Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5505 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nick TombergeNick Tomberge
"Although previous research shows that the introduction of bicycles drove recreational travel in Western Europe, North America, and Australia, to this day, little is known about tourist cycling in other parts of the world. Nevertheless, a broader geographical context is desirable: the study of the early days of tourist cycling in former European colonies in Southeast Asia can enhance our understanding of the strong political dimensions of tourist travel in a colonial context, as it is interconnected with the project of imperialism, technological change, and modernity. This article examines the early days of tourist cycling in the former Netherlands East Indies from 1884 to 1900. The central questions are: What were the communicated experiences of cycling tourists in the Netherlands East Indies in the late nineteenth century? And what were the ideological foundations underlying their experiences? The research corpus consists of the issues of De Kampioen – the magazine of the Dutch bicycle association ANWB – from this period. It indicates that tourist cycling emerged in various forms in the Netherlands East Indies at the end of the nineteenth century. Whereas most of the Dutch cyclists’ texts that have been examined, strongly emphasize an aesthetic experience, the Australians Burston and Stokes, as the epitome of imperial self-assurance, describe their journey in their travel text more emphatically as dangerous and thereby as a form of adventure tourism. Although the ANWB had some Asian and female members before 1900, episodes of De Kampioen from the nineteenth century extol the physical achievements of Western men. In doing so, these androcentric accounts also underscore the European patriarchal system and the racial hierarchy that supported Dutch colonialism in Southeast Asia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
909 UI-WACANA 25:1 (2024)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nico
"ABSTRAK
Manusia dalam usahanya untuk melakukan kegiatan dwelling tentu melakukan penyesuaian, salah satunya dengan membuat recreational vehicle (RV) yang merupakan tempat tinggal berjalan. Selain menggantikan fungsinya, RV juga menghadirkan pengalaman unik yang tidak dapat ditemui di tempat tinggal konvensional. Sifat RV yang portabel dan pemanfaatan akan ruang yang terbatas mengharuskan adanya penyesuaian yang perlu dilakukan demi kelancaran kegiatan dwelling. Skripsi ini mencoba membahas mengenai bagaimana terbentuknya RV dan bagaimana RV dapat menggantikan tempat tinggal konvensional. Tulisan ini juga didukung oleh pembahasan studi kasus di kawasan Amerika, Eropa, Australia, dan Indonesia untuk mengkaji keterkaitannya.

ABSTRACT
Human in a relation with dwelling will always attempt to provide the best as the dwelling is one of the most important aspect of living. One of the results is creating recreational vehicle (RV) as portable dwelling. Beside provide the main function as dwelling, RV also proposing unique experience for the user that are not able to be find in the conventional dwelling system. However the portability and the limited space usage require the adaptability of the user while doing the activities inside the RV. This paper is trying to explain the story behind the RV itself, how it form and how RV can replace the conventional dwelling. Case studies from United States, Europe, Australia and Indonesia are included in supporting the explanation about RV.
"
2014
S54897
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erlangga Lutfi Ramadino
"ABSTRAK
Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi sama sekali zero emission. Seperti halnya negara-negara maju di Eropa yang banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari, Indonesia memiliki potensi yang tinggi untuk menerapkan hal serupa, demi terciptanya bumi Indonesia yang ramah lingkungan dan minim polusi. Penelitian Rancang Bangun Sistem Cruise Control ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat agar lebih mencintai sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari dengan menunjang aspek kenyamanan dalam mengayuh sepeda dengan mengatur rasio gigi belakang secara otomatis saat bersepeda. Penelitian ini dibatasi pada kondisi sepeda dikayuh menggunakan paddock, sehingga sepeda pada kondisi diam tidak berjalan dan dapat diasumsikan sebagai jalan datar. Hasilnya, spesifikasi serta asembli komponen-komponen utama untuk sistem Cruise Control seperti mikro kontroler, LCD, sensor, aktuator berupa servo motor dan power suplai telah ditentukan dari hasil trial dan eror beberapa kali.

ABSTRACT
Bicycles are one of environmental friendly transportations because they do not produce emissions at all zero emission. Like many developed countries in Europe which use bicycle as daily transportation, Indonesia has high potential to apply the same strategies, in order to create an environmental friendly and low polluted. This Research for Cruise Control System deigned to increase the enthusiasm of the public to love the bicycle as daily transportation by supporting the convenience aspect of pedaling the bike by adjusting the rear gear ratio automatically when cycling. This study is limited to the bike conditions that pedaled on paddock, so the bike on static condition and not running and can be assumed as a flat road. As a result, the specifications and components of the main components for Cruise Control systems such as microcontrollers, LCDs, sensors, actuators such as servo motors and power supply have been determined from trial and error several times. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 1979
333.78 REC
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Widdyharto
"Skripsi ini membahas tentang Perancangan sebuah alat transportasi publik berupa sepeda. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk jadi alat transportasi publik yang ramah lingkungan, hemat bahan bakar, hemat biaya, sehat, dan menjawab permasalahan kemacetan dan polusi transportasi. Sepeda ini dilengkapi dengan motor bertenaga listrik. Tidak hanya itu saja. Sepeda ini juga dilengkapi pengendali kecepatan otomatis. Dengan membaca kecepatan dari perputaran roda dan membaca berat pengendara lalu Otak dari pengendalian kecepatan otomatis menggunakan mikro kontroller ini memberikan solusi kecepatan yang otomatis dan stabil. Sistem ini mampu mengendalikan kecepatan motor listrik sederhana. Adapun bahan sumber energinya menggunakan battery liquid acid atau sel basah sel Volta atau ramah disebut accu basah. Menggunakan 12 volt 45 Ampere diharapkan cukup untuk untuk memberi pasokan energi untuk 10 jam nonstop. Sistem pengisian utama menggunakan sistem charging power supply dari jala-jala PLN dan sebagai pelengkap di pasang generator kecil pada posisi ban sepeda. Saat sepeda bergerak dengan tenaga manusia motor listrik tidak bergerak dan roda belakang sepeda bergerak. Dan saat motor listrik bergerak pedal sepeda tidak bergerak dan roda belekang bergerak. Dan dilengkapi dengan sistem pengisian tenaga matahari menggunakan solar cell.

This scribs works through about scheme one public transportation tool as bicycle. To the effect of observational it is result one product becomes public transportation tool that environmentally-friendly, penny wise fuel, cost-effective, healthy, and answering about problem stalemated and transportation pollution. Motor provedes with this bicycle gets electric power. Not only it just. This bicycle also furnished auto speed controller. With read speed of wheels rotation and reads rider then Brain weight of auto speed operation utilize micro kontroller this give auto speed solution and stable. Device this have to's analogue port digital internal. Having sizable memory. And another excesses. Its system utilize simple operation method. This system can restrain simple electric motor speed. There is source material even its energy utilizes battery liquid acid or voltaic cell wet cell or court was called by accu wet. Utilize 12 volt 45 Ampere are expected last to give energy supply for lO nonstop's hours. Main inlay system utilize charging power supply's system from jalajala PLN and as auxiliary as at little generator tide on course cycle tyre. While is moving bicycle with electric motor manpower unmovable and bicycle back wheel moves. And while electric motor moves unmovable bicycle pedal and wheeled belekang moves. And proveded with by solar power inlay system utilize cell's diesel fuel."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
S29490
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Hartanto
"Dalam suatu proses produksi massal dari sustu produk, keberadaan jig sangat penting peranannya terutama dalam menjaga konsisitensi kualitas dari tiap-tiap produk yang dihasilkan. Jig merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk memegang serta mengorientasikan benda kerja ke arah yang sesuai untuk dilakukan proses pengerjaan berikutnya dan memastikan benda tersebut tidak mengalami pergerakan ketika dikerjakan. Berdasarkan fungsinya tersebut, kepresisian dimensi dari jig itu sendiri sangatlah penting dalam menghasilkan benda kerja yang diinginkan karena dengan adanya kesalahan dimensi pada jig, maka otomatis dimensi benda kerja juga akan ikut menyimpang dari yang direncanakan.
Pada penelitian ini akan dibahas mengenai proses perancangan serta pembuatan dan pengujian jig untuk menahan gaya pengelasan pada proses pengelasan sepeda lipat di bagian batang depan,batang tengah,dan engselnya. Adanya penyimpangan dimensi jig yang dibuat sebesar 0,7590 untuk pengelasan batang depan dan tengah serta 0,8140 untuk pengelasan batang tengah dan engselnya menunjukkan terjadinya kesalahan dalam proses produksi komponen-komponen dari jig tersebut sementara adanya penyimpangan dimensi benda kerja terhadap jig 0,5260 dan 0,4790 untuk masing-masing proses tersebut dapat menunjukkan kehandalan jig tersebut dalam menahan gaya yang terjadi ataupun mengindikasikan adanya faktor lain yang menyebabkan terjadinya penyimpangan tersebut seperti adanya pengaruh gaya pengerutan yang terus terjadi selama beberapa saat setelah benda dilepaskan dari jignya.

In a mass production process of a product, a jig have a very important role in keeping the quality for each product in term of its shape and dimension. A jig is a device that has the ability to hold and orientating the object to the appropriate direction so that it will not be able to move/disoriented while the manufacturing process is being done to the object. Based on its function, the precision of the dimension of the jig itself is very impotant in producing the right dimension of the object because if there is an error in the jig dimension, automatically the outcome of the jig will also be influenced by that error.
In this jurnal, it will be disscuss about the desaining, manufacturing and also testing of a jig that will be used in manufacturing process of a folding bike product to hold and orienting some object that will be welded to each other. This jig must have to hold any forces caused by the welding process between middle and front bar and also the welding process in middle bar and the hinge to make a single product of the front frame as a part of the bike. The error that occured in the jig in the value of 0,7590 for middle-front bar and 0,8140 for middle bar-hinge welding process show that there is some error in the manufacturing process of each component of the jig while the errors that occured between the dimension of the product and the dimension of the jig might be indicated that the welding forces still applied in the product even after the product is released from the jig.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50865
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Danu Kurnia Prasetio Wibowo
"Meningkatnya penggunaan sepeda sebagai alat transportasi termasuk penggunaan sepeda untuk berbelanja, maka mendorong untuk dilakukanya penambahan keranjang pada Prototype SeliqUI Student Version. Shopping cart di design dengan mekanisme penggabungan yang praktis dengan mekanisme rel yang mampu membawa beban belanjaan sampai 20 kg.
Penelitian shopping cart membahas mengenai proses perancangan serta pembuatan shopping cart untuk menahan beban 20 kg baik saat sebagai troli belanja atau saat digabungkan dengan sepeda. Untuk mengetahui kekuatan dan kesetabilan shopping cart maka perlu dilakukan perhitungan kontruksi baik secara teoritis maupun dengan simulasi FEM. Perancangan ini dinyatakan aman karena pada perhitungan tersebut dihasilkan von-misses stress terbesar 69 Mpa dan safety factor terkecil adalah 3.

Growth of bicycle consumtion as transportation including the additional function for shoping so it motivates us to add cart as the additional feature for Prototype SeliqUI Student Version. Shopping cart is designed with simple joint system and rail mechanism which has maximum load until 20 kg.
The research of shopping cart focus in the design and manufacture of it with operation load 20 kg both as a troly or when joined with bicydle. To know the strength and stability of shopping cart so it has to calculate the conctruction of it. Both teoritically and FEM simulation by software. This design can be considered safe when it calculation is resulted von-misses stess 69 Mpa and minimum safety factor 3.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S50887
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Ichsan Gituri
"Universitas Indonesia sebagai salah satu kampus yang menyediakan berbagai macam moda transportasi bagi pengunjug kampus, salah satunya dengan menyediakan sarana transportasi sepeda Melakukan penelitian transportasi sepeda di kampus UI ini diperlukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keinginan bagi civitas akademika untuk menggunakan moda transportasi sepeda serta ketersediaan infrastruktur transportasi sepeda.. Penelitian ini menggunakan survey pengamatan langsung dan menggunakan kuisioner tertutup yang ditujukan kepada civitas akademika Universitas Indonesia. Menganalisis data dengan metode statistik deskriptif dan statistic non- parametrik, yaitu mengetahui korelasi dan regresi linier. Hasil analisis pada penilaian infrastruktur transportasi sepeda menunjukkan bahwa variabel fasilitas yang paling berpengaruh kuat. Sedangkan bagi keinginan untuk bersepeda, variabel kehandalan merupakan variabel yang paling berpengaruh kuat.. Kata kunci: Infrastruktur, transportasi sepeda, metode statistik deskriptif

University of Indonesia as one of the campus that provides a wide variety of modes of transportation for campus visitors, one of them by providing bicycle transportation facilities A bicycle transportation research in UI campus is needed to determine the factors that influence the availability of bicycle transportation infrastructure for the academic community and the desire to use the bicycle transportation modes. This study uses survey and direct observation using the enclosed questionnaire addressed to the academic community of the University Indonesia. Analyzing the data with descriptive statistical and non-parametrical statistic methods , which determine the correlation and linear regression . The results of the analysis on bicycle transportation infrastructure assessment showed that the most influential variable powerful facilities. While the desire for cycling , reliability variable is the variable that most strongly influences. Keywords : Infrastructure,bicycle transportation,descriptive statistics method"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oliver, Tony
"Marlborough: Crowwood, 1990"
R.629.227 2 Oli t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Matrodjih
"ABSTRAK
Sepeda, kendaraan kayuh. ini boleh disebut sarana transportasi klasik yang menjadi sahabat manusia sepanjang zaman. Sebab, kendatipun riwayatnya mengalami pasang surut, tetapi eksistensi sepeda tidak pernah benar-benar tenggelam. Sejak generasi pertamanya muncul, sepeda telah menggebrak sistem transportasi darat yang pada zaman itu sangat tergantung pada hewan, khususnya kuda. Namun saat ini sistem transmisi sproket sepeda banyak digunakan pada peralatan-peralatan lain seperti:
becak, gerobak, mesin pemarut kelapa, mesin perontok gabah, perajin batu akik, dan lain-lain.
Sistem. transmisi sproket yang umumnya digunakan pada sepeda saat ini adalah sistem transmisi multy speed yaitu sistem transmisi rantai rol yang digerakkan dengan cara memindahkan lintasan rantai rol secara aksial pada beberapa sproket yang memiliki diameter yang diameternya bervariasi. Dengan mempelajari kelemahan-
kelemahan yang terdapat pada sistem ini, maka didisain suatu. inovasi baru suatu sistem transmisi rantai rol dengan Cara mengembangkan sproket yang dapat digerakkan secara radial. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem transmisi rantai rol ini memiliki unjuk kerja yang cukup baik paling tidak sebagai inovasi baru terutama dalam mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada sistem transmisi rantai rol pada sistem malty speed.
Inovasi sistem pengembang sproket ini dapat digunakan secara luas terutama pada peralatan yang menggunakan sistem transmisi yang sama dengan sistem transmisi yang terdapat pada sepeda.

"
1996
S36547
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>