Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2284 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yanuarita Puji Hastuti
"
ABSTRAK
Penelitian ini mencoba memaparkan pola-pola kesalahan membaca secara fonologis yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar yang meskipun telah melampaui masa awal pembelajaran membaca tetapi masih juga mengalami kesulitan membaca sehingga siswa tersebut mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran lainnya. Tulisan yang dilatarbelakangi kenyataan masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan membaca ini mengambil responden yang duduk antara kelas satu (tahun kedua) sampai kelas tiga, cukup mendapat rangsangan, memiliki intelejensi cukup, dan secara umum tidak memiliki masalah kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang mengakibatkan hasil penelitian ini tidak bisa menjadi kesimpulan umum dari setiap kasus yang ditemukan pada waktu dan tempat yang berbeda.
Dalam bab mengenai kerangka pikir, penulis mencoba menguraikan teori-teori yang dikemukakan oleh ahli-ahli kesehatan, pendidikan, psikologi, dan linguistik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa topik tulisan ini menyangkut berbagai bidang ilmu atau yang biasa disebut dengan ilmu interdisipliner.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini ialah bahwa kesalahan membaca pada responden dapat dibagi menjadi enam bagian, yaitu penghilangan yang berupa penghilangan huruf dan suku kata dalam sebuah kata, penambahan yang berupa penam_bahan huruf dan suku kata, penggantian yang berupa penggantian huruf dan suku kata. pembalikan yang berupa pembalikan huruf-huruf dalam sebuah kata, gabungan yang berupa gabungan kesalahan penggantian dan penambahan, penghilangan dan penam_bahan, dan penghilangan dan penggantian, serta kesalahan berupa pengubahan yang dibagi menjadi dua yaitu kelompok kata-kata yang setelah berubah tetap memiliki makna dan kelompok kata-kata yang setelah berubah tidak lagi memiliki makna. Kemu_dian ditemukan juga adanya kekacauan antara bunyi-bunyi yang dihasilkan dari tempat yang sama ataupun yang dekat dan huruf-huruf yang terbalik bentuknya.
Selain kesimpulan di atas, penulis juga mencoba menyimpulkan keadaan umum dari responden melalui grafik yang diselipkan dalam bab mengenai analisis, yaitu grafik hubungan antara jumlah responden dengan jumlah kesalahan di tempat yang sama serta grafik perbandingan kesalahan. Grafik yang pertama menunjukkan adanya kenyataan bahwa semakin banyak jumlah responden, semakin sedikit kesalahan yang dibuat di tempat yang sama dan semakin sedikit jumlah responden, jumlah kesalahan di tempat yang sama semakin besar. Grafik yang kedua menunjukkan adanya kenyataan bahwa kesalahan terbanyak yang dibuat responden berturut-turut adalah pengubahan, penggan_tian, dan penghilangan.
"
1998
S11303
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maley, Alan, 1937-
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1989
808.1 MAL i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Paris : The Unesco Press, 1975
577.88 UNI t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Reilly, Dorothy E.
Massachusetts: Jones and Bartlett , 1999
610.73 REI c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: The population council, 2002
304.6 TRA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Barkley, Russell A.
New York: The Guilford Press, 1987
649.107 BAR d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Andrews, Richard
Milton Keynes: Open University Press, 1991
808.107 AND p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hongming, Ma
"This book explores the nature of science from a cultural perspective. Located in the Chinese cultural context, the book examines the nexus between characteristics of Chinese thinking and the understanding of the nature of science in Chinese traditional culture. The dramatic cultural change as a result of the introduction of Western culture was accompanied by the dramatic reconstruction of the image of science. The Chinese science education echoes the understanding of the nature of science in each cultural historical period. Reflecting the tension and dilemmas of understanding the nature of science at the policy making level, the images of science held by Chinese science teachers represent a mixture of influences by values and beliefs that are embedded in the imported science and by Chinese native cultural beliefs. The book concludes with suggestions of change of practice in science education for a more realistic image of science not only within the field of education but also in society at large."
Rotterdam : Sense, 2012
e20401055
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>