Ditemukan 173711 dokumen yang sesuai dengan query
Anastasia Velda Demetria Raharjo
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunitas merek (brand community) Pigeon Teens atau dikenal dengan Teens Club memanfaatkan pendekatan digital dalam membangun loyalitas merek pada segmen remaja di Indonesia. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data survei terhadap 30 anggota komunitas Teens Club. Variabel yang diteliti mencakup brand community identification, digital community engagement, dan brand loyalty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand community identification,memiliki pengaruh signifikan terhadap digital community engagement, yang pada akhirnya meningkatkan brand loyalty. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak responden, mengeksplorasi faktor eksternal, dan menggunakan desain longitudinal guna memahami dinamika komunitas merek dalam jangka panjang.
This study aims to analyze how the brand community of Pigeon Teens, known as Teens Club, utilizes digital approaches to build brand loyalty among the teenage segment in Indonesia. A quantitative approach was applied, using survey techniques to collect data from 30 members of the Teens Club community. The variables studied include brand community identification, digital community engagement, and brand loyalty. The results show that brand community identification significantly influences digital community engagement, which subsequently enhances brand loyalty. Future studies are recommended to involve larger sample sizes, explore external factors, and adopt a longitudinal design to better understand the dynamics of brand communities over time."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Johan Wahyudi
"Loyalitas terhadap suatu merek merupakan salah satu tujuan akhir yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan terhadap para audiensnya. Strategi pemasaran digunakan untuk membantu tercapainya tujuan tersebut melalui bentuk-bentuk promosi yang ditujukan secara langsung kepada individu maupun kelompok tertentu. DotA 2 menjadi salah satu game online yang meraih pencapaian paling besar dalam kategori game MOBA melalui perhelatan turnamen terbesar mereka The International yang diadakan setiap tahunnya. Perhalatan The International digunakan oleh DotA 2 sebagai bagian dari strategi pemasarannya dengan menggunakan turnamen tersebut sebagai bagian dari event marketing untuk membangun interaksi langsung dengan para pemain dan penikmatnya dari seluruh dunia. The International juga hadir sebagai bagian dari community marketing yang digunakan untuk menyasara secara spesifik komunitas dari game DotA 2 itu sendiri untuk membangun kedekatan serta menjadikan mereka bagian dari promosi yang dilakukan untuk membangun suatu loyalitas pada game tersebut.
Loyalty to a brand is one of the ultimate goals to be achieved by a company to its audience. Marketing strategies are used to help achieve these goals through promotional forms aimed directly at specific individuals or groups. DotA 2 is one of the online games that achieved the greatest achievement in the MOBA category through their biggest tournament event, The International, which is held annually. The International is used by DotA 2 as part of its marketing strategy by using the tournament as part of event marketing to build direct interaction with players and fans from around the world. The International is also part of community marketing which is used to specifically target the community of the DotA 2 game itself to build closeness and make them part of the promotion carried out to build loyalty to the game."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Yogi Prabowo
"Industri otomotif saat ini semakin berkembang. Berdasarkan data statistik Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pencapaian penjualan kendaraan bermotor khususnya roda empat pada tahun 2013 lalu mencapai 1.226.901 unit (domestic auto market & export import category) atau ada kenaikan sebesar 10% jika dibandingkan tahun 2012 yaitu 1.116.230 unit. Namun tahun 2015 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, salah satu penyebabnya dari siklus hidupnya (lifecycle) yang sudah masuk tahap dewasa (maturity). Berbagai program telah dikembangkan dan diimplementasikan untuk meningkatkan customer loyalty. Namun, jenis loyalty program yang diperlukan tetapi tidak cukup untuk meningkatkan customer loyalty dari berbagai sisi.
Kepentingan penelitian di brand community diawali oleh fakta bahwa brand community membantu perusahaan untuk menarik konsumen individu dan untuk memperkuat customer relationship. Penelitian ini dibuat untuk menganalisa pengaruh trust dan affect terhadap sebuah brand community dalam komitmen dari brand community, dan menguji melalui suatu mekanisme komitmen dalam brand community yang dapat meningkatkan loyalty behaviors. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara signifikan dan positif. Sampeldari 160 responden anggota Toyota Fortuner Club of Indonesia yang ikut berpartisipasi mengisi kuesioner (online dan offline). Dan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling).
The automotive industry is currently growing. Based on statistical data Gaikindo (Indonesian Automotive Industry Association), the achievement of sales of four-wheeled motor vehicles, especially in 2013 and reached 1,226,901 units (domestic auto market and export import category) or there is an increase of 10% when compared to the year 2012 is 1,116. 230 units. However, 2015 has decreased compared to previous years, one of the causes of the life cycle (lifecycle) which has entered the mature stage (maturity). Various programs have been developed and implemented to increase customer loyalty. However, the type of loyalty program necessary but not sufficient to improve customer loyalty from all sides. Brand research interests in the community initiated by the fact that the brand community helps companies to attract individual consumers and to strengthen the customer relationship. This study was made to analyze the influence trust and Affect towards a community brand in the commitment of the brand community, and investigate through a mechanism in the brand community commitment to increase loyalty behaviors. Results from this study showed significant and positive. A sample of 160 respondents member of the Toyota Fortuner Club of Indonesia who participated fill out a questionnaire (online and offline). And data analysis using SEM (Structural Equation Modelling)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Firman Iskandar
"Penelitian mengenai model struktural termasuk anteseden brand community commitment, brand community commitment, dan outcomes brand community commitment (loyalty behaviors) sudah pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti brand community commitment dengan obyek penelitian yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh trust dan affect terhadap sebuah brand community pada komitmen dari brand community, dan menyelidiki melalui mekanisme mana komitmen dari brand community mampu meningkatkan berbagai loyalty behaviors (repurchase intentions, positive word-of-mouth, dan constructive complaints). Untuk menguji hipotesis, sebanyak 120 fans JKT48 yang terdaftar sebagai member dalam Official Fan Club JKT48 digunakan sebagai sampel, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling.
Dari hasil penelitian ini diperoleh jalur positif yang signifikan antara: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. Penelitian ini menunjukkan trust dan affect adalah faktor penting dalam meningkatkan brand community commitment pelanggan. Manajer brand community harus membantu pengguna untuk mengembangkan ikatan emosional dengan brand community dan merek. Dalam penelitian ini, affect lebih berpengaruh daripada trust pada brand community commitment dan loyalty behavior. Situs brand community dan aktivitas pengguna komunitas harus dirancang untuk memfasilitasi peningkatan trust dan affect terhadap brand community.
Research on the structural model including antecedents of brand community commitment, brand community commitment, and brand community outcomes (loyalty behaviors) has been done before. This research intends to examine the brand community commitment with different research objects from previous research. The purpose of this research is to analyze the effect of trust and affect toward a brand community on the commitment of brand communities, and investigate the mechanism through which the commitment of a brand community is able to increase various loyalty behaviors (repurchase intentions, positive wordof-mouth, and constructive complaints). To test the hypotheses, a total of 120 fans of JKT48 listed as member of the Official Fan Club JKT48 was used as samples, then analyzed it using Structural Equation Modeling. From the results of this research obtained the significant positive path between: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. This research suggests trust and affect are vital factors in enhancing customers brand community commitment. Brand community managers should help users to develop an emotional bond with the brand community and the brand. In this research, affect is more influential than trust on brand community and loyalty behavior. Brand community website and community user activity should be designed to facilitate the enhancement of trust and affect toward the brand community."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tamara Hanum
"Perkembangan industri fashion di Indonesia mengalami peningkatan yang baik terutama dari segi inovasi yang menyebabkan adanya brand-brand baru bermunculan, dimana konsumen umumnya merupakan milenial. Hal ini menyebabkan peran milenial semakin mendominasi sektor tersebut, sehingga pada penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsumen milenial dengan Fashion Innovativeness dan brand image dimensions(Cognitive, sensory, dan affective) pada brand fashion favorit,kontribusi brand image dimensions kepada lovemarks (
brand love dan brand respect) dan pengaruhnya pada brand loyalty.
Penelitian ini mengembangkan model lanjutan dari brand equity(CBBE) dan brand image dimensions. Model yang dikembangkan kemudian divalidasi menggunakan Structural Equations Modeling (SEM) berdasarkan data yang diperoleh melalui survey kepada konsumen yang memiliki
brand fashion favorit kisaran usia 19-39 tahun. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa fashion innovativeness secara positif berpengaruh terhadap penggunaan brand image associations yang kemudian akan memengaruhi brand love dan brand respect serta terhadap brand loyalty. Implikasi manajerial serta saran bagi penelitian selanjutnya juga dibahas pada penelitian ini.
The development of fashion industry in Indonesia experiences a positive surge fundamentally from the innovation factor, which causes new brands to emerge, in which the main consumers are millenials. This causes the role of millenial to be more dominant in the afformentioned sector, hence this research aims to understand the relationship between millenials consumers and Fashion Innovativenes and Brand Image Dimensions (Cognitive, Sensory, and Affective) on favorite fashion brands, the contribution of Brand Image Dimensions towards Lovemarks (Brand Love and Brand Respect), and the impact toward Brand Loyalty. This research developed the model modified from Consumer-based Brand Equity (CBBE) and Brand Image dimensions. The developed model was then validated using Structural Equation Modeling (SEM) based on data retreived from surveys on consumers, within the age of 19-39 years old, with favorite fashion brands. The findings confirmed that Fashion Innovativeness positively influenced the use of Brand Image Assosication which then further influenced Brand Love and Brand Respect, as well as Brand Loyalty. The managerial implications and recommendation of this reseatch will be further elaborated in this research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fathia Humayro Hamidah
"Penggunaan sosial media yang marak membuat perusahaan harus beradaptasi untuk dapat bertahan di industri. Salah satu cara untuk mengoptimalkannya dengan pemberdayaan pelanggan melalui komunitas berbasis sosial media. Indonesia dengan masyarakat mayoritas muslim menjadi negara yang tepat untuk melakukan bisnis busana muslim sehingga banyak perusahaan yang bergerak di bidang ini. Oleh karena itu, perusahaan harus memaksimalkan kualitas dan membangun loyalitas pelanggan terhadap merek. Penelitian ini akan membahas bagaimana pengaruh engagement type (active engagement level dan passive engagement level) terhadap psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment) dalam meningkatkan brand community commitment untuk menumbuhkan brand loyalty pada pelanggan. Dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang dilakukan pada aplikasi IBM AMOS 26, penelitian ini menemukan bahwa engagement type (active engagement level dan passive engagement level) berpengaruh positif terhadap psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment), psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment) berpengaruh positif terhadap brand community commitment, dan brand community commitment berpengaruh positif terhadap brand loyalty.
The widespread use of social media makes companies have to adapt to be able to survive in the industry. One of the way to optimize it is by empowering customers through social media-based communities. Many companies are engaged in this industry because Indonesia is a country where the majority of people embrace Islam. Therefore, companies must maximize quality and build a strong brand loyalty. This study will discuss how the influence of engagement types (active engagement level and passive engagement level) on psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment) in increasing brand community commitment to escalate brand loyalty among customers. Using the Structural Equation Model (SEM) method on the IBM AMOS 26, this study found that engagement type (active engagement level and passive engagement level) has a positive effect on psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment), psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment) has a positive effect on brand community commitment, and brand community commitment has a positive effect on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Eigent Maulana
"Penelitian ini mengkajipengaruhbrand experience terhadap brand satisfaction, brand trust dan brand loyaltydi Blitzmegaplex Grand Indonesia. Enam hipotesis dikemukakan dan secara empiris untuk mengujinya satu set data sampel yang terdiri dari 150 responden dikumpulkan di Blitzmegaplex Grand Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan brand experience berpengaruh positif terhadap brand satisfaction dan brand loyalty secara signifikan. Berdasarkan temuan penelitian, implikasi managerial dibuat dan keterbatasan serta saran untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini memberikan kontribusi pengetahuan baru untuk literatur brand management yang sudah ada di Indonesia.
This study examines the influence of consumer brand experience on brand satisfaction, brand trust and brand loyalty in Blitzmegaplex Grand Indonesia. Six hyphotheses are posited and in order empirically test them, a sample data set of 150 was collected from Blitzmegaplex Grand Indonesia. The result indicate that brand experience positively influence brand satisfaction and brand loyalty in a significant way. Drawing from the study's findings, managerial implications are discussed and limitations and future research are suggested. By and large, this study immensely contributes new knowledge to the existing body of brand management literatur in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S60631
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muthia Fathona Rosidi
"Loyalitas merupakan alat penting yang diperlukan oleh pemasar untuk mempertahankan mereknya ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Menciptakan konsumen yang loyal merupakan salah satu strategi dari pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan merek pada konsumen merek merek pakaian H M di Jabodetabek. Jenis penelitian adalah penelitian eksplanatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Pengolahan data menggunakan analisis regresi, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan merek. Pengalaman merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek. Kepuasan merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek. Pengalaman merek memiliki pengaruh baik secara langsung terhadap loyalitas merek maupun secara tidak langsung melalui kepuasan merek.
Loyalty is an important tool that marketers need to maintain their brands in the midst of fierce business competition. Creating brand loyal costumers is one of the marketing strategies. The purpose of this study is to determine the effect of brand experience on brand loyalty either directly or indirectly through brand satisfaction on H M clothing brands consumer in Jabodetabek. The type of research is explanatory research using. Sampling method is non probability sampling with convenience sampling technique. Data processing used regression analysis, path analysis, and sobel test. The result of this study indicate that brand experience has a significant influence on brand satisfaction. Brand experience has a significant influence on brand loyalty. Brand satisfaction has a significant influence on brand loyalty. Brand experience has a direct effect on brand loyalty and indirect effect through brand satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Delia Firka Ayyar
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand authenticity terhadap Brand trust serta peran Brand trust sebagai mediator dalam membangun Brand Affect dan Brand loyalty pada konsumen brand HMNS di Jabodetabek. Penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa brand authenticity memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang kuat antara brand dengan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang merupakan konsumen brand HMNS di Jabodetabek. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan mengedepankan kriteria usia minimal 18 tahun dan pengalaman konsumsi terhadap brand HMNS. Total sampel yang terkumpul adalah 149 responden. Hipotesis di uji dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand authenticity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand trust. Kemudian, Brand trust berpengaruh signifikan terhadap Brand Affect dan Brand loyalty.
The purpose of this research is to cognize the influence of brand authenticity on Brand trust and the mediating role of Brand trust in building brand affect and brand loyalty among HMNS brand consumers in Jabodetabek. This study is based on the understanding that brand authenticity plays a crucial role in establishing a strong relationship between the brand and consumers. A survey method was employed, utilizing questionnaires distributed to HMNS brand consumers in Jabodetabek. The sampling was conducted purposively, with a minimum age requirement of 18 years and experience in consuming the HMNS brand. A total of 149 respondents participated in the study. The hypotheses were tested using Struktural Equation Modeling (SEM). The findings of the study indicate that brand authenticity has a significant influence on brand trust. Additionally, brand trust significantly affects both brand affect and brand loyalty. Furthermore, brand authenticity indirectly affects loyalty through brand trust. These results highlight the importance of brand authenticity in building a strong relationship with consumers. The findings have practical implications for brand communication and marketing strategies, emphasizing the need for brands to emphasize authenticity."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Putri Diah Lestari
"Islamic branding adalah fenomena yang terjadi dalam dunia pemasaran di Indonesia dengan semakin maraknya merek yang menggunakan klaim halal pada produknya serta juga penggunaan simbol-simbol Islami dalam komunikasi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pembentukan ekuitas merek (brand equity) dalam Islamic brand dengan menggunakan merek kosmetik Wardah sebagai obyek penelitian.
Menciptakan loyalitas konsumen adalah merupakan tujuan utama dari seorang pengelola merek, dan merupakan inti dari konsep brand equity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari variabel-variabel perceived quality, corporate brand image dan brand personality dari Islamic brand terhadap brand loyalty baik secara langsung maupun melalui variabel perantara brand attitude. Penelitian dilakukan pada 159 responden dengan menggunakan menggunakan metode kuantitatif analisa jalur.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived quality dapat memberikan pengaruh kepada brand loyalty baik secara langsung maupun secara tidak langsung yaitu melalui variabel brand attitude. Sementara brand personality tidak dapat memberikan pengaruh langsung pada brand loyalty melainkan hanya melalui brand attitude. Corporate brand image tidak secara signifikan dapat memberikan pengaruh baik pada brand loyalty maupun brand attitude.
Islamic branding is a phenomenon that occurs in the world of marketing in Indonesia with the increasingly widespread brands that use halal claims on their products as well as the use of Islamic symbols in their marketing communications. This research was conducted to analyze the formation of brand equity in Islamic brand by using Wardah cosmetic brand as research object. Creating brand loyalty is the main objective of a marketer and is at the core of the brand equity concept.The purpose of this research is to analyse the effect of perceived quality, corporate brand image and brand personality of Islamic brand towards brand loyalty either directly or through the mediation of brand attitude. The research was conducted on 159 respondents by using quantitative method of path analysis.The result of this study indicates that perceived quality variables gives effect to brand loyalty either directly or indirectly through variable brand attitude. Meanwhile brand personality does not give a direct impact on brand loyalty but only through mediation of brand attitude. Corporate brand image does not significantly effect to both brand loyalty and brand attitude."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48689
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library