Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 48 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elmasri, Ramez
Menlo Park CA: Benjamin Cummings, 1989
005.74 ELM f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Korth, Henry F.
New York: McGraw-Hill, 1991
005.74 KOR d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rob, Peter
Belmont, California: Wadsworth, 1993
005.74 ROB d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Devi
"PT.X is a company which business is packaging sugar, salt, creamer, toothpicks, etc into a mini sachet for hotels and restaurants all over Indonesia. At PT.X, there was no inventory of finish goods dedicated to a customer who has his own brand. Production starts only if there is an order which has already come suddenly. This is all because customers are not willing to give PT.X a schedule of ordering every month and there was no command hom management of PT.X to make a sum of inventory of finished goods so that production line does not want to take the risk if the inventory of tinished goods (which has created by own initiative) is not ordered by the customer. Therefore, when a lot of orders come suddenly in the same time for instance on fasting month, production line will chaos and can not deliver order on time. Concerning this situation, the writer gives an advice to make an inventory planning, a plan of producing a sum of inventory of tinished goods every month by using idle times. This inventory planning is dedicated to anticipate a situation when a lot of orders come suddenly in the same time and can not be fulfilled fully in a limit time of 2 days as promised by order receiver of PT.X, After having a discussion with the owner of PT.X, inventory planning will only dedicated to top 50 customers who gave a big profit for PT.X in the year 2003. This inventory will be useful when a lot of orders come suddenly in the same time and ca.n not be tiiltillcd fully in a limit time. The writer also designs a database to ease some activities at PT.X like cross checking, inputting order, evaluating the comparison between demand and capacity and searching a data of worker who did an order when a customer complain.

PT. X adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengemasan produk-produk antara lain gula, garam, tusuk gigi, merica dan lain lain dalarn bentuk kmasan mini (sooner) yang biasa digunakan di restoran atau hotel dan memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada PT.X tidak pcmah ada invenrmy (persediaan) barang jadi untuk pelanggan tertentu (yang mempunyai logo kemasan sendiri), produksi baru benar-benar dilakukan sctelah pesanan datang Secara mendadak. Hal ini selain disebabkan karena para pclanggan tidak mau mcmbuat jadwal permintaan bulanan (supaya bisa dibuat stock) juga dikarenakan pihak manajemen PT.X tidak pernah memberikan perintah untuk rnembuat inventory barang jadi untuk pelanggan (yang mempunyai logo sendiri) pada saat mesin sedang idle sehingga bagian produksi PT.X tidak mau menanggung rcsiko dimana inventory yang telah dibuat (dengan inisiatif sendiri) tcmyata Lidak dipesan oleh pelanggan yang bersangkutan. Sehingga pada saat permintaan sedang merlumpuk dalam Waktu yang bersamaan terutama pada blllan puasa, PT.X akan kcsulitan dalam mcngirimkan barang sccara tepat waktu scsuai tanggal yang telah dijanjikan bagian penerima order. Oleh karena itu, penulis mengusulkan untuk membuat inventory planning yaitu program perencanaan persediaan pada masing-masing bulan dengan cara memanfaatkan waktu idle mesin pada saat order sedang Stidikit. Inventofy planning ini ditujukan untuk mengantisipasi jumlah pem1inIaan yang memuncak dan datang bersamaan secara mendadak pada suatu hari di suatu bulan dan tidak bisa dipennhi dalam batas waktu 2 hari ke1ja seperti yang telah dijanjikan bagian penerima order. Scsuai kesepakatan dengan pihak PT.X, inventory planning hanya ditujukan untuk 50 pelanggan teratas yang tclah memberikan profit terbesar untuk PT.X. Jika invenroiy planning ini dijalankan maka di awal setiap bulan akan tersedia persediaan barang jadi untuk 50 pelanggan teratas yang diharapkan dapat rnengurangi beban produksi di bulan yang bersanglcutan saat terjadi permintaan yang menumpuk dan datang bersamaan sccara mendadak- Selain itu, pcnulis juga merancang database untuk PT.X yang bisa mempermudah aktivitas-aktivitas yang dijalankan pada PT.X antara lain cross checking, input order, evaluasi perbandingan antara kapasitagdengan pcrmintaan clan pencarian data pekexja pesanan pclanggan saat pelanggan komplain."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
S50033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hubbard, George U.
New York: Van Nostrand Reinhold, 1981
R 005.74 HUB c
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Ersa Febrina
"Dalam skripsi ini dibahas pemodelan sistem fuzzy statis dan proses penetapan konstanta parameternya. Dalam pemodelan sistem fuzzy statis ada lima hal yang harus ditetapkan, variabel input, subhimpunan fuzzy, fungsi keanggotaan himpunan fuzzy, relasi input-output dan konstanta parameter. Algoritma input-output dalam sistem fuzzy statis diaplikasikan untuk melengkapi proses pemodelan sistem fuzzy statis. Penetapan konstanta parameter, dilakukan sedemikian sehingga eror antara nilai output dari model dan data output yang sebenarnya adalah minimum. Dalam skripsi ini, metode yang akan digunakan dalam menetapkan konstanta parameter adalah metode Least-Square.

This mini thesis discusses static fuzzy system modeling and the process of determining its constant parameter. In static fuzzy system modeling, there are five items that must be considered, they are input variables, fuzzy subset, membership function of fuzzy set, input-output relations, and constant parameter. Input-output algorithm in static fuzzy system is applied to complete the static fuzzy system modeling process. Determining constant parameters are done such that the error between output value and real output data is minimum. In this mini thesis, Least-Square method is used in determining the constant parameter."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
S46930
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewangga Respati
"Pada tahun 2010 terjadi peningkatan level organisasi SI/TI di SKK Migas menjadi Divisi MSI. Dengan keragaman arsitektur dan teknologi yang dimiliki oleh tiap SI di SKK Migas, maka Service Oriented Architecture SOA dipilih menjadi konsep integrasi. Salah satu permasalahan yang menjadi penyebabnya adalah belum adanya standar pengembangan SI berbasis SOA di SKK Migas. Penelitian ini akan membuat strandard pengembangan SI berbasis SOA di SKK Migas untuk membantu mengatasi permasalahan ini di SKK Migas. Penelitian ini menggunakan scrum sebagai acuan dalam membuat rekomendasi standar pengembangan SI di SKK Migas. Rekomendasi standar pengembangan SOA dibuat dengan mengacu ke model yang dibuat oleh Thomas Erl. Untuk integrasi antara standar pengembangan SI dan SOA di SKK Migas, digunakan penelitian dari Vamshi Kiran Gireddy dan Andrew P. Ciganek dengan judul ldquo;Implementing A SOA Using Scrum: Achieving Improved Productivity Using Service Trees rdquo;. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi standar pengembangan SI di SKK Migas. Hasil kedua dari penelitian ini adalah standar pengembangan SOA di SKK Migas. Standar integrasi antara pengembangan SI dan SOA diatur melalui 3 prosedur yaitu pendefinisian user stories service tree, pendefinisian jadwal sprint user stories dan service, dan review user stories service tree dan jadwal sprint.

In 2010, there is an increment of IS IT organization level at SKK Migas become centralized in MSI Division. Based on the heterogeneity of architecture and technology of IS in SKK Migas, service oriented architecture SOA have been chosen as the integration concept. Main cause of problem in SKK Migas is that there is no standard in SKK Migas for IS development based on SOA. This research will use scrum as a reference of IS development standard in SKK Migas. SOA development standard will use model from Thomas Erl as the reference. Research from Vamshi Kiran Gireddy and Andrew P. Ciganek named ldquo Implementing A SOA Using Scrum Achieving Improved Productivity Using Service Trees rdquo will be used as reference for integration of development standard of IS and SOA in SKK Migas. This research produce recommendation for IS development standard in SKK Migas. Other result of this research is SOA development standard in SKK Migas. Integration of IS and SOA development standard in SKK Migas consist of 3 process, definition of user stories service tree, schedule definition of user stories and service sprint, and review of user stories service tree and sprint schedule."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Batini, Carlo
California : Benjamin/Cummings, 1992
005.74 BAT c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rodgers, Ulka
New Jersey : Yourdon Press, 1991
R 005.7565 ROD o
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>