Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 109281 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rinka Apsari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi seorang konsumen untuk berpartisipasi dalam kontes online media sosial. Teori yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior, Theory of Social Exchange, dan Theory of Social Identity dalam menentukan variabelnya. Data didapatkan dari 307 responden yang disebarkan melalui media sosial di Indonesia. Model penelitian dengan sepuluh hipotesis ini diuji menggunakan Structural Equation Modelling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel experience, perceived benefit, attitude, dan perceived behavioral control memiliki hubungan positif terhadap intention to participate dengan experience memiliki pengaruh terbesar. Experience juga memiliki pengaruh positif terhadap perceived behavioral control.

This research aims to explore the factors that influences customer intention to re-participate in social media contest. This research combines Theory of Planned Behavior, Theory of Social Exchange, dan Theory of Social Identity in the proposed model. Data is obtained from 307 respondents through survey. Ten hypotheses in this model were analyzed Structural Equation Modelling-Partial Least Squares (SEM-PLS). The result showed that experience, perceived benefit, attitude, dan perceived behavioral control has a positive significant relationship with intention to participate. Also, experience holds the biggest effect on the intention and perceived behavioral control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aidya Putri Kusuma
"ABSTRAK
Media sosial berkembang sangat cepat di seluruh dunia sejak 2009. Banyak orang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi terbaru dan untuk berkomunikasi dengan yang lain, sehingga agensi pemerintah di seluruh dunia mulai tertarik untuk menggunakan media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya. Namun, masyarakat belum melihat media sosial sebagai forum yang berguna bagi mereka untuk berkomunikasi dengan pemerintah. Salah satu tujuan tertentu yang menjadi fokus bagi penelitian ini adalah alasan mengapa masyarakat mengikuti media sosial pemerintah. Mempertimbangkan penggunaan media sosial di pemerintahan, ada beberapa penelitian sebelumnya untuk memahami niat untuk terus menggunakan media sosial di pemerintahan, tapi belum ada yang meniliti tentang niat dari masyarakat untuk mengikuti media sosial pemerintah. Ada enam faktor penentu yang diajukan dan diperoleh dari Uses and Gratification Theory UGT : 1 relationship value trust in government ; 2 content value information quality dan entertaining content; 3 social value interactivity, collaboration, social influence. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari trust in government, information quality, entertaining content, interactivity, collaboration, dan social influence terhadap niat untuk mengikuti media sosial milik pemerintah. Survei secara online dilakukan di Indonesia dan 275 sampel dari masyarakat Indonesia digunakan. Structural Equation Model digunakan untuk menganalisis data. Akhirnya, penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari trust in government, information quality, collaboration dan social influence terhadap niat untuk mengikuti media social milik pemerintah. Namun, entertaining content dan interactivity tidak signifikasn terhadap niat untuk mengikuti media social milik pemerintah.

ABSTRACT
Social media grows rapidly throughout the world since 2009. Most of people use social media to get latest information and communicate with others. Government agencies around the world has begun interest to use the social media as their communication tools to the people. However, people have not seen social media as a useful forum for them to communicate with the government. One particular objective that becomes a focus for this study is the reason why are people following government social media. Consider the government social media use, there were some prior research to understand the continuance intention of social media use in government, but none of them study about the intention of citizen to follow government social media. There are six proposed determinants that obtained from the Uses and Gratifications Theory UGT 1 relationship value trust in government 2 content value information quality and entertaining content 3 social value interactivity, collaboration, social influence . Thus, this study aims to identify the influence of trust in government, information quality, entertaining content, interactivity, collaboration, and social influence towards intention to follow government social media. Online survey was conducted in Indonesia and 275 samples of Indonesian citizen were used. The Structural Equation Model was used to analyze the data. Finally, this study revealed that the positive significant direct influence of trust in government, information quality, collaboration and social influence towards intention to follow government social media. Surprisingly, the entertaining content and interactivity are not significant toward intention to follow government social media."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Redhita Putri Wijayanti
"Media sosial menjadi salah satu teknologi yang dapat digunakan oleh seseorang untuk mengakses informasi kesehatan serta meminta bantuan ataupun saran dari pengguna lainnya. Dengan menggunakan media sosial, akses terhadap informasi kesehatan menjadi lebih luas. Dibalik kemudahannya, masih terdapat permasalahan terkait reliabilitas kontennya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pencarian informasi kesehatan di media sosial. Pengumpulan data untuk penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang melibatkan 1.308 responden yang terdiri atas 772 responden perempuan dan 536 responden laki-laki. Analisis data dilakukan menggunakan metode CB-SEM dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Pengolahan data terbagi kedalam tiga kelompok data yaitu data perempuan, laki-laki, dan data keseluruhan yang kemudian akan dianalisis dengan melakukan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perceived usefulness, credibility of health information, dan availability of health information memengaruhi perceived benefit dan faktor privacy risk dan psychological risk memengaruhi perceived risk. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perceived benefits, health self-efficacy serta subjective norms memengaruhi niat pencarian informasi kesehatan di media sosial. Pengolahan data berdasarkan gender menunjukkan hasil yang berbeda pada laki-laki dan perempuan, dimana pada perceived risk hanya memengaruhi perempuan dalam mencari informasi kesehatan di media sosial.

Social media is one of the technologies that can be used by someone to access information related to health and ask for help from other users. By using social media, individuals can obtain a wide range of health information. Behind its simplicity, there are still problems regarding the reliability of its content. Therefore, this study aims to analyze the factors that influence the search for health information on social media. Data collection for the study was carried out by distributing questionnaires involving 1,308 respondents consisting of 772 female respondents and 536 male respondents. Data analysis was performed using the CB-SEM method with the help of AMOS 24. Data processing was divided into three data groups namely female, male, and overall data which would then be analyzed by comparing. The results showed that perceived usefulness, credibility of health information, and availability of health information factors affect perceived benefits, and privacy risk and psychological risk factors affect perceived risk. In addition, the results of the study also showed that perceived benefits, health self-efficacy and subjective norms influence the intention to seek health information on social media. Data processing by gender shows different results in men and women, where the perceived risk only affects women in finding health information on social media."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aidya Putri Kusuma
"ABSTRAK
Media sosial berkembang sangat cepat di seluruh dunia sejak 2009. Banyak orang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi terbaru dan untuk berkomunikasi dengan yang lain, sehingga agensi pemerintah di seluruh dunia mulai tertarik untuk menggunakan media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya. Namun, masyarakat belum melihat media sosial sebagai forum yang berguna bagi mereka untuk berkomunikasi dengan pemerintah. Salah satu tujuan tertentu yang menjadi fokus bagi penelitian ini adalah alasan mengapa masyarakat mengikuti media sosial pemerintah. Mempertimbangkan penggunaan media sosial di pemerintahan, ada beberapa penelitian sebelumnya untuk memahami niat untuk terus menggunakan media sosial di pemerintahan, tapi belum ada yang meniliti tentang niat dari masyarakat untuk mengikuti media sosial pemerintah. Ada enam faktor penentu yang diajukan dan diperoleh dari Uses and Gratification Theory UGT : 1 relationship value trust in government ; 2 content value information quality dan entertaining content; 3 social value interactivity, collaboration, social influence . Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari trust in government, information quality, entertaining content, interactivity, collaboration, dan social influence terhadap niat untuk mengikuti media sosial milik pemerintah. Survei secara online dilakukan di Indonesia dan 275 sampel dari masyarakat Indonesia digunakan. Structural Equation Model digunakan untuk menganalisis data. Akhirnya, penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari trust in government, information quality, collaboration dan social influence terhadap niat untuk mengikuti media social milik pemerintah. Namun, entertaining content dan interactivity tidak signifikasn terhadap niat untuk mengikuti media social milik pemerintah.

ABSTRACT
Social media grows rapidly throughout the world since 2009. Most of people use social media to get latest information and communicate with others. Government agencies around the world has begun interest to use the social media as their communication tools to the people. However, people have not seen social media as a useful forum for them to communicate with the government. One particular objective that becomes a focus for this study is the reason why are people following government social media. Consider the government social media use, there were some prior research to understand the continuance intention of social media use in government, but none of them study about the intention of citizen to follow government social media. There are six proposed determinants that obtained from the Uses and Gratifications Theory UGT 1 relationship value trust in government 2 content value information quality and entertaining content 3 social value interactivity, collaboration, social influence . Thus, this study aims to identify the influence of trust in government, information quality, entertaining content, interactivity, collaboration, and social influence towards intention to follow government social media. Online survey was conducted in Indonesia and 275 samples of Indonesian citizen were used. The Structural Equation Model was used to analyze the data. Finally, this study revealed that the positive significant direct influence of trust in government, information quality, collaboration and social influence towards intention to follow government social media. Surprisingly, the entertaining content and interactivity are not significant toward intention to follow government social media."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pramudito Harjo Widodo
"Maraknya situs e-commerce yang aktivitasnya meningkat akibat pandemi COVID19 menjadi bukti bahwa sifat pembelian telah berubah akibat Internet. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah mengamati faktor-faktor yang secara positif mempengaruhi niat beli ulang di Tokopedia dengan mengkaji beberapa faktor yaitu motivasi hedonis, kemudahan akses informasi online, kepercayaan online, dan persepsi harga online. Convenience sampling digunakan untuk studi ini dan sampelnya adalah pengguna Tokopedia yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan total 110 responden di seluruh wilayah Jabodetabek. Analisis kuantitatif dianalisis dengan menggunakan Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi hedonis dan persepsi harga online berpengaruh positif terhadap niat beli ulang konsumen, sedangkan kemudahan akses informasi online dan kepercayaan online tidak cukup signifikan berpengaruh positif terhadap niat beli ulang konsumen. Selain itu, ditemukan bahwa kemudahan akses informasi online berpengaruh positif terhadap kepercayaan online, dan persepsi harga online berpengaruh positif terhadap motivasi hedonis. Temuan dalam penelitian ini bermanfaat untuk penelitian lebih lanjut mengenai topik ini dan juga untuk Tokopedia untuk menilai faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi niat beli ulang konsumen terhadap layanan mereka.

The proliferation of e-commerce sites, whose activity has increased due to the COVID-19 pandemic, serves as an evidence that the nature of purchasing has changed by the Internet. Therefore, the focus of this research is to observe the factors that positively influence repurchase intention on Tokopedia by examining several factors namely hedonic motivation, ease of access to online information, online trust, and perception of online prices. Convenience sampling was used and the samples are Tokopedia users that reside in the Jabodetabek area. This research uses quantitative methods with a total of 110 respondents throughout the Jabodetabek area. The quantitative data was analyzed using Partial Least Squares’s Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results of the study showed that hedonic motivation and perception of online prices have a positive influence on consumers’ repurchase intention, while ease of access to online information and online trust was not significant enough to have a positive influence on consumers’ repurchase intention. In addition, it was found that ease of access to online information has a positive influence on online trust, and the perception of online prices does have a positive influence on hedonic motivations. The findings in this research are beneficial for further research regarding this topic and also for Tokopedia to assess factors that might influence consumers’ repurchase intention toward their services."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Egia Etha
"Pertumbuhan pesat e-Commerce di Indonesia telah menciptakan transformasi perilaku konsumen yang pada awalnya konsumen retail tradisional menjadi konsumen retail online. Merespon hal tersebut maka dibutuhkan pengetahuan akan online buying behavior yang dapat dipahami berdasarkan dua tahapan yaitu pertama adalah upaya mendorong customer online purchase intention dan tahapan kedua adalah mendorong terciptanya customer online purchase intention yang keduanya adalah sangat penting dalam menentukan kesuksesan e-Commerce. Dalam tesis ini mengkhususkan pembahasan pada Customer Online Repurchase Intention yang merupakan manifestasi atas loyalitas customer sebagai salah satu kunci untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan meningkatkan profit pada situs e-Commerce. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Customer Online Repurchase Intention pada situs e-Commerce di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Customer di Indonesia memiliki karakteristik sebagai Novelty-oriented Customer, Quality-oriented Customer, Price-oriented Customer dan Convenience-oriented Customer. Orientasi tersebut secara signifikan dan positif mendorong Customer Online Repurchase Intention. Faktor lainnya yang turut mendorong Customer Online Repurchase Intention adalah Brand Online Trust dan Prior Online Purchase Experience. Prior Online Purchase Experience, Convenience Orientation dan Brand Online Trust secara berturut-turut memberikan pengaruh terbesar pertama, kedua dan ketiga pada terciptanya Customer Online Repurchase Intention. Sebanyak 200 responden yang pernah berbelanja di situs e-Commerce di Indonesia berpartisipasi mengisi kuesioner (email maupun printed) dan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling).

The rapid growth of e-Commerce in Indonesia has created a transformation of consumer behavior that was originally a traditional retail consumers into online retail consumers. Responding to these conditions, it is important to understand the consumer online buying behavior which can be understood based on two stages: first is the customer online purchase intention and the second is the customer online repurchase intention that both are determinant of the success of e-Commerce. Customer Online Repurchase Intention as a manifestation of customer loyalty is the key factor of e-commerce sites which give direct effect on e-Commerce?s profit. Therefore, the objective of this research is to identify key factors of Customer Online Repurchase Intention toward e-Commerce sites in Indonesia.
The findings indicate that Indonesia e-Customer has characteristics such as Novelty-oriented, Quality-oriented, Price-oriented and Convenience-oriented customer. Those orientations significantly and positively encourage Customer Online Repurchase Intention. Other factors that drive the Customer Online Repurchase Intention are Brand Online Trust and Prior Online Purchase Experience. Prior Online Purchase Experience, Convenience Orientation and Brand Online Trust respectively become the important contributor to Customer Online Repurchase Intention. A total of 200 respondents who have ever shopped online on e-commerce participated to fill out an e-mail/printed questionnaire and the data analyzed using SEM (Structural Equation Modeling).
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zukhruf Firdaus Hanindra
"Tingkat kepercayaan yang cukup rendah pada informasi yang beredar di internet memengaruhi pola aktivitas masyarakat untuk melakukan verifikasi informasi secara langsung. Keberadaan Wikipedia yang memberikan fasilitas penyuntingan informasi oleh komunitas pun masih dirasa kurang menyelesaikan permasalahan tersebut. Portal Referensi XYZ menjembatani permasalahan ini dengan menyediakan informasi yang didukung oleh sumber data departemen Penelitian dan Pengembangan Perusahaan Media XYZ dari tahun 1965. Namun, walaupun terdapat kenaikan jumlah akses yang signifikan setelah diluncurkan, mayoritas lalu lintas akses tersebut berasal dari pengguna baru sehingga ada potensi berkurangnya lalu lintas akses setelah akuisisi pengguna baru menurun. Risiko ini berdampak pada hilangnya potensi Portal Referensi XYZ sebagai sumber pemasukan baru perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi pemangku kepentingan terkait mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan kembali Portal Referensi XYZ. Penelitian ini menggunakan model DMIS, TAM, ECT, dan satu variabel terhubung yaitu Subjective Norm serta metode purposive dan convenience sampling untuk mengetahui niat penggunaan kembali Portal Referensi XYZ. Setelah data didapatkan dan dianalisis, diketahui bahwa tiga dari empat asumsi faktor yang memengaruhi niat penggunaan kembali, secara berurutan dari yang paling signifikan, adalah Perceived Usefulness, Satisfaction, dan Subjective Norm. Faktor ke empat, yaitu Attitude, yang diperkirakan memiliki pengaruh signifikan ternyata dibuktikan sebaliknya. Menggunakan hasil analisis yang telah dijabarkan, pemangku kepentingan terkait dapat meningkatkan niat penggunaan kembali Portal Referensi XYZ dengan berfokus pada peningkatan ke tiga faktor yang ditemukan memiliki pengaruh signifikan.

level of trust towards information circulating on the internet affects individuals’ tendency to verify the information directly. Community edits, such as that provided by Wikipedia, were found ineffective to resolve this problem. Conversely, the XYZ Reference Portal attempts this issue by providing information sourced and supported by XYZ Media Company’s well-established research and development data which dates to 1965. Since the launch of XYZ Reference Portal, most of the traffic are sourced from new users. This carries the risk of declining trend of traffic once the new user acquisition decreases, eliminating the potential of the XYZ Reference Portal as a new source of revenue for the parent company. Thus, this research finds it important to unveil the factors that may lead to customers’ continuance intention towards XYZ Reference Portal. This research uses the DMIS, TAM, ECT model, as well as Subjective Norm as its main theoretical lens.  Data was gathered through purposive and convenience sampling, which then were analyzed quantitatively, using PLS SEM to measure significant factors affecting the Continuance Intention. The outcome shows that three out of four factors measured significantly affect Continuance Intention, sorted from the most significant are Perceived Usefulness, Satisfaction, and Subjective Norm. The fourth factor of Attitude was found insignificant toward Continuance Intention. This research offers practical implications for XYZ Reference Portal by suggesting to prioritize on the three significant factors as they are more likely to improve Continuance Intention."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Herbiyona
"Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’ endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer.

During the COVID-19, unemployment rates increased due to layoffs carried out by companies, leading many to switch to freelance work. One option for freelancers to earn income is by participating in contests on crowdsourcing platforms. In these contests, participation is crucial for its sustainability. This study aims to identify the factors that influence freelancers’ intention to participate in contests on crowdsourcing platforms. To identify these factors, the study combines the Elaboration Likelihood Model (ELM) and trust transfer theory. Data for this research is obtained from 392 respondents who are freelancers and have either participated in or are interested in participating in contests on crowdsourcing platforms. The data is analyzed quantitatively using the PLS-SEM method and qualitatively using thematic analysis. The results from both the quantitative and qualitative analyses indicate that variables such as monetary reward and contest information quality, which are part of the central route, significantly influence trust in the contest. Additionally, the results show that variables including other freelancers' endorsement, system quality, and platform reputation, which are part of the peripheral route, significantly influence trust in the platform. This study also demonstrates that there is a significant trust transfer between trust in the platform and trust in the contest. Furthermore, trust in the platform and trust in the contest significantly influence participation intention. The findings of this study aim to fill the research gap regarding contests on crowdsourcing platforms and freelancer participation in such contests. These results are also intended to provide recommendations for crowdsourcing platform developers and contest organizers to design contests effectively and encourage freelancer participation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aransandya Pangesthika Arrumy
"Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’ endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer.

During the COVID-19, unemployment rates increased due to layoffs carried out by companies, leading many to switch to freelance work. One option for freelancers to earn income is by participating in contests on crowdsourcing platforms. In these contests, participation is crucial for its sustainability. This study aims to identify the factors that influence freelancers’ intention to participate in contests on crowdsourcing platforms. To identify these factors, the study combines the Elaboration Likelihood Model (ELM) and trust transfer theory. Data for this research is obtained from 392 respondents who are freelancers and have either participated in or are interested in participating in contests on crowdsourcing platforms. The data is analyzed quantitatively using the PLS-SEM method and qualitatively using thematic analysis. The results from both the quantitative and qualitative analyses indicate that variables such as monetary reward and contest information quality, which are part of the central route, significantly influence trust in the contest. Additionally, the results show that variables including other freelancers' endorsement, system quality, and platform reputation, which are part of the peripheral route, significantly influence trust in the platform. This study also demonstrates that there is a significant trust transfer between trust in the platform and trust in the contest. Furthermore, trust in the platform and trust in the contest significantly influence participation intention. The findings of this study aim to fill the research gap regarding contests on crowdsourcing platforms and freelancer participation in such contests. These results are also intended to provide recommendations for crowdsourcing platform developers and contest organizers to design contests effectively and encourage freelancer participation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Wienda Pranata
"Online travel agent (OTA) merupakan kanal reintermediasi antara hotel dan konsumen. Pada reservasi online, konsumen bisa memilih antara kanal OTA atau langsung melalui situs e-commerce yang dimiliki oleh hotel. OTA bersaing dengan situs web hotel melalui berbagai penawaran untuk menarik konsumen. Di sisi lain, manajemen hotel ternyata merasa perlu meningkatkan kinerja web hotelnya untuk mengimbangi dominasi OTA dalam menangani reservasi online.
Penulis melakukan penelitian secara kuantitatif menggunakan sebuah model kerangka kerja teoritis generik untuk menganalisis purchase intention pada web hotel dan OTA. Pendekatan yang digunakan adalah untuk membuktikan perceived value mempengaruhi purchase intention. Hasil analisis web hotel dan OTA dibandingkan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan konsumen memilih OTA daripada web hotel.
Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan kuesioner survei yang disebarkan dalam bentuk elektronik online dan cetak. Data valid yang terkumpul sebanyak 351 sampel untuk web hotel dan 369 sampel untuk OTA dianalisis menggunakan metode PLS-SEM.Penulis menemukan bahwa perceived value mempengaruhi purchase intention pada web hotel dan OTA.
Hasil penelitian menunjukkan faktor keamanan, kemudahan pembayaran, dan harga mempengaruhi perceived value pada kedua kanal namun OTA masih lebih unggul. Sedangkan faktor-faktor yang berkaitan dengan risiko tidak mempengaruhi perceived value pada web hotel dan OTA. Namun justru web hotel unggul pada ketiga faktor ini.

Online travel agent OTA is reintermediating channel between consumers and hotels. In the online hotel reservations, consumers can choose between OTA channels or directly through e commerce sites owned by the hotel. OTA competes with the hotel 39 s web site through various deals to attract consumers. On the other hand, the hotel management felt the need of improving their own web performance to counterbalance the dominance of OTA in handling online reservation.
The researcher performed quantitative research through a generic model of theoretical framework for analyzing purchase intention of the hotel website and OTA with an approach to prove that perceived value affects purchase intention. Both the hotel website and OTA analytic results are compared to determine the factors that influence consumers making reservation via OTA than the hotel website.
The research data collection was performed using a questionnaire survey distributed in both electronic online and hardcopy form. The total of valid samples collected for the hotel website is 351 samples and 369 samples for OTA were analyzed using PLS SEM.The researcher found that perceived value affects purchase intention on the hotel website and OTA.
The results showed the security, ease of payment and price factors affect the perceived value on both channels but OTA is superior. The factors associated with risks such as product risk, cancelation policy risk, and booking problem risk do not negatively affect the perceived value of the hotel website and OTA. Whereas the hotel website is only competitive on these three factors.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>