Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 243 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sinung Nugroho
"Kondisi arus lalu lintas di Jakarta menunjukkan kecenderungan naik, hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah lokasi maupun luasnya kemacetan yang terjadi terutama pada kondisi peak hour pagi, siang maupun sore hari. Kemacetan yang terjadi ternyata tidak dapat diatasi dengan peningkatan supply dan bahkan peningkatan supply merangsang tumbuhnya keinginan untuk melakukan perjalanan. Terjadinya kemacetan lalu lintas akan menimbulkan inefisiensi ekonomi, kerusakan lingkungan dan dampak psikologis karena penambahan satu kendaraan ke dalam arus lalu lintas yang sudah padat akan meningkatkan biaya sosial yang menjadi beban semua kendaraan di dalam arus. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya untuk mengatur dan mengelola demand sedemikian rupa sehingga keuntungan ekonomi secara total keseluruhan jaringan dapat dimaksimalkan.
Tujuan penelitian ini adalah menghitung besarnya biaya kemacetan dengan metode point pricing, metode trip-end pricing dan zona pricing serta menghitung besarnya manfaat dan kerugian yang diterima pengguna mobil pribadi dari sudut pandang efisiensi ekonomi. Perhitungan manfaat dan kerugian berdasarkan perbandingan antara dengan dan tanpa (with and without) biaya kemacetan dad hasil simulasi pembebanan jaringan, dengan bantuan perangkat lunak EMME12 (Equilibre Multimodal, Multimodal Equilibrium).
Dari hasil simulasi dan analsis diperoleh hasil bahwa dengan metode point pricing besarnya biaya kemacetan Rp. 5.000,00 dengan manfaat bersih di koridor Sudirman - Thamrin dan Gatot Subroto sebesar Rp. 18.527.598,43 per jam, dan total manfaat bersih untuk total jaringan Jakarta dan sekitarnya sebesar Rp. 110.192.597,42 dengan metode trip-end pricing biaya kemacetan sebesar Rp. 5.000,00 dengan manfaat bersih sebesar Rp.212.192.167,37 per jam dan dengan metode zona pricing besar biaya kemacetan di zona 1 adalah sebesar Rp. 2.000,00 sedangkan di zona 2 sebesar Rp. 3.000,00."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T5204
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nise, Norman S.
Hoboken, NJ: John Wiley & Son, 2004
629NISC001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
"Annotation Automation is in the midst of a major transformation and expansion in scope and dimension, and plays an increasingly important role in the global economy as well as in our daily lives. Engineers combine automated devices with mathematical and organizational tools to create complex systems for a rapidly expanding range of applications and human activities. This handbook incorporates the newest developments and presents a wide ranging, well-structured exploration of emerging application areas of automation. Besides manufacturing as a primary application of automation, the handbook covers new application areas such as medical systems and health, transportation, security and maintenance, service, construction and retail as well as production and distribution logistics. The Springer Handbook of Automation is not only an ideal resource for automation experts, but also a quick introductory survey for people new to this expanding field, including engineers, medical doctors, computer scientists and designers in many industries. Advance praise for Springer Handbook of Automation 'This is an important and ambitious project, and will be of interest to those involved with the IEEE Transactions on Automation Science and Engineering. I think Shimon Nof is the perfect person for this job.' (Ken Goldberg VP Technical Activities IEEE Robotics and Automation Society, Chair of Advisory Board IEEE Transactions on Automation Science and Engineering)."
Berlin: Springer, 2009
629SPRS001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Rhandyka Jili Prasanto
"Kenyamanan dalam berkendara telah menjadi tuntutan utama dari para pengemudi kendaraan, terutama apabila perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Dalam perjalanan jauh, pengemudi kendaraan harus selalu dalam keadaan konsentrasi penuh. Padahal, konsentrasi manusia akan semakin berkurang apabila manusia mulai merasa lelah. Dengan tingkat kenyamanan berkendara yang baik, rasa lelah ini tidak akan cepat terasa oleh pengemudi. Dengan situasi berkendara yang nyaman, angka kecelakanan di jalan raya tentunya akan berkurang.
Hal inilah yang mendasari ide dibuatnya sebuah sistem yang disebut Automatic Cruise Control. Fungsi utama dari sebuah Automatic Cruise Control adalah untuk menggantikan sejenak tugas dari seorang pengemudi kendaraan, sehingga pengemudi merasa lebih nyaman dalam berkendara. Selain faktor kenyamanan, sistem Automatic Cruise Control juga memberikan keuntungan lainnya, seperti konsumsi bahan bakar yang lebih irit.
Hal utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah sistem Automatic Cruise Control adalah faktor keselamatan dalam penggunaaan sistem tersebut. Oleh karena itu, dalam penelitian kali ini akan dibuat sebuah prototipe system kontrol untuk suatu sistem Automatic Cruise Control yang telah dirancang agar memiliki tingkat keamanan yang bagus. Sistem kontrol ini diharapkan dapat mengidentifikasi setiap input dan output dari sebuah sistem Automatic Cruise Control, terutama yang berkaitan dengan faktor keselamatan dalam berkendara. Sistem kontrol ini menggunakan mikrokontroler sebagai prosessor utamanya.

Nowadays, comfortable in driving become driver's main demand, especially when they are travelling in long distance. In a long distance travel, driver has to maintain their concentration to avoid an accident. But in fact, concentration will decrease significantly when we getting tired. With a comfortable driving, driver can maintain their concentration which finally leads in decreasing the probability of an accident to happen.
Based on this phenomenon, there are many manufacturer that produce a system called Automatic Cruise Control. The aiming of using this device is replacing drivers job for a moment by controlling throttle position, make car run in a constant velocity, so driver can relax and feel more comfortable. Besides that, there are another advantages that we can get from an automatic cruise control, such as decreasing the use of gasoline in a car, etc.
The main factor that must be observed carefully in this system is the safety factor. Safety factor become so important because it is related directly to the people?s life. In this research, we develop prototype of a control system for automatic cruise control which has a good safety factor. This control system must be able to identify all input and output of an automatic cruise control system, mainly input and output that related to safety factor. This control system uses microcontroller as its main processor.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S37313
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bogie Fajar Suciarto
"Dalam perjalanan jauh, pengemudi kendaraan harus selalu dalam keadaan berkonsentrasi penuh. Padahal, konsentrasi manusia akan semakin berkurang apabila manusia mulai merasa lelah. Dengan tingkat kenyamanan berkendara yang baik, rasa lelah ini tidak akan cepat terasa oleh pengemudi. Dengan situasi berkendara yang nyaman, angka kecelakanan di jalan raya tentunya akan berkurang.
Hal inilah yang mendasari ide dibuatnya sebuah sistem yang disebut Automatic Cruise Control. Fungsi utama dari sebuah Automatic Cruise Control adalah untuk menggantikan sejenak tugas dari seorang pengemudi kendaraan, menahan pedal gas untuk kecepatan kostan, sehingga pengemudi merasa lebih nyaman dalam berkendara. Selain faktor kenyamanan, system Automatic Cruise Control juga memberikan keuntungan lannya, seperti konsumsi bahan bakar yang bisa lebih irit.
Perancangan dan pengembangan prototipe Automatic Cruise Control untuk sementara khusus didesain untuk kendaraan bertransmisi manual sebagai objek perancangan. Namun dimasa yang akan datang dapat dibuat Automatic Cruise Control yang dapat dipasang pada kendaraan apapun secara mudah. Pada dasarnya konsep perancangan prototipe ini mengutamakan keselamatan dan kemudahan pemasangan pada objek perancangan. Analisa kegagalan pada perancangan ini dihitung dengan dua cara yaitu dengan perhitungan manual pendekatan Distortion Energy Theory (DET) dan Finite Element Methode (FEM) menggunakan perangkat lunak.

In a long distance travel, driver has to maintain their concentration to avoid an accident. But in fact, human concentration will decrease significantly when we getting tired. Within a comfortable driving condition, driver can maintain their best concentration performance which finally will decrease the probability of an accident happen in the road.
Based on this phenomenon, there are many manufacturer produce a system called Automatic Cruise Control. The aiming of using this device is replacing drivers job for a moment in controlling throttle position in constant velocity, so that driver can relax and feel more comfortable. In other side, using this device also has another advantage like decreasing gasoline consumption in our car.
At this moment, prototype design and development of Automatic Cruise Control limited to manual transmission car. But, researcher absolutely sure that development and application of this device in the future can be expanded to both manual and automatic transmission. In another words, this device can be installed in any kind of car so that the main concept of this design, safety and engaging this system as simple as possible to any type of car, can be achieved. Finally, two methods failure analysis, Distortion Energy Theory (DET) and Finite Element Method (FEM), are used in this design to make sure that this design work properly both in performance and safety point of view.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S37316
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Haryani Diah Sitawati
"Peringkas Otomatis merupakan pembuatan ringkasan dengan bantuan komputer. Peringkas Otomatis bertujuan untuk menemukan dokumen yang relevan atau mengetahui isi suatu dokumen secara mudah dan cepat. Penelitian ini mengembangkan Peringkas Otomatis untuk dokumen ilmiah bahasa Indonesia menggunakan dua metode yaitu metode Tf-Idf dan metode Frase Penunjuk. Metode Tf-Idf dan metode Frase Penunjuk memiliki kesamaan yaitu sama-sama menghitung bobot untuk kata-kata tertentu dalam dokumen untuk selanjutnya dijumlahkan untuk tiap kalimat dan diambil yang bobot kalimatnya tertinggi. Khusus untuk metode Frase Penunjuk dilakukan serangkaian pelatihan lebih dahulu untuk menghasilkan kamus Frase Penunjuk untuk dokumen ilmiah berbahasa Indonesia.
Pengujian hasil ringkasan dilakukan dengan menggunakan rasio kompresi 10% dan 20%. Berdasarkan pengujian, didapat bahwa nilai precision dan recall dari ringkasan dengan metode Tf-Idf lebih baik daripada menggunakan metode Frase Penunjuk. Untuk rasio kompresi 10%, nilai precision metode Tf-Idf adalah sebesar 45,1%, sedangkan nilai precision metode Frase Penunjuk adalah sebesar 43%. Namun untuk rasio kompresi 20%, nilai precision metode Tf-Idf adalah sebesar 60,8%, sedangkan nilai precision metode Frase Penunjuk adalah sebesar 60,1%. Nilai recall untuk metode Tf-Idf dengan rasio kompresi 10% adalah 21,6% sedangkan untuk metode Frase Penunjuk adalah sebesar 20,6%. Untuk rasio kompresi 20%, nilai recall dari metode Tf-Idf adalah sebesar 14,5% dan nilai recall dari metode Frase Penunjuk adalah sebesar 13,3%. Jika diukur berdasarkan waktu eksekusi, ringkasan dengan metode Frase Penunjuk membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada waktu eksekusi metode Tf-Idf yaitu 0,6 menit dibanding 5,4 menit. Sedangkan untuk panjang kata, ringkasan dengan metode Tf-Idf menghasilkan ringkasan dengan jumlah kata yang lebih banyak dari pada metode Frase Penunjuk. Untuk rasio kompresi 10%, jumlah kata metode Tf- Idf adalah 484 kata, sedangkan untuk metode Frase Penunjuk adalah sebanyak 357 kata. Untuk rasio kompresi 20%, jumlah kata dari metode Tf-Idf adalah sebanyak 845 kata dan untuk metode Frase Penunjuk adalah sebanyak 670 kata."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Toha Kusuma
"Pengendalian posisi dan kecepatan motor DC sangat penting untuk kendaraan pada umumnya dan robotik pada khususnya. Pada studi ini mempresentasikan pengendalian motor DC dengan algoritma kendali PID menggunakan mikrokontroler H8/3052. Pengendalian posisi dan kecepatan dengan menggunakan sinyal PWM yang dihasilkan mikrokontroler. Untuk mengatur perputaran motor digunakan rangkaian optoisolator dan H-bridge. Sinyal umpan balik dihasilkan dari rotary encoder EC16B berupa umpan balik posisi sudut dan pada mikrokontroler didiferensialkan menjadi kecepatan sudut. Perbedaan nilai antara setpoint dengan nilai encoder akan menghasilkan sinyal error. Program pengendali pada mikrokontroler selanjutnya akan menangani sinyal error tersebut untuk dikendalikan.

DC motor speed and position controls are fundamental in vehicles in general and robotics in particular. This study presents the DC motor control with PID control using microcontroller H8/3052. Microcontroller uses PWM signals to control the position and speed of DC motor. For driving the motor, the optoisolator and H-Bridge circuits are used. Feedback signal is generated by rotary encoder EC16B that generates position feedback and in microcontroller those feedback will be differrentiated to be the angle velocity. The differences between setpoint number with the feedback from encoder will generate the error signal. Then the program on microcontroller will handle this error to be controlled."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
R.03.08.164 Kus p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kuo, Benjamin Chung-i, 1930-
Jakarta: Prenhallindo, 1998
629.8 KUO t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anand, D.K. (Davinder K.), 1939-
Oxford: Pergamon Press, 1984
629.8 ANA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ogata, Katsuhiko
Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1990
629.8 OGA m (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>