Ditemukan 101 dokumen yang sesuai dengan query
Mohamad Ali Asy`ari
"[Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) yang baik akan berdampak pada pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel sehingga terwujud good governance dalam penyelenggaran pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kualitas sistem pengendalian intern di Biro Keuangan Sekretariat Utama Badan Pusat Statistik (BPS). Metode penelitian dilakukan melalui penyebaran angket, observasi, wawancara serta studi pustaka dan dokumen peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas sistem pengendalian intern di Biro Keuangan Sekretariat Utama BPS yang mengacu pada unsur-unsur SPIP yang terdapat dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 telah berjalan dengan baik.
A good implementation of the government internal control system (SPIP) will have an impact on a transparent and an accountable management of state finance to realize a good governance in the delivery of government services. This study aims to assess the quality of internal control systems in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS). The research uses questionnaire method, observation, interview and literature study and document the legislation. The research concludes that the quality of the internal control system in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS) refering to the SPIP elements contained in The Regulation Number 60 of 2008 has run well.;A good implementation of the government internal control system (SPIP) will have an impact on a transparent and an accountable management of state finance to realize a good governance in the delivery of government services. This study aims to assess the quality of internal control systems in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS). The research uses questionnaire method, observation, interview and literature study and document the legislation. The research concludes that the quality of the internal control system in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS) refering to the SPIP elements contained in The Regulation Number 60 of 2008 has run well., A good implementation of the government internal control system (SPIP) will have an impact on a transparent and an accountable management of state finance to realize a good governance in the delivery of government services. This study aims to assess the quality of internal control systems in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS). The research uses questionnaire method, observation, interview and literature study and document the legislation. The research concludes that the quality of the internal control system in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS) refering to the SPIP elements contained in The Regulation Number 60 of 2008 has run well.]"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Abidah Syauqina
"Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 2 tahun 2014 mengatur penerapan Tatakelola Perusahaan yang Baik/Good Corporate Governance (GCG) secara mandatory bagi Perusahaan Perasuransian. Dalam penerapan GCG, terdapat asas transparansi dan akuntabilitas yang berkaitan erat dengan pelaporan keuangan. Pengendalian internal menjadi upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencapai kedua asas tersebut. Sistem ICoFR (Internal Control over Financial Reporting) adalah bagian dari sistem pengendalian internal yang dirancang khusus untuk memberikan keyakinan memadai bahwa laporan keuangan telah disusun secara andal, tepat waktu, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Model Three Lines of Defence mendukung efektivitas pelaksanaan ICoFR tersebut dengan membagi tugas dan tanggungjawab secara jelas dalam tiga lapisan. PT X merupakan perusahaan asuransi yang telah menerapkan sistem ICoFR sejak tahun 2014 sehingga masih memerlukan pengembangan serta perbaikan. Laporan magang ini menganalisis kesenjangan antara praktik dan teori penerapan sistem ICoFR di PT X serta memberikan saran atas kesenjangan-kesenjangan yang ada sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengembangan dan perbaikan sistem ICoFR di PT X.
Regulation of Financial Services Authority no. 2 in 2014 set up the implementation of Good Corporate Governance (GCG) for Insurance Company as mandatory. In application of GCG, transparency and accountability are principles which are closely related to financial reporting. Internal control become an attempt of the company to achieve both those principles. ICoFR (Internal Control over Financial Reporting) is a part of the internal control system is specially designed to provide reasonable assurance that the financial statements have been prepared in a reliable, timely, and in accordance with the applicable rules. Three Lines of Defences Model supports the effective implementation of the ICoFR by dividing tasks and responsibility into three layers clearly. PT X is an insurance company that has implemented the ICoFR system since 2014 so it still requires the development and improvement. This internship report analyzes the gap between practice and theories ICoFR system implementation at PT X as well as providing the advice on gaps as material consideration in process of development and improvement of the ICoFR system in PT X."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Sri Nurhayati
Jakarta: Salemba Empat, 2013
657SRIA002
Multimedia Universitas Indonesia Library
Septiani
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengakuan akuntansi atas pengembangan sistem informasi sebagai aset tak berwujud dalam laporan keuangan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara beberapa sistem informasi yang dikembangkan oleh Pusat Informasi Pengawasan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Pengembangan Sistem Informasi Manjemen Akuntabilitas SIMA seharusnya mendapat pengakuan akuntansi sebagai aset tak berwujud dalam laporan keuangan, karena memenuhi semua unsur yang dipersyaratkan sesuai kriteria definisi, pengakuan dan pengembangan. Kapitalisasi penting dilakukan karena akan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi, sebagai upaya pengamanan aset negara dan berguna sebagai informasi pengambilan keputusan manajemen, serta menunjukkan komitmen pemerintah dalam menerapkan prinsip akuntansi berbasis akrual. Pengabaian pengakuan akuntansi yang masih terjadi disebabkan karena kurangnya pemahaman aparatur terhadap konsep pengakuan aset dan juga disebabkan karena belum lengkapnya ketentuan yang mengatur perlakuan akuntansi aset tak berwujud yang berasal dari pengembangan internal.
ABSTRACTThis study aims to analyze information system development recognition as an intagible assets in government financial report. This research is a qualitative case study method. The result shows that among information systems developed by Pusat Informasi Pengawasan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan BPKP , SIMA BPKP development should be recognized as an intagible assets, since it meets all criterias required of definition, recognition and development. Capitalization become important since it will increase accountability and transparency, as a safeguard state assets and useful as a better information for management decision making, as well as showing the government commitment to implement accrual based accounting principle. Abandonment of accounting recognition still occurs due to a lack of understanding of the concepts of assets recognition and incomplete provisions governing the accounting treatment of intagible assets derived from internal development. "
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Asti Mashita
"
ABSTRAKPemerintah selama ini telah mengembangkan kebijakan untuk mewujudkan akuntabilitas pengelolaan hibah langsung. Namun hingga saat ini masih saja dijumpai adanya Satker K/L yang mengelola hibah langsung di luar mekanisme. Akibatnya, penerimaan hibah langsung tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan sebagai pendapatan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan pengelolaan hibah langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada unit yang berfungsi sebagai penata usaha pengelolaan hibah pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penatausahaan pengelolaan hibah langsung yang dijalankan saat ini belum efektif menghasilkan pelaporan keuangan yang akuntabel. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan perubahan pada prosedur pertanggungjawaban yang berlaku dan langkah-langkah proaktif yang harus dilakukan DJPPR untuk meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan pengelolaan hibah langsung.
ABSTRACTThe government has been developing policies to realize the accountability of direct grant management. However, until now there are still found The Ministry 39 s working units that manage direct grants outside the mechanism. As a result, such direct grant revenues could not be accounted as state revenues. The purpose of this study is to develop efforts that the government should undertake to improve accountability of financial reporting of direct grant management. This research uses qualitative research method with case study approach on institution that do administration of government grant management. The results show that the direct administration of direct grant management has not been effective in producing accountable financial reporting. To solve these issues, the study proposes changes to the applicable accountability procedures and proactive actions that the DJPPR must undertake to improve accountability of financial reporting of direct grant management."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Prabowo Satrio Hutomo
"Tujuan dari laporan ini adalah untuk memaparkan kegiatan selama melakukan kegiatan magang pada PT.YYY. Penulis berusaha membandingkan pekerjaan yang selama ini dilakukan pada PT.YYY dengan standar akuntansi yang berlaku. Tujuan dari analisis ini adalah membantu PT.YYY untuk membuat laporan keuangan yang lebih komprehensif, dapat dipertanggungjawabkan, dan sesuai dengan peraturan atau standar yang berlaku. Pada praktiknya, PT.YYY dalam pelaporan laporan keuangannya tidak sepenuhnya mengikuti apa yang sudah diatur oleh standar akuntansi keuangan. Seperti pada contohnya masih menggunakan cash basis yang seharusnya accrual basis, dan juga penempatan akun yang belum sesuai dengan standar pelaporan laporan keuangan yang sudah ditetapkan, sehingga membuat para pengguna laporan keuangan tersebut kehilangan beberapa informasi terkait kondisi keuangan perusahaan.
The purpose of this report is to describe the activities during the internship at PT.YYY. The author compare the work that has done at PT.YYY with applicable accounting standards. The puprose of this analysis to help PT.YYY to make its financial statements more comprehensive, accountable, and in accordance with applicable regulations or standards. PT.YYY in the process of reporting their financial report, they do not fully follow what has been stipulated by financial accounting standards. Such as they are still using cash basis method instead of accrial basis method, and the placement of the account on their financial report not yet following the applicable regulations standard, which results in users losing some information regarding the financial condition of the company"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Adora Beatrice Ajeng Oktani
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur audit atas akun pendapatan pada PT EPT yang dilakukan oleh KAP DAY. Evaluasi dilakukan guna melihat kesesuaian antara proses audit yang dilakukan KAP DAY dengan konsep yang relevan dan standar yang berlaku. Prosedur audit yang dibahas mencakup prosedur analitis dan pengujian rinci atas akun pendapatan PT EPT. Untuk prosedur analitis terdiri dari pembuatan lead schedule dan analytical review, sedangkan untuk pengujian rinci terdiri dari pemeriksaan kelengkapan dokumen pendukung dan vouching. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, prosedur audit atas akun pendapatan PT EPT yang dilakukan KAP DAY telah sesuai dengan standar audit yang berlaku dan telah disajikan secara wajar atau bebas dari salah saji material.
This internship report discusses the evaluation of audit procedures for PT EPT’s revenue conducted by KAP DAY. The evaluation was carried out to see the suitability of the audit process carried out by KAP DAY with relevant concepts and applicable standards. The audit procedures discussed include analytical procedures and detailed testing of PT EPT's revenue accounts. Analytical procedures consist of making a lead schedule and analytical review, while detailed testing consists of checking the completeness of supporting documents and vouching. Based on the evaluation that has been carried out, the audit procedures for PT EPT's revenue accounts conducted by KAP DAY are in accordance with applicable audit standards and have been presented fairly or free from material misstatement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nadapdap, Ursula Kezia Zefanya
"Laporan magang membahas dan mengevaluasi manfaat penggunaan perangkat lunak akuntansi bernama TMB sebagai salah satu komponen sistem informasi akuntansi yang digunakan perusahaan dalam proses mempersiapkan laporan keuangan per 31 Desember 2020. Magang ini menyampaikan evaluasi selama melakukan kegiatan magang di PT TUV Indonesia. TMB merupakan perangkat lunak akuntansi yang membantu perusahaan dalam menyusun laporan keuangan sehingga pekerjaan dapat selesai dengan lebih cepat dan akurat. Namun di tengah era pandemi yang mengharuskan pegawai untuk bekerja dari rumah, ditemukan kelemahan dimana penggunaan perangkat lunak ini membutuhkan spesifikasi komputer dan penggunaan koneksi internet yang tinggi, sehingga laptop pribadi tidak bisa bekerja optimal untuk menopang kebutuhan TMB.
The internship report discusses and evaluates the benefits of using accounting software called TMB as one of the components of the accounting information system used by the company in the process of preparing financial reports as of December 31st, 2020. This internship report provides an evaluation during an internship at PT TUV Indonesia. TMB is accounting software that helps companies in compiling financial reports so that work can be completed faster and more accurate. However, in the midst of a pandemic era that requires employees to work from home, a weakness was found where the use of this software requires computer specifications and the use of high internet connections, so that personal laptops cannot work optimally to support TMB needs."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Arnianti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian pencatatan dan penyajian laporan keuangan di pondok pesantren XYZ Sulawesi Tengah ditinjau dari Pedoman Akuntansi Pesantren (PAP). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer dan data sekunder digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan analisis dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa pencatatan dan penyajian yang dibuat oleh pondok pesantren XYZ belum sesuai dengan PAP karena laporan keuangan yang disusun masih manual (tulisan tangan) dan menggunakan format yang sangat sederhana yaitu hanya laporan pemasukan dan pengeluaran kas. Terdapat beberapa kendala yang terjadi di sekolah yang menyebabkan mereka tidak dapat menerapkan pedoman akuntansi yang berlaku yaitu sistem yang digunakan bekerjasama dengan mitra masih sulit dipahami, biaya pembelian sistem terlalu mahal, sumber daya manusia tidak memiliki kemampuan membuat laporan keuangan sesuai standar maupun berlatar belakang pendidikan akuntansi, tidak adanya pendampingan dari tenaga ahli, dan kurangnya komitmen untuk melakukan perubahan dalam penyusunan laporan keuangan.
This study aims to evaluate the compliance of the recording and presentation of financial statements at the pondok pesantren XYZ in Central Sulawesi with the Pesantren Accounting Guidelines (PAP). The research method used is a qualitative case study with a descriptive approach. Primary data and secondary data are used, with data collection techniques in the form of interviews and document analysis. The results of the analysis reveal that the records and presentations prepared by the pondok pesantren XYZ were not in accordance with the PAP because the financial statements prepared are still manually (handwritten) and employ a very simple format, namely only cash income and expenditure reports. There are several obstacles that occur in the school which causes them to not be able to apply the applicable accounting guidelines, namely a system that used in collaboration with partners is very difficult to understand, the cost of purchasing the system is too high, human resources do not have the capability to make financial reports according to standards nor an accounting education background, there is no assistance from experts, and there is a lack of commitment to make changes in the preparation of financial statements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Emi Yulastriningsih
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP MKL atas akun properti investasi pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang properti dan real estat bernama PT LTY, beserta refleksi diri atas kegiatan magang yang telah dilakukan. Prosedur audit yang dievaluasi adalah bagian dari pengujian substantif yaitu, uji rinci dan prosedur analitikal substantif. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa prosedur yang dilakukan oleh KAP MKL telah sesuai standar audit yang berlaku menurut, Arens, Hayes, SA 330, SA 315, dan SA 500. Kesimpulan dari refleksi diri penulis memuat hal yang dipelajari selama program magang, kelebihan diri, kekurangan diri, rencana perubahan diri, dan rencana karier di masa depan.
This internship report includes the evaluation of audit procedures carried out by KAP MKL for investment property accounts at a company engaged in property and real estate named PT LTY, and self-reflection on the author’s internship activities. The audit procedures that are evaluated are tests of details and substantive analytical procedures. Overall, it can be concluded that the procedures carried out by KAP MKL have complied with the applicable auditing standards, including audit procedures according to, Arens, Hayes, SA 330, SA 315, and SA 500. The conclusion of the author's self-reflection contains things learned during the internship program, strengths and weaknesses of author, author’s self-improvement plans, and author’s future career plans."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library