Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 194618 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kelsa Zefanya
"Popularitas TikTok sebagai platform social commerce di Indonesia telah mengubah dinamika pemasaran digital, namun pemahaman mengenai mekanisme psikologis spesifik yang mendorong niat beli pengguna masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh affordance sociotechnical TikTok (interaksi sosial, hiburan, visibilitas produk, rekomendasi) terhadap niat beli pengguna di Indonesia, dengan menginvestigasi peran mediasi kunci dari desire to postpone closure (DPC) dan product relevance (PR). Survei daring dilakukan terhadap pengguna TikTok Indonesia (usia 13-64 tahun yang berinteraksi dengan iklan/pembelian di TikTok), dan data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial, visibilitas produk, dan rekomendasi secara signifikan meningkatkan DPC, sementara rekomendasi juga secara signifikan meningkatkan PR. Selanjutnya, DPC dan PR keduanya berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. Ditemukan bahwa DPC memediasi pengaruh interaksi sosial dan visibilitas produk terhadap niat beli, sedangkan PR memediasi pengaruh rekomendasi terhadap niat beli. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi konten yang interaktif dan visual, serta optimalisasi rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan keterlibatan dan mendorong konversi di platform TikTok.

The popularity of TikTok as a social commerce platform in Indonesia has transformed digital marketing dynamics, yet understanding of the specific psychological mechanisms driving user purchase intention remains limited. This study aims to analyze the influence of TikTok's sociotechnical affordances (social interaction, entertainment, product visibility, recommendation) on user purchase intention in Indonesia, investigating the key mediating roles of desire to postpone closure (DPC) and product relevance (PR). An online survey was conducted among Indonesian TikTok users (aged 13-64 who had interacted with ads/purchases on TikTok), and data were analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results indicate that social interaction, product visibility, and recommendation significantly increase DPC, while recommendation also significantly enhances PR. Furthermore, both DPC and PR positively and significantly influence purchase intention. It was found that DPC mediates the effects of social interaction and product visibility on purchase intention, whereas PR mediates the effect of recommendation on purchase intention. These findings underscore the importance of interactive and visual content strategies, alongside optimized relevant recommendations, to enhance engagement and drive conversions on the TikTok platform."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nafil Ramadhan Trisarjono
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan tantangan yang dihadapi oleh radio Jak FM dalam memanfaatkan TikTok untuk meningkatkan jumlah pendengar Generasi Z. TikTok dipilih karena relevansinya yang tinggi dengan preferensi konsumsi media digital dari Generasi Z. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melalui wawancara mendalam dengan informan internal Jak FM dan audiens Generasi Z, observasi langsung terhadap akun TikTok @jak101fm, serta analisis dokumen dari tim riset Mahaka Radio Integra (MARI) dan Jak FM. Penelitian ini mengadopsi beberapa kerangka teori utama, termasuk Uses and Gratifications Theory, Digital Transformation, Social Media Marketing, dan Content Marketing, untuk menginterpretasikan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi radio Jak FM dalam memanfaatkan TikTok berhasil meningkatkan jumlah pendengar Generasi Z. Perencanaan yang berbasis data melalui riset, brainstorming & diskusi, penjadwalan konten, serta melakukan evaluasi pada akhir pelaksanaan membantu Jak FM menghasilkan konten yang relevan dengan preferensi Generasi Z. Pada tahap pelaksanaan, elemen-elemen seperti relevansi konten, nilai hiburan, daya tarik, dan nilai tambah memainkan peran krusial dalam menjangkau dan mempertahankan perhatian audiens Generasi Z. Distribusi konten seperti waktu posting, perangkat yang digunakan, pemanfaatan fitur platform, dan kolaborasi juga penting karena memungkinkan perluasan dan ketepatan jangkauan, meningkatkan kecepatan produksi konten, menciptakan jalur interaksi baru, dan menjembatani kesenjangan antara media tradisional dan kebutuhan konsumsi media digital audiens. Namun, tantangan tetap ada, termasuk dalam meningkatkan kemampuan internal, menarik perhatian audiens yang dinamis, membangun interaksi yang lebih aktif, serta mengukur konversi audiens TikTok menjadi pendengar siaran on-air. Temuan ini menegaskan relevansi teori Uses and Gratifications dalam memahami perilaku konsumsi media Generasi Z, sekaligus memberikan bukti empiris tentang pentingnya transformasi digital dan pemasaran media sosial dalam strategi kontemporer industri radio.

This study aims to analyze the strategies and challenges faced by Jak FM radio in utilizing TikTok to increase its Generation Z audience. TikTok was chosen due to its high relevance to the digital media consumption preferences of Generation Z. The research employs a qualitative approach, utilizing in-depth interviews with internal Jak FM informants and Generation Z audiences, direct observation of the @jak101fm TikTok account, and document analysis from the research team at Mahaka Radio Integra (MARI) and Jak FM. The study adopts several key theoretical frameworks, including Uses and Gratifications Theory, Digital Transformation, Social Media Marketing, and Content Marketing, to interpret its findings. The findings reveal that Jak FM’s strategy in leveraging TikTok has successfully increased its Generation Z audience. Data-driven planning through research, brainstorming and discussions, content scheduling, and post-implementation evaluation have enabled Jak FM to create content relevant to Generation Z preferences. During execution, elements such as content relevance, entertainment, engaging, and added value played crucial roles in capturing and maintaining the attention of Generation Z audiences. Content distribution aspects such as posting schedules, device usage, platform feature optimization, and collaborations were also significant, as they allowed for greater reach and precision, faster content production, the creation of new interaction channels, and bridging the gap between traditional media and the digital media consumption needs of the audience. However, challenges remain, including enhancing internal capabilities, capturing the attention of a dynamic audience, fostering more active interaction, and measuring the conversion of TikTok audiences into on-air radio listeners. These findings affirm the relevance of the Uses and Gratifications Theory in understanding the media consumption behavior of Generation Z while providing empirical evidence on the importance of digital transformation and social media marketing in contemporary strategies for the radio industry."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Indonesia, 2024
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Maharani Kelvin
"Adopsi dan penggunaan TikTok telah merajalela di berbagai sektor, termasuk dalam pencarian destinasi kuliner, di mana platform ini menjadi alat penting bagi penggemar kuliner dan pelaku bisnis. Dengan tren eksplorasi kuliner yang beralih dari metode konvensional ke digital, tantangan dan peluang muncul bagi individu dan bisnis dalam industri ini. Memahami faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan aplikasi TikTok untuk menemukan destinasi kuliner menjadi krusial dalam lanskap yang dinamis ini. Studi ini bertujuan untuk menjelajahi faktor-faktor tersebut di Indonesia dengan menggunakan Model Penerimaan Teknologi (TAM) dan teknik PLS-SEM, melibatkan 253 responden. Temuan penelitian menyoroti pentingnya perceived usefulness, perceived ease-of-use, hedonic motivation, perceived value, dan attitude dalam mendorong penggunaan TikTok untuk tujuan kuliner di Indonesia. Kontribusi studi ini terletak pada pemahaman yang diperdalam tentang penggunaan TikTok dalam pemasaran wisata kuliner dan keputusan konsumen di era digital, memberikan panduan berharga bagi para pemasar untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka menggunakan short-form video platform ini.

Adoption and usage of TikTok have proliferated across various sectors, including culinary destination exploration, where the platform serves as a pivotal tool for culinary enthusiasts and businesses alike. With the shift in culinary exploration trends from conventional to digital methods, challenges and opportunities arise for individuals and businesses in this industry. Understanding the factors influencing the acceptance of TikTok applications for culinary destination discovery is crucial in this dynamic landscape. This study aims to explore these factors in Indonesia using the Technology Acceptance Model (TAM) and Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) techniques, involving 253 respondents. Research findings underscore the importance of perceived usefulness, perceived ease-of-use, hedonic motivation, perceived value, and attitude in driving TikTok usage for culinary purposes in Indonesia. The contribution of this study lies in deepening the understanding of TikTok usage in culinary tourism marketing and consumer decision-making in the digital era, providing valuable insights for marketers to optimize their marketing strategies using this short-form video platform."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Zhafira Fadhila
"Berkembangnya sebuah tren baru untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform jual beli mendorong pengguna media sosial untuk memberikan ulasan terkait suatu produk. Hal ini berguna untuk mempermudah masyarakat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi review helpfulness dari ulasan produk kecantikan berbentuk short video dan live streaming pada aplikasi TikTok serta menganalisis hubungan review helpfulness terhadap purchase intention. Penelitian ini mengadopsi Information Adoption Model yang banyak digunakan peneliti dalam menjelaskan kebermanfaatan dari sebuah informasi. Penelitian ini terdiri dari dua bagian, pertama terkait dengan ulasan online dalam bentuk short video dan yang kedua terkait dengan ulasan online dalam bentuk live streaming. Analisis kuantitatif pada penelitian ini dilakukan terhadap 533 data bebas outlier pada penelitian 1 dan 342 data pada penelitian 2. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan SmartPLS 4. Pada kedua penelitian ini ditemukan adanya pengaruh yang signifikan dari review helpfulness terhadap purchase intention. Pada penelitian 1 disimpulkan bahwa source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, dan review popularity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap review helpfulness dari ulasan dalam bentuk short video. Pada penelitian 2 ditemukan bahwa review helpfulness dari ulasan dalam bentuk live streaming dipengaruhi oleh source expertise, review relevancy, review completeness, dan perceived enjoyment. Dibuktikan juga adanya pengaruh signifikan dari two-way communication terhadap source trustworthiness.

The emergence of a new trend in utilizing social media as a platform for buying and selling has prompted social media users to provide reviews related to a product. This is beneficial in facilitating other consumers to obtain information about a product before deciding to purchase it. This study aims to identify the factors that influence the helpfulness of reviews of beauty products in the form of short videos and live streams on the TikTok application, as well as analyze the relationship between review helpfulness and purchase intention. The study adopts the Information Adoption Model, which researchers widely use to explain the usefulness of the information. The study consists of two parts: the first is related to online reviews in the form of short videos, and the second is related to online reviews in the form of live streaming. Quantitative analysis in this study was conducted on 533 outlier-free data in Study 1 and 342 data in Study 2. The data were analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) approach with the assistance of SmartPLS 4. Both studies found a significant influence of review helpfulness on purchase intention. In Study 1, it was concluded that source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, and review popularity positively and significantly influence the review helpfulness of short video reviews. In Study 2, it was found that the review helpfulness of live stream reviews is influenced by source expertise, review relevancy, review completeness, and perceived enjoyment. It was also proven that there is a significant influence of two-way communication on source trustworthiness."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Sabrina
"Berkembangnya sebuah tren baru untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform jual beli mendorong pengguna media sosial untuk memberikan ulasan terkait suatu produk. Hal ini berguna untuk mempermudah masyarakat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi review helpfulness dari ulasan produk kecantikan berbentuk short video dan live streaming pada aplikasi TikTok serta menganalisis hubungan review helpfulness terhadap purchase intention. Penelitian ini mengadopsi Information Adoption Model yang banyak digunakan peneliti dalam menjelaskan kebermanfaatan dari sebuah informasi. Penelitian ini terdiri dari dua bagian, pertama terkait dengan ulasan online dalam bentuk short video dan yang kedua terkait dengan ulasan online dalam bentuk live streaming. Analisis kuantitatif pada penelitian ini dilakukan terhadap 533 data bebas outlier pada penelitian 1 dan 342 data pada penelitian 2. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan SmartPLS 4. Pada kedua penelitian ini ditemukan adanya pengaruh yang signifikan dari review helpfulness terhadap purchase intention. Pada penelitian 1 disimpulkan bahwa source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, dan review popularity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap review helpfulness dari ulasan dalam bentuk short video. Pada penelitian 2 ditemukan bahwa review helpfulness dari ulasan dalam bentuk live streaming dipengaruhi oleh source expertise, review relevancy, review completeness, dan perceived enjoyment. Dibuktikan juga adanya pengaruh signifikan dari two-way communication terhadap source trustworthiness.

The emergence of a new trend in utilizing social media as a platform for buying and selling has prompted social media users to provide reviews related to a product. This is beneficial in facilitating other consumers to obtain information about a product before deciding to purchase it. This study aims to identify the factors that influence the helpfulness of reviews of beauty products in the form of short videos and live streams on the TikTok application, as well as analyze the relationship between review helpfulness and purchase intention. The study adopts the Information Adoption Model, which researchers widely use to explain the usefulness of the information. The study consists of two parts: the first is related to online reviews in the form of short videos, and the second is related to online reviews in the form of live streaming. Quantitative analysis in this study was conducted on 533 outlier-free data in Study 1 and 342 data in Study 2. The data were analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) approach with the assistance of SmartPLS 4. Both studies found a significant influence of review helpfulness on purchase intention. In Study 1, it was concluded that source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, and review popularity positively and significantly influence the review helpfulness of short video reviews. In Study 2, it was found that the review helpfulness of live stream reviews is influenced by source expertise, review relevancy, review completeness, and perceived enjoyment. It was also proven that there is a significant influence of two-way communication on source trustworthiness."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefany Aura Susanto
"Peningkatan tren belanja online dari platform livestream shopping semakin meningkat semenjak terjadinya pandemi COVID-19. Penelitian ini membahas terkait pengaruh dari inspirasi pelanggan terhadap intensi engagement dalam interaksi antara streamer dan viewer yang fokus pada platform livestream shopping TikTok Shop. Data dikumpulkan dari 300 responden warga negara Indonesia usia 18 hingga 34 tahun yang pernah melakukan pembelian saat menonton livestream shopping TikTokShop. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dianalisis dengan metode partial least square - structural equation modeling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa content diagnosticity, vicarious expression, source credibility, social presence, dan telepresence memiliki pengaruh positif secara signifikan pada inspired-by state. Kemudian inspired-by state memiliki pengaruh positif secara signifikan pada inspired-to state. Selanjutnya, inspired-to state memiliki pengaruh positif secara signifikan pada intentions to engage in livestream shopping.

The popularity of online shopping through livestream shopping platforms has grown rapidly since the COVID-19 pandemic. This research looks at how customer inspiration affects their intention to engage in livestream shopping, focusing on TikTok Shop. Data was collected from 300 Indonesian citizens respondents aged 18 to 34 who had made a purchase while watching TikTok Shop livestreams. The research uses a quantitative approach and analyzes the data with Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using SmartPLS 4 software. The research findings show that factors such as content diagnosticity, vicarious expression, source credibility, social presence, and telepresence all have a significantly positive impact on the inspired-by state. Then, the inspired-by state has a significantly positive impact on the inspired-to state. Furthermore, the inspired-to state also has a significantly positive impact on the intentions to engage in livestream shopping."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azkiya Nisa, examiner
"Fenomena sugar relationship semakin dikenali oleh masyarakat karena ramainya situs yang menyediakan bentuk kencan tersebut dan menjadi tren di berbagai media sosial, khususnya TikTok. Para sugar baby sebagai aktor dalam hubungan tersebut membagikan penawaran, transaksi, dan kegiatan yang dilakukan dengan sugar daddy. Tren tersebut kemudian diadaptasi oleh para pengguna perempuan TikTok lainnya dalam unggahan video tentang hubungan kencan atau pernikahan mereka. Unggahan tersebut disertai dengan suntingan video yang unik agar para pasangan terlihat lebih tua seperti sugar daddy. Adaptasi tren meminimalisir stereotip negatif terkait sugar relationship sebagai hubungan transaksional yang dikaitkan dengan prostitusi. Penelitian ini menggunakan metode analisis tekstual secara kualitatif dan pendekatan posfeminsime untuk menganalisis latarbelakang, fitur, caption, lagu, jumlah pengguna yang menonton dan menyukai video sugar relationship di TikTok. Korpus penelitian dibatasi pada dua jenis video, yaitu unggahan sugar baby dan adaptasi oleh para pengguna perempuan lainnya yang bukan merupakan sugar baby melalui penelusuran audio dan tagar yang berkaitan dengan sugar relationship. Temuan penelitian menunjukkan subjektivitas para sugar baby dan pengguna perempuan TikTok melalui pemaknaan sugar relationship sebagai hubungan otentik dibandingkan hubungan romantis lainnya. Selain itu, humor pada unggahan video tren tersebut juga bertujuan sebagai mekanisme pertahanan dalam menanggapi ambiguitas dan kerentanan pemaknaan sugar relationship.

Due to the high amounts of websites that provide this type of dating, as well as the fact that it has grown popular on several social media platforms, particularly TikTok, the public is becoming more and more aware of the phenomenon of sugar relationship. As participants in the relationship, the sugar babyexchange offers, transctions, and activities with the sugar daddy. Later, more female TikTok users followed the trend by uploading video about their dating or marriage relationships. The upload includes a special video edit that makes the couple appear older and sugar-daddy-like. Negative preconceptions about sugar relationshipas transactional relationshipconnected to prostitution are minimized by trend adaption. The background, features, captions, music, and the amount of viewers who watch and like sugar relationship videos on TikTok are all examined in this study using a qualitative textual analysis method and a postfeminism perspective. The research corpus is restricted to videos published by sugar babies and modifications made by female users who are not sugar babies using hashtags and audio searches about sugar relationships. By defining sugar relationships as real partnerships compared to other romantic relationships, the research findings highlight the subjectivity of sugar babies and female TikTok users. The popular video upload's humor also acts as a defense mechanism against the ambiguity and precariousness of the idea of sugar relationship."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Syafei Mustafa
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing Activity terhadap Purchase Intention yang dimana dilihat dari pengikut Instagram Spotify di Jabodetabek. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam mengambil sampel, teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah konsumen pengguna Spotify premium serta mengikuti Spotify di platform media sosial Instagram dan berdomisili di Jabodetabek. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 210 orang. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner online dalam bentuk Google Form dan data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS dan SmartPLS melalui analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapatnya pengaruh Social Media Marketing Activity terhadap Purchase Intention dan Brand Equity, serta pengaruh Brand Equity terhadap e-WOM yang positif serta signifikan pada pengikut Instagram Spotify di Jabodetabek
This study aims to analyze the effect of Social Media Marketing Activity on Purchase Intention on Spotify Instagram Followers in Jabodetabek. The type of the study is explanative with quantitative approach. In taking samples, the technique uses in this study is non-probability sampling. The sample criteria in this study are consumer who have subscribe on Spotify Premium also followed Spotify on social media platform and domiciled in Jabodetabek. The number of respondents in this study were 210 people. The instrument used in in this study is online questionnaire by Google Form and the data obtained were processed using SPSS and SmartPLS through descriptive statistical analysis and SEM-PLS. The results of this study indicate that the effect of Social Media Marketing Activity on Purchase Intention and Brand Equity, also the effect of Brand Equity on e-WOM are positive influences and significant on Spotify Instagram followers in Jabodetabek
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radita Dwiseptiani Adiningrum
"ABSTRAK
Perkembangan media sosial pada masa sekarang telah membuat cakrawala komunikasi menjadi lebih luas, hal ini juga memberikan pengaruh pada komunikasi pemasaran. Media sosial membangun hubungan dengan komunitas tertentu dan juga mempromosikan keterikatan secara aktif terhadap konsumen, dan memberikan tantangan baru kepada brand manager untuk mengembangkan mereknya. Facebook dipilih sebagai media sosial yang diteliti karena memiliki jumlah dan kualitas informasi pribadi penggunanya yang dapat diakses dan dapat diidentifikasi. Gaya hidup sehat terutama pada dewasa muda meningkat, terjadi peralihan konsumsi fast food dan soft drink ke healthy food serta air mineral dan minuman isotonik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand page commitment, brand awareness, word-of-mouth, serta annoyance terhadap minat beli konsumen terhadap minuman isotonik di Indonesia. Responden penelitian ini adalah anggota dari fan page minuman isotonik dimana sebuah kuesioner elektronik digunakan sebagai instrumen penelitian dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model dengan Path Analysis. Hasil dari path analysis menunjukkan bahwa brand page commitment berpengaruh positif namun annoyance berpengaruh negatif terhadap minat beli konsumen. Brand page commitment adalah variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keinginan untuk membeli. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap literatur komunikasi pemasaran terutama interaksi konsumen terhadap merek di media sosial dan sebagai acuan kepada manajer pemasaran digital untuk lebih meningkatkan interaksi anggota fan page.

ABSTRACT
The evolution of social media nowadays has widened the horizon of comunication this also has an effect to marketing communication. Social media build the relationship with specific community and promote the active engagement with consumers as well as give the new challenges to the brand manager to develop their brand. Facebook is chosen as social media under study because it has the biggest number and quality of personal information of its users which can be accessed and identified. Healthy life style is increasing especially in young adult the life style is shifted from fast food and soft drink consumption into healthy food and mineral water as well as isotonic drink. This study aims to analyze the effect of brand page commitment, brand awareness, word of mouth and annoyance to purchase intention of isotonic in Indonesia. The subject of this study is fan page member of isotonic drink rsquo s brand where the e questionnaire is used as the research instrument and has been analyzed by Structural Equation Model with Path Analysis. The result shows that brand page commitment affect positively to purchase intention, while annoyance affects negatively to purchase intention. Brand page commitment has the greatest influence to purchase intention. This study is expected to be able to contribute in marketing communication literature especially consumer interaction with selected brand in social media, as well as a reference to the digital marketing manager to increase the fan page engagement in social media. "
2018
T49426
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dara Nan Sharikha
"Saat ini, media sosial banyak digunakan sebagai alat pencarian informasi serta menjadi sarana pemasaran pariwisata. Kemajuan teknologi informasi dan internet memberikan akses yang lebih mudah bagi para wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai sejumlah tempat wisata. Hal ini dimanfaatkan oleh The Nice Funtastic Park untuk meningkatkan minat kunjung wisatawan ke tempat wisata tersebut. The Nice Funtastic Park merupakan tempat rekreasi baru di kota Cianjur dengan tema edukasi. Selain social media marketing, destination image juga dapat memengaruhi minat kunjungan secara tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing terhadap visit intention dimediasi oleh destination image pada followers akun Instagram The Nice Funtastic Park. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 120 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari social media marketing terhadap visit intention melalui destination image pada followers akun Instagram The Nice Funtastic Park.

Recently, social media is widely used as a tool for information search and as a marketing tool for tourism. The advancement of information technology and the internet provide easier access for tourists to obtain information about various tourist destinations. This is utilized by The Nice Funtastic Park to increase the interest of tourists in visiting the place. The Nice Funtastic Park is a new recreational place in the city of Cianjur with an educational theme. In addition to social media marketing, destination image can also indirectly influence visit intention. This study aims to analyze the influence of social media marketing on visit intentions mediated by destination image among the followers of The Nice Funtastic Park's Instagram account. This research uses a quantitative approach and purposive sampling technique. The study was conducted by distributing questionnaires via Google Form to 120 respondents. This research uses descriptive data analysis techniques and inferential statistical analysis with the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) approach. The results of the study infer that there is a positive and significant influence of social media marketing on visit intention through destination image among the followers of The Nice Funtastic Park's Instagram account."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>