi pendidikan untuk memanfaatkan sistem pembelajaran elektronik untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Penelitian ini membahas penggunaan MOODLE sebagai sebuah aplikasi pada pengajaran pemahaman membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keefektifan penggunaan MOODLE dalam pengajaran pemahaman membaca dan untuk menemukan korelasi antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan pemahaman membaca mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampelnya adalah empat puluh pelajar SMP Perdana Kusuma Jakarta yang dibagi menjadi dua kelompok. Dua puluh pelajar berada pada kelas kontrol dan dua puluh pelajar berada pada kelas eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi MOODLE dapat meningkatkan pemahaman membaca pelajar terhadap teks naratif. Selain itu, terdapat korelasi yang signifikan antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan peningkatan pemahaman membaca mereka.

ABSTRACT
The development of information and communication technology ICT requires educational institutes to utilize e learning system in order to increase learning effectiveness and flexibility. The study discusses the use of MOODLE as an application in teaching reading comprehension. In this case, the students are be active, independent, and responsible. This study aimed at measuring the effectiveness of using MOODLE application in teaching reading comprehension at SMP Perdana Kusuma Jakarta and finding out the correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and their reading comprehension. The research used a quantitative method. The samples were forty students of SMP Perdana Kusuma Jakarta. They were divided into two groups. Twenty students were in the control group and the other twenty students were in experimental group. The results showed that used MOODLE application can improve students rsquo comprehension of narrative texts. Moreover, there was a significant correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and improvement of their reading comprehension. "
2018
T49582
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melly Latifah
"Keterampilan membaca untuk tujuan memahami materi bacaan merupakan faktor penting dalam pembelajaran dan keberhasilan siswa di sekolah. Membaca bukan sekedar aktivitas menyimpan informasi dalam ingatan, namun lebih dari itu, merupakan proses membangun pengetahuan yang melibatkan pengolahan informasi pada tingkat yang lebih tinggi dari sekedar merekam informasi. Untuk membangun pemahaman, diperlukan strategi metakognitif yang berfungsi memfasilitasi proses pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penggunaan strategi metakognitif dalam pemahaman bacaan pada siswa-siswa sekolah menengah pertama di wilayah Jawa pesisir dan Jawa pedalaman. Penelitian ini menggunakan mixed methods research design, yang melibatkan 61 siswa dari wilayah pesisir dan 55 siswa dari wilayah pedalaman. Penelitian menggunakan prosedur think-aloud untuk mengetahui jenis-jenis strategi metakognitif yang digunakan selama proses memahami bacaan. Hasil penelitian menemukan tiga hal. Pertama, ada perbedaan penggunaan strategi metakognitif dalam membaca antara siswa di wilayah Jawa pesisir dan pedalaman. Siswa pedalaman terbukti menggunakan strategi lebih sering dari siswa pesisir. Akan tetapi, jenis strategi yang digunakan siswa di pesisir cenderung lebih beragam dan lebih berkualitas. Kedua, penggunaan strategi metakognitif dalam membaca terbukti berpengaruh terhadap tingkat pemahaman bacaan siswa. Ketiga, masing-masing wilayah penelitian Jawa pesisir dan Jawa pedalaman memiliki jenis-jenis strategi metakognitif khas. Strategi metakognitif khas yang dimiliki siswa di Jawa pesisir lebih banyak dan lebih menyebar di wilayah jenis strategi metakognitif yang lebih tinggi kualitasnya. Sebaliknya, strategi metakognitif khas siswa Jawa pedalaman jumlahnya lebih sedikit dan lebih menyebar di wilayah jenis strategi metakognitif yang lebih rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah keterampilan metakognitif siswa SMP dalam pemahaman bacaan perlu ditingkatkan. Untuk itu, perlu dirumuskan suatu model pelatihan perancah metakognitif bagi guru agar mereka dapat melatih keterampilan metakognitif siswa-siswanya.
Reading skills for understanding reading materials are important factors in student learning and success in school. Reading is not just an act of storing information in memory, but more than that is a process of building knowledge that involves information processing at a higher level than just recording information. The metacognitive strategy is needed to facilitate the process of understanding. This study was conducted to examine the use of metacognitive strategies in reading comprehension among junior high school students in coastal and upland Java areas. This research uses mixed methods research design, involving 61 students from coastal areas and 55 students from upland areas. The study used a think-aloud procedure to identify the types of metacognitive strategies used during the reading comprehension process. The results of this study found three things. First, there is a difference in the use of metacognitive strategies in reading between students in coastal and upland Java areas. Upland students use strategies more often than coastal students. However, the types of strategies used by students on the coast are more diverse and more qualified. Second, the use of metacognitive strategies in reading affected the level of students 39; reading comprehension. Third, each research group coastal Java and upland Java has typical types of metacognitive strategies. The typical metacognitive strategies of students in coastal Java are more and more widespread in areas of higher quality metacognitive strategies. In contrast, the metacognitive strategy typical of upland students is fewer and more widespread in areas of lower metacognitive strategy. The implication of this research is the junior high school students 39; metacognitive skill in reading comprehension need to be improved. Therefore, it is necessary to formulate a model of metacognitive scaffolding training for junior high school teachers so that teachers can train the metacognitive skills of their students. With this training, teachers can help students to improve their skills in using metacognitive strategies so that students 39; reading comprehension can be improved."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
D2491
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. A. Widyarini Utami
"ABSTRAK
Penelitian ini bermula dari adanya indikasi bahwa pemahaman
bacaan sebagian siswa Sekolah Dasar masih tergolong rendah,
termasuk pemahaman bacaan eksposisi. Hal ini diperkirakan akan
berdampak negatif pada penguasaan pelajaran siswa dalam bidang
studi yang banyak menggunakan bahan bacaan. Karena sebagian
besar buku-buku pelajaran siswa adalah bacaan berbentuk eksposisi
maka pemahaman bacaan eksposisi ini perlu sekali ditingkatkan.
Salah satau strategi yang dapat meningkatkan pemahaman bacaan
adalah memberi pertanyaan kepada siswa tentang bacaan tersebut.
Dalam pemberian pertanyaan perlu juga dipertimbangkan variasi
pertanyaan, karana tipe pertanyaan yang berbeda akan menuntut
pemahaman yang berbeda pula.
Pemahaman dapat dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu (1)
pemahaman literal yang menuntut siswa memahami apa yang tertulis
secara eksplisit dalam bacaan, (2) pemahaman inferensial yang
menuntut siswa memahami lebih daripada apa yang tertulis secara eksplisit dalam bacaan, antara lain menyimpulkan informasi dalam
bacaan, dan (3) pemahaman kritikal menuntut siswa melakukan
analisa dan evaluasi pribadi terhadap bacaan. Pemahaman tingkat
kedua dan ketiga ini sangat penting untuk melatih siswa berpikir
lebih dalam dan kritis terhadap bacaan yang dibacanya.
Walaupun pemberian pertanyaan, khususnya [ertanyaan yang
bervariasi seperti di atas sangat bermanfaat, namun dalam
kenyataannya guru-guru jarang memberikan pertanyaan inferensial
dan kritikal. Siswa-siswa hanya diberikan pertanyaan yang
sifatnya literal saja. Oleh karena itu, peneliti mencoba
merancang suatu pelatihan menjawab pertanyaan untuk membantu
pemahaman bacaan siswa. Pelatihan ini meliputi pelatihan menjawab
pertanyaan literal, inferential dan kritikal. Selanjutnya
pelatihan ini ingin diuji keefektifannya dalam meningkatkan
pemahaman bacaan.
Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuasi eksperimen
dengan Noneequivalent Control Group Design yang melibatkan 79
siswa dari dua SD Negeri di Jakarta. Siswa dikelompokkan ke dalam
kelompok eksperimen (yang mendapat pelatihan menjawab pertanyaan)
dan kelompok kontrol (yang tidak mendapat pelatihan menjawab
pertanyaan). Pelatihan dilakukan sebanyak 11 kali pertemuan @ 80
menit, dimana 1 minggu ada 2 kali pertemuan. Pada sebelum dan
sesudah pelatihan, siswa diberikan tes pemahaman bacaan. Karena
sejak awal, latar belakang siswa pada kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol tidak dapat disetarakan maka faktor-faktor yang
secara teoritis berpengaruh terhadap DV dikontrol dengan dijadikan sebagai kovariat. Oleh karena itu pengolahan statistik
akan dilakukan dengan Analisis Kovarian (ANKOVA). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terjadi
peningkatan pemahaman bacaan, baik pemahaman secara keseluruhan
maupun pemahaman literal, inferensial dan kritikal dimana hal ini
tidak terjadi pada kelompok kontrol. Dengan demikian hasil ini
menunjukkan bahwa pelatihan menjawab pertanyaan efektif untuk
meningkatkan pemahaman bacaan."
1996
S2516
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New Jersey : Lawrwncw Erlbaum Associates, Inc, 2005
372.47 CHI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York : Routledge, 2009
R 428 HAN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
"Article described the code sound reading system applied in I Can Read(ICR) Greenville language center. The research was done qualitatively through the observation of teaching and learning process in three different classes of ICR I level at the center. A pre-test and post-test for reading were taken from Book 2 of ICR 1. Participants were three classes with three different teachers having different working experiences. The results of the research were: (l) the use of code sounds in reading was useful to improve students' reading skill which was shown by the increasing of correctly pronounced code sounds, (2) the students' reading skill and reading comprehension had improved, regardless the teachers' teaching style. In conclusion, a code sound reading system is successful in helping students to improve their reading skill and reading comprehension regardless the teachers teaching style."
LINCUL 8:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Holschuh, Louis W.
New York: St. Martin's , 1988
418.4 HOL a (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
London: Thomas Nelson and Sons, [date of publication not identified]
808.8 REA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester kedua pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya pada tahun akademik 2003-2004. Data didapatkan melalui tes, observasi, kuesioner, wawancara, rekaman audio-visual, catatan lapangan, dan peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan interaktif dalam pengajaran membaca dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca mahasiswa. Berdasarkan cloze test procedure, tingkat membaca mahasiswa pada tingkat independen dapat ditingkatkan, tingkat instruksional dapat dikurangi, dan tingkat frustasi dapat dihilangkan. Berdasarkan hasil multi tes, kemampuan membaca literasi, inferensi, reorganisasi, evaluasi, dan apresiasi dapat dikembangkan."
FKP 30:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>