Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153100 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ayu Firiyal Maharani
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Surveillance Capitalism bekerja terhadap pengguna dan memengaruhi selera bermusiknya di aplikasi Spotify. Surveillance capitalism merupakan bentuk pengawasan oleh kapitalisme dengan basis algoritma yang berorientasi keuntungan ekonomi. Berdasarkan studi sebelumnya, terdapat dua perhatian dalam mengkaji penggunaan aplikasi Spotify. Kelompok pertama melihat bagaimana algoritma personalisasi Spotify dapat mengokohkan identitas bermusik pengguna, sementara kelompok lain mengkaji peran algoritma dalam praktik surveillance kapitalisme demi kepentingan ekonomi. Penelitian ini melihat keberadaan algoritma sangat erat kaitannya dengan kerja pengawasan yang juga memperkuat identitas pengguna, khususnya pada fitur Spotify Wrapped dan Made For You. Kedua fitur tersebut memberikan manfaat berupa personalisasi kepada pengguna, tetapi juga memberikan dampak lain dalam bentuk pengawasan yang mengeksploitasi data pengguna. Personalisasi tersebut menggunakan data selera musik yang merupakan identitas dan privasi pengguna untuk memberikan rekomendasi, hingga dapat memengaruhi selera mereka yang berorientasi keuntungan platform. Penelitian ini akan menggunakan perspektif Surveillance Capitalism dan Privacy serta Algorithmic Culture dengan menggunakan metode in-depth interview terhadap pengguna premium dan observasi online di aplikasi Spotify. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma di dalam aplikasi Spotify bekerja dengan logika kapitalisme yang menguntungkan platform dengan mengekstraksi data pengguna, hingga dapat mengarahkan perilaku dan selera bermusik pengguna secara tidak sadar. Keterbatasan pengetahuan pengguna akan privacy melanggengkan kerja pengawasan kapitalisme dalam memiliki hak kendali atas data pribadinya.

This research aims to see how surveillance capitalism works on users and influences their musical tastes on Spotify. Surveillance capitalism involves algorithms that prioritize economic profit. Previous studies identify two concerns: one focusing on how Spotify's personalization algorithms enhance users' musical identities, and the other on their role in enabling economic surveillance. This research sees that the existence of algorithms is closely related to surveillance work that also strengthens user identity, especially in Spotify Wrapped and Made For (You) features. This study argues that algorithms are closely linked to surveillance practices that also reinforce user identity. While those features provide personalized recommendations, they also raise concerns about data exploitation. Personalization leverages users' musical tastes—key elements of their identity and privacy—to generate profit-driven recommendations, thus influencing their users' tastes. This research will use the perspectives of Surveillance Capitalism, Privacy, and Algorithmic Culture by using in-depth interviews with premium users and online observations on Spotify application. The findings suggest that Spotify's algorithms function under capitalist principles, extracting user data and subtly influencing user behavior and preferences. Additionally, users' limited awareness of privacy issues further enables the effectiveness of these algorithms, reinforcing capitalism's control over personal data. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deby Puspitaningrum
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji faktor pembentukan Intensi Kontinuitas atau niat kelanjutan pada generasi Z terhadap layanan music streaming Spotify menggunakan Teori Uses and Gratifications (UGT). UGT adalah teori penting untuk mengungkap mengapa orang-orang menggunakan media tertentu dan kepuasan apa yang didapatkan. Terdapat model bisnis freemium pada aplikasi music streaming Spotify, yang dapat dibagi menjadi dua jenis pengguna, yaitu pengguna basic (tidak berbayar) dan pengguna premium (berbayar). Dengan menggunakan paradigma positivis, pendekatan kuantitatif, dan metode survei yang dilakukan terhadap 153 responden, dan menganalisis 12 variabel laten dan 1 variabel manifes menggunakan PLS-SEM, hasilnya menunjukkan bahwa model awal penelitian tidak dapat diterapkan sepenuhnya. Dibutuhkan model modifikasi penelitian dengan menghilangkan variabel Social Connectivity dan Discovery of New Music karena kedua variabel tersebut tidak signifikan. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa faktor pembentuk intensi kontinuitas dari pengguna music streaming generasi Z adalah Ubiquity dan Enjoyment. Pengaruh Ubiquity terhadap Intensi Kontinuitas sebesar 39,7% dan pengaruh Enjoyment terhadap Intensi Kontinuitas sebesar 20,3%. Utilitarian Value juga berpengaruh terhadap Intensi Kontinuitas yaitu sebesar 25,2%. Sementara Hedonic Value tidak berpengaruh karena hanya menunjukkan nilai 0,07% terhadap Intensi Kontinuitas. Dari uji ANOVA satu arah pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan antara tipe pengguna basic dengan tipe pengguna premium. Tingkat Ubiquity dan Enjoyment pengguna premium adalah lebih tinggi daripada pengguna basic. Hal tersebut mendukung Uses and Gratifications Theory bahwa khalayak, dalam hal ini pengguna music streaming Spotify, memilih media tergantung pada kebutuhan individualnya.

ABSTRACT
This research examines the forming factors of continuance intention in Z generation about Spotify's music streaming service using Uses and Gratifications Theory (UGT). UGT is an important theory to reveal why people use certain media and what satisfaction they get. There is a freemium business model in the Spotify music streaming application, which can be divided into two types of users, namely basic (not paid) and premium (paid) users. Using a positivist paradigm, a quantitative approach, and a survey method conducted on 153 respondents, and analyzing 12 latent variables and 1 manifest variable using PLS-SEM, the results indicate that the initial model of the study cannot be fully applied. A research modification model is needed by removing the Social Connectivity and Discovery of New Music variables because that variables are not significant. From this research, the results show that the forming factors of Continuance Intention of music streaming users on Z generation are Ubiquity and Enjoyment. The effect of Ubiquity to Continuance Intention is 39.7% and the effect of Enjoyment to Continuance Intention is 20.3%. Utilitarian Value also influences Continuance Intention, which is 25.2%. Meanwhile, Hedonic Value has no effect because it only shows the value of 0.07% to the Continuance Intention. From the one-way ANOVA test in this study, the results show that there are differences between basic and premium users. The level of Ubiquity and Enjoyment of premium users is higher than that of basic users. That fact supports the Uses and Gratifications Theory that audiences, in this case is Spotify music streaming users, choose media depending on their individual needs."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasha Radinka Putri Taifur
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Perceived Value terhadap Continued Use Intention dan Purchase Intention pada layanan premium dan freemium dalam platform streaming musik Spotify. Dalam melakukan penelitian ini, sampel yang digunakan adalah para pengguna layanan Spotify Premium dan pengguna layanan Spotify Freemium (gratis) yang berusia 18-34 tahun, serta menggunakan Spotify masing-masing dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Pengambilan sampel dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang berupa Google Forms dan disebarkan secara online melalui media sosial seperti, Instagram, Whatsapp, Line, dan Twitter. Penyebaran kuesioner berhasil mengumpulkan 321 responden, yang terdiri dari 170 pengguna layanan Spotify Premium dan 151 pengguna layanan Spotify Freemium (gratis). Data yang telah terkumpul diolah dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa kenikmatan, nilai sosial, dan nilai ekonomi yang dirasakan oleh pengguna layanan Spotify Premium memiliki pengaruh positif terhadap niat mereka untuk melanjutkan penggunaan layanan premium. Sementara untuk pengguna layanan Spotify Freemium (gratis), faktor yang mendorong mereka untuk memiliki niat membeli layanan premium adalah nilai sosial.

This study aims to determine the effect of Perceived Value on Continued Use Intention and Purchase Intention on premium and freemium services on the Spotify music streaming platform. The sample used in this study are Spotify Premium service users and Spotify Freemium service users (free), aged 18-34 years, and have used Spotify respectively within the last 3 months. The questionnaire uses the Google Forms and is distributed online through social media such as Instagram, Whatsapp, Line, and Twitter. The distribution of the questionnaire managed to collect 321 respondents, consisting of 170 users of the Spotify Premium service and 151 users of the Spotify Freemium service (free). The data that has been collected is processed using the Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) method and using the SmartPLS software. The study results show that the enjoyment, social value, and economic value perceived by Spotify Premium users positively influence their intention to continue using premium services. Meanwhile, for Spotify Freemium users, the factor that drives them to have the intention to buy premium services is social value."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alaydrus, Fatih Ismail
"Pesatnya perkembangan layanan streaming musik atau Music Streaming Services (MSS) membentuk kenormalan baru dalam cara kita menikmati musik. Spotify telah memimpin pangsa pasar MSS di dunia walau kompetisi semakin kuat dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Kebutuhan tersebut berkaitan erat dengan technology affordance atau apa yang layanan dapat penuhi sesuai persepsi dan tujuan penggunanya. Dengan memahami aspek technology affordance dari layanannya, Spotify dan penyedia MSS mampu menemukan solusi untuk meningkatkan retensi penggunanya serta pendapatannya keseluruhan. Penelitian yang dijalankan memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor terkait technology affordance dari layanan MSS serta pengaruhnya terhadap niat pengguna untuk tetap menggunakan dan berlangganan layanan premium dari MSS, khususnya Spotify. Penelitian mengidentifikasi technology affordance dari MSS melalui pendekatan grounded theory. Terdapat empat faktor utama technology affordance dari MSS, yaitu exploration, listening control, playlisting, serta social connectivity. Penelitian dilanjutkan dengan mengintegrasikan temuan tersebut dengan expectation-confirmation model (ECM) dan melakukan analisis kuantitatif menggunakan PLS-SEM pada 321 pengguna Spotify. Didapatkan bahwa subscription intention pengguna dipengaruhi oleh continuance intention. Selanjutnya, continuance intention dipengaruhi oleh perceived usefulness serta satisfaction dimana kedua hal tersebut dipengaruhi oleh confirmation. Terakhir, perceived usefulness dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance dari MSS dimana dua faktor affordance dengan pengaruh terbesar yaitu exploration affordance dan listening control affordance. Penelitian ini mampu dikembangkan lebih lanjut dan mampu menjadi saran praktis bagi penyedia layanan MSS dalam mengembangkan layanan yang berfokus pada pengguna.

The rapid growth of music streaming services (MSS) has shaped the new normal of how we listen to music. Spotify has been leading the global MSS market in terms of market share, even though the competition is getting tougher in fulfilling the user's needs. User's needs are heavily linked to technology affordance, which concerns what a service could afford based on the user's perception and goals. By understanding the technology affordance of their service, Spotify and other MSS providers can formulate a solution that could boost user retention and their overall revenue. The study aims to identify the technology affordance of MSS and how it affects the user’s continuance intention and subscription intention, especially on Spotify. The study identified MSS technology affordances through grounded theory approaches. There are four key technology affordances of MSS: exploration, listening control, playlisting, and social connectivity. The study continued with the integration of MSS technology affordances with expectation-confirmation model (ECM). It was found that subscription intention is influenced by continuance intention, continuance intention is influenced by perceived usefulness and satisfaction, in which these two factors are influenced by confirmation. Lastly, perceived usefulness was influenced by all of the identified MSS technology affordances, in which two factors with the greatest influence were exploration affordance and listening control affordance. The study findings could be developed for future research and stand as suggestions for MSS providers to develop user-centered services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Ilham Rahmadi
"Pesatnya perkembangan layanan streaming musik atau Music Streaming Services (MSS) membentuk kenormalan baru dalam cara kita menikmati musik. Spotify telah memimpin pangsa pasar MSS di dunia walau kompetisi semakin kuat dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Kebutuhan tersebut berkaitan erat dengan technology affordance atau apa yang layanan dapat penuhi sesuai persepsi dan tujuan penggunanya. Dengan memahami aspek technology affordance dari layanannya, Spotify dan penyedia MSS mampu menemukan solusi untuk meningkatkan retensi penggunanya serta pendapatannya keseluruhan. Penelitian yang dijalankan memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor terkait technology affordance dari layanan MSS serta pengaruhnya terhadap niat pengguna untuk tetap menggunakan dan berlangganan layanan premium dari MSS, khususnya Spotify. Penelitian mengidentifikasi technology affordance dari MSS melalui pendekatan grounded theory. Terdapat empat faktor utama technology affordance dari MSS, yaitu exploration, listening control, playlisting, serta social connectivity. Penelitian dilanjutkan dengan mengintegrasikan temuan tersebut dengan expectation-confirmation model (ECM) dan melakukan analisis kuantitatif menggunakan PLS-SEM pada 321 pengguna Spotify. Didapatkan bahwa subscription intention pengguna dipengaruhi oleh continuance intention. Selanjutnya, continuance intention dipengaruhi oleh perceived usefulness serta satisfaction dimana kedua hal tersebut dipengaruhi oleh confirmation. Terakhir, perceived usefulness dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance dari MSS dimana dua faktor affordance dengan pengaruh terbesar yaitu exploration affordance dan listening control affordance. Penelitian ini mampu dikembangkan lebih lanjut dan mampu menjadi saran praktis bagi penyedia layanan MSS dalam mengembangkan layanan yang berfokus pada pengguna.

The rapid growth of music streaming services (MSS) has shaped the new normal of how we listen to music. Spotify has been leading the global MSS market in terms of market share, even though the competition is getting tougher in fulfilling the user's needs. User's needs are heavily linked to technology affordance, which concerns what a service could afford based on the user's perception and goals. By understanding the technology affordance of their service, Spotify and other MSS providers can formulate a solution that could boost user retention and their overall revenue. The study aims to identify the technology affordance of MSS and how it affects the user’s continuance intention and subscription intention, especially on Spotify. The study identified MSS technology affordances through grounded theory approaches. There are four key technology affordances of MSS: exploration, listening control, playlisting, and social connectivity. The study continued with the integration of MSS technology affordances with expectation-confirmation model (ECM). It was found that subscription intention is influenced by continuance intention, continuance intention is influenced by perceived usefulness and satisfaction, in which these two factors are influenced by confirmation. Lastly, perceived usefulness was influenced by all of the identified MSS technology affordances, in which two factors with the greatest influence were exploration affordance and listening control affordance. The study findings could be developed for future research and stand as suggestions for MSS providers to develop user-centered services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lalita Sindy Hapsari
"Hunian sementara saat ini banyak diminati oleh masyarakat dengan mobilitas yang tinggi. Apartemen dianggap menjadi salah satu solusi hunian sementara bagi mereka yang mempunyai mobilitas tinggi, termasuk kalangan mahasiswa. Dalam proses pemilihan apartemen, teori perceived risk digunakan untuk menjelaskan tahap pre-purchase behavior. Teori tersebut berfungsi untuk mengurangi risiko kerugian saat mengkonsumsi barang dengan biaya beli yang tergolong tinggi. Faktor yang diperhatikan saat hendak membeli apartemen, yaitu harga hunian, lokasi, jarak tempuh menuju lokasi tertentu, fasilitas, dan lingkungan. Biaya perawatan yang dikeluarkan pun lebih banyak jika mereka membeli satu unit apartemen. Mereka harus mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan sinking fund, keamanan, perawatan gedung, dan kebersihan. Pada skripsi ini dibahas mengenai preferensi dan personalisasi dalam pemilihan apartemen sebagai hunian sementara. Diperoleh hasil bahwa mahasiswa pada umumnya memprioritaskan jarak hunian menuju kampus, biaya sewa ataupun beli, keamanan, privasi, lalu lingkungan bertetangga. Mahasiswa melakuka proses personalisasi karena adanya housing deficit dalam hal teknis dan rasa akan rumah yang dimilikinya. 

Temporary housing are currently demanded by people with high mobility. Apartments are considered to be one of many temporary housing solutions for them, including college students. In the process of apartments selection, the perceived risk theory are used to explain the pre-purchase behavior stage. Its used to reduce the risks of deficits in terms of consuming stuffs with high purchase value. The factors that must be considered during the process of apartments selection are the purchase costs, location, distance from certain location, facilities, and environments. The maintenance costs will be increasing when people purchase apartments. They have to invest more money for the sinking fund maintenance, security, building maintenances, and sanitation. This research explains about the preferences and personalization in apartment selection as students temporary housing. The obtained results are students in general are taking the distance from certain location, rent or purchase cost, security, privacy, and neighboring environments factor as priorities. They personalize their unit to overcome housing deficit in technical terms and to overcome the feeling of home. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tsabita Amalia
"Industri musik digital berkembang pesat dan membuat banyak layanan musik bermunculan di Indonesia di antaranya Spotify dan Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi kemudahan dan kegunaan platform yang menjadi pilihan generasi Z terbanyak di Indonesia yaitu Spotify dan YouTube. Selain itu setiap platform memberikan pengalaman menggunakan fitur yang berbeda. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan motivasi Generasi Z dalam pemilihan platform seperti kualitas audio, harga, kenyamanan tampilan dan ketersediaan musik yang lengkap. Penelitian ini juga melihat persepsi pengguna mengenai kemudahan mengenai fitur pencarian, fitur rekomendasi, fitur daftar putar dan layanan premium. Penelitian ini menunjukkan alasan dalam pembuatan daftar putar seperti kesenangan pribadi, kemudahan temu kembali dan fleksibilitas dalam mendengarkan musik. Penelitian ini juga menunjukkan persepsi kegunaan platform musik Spotify dan Youtube dalam fitur unduhan, pemenuhan koleksi dan layanan premium. Temuan ini dapat memperlihatkan bagaimana kemudahan dan kegunaan fitur yang diberikan oleh platform musik khususnya Spotify dan YouTube dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Diharapkan penelitian ini juga dapat memberi masukan terhadap perpustakaan yang memberikan layanan koleksi digital khususnya musik agar dapat memberikan layanan yang mudah dan meningkatkan aksesibilitas terhadap koleksi musik perpustakaan.

The digital music industry is growing rapidly and many music services have sprung up in Indonesia including Spotify and YouTube. This study aims to identify the perceived ease and usefulness of the platforms that are the most preferred by Generation Z in Indonesia, namely Spotify and YouTube. In addition, each platform provides an experience of using different features. This research uses a qualitative approach with a case study method. The results of this study reveal Generation Z's motivations in choosing platforms such as audio quality, price, viewing convenience and complete music availability. This research also looks at user perceptions of convenience regarding search features, recommendation features, playlist features and premium services. The research shows reasons for creating playlists such as personal enjoyment, ease of retrieval and flexibility in listening to music. The research also shows the perceived usability of Spotify and Youtube music platforms in terms of download features, collection fulfillment and premium services. The findings can show how the ease and usability of features provided by music platforms, especially Spotify and YouTube, improve user experience. It is hoped that this research can also provide input to libraries that provide digital collection services, especially music, in order to provide easy services and increase accessibility to library music collections.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Aprilio Kurniawan
"ABSTRACT
Kepercayaan terhadap pesan iklan kini telah tergeser oleh tingginya kepercayaan pada pesan yang dari word of mouth. Penelitian ini menganalisis bagaimana word of mouth mempengaruhi tahapan proses pengambilan keputusan pada konteks layanan streaming musik Spotify, di mana word of mouth pada penelitian ini ditinjau melalui aspek pendorongnya yang berasal dari karakteristik brand. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner online yang diambil menggunakan teknik convenience sampling pada generasi millennials di Jabodetabek. Pengujian dilakukan dengan uji analisis faktor dan regresi yang memiliki hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara word of mouth terhadap tahapan proses pengambilan keputusan. Ditemukan bahwa word of mouth terdiri dari faktor rasional dan emosional sedangkan proses pengambilan keputusan yang terjadi adalah tahap pencarian informasi dan pemenuhan kebutuhan.

ABSTRACT
A person rsquo s trust on the messages delivered by advertising nowadays has been replaced by word of mouth. This research focuses on analyzing the influence of a person rsquo s decision making process on using Spotify, a music streaming service, through word of mouth that is derived from its brand characteristics drivers. This quantitative research uses online questionnaires targeting the millennials generation in Jabodetabek region by using convenience sampling technique. The analysis that is conducted by using factor analysis and regression test finds that the influence of word of mouth towards the steps of consumer decision making process is significant. It was found that word of mouth is composed of rational and emotional factors while decision making process that occurs is the information search and needs fulfillment."
2017
S66685
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Akbar Farras
"Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya digitalisasi perkembangannya sangat cepat pada saat ini. Perkembangan ini secara bertahap akan dapat mengungkapkan penipuan yang telah terjadi terhadap penciptaan nilai ekonomi. Dalam isu ini, Penulis akan membawa analisis tentang musik digital yang bernama spotify. Musik digital ini sedang digugat oleh penerbit musik besar dengan kerugian $ 1,6 miliar dan ganti rugi yangbernama wixen music publishing, yang mempunyai lisensi lebih dari 200 artis. Gugatan itu diajukan di California pada 29 Desember 2017, anggapan wixen adalah spotify melanggar pelanggaran hak cipta yang disebut hak mekanik, secara khusus menuduh spotify menggunakan ribuan lagu itu tanpa lisensi yang tepat dan izin dari wixen. Makalah penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode yuridis normatif yang berarti kegiatan ilmiah berdasarkan metode, sistematika, dan pemikiran tertentu yang bertujuan untuk mempelajari satu atau lebih fenomena hukum spesifik dengan cara menganalisis. Makalah penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode yuridis normatif. Dalam makalah penelitian ini akan menganalisis penggunaan hak cipta spotify selama menjalankan bisnisnya sesuai dengan hukum, konvensi dan peraturan yang berlaku. Hasil dari makalah penelitian ini adalah untuk menarik kesimpulan tentang bagaimana spotify menghasilkan uang, legalitas fonogram digital dan menganalisis kasus spotify. Dengan melakukan hal itu diharapkan bahwa dalam makalah penelitian ini dapat memberikan saran untuk perbaikan pada penggunaan hak cipta musik digital dalam perspektif hukum hak cipta dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan pelanggaran hak cipta dalam industri musik digital dalam Konvensi Internasional tentang Hak cipta dan hukum peraturan nasional No. 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.

The advancement of science and technology especially the rapidly digitizing technology nowadays. The development of digitalization will gradually be able to reveal the fraud that has occurred so far against the creation of economic value. In this issue, Writer brings an analysis on digital music named spotify. This digital music is being sued by a major music publisher for $1,6 billion in damages and injuncitve named wixen music publishing, which licenses music from about 200 artists. The lawsuit was filed in California on December 29 2017, wixen assumption is spotify violates copyright infringement which called mechanical rights, specifically alleging spotify is using thousands of it is songs without a proper license and permission from wixen. This research paper is made by using normative judicial method which means a scientific activity based on method, systematics, and certain thoughts that aim to learn one or more specific legal phenomena by analyzing. In this research paper will analyze copyright use of spotify during running its business pursuant to prevailing laws, conventions and regulations. The result of this research paper is to draw a conclusion on how spotify makes money, the legality of digital phonogram and analyze spotify case. By doing so it is hope that in this research paper could provide any suggestion for the improvement on the copyright use of digital music in copyright law perspective and also increase people’s awarness to implement the preventive measures of copyright infringment in digital music industry in International Convention on Copyright and national regulation law no. 28 year 2014 on Copyright."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Ayu Maharani
"Digitalisasi sangat mempengaruhi dalam perindustrian musik yang mengubah kebiasaan mendengarkan musik dengan layanan berlangganan ketimbang membeli secara satuan. Pembahasan literatur ini berfokus untuk menjabarkan pengaruh-pengaruh kepada individu dalam memutuskan untuk berlangganan layanan streaming musik berbayar dan berusaha untuk memahami bagaimana keyakinan konsumen dalam layanan streaming musik yang mempengaruhi niat untuk menggunakan layanan secara berbayar. Pembahasan sebelumnya menemukan keterlibatan interaksi kompleks antara faktor teknis, ekonomi, sosial, dan psikologis menjadi faktor penentu dalam keputusan tersebut. Faktor penentu tersebut dapat ditentukan oleh faktor eksternal dan internal dari individu. Riset ini berusaha melebarkan literatur perilaku konsumen di dalam bisnis layanan digital. Spotify akan menjadi layanan yang akan dibahas karena merupakan pemimpin pasar dari industri layanan streaming musik. Penulis menggunakan Theory of Planned Behaviour sebagai alat untuk menjelaskan keputusan seseorang dalam berlangganan layanan musik berbayar. Keputusan dalam berlangganan tersebut ditentukan oleh Perceived Behavioural Control yang merupakan menjadi salah satu penentu bagian dari perilaku yang dapat mempengaruhi pemikiran seseorang mengenai tindakan yang akan diambil yang dihasilkan dari nilai subjektif seseorang. Kontrol ini ditentukan oleh faktor-faktor seperti kemampuan pengguna maupun pengaruhi dari orang-orang disekitarnya untuk mengendalikan tindakan dalam berlangganan berbayar atau tidak. Fitur-fitur berlangganan secara bersama yang dimiliki Spotify yang memiliki pengaruh dari tekanan sosial dan juga keringanan ekonomi dalam memutuskan seseorang berlangganan berbayar.

Digitalization has impacted the music industry that has been changing the music activity to subscribing a digital service rather than buy separately. This literature study focused on describing the influences to individuals decision making on subscribing to the digital streaming service and understanding the consumer confidence in the streaming service that influenced the move to paid services. Previous study had found the complex relation of technical, economic, social, and psychological factors within interaction. Those determinant factors are able to be completed by external and internal factors within individuals. This study strives to widen the consumer behavior study in the digital services business. Spotify as the market leader in the digital streaming service will be examined as the main case. The writer admitted the Theory of Planned Behaviour as tools for explaining someone's decision to have a paid subscription. Perceived behavioral control shapes the decision behavioral from someone’s subjective norms. This control is determined by several factors such as the user's ability to decide the service's worthiness or the external factors as the peer groups or families. The extended subscribing features such as family plan or sharing plan moreover has influences in communal stimulus and economic remission on someone’s decision to having paid subscription."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>