Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 92355 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Darrent Antono
"The demand for energy has always been an issue with everyday life. Today, fossil fuels are becoming the main source of energy used by industries, households, etc. with a total use rate of 82% compared to other forms of energy. This is not a concern had it not been for a fact that fossil fuels are starting to decline rapidly over time. Hence, many have tried to find different sources of energy as an alternative to the now decreasing fossil fuel. Syngas or short for synthesis gas is an example of this alternative source of energy, composed of a mix between CO and H2, they are created using a process called gasification, in which this dissertation will explore. In the experiments that follow, a series of runs are subjected to a mobile gasifier system in which each run will contain different kinds of filters used. There are a total of four different variables for filters used: no filter, rice husk filter, condensed rice husk filter, and air wool foam filter. For each filter, the machine will be subjected to a total of four runs, in which we obtain the total burning time of the burner. The results show that out of the four filters, the one with air wool foam material exhibited the best results, yielding a total burning time of 201 minutes compared to the next longest burning time created by an unrestricted no filter run, 128 minutes. The data also showed the most stable control panel operation out of all the four filters, as well as burner activation rates which exceed those produced by the other four filters. To verify the data, we did another test run, now under a single 200-minute duration to obtain tar mass accumulation and porosity values. At the end of the experiment, it is discovered that the condensed rice husk filter obtained the most amount of tar at 425 g. However, after porosity calculations were done for each filter, it is discovered that air wool held the least porosity decrease in respect to the original density out of all the three filters, this is why the material held the longest burning time despite the condensed rice husk filter filtering out most of the tar. In conclusion, the air wool foam filter is the best filter for this mobile gasifier operation, as it yields the longest burning time and the most stable PLC operation data. While the condensed rice husk filter is the best filter to catch tar byproducts. The system itself is also proven to be able to produce burnable syngas. For future experiments, we hope that some safety measures will be installed into the mobile gasifier, as well as possible automation of moving parts, and the reevaluation of some design components.

Permintaan energi selalu menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, bahan bakar fosil menjadi sumber energi utama yang digunakan oleh industri, rumah tangga, dll. dengan total tingkat penggunaan 82% dibandingkan dengan bentuk energi lainnya. Hal ini tidak menjadi masalah jika saja bahan bakar fosil tidak mulai menurun dengan cepat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, banyak yang mencoba mencari sumber energi lain sebagai alternatif bahan bakar fosil yang kini jumlahnya semakin berkurang. Syngas atau kependekan dari gas sintesis adalah salah satu contoh sumber energi alternatif ini, yang terdiri dari campuran antara CO dan H2, yang dibuat menggunakan proses yang disebut gasifikasi, yang akan dibahas dalam disertasi ini. Dalam percobaan berikut, serangkaian pengujian dilakukan pada sistem gasifier bergerak yang setiap pengujiannya akan berisi berbagai jenis filter yang digunakan. Ada total empat variabel berbeda untuk filter yang digunakan: tanpa filter, filter sekam padi, filter sekam padi terkondensasi, dan filter busa wol udara. Untuk setiap filter, mesin akan menjalani total empat kali pengujian, yang mana kita akan memperoleh waktu pembakaran total pembakar. Hasilnya menunjukkan bahwa dari keempat filter, filter dengan bahan busa wol udara menunjukkan hasil terbaik, menghasilkan total waktu pembakaran 201 menit dibandingkan dengan waktu pembakaran terpanjang berikutnya yang dihasilkan oleh pengujian tanpa filter tanpa batasan, 128 menit. Data tersebut juga menunjukkan pengoperasian panel kontrol paling stabil dari keempat filter, serta tingkat aktivasi pembakar yang melebihi yang dihasilkan oleh keempat filter lainnya. Untuk memverifikasi data, kami melakukan pengujian lain, sekarang dalam durasi tunggal 200 menit untuk memperoleh akumulasi massa tar dan nilai porositas. Di akhir percobaan, ditemukan bahwa filter sekam padi terkondensasi memperoleh jumlah tar paling banyak pada 425 g. Namun, setelah perhitungan porositas dilakukan untuk setiap filter, ditemukan bahwa wol udara memiliki penurunan porositas paling sedikit sehubungan dengan kepadatan awal dari ketiga filter, inilah mengapa material tersebut memiliki waktu pembakaran terlama meskipun filter sekam padi terkondensasi menyaring sebagian besar tar. Sebagai kesimpulan, filter busa wol udara adalah filter terbaik untuk operasi gasifier bergerak ini, karena menghasilkan waktu pembakaran terlama dan data operasi PLC paling stabil. Sementara filter sekam padi terkondensasi adalah filter terbaik untuk menangkap produk sampingan tar. Sistem itu sendiri juga terbukti mampu menghasilkan syngas yang dapat dibakar. Untuk percobaan di masa mendatang, kami berharap beberapa langkah pengamanan akan dipasang ke dalam gasifier bergerak, serta kemungkinan otomatisasi bagian yang bergerak, dan evaluasi ulang beberapa komponen desain."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Surya Kusuma Hartono
"By 2040, Indonesia's electricity consumption is expected to double, forcing the nation to move away from its 82% reliance on fossil fuels and toward the ambitious goals of 23% by 2025 and 31% by 2050 for renewable energy. Rice husk, an agricultural waste from rice farming in Indonesia, can be converted into syngas via gasification, offering a sustainable energy solution while addressing waste management and reducing fossil fuel dependency. Gasification converts biomass into syngas (a mixture of H₂, CO, CO₂, CH₄), which can produce energy with generators or other biofuel-powered methods and can operate through autothermal (partial internal combustion) or allothermal (external heat) methods. Three main types of gasifiers exist—entrained bed, fluidized bed, and moving bed—each with unique characteristics and advantages. There are four stages of gasification: drying, pyrolysis, combustion/cracking, and reduction. The preparation of the New P3 Gasifier involves powering it up, performing system checks, and ensuring water is filled in the cyclones. To start, rice husks are loaded into the hopper, and after the rotary feeder is activated, the reactor is ignited using a blow torch. Syngas production is verified by attempting to ignite the gas, while adjustments to feed rates, blower settings, and char disposal help maintain consistent syngas output. When ending the run, feeding stops, and components are sequentially shut down, leaving only necessary parts active to remove residual ash and remaining syngas. Data obtained from this experiment is done by inserting a fixed amount of rice husks into the hopper of the gasifier for a set period of time it runs under different filters. Results obtained from this experiment is then compiled into charts and analyzed to find the optimal feed settings for the gasifier.

Pada tahun 2040, konsumsi listrik Indonesia diperkirakan akan meningkat dua kali lipat, memaksa negara ini untuk mengurangi ketergantungannya yang sebesar 82% pada bahan bakar fosil dan menuju tujuan ambisius sebesar 23% pada tahun 2025 dan 31% pada tahun 2050 untuk energi terbarukan. Sekam padi, limbah pertanian dari pertanian padi di Indonesia, dapat diubah menjadi syngas melalui gasifikasi, menawarkan solusi energi berkelanjutan sambil menangani pengelolaan limbah dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Gasifikasi mengubah biomassa menjadi syngas (campuran H₂, CO, CO₂, CH₄), yang dapat menghasilkan energi dengan generator atau metode berbasis biofuel lainnya dan dapat beroperasi melalui metode autothermal (pembakaran internal parsial) atau allothermal (panas eksternal). Ada tiga jenis utama gasifier—entrained bed, fluidized bed, dan moving bed—masing-masing dengan karakteristik dan keunggulan unik. Ada empat tahap gasifikasi: pengeringan, pirolisis, pembakaran/pemecahan, dan reduksi. Persiapan New P3 Gasifier melibatkan menyalakannya, melakukan pemeriksaan sistem, dan memastikan air terisi di dalam siklon. Untuk memulai, sekam padi dimasukkan ke dalam corong, dan setelah pengumpan putar diaktifkan, reaktor dinyalakan menggunakan obor. Produksi syngas diverifikasi dengan mencoba menyalakan gas, sementara penyesuaian laju umpan, pengaturan blower, dan pembuangan char membantu menjaga keluaran syngas yang konsisten. Saat mengakhiri proses, pemberian bahan dihentikan, dan komponen-komponen dimatikan secara berurutan, meninggalkan hanya bagian-bagian yang diperlukan untuk menghilangkan sisa abu dan syngas yang tersisa. Data yang diperoleh dari eksperimen ini dilakukan dengan memasukkan sejumlah tetap sekam padi ke dalam corong gasifier selama periode waktu tertentu di bawah berbagai filter. Hasil yang diperoleh dari eksperimen ini kemudian dikompilasi ke dalam grafik dan dianalisis untuk menemukan pengaturan umpan yang optimal untuk gasifier.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yendha Putri Wulandari
"Pemodelan kinetika oksidasi dan pembakaran bahan bakar bensin dikembangkan untuk memperoleh bahan bakar yang rendah polutan, heating value tinggi dan aman untuk mesin. Mekanisme reaksi terdiri dari 1314 reaksi elementer dan 1006 spesies. Simulasi dilakukan pada rentang temperatur 700 K - 1000 K, tekanan 5, 12 dan 40 bar, dan rasio ekivalensi 0,8; 1,0 dan 1,5. Simulasi menghasilkan profil waktu tunda ignisi, profil konsentrasi dan profil temperatur.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa waktu tunda ignisi paling cepat tercapai pada tekanan 40 bar dan temperatur 1000 K, serta rasio ekivalensi 0,8. Profil temperatur menunjukkan energi paling besar dihasilkan pada kondisi tekanan 40 bar, temperatur 1000 K dan rasio ekivalensi 0,8. Kemudian, profil konsentrasi menunjukkan bahwa rasio ekivalensi 1,5 menghasilkan polutan CO dan CO2 paling rendah tetapi juga menghasilkan polutan toluena. Penurunan konsentrasi toluena 10% menghasilkan waktu tunda ignisi lebih cepat, polutan lebih rendah dan energi lebih rendah. Penurunan konsentrasi isooktana 10% menghasilkan waktu tunda ignisi lebih lambat dan energi lebih tinggi.

Kinetic modelling of oxidation and combustion of gasoline has developed to get fuel which are low pollutant, high heating value and safe for engine. The reaction mechanism features 1314 elementary reactions and 1006 species. Simulation is conducted at range temperature 700 K - 1000 K, pressures 5, 12 and 40 bar, and equivalence ratio 0,8; 1,0 and 1,5. The simulation produces ignition delay time profiles, fuel concentration profiles and temperature profiles.
Result of simulation indicates that the fastest ignition delay time is reached at 40 bar and 1000 K, and at equivalence ratio 0,8. Temperature profiles indicate that the highest energy is produced at 40 bar, 1000 K and equivalence ratio 0,8. Then, fuel concentration profiles indicate that rich fuel mixture produces the lowest of CO and CO2 but it also produces toluene pollutant. Decreasing of 10% toluene produces faster ignition delay time, lower pollutants and lower energy. Decreasing of 10% isooctane produces slower ignition delay time and higher energy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52187
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rasyid Indy Nur Sasongko
"Dewasa ini, penggunaan bahan bakar fosil masih banyak digunakan. Penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan mampu menyebabkan emisi karbon dioksida akan menjadi meningkat dan mampu menyebabkan pemanasan global. Sehingga, Grup riset AIR mempunyai sebuah terobosan dengan menciptakan sebuah Fluid Catalytic Cracking dengan skala bench yang mampu bergerak. Namun, Fluid Catalytic Cracking memiliki kendala dimana penggunaan injektor untuk proses cracking tidak sempurna. Karena itu, Grup riset AIR mempunyai inovasi dengan menggunakan Falling Film Evaporator. Falling film evaporator digunakan untuk menguapkan umpan minyak dan memastikan umpan minyak telah terevaporasi dengan baik. Falling film evaporator mengaplikasikan Falling Liquid Film yaitu fenomena aliran yang mengalir ke arah bawah karena adanya gaya gravitasi dan membentuk sebuah film. Pengaplikasian fenomena aliran tersebut mempunyai kelebihan yaitu mampu memberikan perpindahan panas yang tinggi, koefisien perpindahan yang tinggi, dan memiliki residence time yang singkat. Perpindahan panas pada aliran falling liquid film dipengaruhi oleh hidrodinamika yang salah satunya adalah film thickness. Film Thickness menjadi salah satu pengaruh karena ketika permukaan aliran falling liquid film terbasahi secara baik dan menyeluruh maka efektivitas perpindahan panas akan baik. Sehingga diperlukan analisa hidrodinamika aliran falling film liquid dengan menggunakan parameter film thickness. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh debit aliran pada film thickness falling liquid film dengan menggunakan geometri permukaan berbentuk pipa vertikal. Penelitian ini dilakukan dengan cara membuat sebuah alat eksperimen yang menggambarkan aliran falling liquid film, pengukuran dan perhitungan film thickness dengan parameter debit aliran, dan visualisasi hidrodinamika. Diperoleh bahwa debit aliran mempunyai pengaruh terhadap film thickness falling liquid film dimana ketika debit aliran yang dialirkan semakin besar maka film thickness yang dihasilkan juga akan semakin tebal dan hidrodinamika yang dihasilkan ketika film thickness menebal adalah aliran akan semakin bergelombang. Lalu, ketika film thickness menebal maka permukaan yang dialiri oleh falling liquid film mampu terbasahi secara menyeluruh dan merata.

Currently, the use of fossil fuels is still widely used. Excessive use of fossil fuels can cause carbon dioxide emissions to increase and can cause global warming. Thus, AIR research group has a breakthrough by creating a bench-scale Fluid Catalytic Cracking that is capable of moving. However, Fluid Catalytic Cracking has an obstacle where the use of injectors for the cracking process is not perfect. Therefore, AIR research group has an innovation by using Falling Film Evaporator. Falling film evaporator is used to evaporate the oil feed and ensure the oil feed is well evaporated. Falling film evaporator applies Falling Liquid Film, a flow phenomenon that flows downward due to gravity and forms a film. The application of the flow phenomenon has the advantages of being able to provide high heat transfer, high transfer coefficient, and has a short residence time. Heat transfer in falling liquid film flow is influenced by hydrodynamics, one of which is film thickness. Film Thickness becomes one of the influences because when the surface of the falling liquid film flow is well and thoroughly wetted, the effectiveness of heat transfer will be good. So it is necessary to analyze the hydrodynamics of the falling liquid film flow using the film thickness parameter. The purpose of this research is to analyze the effect of flow discharge on the film thickness of falling liquid film using vertical pipe-shaped surface geometry. This research is conducted by making an experimental device that describes the flow of falling liquid film, measurement and calculation of film thickness with flow discharge parameters, and visualization of hydrodynamics. It was found that the flow discharge has an influence on the film thickness of the falling liquid film where when the flow discharge is greater, the resulting film thickness will also be thicker and the hydrodynamics produced when the film thickness thickens is that the flow will be more wavy. Then, when the film thickness thickens, the surface drained by the falling liquid film is able to be wetted thoroughly and evenly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faridah Salma
"Kebutuhan energi dunia terus meningkat dari tahun ke tahun, dan pembakaran bahan bakar fosil juga mempunyai pengaruh negatif terhadap lingkungan karena adanya emisi gas CO2. Hidrogen mempunyai energi hasil pembakaran yang besar per satuan massa (141,86 kJ/g) sehingga penggunaannya sebagai bahan bakar cukup potensial. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan energi terbarukan sebagai sumber energi nasional dan biomassa adalah yang paling potensial untuk menjadi energi alternatif.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka dibuatlah suatu perencanaan pabrik pembuatan hidrogen dari biomass. Pada penelitian kali ini akan dijelaskan pengendalian pada Gasifier dan Char Combustor. Untuk mendapatkan kinerja yang optimum, dilakukan penyetelan pengendali dengan metode Ziegler Nichols, Lopez, dan Default, kemudian membandingkan karakteristik pengendalian seperti nilai IAE (Integral Absolute Error) ISE (Integral Square Error), Offset, dan rise time dari ketiga jenis penyetelan tersebut.
Hasilnya pengendalian yang optimum pada unit Char Combustor adalah dengan metode penyetelan pengendali Ziegler Nichols dengan masing-masing nilai Kp dan Ti-nya adalah 0.77 dan 0.49.. Sedangkan metode yang paling optimum pada pengendalian suhu gasifier metode Lopez dengan nilai Kp dan Ti masing-masing 0.13 dan 1.46 dan untuk concentration control adalah metode Zieger Nichols dengan nilai Kp dan Ti masing-masing 180 dan 0.58.

World energy demand continues to increase from year to year, and the burning of fossil fuels also have a negative impact on the environment due to the emission of CO2. Hydrogen energy has great combustion per unit mass (141.86 kJ / g), so its use as a fuel is potential. Indonesia is one country that has a huge potential in the development of renewable energy as a source of national energy, and biomass are the most potential to become an alternative energy. In connection with this, the factory is planning to make hydrogen from biomass.
This paper will describe the process control in Gasifier and Char combustor. To get optimum performance, controllers tuned with with Ziegler Nichols method, Lopez, and Default, then compare the characteristics of such control value IAE (Integral Absolute Error) ISE (Integral Square Error), offset, and the rise time of the three types of settings.
The result is optimum control on Char combustor unit is a controller with Ziegler Nichols tuning method with its Kp and Ti each valued 0.77 and 0.49. While most optimum method of Gasifier temperature control is Lopez method with its Kp and Ti each valued 0.13 and 1.46, thus the most optimum method for concentration control is a Zieger Nichols method with its Kp and Ti each valued 180 and 0.58.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52618
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Schandra Ricardo. Marulitua
"Saat ini ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap bahan bakar fosil sangat tinggi dan nilainya selalu meningkat setiap waktunya. Padahal kebutuhan tersebut tidak mampu dipenuhi oleh kapasitas kilang pengolah minyak bumi yang saat ini ada di Indonesia. Akibatnya pemerintah Indonesia harus melakukan impor bahan baku dan produk bahan bakar. Selain itu beberapa pihak telah memprediksi bahwa jumlah cadangan minyak bumi global semakin mendekati masa akhir. Adapun dampak buruk penggunaan bahan bakar fosil terhadap lingkungan semakin memicu manusia untuk berupaya mencari alternatif dari bahan bakar fosil. Bioethanol (C2H5OH) merupakan salah satu potensi bahan bakar alternatif yang bisa didapatkan dari tanaman pati melalui proses biokimia. Mengingat Indonesia adalah negara dengan tanah yang subur, maka sumber bahan baku ini relatif mudah didapat, dan bersifat terbarukan. Bioethanol dapat digunakan dalam bentuk campuran dengan bahan bakar fosil, namun ada kecenderungan pencampuran bioethanol dengan bensin menghasilkan campuran yang tidak sepenuhnya homogen. Maka dari itu diperlukan suatu aditif yang dapat meningkatkan homogenitas campuran. Sehingga pada penelitian ini dilakukan uji penggunaan bahan bakar campuran bensin – bioethanol yang ditambahi aditif oksigenat, pada mesin spark ignition (SI). Kemudian dilakukan analisis terhadap kinerja mesin, emisi gas pembakaran, dan coefficient of variation (COV) di ruang bakar. Aditif yang digunakan yaitu cyclohexanol dan cyclooctanol dengan volume yang divariasikan. Pencampuran bioethanol dapat memperbaiki emisi gas buang, serta COV. Lalu ketika ditambahi aditif, didapat perbaikan pada specific fuel consumption (SFC) dengan emisi dan COV yang semakin membaik.

The dependency of Indonesian citizens to fossil fuel is very high and the amount were continuously increasing every time. At the same time, the capacity of oil refinery within the nation was being unable to cover the needs. As the result, the government of Indonesia have to do an import for some part of petroleum raw materials and also fuel products. Moreover, several parties had predicted that the recent global petroleum reserve were not far from its end limit of depletion. Also the environmental impact of combustion gas resulted from burning fossil fuel has further convincing people to find an alternative for fossil fuel. Bioethanol (C2H5OH) is one of potential fuel alternative which can be obtained through biochemistry process of starch plant. Considering that Indonesia is a country which has a fertile land, finding the source would not be a big problem. Bioethanol may be used in mixture form with fossil fuel, but there is a problem with homogeneity of the mixture. So that it requires an additive in which was able to increase the homogeneity of the mixture. As a result, in this research the examination were done by mixing the gasoline – bioethanol with oxygenated additives and use it as a fuel on unmodified spark ignition (SI) engine. Then going through the process of analysis for engine performances, exhaust gas emissions, and coefficient of variations (COV). The additive used is cyclohexanol and cyclooctanol in which the volume was variated. It is an evident that the use of gasoline – bioethanol mixture resulted in better exhaust emission and COV. Then the addition of additives gives a further good effect to specific fuel consumptions (SFC), exhaust emission, and COV."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nazia Hossain
"Thermal conversion of woody biomass to fuel has been intensified in recent decades due to the depletion of fossil fuels, greenhouse effect and high energy demand worldwide. Screening the potential feedstock is being considered as one of the alternatives to identifying the most suitable biomass resources prior to being converted into renewable energy in the form of solid fuels, such as charcoal and briquettes. Generally, high calorific value (CV) indicates high potential of feedstock for briquettes, torrefied wood and coal generation. In this study, CV was characterized using a bomb calorimeter that was based on 3 different ranges of moisture content (MC) that are ? 25%, 20%?25% and ? 20% for two tropical tree species, namely Azadirachta excelsa (Sentang) and Endospermum malaccense (Sesenduk), respectively. This standard method for the characterization process was considered to determine the CV. Average CV for both samples ranged between 16?17 MJ/kg. The highest CV was 17.3490 MJ/kg and 17.1273 MJ/kg for Sesenduk and Sentang, respectively and calorific values were obtained at MC less than 20%. The experimental study demonstrated that the decreasing value of MC has increased the CV because of the high value of oxygen-to-carbon (O/C) ratio in the wood; additionally, the energy density of the wood sample was also improved when CV increased. Both of these species were proved to contain the potential of being feedstock as wood fuel resources, since they carry standard CVs, obtain fast growth with suitable conditions in Malaysia and are grown at very low cost of production for plantations, fertilizer, pesticides, labor, transportation and handling."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:4 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Naufal Akbar
"

Kebutuhan energi dunia yang meningkat setiap tahunnya dan persediaan bahan bakar fosil yang semakin menipis membuat kebutuhan akan bahan bakar alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan energi tersebut. Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri telah menetapkan penggunaan biofuel di Indonesia sebagai campuran bahan bakar minyak. Tingkat campuran Biodiesel (B100) sebagai campuran bahan bakar minyak yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 15 persen untuk tahun 2015, 20 persen untuk tahun 2016, dan 30 persen untuk tahun 2020. Salah satu permasalahan utama yang terjadi dalam penggunaan biodiesel adalah kestabilan kualitas bahan bakar selama masa penyimpanan. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas biodiesel selama masa penyimpanan adalah kondisi penyimpanan dan waktu penyimpanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi penyimpanan terhadap karakteristik bahan bakar yang terkait dengan kestabilan kualitasnya selama periode penyimpanan yang ditetapkan. Kondisi penyimpanan yang digunakan pada penelitian kali ini adalah penyimpanan di dalam tangki berbahan stainless steel. Variasi kondisi penyimpanan adalah: (1) Relative Humidity (RH) Rendah, (2) RH Sedang, dan (3) RH Tinggi. Karakteristik yang diamati adalah angka asam (TAN), kadar air, dan stabilitas oksidasi yang diukur setiap 1 bulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam waktu 3 bulan terjadi penurunan stabilitas oksidasi pada ketiga variasi yang disertai dengan kenaikan angka asam dan kadar air yang disebabkan oleh pengaruh temperatur.


The world's energy needs are increasing every year and the stock of fossil fuels is increasingly depleting making the need for alternative fuels to fulfill those energy needs. The government of Indonesia through a Ministerial Regulation that regulates the use of biofuels in Indonesia as a mixture of fuel oil. The Biodiesel blend level (B100) as a fuel oil mixture set by the government is 15 percent for 2015, 20 percent for 2016, and 30 percent for 2020. One of the main problem associated with the use of biodiesel is the stability of the quality of the fuel during storage period. Several factors that has an effect to the quality of biodiesel during the storage period are storage condition and storage time. The purpose of this research is to study the effect of storage condition on fuel properties related to the stability of its quality during the specified storage period. Storage used in this study is storage in tanks made of stainless steel. Storage conditions variations are: (1) Relative Humidity (RH) Low, (2) Medium RH, and (3) High RH. The properties observed were total acid number (TAN), water content, and oxidation stability that were tested every 1 month. The results obtained indicate that within 3 months there was a decrease in oxidation stability for every variations that followerd with an increase in total acid number and water content caused by the influence of temperature.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Harimbawa
"ABSTRAK
Penggunaan bahan bakar fosil selama ini menghadirkan dua permasalahan utama, yaitu kerusakan lingkungan akibat emisi gas rumah kaca, serta persoalan ketersediaan energi. Untuk mengatasinya, penganekaragaman sumber energi menjadi agenda yang penting. Walaupun saat ini telah banyak terobosan IPTEK serta semakin menguatnya desakan untuk beralih kepada teknologi energi terbarukan, porsi bahan bakar fosil di dalam sistem energi Indonesia masih sangat tinggi. Diduga, salah satu sebabnya adalah path dependence atau alur ketergantungan yang ldquo;mengunci rdquo; teknologi dan institusi yang ada untuk terus-menerus menggunakan sumber energi fosil yang kemudian menghambat perkembangan pemanfaatan sumber energi lainnya, termasuk energi terbarukan. Hasil pengujian empiris ternyata mendukung dugaan tersebut: persistensi pemanfaatan bahan bakar fosil di dalam bauran energi Indonesia sangat tinggi. Keberadaan path dependence menyulitkan Indonesia keluar dari ketergan-tungannya terhadap sumber energi fosil.

ABSTRACT
Current fossil fuels use has created two major issues environmental damage from greenhouse gas emission and energy security. Solving these problems must involve diversification of energy sources. Development in science and technology, along with increasing demand for shifting to cleaner and renewable energy sources in the recent decades have not changed the proportion of fossil fuel in Indonesia energy mix. One explanation to this phenomenon is the existence of path dependence that locks Indonesia rsquo s technological systems and institutions into cycles of fossil fuels consumption, therefore limiting the development of alternative technologies. Empirical evidence suggests that this is the case persistence of fossil fuels in Indonesia is very high. The existence of path dependence creates barriers, making it difficult for Indonesia to get out from its dependency on oil, coal, and natural gas."
2017
T47806
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Najma
"Ketergantungan bahan bakar fosil di Indonesia memicu penggunaan biosolar dari CPO sebagai campuran bahan bakar fosil. Kebijakan ambisius pencampuran biosolar ditetapkan sebesar 20% namun hingga saat ini belum terpenuhi (12,7%) karena kualitas dari B20 yang memiliki kandungan air tinggi sehingga dapat merusak mesin kendaraan sedangkan pencampuran bioethanol belum diterapkan sama sekali dikarenakan aspek biaya. Oleh sebab itu, dibutuhkan alternatif lainnya agar dapat menaikkan penggunaan bahan bakar bersih sesuai yang diinginkan. Pada penelitian ini, dilakukan optimisasi sistem bahan bakar jangka panjang dengan minimum total biaya sistem hingga tahun 2050 menggunakan TIMES-VEDA pada spesifikasi kualitas bahan bakar tertentu yang dipengaruhi oleh ketersediaan suplai bahan baku sehingga diperoleh campuran bahan bakar yang optimum.Teknologi biofuel yang ditinjau adalah FAME, HVO, FT-Diesel, Bioethanol generasi pertama dan kedua. Hasil yang diperoleh untuk skenario IND-EURO adalah campuran FAME 50% di tahun 2020-2030 dan campuran FAME 47%-HVOSMR 53% di tahun 2035-2050. Untuk skenario EURO-SULPHUR IND di tahun 2020 adalah HVOSMR 30% sedangkan FAME 20% untuk tahun 2025-2030 dan campuran FAME 47%-HVOSMR 53% di tahun 2035-2050. Untuk skenario EURO adalah campuran FAME 47%-HVOSMR 53% di tahun 2020-2030 dan FAME 20% di tahun 2035-2050. Untuk campuran bensin semua skenario di tahun 2020 adalah Ethanol 5% dan Ethanol-Ethanol2G 20% ditahun 2035-2050. Perbedaan campuran Ethanol terjadi di skenario EURO untuk tahun 2025-2030 yaitu lebih rendah 5% sehingga pengurangan bahan bakar minyak masing-masing skenario secara berurut adalah 79%, 67% dan 55% untuk solar sedangkan 19%, 19% dan 17% untuk bensin.

Renewable fuel as a mix with petroleum fuel is one of solution to decrease the use of fossil fuels in Indonesia. The ambitious policy is to mix 20% of biosolar from CPO but until now still not meet the target (12.7%) due to the poor quality of B20 and for mix of bioethanol has not been implemented due to lack of financial support. Therefore, alternative renewable fuels are needed in order to meet the target. In this study, we apply optimization with a minimum total system cost up to 2050 using TIMES-VEDA on certain fuel quality specifications that are affected by the availability of raw material supply so that the optimum fuel blending is obtained. The biofuel technology reviewed is FAME, HVO, FT Diesel, Bioethanol first and second generation. The results obtained for the IND-EURO scenario are a blend of FAME 50% in 2020-2030 and blend of FAME 47% -HVOSMR 53% in 2035-2050. The scenario of EURO-SULPHUR IND has fuel mix HVOSMR 30% in 2020, FAME 20% for 2025-2030 and have same percentage of blend with scenario IND-EURO for 2035-2050. The EURO scenario has fuel blending of FAME 47%-HVOSMR 53% in 2020-2030 and FAME20% in 2035-2050. For all scenario gasoline blends are Ethanol 5% in 2020 and combination Ethanol-Ethanol2G 20% in the 2035-2050. Ethanol blend for scenario of EURO has 5% lower rather than other scenario in 2035-2050. Biofuel mix can reduce consumption diesel and gasoline respectively for each scenario are 79%, 67% and 55% and 19%, 19% and 17%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>