Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151308 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nuri Fauziah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana dinamika kecerdasan emosi pada siswa akselerasi di SDN Kendangsari I Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Unit analisis dari penelitian ini adalah dinamika kecerdasan emosi siswa akselerasi ditinjau dari lima dimensi kecerdasan emosi, yaitu mengenal emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenal emosi orang lain dan membina hubungan. Prosedur pemilihan subjek yang dilakukan adalah model pemilihan tipikal, yaitu subjek yang diambil dianggap mewakili kelompok normal. Dalam pemilihannya peneliti meminta kesediaan siswa akselerasi yang ada untuk menjadi subjek. Dari sembilan siswa akselerasi yang terdapat di sekolah itu, empat orang siswa menyatakan kesediaannya menjadi subjek penelitian. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tematik, dengan menggunakan koding dari hasil transkrip wawancara yang telah diverbatim, serta basil observasi dalam bentuk catatan lapangan. Teknik analisis ini terdiri dari tiga tahapan yaitu ; open koding, axial koding, selective koding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh dan kebiasaan yang didapat siswa mempengaruhi dinamika kecerdasan emosi yang terjadi. Perbedaan sikap serta perilaku di sekolah maupun di rumah juga sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor tersebut. Hal ini yang mempengaruhi keterampilan siswa dalam mengenal emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, serta membina hubungan. Disamping itu iklim kompetitif yang kental serta keterampilan memotivasi diri siswa mempengaruhi motivasi berprestasi mereka yang dapat dikatakan cukup tinggi tersebut. Disisi lain mengenai keterbatasan pergaulan yang mereka hadapi tidak lantas mempengaruhi keterampilan membina hubungan dengan orang lain, meskipun demikian pada kenyataannya mereka cenderung lebih senang berteman dengan teman sesama akselerasi saja, dan menghabiskan sebagian besar waktu bermain di kelasnya. Hal inilah yang mengindikasikan bahwa kecenderungan perilaku eksklusif juga berlaku pada siswa-siswa akselerasi tersebut."
Depok: Pusat Keberbakatan-Fakultas Psikologi UI, 2008
150 GRJKK 2:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Patricia Evelyn
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dari teacher efficacy dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa dari sudut pandang guru SD. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru perlu memiliki keyakinan akan kemampuannya dalam mengajar atau yang disebut sebagai teacher efficacy. Selain itu, guru juga perlu memiliki kecerdasan emosional untuk dapat memahami emosi diri sendiri dan siswanya. Partisipan dari penelitian ialah para guru dari SDN X dan Y. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan alat ukur Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS), Teachers’s Sense of Efficacy Scale (TSES), dan Perception of Student Motivation (PSM). Data diolah menggunakan Cronbach’s alpha, Mann-Whitney U, Kruskal-Wallis, dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hanya karakteristik teacher efficacy yang memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dari sudut pandang guru. Penelitian ini merupakan studi awal yang dapat membentuk model penelitian baru menggunakan ketiga variabel tersebut.

The current study aimed to see the role of teacher efficacy and emotional intelligence on perceived student motivation among teachers in Elementary School. To increase student motivation in learning, teachers need to have confidence in their ability to teach or teacher efficacy. Teachers also need emotional intelligence to deal with their emotions and students emotions. The participants were teachers in Elementary School X and Y in Depok. This research uses quantitative research design. The Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS), Teacher’s Sense of Efficacy Scale (TSES), and Perception of Student Motivation (PSM) was administered to collect data from teachers. Data were analysed using Cronbach’s alpha, Mann-Whitney U, Kruskal-Wallis, and simple regression. The researcher suggests that only teacher efficacy able to influence the perceived student motivation. This study is a preliminary study to establish a new research model using these three variables."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T52342
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renny Retnowatie
"Perilaku etis pegawai negeri sipil yang menjadi sorotan masyarakat dan menjadi permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dalam menangani aparatur pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku etis, pengaruh komitmen keorganisasian terhadap perilaku etis, pengaruh kepuasan kerja terhadap perilaku etis, dan pengaruh kecerdasan emosional, komitmen keorganisasian, dan kepuasan kerja terhadap perilaku etis pegawai di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dan wawancara mendalam. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian terhadap 74 pegawai negeri sipil menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, komitmen keorganisasian, dan kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku etis pegawai. Secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku etis pegawai. Komitmen keorganisasian tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku etis pegawai. Kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku etis pegawai.

Ethical behavior of civil servants in the spotlight of society and become the problems faced by the government in dealing with the government apparatus. This study aims to analyze the impact of emotional intelligence on employee ethical behavior, the impact of organizational commitment on employee ethical behavior, the impact of jobs satisfaction on employee ethical behavior, and the impact of emotional intelligence, organizational commitment, and jobs satisfaction on employee ethical behavior at Center for Education and Training of the Ministry of Manpower of the Republik of Indonesia. This research uses quantitative approach. Data were collected through questionnaires and interviews.Data analysis method used is descriptive analysis and multiple linear regression.
The results of the study of 74 civil servants showed that emotional intelligence, organizational commitment, and job satisfaction have a positive and significant effect on employee ethical behavior. Partially emotional intelligence positively and significantly influence to ethical behavior of employees. Organizational commitment does not positively and significantly affect the employee 39 s ethical behavior. Job satisfaction positively and significantly influence to employee ethical behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2017
T48548
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfath Hanifah Megawati
"Fokus dari penelitian pada tesis adalah untuk mengetahui efektivitas keterampilan self-compassion yang diberikan melalui Compassion-focused Therapy (CFT) dalam menurunkan intensitas dorongan melukai diri sendiri, tingkat kritik diri, dan tingkat gejala emosi negatif. Subjek dari penelitian ini dikhususkan pada mahasiswa Universitas Indonesia yang melakukan perilaku melukai diri sendiri dalam rentang satu tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode single group with repeated measurement (ABA Design) dengan n=3. Intervensi CFT diberikan dalam enam sesi individual. Pengukuran kuantitatif dilakukan dalam tiga fase, yaitu fase baseline, fase intervensi, dan fase follow-up (tiga kali pengukuran dilakukan pada masing-masing fase). Fase intervensi dilakukan minimal satu minggu sekali dan fase follow-up pertama dilakukan enam minggu setelah sesi intervensi terakhir dilakukan (interval dua minggu untuk pengukuran selanjutnya di fase follow-up). Hasil dari penelitian ini, CFT terbukti efektif dalam menurunkan intensitas dorongan melukai diri sendiri, tingkat kritik diri, dan tingkat gejala emosi negatif. Perubahan positif ini merupakan hasil dari keterampilan self-compassion yang dipelajari selama sesi intervensi. Keterampilan self-compassion membantu partisipan mengembangkan kesadaran akan diri dan perspektif positif mengenai diri dan kehidupan mereka, serta membantu partisipan untuk menemukan strategi coping emosional yang berbasis compassion untuk meregulasi emosi negatif, mengelola kritik pada diri, dan mengontrol dorongan melukai diri sendiri. Hasil ini diperkuat dengan tidak adanya kemunculan perilaku melukai diri sendiri selama penelitian berlangsung. Rata-rata penurunan dari ketiga variabel penelitian juga dapat dipertahankan sampai dengan pengukuran di fase follow-up.

The focus of the study in this thesis is to find the effectiveness of compassion skills given through Compassion-focused Therapy (CFT) in decreasing intensity of urge to self-injury, level of self-criticism, and level of negative emotional symptoms. The subjects of this study were devoted to University of Indonesia students who committed self-injury in the past one year. This study used single group with repeated measurement method (ABA Design) with n=3. CFT was performed in six individual sessions. The quantitative measurement was conducted in three phase, that is baseline, intervention, dan follow-up (three measurements were conducted in each phase). The intervention phase was performed at least once a week and the first of follow-up phase was conducted six weeks after the last session (interval two weeks for the next measurement in follow-up phase). Result of this study, CFT has proven effective in decreasing intensity of urge to self-injury, level of self-criticism, and level of the symptoms of negative emotion. These positive changes are the result of self-compassion skills learned during the intervention sessions. Self-compassion skills helps the participants to develop their self-awareness dan positive perspective related to themselves and their life, and helps the participants to find compassion-based emosional coping strategy to regulate their negative emotion and self-criticism. These results are confirmed by the absence of self-injury behavior during the study. The mean of decline in the three research variables can also be maintained until measurement in the follow-up phase."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T51781
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggit Puspa Kinanthi
"Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kecerdasan emosional terhadap stres yang dirasakan oleh pekerja di sektor industri perasuransian, yang dimediasi oleh strategi koping. Sebanyak 358 responden yang bekerja di perusahaan asuransi di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi, terlibat dalam penelitian ini. Data dalam penelitian diperoleh melalui self-report questionnaire dan diolah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh negatif terhadap stres yang dirasakan, namun strategi koping tidak memediasi pengaruh yang terjadi. Penelitian ini berkontribusi secara teoritis dan praktis. Secara teoritis penelitian ini berkontribusi dengan memperkaya khasanah teori tentang pengaruh faktor individual terhadap stres yang di rasakan di tempat kerja. Secara praktis penelitian ini dapat memberikan insight kepada manjemen perusahaan yang bergerak di industri asuransi dalam mengelola stres di tempat kerja khususnya pada masa terjadinya pandemi Covid-19.

This study aims to investigate the effect of emotional intelligence on perceived stress by workers in the insurance industry sector, which is mediated by coping strategies. A total of 358 respondents who work in insurance companies in the Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi (Jabodetabek) areas were involved in this study. The data in the study were obtained through a self report questionnaire and processed using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that emotional intelligence had a negative effect on perceived stress, but coping strategies did not mediate the effect. This research contributed theoretically and practically. Theoretically, this research contributes by enriching the theory of the influence of individual factors on stress felt in the workplace. Practically this research can provide insight to the management of companies engaged in the insurance industry in managing stress in the workplace, especially during the Covid-19 pandemic."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irna Windu Prasetyani
"Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional sebagai faktor pendorong kinerja pegawai melalui mediasi psychological capital dan work engagement pada Pegawai Negeri Sipil. Responden penelitian adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI baik yang bertugas di kantor pusat maupun di Unit Pelaksana Teknis. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 254 orang dan structural equation modelling digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Selain itu, psychological capital dan work engagament juga terbukti memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai. Saran yang dapat diberikan bagi organisasi salah satunya adalah menyelenggarakan pelatihan dengan topik kecerdasan emosional melalui metode gamifikasi agar memicu keaktifan peserta dan memudahkan dalam memahami topik yang disampaikan.

This study aims to determine the effect of emotional intelligence values as an antecedent of job performance through the mediation of psychological capital and work engagement among civil servants. Respondents are civil servants at the Directorate General of Public Health, Ministry of Health RI, both in the head office and in the Technical Implementation Unit. The total respondents in this study were 254 civil servants and structural equation models are used as analysis methods. The results indicated emotional intelligence influence job performance. In addition, psychological capital and work engagement are also proven to be a mediator of the effect of emotional intelligence on job performance. The implication to managerial is to build training on the topic of emotional intelligence through the gamification method to trigger the participants' activeness and make it easier to understand the topics presented."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ami Luthfiyah
"Kecerdasan emosional memiliki kedudukan yang penting dalam ranah industri dan organisasi. Namun pada kenyataannya, kecerdasan emosional juga berpotensi dalam menghasilkan perilaku kerja yang tidak diinginkan, seperti manipulasi emosi. Manipulasi emosi yang dimaksud berkaitan dengan kepemimpinan dark triad dan gender dalam konteks bekerja. Akan tetapi, hasil penelitian sebelumnya dapat dikatakan belum ajeg sebab ada hasil studi yang menyatakan bahwa manipulasi berkaitan dengan ketiga dimensinya (Hyde, et al., 2020; Jonason, et al., 2012). Ada pula yang menyatakan hanya pada salah satu dimensi, seperti machiavellianisme (Austin, et al., 2007; Hyde & Grieve, 2018), atau hanya pada dimensi psikopati saja (Grieve, et al., 2019). Sedangkan pada studi Hyde dan Grieve (2018) ditemukan bahwa laki-laki memiliki kecenderungan untuk menampilkan manipulasi emosi pada saat bekerja maupun sehari-hari dibandingkan perempuan. Pada penelitian ini, pengaruh variabel kepemimpinan dark triad akan diuji setiap dimensinya (narsisme, machiavellianisme, dan psikopati) terhadap variabel manipulasi emosi. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji peran gender sebagai moderator dalam hubungan kepemimpinan dark triad dan manipulasi emosi. Jumlah partisipan dalam penelitian ini, yaitu 216 orang yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia. Kriteria partisipan dalam penelitian ini antara lain, berusia di atas 18 tahun, tergabung dalam sebuah lembaga/organisasi/tempat kerja, dan memiliki minimal satu bawahan. Pengukuran masingmasing variabel menggunakan alat ukur Short Dark Triad (SD3) dan Emotional Manipulation Scale (EMS). Analisis dilakukan dengan uji regresi linier berganda dan regresi Hayes model 1. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh antara dimensi narsisme terhadap manipulasi emosi. Kemudian dimensi machiavellianisme ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manipulasi emosi. Selanjutnya, dimensi psikopati juga ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manipulasi emosi. Hasil lainnya dari penelitian ini menunjukkan bahwa gender tidak dapat berperan sebagai moderator dalam hubungan kepemimpinan dark triad dan manipulasi emosi.

Emotional intelligence has an important position in the realm of industry and organizations. But in reality, emotional intelligence also has the potential to produce unwanted work behaviors, such as emotional manipulation. Emotional manipulation is related to dark triad leadership and gender in the work context. However, the results of previous studies can be said to have not been steady because there are study results which state that manipulation is related to the three dimensions (Hyde, et al., 2020; Jonason, et al., 2012). There are also those who stated only on one dimension, such as machiavellianism (Austin, et al., 2007; Hyde & Grieve, 2018), or only on the psychopathic dimension (Grieve, et al., 2019). Meanwhile, the Hyde and Grieve (2018) study found that men have a tendency to display emotional manipulation at work and daily basis compared to women. In this study, the effect of the dark triad leadership will be tested for each dimension (narcissism, machiavellianism, psychopathy) on the emotional manipulation variable. This study also conducted to examine the role of gender as a moderator in a relationship between dark triad leadership and emotional manipulation. The number of participants in this study were 216 people from several regions in Indonesia. The criteria of participants in this study are over 18 years old, joined in an institution/organization/workplace, and had at least one subordinate. Measurement of each variable using the Short Dark Triad (SD3) and Emotional Manipulation Scale (EMS). The analysis was carried out multiple linear regression and Hayes regression model 1. The results showed that there was no influence on the dimensions of narcissism on emotional manipulation. Then the dimension of machiavellianism was found to have a significant influence on emotional manipulation. Furthermore, the psychopathic dimension was also found to have a significant effect on emotional changes. Another result of this study showed that gender could not be a moderator in the relationship between dark triad leadership and emotional manipulation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Murniati
"Guru-guru di Indonesia banyak yang belum memiliki dedikasi tinggi terhadap profesinya. Mulai dari ketidaktaatan terhadap tata tertib yang berlaku (intra-role) sampai keengganan melakukan hal-hal yang diluar atau tidak terdapat dalam peraturan sekolah (extra-role), padahal prilaku extra-role guru dapat meningkatkan keefektifan dan keefisienan kegiatan di sekolah.
Organizational Citizenship Behavior (OCB) adalah prilaku individu yang bebas, tidak secara langsung atau eksplisit diakui dalam sistem pemberian penghargaan formal, dan dalam mempromosikan fungsi yang efisien dan efektif untuk organisasi.
Kecerdasan emosi adalah kemampuan utuk memotivasi diri sendiri dan berusaha menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati dan berdoa.
Syukur adalah dapat memanfaatkan penciptaan dirinya dan penciptaan alam semesta dalam rangka ketaatan kepada Allah SWT.
Penelitian ini dilakukan pada 184 guru-guru di enam SDIT yang berlokasi di wilayah Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini diolah menggunakan SPSS 10.0.Adapun penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara dimensi-dimensi kecerdasan emosi dan syukur terhadap organizational citizenship behavor (ocb). Pada penelitian ini independent variable (IV) terdiri dari 8 dimensi dan ocb sebagai dependent variable (DV). Data penelitian ini diolah menggunakan metode multiregresi linear dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil dan kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh antara dimensi-dimensi kecerdasan emosi dan syukur terhadap ocb (r=0,650) dan signifikan (sig. 0,000). Nilai R² dari seluruh variabel yang diujikan sebesar 0,422 atau setara dengan 42,2%. Dimensi empati (sig. 0,001, R²= 0,375) dan dimensi membina hubungan (sig. 0,001, R²= 0,417) pada variabel kecerdasan emosi menjadi variabel bebas yang terbukti berpengaruh positif dan signifikan dengan ocb guru.

Most Indonesian teachers do not have a lot of dedication to their profession. Ranging from their disobey to applicable rules (intra-role), behavior teachers can improve the effectiveness and efficiency of the activities in the school.
OCB is a behavior free of individual, not directly or explicity recognized in a formal award system and in promoting the efficient and affective functioning of the organizationing.Emotional Inteliigence is the ability to motivate yourself and try to face the frustation, impulse control and not exaggerate the pleassure, set the mood and keep the load stress does not cripple the ability to think, empathite and pray.Gratitude is able to utilite his creation and the creation of the universe in the context of obedience to Allah.
This study conducted on 184 teachers in six SDIT located in South Jakarta area. This reseach analysed using spss 10,0. As for this study aims to examine the influence of OCB.
From this research, the independent variable has eight dimentionsan OCB as dependent variable (DV). The research data is processed using a linear multiple regresion method with a significant 0,05 level. Result and conclusion from this research said that there’s influence between the dimention of emotional intelligence ang gratitude of OCB (r=0,650) and significance (sig. 0,000). Value R² from all variable test is 0,422 or equal 42,2%. Dimention of emphatize (sig. 0,001, R² = 0,375) and dimention of keeping relationship (sig. 0,001, R² = 0,417) on emotional intelligence variable to independent variable and approved by positive influence and significant with teachers OCB.
"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafa Az-Zahra Anindya Ma`Arip
"Kecerdasan emosional menjadi indikator penting yang sangat dibutuhkan oleh remaja, yang sedang memasuki masa storm and stress, agar bisa stabil dalam mengelola emosi dan berperilaku positif. Salah satu faktor yang membentuk kecerdasan emosional anak adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan emosional remaja. Penelitian menggunakan metode cross-sectional dengan sampel 466 remaja SMA di Kota Bogor. Hasil menggambarkan 71,7% remaja memiliki tingkat kecerdasan emosional baik dan 72,1% remaja mendapatkan pola asuh otoritatif. Hasil analisis uji chi square menunjukkan tidak adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan emosional remaja (p value 0,282). Namun setiap pola asuh memberikan dampak yang berbeda pada dimensi kecerdasan emosional anak. Penelitian ini merekomendasikan adanya edukasi dan sosialisasi lebih lanjut mengenai penerapan pola asuh yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui kerja sama antara perawat dan orang tua.

Emotional intelligence is an important indicator that is needed by adolescents, who are entering a period of “storm and stress”, in order to be stable in managing negative emotions and behave positively. Parenting styles become one of factors affect adolescent’s emotional intelligence. This study aims to identify the relationship between parenting style and adolescent emotional intelligence in Bogor City. This study used a cross-sectional method with a total sample of 466 senior high school students. The result showed that 71,7% of adolescents had a good level of emotional intelligence and 72,1% of adolescents received authoritative parenting. The result with the chi square test showed that there is no relationship between parenting styles and the level of adolescent’s emotional intelligence. However, each parenting style still has a different impact on adolescent’s emotional intelligence. This study recommends further education and socialization between nurses and parents regarding the appropriate parenting styles to improve adolescent’s emotional intelligence."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Widariani
"Pendahuluan: Disabilitas fisik yang terjadi pada TNI merupakan masalah yang terjadi pada fisik, dan psikososial. Perubahan fisik yang awalnya memiliki tubuh yang berfungsi dengan sempurna, namun dapat terjadi disabilitas fisik karena adanya tugas kedinasan, hal ini dapat mempengaruhi konsep diri dari citra tubuh, harga diri pada TNI. Gangguan mental emosional dapat terjadi akibat disabilitas fisik, citra tubuh dan harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disabilitas fisik, citra tubuh dan harga diri dengan gangguan mental emosional. Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan metode kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 75 (total sampling) disabilitas fisik pada TNI yang berada di Pusat Rehabilitasi. Data diambil mengunakan kuesioner Disabilitas fisik, Body Image Scale (BIS), Rosenberg’s selfesteem scale (RSES) dan Self Reporing Quesionnaire (SRQ) – 20. Hasil: Disabilitas fisik sebagian besar termasuk dalam disabilitas fisik tingkat 1 yakni sebanyak 57.3 %, sedangkan disabilitas fisik tingkat 2 sebanyak 40% dan tingkat 3 sebanyak 2,7%. Citra tubuh negatif yang dialami yakni sebanyak 54,7%, sedangkan citra tubuh positif sebanyak 45,3%. Harga diri positif yang dialami yakni sebanyak 80%, sedangkan harga diri negatif sebanyak 20%. Gangguan mental emosional yang dialami yakni sebanyak 46,7%. Karakteristik disabilitas fisik yakni tingkat disabilitas fisik memiliki hubungan yang bermakna terhadap gangguan mental emosional. Citra tubuh memiliki hubungan yang bermakna terhadap gangguan mental emosional dan harga diri juga memiliki hubungan yang bermakna terhadap gangguan mental emosional. Rekomendasi: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan program pencegahan kejadian gangguan mental emosional

Introduction: Physical disability that occurs in the TNI is a problem that occurs both physically and psychosocially. Physical changes that initially have a body that functions perfectly, but physical disabilities can occur due to official duties, this can affect self-concept of body image, self-esteem in the TNI. Emotional mental disorders can occur due to physical disabilities, body image and self-esteem. This study aims to determine the relationship between physical disability, body image and self-esteem with mental-emotional disorders. Methods: The design of this study uses a correlation research design with quantitative methods and a cross sectional approach. The number of respondents was 75 (total sampling) with physical disabilities in the TNI who were in the Rehabilitation Center. Data were collected using a physical disability questionnaire, Body Image Scale (BIS), Rosenberg's self-esteem scale (RSES) and Self Reporting Questionnaire (SRQ) – 20. Results: Most of the physical disabilities are included in level 1 physical disability, namely 57.3%, while physical disabilities level 2 as much as 40% and level 3 as much as 2.7%. The negative body image experienced was 54.7%, while the positive body image was 45.3%. Positive self-esteem experienced is as much as 80%, while negative self-esteem is as much as 20%. Emotional mental disorders experienced by 46.7%. Characteristics of physical disability, namely the level of physical disability has a significant relationship with mental-emotional disorders. Body image has a significant relationship with emotional mental disorders and self-esteem also has a significant relationship with emotional mental disorders. Recommendation: The results of this study are expected to be the basis for developing programs to prevent mental emotional disorders."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>