Ditemukan 79 dokumen yang sesuai dengan query
"dalam penelitian ini telah diperbandingkan seismogram observasi dengan sismogram berasal dari gempa yang terjadi di Ujung Utara Kepulauan Kuril, pada tanggal 5 Desember 1997. sedangkan stasiun observasi terletak di SJF, Sondre Stromford, Greenland. data seismogram didownload dari IRIS. seismogram sintetik dihitung dengan program GEMINI, yang inputnya berupa model bumi yang simetris radial dan isotop transversal, dan solusi CMT gempa. solusi CMT dari gempa merupakan penggambaran atas proses dinamik di hiposenter gempa. model bumi diambil dua model yang sering diacu oleh para seismologis, yaitu IASPEI91 dan PREMAN. data seismogram riil dan sintetik diperbandingkan dalam domain waktu, setelah sebelumnya dikenakan filter lolos rendah pada 32 mHz. pada jarak episentral 530, gelombang P menjalar hingga kedalaman di daerah mantel bawah, lintasan gelombang dalam lapisan kulit bumi mempunyai porsi kecil dari keseluruhan panjang rambatan. pada perbandingan seismogram dijumpai diskrepansi yang kuat pada amplitudo gelombang. model bumi PREMAN mengandaikan ketebalan kulit bumi adalah 25km, sedangkan IASPEI191 40km. perioda dominan pada frekuensi Nyquiest ini adalah 33 detik, sehingga panjang gelombangnya adalah skeitar 100 km. namun terlihat bahwa perbedaan ketebalan kulit bumi sebesar 15 km memberikan pengaruh yang sangat kuat pada amplitudo. diskrepansi yang kuat ini menunjukkan kekuranglengkapan pada model struktur bumi elastik yang telah dipublikasikan, demikian juga dengan parameter gempa dalam solusi CMT."
Surabaya: LPPM ITS,
551 IPT
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Surabaya: LPPM ITS, 2009
600 PRO
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Bandung: LPPM, ITB, 2007
959.832 KIL (1);959.832 KIL (2)
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Bandung: LPPM Unisba, {s.a.}
600 ETHOS
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Bandung: LPPM ITB, 2007
600 ITBJS
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
"
ABSTRAK The article considered the procedure to develop the performance assessment instruments for assessing students' science pratical works, in the topic of photosynthesis. The procedure consisted of reviewing relevant theories, formulating the assessed aspects, developing blueprint and instruments, colsulting the instruments to the selected experts, analyzing the results of consultation, and revising the instruments."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, {s.a}
370 JPE
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Nazirin
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan post test only control design. Subjek penelitian sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji Anova 2 jalur. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep PPKn siswa. Siswa dengan tingkat motivasi yang tinggi lebih baik dalam hal penggunaan model Jigsaw dan hasil belajar, dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada model pembelajaran ceramah untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik, dan bahwa siswa dengan motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar yang rendah dalam penggunaan atau pemanfaatan model pembelajaran Jigsaw dan hasil belajarnya."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Suciati
"
ABSTRAKPembelajaran digital merupakan modus pendidikan masa kini yang dipengaruhi oleh perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi pada era Industrial Revolution 4.0. Modus ini mempunyai potensi untuk mengembangkan potensi dan kemampuan anak didik bukan saja dalam hal pengetahuan tetapi juga dalam life skills, khususnya dalam hal kreativitas inovatif yang menjadi modal penting dalam kehidupan era Abad 21. Artikel ini membahas tentang pengertian pembelajaran digital serta kesiapan untuk menggunakan, dan perannya dalam pengembangan kreativitas inovatif mahasiswa."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Drucker, Peter Ferdinand, 1909-2005
Jakarta: LPPM dan Gramedia, 1978
658.4 DRU mt I (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Drucker, Peter Ferdinand, 1909-2005
Jakarta: LPPM dan Gramedia, 1978
658 DRU mt III
Buku Teks Universitas Indonesia Library