Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 222060 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rusida Olilfa Rahayu Gumelar
"Pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, sangat berdampak pada sektor ekonomi dan pariwisata, tidak terkecuali pada perusahaan online travel agent. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer engagement terhadap brand loyalty pada aplikasi OTA Traveloka semasa pandemi COVID-19. Pengaruh customer engagement terhadap brand loyalty ini dimediasi oleh brand attachment dan customer trust. Sampel yang digunakan adalah pengguna Traveloka yang menginstall aplikasi Traveloka pada ponselnya dan pernah mengunjungi aplikasi Traveloka setidaknya dua kali semasa pandemi COVID-19 (sejak bulan Maret 2020). Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dalam mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan positif dari customer engagement terhadap brand loyalty aplikasi Traveloka semasa pandemi COVID-19. Hubungan customer engagement dan brand loyalty dimediasi secara penuh

The COVID-19 pandemic has massively affected the tourism sector worldwide and the players within that sector, particularly online travel agent companies. This quantitative research is conducted in order to understand the impact of customer engagement on brand loyalty using a case study of the Traveloka OTA during COVID-19. Existing literature also finds that this impact is mediated through brand attachment and consumer trust. Using a sample of Traveloka users that have visited the Traveloka application at least twice during the pandemic, this research utilizes the Structural Equation Modelling (SEM) methodology to arrive to the conclusion that there is no significant direct relationship between customer engagement and brand loyalty for Traveloka during COVID-19. The research finds that the relationship is positive yet indirect, and is mediated by brand attachment and consumer trust, in concurrence with the extant literature. This research finds that the impact of customer engagement on brand loyalty is mediated by brand attachment and customer trust."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Sophia Ulfa
"Komunitas merek mengalami perkembangan, yang kemudian melahirkan komunitas merek online, dicirikan dengan penggunaan internet sebagai platformnya. Perkembangan ini tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi siapa saja yang aktif di pasar, salah satunya adalah meningkatnya loyalitas pelanggan. Tak hanya itu, keterlibatan pelanggan juga merupakan diskusi utama dalam komunitas merek online yang menggambarkan pengalaman interaktif konsumen, memiliki sifat iteratif yang dapat bertindak sebagai penyebab antecedent maupun akibat consequence. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunitas merek online terhadap keterlibatan pelanggan, pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek, serta pengaruh mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengaplikasikan SEM melalui AMOS. Hasilnya adalah komunitas merek online terbukti secara positif mempengaruhi keterlibatan pelanggan, keterlibatan pelanggan terbukti secara positif mempengaruhi loyalitas merek, dan adanya peran mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia.

Brand community is experiencing growth, which then develops into online brand community, characterized by the use of the Internet as its platform. This development is not only beneficial for consumers, but also for anyone who is active in the market, one of which is increasing customer loyalty. More than that, customer engagement is also a major discussion in the online brand community that describes the interactive experience of the consumer, that has iterative nature act as an antecedent or consequence. Therefore, this study aims to prove the influence of the online brand community on customer engagement, the influence of customer engagement on brand loyalty, and the role of community loyalty as mediation in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community. This thesis is conducted using quantitative analysis by applying SEM through AMOS. The result is online brand community is proved to affect customer engagement positively, customer engagement is proved to affect brand loyalty positively, and there is mediation role of community loyalty in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51533
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Dino Putra Nurcahya
"Penelitian mengenai Pengaruh Customer Advocacy terhadap Customer Loyalty ini memiliki hasil yang berbeda dalam hal apakah konsumen harus loyal terlebih dahulu baru dapat bertindak sebagai sebagai advocacy bagi sebuah Brand, atau konsumen harus bertindak sebagai advocacy dulu, baru bisa menjadi customer yang loyal. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi sebuah Brand, mengingat partisipasi konsumen dalam berperan sebagai advokat bagi perusahaan akan mendatangkan banyak manfaat seperti penghematan biaya marketing, dan bisa digunakan sebagai basis data untuk melakukan value generating bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana customer advocacy yang diperkuat oleh customer brand engagement, bisa mempengaruhi customer loyalty. Penelitian menggunakan metode pengukuran dengan menggunakan SEM-PLS dengan metode purposive sampling serta menggunakan self adminstrtive questionnaire. Dari 300 kuesioner, kuesioner yang berhasil Kembali ke peneliti adalah sebanyak 203 responden customer perbankan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 5 dari 7 hipotesis berhasil diterima yang dapat diajukan sebagai usulan bagi alternatif strategi perusahaan perbankan

Research on the Effect of Advocacy on Customer Loyalty has different results in terms of whether consumers must be loyal first and then can act as advocacy for a brand, or consumers must act as advocacy first, then they can become loyal customers. This will certainly be beneficial for a brand, considering that consumer participation in acting as an advocate for companies will bring many benefits such as saving on marketing costs, and can be used as a database for value generating for companies. This study aims to find out how customer advocacy, which is strengthened by customer brand engagement, can affect customer loyalty. The study used purposive sampling method and using SEM-PLS to analyze the data. The questionnaire back in the researcher from 300 questionnaire, the quistioner back in the researcher was 203 banking customer respondents. The results of the study show that 5 out of 7 hypotheses have been successfully accepted which can be proposed as alternative strategies for banking companies"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Wicaksana Ospara
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer value, Perception to Founder dan customer satisfaction terhadap brand loyalty melihat dari pengaruhnya terhadap meninggalnya Steve Jobs terhadap merek Apple. Pada penelitian ini menggunakan data primer dari 165 konsumen pengguna produkproduk Apple yang membeli produk-produk Apple dalam rentang waktu kurang dari 6 bulan sebelum diadakannya penelitian ini.
Hasil penelitian dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa customer value dan Perception to Founder memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Customer value memiliki pengaruh terbesar jika dibandingkan dengan Perception to Founder terhadap customer satisfaction. Customer satisfaction juga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand loyalty.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meninggalnya Steve Jobs ternyata tidak berpengaruh kuat dibandingkan dengan customer value terhadap produk Apple dalam menunjukkan customer satisfaction yang dapat memberikan hasil akhir sebuah loyalitas merek.

This study aims to analyze the influence of customer value, Perception to Founder, and customer satisfaction to see the brand loyalty of its effect on the death of Steve Jobs to the Apple brand. In this study uses primary data from 165 consumers of Apple products users who buy Apple products in less than 6 months before this study start.
The results of studies using SEM showed that the Perception to Founder and customer value have a positive and significant impact on customer satisfaction. Customer value has the greatest effect when compared to the Perception to Founder on customer satisfaction. Customer satisfaction is also providing a positive and significant impact on brand loyalty.
Conclusions of this study was the death of Steve Jobs did not have a strong influence on customer satisfaction than the customer value. Customer satisfaction shows that can give the final results of a brand loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32246
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Tama Ulita
"ABSTRAK
Customer engagement merupakan sebuah keadaan dimana level fisik, kognitif,
dan emosional customer muncul karena hubungannya dengan suatu organisasi
atau perusahaan. Customer engagement dapat terbentuk dari faktor brand
relationship terkait seperti komitmen, kepuasan dan kepercayaan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer engagement yang dilakukan oleh
Nike pada Nike Running Application terhadap brand loyalty pada sepatu Nike. Di
samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur masing-masing dimensi
dari customer engagement seperti cognitive, emotional, behavioral (participation)
terhadap brand loyalty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswa FISIP UI. Analisis yang
digunakan pada penelitian ini yaitu dengan regresi linier sederhana. Hasil
penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh antara customer engagement dan
brand loyalty dan penelitian ini juga menunjukan bahwa pada masing-masing
dimensi variabel customer engagement seperti cognitive, dan behavioral
(participation) tidak memiliki pengaruh nyata (signifikan) terhadap brand loyalty,
sedangkan dimensi emotional memiliki pengaruh terhadap brand loyalty.

ABSTRACT
Customer engagement is a situation where physical, cognitive, and emotional
level of customers appear as the result of their relationship with an organisation or
company. Customer engagement could be formed from related brand relationship
factors such as commitment, satisfaction, and trust. The purpose of this research is
to understand the influence of customer engagement through Nike Running
Application to the brand loyalty toward Nike's shoes. Moreover, this research also
to measure each dimension of customer engagement such as cognitive, emotional,
behavioral (participation) toward brand loyalty. This research is using quantitative
approach by giving questionnaire to 100 university student of FISIP UI . The
analysis used in this research is simple linear regression. The result of this
research shows there is a relationship between customer engagement and brand
loyalty. The result showed that in every dimension variable of customer
engagement such as cognitive and behavioral (participation) doesn?t have
significant influence toward brand loyalty, while emotional dimension has
influence toward brand loyalty."
2015
S61012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delia Firka Ayyar
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand authenticity terhadap Brand trust serta peran Brand trust sebagai mediator dalam membangun Brand Affect dan Brand loyalty pada konsumen brand HMNS di Jabodetabek. Penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa brand authenticity memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang kuat antara brand dengan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang merupakan konsumen brand HMNS di Jabodetabek. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan mengedepankan kriteria usia minimal 18 tahun dan pengalaman konsumsi terhadap brand HMNS. Total sampel yang terkumpul adalah 149 responden. Hipotesis di uji dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand authenticity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand trust. Kemudian, Brand trust berpengaruh signifikan terhadap Brand Affect dan Brand loyalty.

The purpose of this research is to cognize the influence of brand authenticity on Brand trust and the mediating role of Brand trust in building brand affect and brand loyalty among HMNS brand consumers in Jabodetabek. This study is based on the understanding that brand authenticity plays a crucial role in establishing a strong relationship between the brand and consumers. A survey method was employed, utilizing questionnaires distributed to HMNS brand consumers in Jabodetabek. The sampling was conducted purposively, with a minimum age requirement of 18 years and experience in consuming the HMNS brand. A total of 149 respondents participated in the study. The hypotheses were tested using Struktural Equation Modeling (SEM). The findings of the study indicate that brand authenticity has a significant influence on brand trust. Additionally, brand trust significantly affects both brand affect and brand loyalty. Furthermore, brand authenticity indirectly affects loyalty through brand trust. These results highlight the importance of brand authenticity in building a strong relationship with consumers. The findings have practical implications for brand communication and marketing strategies, emphasizing the need for brands to emphasize authenticity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmah Syafira
"Persaingan e-commerce di Indonesia mengharuskan perusahaan e-commerce untuk membuat strategi baru untuk dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Gamification diyakini memiliki pengaruh yang kuat untuk dapat menarik dan melibatkan konsumen sehingga konsumen loyal terhadap sebuah e-commerce. Tesis ini membahas pengaruh gamification terhadap brand loyalty pada e-commerce di Indonesia melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kepada 200 responden pengguna kuis Shopee.
Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Dalam penelitian ini terdapat tiga model penelitian, yaitu pertama pengaruh gamification terhadap brand loyalty secara langsung, kedua pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan ketiga pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating.
Hasil penelitian membuktikan gamification berpengaruh terhadap brand loyalty secara langsung; gamification berpengaruh terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening; dan customer satisfaction tidak dapat memoderasi pengaruh antara customer engagement dengan brand loyalty. Pada praktiknya e-commerce dapat menerapkan gamification dengan menggunakan elemental tetrad model untuk meningkatkan loyalitas konsumen sehingga perusahaan dapat bersaing dan mengembangan bisnis. Selain itu, segmentasi responden dapat dipertimbangkan untuk mengukur karakteristik dari pengguna sebuah gamification sehingga dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam penerapan tipe gamification yang tepat.

The competition of e-commerce in Indonesia requires e-commerce companies to create new strategies to be able to maintain consumer loyalty. Gamification is believed to have a strong influence to attract and engage consumers so that consumers are loyal to the e-commerce. This thesis discusses the effect of gamification on brand loyalty in e-commerce in Indonesia through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable. The approach used in this study uses quantitative approach with 200 respondents Kuis Shopee users.
Data analysis method is done by using descriptive analysis and path analysis. In this study there are three research models, firstly the effect of gamification on brand loyalty directly, secondly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and thirdly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable.
The results of the study prove that gamification directly affects brand loyalty; gamification has an effect on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable; and customer satisfaction cannot moderate the influence between customer engagement and brand loyalty. In practice e-commerce can apply gamification by using elemental tetrad model to increase consumer loyalty so that companies can compete and develop the business. In addition, segmentation of the respondent can be considered to measure the characteristics of gamification users so that it can be used as a reference for companies in applying the right type of gamification.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55307
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhifa Rizqy Audeta
"Tingginya tingkat persaingan bisnis di Indonesia sebab semakin banyak alternatif brand skincare. Generasi Z dinilai memiliki daya beli yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya, yang membuat mereka lebih sadar akan harga dan mengurangi nilai loyalitas terhadap suatu merek. Penelitian ini fokus pada pengaruh Customer Perceived Value (X1) dan Competitive Advantage (X2) terhadap Customer Loyalty (Y) dengan Trust (M) sebagai mediasi pada Generasi Z pengguna brand Skintific di Indonesia. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner kepada 220 responden, hasil analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) menunjukkan bahwa Customer Perceived Value dan Competitive Advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty melalui peran Trust sebagai mediasi. Temuan ini memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan, khususnya pada Generasi Z di dalam pasar skincare, memberikan pandangan yang berharga bagi perkembangan merek Skintific.

With a surge in skincare brand alternatives, Indonesia's business landscape witnesses heightened competition. Generation Z, characterized by lower purchasing power, prioritizes price consciousness, leading to reduced brand loyalty. This study focuses on examining the influence of Customer Perceived Value (X1) and Competitive Advantage (X2) on Customer Loyalty (Y) among Generation Z users of the Skintific brand in Indonesia, with Trust (M) serving as a mediating factor.Through a quantitative method involving 220 respondents and questionnaire analysis, Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS) reveals that Customer Perceived Value and Competitive Advantage significantly and positively impact Customer Loyalty, mediated by Trust. These findings provide a comprehensive understanding of factors influencing customer loyalty, particularly within the Generation Z skincare market, offering valuable insights for the development of the Skintific brand."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aveline Leonadiputri
"Tesis ini menganalisa pengaruh customer perceived value, brand trust, dan brand affect terbadap brand loyalty. Studi ini adalah riset kuantitatifyang menggunakan data primer melalui kuesioner yang disebarkan ke pengguna telepon genggrnn di Jakarta. Desain riset ini adalab riset desktiptif yang menggunakan metode analisa regresi sederbana. Hasil penelitian ini menunjukkan babwa teradapat hubungan yang positif dan signifikan antara customer perceived value, brand trust, dan brand affect dalam membangun brand loyalty.

This thesis analyzed the effect of customer perceived value, brand trust, brand affect to build brand loyalty. This research is a quantitative research which uses primary data through questionaire from mobile phone users in Jakarta. The design of this research is a descriptive research which use simple regression method. The results of this research show that there is a positive and significant relationship between customer perceived value, brand trust, and brand affect to build brand loyalty.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T 27212
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Juliyana Indah Purmita Sari
"Sebuah perusahaan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk mendapatkan pembeli baru dibanding dengan menjaga pembeli lama untuk terus membeli produknya. Pembeli yang berulang atau loyal terhadap produk tertentu sering kali membuat keputusan berdasarkan citra merek produk tersebut. Tulisan ini akan menguraikan seberapa pentingnya loyalitas dalam suatu brand, dan bagaimana cara untuk dapat membentuk hal tersebut. Menurut Griffin dalam Melka, 2012 loyalitas pelanggan adalah wujud pembelian berulang pada produk atau jasa bagi semua orang sebagai bentuk dari pengaruh kompetisi. Sedangkan citra merek menurut Keller 2008 yaitu, ldquo;consumer rsquo;s perception about a brand, as reflected by the brand associations held in consumer memory';. Keller juga menjelaskan bahwa citra merek dapat membuat pelanggan memilih satu dari seluruh produk yang ditemukan. Jika citra tersebut dapat dibentuk dengan baik dapat dikatakan akan terbentuk loyalitas dari konsumen yang merasa puas akan produk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan studi literature yang menjelaskan pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan dari sudut berbagai brand. Kasus yang dianalisis adalah brand Iphone, The Body Shop, dan Garuda Indonesia.

A company costs more to get new buyers, compared to keeping old buyers to keep buying their products. Repeat or loyal buyers often make choice based on the brand image. This paper will tell how much the impact of loyalty in a brand, and how to able to shape it. According to Griffin in Melka, 2012 , customer loyalty is a form of repeat purchases on products or services for everyone as a form of competitive influence. The brand image according to Keller 2008 , is 'consumer perception of a brand, as reflected by the brand addociations owned by consumers'. Keller 2008 explains about the brand image can make customer choose the one of all products that found. If the image can be formed properly, it can be said will form the loyalty of consumers who are satisfied at the product. The method used in this research is by using literature study which is explains the influence of brand image to customer loyalty from various brands. Cases analyzed were Iphone, Body Shop, and Garuda Indonesia"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>