Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 168809 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Caitlyn Calista Tiarazeva Arianto
"Tindakan cyberbullying merupakan fenomena yang umum terjadi di kalangan mahasiswa. Untuk menghadapi situasi tersebut, fleksibilitas kognitif merupakan kemampuan yang perlu dimiliki. Salah satu faktor internal yang dapat mendukung fleksibilitas kognitif adalah penerapan strategi coping. Kedua hal tersebut penting untuk mencegah dampak negatif akibat tindakannya. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas kognitif dan coping pada mahasiswa pelaku cyberbullying. Penelitian dilakukan terhadap 188 mahasiswa pelaku cyberbullying di Indonesia. Alat ukur yang digunakan meliputi Cognitive Flexibility Inventory-Indonesia (α =0.824), Brief COPE (α = 0.820), dan Cyberbullying in Social Media Scale (α = 0,852). Analisis data dilakukan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan positif dan signifikan antara fleksibilitas kognitif dengan coping adaptif (F (1, 186) = 25.708, p < 0.001, R² = 0.121) serta hubungan negatif dan signifikan antara fleksibilitas kognitif dan coping maladaptif (F (1, 186) = 19.335, p < 0.001, R² = 0.094). Penelitian ini membuka ruang eksplorasi lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang berperan dalam penggunaan fleksibilitas kognitif dan strategi coping pada mahasiswa pelaku cyberbullying. Implikasi lainnya dibahas dalam diskusi penelitian.

Cyberbullying is a common phenomenon among college students. Cognitive flexibility is an essential ability that enables them to respond effectively to the challenge. One internal factor that may support the implementation of cognitive flexibility is coping strategies. The importance of implementing both cognitive flexibility and coping also applies to college student cyberbullying perpetrators, given the potential consequences they may face as a result of their actions. This study aimed to explore the correlation between cognitive flexibility and coping in college student cyberbullying perpetrators. A total of 188 college students in Indonesia participated in this study. This study applied correlational and cross-sectional design, and used the convenience sampling technique. The instruments used were Cognitive Flexibility Scale-Indonesia (α = 0.824), Brief COPE (α = 0.820), and Cyberbullying in Social Media Scale (α = 0,852). Results revealed a significant positive correlation between cognitive flexibility and adaptive coping (F (1, 186) = 25.708, p < 0.001, R² = 0.121), along with significant negative correlation between cognitive flexibility and maladaptive coping (F (1, 186) = 19.335, p < 0.001, R² = 0.094). Further implications are discussed in this paper."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramdani
"Penelitian ini mengkaji tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa anggota Menwa UI yang berasal dari luar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dalam proses adaptasi yang mereka alami di lingkungan kampus UI. Dalam proses adaptasi tersebut Menwa UI berperan sebagai sarana yang memberikan coping option bagi mereka dalam menghadapi masalah-masalah yang ditemui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi yang mencakup observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan pengumpulan data sekunder. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa anggota Menwa UI yang berasal dari luar Jabodetabek menemui masalah-masalah dalam proses adaptasi yang mereka alami di lingkungan kampus UI. Masalah-masalah tersebut mencakup kesulitan dalam berintegrasi, permasalahan ekonomi, dan terjadinya suatu pandemi. Dalam upaya menghadapi masalah-masalah tersebut mereka memanfaatkan coping option yang tersedia di lingkungan Menwa UI.

This research examines the problems faced by Menwa UI member students who come from outside Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) in the adaptation process they experience in the Kampus UI environment. In the adaptation process, Menwa UI acts as a means that provides coping options for them in dealing with the problems encountered. The method used in this study is an ethnographic method that includes participation observation, in-depth interviews, and secondary data collection. The findings of this study show that Menwa UI member students who come from outside Jabodetabek encounter problems in the adaptation process they experience in the Kampus UI environment. These problems include difficulties in integrating, economic problems, and the occurrence of a pandemic. In an effort to deal with these problems they take advantage of the coping options available in the Menwa UI environment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rianda Febrianti
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran cyberbullying pada mahasiswa Universitas Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini hasil adaptasi dari alat ukur Willard yang bernama Student Assessment Survey dengan format dan teknik skoring dari alat ukur Revised Cyber Bullying Inventory (RCBI) yang disusun oleh Topcu dan Baker. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan statistik deskriptif. Jumlah partisipan yang terlibat dalam penelitian ini 133 mahasiswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 77% (N=103) mahasiswa UI pernah terlibat dalam cyberbullying. Mahasiswa yang berjenis kelamin perempuan, berusia 20-25 tahun dan menggunakan internet 21-42 jam per minggu lebih banyak terlibat cyberbullying baik sebagai pelaku maupun korban.

This study was conducted to know the description of cyberbullying of students of the Universitas Indonesia. The method used in this study was quantitative and collecting data through online questionnaires. Measuring instruments were the results of the adaptation of the instrument from Willard, named Student Assessment Survey with format and scoring technique from Cyber Bullying Inventory Revised (RCBI) compiled by Topcu and Baker. In processing the data, the researcher used descriptive statistics. The number of participants involved in this study 133 students. The result of the study showed that 77% of students involved in cyberbullying. Female students, age 20-25 years and using the internet for 21-42 hours per week, are more involved in cyberbullying than other characteristics either as perpetrators or victims."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56877
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Faiq
"Jurnal ini membahas tentang cyberbullying pada remaja. Topik yang dibahas dalam jurnal ini di kategorikan di mulai dengan definisi cyberbullying; yakni perilaku agresif, intens, berulang yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan bentuk-bentuk pemanfaatan teknologi sebagai media untuk menyerang orang (Smith, 2008). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying adalah pergaulan sosial, keluarga, keinginan dan kebutuhan. Jika dilihat dari bentuk-bentuknya, perilaku cyberbullying dapat dibagi menjadi bermacam-macam seperti, flaming, harassment, denigration, impersonation, outing, trickery, exclusion, dan cyberstalking. Dampak yang ditimbulkan cyberbullying dapat dibedakan menjadi tiga bagian. yaitu: (1) dampak bagi korban bullying, (2) dampak bagi pelaku, dan (3) dampak bagi orang lain yang menyaksikan bullying (bystanders). Serta cara pencegahan cyberbullying adalah dengan mengikutsertakan orang tua dan sekolah dalam menangani cyberbullying yang dilakukan atau di terima anaknya.

This journal discusses about cyberbullying in adolescence. The topics discussed in the journal is categorized at the start of the definition of cyberbullying that is aggressive behavior, intense, repetitive, performed by the individual or group using the technology as a medium for attacking other people (Smith, 2008). The factors which affected it is social relations, family, wants and needs. These forms of cyberbullying behavior is divided into several kinds, i.e flaming, harassment, denigration, impersonation, outing, trickery, exclusion, and cyberstalking. The cyberbullying impact caused can be distinguished into three parts. namely (1) the impact to the victim, (2) impact for the perpetrators, and (3) the impact for others who see the bullying (bystanders). the way the prevention of cyberbullying is to involve parents and schools in dealing with cyberbullying conducted or on receipt of his son or daughter."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amirul Anwar
"Pasca pandemi COVID-19 membawa perubahan bagi mahasiswa dalam proses pendidikannya. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan burnout akademik. Penerapan mekanisme koping positif dapat menghindari terjadinya burnout akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mekanisme koping dengan burnout akademik pada mahasiswa pasca pandemi COVID-19. Metode Penelitian dilakukan dengan pendekatan Cross Sectional dengan teknik proportionate stratified random sampling Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Demografi, Coping Strategies Inventory Short Form (CSI-SF), dan Maslach Burnout Inventory Student Survey (MBI-SS). Responden penelitian 241 mahasiswa, 89,2% perempuan dan 10,2% laki-laki, rata-rata usia responden 20 tahun. Hasil penelitian menunjukkan mekanisme koping paling banyak digunakan adalah Problem-focused engagement (PFE). Hasil MBI-SS menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengalami burnout akademik tingkat sedang 68,9%. Analisis uji statistik menggunakan uji Spearman’s Rho didapati hasil hubungan yang bermakna antara mekanisme koping (PFE, EFE, PFD, EFD) dengan burnout akademik (p=0,001, p=0,042, p=0,019, p=0,001). Hasil ini menunjukkan bahwa koping yang digunakan oleh mahasiswa berpengaruh terhadap burnout akademik. Sehingga diharapkan pada kondisi pasca pandemi COVID-19 ini mahasiswa menerapkan mekanisme koping efektif untuk mengelola stres dan tekanan akademik sehingga tidak menimbulkan bunrout akademik.

Post-COVID-19 pandemic brought changes to college student in their education process. This condition has the potential to cause academic burnout. Applying positive coping mechanisms can prevent academic burnout. This study aims to determine the relationship between coping mechanisms and academic burnout in college students post-COVID-19 pandemic. The research method was carried out using a cross-sectional approach with a proportionate stratified random sampling technique. The instruments used were Demographic questionnaires, Coping Strategies Inventory Short Form (CSI-SF), and the Maslach Burnout Inventory Student Survey (MBI-SS). The research respondents were 241 college students, 89.2% female and 10.2% male, the average age of the respondents is 20 years. The results showed that the most widely used coping mechanism was problem-focused engagement (PFE). The MBI-SS results show that most college students experience moderate academic burnout of 68.9%. Statistical test analysis using the Spearman's Rho test showed a significant relationship between coping mechanisms (PFE, EFE, PFD, EFD) and academic burnout (p=0.001, p=0.042, p=0.019, p=0.001). These results indicate that the coping used by college students influences academic burnout. So, it is hoped that in post-COVID-19 pandemic conditions, students will apply effective coping mechanisms to manage academic stress and pressure so that they do not cause academic burnout."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almas Nuriyatul Fadhilah
"Mahasiswa program profesi bidang kesehatan dihadapkan pada berbagai tekanan akademik dan tuntutan pengembangan kompetensi selama menjalani pendidikan profesi. Tekanan ini terjadi pada mahasiswa di lingkungan kesehatan yang dinamis, penuh ketidakpastian, kompleks, dan ambigu, kondisi yang dikenal sebagai VUCA. Situasi tersebut berpotensi pada penurunan kesejahteraan diri (flourishing) pada mahasiswa. Salah satu faktor yang memprediksi flourishing adalah fleksibilitas kognitif, yaitu kemampuan untuk berpikir adaptif dalam merespons perubahan lingkungan. Meskipun studi mengenai hubungan fleksibilitas kognitif dan flourishing sudah berkembang secara global, penelitian dalam konteks mahasiswa program profesi bidang kesehatan di Indonesia masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fleksibilitas kognitif dan flourishing. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cognitive Flexibility Inventory (CFI) dan PERMA Profiler versi Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Kendall’s Tau-b. Hasil analisis menunjukkan bahwa fleksibilitas kognitif memiliki hubungan positif dan signifikan dengan tingkat flourishing secara keseluruhan maupun pada kelima dimensinya. Artinya semakin tinggi kemampuan fleksibilitas kognitif, maka semakin tinggi juga tingkat flourishing seseorang. Temuan ini menunjukkan pentingnya fleksibilitas kognitif sebagai sumber daya psikologis yang mendukung kesejahteraan mahasiswa program profesi bidang kesehatan.

Students of health science professional programs often face intense academic pressures and high demands for competency development throughout their professional education. These 1 challenges are heightened by the nature of today’s healthcare landscape, which is increasingly characterized by volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity, commonly referred to as VUCA. Such conditions can negatively impact students' well-being, particularly in terms of flourishing. One psychological factor that may predict flourishing is cognitive flexibility, the capacity to think adaptively in response to environmental changes. Although international studies have explored the relationship between cognitive flexibility and flourishing, research in the context of Indonesian health science professional students remains limited. Therefore, this study aims to examine the relationship between cognitive flexibility and flourishing in this specific population. A quantitative, correlational design was employed, utilizing the Indonesian version of the Cognitive Flexibility Inventory and the PERMA Profiler. Data were analyzed using Kendall’s Tau-b correlation. The results revealed a significant positive correlation between cognitive flexibility and overall flourishing, as well as each of its five dimensions. This indicates that higher levels of cognitive flexibility are associated with higher levels of flourishing. These findings underscore the significance of cognitive flexibility as a psychological resource that enhances the well-being of students in health science professional programs."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kevin Balya
"

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas kognitif dan persepsi dukungan sosial terhadap mental well-being serta ingin mengetahui variabel mana yang berperan lebih besar terhadap mental well-being mahasiswa. Penelitian ini bersifat korelasional yang menggunakan sampel mahasiswa (N=242). Alat ukur yang digunakan pada penelitian adalah Warwick-Edinburgh Mental Well-Being Scale (WEMWBS), Cognitive Flexibility Inventory (CFI), dan The Multidimensional Scale Perceived Social Support (MSPSS). Hasil analisis multiple regression antara fleksibilitas kognitif dan persepsi dukungan sosial terhadap mental well-being menunjukkan hasil yang signifikan (𝑅² = 0,475, p < 0,001). Persepsi dukungan sosial lebih berperan terhadap mental well-being (𝛽 = 0,48, p < 0,001) dibandingkan fleksibilitas kognitif (𝛽 = 0,401, p < 0,001). Sehingga, fleksibilitas kognitif maupun persepsi dukungan sosial dapat membantu mahasiswa dalam menjaga kondisi mental well-being.

 


This study aims to determine the relationship between cognitive flexibility and perceptions of social support on mental well-being and to find out which variables have a greater role in students' mental well-being. This research is correlational using a student sample (N=242). The measuring instruments used in this study were the Warwick-Edinburgh Mental Well-Being Scale (WEMWBS), Cognitive Flexibility Inventory (CFI), and The Multidimensional Scale Perceived Social Support (MSPSS). The results of the multiple regression analysis between cognitive flexibility and perceptions of social support on mental well-being showed significant results ( =² = 0.475, p < 0.001). Perception of social support plays a more important role in mental well-being (𝛽 = 0.48, p < 0.001) than cognitive flexibility (𝛽 = 0.401, p < 0.001). Thus, cognitive flexibility and perceptions of social support can help students maintain mental well-being.

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ashma Nur Afifah
"Penggunaan peralatan komunikasi elektronik seperti telepon seluler dan internet cenderung membawa dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah membantu remaja dalam berhubungan dengan teman, dan salah satu dampak negatif adalah cyberbullying. Salah satu penyebab terjadinya cyberbullying adalah empati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan empati dan komponen di dalamnya yaitu empati afektif dan empati kognitif dengan perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh remaja yang menjadi siswa di Sekolah Menengah Atas. Partisipan penelitian ini terdiri dari 169 orang siswa Sekolah Menengah Atas di Jakarta yang terlibat dalam perilaku cyberbullying.
Empati diukur dengan menggunakan Basic Empathy Scale dari Joliffe dan Farrington (2006) dan perilaku cyberbullying diukur dengan Revised Cyber Bullying Scale (RCBI) dari Topcu dan Erdur-Baker (2010) yang telah diadaptasi dan dimodifikasi oleh peneliti. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa korelasi antara empati dengan perilaku cyberbullying yang diterima maupun dilakukan tidak signifikan. Hal ini dikarenakan ada faktor-faktor lain yang lebih berpengaruh dan perlu diteliti lebih lanjut.

The increasing use of electronic gadgets such as handphone or internet has positive and negative effect. On the positive side it does help adolescence to communicate with their friends but one of negative effect is cyberbullying. One factor that correlates to cyberbullying behavior is empathy. The purpose of this study is to identify the correlation between empathy and its component, the affective empathy and cognitive empathy and cyberbullying behavior among adolescence in senior high school. The participants are 169 students in senior high school in Jakarta who do cyberbullying behavior.
Empathy is measured with Basic Empathy Scale by Joliffe and Farrington (2006) and cyberbullying behavior is measured with Revised Cyber Bullying Scale (RCBI) by Topcu and Erdur-Baker (2010) which has been adapted and modified in this study. The result indicates that the correlation is not significant because there are other factors that more contributes to cyberbullying behavior than empathy that need to be studied further.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46329
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nafa Evania Fauzi
"Mahasiswa tingkat akhir berada pada masa dewasa muda, saat mereka akan berhadapan dengan masa transisi antara dunia kuliah dan kerja. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan fleksibilitas berpikir agar mereka dapat lebih mudah beradaptasi dengan
perubahan tersebut. Kepribadian pada level traits ditemukan menjadi salah faktor yang memungkinkan adanya perbedaan fleksibilitas berpikir pada masing-masing individu, namun penelitian yang menyoroti peran kepribadian pada level metatraits masih belum
banyak ditemukan. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan untuk melihat peran metatraits (stability dan plasticity) terhadap fleksibilitas berpikir pada mahasiswa tingkat akhir. Metatraits diukur menggunakan Big Five Inventory, sedangkan fleksibilitas berpikir diukur menggunakan Cognitive Flexibility Inventory. Seratus delapan puluh lima mahasiswa sarjana tingkat akhir dengan usia 20-25 tahun menjadi partisipan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stability dan plasticity secara simultan memiliki peran yang signifikan terhadap fleksibilitas berpikir pada mahasiswa tingkat akhir (R² = 0,417, p < 0,05), serta terhadap dimensi alternatif (R2 = 0,186, p <
0,05) dan kontrol (R2 = 0,345, p < 0,05) yang ada di dalam fleksibilitas berpikir. Selain itu, hasil analisis parsial menunjukkan bahwa stability berperan signifikan terhadap dimensi alternatif dan kontrol pada fleksibilitas berpikir, sedangkan plasticity hanya memiliki peran yang signifikan terhadap dimensi kontrol. Hasil penelitian ini dapat
memberikan kontribusi terhadap pengembangan penelitian terkait fleksibilitas berpikir, serta memberikan masukan terhadap pihak universitas untuk mengembangkan intervensi yang dapat meningkatkan fleksibilitas berpikir pada mahasiswa.

Final-year students are emerging adults, who dealing with the transition from college to work life. Therefore, cognitive flexibility is needed so that they can easily adapt to these unpredictable life changes. Personality at the trait level was found to be one of the factors that allow the variation of cognitive flexibility in each individual, but the research that highlights the role of personality at the metatraits level is still difficult to find. So, this study aims to examine the role of metatraits (stability and plasticity) on final-year students’ cognitive flexibility. Metatraits were measured using the Big Five Inventory, while cognitive flexibility was measured using the Cognitive Flexibility Inventory. Onehundred-eighty-five (185) students in their final year of undergraduate studies, whose ages ranged from 20 to 25, participated in this study. The results showed that stability and plasticity simultaneously had a significant role in final-year students’ cognitive flexibility (R² = 0.417, p < 0.05), as well as in alternative (R2 = 0,186, p < 0,05) and control dimensions of cognitive flexibility (R2 = 0,345, p < 0,05). Furthermore, the partial analysis revealed that stability had a significant role in alternative and control dimension of cognitive flexibility, while the role of plasticity was only significant in the alternative dimension. The results of this study could contribute to the development of research
related to cognitive flexibility and provide input for universities to develop an intervention to improve college students’ cognitive flexibility.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Anandiza Syafris
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara tingkat self-esteem dan perilaku cyberbullying atau rundungan siber pada remaja. Penelitian dilakukan berdasarkan hasil penelitian-penelitian terdahulu yang menunjukkan hasil yang tidak konsisten mengenai hubungan antara tingkat self-esteem dan perilaku rundungan siber. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 195 orang siswa Sekolah Menengah Atas di Jakarta yang usianya berkisar antara 15-17 tahun.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat self-esteem dan perilaku rundungan siber r=0,095 dan p=0,185. Hasil lainnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku rundungan siber dan jenis sekolah, di mana perilaku rundungan siber siswa sekolah swasta lebih tinggi dibandingkan dengan siswa sekolah negeri.

This reserach aims to find the relationship between self esteem and cyberbullying offending in adolescence. This research was conducted based on the knowledge that prior studies about cyberbullying perpetrators and self esteem showed inconsistent results. This research involved 195 high school students in Jakarta aged 15 to 17 as participants.
The result shows that there is no significant relationship between self esteem and cyberbullying offending behavior in adolescence r 0,095, p 0,185, and there is a significant relationship between the levels of cyberbullying offending behavior and the type of schools where a higher level of cyberbullying is found in private highschool students.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67149
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>