Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 230276 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shafira Tania Khairani
"Penting bagi pemasar untuk memahami konsumen agar mampu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Tingkah laku konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun faktor individualitas konsumen merupakan salah satu faktor yang paling menentukan. Salah satu faktor individualitas yang paling banyak diteliti adalah mengenai gaya pengambilan keputusan konsumen, yang dianggap sebagai “tipe kepribadian konsumen”. Studi-studi terdahulu menunjukkan adanya pengelompokkan kepribadian secara geografis dan pengaruh spasial pada tingkah laku membeli. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin mencari tahu kontribusi tiap tipe kepribadian serta peran spasial terhadap gaya pengambilan keputusan konsumen di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada N = 500 penduduk dewasa muda yang tersebar di 42 kecamatan Jakarta dengan menggunakan alat ukur Consumer Style Inventory (Sproles & Kendall, 1986) dan Big Five Inventory-44 (John dkk., 1991) yang telah diadaptasi. Hasil analisis Pearson’s correlation dan regresi berganda menunjukkan adanya kontribusi signifikan lima tipe kepribadian terhadap gaya pengambilan keputusan. Selain itu, pengujian autokorelasi spasial (Moran’s I) menunjukkan hubungan spasial yang sangat rendah terhadap gaya pengambilan keputusan (rata-rata r = 0,11, pseudo p-value = 0,001) pada penduduk dewasa muda DKI Jakarta.

It is essential for marketers to understand their consumers so that they can develop the best and most suitable marketing strategies. Fundamentally, consumer behavior is influenced by many factors, but the consumer individuality is one of the most prominent factor. One of the individual factors is consumer decision-making styles, which often considered as “consumers’ personality”. Previous studies have shown that personality traits are geographically clustered and there is spatial influence on consumption behavior. Based on these studies, current study aimed to find the spatial effect on consumer decision-making styles and how personality traits contribute to each styles. This study is done towards N = 500 young adult Jakarta residents that spread across 42 districts, which data is collected by using Consumer Style Inventory (Sproles & Kendall, 1986) and Big Five Inventory (John dkk., 1991). Analysis examination using Pearson’s correlation and multiple regression showed significant contributions of five personality traits on each of eight decision-making styles. Moreover, Moran’s I spatial autocorrelation analysis showed that there is very low spatial effect on consumer decision-making styles (mean r = 0,11, pseudo p-value = 0,001) of DKI Jakarta residents."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Noer
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
S26366
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yhonatan Peranto
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi para konsumen jasa transportasi kereta api khususnya di Jabodetabek dalam niat pembelian/ penggunaan jasa transportasi kereta api. Niat pembelian dijelaskan oleh beberapa variabel: kualitas layanan (dalam dimensi SERVQUAL), kepuasan konsumen, perceived cost, nilai jasa transportasi, switching cost, dan alternative attractiveness. Penelitian menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), yang menemukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi niat pembelian kosumen jasa transportasi adalah variabel nilai jasa. Variabel ini sangat berperan penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang usaha transportasi kereta api di Indonesia.

This study aims to determine the factors that affect consumers, especially railway transport services in Greater Jakarta in purchase intent / use of rail transport services.Purchase intentions is explained by several variables: service quality (SERVQUAL dimensions), consumer satisfaction, perceived cost, the value of transportation services, switching costs, and alternative attractiveness. This research is done using Structural Equation Modeling (SEM), which found that the factors that most influence purchase intentions customers in the transportation service is the value of services variable. This variable is essential for companies engaged in the business of railway transportation in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32274
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Silaban, Johanna R D
"

Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan salah satu sektor industri yang berpotensi berkembang di Indonesia. Salah satu subsektornya, home care industry, diperkirakan akan tumbuh pasca situasi pandemi. Akibat adanya tren yang disruptif, FMCG terpaksa mengadopsi model operasional yang menghasilkan penghematan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan teknologi smart sensor terbaik untuk digunakan di pabrik produk hygiene, khususnya untuk proses capping, serta dimensi dan kriteria terpenting untuk melakukannya. Best - Worst Method (BWM) dan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) digunakan dalam penelitian ini masing – masing untuk mengukur bobot dimensi dan kriteria serta mengevaluasi teknologi alternatif. Pemilihan teknologi yang akan dievaluasi dengan mempertimbangkan 23 kriteria yaitu vision sensor, color sensor, dan photoelectric sensor. Penelitian tersebut mengarah pada rekomendasi teknologi yang dikenal sebagai smart color sensor dengan faktor paling penting untuk dipertimbangkan adalah produktivitas, manfaat yang diharapkan, dan kemudahan pengujian


Fast Moving Consumer Goods (FMCG) is one of the industrial sectors that has the potential to develop in Indonesia. One of its subsectors, the home care industry, estimated will grow post-situation pandemic. As a result of disruptive trends, FMCG is forced to adopt an operational model that yields savings cost. The purpose of this research is to determine the best smart sensor technology for use in hygiene product factories, especially for the capping process, as well as the most important dimensions and criteria for the thing to do so. Best - Worst Method (BWM) and Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) were used in this study respectively to measure weight dimensions and criteria and evaluate alternative technologies. Selection of technology to be evaluated by considering 23 criteria that is vision sensors, color sensors, and photoelectric sensors . The research led to known technology recommendations such as smart color sensor with the most important factors to consider being productivity , expected benefits, and convenience testing 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggia Dian Indirawati
"Penelitian ini menggali tentang proses pengambilan keputusan pada sejumlah informan yang menjadi konsumen dan non-konsumen di event Float 2 Nature. Peneliti ingin melihat apa saja alasan-alasan sehingga mereka memutuskan untuk menjadi konsumen atau menjadi non-konsumen dalam event tersebut karena produk yang menjadi bahan penelitian termasuk produk high involvement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi proses-proses pengambilan keputusan dari tahap pemahaman kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pengambilan keputusan dan perilaku pasca pembelian. Hasilnya adalah ternyata remaja-dewasa cukup bertanggung jawab dengan perannya. Remaja-dewasa tersebut memahami kewajibannya sebagai mahasiswa, sebagai karyawan. Remaja-dewasa memahami kebutuhan primer dan sekunder mereka. Dapat dilihat bahwa yang menjadi konsumen pada event tersebut adalah informan yang sudah "matang" dan bekerja lebih dari tiga tahun. Dan yang tidak menjadi konsumen adalah remaja-dewasa yang baru memasuki dunia kerja, dan belum terlalu "matang: dari segi usia.

This research dig on the decision-making process on a number of informants who become consumers and non-consumers in the event Float 2 Nature. Researchers want to see any reasons that they decided to become a consumer or non-consumer be in the event because the products are a subject of research including high involvement product. This study used a qualitative approach. These results indicate that there is a process of decision-making stage of understanding the needs, information search, evaluation of alternatives, decision-making and postpurchase behavior. The result turned out that adolescent are responsible enough with his role. Those adolescent understands its an obligations as a student and as an employee. Those adolescent understand the needs of their primary and secondary. It can be seen that the consumer in the event was the informant who already 'mature' and work more than three years. Beyond that is those are just entering the world of work , and not too 'mature' in terms of age.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44588
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riski Gabriel
"Suasana toko sangat memengaruhi emosi seseorang ketika sedang berbelanja. Lingkungan toko yang padat akan mengakibatkan pelanggan toko berdesakkan sehingga menghasilkan fenomena butt-brush effect, yaitu perasaan tidak nyaman ketika tersentuh dari belakang. Jurnal ini membahas mengenai pengaruh fenomena butt brush effect terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian. Data-data diambil dari buku- buku dan jurnal-jurnal terdahulu. Hasil dari studi literatur yang telah dilakukan adalah butt-brush effect terjadi dikarenakan atmosfer toko yang tidak baik sehingga menciptakan pengalaman belanja yang kurang mengenakkan yang akhirnya akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian mereka.

The shop atmosphere highly influences people's emotions when shopping. The crowded shop environment will cause the shop customers to squeeze together, resulting in a butt- brush effect phenomenon, which is a feeling of discomfort when touched from behind. This journal discusses the effect of the brush effect on customer satisfaction and purchasing decisions. The data are taken from previous books and journals. This literature study resulted in a negative influence on consumer satisfaction and buying decisions caused by unpleasant shopping experiences due to the butt brushes phenomenon in a bad shop atmosphere."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Moerika M.
"Keputusan untuk menikah pada dasarnya merupakan keputusan yang sulit, kompleks dan penuh pertimbangan sehingga tidak mudah bagi individu untuk melakukannya. Sulitnya seorang individu untuk memutuskan menikah tentu merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Hal tersebut bertambah kompleks bila menghadapi kenyataan dimana pasangan tersebut berbeda keyakinan. Ada beberapa pilihan solusi yang dapat diambil yaitu, salah satu dari pasangan tersebut mengubah keyakinannya mengikuti keyakinan pasangannya yang lain (konversi agama). Pilihan untuk berpindah keyakinan, tentu memerlukan pertimbangan yang besar dalam pengambilan keputusan bagi individu tersebut. Hal itu dikarenakan selain melakukan pengambilan keputusan untuk menikah, individu tersebut juga melakukan pengambilan keputusan untuk melakukan konversi agama sesuai keyakinan pasangan untuk menikah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran proses pengambilan keputusan pada individu yang telah memasuki tahap dewasa muda yang melakukan konversi agama karena pernikahan dan melihat faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan tersebut.. Penelitian ini menggunakan teori pengambilan keputusan Janiss dan Mann (1977) yang terdiri dari penilaian terhadap masalah, mencari alternatif pilihan membuat komitmen dan mempersiapkan diri menghadapi umpan balik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.
Metode kualitatif dianggap tepat dalam penelitian ini dikarenakan peneliti ingin mendapatkan gambaran yang mendalam tentang proses pengambilan keputusan melakukan konversi agama menurut individu yang menjadi partisipan dalam penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah individu dalam tahap perkembangan dewasa muda, karena dalam tahap ini individu memiliki kebutuhan akan adanya intimasi (pernikahan). Partisipan berada pada rentang usia 20-40 tahun. Terdapat tiga orang yang dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Dan ketiganya telah melakukan konversi agama. Dalam tahapan pengambilan keputusan yang mereka lakukan, mereka tidak melewati tahap kedua dari teori Janiss dan Mann, yaitu mempertimbangkan alternatif. Faktor yang paling mempengaruhi secara dominan adalah faktor lingkungan.

It is normal when people is faced by choices in their lives. Every choices their facing need solution, so they can choose one of the best option. The process of finding the solution are decision making. Decision making itself are normal things that people do. The decision making can be applied for simple things or a more complex thing. One of the complex things that need a decision making is a decision for getting married. Married is a relationship between a man and a woman that are socially admit, and it?s consist a sexual relationship, child care, and a diversity role between man and wife. Marriage is a bond between a man and a woman, not only physically but spiritually. In marriage, an individual relationship are legalized by a social institutional.
A decision for getting married basically are a difficult and complex decision, and it?s not easy for doing it. Because in marriage people are tend to commit with someone in a long term relationship. Being married become more difficult when they?re facing the facts that their couple are having a different religion view with them. There are few option that can be a solution for the problem. One of it are changing the religion. It?s more complicated decision, because the person not only have to make a decision for getting married, but also has to change the religion for marital reason.
This research are purposed to have the potrayal of the process of the decision making that young adulthood commence for marital reason. This potrayal include the dominant factor that influence the process. The research based from the theory of Janiss and Mann (1977) that consist the stages of the decision making process that include identifying the problem, searching for an alternative, making a commitment, and prepare for feedback. The method that used for this research is qualitative type.
This method are used for having a deep potrayal from the subject that become a participant of the research. The participant of the research are young adulthood between 20-40 year. There are three subject that used for this research. And all of them are already do the changing religion view for marital reason.In this research, the participants didn?t do the second step of decision making process, searching for an alternative. The dominant factor for the decision is circumstances."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nani Asna Dewi
"Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di rumah sakit yang salah satu misinya adalah Memberikan pelayanan berbasiskan continoum of care throughout life cycle dimana berpikir kritis merupakan komponen penting dari perawatan. Perawat sering dihadapkan pada situasi kompleks, menuntut penilaian akurat, tepat dan merupakan sebuah proses pembelajaran terus menerus. Secara profesional kemampuan Berpikir kritis adalah faktor utama dari akuntabilitas profesional dan asuhan keperawatan yang berkualitas berikut kemampuan pengambilan keputusan klinis oleh karenanya perawat dituntut untuk dapat berpikir kritis dalam hal memproses data pasien yang kompleks dan membuat keputusan yang cerdas mengenai perencanaan dan pengelolaan asuhan keperawatan, problem solving dan clinical judgment.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan berpikir kritis dan pengambilan keputusan klinis dengan kualitas timbang terima di Rumah Sakit Fatmawati. Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan menyebarkan kuesioner kepada 221 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara menetapkan jumlah sampel yang memenuhi kriteria inklusi, kemudian diberikan kuesioner hingga terpenuhi jumlah sample, dan melakukan penelitian pada setiap sampel yang terpilih. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson's.
Hasil penelitian didapatkan ada hubungan hubungan berpikir kritis dan pengambilan keputusan klinis dengan kualitas timbang terima (p val= 0,001; r =0,384; α= 0,05) pengambilan keputusan klinis (p val= 0,001; r =0,247; α= 0,05). Karakteristik pasien berupa umur, masa kerja pendidikan, jenis kelamin, dan kelas rawat tidak berhubungan dengan kepuasan pasien (p= 0,0005; 0,005;0,001; dan 0,789; α= 0,05). Hasil penelitian didapatkan data bahwa peningkatan kualitas timbang terima dapat dipengaruhi paling besar oleh pendidikan sebanyak 3 kali lipat. Sehingga pendidikan merupaka faktor utama dalam meningkatkan kualitas asuhan keperawatan di rumah sakit.

Nursing is an integral part of health care in a hospital which is one of its missions. Providing continoum of care-based services throughout a life cycle where critical thinking is an important component of care. Nurses are often faced with complex situations, demanding accurate, precise assessment and a continuous learning process. Professionally the ability of critical thinking is the main factor of professional accountability and quality nursing care following the ability of clinical decision making therefore nurses are required to be able to think critically in terms of processing complex patient data and making intelligent decisions regarding planning and management of nursing care, problem solving and clinical judgment.
This study aims to identify the relationship of critical thinking and clinical decision making with the quality of weighing at Fatmawati Hospital. The study design used a cross sectional approach by distributing questionnaires to 221 patients. Sampling uses a random sampling technique by determining the number of samples that meet the inclusion criteria, then given a questionnaire until the number of samples is met, and conducting research on each selected sample. Data were analyzed using Pearson's correlation test.
The results showed that there was a relationship between critical thinking and clinical decision-making with the quality of accepting weight (p = 0.001; r = 0.384; α = 0.05) clinical decision making (p val = 0.001; r = 0.247; α = 0.05 ) Patient characteristics in the form of age, years of education, sex, and care class were not related to patient satisfaction (p = 0,0005; 0,005; 0,001; and 0,789; α = 0,05). The results of the study found that the increase in the quality of weighing can be influenced most by education three times. So that education is the main factor in improving the quality of nursing care in hospitals.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
T53234
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Financial decisions across the lifespan brings together the work of scholars from various disciplines (family and consumer sciences, economics, law, finance, sociology, and public policy) to provide a broad range of perspectives on financial knowledge, financial decisions, and policies. For consistency across the volume each chapter follows a similar format : (1) what individuals know or need to know (2) how what they know or need to know affects financial decisions and outcomes (3) ways in which policies or programs or financial innovations can enhance their knowledge, or decisions, or outcomes. Contributors will provide both new and existing research to create a valuable picture of the state of financial literacy and how it can be improved."
New York: Springer Science, 2012
e20396015
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Deny Rakhmawati
"Program KB dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. program ini terutama untuk ibu grande mutipara. Pengambilan keputusan kontrasepsi ibu grande multipara dipengaruhi beberapa faktor: Akses pelayanan, pengetahuan, peran pasangan, bias gender, agama dan kepercayaan, sosial kultural.
Tujuan penelitian mengeksplore faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan Kontap ibu grande multipara. Desain penelitian cross sectional untuk menganalisa faktor-faktor yang melatar belakangi ibu grande multipara menentukan pilihan kontrasepsi yang sesuai. Sampel penelitian 58 responden.
Hasil penelitian ada hubungan yang signifikan antara faktor: bias gender, pengetahuan, peran pasangan, akses pelayanan, sosial kultural dengan pengambilan keputusan penggunaan Kontap. Faktor agama dan kepercayaan hasil penelitian ini tidak ada hubungan signifikan dengan pengambilan keputusan penggunaan Kontap. Faktor dominannya adalah pengetahuan dan bias gender, pengaruhnya 14,6%.
Rekomendasi perlunya meningkatkan pengetahuan kontrasepsi ibu grande multipara dan bias gender dalam pengambilan keputusan penggunaan kontrasepsi.

Family planning programs can control the rate of population growth. This program specially for grande multiparous. Contraception decision making for grande multiparous influenced by several factors: accsess service, knowledge, role of partner, refraction gender, religion and belief, social culture.
The purpose of Research to explore the factors that influenced decision of Grande multiparous who use tubectomy technic. Research design : The crosssectional is used to analyze the background factors grande multiparous that determinane the compatible contraceptive choice. The sample of research is 58 respondents.
Result : there is a significant relationship between factors : accsess service, knowledge, role of partner, refraction gender, social culture and decisioan making tubectomy. the religion and belief factors in the results of this research there is no significant relationship with decision- making for Tubectomy. The dominat factors is knowledge and refraction gender influence 14,6%.
Recommendation : Improving contraceptive knowledge grande multiparous and refraction gender in decisioan making contraseptive use.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
T43140
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>