Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 202688 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sibarani, Nicolas Dominic Horas
"Seiring dengan berkembangnya pemasaran melalui media sosial, influencer menjadi salah satu faktor kunci dalam membentuk perilaku konsumen, termasuk dalam sektor produk makanan. Lanskap media sosial yang semakin dinamis akibat persaingan ketat antar influencer TikTok menuntut setiap individu untuk terus beradaptasi dengan membangun kredibilitas yang kuat guna menjangkau audiens yang luas dan mempertahankan loyalitas pengikut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh influencer media sosial terhadap niat beli konsumen melalui peran mediasi dari kredibilitas pada pengikut akun TikTok Vinny Laurencia (@kulinersamacici). Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif ini mengumpulkan jawaban dari 135 responden melalui kuesioner secara daring. Perangkat lunak IBM SPSS Statistics 20 dan SmartPLS 4 digunakan untuk pengolahan dan analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa influencer media sosial memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli konsumen. Lebih lanjut, kredibilitas memainkan mediasi secara positif pada hubungan antara influencer media sosial dan niat beli konsumen.

As marketing via social media develops, influencers have become one of the key factors in shaping consumer behaviour, including in the food products sector. The increasingly dynamic landscape of social media, driven by intense competition among TikTok influencers, demands that individuals constantly adapt by building strong credibility to reach a wider audience and maintain follower loyalty. The aim of this study is to investigate the influence of social media influencer on consumer purchase intention through the mediating role of credibility on followers of Vinny Laurencia's TikTok account (@kulinersamacici). The study, which uses a quantitative approach, collected answers from 135 respondents through an online questionnaire. IBM SPSS Statistics 20 and SmartPLS 4 software were used for data processing and analysis. The study findings show that social media influencer has a significant and positive influence on consumer purchase intention. Furthermore, credibility plays a positive mediation role on the relationship between social media influencer and consumer purchase intention. "
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Lazuardy Firdauz
"Praktik influencer marketing dalam dunia pemasaran semakin digandrungi oleh banyak pihak dan tidak terkecuali dalam komunikasi pemasaran politik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model penelitian komunikasi pemasaran bisnis melalui peran Social Media Influencer ke dalam konteks proses komunikasi pemasaran politik untuk Political Brand Attitudes dan intensi memilih. Dengan melibatkan variabel mediasi kredibilitas Social Media Influencer (SMI’s Source credibility), penelitian ini ingin melihat hubungan antara Social Media Influencer dengan Political Brand Attitudes dan Voting Intention untuk Pemilu Presiden 2024. Dari sebanyak 163 responden yang terkumpul, dilakukan analisis data melalui pendekatan Confirmatory Composite Analysis (CCA) dalam sistematika metode kuantitatif dengan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yang dioperasikan melalui aplikasi Smart PLS versi 3.0. Temuan menunjukkan, variabel mediator Attractiveness dan Similarity secara positif memediasi hubungan antara Social Media Influencer dengan Political Brand Attitudes. Sementara variabel Expertise dan Trustworthiness tidak mampu memediasi keduanya. Penelitian ini ingin berkontribusi dalam pengembangan studi influencer marketing untuk konteks pemasaran politik.

The practice of influencer marketing in marketing is increasingly coveted by various stakeholders, including within the domain of political marketing communication. This study examines the mainstream marketing communication research model by incorporating the role of Social Media Influencers within political marketing communication processes, specifically targeting Political Brand Attitudes and voting intentions for the upcoming 2024 Presidential Election. By incorporating the mediating variable of Social Media Influencer's source credibility, this research explores the relationship between Social Media Influencers and Political Brand Attitudes and Voting Intentions for the 2024 Presidential Election. At least 163 respondents participated in this study. To analyze the data, this study utilizes the Confirmatory Composite Analysis (CCA) approach within the systematic framework of quantitative methods, employing the Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) technique facilitated by the Smart PLS version 3.0. The findings reveal that the mediator variables of Attractiveness and Similarity positively mediate the relationship between Social Media Influencers and Political Brand Attitudes. Conversely, the variables of Expertise and Trustworthiness were found to be insufficient mediators. Ultimately, this research aims to contribute to advancing influencer marketing studies within the political marketing context."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abrar Shidqy Imza
"Companies alike are finding ways on how to market the product better, and one of the ways is through social media marketing. The use of Influencer in social media marketing is getting more relevance in current years. Many celebrities and social media influencer are targeted by these companies to promote their products to the influencer’s followers. One of the biggest celebrity and influencer with a great marketing is Bangtan Boys (BTS). BTS is one of a few celebrities who sold out products of their own and collaborations. Not many can do what BTS had achieved in terms of marketing. But what makes those followers want to buy products promoted or endorsed by the BTS? This study uses a subdivision of the persuasion theory, the elaboration likelihood model (ELM) to describe the change in behavior, in this case, purchase intention. This research involves 208 respondents and analyzed by using Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS – SEM). This research shows that para-social relationship developed between the influencer and followers is more positively related to purchase intention of the followers than credibility. Furthermore, variables such as physical attractiveness, social attractiveness, and attitude homophily positively related to para-social relationship and variables such as physical attractiveness, and attitude homophily positively related to credibility.

Perusahaan mencari cara bagaimana memasarkan produk dengan lebih baik, dan salah satu caranya adalah melalui pemasaran media sosial. Penggunaan Influencer dalam pemasaran media sosial semakin relevan. Banyak selebriti dan influencer media sosial yang diincar oleh perusahaan-perusahaan ini untuk mempromosikan produk mereka kepada pengikut influencer. Salah satu selebriti dan influencer terbesar dengan pemasaran yang hebat adalah Bangtan Boys (BTS). BTS adalah salah satu dari sedikit selebriti yang menjual produk mereka sendiri dan kolaborasi. Tidak banyak yang bisa melakukan apa yang telah dicapai BTS dalam hal pemasaran. Tapi apa yang membuat pengikut ingin membeli produk yang dipromosikan atau di-endorse oleh BTS? Penelitian ini menggunakan subdivisi dari teori persuasi, yaitu elaboration likelihood model (ELM) untuk menggambarkan perubahan perilaku, dalam hal ini niat beli. Penelitian ini melibatkan 208 responden dan dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS – SEM). Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan para-sosial yang dikembangkan antara influencer dan pengikut mempengaruhi niat beli pengikut dengan positif dibandingkan dengan kredibilitas. Selanjutnya variabel-variabel seperti daya tarik fisik, daya tarik sosial, dan homofili sikap berhubungan positif dengan hubungan parasosial dan variabel-variabel seperti daya tarik fisik, dan homofili sikap berhubungan positif dengan kredibilitas."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Sarah Andiani
"ABSTRAK
Dengan banyaknya merek kosmetik, persaingan antara masing-masing merek pun tak terhindarkan. Tidak sedikit dari merek kosmetik yang berlomba-lomba untuk mengeluarkan beragam produk dan menarik perhatian konsumennya melalui beragam cara. Kini beauty vlogger yang hadir sebagai social media influencer dijadikan sebagai referensi dalam mencari informasi mengenai berbagai merek kosmetik, salah satunya pada produk Maybelline Fit Me. Melalui video review yang diunggah ke dalam YouTube, beauty vlogger menyampaikan pengetahuan dan pendapatnya mengenai produk kosmetik yang kemudian membantu pembentukan persepsi konsumen dari produk tersebut. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah positivis dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pesan beauty vlogger sebagai social media influencer terhadap pembentukan persepsi konsumen atas produk Maybelline Fit Me. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online kepada 100 responden. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari beauty vlogger sebagai social media influencer yang cukup kuat dalam pembentukan persepsi atas produk Maybelline Fit Me.

ABSTRACT<>br>
With so many cosmetic brands, the competition between each brand was inevitable. Most of the cosmetic brands are competing to exclude a variety of products and attract the attention of consumers through various ways. Now beauty vlogger known as a social media influencer serve as a reference in finding information about various brands of cosmetic, and one of them is is Maybelline Fit Me products. Through a video review uploaded onto YouTube, beauty vlogger conveys their knowledge and opinions on cosmetic products that then can help shape consumer perceptions of the product. The paradigm used in this research is positivist with quantitative approach. This quantitative study was conducted to analyze the influence of beauty vlogger messages as social media influencers on the formation of consumer perceptions of Maybelline Fit Me products. Data collection was done by using an online questionnaire to 100 respondents. The result in this study indicate the influence of beauty vlogger as a social media influencer is strong enough in the formation of perceptions of Maybelline Fit Me products. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alia Noor Fadliana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas persepsi akan kesamaan (perceived similarity) dan kredibilitas sumber (source credibility) terhadap minat beli. Objek penelitian adalah penggunaan social media influencer pria yang mengiklankan produk kosmetik lokal Somethinc melalui Instagramnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden pada penilitian ini adalah pengikut akun Instagram @somethincofficial sebanyak 406 sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis-hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel persepsi akan kemiripan tidak efektif dalam memengaruhi variabel minat beli baik langsung maupun melalui keterlibatan variabel kredibilitas sumber. Sementara itu, variabel persepsi akan kemiripan secara langsung efektif memengaruhi variabel kredibilitas sumber. Variabel kredibilitas sumber juga efektif dalam memengaruhi terhadap minat beli secara langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur dalam komunikasi dan pemasaran perihal penggunaan social media influencer, serta membantu para pelaku komunikasi dan pemasaran khususnya bidang kosmetik dan kecantikan dalam menentukan strategi pemasarannya menggunakan social media influencer.

This study aims to analyze the effectiveness of perceived similarity and source credibility on purchase intention. The object of the research is the use of male social media influencers who advertise local cosmetic products Somethinc through their Instagram. This research is quantitative research and used a questionnaire for data collection. Respondents in this research are followers of the Instagram account @somethincofficial as many as 406 samples. Data analysis techniques were carried out using descriptive statistics and path analysis to prove the hypotheses in the research. The results of the study prove that perceived similarity between the audience and male influencer is not effective in affecting purchase intention either directly nor through the involvement of the source credibility. Meanwhile, the perceived similarity effectively affects source credibility. The source credibility is also effective and directly affecting purchase intention. This research is expected to add to the literature in communication and marketing regarding the use of social media influencers, as well as to assist communication and marketing actors, especially in the field of cosmetics and beauty in determining their marketing strategy using social media influencers."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Rahadian Pangestu
"Erigo adalah salah satu brand fashion terkemuka di Indonesia. Satu hal yang unik dari Erigo adalah mereka menjadi terkenal dari media sosial, Instagram. Dalam hal ini, salah satu influencer instagram awal yang digandeng Erigo untuk memasarkan produknya adalah Arief Muhammad. Arief Muhammad adalah seorang influencer dan pebisnis ternama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social identity, interest fit, dan opinion leadership dari seorang influencer Arief Muhammad yang dimoderatori oleh postingan storytelling terhadap purchase intention. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis datanya. Analisis didasarkan pada total 344 responden. Responden disaring dengan kriteria tertentu yaitu generasi Z, berdomisili di Indonesia, membeli minimal satu produk Erigo dalam satu tahun terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa postingan storytelling tidak memoderasi social identity, interest fit, dan opinion leadership seorang influencer terhadap purchase intention. Social Identity dan interest fit keduanya memengaruhi purchase intention secara positif dan signifikan. Terakhir, untuk opinion leadership menunjukkan bahwa hal itu berpengaruh negatif terhadap purchase intention. Implikasi manajerial dan saran dibahas dalam penelitian ini. Beberapa saran untuk penelitian selanjutnya agar mendapatkan hasil yang lebih detail dan akurat juga dibahas dalam penelitian ini.

Erigo is a one of the leading fashion brands in Indonesia. One thing unique from Erigo is that they become well-known from social media, Instagram. In this case, one of the early instagram’s influencers partnered with Erigo to market their products is Arief Muhammad. Arief Muhammad is a well-known influencer and businessman. This research’s purpose is to analyze the effect of social identity, interest fit, and opinion leadership from an influencer, Arief Muhammad, moderated by storytelling posts to purchasing intention. This research is a quanititative research and using Structural Equation Modelling (SEM) to analyze the data. The analysis is based on total 344 respondents. Respondents are screened with specific criteria, which are generation Z, domiciled in Indonesia, bought at least one Erigo products in the last one year. The result of the analysis shows that storytelling posts is not moderating social identity, interest fit, and opinion leadership of an influencer toward purchasing intention. Social identity and interest fit are both impacting purchasing intention positively and significantly. Lastly, for opinion leadership it shows that it is affecting negatively toward purchasing intention. Managerial implications and suggestions are discussed in this research. Some suggestions for further research to get more detailed and accurate result are also discussed in this research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adrieka Ferisko Muzzaki
"Fenomena sport influencer di media sosial telah menjadi strategi pemasaran digital yang efektif dalam memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang memengaruhi efektivitas sport influencer di media sosial melalui tinjauan 10 jurnal yang relevan. Temuan memperlihatkan adanya lima aspek utama yang memengaruhi keterlibatan audiens : parasocial relationships (PSR), source credibility, content quality, engagement metrics, dan team identification. Dari kelima aspek tersebut, dua variabel utama, yaitu exercise intention dan purchase intention, muncul sebagai indikator keberhasilan konten yang diunggah oleh sport influencer di media sosial. Temuan juga menunjukkan adanya peran platform media sosial seperti, Instagram dan YouTube dalam penyampaian konten visual yang interaktif. Serta pengaruh yang berbeda terhadap gender perempuan dan laki-laki. Studi ini tidak hanya memberikan wawasan strategis bagi pemasaran digital berbasis influencer, tetapi juga mendorong eksplorasi lebih lanjut mengenai pengaruh gender, platform baru seperti TikTok, dan peran emosional dalam interaksi audiens dengan sport influencer

The phenomenon of sport influencers on social media has become an effective digital marketing strategy in influencing consumer behavior. This study uses a literature review approach to identify the aspects that affect the effectiveness of sport influencers on social media through a review of 10 relevant journals. The findings reveal five key aspects that influence audience engagement: parasocial relationships (PSR), source credibility, content quality, engagement metrics, and team identification. Among these aspects, two main variables, exercise intention and purchase intention, emerge as indicators of content success uploaded by sport influencers on social media. The findings also highlight the role of social media platforms such as Instagram and YouTube in delivering interactive visual content, as well as the different influences on male and female audiences. This study not only provides strategic insights for influencer-based digital marketing but also encourages further exploration of the impact of gender, new platforms like TikTok, and the emotional role in audience interaction with sport influencers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Christabella Anjani
"Penggunaan aplikasi TikTok semakin merajalela di Indonesia. TikTok menciptakan platform yang dinamis untuk berbagi konten singkat dan kreatif. Fenomena ini mengundang perhatian terhadap bagaimana beberapa pengguna di Indonesia berekspresi ataupun menyampaikan pemikirannya sebagai orang Cina-Indonesia (Cindo) atau kelompok etnis Tionghoa melalui medium ini. Dalam sejarahnya, orang Cindo pernah mengalami diskriminasi. Berakhirnya era Orde Baru dan dengan ditetapkannya kebijakan-kebijakan politik yang lebih inklusif pada era Reformasi membuat orang Cindo menjadi lebih bebas dalam berekspresi, terutama untuk maksud memperkenalkan budayanya. Dalam artikel tugas akhir ini, penulis meninjau orang Cindo di TikTok menggunakan metode kualitatif berbasis budaya. Temuan utama yang dapat diungkap di antaranya adalah terdapat berbagai macam cara berekspresi, yaitu melalui konten pengetahuan, jawaban atas stereotip yang tertanam, dan keluhan. Melalui konten-konten ini, orang Cindo mengungkapkan keinginan mereka untuk diakui sebagai bagian dari bangsa Indonesia tanpa dibedakan berdasarkan penampilan atau aspek luar lainnya.

The use of the TikTok application is increasingly widespread in Indonesia. TikTok creates a dynamic platform for sharing short and creative content. This phenomenon draws attention to how some users in Indonesia express themselves or convey their thoughts as Chinese-Indonesians (Cindo) or ethnic Chinese through this medium. Historically, Cindo people have experienced discrimination. The end of the New Order era and the implementation of more inclusive political policies in the Reform era have allowed Cindo people greater freedom to express themselves, particularly to introduce their culture. In this thesis article, the author examines Cindo people on TikTok using a qualitative, culture-based method. The main findings reveal various ways of expression, including through educational content, responses to ingrained stereotypes, and complaints. Through these contents, Cindo people express their desire to be recognized as part of the Indonesian nation without being differentiated based on appearance or other external aspects."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Chatherine Rafa Amadea
"TikTok adalah media sosial dengan tujuan utama menciptakan dan menyebarkan video berdurasi pendek. Ada beberapa faktor yang mungkin berkorelasi dengan konsumsi TikTok, termasuk injunctive norms dan sense of belonging seorang individu. Maka dari itu, studi ini dilaksanakan untuk menemukan hubungan antara konsumsi TikTok dengan injunctive norms serta sense of belonging. Studi korelasional ini melibatkan 281 partisipan yang direkrut melalui convenience sampling. Hasil analisis korelasi Pearson menemukan korelasi positif antara konsumsi TikTok dan injunctive norms, namun konsumsi TikTok tidak memiliki korelasi dengan sense of belonging. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa ada kemungkinan pengaruh dari ekspektasi sosial, dan rasa memiliki seorang individu mungkin tidak ditentukan oleh penggunaan TikTok. Akan tetapi, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan.

TikTok is a social media with a main focus on creating and sharing short videos. There are several factors that may be correlated with TikTok consumption, including injunctive norms and an individual's sense of belonging. Therefore, this study was conducted to find the correlation of TikTok consumption with injunctive norms and the sense of belonging. This correlational study involved 381 participants recruited through a convenience sampling. Results of Pearson’s correlational analyses found a positive correlation between TikTok consumption and injunctive norms, but no correlation between TikTok consumption and a sense of belonging. Based on the results, it can be concluded that there is a possible influence of social expectations, and that an individual's sense of belongingness may not necessarily be determined solely by TikTok usage. However, further research is needed to investigate the topic further."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas ndonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fella Naziq Ganis
"This study investigates the impact of social media micro-influencers on Drumstairs sales, specifically examining the mediating role of characterization among Gen-Z TikTok users in the JaBoDeTaBek region. Utilizing quantitative approach, the research collected quantitative data through surveys. The findings reveal that micro-influencers significantly influence purchasing decisions, with characterization playing a crucial mediating role. Notably, authenticity, relatability, and the perceived credibility of influencers enhance their effectiveness. These insights offer valuable implications for marketers aiming to leverage micro-influencers in targeting Gen-Z consumers.

Penelitian ini menyelidiki dampak micro-influencer media sosial terhadap penjualan Drumstairs, khususnya memeriksa peran mediasi dari karakterisasi di kalangan pengguna TikTok Gen-Z di wilayah JaBoDeTaBek. Menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini mengumpulkan data kuantitatif melalui survei dan wawasan kualitatif melalui diskusi kelompok terfokus. Temuan mengungkapkan bahwa micro-influencer secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, dengan karakterisasi memainkan peran mediasi yang penting. Terutama, keaslian, keterkaitan, dan kredibilitas yang dirasakan dari influencer meningkatkan efektivitas mereka. Wawasan ini menawarkan implikasi berharga bagi pemasar yang bertujuan untuk memanfaatkan micro-influencer dalam menargetkan konsumen Gen-Z."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>