Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 75784 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Daffa Anis Fahrizi
"Interaksi manusia-komputer sering terbatas pada komunikasi verbal, mengabaikan pentingnya gestur non-verbal dalam komunikasi manusia. Penelitian ini merancang dan membangun agen virtual percakapan multimodal yang menghasilkan gestur tubuh berbasis Large Language Model (LLM). Sistem ini mengintegrasikan LLM (OpenAI GPT-4o-mini) sebagai generator label gestur, Google Cloud Speech-to- Text (STT) untuk input suara, dan Text-to-Speech (TTS) untuk output suara. Label gestur diekstrak dari respons LLM dan dipetakan ke animasi pra-rekaman pada avatar Profesor Kamala di Unity 3D. Sebuah studi evaluasi dengan 54 partisipan membandingkan kualitas gestur dari zero-shot prompting dan few-shot prompting. Dinilai menggunakan metrik Human Likeness dan Appropriateness (GENEA Challenge 2022, skala Likert 1-6), hasil uji Paired Samples t-test menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua teknik prompting tersebut (Human Likeness: t(52) = -0.833, p = 0.409; Appropriateness: t(52) = 0.247, p = 0.806). Ukuran efek (Cohen’s d) yang sangat kecil (-0.114 dan 0.034) mengonfirmasi perbedaan yang diobservasi tidak signifikan secara praktis. Disimpulkan bahwa system prompt yang komprehensif dan ketat cukup efektif dalam memandu LLM menghasilkan gestur berkualitas serupa, sehingga contoh dialog few-shot tidak memberikan peningkatan signifikan dalam tugas generasi label gestur ini. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman prompt engineering LLM untuk kontrol perilaku non-verbal agen virtual.

Human-computer interaction often limits itself to verbal communication, neglecting the crucial role of non-verbal gestures in human multimodal communication. This research designs and develops a multimodal conversational virtual agent that generates body gestures based on a Large Language Model (LLM). The system integrates an LLM (OpenAI GPT-4o-mini) as the gesture label generator, Google Cloud Speech-to-Text (STT) for voice input, and Text-to-Speech (TTS) for voice output. Gesture labels are extracted from LLM responses and mapped to pre-recorded animations, triggered on the Profesor Kamala avatar in Unity 3D. A user evaluation study with 54 participants compared gesture quality from zeroshot prompting and few-shot prompting. Assessed using Human Likeness and Appropriateness metrics (GENEA Challenge 2022, 1-6 Likert scale), Paired Samples t-test results showed no statistically significant difference between the two prompting techniques for either Human Likeness (t(52) = -0.833, p = 0.409) or Appropriateness (t(52) = 0.247, p = 0.806). Very small effect sizes (Cohen’s d of -0.114 and 0.034) confirmed the observed differences were not practically significant. The study concludes that a comprehensive and strict system prompt is effective enough in guiding the LLM to generate gestures of similar quality, thus few-shot dialogue examples provided no significant improvement in this gesture label generation task. This research contributes to understanding LLM prompt engineering’s effectiveness for controlling virtual agent non-verbal behavior."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raissa Azarine
"Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi peluang besar di berbagai sektor, termasuk dalam sektor kesehatan. Salah satu implementasi AI yang menunjukkan potensi signifikan adalah Large Language Models (LLM), yang dapat memahami dan menghasilkan teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem asisten medis virtual berbasis AI dengan mengintegrasikan LLM dan teknik Retrieval-Augmented Generation (RAG). Sistem ini dirancang untuk memberikan informasi medis yang relevan, akurat, dan terkini bagi tenaga medis. Metode penelitian melibatkan pengembangan sistem menggunakan LLM, RAG, dan LangChain, yang kemudian diuji untuk memastikan kinerja dan keandalannya. Evaluasi dilakukan dengan metrik berbasis RAG dan ROUGE, mencakup dimensi seperti faithfulness, context precision, answer relevance, dan context recall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi LLM dan RAG mampu meningkatkan akurasi informasi, relevansi jawaban, dan efisiensi sistem dalam skenario klinis. Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk mendukung pekerjaan tenaga medis, mempercepat pengambilan keputusan, dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

The advancement of artificial intelligence (AI) technology in recent years has created significant opportunities across various sectors, including healthcare. One notable implementation of AI with significant potential is Large Language Models (LLM), which can comprehend and generate text. This study aims to develop an AI-based virtual medical assistant system by integrating LLM and Retrieval-Augmented Generation (RAG) techniques. The system is designed to provide relevant, accurate, and up-to-date medical information for healthcare professionals. The research methodology involves the development of the system using LLM, RAG, and LangChain, followed by performance and reliability testing. Evaluation is conducted using RAG- and ROUGE-based metrics, covering dimensions such as faithfulness, context precision, answer relevance, and context recall. The results demonstrate that integrating LLM and RAG enhances information accuracy, answer relevance, and system efficiency in clinical scenarios. This system is expected to be an innovative solution to support healthcare professionals, expedite decision-making, and improve the quality of healthcare services. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mikail Fauzan Athallah
"Penelitian ini menyelidiki integrasi Unreal Engine 5 dengan teknologi AI canggih, OpenAI dan ElevenLabs, untuk meningkatkan interaksi manusia-komputer melalui pembuatan gerakan berbasis aturan pada agen virtual. Penggunaan Unreal Engine 5 memungkinkan penciptaan lingkungan virtual beresolusi tinggi, yang sangat penting untuk interaksi agen yang realistis. Pengembangan sistem berbasis aturan sederhana yang mensintesis gerakan berdasarkan aturan yang telah ditentukan yang selaras dengan input yang diucapkan, dinilai dengan model lainnya. Sebuah studi komparatif, yang terinspirasi oleh Tantangan GENEA 2022, dilakukan untuk menilai efektivitas sistem yang diusulkan. Studi ini melibatkan studi pengguna di mana para partisipan menilai kemiripan manusia dan kesesuaian gerakan yang dihasilkan oleh sistem dengan model berbasis aturan, sistem model acak, model ground truth, dan model idle. Studi ini menggunakan model agen virtual yang sama untuk memastikan kondisi visual dan auditori yang konsisten di semua skenario pengujian. Temuan ini menunjukkan bahwa pembuatan gerakan berbasis aturan secara signifikan meningkatkan kealamian dan kontekstualitas interaksi agen virtual dibandingkan dengan 3 metode generasi gerakan lainnya. Hal ini mendukung potensi pendekatan terstruktur dalam menghasilkan interaksi yang lebih menarik dan realistis dalam lingkungan virtual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada bidang desain agen virtual, dengan menekankan pentingnya mengintegrasikan teknik-teknik berbasis AI yang canggih untuk meningkatkan kualitas interaksi manusia-komputer.

This research investigates the integration of Unreal Engine 5 with advanced AI technologies, OpenAI and ElevenLabs, to enhance human-computer interaction through rule-based gesture generation on a virtual agent. Employing Unreal Engine 5 enables the creation of high-fidelity virtual environments, crucial for realistic agent interactions. The development of a simple rule-based system that synthesizes gestures based on predefined rules aligned with spoken inputs, is assessed against different models. A comparative study, inspired by the GENEA Challenge 2022, was conducted to evaluate the effectiveness of the proposed system. This involved a user study where participants rated the human likeness and appropriateness of gestures generated by rule-based, randomized systems, ground truth, and idle. The study utilized the same virtual agent model to ensure consistent visual and auditory conditions across all test scenarios. The findings demonstrated that rule-based gesture generation significantly enhances the perceived naturalness and contextuality of virtual agent interactions compared to the other 3 methods of gesture generation. This supports the potential of structured approaches in producing more engaging and realistic interactions in virtual environments. The research hopes to contribute to the field of virtual agent design, emphasizing the importance of integrating sophisticated AI-driven techniques to improve the quality of human-computer interaction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Haddad
"Indonesia merupakan negara hukum yang mengadopsi asas Fictie Hukum. Asas tersebut memandang setiap orang tahu hukum tanpa pengecualian. Penyediaan akses yang mudah terhadap produk hukum merupakan konsekuensi dari hal tersebut. Meski telah tersedia beberapa layanan daring pencarian hukum, baik oleh pemerintah maupun swasta, layanan tersebut belum mampu menangkap relasi intradokumen dan antardokumen dengan baik. Dalam meningkatkan sistem pencarian hukum, terdapat knowledge graph (KG) bernama LexID yang menghadirkan representasi peraturan perundang-undangan Indonesia dalam sebuah graf. KG tersebut dikonstruksi dengan pendekatan rule-based. Namun, pendekatan rule-based tidak mudah beradaptasi dengan perubahan dalam format atau konten dokumen dan memerlukan pemeliharaan berkelanjutan. Penelitian ini mengusulkan pendekatan lain dalam konstruksi LexID. Proses konstruksi LexID dilakukan menggunakan pre-trained large language model (LLM) berupa CodeGemma parameter 7B, Code Llama parameter 7B, dan Phi-3 parameter 7B. Jenis prompt yang digunakan, yaitu prompt kode dan teks dengan variasi 1-shot dan 2-shot, sehingga total terdapat dua belas skenario percobaan. Hasil konstruksi KG kemudian dievaluasi terhadap KG LexID dan diukur menggunakan metrik precision, recall, dan skor F1. Dari hasil konstruksi, didapatkan skor F1 hasil dari prompt teks 1-shot: CodeGemma 0.405, CodeLlama 0.452, dan Phi 0.362; skor F1 hasil dari prompt kode 1-shot: CodeGemma 0.645, CodeLlama 0.567, dan Phi 0.526; skor F1 hasil dari prompt teks 2-shot: CodeGemma 0.572, CodeLlama 0.502, dan Phi 0.386; skor F1 hasil dari prompt kode 2-shot: CodeGemma 0.687, CodeLlama 0.583, dan Phi 0.539.

Indonesia operates under a legal system that adopts the principle of Legal Fiction, which posits that every individual is presumed to be aware of the law without exception. Consequently, providing easy access to legal documents is imperative. Despite the availability of several online legal search services offered by both government and private entities, these services have yet to effectively capture intra-document and inter-document relationships. To enhance the legal search system, a knowledge graph (KG) named LexID has been developed to represent Indonesian legislation in a graph format. This KG has traditionally been constructed using a rule-based approach. However, this approach struggles to adapt to changes in document format or content and necessitates continuous maintenance. This study proposes an alternative approach for the construction of LexID utilizing pre-trained large language models (LLMs), specifically CodeGemma with 7 billion parameters, Code Llama with 7 billion parameters, and Phi-3 with 7 billion parameters. The study employs both code and text prompts, with variations of 1-shot and 2-shot, resulting in a total of twelve experimental scenarios. The constructed KG is then evaluated against the existing LexID KG, using precision, recall, and F1 score metrics. The results of the construction indicate the following F1 scores: for 1-shot text prompts, CodeGemma achieved 0.405, Code Llama 0.452, and Phi 0.362; for 1-shot code prompts, CodeGemma achieved 0.645, Code Llama 0.567, and Phi 0.526; for 2-shot text prompts, CodeGemma achieved 0.572, Code Llama 0.502, and Phi 0.386; and for 2-shot code prompts, CodeGemma achieved 0.687, Code Llama 0.583, and Phi 0.539."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fikri Aufaa Zain
"Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi chatbot telah berkembang secara signifikan, dengan munculnya Large Language Model (LLM) seperti GPT dari OpenAI, Llama dari Meta, dan Gemini dari Google. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan chatbot berbasis LLM dalam dunia medis, khususnya untuk membantu dan memantau pasien hemodialisis. Menggunakan kerangka kerja seperti LangChain untuk melakukan prompt engineering, Retrieval Augmented Generation (RAG) untuk meningkatkan pengetahuan domain, dan Chroma sebagai vector database, platform chatbot berbasis web dikembangkan. Pendekatan ReAct dan chain-of-thought (CoT) diterapkan untuk membuat sistem berbasis agen. Evaluasi kuantitatif dari penelitian ini akan menggunakan ROUGE, BLEU, dan SAS untuk sistem chatbot, dan MAP@3, dan MRR@3 digunakan untuk sistem RAG, bersama dengan penilaian kualitatif oleh ahli di bidang hemodialisis. Secara keseluruhan, evaluasi kualitatif dan kuantitatif untuk setiap sistem menerima umpan balik positif berdasarkan penilaian ahli dan hasil dari setiap metrik, yang menunjukkan bahwa kedua sistem berkinerja baik dalam menghasilkan tanggapan yang selaras dengan tujuan penelitian ini, yaitu memberikan tanggapan yang akurat dan membantu dalam memantau pasien. Dari sisi sistem, kemampuan chatbot dan sistem RAG dalam memahami konteks percakapan dan memberikan tanggapan yang lebih relevan dan informatif, menggunakan pendekatan berbasis agen yang ditingkatkan oleh RAG, memberikan keuntungan yang signifikan. Prompt yang kami gunakan, ReAct dan CoT, memungkinkan agen berbasis LLM untuk berpikir lebih efektif, membuat keputusan yang tepat, dan mensimulasikan proses berpikir yang lebih terstruktur dan logis. Dengan memanfaatkan peningkatan ini, chatbot juga dapat menghasilkan pesan urgensi medis untuk memperingatkan tim medis yang terhubung ke platform. Hal ini memungkinkan mereka untuk merespons keadaan darurat ketika pasien melaporkan gejala yang membutuhkan perawatan lebih lanjut di rumah sakit. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa LLM dapat digunakan secara efektif sebagai chatbot di bidang kesehatan, khususnya untuk memantau pasien hemodialisis.

In recent years, chatbot technology has advanced significantly, with the rise of Large Language Models (LLMs) such as OpenAI’s GPT, Meta’s Llama, and Google’s Gemini. This research explores the application of LLM-based chatbots in healthcare, specifically for assisting and monitoring hemodialysis patients. Using frameworks like LangChain for prompt engineering, Retrieval Augmented Generation (RAG) for enhanced domain knowledge, and Chroma as a vector database, a web-based chatbot platform was developed. The ReAct and chain-of-thought (CoT) approaches were applied to create an agent-based system. The quantitative evaluation of this research will use ROUGE, BLEU, and SAS for the chatbot system, and MAP@3, and MRR@3 were used for the RAG systems, along with qualitative expert assessments. Overall, the qualitative and quantitative evaluations for each system received positive feedback based on expert judgment and the results of each metrics, indicating that both systems performed well in generating responses aligned with the goals of this research, which are to provide accurate responses and assist in monitoring patients. On the system side, the chatbot and RAG system’s ability to understand conversational context and provide more relevant and informative responses, using agent-based approaches enhanced by RAG, offers a clear advantage. The prompts we are using, ReAct and CoT, enable the agent-based LLM to think more effectively, make appropriate decisions, and simulate a more structured and logical thought process. By utilizing these enhancements, the chatbot can also generate medical urgency message to alert medical teams connected to the platform. This allows them to respond to emergencies when patients report symptoms that require further care at a hospital. This research has demonstrated that LLMs can be effectively utilized as chatbots in the healthcare field, specifically for monitoring hemodialysis patients."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhin Abdallah Muhammad Sidik
"Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi chatbot telah berkembang secara signifikan, dengan munculnya Large Language Model (LLM) seperti GPT dari OpenAI, Llama dari Meta, dan Gemini dari Google. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan chatbot berbasis LLM dalam dunia medis, khususnya untuk membantu dan memantau pasien hemodialisis. Menggunakan kerangka kerja seperti LangChain untuk melakukan prompt engineering, Retrieval Augmented Generation (RAG) untuk meningkatkan pengetahuan domain, dan Chroma sebagai vector database, platform chatbot berbasis web dikembangkan. Pendekatan ReAct dan chain-of-thought (CoT) diterapkan untuk membuat sistem berbasis agen. Evaluasi kuantitatif dari penelitian ini akan menggunakan ROUGE, BLEU, dan SAS untuk sistem chatbot, dan MAP@3, dan MRR@3 digunakan untuk sistem RAG, bersama dengan penilaian kualitatif oleh ahli di bidang hemodialisis. Secara keseluruhan, evaluasi kualitatif dan kuantitatif untuk setiap sistem menerima umpan balik positif berdasarkan penilaian ahli dan hasil dari setiap metrik, yang menunjukkan bahwa kedua sistem berkinerja baik dalam menghasilkan tanggapan yang selaras dengan tujuan penelitian ini, yaitu memberikan tanggapan yang akurat dan membantu dalam memantau pasien. Dari sisi sistem, kemampuan chatbot dan sistem RAG dalam memahami konteks percakapan dan memberikan tanggapan yang lebih relevan dan informatif, menggunakan pendekatan berbasis agen yang ditingkatkan oleh RAG, memberikan keuntungan yang signifikan. Prompt yang kami gunakan, ReAct dan CoT, memungkinkan agen berbasis LLM untuk berpikir lebih efektif, membuat keputusan yang tepat, dan mensimulasikan proses berpikir yang lebih terstruktur dan logis. Dengan memanfaatkan peningkatan ini, chatbot juga dapat menghasilkan pesan urgensi medis untuk memperingatkan tim medis yang terhubung ke platform. Hal ini memungkinkan mereka untuk merespons keadaan darurat ketika pasien melaporkan gejala yang membutuhkan perawatan lebih lanjut di rumah sakit. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa LLM dapat digunakan secara efektif sebagai chatbot di bidang kesehatan, khususnya untuk memantau pasien hemodialisis.

In recent years, chatbot technology has advanced significantly, with the rise of Large Language Models (LLMs) such as OpenAI’s GPT, Meta’s Llama, and Google’s Gemini. This research explores the application of LLM-based chatbots in healthcare, specifically for assisting and monitoring hemodialysis patients. Using frameworks like LangChain for prompt engineering, Retrieval Augmented Generation (RAG) for enhanced domain knowledge, and Chroma as a vector database, a web-based chatbot platform was developed. The ReAct and chain-of-thought (CoT) approaches were applied to create an agent-based system. The quantitative evaluation of this research will use ROUGE, BLEU, and SAS for the chatbot system, and MAP@3, and MRR@3 were used for the RAG systems, along with qualitative expert assessments. Overall, the qualitative and quantitative evaluations for each system received positive feedback based on expert judgment and the results of each metrics, indicating that both systems performed well in generating responses aligned with the goals of this research, which are to provide accurate responses and assist in monitoring patients. On the system side, the chatbot and RAG system’s ability to understand conversational context and provide more relevant and informative responses, using agent-based approaches enhanced by RAG, offers a clear advantage. The prompts we are using, ReAct and CoT, enable the agent-based LLM to think more effectively, make appropriate decisions, and simulate a more structured and logical thought process. By utilizing these enhancements, the chatbot can also generate medical urgency message to alert medical teams connected to the platform. This allows them to respond to emergencies when patients report symptoms that require further care at a hospital. This research has demonstrated that LLMs can be effectively utilized as chatbots in the healthcare field, specifically for monitoring hemodialysis patients."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tulus Setiawan
"Indonesia merupakan salah satu negara yang sempat terimbas COVID-19. Hal itu berdampak pada sektor pariwisata, khususnya industri perhotelan di Indonesia. Meskipun begitu, sekarang sektor pariwisata di Indonesia mulai pulih kembali, khususnya untuk industri perhotelan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pada tahun 2023, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang bahkan mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2022, kenaikan hotel bintang mencapai 51,12%. Dengan meningkatnya permintaan terhadap tingkat hunian hotel, ulasan yang diberikan oleh pelanggan terhadap hotel menjadi hal yang penting untuk dianalisis. Salah satu jenis analisis yang dapat dilakukan terhadap ulasan-ulasan tersebut adalah analisis sentimen untuk mengklasifikasi sentimen yang terkandung dalam ulasan ke dalam kelompok-kelompok sentimen tertentu. Walaupun model-model deep learning seperti Convolutional Neural Network (CNN), Long Short-Term Memory (LSTM), dan Gated Recurrent Unit (GRU) atau bahkan model hybrid dan fully-connected layer neural network dengan representasi Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT) terbukti menghasilkan kinerja yang baik dalam melakukan analisis sentimen, tetapi beberapa masalah yang umumnya dihadapi adalah fleksibilitas, efisiensi waktu, dan sumber daya yang dibutuhkan dalam penggunaannya. Oleh sebab itu, metode GPT berbasis prompt dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Dengan menggunakan GPT berbasis prompt, pengguna dapat langsung memanfaatkan pengetahuan dan pemahaman bahasa yang telah diperoleh model GPT selama proses pelatihan pada korpus teks yang sangat besar. Hal ini memungkinkan model untuk menghasilkan prediksi sentimen yang akurat tanpa perlu melalui proses pelatihan yang panjang dan kompleks. Penelitian ini menganalisis dan membandingkan kinerja Large Language Model BERT dan GPT sebagai metode untuk analisis sentimen berbahasa Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kinerja model GPT secara keseluruhan lebih unggul dibandingkan model BERT dengan fully-connected layer neural network (BERT-NN) untuk dataset tiket.com, PegiPegi, dan Traveloka. Secara spesifik, model GPT dengan pendekatan zero-shot memiliki rata-rata kinerja yang paling unggul dibandingkan dengan pendekatan one-shot dan few-shot. Untuk rata-rata kinerja terhadap ketiga dataset tersebut, GPT dengan pendekatan zero-shot memberikan peningkatan sebesar 1,28%, 1,45%, dan 6,2% untuk metrik akurasi, F1-score, dan sensitivity secara berurutan terhadap kinerja BERT-NN. Hasil ini menunjukkan potensi metode GPT berbasis prompt sebagai alternatif yang efisien dan fleksibel secara penggunaan untuk analisis sentimen pada ulasan hotel berbahasa Indonesia.

Indonesia was one of the countries affected by COVID-19. This impacted the tourism sector, particularly the hotel industry in Indonesia. However, the tourism sector in Indonesia is now beginning to recover, especially for the hotel industry. The Central Statistics Agency (BPS) recorded that in 2023, the occupancy rate of star-rated hotels even increased compared to 2022, with the increase reaching 51.12%. With the rising demand for hotel occupancy rates, customer reviews of hotels have become important to analyze. One type of analysis that can be performed on these reviews is sentiment analysis to classify the sentiments contained in the reviews into specific sentiment groups. Although deep learning models such as Convolutional Neural Network (CNN), Long Short-Term Memory (LSTM), and Gated Recurrent Unit (GRU), or even hybrid models and fully-connected layer neural networks with Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT) representation have been proven to produce good performance in sentiment analysis, some common problems faced are flexibility, time efficiency, and resources required for their use. Therefore, prompt-based GPT methods can be a solution to these problems. By using prompt-based GPT, users can directly leverage the knowledge and language understanding that the GPT model has acquired during training on a vast text corpus. This allows the model to generate accurate sentiment predictions without going through a long and complex training process. This study analyzes and compares the performance of BERT and GPT Large Language Models as methods for Indonesian language sentiment analysis. The results show that the average overall performance of the GPT model is superior to the BERTmodel with a fully-connected layer neural network (BERT-NN) for datasets from tiket.com, PegiPegi, and Traveloka. Specifically, the GPT model with a zero-shot approach has the most superior average performance compared to the one-shot and few-shot approaches. For the average performance across these three datasets, GPT with a zero-shot approach provides improvements of 1.28%, 1.45%, and 6.2% for accuracy, F1-score, and sensitivity metrics, respectively, compared to BERT-NN performance. These results demonstrate the potential of prompt-based GPT methods as an efficient and flexible alternative for sentiment analysis on Indonesian language hotel reviews."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hanif Pramudya Zamzami
"Penalaran deduktif adalah suatu metode berpikir logis di mana seseorang menarik kesimpulan spesifik (hipotesis) berdasarkan premis atau pernyataan umum yang dianggap benar dengan menerapkan aturan inferensi logika. Aturan inferensi logika adalah prinsip-prinsip logika yang memungkinkan seseorang untuk mengambil hipotesis yang absah dari premis yang diberikan. Meskipun penalaran deduktif memiliki keunggulan pada penalaran yang absah, manusia cenderung membuat kesalahan dalam bernalar deduktif. Salah satu model bahasa untuk penalaran deduktif adalah Natural Logic (NatLog), yaitu model berbasis machine learning yang dilatih untuk melakukan klasifikasi kelas dari hubungan persyaratan antar kalimat. Namun, model memiliki keterbatasan pada rentang kalimat yang panjang. Di sisi lain, Large Language Model (LLM) seperti Generative Pre-trained Transformer (GPT) telah menunjukkan performa yang baik dalam tugas penalaran deduktif, terutama dengan menggunakan metode Chain of Thought (CoT). Namun, metode CoT masih menimbulkan masalah halusinasi dan inkonsistensi dari langkah perantaranya, yang berujung pada konklusi akhir yang tidak absah. Metode Chain of Thought - Self-Consistency (CoT-SC) merupakan pengembangan dari metode CoT yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran pada LLM. Dalam metode CoT-SC, CoT dijalankan beberapa kali untuk menghasilkan beberapa sampel jawaban. Setelah itu, dilakukan operasi modus, yaitu pemilihan jawaban yang paling sering muncul di antara sampel-sampel yang dihasilkan, untuk menentukan jawaban akhir. Jawaban dengan frekuensi kemunculan terbanyak dianggap sebagai jawaban yang paling konsisten dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan dan menganalisis kemampuan metode CoT-SC pada model GPT dalam menyelesaikan tugas penalaran deduktif. Penelitian ini akan mengevaluasi kemampuan penalaran deduktif pada model GPT menggunakan tiga sumber data yang merepresentasikan tiga domain tugas penalaran deduktif yang berbeda, yaitu ProntoQA, ProofWriter, dan FOLIO. Setelah itu, akan dilakukan analisis perbandingan performa LLM berbasis metode CoT-SC dengan manusia dalam menyelesaikan tugas penalaran deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CoT-SC menunjukkan performa akurasi yang baik dalam mayoritas tugas penalaran deduktif serta LLM GPT dengan metode CoT-SC mengungguli 1 dari 3 domain tugas penalaran deduktif. Hasil ini menunjukkan model GPT berbasis metode CoT-SC memiliki potensi dalam tugas penalaran deduktif.

Deductive reasoning is a method of logical thinking in which one draws specific conclusions (hypotheses) based on general premises or statements that are considered true by applying the rules of logical inference. Rules of logical inference are principles of logic that allow one to derive valid hypotheses from given premises. Although deductive reasoning has the advantage of valid reasoning, humans tend to make mistakes in deductive reasoning. One of the language models for deductive reasoning is Natural Logic (NatLog), which is a machine learning-based model trained to perform class classification of conditional relations between sentences. However, the model has limitations on long sentence ranges. On the other hand, Large Language Models (LLMs) such as Generative Pre-trained Transformer (GPT) have shown good performance in deductive reasoning tasks, especially by using the Chain of Thought (CoT) method. However, the CoT method still raises the problem of hallucinations and inconsistencies of the intermediate steps, leading to invalid final conclusions. The Chain of Thought - Self-Consistency (CoT-SC) method is a development of the CoT method that aims to improve reasoning ability in LLM. In the CoT-SC method, CoT is run several times to produce several sample answers. After that, a mode operation is performed, which is the selection of the most frequently occurring answer among the generated samples, to determine the final answer. The answer with the highest frequency of occurrence is considered the most consistent and accurate answer. The purpose of this study is to implement and analyze the ability of the CoT-SC method on the GPT model in solving deductive reasoning tasks. This study will evaluate the deductive reasoning ability of the GPT model using three data sources representing three different deductive reasoning task domains, namely ProntoQA, ProofWriter, and FOLIO. After that, a comparative analysis of the performance of LLM based on the CoT-SC method with humans in solving deductive reasoning tasks. These results indicate the GPT model based on the CoT-SC method has a potential in deductive reasoning tasks."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afif Abdurrahman
"Virtual Reality (VR) merupakan jenis teknologi yang dapat memberikan visual lingkungan digital terhadap penggunanya. Berbeda dengan VR, Mixed Reality (MR) merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia digital dalam satu visual maupun auditori. VR dan MR merupakan sebuah teknologi revolusioner dalam interaksi manusia dengan komputer. VR dan MR juga merupakan media ekspresi baru yang kuat, yang masih berkembang secara fisik maupun nonfisik. Penggunaan VR dan MR pada arsitektur adalah berupa visual rancangan bangunan yang ditampilkan melalui perangkat, sehingga pengguna dapat merasakan atau melihat rancangan bangunan tersebut secara nyata, tidak sekedar melalui gambar atau desain 3D pada komputer.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu jenis teknologi manakah yang lebih baik digunakan dalam simulasi perancangan arsitektur, dan bagaimana segmentasi penggunaan kedua jenis teknologi tersebut. Tipe simulasi penelitian arsitektur yang digunakan adalah tipe penelitian operasional, beserta strategi simulasi dengan model dan fotografi. Berdasarkan tipe dan strategi simulasi arsitektur tersebut, parameter yang ditentukan adalah Visual, Interaksi, Kenyamanan Pengguna, dan Aplikatif.
Pada penelitian ini dibuat aplikasi untuk VR dengan nama VR-Architecture dan MR dengan nama MR-Architecture. Aplikasi tersebut disimulasikan terhadap beberapa responden untuk mengetahui jenis teknologi manakah yang lebih baik untuk digunakan terhadap simulasi rancangan arsitektur.
Hasil dari penelitian ini adalah, untuk parameter Visual, Aplikasi VR-Architecture lebih baik dibandingkan MR-Architecture dengan selisih nilai 117,5. Untuk parameter Interaksi, Aplikasi VR-Architecture lebih baik dibandingkan MR-Architecture dengan selisih nilai 57. Untuk parameter Kenyamanan Pengguna, Aplikasi VR-Architecture lebih baik dibandingkan MR-Architecture dengan selisih nilai 50. Untuk Aplikatif, kedua aplikasi dapat dianggap aplikatif dengan nilai yang melebihi 300, akan tetapi aplikasi VR-Architecture lebih baik dibandingkan MR-Architecture dengan selisih nilai 80.

Virtual Reality (VR) is a type of technology that can provide a visual digital environment for its users. Unlike VR, Mixed Reality (MR) is a technology that combines the real world with the digital world in one visual. VR and MR are a revolutionary technology in human-computer interaction. VR and MR are also powerful to new media of expression, which are still developing physically and non-physically. The use of VR and MR in architectural design is expected to be in the form of a visual building design that is displayed through virtual device, so that users can feel or see the building design in real terms, not just through images or 3D designs on a computer
The purpose of this study is to find out which type of technology is better used in architectural design simulations, and how to segment the use of the two types of technology. The type of architectural research simulation used is an operational research type, along with a simulation strategy with models and photography. Based on the type and strategy of the architectural simulation, the parameters determined are Visual, Interaction, User Convenience, and Applicative.
In this research, an application for VR is made under the name VR-Architecture and MR with the name MR-Architecture. The application was simulated on several respondents to find out which type of technology is better to use for architectural design simulations.
The results of this study are, for Visual parameter, the VR-Architecture application is better than MR-Architecture with a difference of 117.5 values. For the Interaction parameter, VR-Architecture Application is better than MR-Architecture with a difference of 57 values. For the User Convenience parameter, VR-Architecture Application is better than MR-Architecture with a difference of 50. For Applicative, both applications can be considered as applicable with the same value exceeds 300, but the VR-Architecture application is better than MR-Architecture with a difference of 80.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisco William Sudianto
"Perkembangan Large Language Model (LLM) terjadi secara cepat dan mengalami kemajuan yang signifikan.Hal ini mendorong penggunaandanpemanfaatan LLM pada berbagai bidang. Disisilain, Knowledge Graph (KG) menyediakan cara yang terstruktur dan bermakna untuk menyimpan informasi. KG sudah banyak digunakan secara luas di berbagai aplikasi, seperti mesin pencari,system rekomendasi, dan sistem penjawab pertanyaan. Salah satu pemanfaatan LLM dan KG yang masih jarang adalah pada bidang jurnalistik, khususnya untuk menganalisis dan memvisualisasikan berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ekstraksi informasi yang efisien, akurat, dan interaktif untuk menganalisis teks berita menggunakan pendekatan gabungan antara LLM dan KG. Metode ini menggabungkan keunggulan kedua teknik tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan ekstraksi informasi dari teks berita yang kompleks. Tujuannya adalah agar pembaca dapat memahami informasi yang terdapat pada teks berita dengan lebih interaktif. Penulis memanfaatkan LLM yang telah terlatih secara luas dalam memahami dan menghasilkan teks untuk mengidentifikasi informasi penting dalam teks berita, seperti entitas, sentimen, kutipan, relasi antar entitas, dan unsur 5W1H (Who, What, Where, When, Why, How), urutan kronologis kejadian, dan hubungan bagian-keseluruhan (mereology) dalam teks berita. Untuk mengekstraksi informasiterse- but, prompt dimodifikasi dengan menggunakan pendekatan one-shot-prompting untuk memberikan konteks dan contoh kepada LLM dalam memahami teks berita. Kemudian, informasi yang diekstraksi di visualisasikan dalam bentuk KG yang merepresentasikan pengetahuan terstruktur tentang entitas dan hubungannya didalam teks. Selainitu, penelitian melibatkan pembuatan sebuah website yang akan menyediakan antarmuka untuk system agar pengguna dapat melakukan analisis teks berita secara langsung dan interaktif. Evaluasi utama yang dilakukan pada penelitian ini adalah mengukur akurasi jawaban yang dihasilkan oleh LLM pada setiap bagian informasi yang diekstraksi dan bagaimana visualisasi KG yang baik untuk informasi yang didapat. Penelitian ini menunjukkan bahwa LLM mampu mengekstraksi informasi yang diinginkan dengan cukup akurat dan visualisasi KG dapat menyajikan informasi dengan lebih interaktif dan mudah dimengerti. Penelitian initelah menunjukkan bahwa LLM dan KG dapat dimanfaatkan sebagai alat ekstraksi dan visualisasi informasi yang ada pada teks berita.

The development of Large Language Model (LLM) is happening rapidly and has made significant progress. This encourages the use and utilization of LLM in various fields. On the other hand, Knowledge Graph (KG) provides a structured and meaningful way to store information. KG has been widely used in various applications, such as search engines, recommendation systems, and question answering systems. One of the uses of LLM and KG that is still rare is in the field of journalism, especially for analyzing and visualizing news. This study aims to develop an efficient, accurate, and interactive information extraction tool for analyzing news texts using a combined approach between LLM and KG. This method combines the advantages of both techniques to improve understanding and information extraction from complex news texts. The goal is for readers to understand the information contained in the news text more interactively. The author uses LLM which has been widely trained in understanding and producing text to identify important information in news texts, such as entities, sentiments, quotes, relationships between entities, and 5W1H elements (Who, What, Where, When, Why, How), chronological sequence of events, and part-whole relationships (mereology) in news texts. To extract the information, the prompt is modified using a one-shot-prompting approach to provide context and examples to LLM in understanding the news text. Then, the extracted information is visualized in the form of KG which represents structured knowledge about entities and their relationships in the text. In addition, the study involves the creation of a website that will provide an interface for the system so that users can analyze news texts directly and interactively. The main evaluation carried out in this study is to measure the accuracy of the answers generated by LLM on each part of the extracted information and how good KG visualization is for the information obtained. This study shows that LLM is able to extract the desired information quite accurately and KG visualization can present information more interactively and easily understood. This study has shown that LLM and KG can be used as tools for extracting and visualizing information in news texts."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>