Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 215865 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Zakky
"Pertumbuhan industri kendaraan listrik (EV) mendorong kebutuhan akan material katoda baterai yang lebih aman, stabil, dan berkelanjutan. Lithium ferro phosphate (LFP) menjadi salah satu kandidat utama karena stabilitas termal dan umur pakainya yang tinggi. Kondisi saat ini menunjukkan lebih dari 90% produksi dan pasar global LFP dikendalikan oleh China, menciptakan ketergantungan terhadap satu negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan investasi pembangunan pabrik LFP di Indonesia dengan kapasitas 60.000 ton per tahun. Analisis dilakukan secara teknis dan finansial, mencakup pemilihan teknologi produksi, kebutuhan alat dan bahan baku, serta perhitungan biaya investasi (CAPEX) dan operasional (OPEX). Selanjutnya, dilakukan simulasi Monte Carlo untuk menilai sensitivitas terhadap fluktuasi komponen-komponen yang mempengaruhi nilai keekonomiannya. Tinjauan teknologi menunjukan metode solid-state lebih ideal untuk produksi skala besar karena prosesnya yang sederhana dan telah terbukti aplikasinya di industri. Dengan estimasi total investasi awal sebesar USD 381,04 juta menghasilkan perhitungan keekonomian yaitu Net Present Value (NPV) sebesar USD 77,19 juta, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 13,21%, Payback Period selama 8,56 tahun, dan Profitability Index (PI) sebesar 1,20. Analisis risiko menggunakan simulasi Monte Carlo menunjukkan potensi keuntungan yang tinggi dengan nilai keyakinan diatas 61% bahwa proyek ini menguntungkan dengan aspek harga jual yang paling mempengaruhi nilai tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peluang strategis untuk mengembangkan industri LFP.

The rapid growth of the electric vehicle (EV) industry has driven the demand for safer, more stable, and sustainable battery cathode materials. Lithium ferro phosphate (LFP) has emerged as a leading candidate due to its high thermal stability and long cycle life. Currently, over 90% of global LFP production and market share is dominated by China, creating a dependency on a single country. This study aims to assess the investment feasibility of establishing an LFP production plant in Indonesia with an annual capacity of 60,000 tons. The analysis is conducted both technically and financially, covering the selection of production technology, equipment and raw material requirements, as well as capital expenditure (CAPEX) and operational expenditure (OPEX) estimations. Furthermore, a Monte Carlo simulation is performed to evaluate the sensitivity of key economic indicators to fluctuations in influencing factors. The technology review indicates that the solid-state method is more suitable for large-scale production due to its simplicity and proven industrial applicability. With an estimated total initial investment of USD 381.04 million, the economic indicators yield a Net Present Value (NPV) of USD 77.19 million, an Internal Rate of Return (IRR) of 13.21%, a Payback Period of 8.56 years, and a Profitability Index (PI) of 1.20. Risk analysis using Monte Carlo simulation reveals a high profit potential, with over 61% confidence that the project is financially viable, with the selling price being the most influential factor. This study highlights Indonesia's strategic opportunity to develop a domestic LFP industry."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wibowo Chandra Pawito
"Telah dilakukan proses sintesis metode hidrotermal untuk membuat katoda LiFePO4 dengan variasi penambahan unsur vanadium dan pelapisan dengan dua jenis sumber karbon. Pada penelitian ini, pembuatan material aktif LiFePO4 diawali dengan pencampuran bahan-bahan dasar LiOH, NH4H2PO4, dan FeSO4.7H2O sesuai stoikiometri. Setelah proses sintesis, dilakukan penambahan unsur vanadium yang berasal dari bubuk H4NO3V sebagai variasi dari material aktif katoda dan dua jenis sumber karbon, yaitu karbon aktif dari bambu dan karbon hitam masing-masing sebanyak 2 wt. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan menggunakan ball-mill dan selanjutnya dilakukan karakterisasi analisis termal dengan STA untuk menentukan temperatur sintering. Hasilnya memperlihatkan bahwa temperatur pembentukan LiFePO4 adalah sekitar 639°C. Kemudian dilakukan proses sintering selama 4 jam dan setelahnya dilakukan karakterisasi dengan menggunakan difraksi sinar-X XRD dan mikroskop elektron SEM.
Hasil karakterisasi dengan XRD menunjukkan bahwa fasa LiFePO4/V/C terbentuk struktur olivin, sementara hasil SEM LiFePO4/V/C menunjukkan persebaran yang cukup merata serta ukuran partikel yang lebih kecil dan beberapa teraglomerat. Dilanjutkan dengan proses pembuatan baterai dari bahan sintesis dan diuji melalui spektroskopi impedansi EIS untuk menunjukkan konduktivitas. Hasilnya menunjukkan bahwa pelapisan karbon pada material aktif meningkatkan konduktivitas yang cukup tinggi, namun saat penambahan vanadium konduktivitas menurun drastis.

Synthesis of hydrothermal methods has been made to prepare LiFePO4 cathodes with variations in the addition of vanadium elements and coatings with two types of carbon sources. In this study, the preparation of LiFePO4 beguns with the precursor of LiOH, NH4H2PO4, and FeSO4.7H2O according to stoichiometry. After the synthesized, the addition of vanadium elements from H4NO3V powder as a variation of the cathode active material and two types of carbon sources, the activated carbon from bamboo and carbon black respectively 2 wt. The materials were mixed using a ball mill and subsequently characterized the thermal analysis with STA to determine the sintering temperature. The result shows that LiFePO4 formation temperature is at 639°C. Then sintering process is done for 4 hours and afterwards characterization is done by using X ray diffraction XRD and electron microscope SEM.
The result of characterization with XRD shows that LiFePO4 V C phase formed olivine structure, while the SEM result of LiFePO4 V C shows fairly even distribution and smaller particle size and some agglomerated microstructure. The batteries were prepared from the as synthesized materials and was tested using electrochemical impedance spectroscopy EIS to show the conductivity. The results show that carbon coating on the active material increases the high conductivity, while the addition of vanadium conductivity decreases dramatically.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2017
S68289
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Russell Rene
"Transportasi memainkan peran vital dalam memfasilitasi perpindahan barang dan manusia di seluruh dunia, yang hingga kini sangat bergantung pada bahan bakar fosil. Penggunaan energi fosil yang terus meningkat telah mengakibatkan lonjakan emisi gas rumah kaca, yang memberikan dampak negatif pada iklim global. Untuk mengatasi masalah lingkungan ini, sejumlah negara mulai beralih ke penggunaan kendaraan listrik yang mengandalkan baterai lithium-ion dan lithium-polimer sebagai sumber energinya. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi State of Charge (SoC) pada baterai lithium-ion dan lithium-polimer menggunakan model machine learning Long Short-Term Memory (LSTM) yang dioptimalkan parameter pada LSTM dengan metode Grid-Search. Dalam penelitian ini, data SoC dari baterai lithium-ion dan lithium-polimer dianalisis menggunakan model LSTM, serta LSTM yang telah dioptimalkan dengan Grid Search. Proses evaluasi dilakukan untuk membandingkan tingkat akurasi prediksi SoC antara kedua jenis baterai pada kondisi suhu operasional. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa algoritma LSTM-Grid Search mampu memberikan akurasi prediksi SoC yang lebih tinggi dibandingkan dengan model LSTM standar. Secara khusus, model LSTM-Grid Search menunjukkan performa yang signifikan pada baterai lithium-ion dan lithium-polimer, dengan nilai R² mencapai 99.6% untuk baterai lithium-polimer pada suhu 25°C dan 95.8% untuk baterai lithium-ion pada suhu 0°C.

Transportaion plays a vital role in facilitating the movement of goods and people worldwide, which, until now, has heavily relied on fossil fuels. The increasing use of fossil energy has resulted in a surge in greenhouse gas emissions, negatively impacting the global climate. To address this environmental issue, several countries have begun transitioning to electric vehicles that rely on lithium-ion and lithium-polymer batteries as their energy source. This research aims to predict the State of Charge (SoC) of lithium-ion and lithium-polymer batteries using a Long Short-Term Memory (LSTM) machine learning model, with the LSTM parameters optimized using the Grid-Search method. In this study, SoC data from lithium-ion and lithium-polymer batteries were analyzed using both the standard LSTM model and the LSTM model optimized with Grid Search. The evaluation process was conducted to compare the accuracy of SoC predictions between the two types of batteries under operational temperature conditions. The research findings revealed that the LSTM-Grid Search algorithm provided higher SoC prediction accuracy compared to the standard LSTM model. Specifically, the LSTM-Grid Search model demonstrated significant performance on lithium-ion and lithium-polymer batteries, with R² values reaching 99.6% for lithium-polymer batteries at 25°C and 95.8% for lithium-ion batteries at 0°C."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ma`Arif Hasan
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Hybrid Energy Storage System (HESS) yang merupakan kombinasi hibridisasi antara baterai jenis Lithium-Ion dan super kapasitor dalam aplikasi kendaraan listrik. Penelitian ini menggunakan tiga varian baterai dan tiga varian superkapasitor sesuai dengan spesifikasi yang telah ada di pasaran. Adapun kriteria yang digunakan untuk menentukan kinerja HESS adalah pengujian kombinasi baterai dan superkapasitor terhadap 3 (tiga) kondisi mobilitas kendaraan listrik yang sangat bergantung pada kondisi riil dijalan dan behavior pengemudi. Tiga kondisi mobilitas itu adalah mode akselerasi yaitu saat kendaraan listrik sedang membutuhkan daya puncak, mode stabil dan deselerasi atau pengereman mendadak. Selain kinerja HESS, penelitian ini juga menganalisis pengaruh pemasangan superkapasitor terhadap kriteria yang digunakan serta memberikan rekomendasi kombinasi terbaik dari varian baterai dan superkapasitor yang diuji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis simulasi parameter berdasarkan pembebanan riil di jalan dengan menggunakan Simulink Matlab R2022a dengan menghitung daya referensi kendaraan listrik berdasarkan kecepatan dalam Km/Jam, Torsi dan diameter roda merujuk pada spesifikasi manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 9 (Sembilan) kombinasi HESS yang diujikan, seluruhnya telah mampu memenuhi tiga kondisi mobilitas kendaraan listrik berdasarkan kondisi riil dijalan. Namun, dari 9 kombinasi HESS yang diujikan, rangkaian terbaik yang menjadi rekomendasi adalah rangkaian baterai dengan kapasitas 2.700 Wh dan superkapasitor dengan kapasitas 500 F.

This study aims to analyze the performance of the Hybrid Energy Storage System (HESS), which is a combination of hybridization between Lithium-Ion batteries and supercapacitors in electric vehicle applications. This study uses three battery variants and three supercapacitor variants according to the specifications that are already on the market. The criteria used to determine HESS performance are testing a combination of batteries and supercapacitors against 3 (three) conditions for electric vehicle mobility which are very dependent on real conditions on the road and driver behavior. The three mobility conditions are acceleration mode, which is when an electric vehicle is in need of peak power, stable mode and deceleration or sudden braking. In addition to HESS performance, this study also analyzes the effect of supercapacitor installation on the criteria used and provides recommendations for the best combination of battery and supercapacitor variants tested. The method used in this research is parameter simulation analysis based on real conditions on the road using Simulink Matlab R2022a by calculating the reference power of electric vehicles based on speed in km/hour, torque and wheel diameter referring to manufacturer specifications. The results of the study show that the 9 (nine) HESS combinations that have been tested, all of them have been able to fulfill the three conditions of electric vehicle mobility based on real conditions on the road. However, based on the 9 HESS combinations tested, there is one best combination circuit that is recommended, namely a battery with a capacity of 2.700 Wh and a supercapacitor with a capacity of 500 F."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Subkhan Alfaruq
"Telah dilakukan sintesis LiFePO4 melalui metode hidrotermal dengan penambahan variasi vanadium dan pelapisan karbon aktif dari bambu untuk katoda baterai litium ion. Pada sintesis LiFePO4, bahan dasar yang digunakan adalah serbuk LiOH, NH4H2PO4 dan FeSO4.7H2O yang diukur sesuai stokiometri dengan perbandingan molar 2:1:1. Setelah proses sintesis, dilakukan penambahan variasi vanadium yang berbahan dasar H4NO3V dan pelapisan karbon aktif yang berasal dari bambu sebanyak 4 wt. Pencampuran dilakukan menggunakan ball-mill lalu dikarakterisasi menggunakan analisis termal STA untuk menentukan temperatur sintering. Hasil STA menunjukkan bahwa transisi fasa mulai terjadi pada temperatur 639°C yang kemudian menjadi acuan untuk menentukan proses sintering. Hasil sintering selanjutnya dikarakterisasi menggunakan difraksi sinar-X XRD, mikroskop elektron SEM, dan spektroskopi impedansi EIS.
Hasil karakterisasi dengan XRD menunjukkan bahwa fasa LiFePO4 yang terbentuk memiliki struktur berbasis olivin dengan grup ruang ortorombik serta terjadi pergeseran puncak akibat penambahan vanadium. Hasil SEM menunjukan morfologi LiFePO4 yang teraglomerasi, meskipun berkurang seiring meningkatnya kadar vanadium. Hasil uji EIS menunjukan bahwa terjadi peningkatan konduktivitas dari 2.02x10-5 S/cm pada 0 menjadi 4.37x10-5 S/cm pada 5 vanadium. Hal yang sama juga terjadi dengan adanya karbon sintesis dari gula namun pelapisan karbon aktif dari bambu menghasilkan konduktivitas yang lebih baik.

LiFePO4 synthesis process has been carried out by hydrothermal method followed by vanadium doping and bamboo activated carbon coating for lithium ion battery cathode. In the LiFePO4 synthesis process, precursor of LiOH, NH4H2PO4 and FeSO4.7H2O was measured according to stoichiometry with 2 1 1 molar ratio. The synthesis process is produced powder LiFePO4 pure light gray.The as synthesized LiFePO4 was then mixed with H4NO3V powder and activated carbon from bamboo as much as 4 wt. Then characterized by thermal analysis STA to determine sintering temperature. The STA results show that the transition temperature starts to occur at 639°C which is then used as sintering process. The sintering results were further characterized using X ray diffraction XRD , electron microscopy SEM , and impedance spectroscopy EIS.
The results of characterization by XRD show that the LiFePO4 phase formed has an olivine based structure with orthorhombic groups and a peak shift due to the addition of vanadium. The SEM results show the agglomerated lithium morphology of LiFePO4, although it decreases with increasing levels of vanadium. The result of EIS test showed that there was an increase of conductivity from 2.02x10 5 S cm at 0 to 4.37x10 5 S cm in 5 vanadium. The same is true of the carbon synthesis of sugars but the activated carbon from bamboo as a coating produces better conductivity.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68946
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michael
"ABSTRAK
Baterai adalah komponen listrik yang digunakan untuk menyimpan listrik. Saat ini, baterai yang paling banyak digunakan adalah baterai Lithium Ion. Baterai lithium memiliki kepadatan energi yang relatif tinggi dibandingkan pendahulunya, tetapi sangat beracun dan berbahaya bagi organisme hidup dan memerlukan penanganan yang hati-hati dalam operasinya, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem manajemen baterai. Dalam tesis ini, dirancang perlindungan overcharging dan sistem manajemen baterai balancing pasif untuk baterai Lithium seri terhubung. Pengujian prototipe dilakukan dengan menguji kemampuan perlindungan pengisian berlebih dengan memantau setiap tegangan sel dan nilai saat ini saat diisi. Pengujian kemampuan balancing pasif dilakukan dengan mengukur setiap tegangan sel saat diisi. Berdasarkan dari data pengujian prototipe sirkuit balancing overcharging dan pasif, disimpulkan bahwa prototipe mampu memberikan perlindungan pengisian daya yang berlebihan dan mampu menyeimbangkan secara pasif setiap seri sel baterai terhubung pada 3,75 Volt menggunakan 0,2 Ampere arus pengisian.

ABSTRACT
atteries are electrical components that are used to store electricity. Currently, the most widely used battery is a Lithium Ion battery. Lithium batteries have a relatively high energy density compared to their predecessors, but are highly toxic and dangerous to living organisms and require careful handling in their operations, one of which is to use a battery management system. In this thesis, designed overcharging protection and passive battery balancing management system for connected series Lithium batteries. Prototype testing is done by testing the overcharging protection capability by monitoring each cell voltage and current value when charged. Passive balancing capability testing is done by measuring every cell voltage when filled. Based on the prototype overcharging and passive balancing circuit testing data, it was concluded that the prototype is able to provide excessive charging protection and is able to passively balance each series of battery cells connected at 3.75 Volts using 0.2 Amperes of charging current."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Priyono
"Sintesis serbuk Li4Ti5O12 yang didoping atom Al dan Na untuk material anoda pada baterai ion lithium telah berhasil dilakukan dengan metode reaksi padat. Doping Al pada Li4Ti5O12 bertujuan untuk menaikkan konduktifitas ionik dan memperkuat struktur sedangkan doping Na bertujuan untuk menurunkan tegangan operasi. Pendopingan dilakukan dengan mengikuti persamaan Li(4-(x/3+y))AlxNayTi(5-2x/3)O12 (x=0; 0,025; 0,05; 0.075 dan y= 0;1) dimana atom Al mensubtitusi Ti dan Li sedangkan atom Na mensubtitusi Li. Sintesis dilakukan melalui metoda metalurgi serbuk dengan menggunakan Li2CO3, TiO2-anatase, Al2O3 and Na2CO3 sebagai bahan baku. Pada penelitian ini, pengaruh subtitusi Na dan Al dalam Li4Ti5O12 terhadap struktur, morphologi, ukuran partikel, surface area dan performa elektrokimia diteliti secara detil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa doping ion Al pada Li4Ti5O12 tidak merubah struktur kristal Li4Ti5O12. Hasil FTIR menkonfirmasi tidak adanya perubahan struktur spinel pada gugus khas ketika didoping Al, dengan meningkatnya doping Al membuat tekstur butir menjadi berpori, ukuran partikel menurun dengan ukuran terkecil 20,32 μm, surface area meningkat dengan nilai tertinggi 8,25 m2/gr, konduktifitas ionik meningkat dengan konduktifitas terbaik adalah 8,5 x 10-5 S/cm, tegangan kerja sekitar 1,55 V dan kestabilan siklus terbaik diperoleh pada doping Al 0,025 dengan kapasitas maksimum 70 mAh/g. Sedangkan doping Na dalam Li4Ti5O12 menyebabkan perubahan struktur dengan terbentuk 3 phasa baru yaitu NaLiTi3O7, Li4Ti5O12, dan Li2TiO3.
Perubahan struktur juga dikonfirmasi dengan perubahan gugus khas hasil analysis FTIR. Sedangkan kenaikan doping Al menyebabkan phasa NaLiTi3O7 semakin dominan, tekstur butiran menjadi halus, ukuran partikel menurun dengan ukuran terkecil 30,89 μm, surface area menurun, konduktifitas ionic stabil pada 2,5 x 10-5 S/cm, potensial kerja di 1,3 V dan 1,55V, kestabilan struktur didapat pada doping Al 0,05 dengan kapasitas 90 mAh/g. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa penambahan doping Al mampu meningkatkan konduktifitas ionik dan kestabilan siklus dan doping Na menurunkan tegangan kerja.

Synthesis of Li4Ti5O12 powder doped by Al and Na atoms for lithium ion battery anodes had been carried out using solid state reaction. Al doped on Li4Ti5O12 aim is to increase the ionic conductivity and strengthen the structure of Li4Ti5O12 while Na doped aimed is to decrease the operating voltage. Al and Na doped on Li4Ti5O12 had been carried out by following equation Li(4 - (x / 3 + y))AlxNayTi(5-2x/3)O12 (x = 0; 0,025; 0.05, 0.075 and y = 0, 1) where the Al atoms substitute Ti and Li while Na substituting Li atoms. Synthesis is conducted through a solid state reaction by using Li2CO3, TiO2-anatase, Al2O3 and Na2CO3 as raw materials. In this study, the effects of substitution of Na and Al in Li4Ti5O12 on the structure, morphology, particle size, surface area, and electrochemical performance were deep studied.
The results showed that the Al doped on the Li4Ti5O12 was not change crystal structure of Li4Ti5O12. FTIR results confirmed that the absence of changes spinel structure in fingerprint region when doped Al, with increasing Al doped make textures porous grains, particle size decreases to 20.32 μm, surface area increases with highest value of 8.25 m2/gr, conductivity is increased with the best conductivity 8.5 x 10-5 S/cm, , the working voltage of about 1.55 V and the best cycle stability was obtained on doping Al 0.05 and the maximum capacity is 70 mAh/g. While doping Na in Li4Ti5O12 caused structural changes to the three phases formed NaLiTi3O7, Li4Ti5O12, and Li2TiO3.
Tranformation on the structure is also confirmed by the changes in the fingerprint region with FTIR analysis. While the increase in Al doping causes NaLiTi3O7 phase become dominant, texture of granular becomes bigger and smoother, the particle size decreases to 30.89 μm, surface area decreases, the ionic conductivity was stable at 2.5 x 10-5 S/cm, The working potential in 1, 3 V and 1.55 V, the stability of the structure obtained on doping Al 0.05 and the maximum capacity of 90 mAh/g. Overall showed that the addition of Al doped can improve the ionic conductivity while stability of the cycle and the Na doped decrease the working voltage.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42630
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benediktus Ma’dika
"Baterai litium-ion merupakan teknologi yang menjanjikan untuk mendukung transisi energi berbasis fosil ke energi baru terbarukan pada kendaraan listrik yang ramah lingkungan karena kinerja penyimpanan energinya yang unggul. Penelitian material energi untuk baterai litium-ion terus dilakukan secara intensif hingga saat ini. Untuk mendukung hal tersebut, penelitian ini mensintesis Lithium Lanthanum Titanate ( LLTO, dengan formula kimia Li0,5La0,5TiO3) dari kombinasi lantanum oksalat lokal (95,296 % atomik lanthanum), litium karbonat komersial dan titanium oksida komersial melalui solid-state reaction yang sederhana dan berbiaya rendah. Dalam metode ini, digunakan kalsinasi dua tahap di mana tahap pertama dilakukan pada temperatur 800 °C selama 8 jam di bawah kondisi atmosfer biasa sedangkan tahap kedua dilakukan pada tiga variasi temperatur yakni 1.050 °C, 1.150 °C dan 1.250 °C selama 12 jam di bawah kondisi atmosfer biasa yang masing-masing menghasilkan 97,98, 98,141 dan 92,328 % berat Li0,5La0,5TiO3. LLTO yang disintesis pada temperatur kalsinasi kedua 1.150 °C menunjukkan luas permukaan dan volume pori yang paling besar, butir-butir tersusun secara acak dan memiliki sifat pseudokapasitansi sehingga memberikan kapasitas spesifik yang tinggi sebesar 17.120 mAh g-1 (pada C-rate 0,5 dan potensial yang mendekati nol) dan konduktivitas yang tinggi sekitar 2,45 × 10 -2 S/cm. LLTO ini menjanjikan untuk digunakan sebagai anoda potensial rendah dalam baterai litium-ion.

Lithium-ion battery is one of the promising technologies to support the transition of fossil-based energy to renewable energy in eco-friendly electric vehicles due to its superior energy storage performance. Research on energy materials for lithium-ion batteries continues to be carried out intensively to date. To support this plan, this research has synthesized Lithium Lanthanum Titanate (LLTO, with a chemical formula Li0,5La0,5TiO3) from a combination of local lanthanum oxalate (95.296 % atomic of lanthanum), commercial lithium carbonate, and commercial titanium oxide through a low-cost and simple solid-state reaction. In this method, a two-stage calcination method was used, where the first step was carried out at a temperature of 800 °C for 8 h under atmospheric conditions while the second step was carried out at three different temperatures namely 1050 °C, 1150 °C and 1250 °C for 12 h under atmospheric conditions yielding 97.98, 98.141 and 92.328 weight % of Li0,5La0,5TiO3, respectively. The LLTO synthesized at the second calcination temperature of 1150 °C exhibited largest surface area and pore volume, randomly arranged particles, and pseudocapacitive feature as to provide a high specific capacity of 17,120 mAh g-1 (at a C-rate 0, 5 and near-zero potentials) and a high conductivity of 2.45 × 10 -2 S/cm. This LLTO holds promise for use as a low-potential anode in lithium-ion batteries."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wildan Nugraha
"Telah dilakukan ekstraksi lihium karbonat dari mineral sintetis campuran Li2OAl2O3-SiO2. Mineral sintetis terbentuk dari campuran senyawa Li2O, Al2O3 dan SiO2 yang dikalsinasi pada suhu 1200 oC selama 90 menit menghasilkan mineral menyerupai β-spodumene. Pada awalnya dilakukan pelindian terhadap mineral sintetis menggunakan Na2CO3 pada sebuah autoclave. Dilanjutkan karbonasi dengan pengaliran gas CO2 hingga mendapatkan larutan LiHCO3. Kemudian larutan dikeringkan untuk mendapatkan lithium karbonat. Hasilnya, dengan meningkatnya rasio Na:Li pada saat pelindian, perolehan Li yang didapatkan semakin tinggi namun kadar Li2CO3 yang dihasilkan semakin rendah. Perolehan terbesar terjadi pada rasio Na:Li 1,6 dengan nilai 73,3%. Kadar Li2CO3 terbesar terjadi pada rasio Na:Li 0,8 dengan nilai 60,6%. Estimasi rasio Na:Li optimum pada proses ini adalah 0,93 untuk mendapatkan nilai perolehan Li dan kadar Li2CO3 sebesar 48%.

In this work, extraction of lithium carbonate from Li2O-Al2O3-SiO2 mixture has been simulated. Synthetic mineral was made by Li2O, Al2O3 and SiO2 mixture and calcinated at 1200 oC 90 minutes to form β-spodumene like minerals. Then, synthetic mineral was leached by Na2CO3 at an autoclave reactor. Followed by carbonation with CO2 gas flow to get LiHCO3. The solution then dried to recover lithium carbonate. The results showed that there has been an increase of lithium recovery along with the increase of Na:Li ratio in leaching stage. But there has been a decrease of lithium carbonate grade in the product. Highest lithium recovery obtained by 1,6 Na:Li ratio with 73,3%. Highest lithium carbonate grade obtained by 0,8 Na:Li ratio with 60,6%. Estimation optimum value of Na:Li ratio in this process was 0,93 to obtain 48% lithium recovery and lithium carbonate grade value."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S53948
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rohib
"Perkembangan dunia elektronika dan kendaraan bermotor berbasis tenaga baterai beberapa tahun ini meningkat pesat dan diyakini akan terus berkembang dimasa-masa yang akan datang sehingga kebutuhan akan bahan baku baterai pun meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu bahan baku baterai yang dinilai paling baik adalah logam Litium (Li). Litium dipilih diantaranya karena memiliki sifat elektropositifnya yang tinggi, ringan dan kemampuan penyimpanan energinnya yang tidak menurun ketika proses pengisian kembali belum penuh namun sudah diputus (anti memory effect).
Penelitian ini dilakukan untuk mengekstraksi Litium dari mineral Sugilite dengan menggunakan metode roasting dengan dicampurkan K2SO4 dan water leaching serta mengetahui pengaruh suhu roasting dan perbandingan cairan : padatan pada saat proses leaching . Untuk karakterisasi sampel menggunakan X- RD yang dilengkapi dengan software X-RD Match dan JCPDS, X-RF, EDS, STA dan AAS.
Penambahan K2SO4 pada mineral sugilite memberikan peningkatan peyerapan panas sebesar 14,110C dan ΔH energi sebesar 7,7595 J/g. Hasil ekstraksi optimum didapatkan nilai recovery sebesar 26,8 ppm yang dilakukan pada suhu roasting 900 0C dan perbandingan padat : cair = 2,5:1.

Development of the electronic world and motor vehicle based battery power increased rapidly in recent years and is believed will be continue to grow in the future, And because of that the needs of the raw materials for batteries has increased from year to year. One of the raw material is considered as the best battery is Lithium (Li). Lithium is chosen because it has high electropositive, light and energy storage capability is not back down when the charging process is not full yet been disconnected (anti memory effect).
This study was conducted to extract Lithium from mineral Sugilite using roasting method with K2SO4 and water leaching. Variables used to deterrmine this study are the effect of roasting temperature and ratio of liquid : solid in leaching process. For characterization of sample using X-RD is equipped with X-RD Match software and JCPDS, X-RF, EDS, STA and AAS.
The addition of K2SO4 on Sugilite cause the heat absorption increased to 14.110C and >H energy 7.7595 J /g. Results obtained optimum extraction got recovery value of lithium is 26.8 ppm. This result perfomed at a temperature of 9000C and ratio roasting solid : liquid = 2.5 : 1.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53027
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>