Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14798 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Volkmar, Fred R.
"Parents of children with autism spectrum disorders (ASDs) are in constant need of information about every aspect of their child's development. Now the task of understanding and managing their child's general health and medical care is made much easier with Healthcare for Children on the Autism Spectrum -- the first book for parents to focus on this important subject. While a child with autism can be as healthy as any other, autism creates challenges, such as sensory issues and communication difficulties, that become a factor when considering almost all healthcare decisions. Dr. Volkmar, a leading authority on autism and director of the Developmental Disabilities Clinic and Research Program at the Yale University Child Study Center, and Dr. Wiesner, a pediatrician with a special interest in the field, offer parents and healthcare providers accessible, comprehensive information on a wide array of medical, nutritional, and behavioral concerns. Parents can find answers to help them understand symptoms and behaviors, guidelines to evaluate medications and alternative therapies, and tips to make doctor and dentist visits more manageable. There is also useful advice on how to forge a strong parent-doctor partnership, which is the cornerstone to any child's good health. This is an essential medical reference for all families, no matter where their child may fall on the autism spectrum"
New York: Woodbine House, Bethesda, MD, 2004
649.154 VOL h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Evy Marlinda
"Autis adalah gangguan perkembangan pervasif pada anak. Ibu yang merawat anak autis mengalami suka duka tersendiri. Penelitian fenomenologi deskriptif ini bertujuan mengetahui makna pengalaman ibu merawat anak autis. Partisipan diambil dengan teknik purposive sampling adalah ibu yang mempunyai anak autis. Data dianalisis dengan menerapkan teknik Collaizi. Penelitian mengidentifikasi 8 tema yaitu 1)membutuhkan perawatan khusus, 2)membutuhkan konsistensi dan ketegasan, 3)merasa berbeda dengan orangtua lainnya, 4)mencari usaha pengobatan, 5)keinginan berlaku adil terhadap sibling, 6)menyikapi reaksi lingkungan, 7)membutuhkan dukungan dari lingkungan, dan 8)kebutuhan dan harapan ibu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan masukan kepada praktisi keperawatan anak, pendidikan dan penelitian keperawatan.

Autism is a pervasive developmental disorder in children. Mothers had experience ups and downs of its own. This descriptive phenomenological study aims to know the meaning of mothers?s experience caring for autism children. Participants were taken with a purposive sampling technique, were mothers who have autism children. Data were analyzed by the technique of Collaizi. The study identified eight themes: 1)require special care, 2)requires consistency and firmness, 3)feel different from others, 4)seeking treatment, 5) to be fair to the sibling, 6)addressing environmental reactions, 7)need support and 8)the needs and expectations of mothers. The study is expected to provide the knowledge and feedback to practitioners of nursing children, education and nursing research."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dyan Asthira Pitaloka
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Program Penggunaan PECS fase 1 dapat meningkatkan kemampuan meminta objek yang diinginkan pada anak dengan spektrum autistik dan faktor-faktor apa saja yang berperan. Salah satu karakteristik dari anak-anak dengan spektrum autistik adalah adanya gangguan komunikasi. Secara verbal, ritme, intonasi, dan kata-katanya tidak sesuai konteks, tidak biasa/aneh. Secara non-verbal, penyandang autisme tidak menunjukkan ekspresi wajah, ekspresi vokal, dan tidak melakukan komunikasi untuk mengekspresikan kebutuhan, minat, dan perasaan mereka. Kemampuan meminta sering dianggap sebagai keterampilan komunikasi yang vital bagi kemandirian individu dengan keterampilan komunikasi fungsional yang terbatas seperti pada anak-anak dengan autisme ini. Desain penelitian yang digunakan adalah single-subject research. Intervensi yang dilakukan berupa pelatihan PECS fase 1, dimana anak diajari untuk memulai komunikasi dengan cara menukarkan kartu untuk mendapat objek yang ia mau. Tahapan yang harus dilakukan adalah mengambil kartu, menjangkau trainer, dan meletakkan kartu ditangan trainer. Hasil yang diperoleh dari program intervensi ini menunjukkan adanya perbedaan perilaku sebelum dan sesudah intervensi, hasil tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti karakteristik anak, motivasi dan reinforcement, serta konsistensi dan kesinambungan. Hal itu menunjukkan bahwa penggunaan PECS dapat membantu meningkatkan kemampuan meminta pada anak dengan spektrum autistik meski waktu yang dibutuhkan untuk menguasai satu tahapan berbeda-beda untuk tiap anak demikian pula dengan tingkat keberhasilannya.

The purpose of this research is to investigate the PECS (Picture Exchange Communication System) training in developing requesting skill for children with autism spectrum disorder (ASD) and what the influential factors are. One of the most commonly observed characteristic in children with ASD is communication and language deficits, in which they are not able to make an appropriate and understandable request. Requesting is a behavior often cited as a communication skill vital to the independence of individuals with little to no functional communication skills. A single-subject research design is used in this study to see if there is any behavior improvement before and after treatment. First phase of PECS is introduced to the children, where they have to exchange picture with desired objects. In details, children will pick up a picture of the item, reach toward the communicative partner (trainer), and release the picture into the trainer's hand. Result indicate that there is a slight improvement behavior before and after treatment; and the improvement depends on children characteristic; motivation and reinforcement; and consistency and continuity. These findings suggest that PECS training has impact in developing requesting skill for children with ASD. However, time needed for each subject is different and so is the percentage of independent exchange."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T35770
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rolla Apnoza
"ABSTRAK
Joint attention adalah kapasitas yang dimiliki individu dalam mengkoordinasikan atensi untuk berbagi ketertarikan suatu objek atau kejadian/peristiwa yang ada disekelilingnya dengan sosial partner dalam suatu interaksi (Mundy, Sigman, Ungerer & Sherman. 1986; Mundy & Thorp, 2007), dan merupakan perkembangan awal kompetensi sosial-kognisi (Bakeman & Adamson, 1984; Hecke dkk, 2007). Pada anak dengan ASD, perkembangan joint attention mengalami keterhambatan dan hal tersebut merupakan karakteristik dan ciri khas mereka (Mundy & Crowson, 1997). Intervensi yang dapat meningkatkan kemampuan joint attention pada anak dengan ASD adalah pivotal response training (PRT). Peran ibu sebagai terapis sangat penting dalam menerapkan komponen-komponen PRT. Penelitian ini melihat keefektifan penerapan PRT oleh ibu untuk meningkatkan kemampuan joint attention anak dengan ASD. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan joint attention pada anak dengan ASD setelah diberikan intervensi PRT oleh ibu.

ABSTRACT
Joint attention is the capacity of an individual to coordinate attention to shared interests of objects or events around with the social partners in an interaction (Mundy, Sigman, Ungerer & Sherman. 1986; Mundy & Thorp, 2007), and an early development social cognitive competence (Bakeman & Adamson, 1984; Hecke et al, 2007). In children with ASD, the development of joint attention experienced obstacle. It is a characteristic and their special character (Mundy & Crowson, 1997). Interventions that can improve the ability of joint attention in children with ASD is Pivotal Response Training (PRT). The role of the mothers as therapists, is very important in applying components of PRT. This study sees the effectiveness of applying PRT by mothers to increase joint attention skills of children with ASD. Results showed an increase in joint attention skills in children with ASD after given intervention PRT by mothers."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T35739
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stillman, William
San Francisco: Jossey-Bass, 2009
618.928 STI e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mufidah Fathi Dini
"[Anak autistik memiliki gangguan sensorik yang membuatnya beranggapan
bahwa ruang di luar dirinya memiliki stimulan sensorik berlebihan yang
membuatnya tidak nyaman saat berada dalam suatu ruang, akibat rasa tidak
nyaman tersebut anak cenderung menarik diri dari ruang tempat ia berkegiatan.
Padahal ruang, dalam konteks belajar, menentukan kualitas belajar seorang anak.
Oleh karena itu, anak harus dilatih agar gangguan sensoriknya dapat berkurang
sehingga kualitas belajar anak dapat meningkat.
Sekolah alam menyediakan dua ruang belajar bagi anak autistik yaitu ruang
belajar di dalam ruangan dan di alam. Ruang belajar di dalam ruangan memiliki
intensitas stimulan sensorik yang sedikit sehingga dapat digunakan anak untuk
kegiatan belajar yang membutuhkan fokus yang tinggi. Ruang belajar di alam
memiliki intensitas stimulan sensorik yang lebih besar dan digunakan untuk
kegiatan belajar yang dominan bergerak aktif. Kedua ruang yang berbeda ini
dapat memfasilitasi gangguan sensorik anak autistik sehingga anak dapat
berkegiatan dengan nyaman sekaligus melatih respon sensoriknya agar terus
berkembang ke arah yang lebih baik., Autistic children have sensory difficulties that make children think that the
space outside him had exaggerated sensory stimulants that make them feel
uncomfortable when doing activities in a space, because of this inconvenience,
children tend to withdraw from the space where they perform activities. Whereas
space, in the context of learning, determine the quality of a child's learning.
Therefore, children should be trained to reduced their sensory diffculties, so that
the quality of children's learning can be increased
Nature school provides two learning space for autistic children that is
learning space in the room and in nature. Learning space in the room has a
sensory stimulant intensity slightly so that it can be used for learning activities
which require high focus. Learning space in nature has an intensity greater
sensory stimulant and used for learning that require active movements. Both of
these different spaces can facilitate sensory difficulties in autistic children so that
the children can do activities with ease at once, trained sensory response in order
to continue to be better.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feoda Inayah
"Skripsi ini membahas mengenai pemberian dukungan sosial terhadap anak autis. Penelitian ini menggambarkan bagaimana dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua maupun sekolah terhadap anak autis. Anak autis yang diteliti ialah siswa di SD Khusus Talenta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Hasil dari penelitian ini yaitu adanya berbagai macam bentuk dukungan sosial yang diberikan kepada anak autis baik dari orang tua maupun sekolah. Menggambarkan bahwa ada keterlibatan dari lingkungan sekitar anak autis yaitu orang tua serta sekolah dalam memberikan dukungan sosial.

This thesis deals with the granting of social support to autistic children. This research describes how social support given by parents and schools to an autistic children. Autistic children are examined are students in Special Talent Elementary School. This research used the qualitative approach with this type of case study research.
The results of this research, namely the existence of various forms of social support provided to autistic children from both the parents and the school. Describe that there are involvement of the environment around the autistic children namely parents and schools in providing social support."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S56426
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchtarul Fadhal
"ABSTRAK
Kemampuan perawatan diri adalah keterampilan mengurus atau menolong diri
sendiri dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak tergantung pada orang lain.
Anak-anak berkebutuhan khusus salah satunya anak penyandang autisme,
umumnya kurang mampu dalam melakukan perawatan dirinya karena adanya
ketidakmampuan dalam berinteraksi, komunikasi, dan perilaku. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan perawatan diri anak usia
sekolah dan remaja penyandang autisme. Desain penelitian deskriptif dengan
menggunakan metode cross sectional dan responden diambil menggunakan teknik
Consecutive sampling berjumlah 48 responden pada anak penyandang autisme di
SLB Kyriakon Jakarta Selatan. Analisis data menggunakan uji distribusi
frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berada pada
kategori kadang dibantu pada semua komponen perawatan diri. Peneliti
merekomendasikan setiap sekolah berkebutuhan khusus untuk menetapkan
kurikulum pembelajaran tentang keterampilan perawatan diri agar anak dapat
melakukan perawatan dirinya secara mandiri.

ABSTRACT
Self-care is the ability to take care of self or self-help in daily life activities so we
do not rely on others. One of special necessity children is the autism usually does
not quite able to do self-care because of disability in interaction, communication
and action. This research purposed to determine description of self-care ability of
school children and sufferer of autism teenager. This research is descriptive
research by using Cross sectional method and respondents were taken by using
Consecutive sampling technique with 48 respondents of sufferer of autisme
children at SLB Kyriakon, South Jakarta. Data analysis used frequency
distribution test. The result showed that self-care ability of sufferes of autism
children sometimes helped. Researcher recommends every school that has other
special necessity children to establish curriculum of learning about self-care skill
in order the disability children, in this case the autism can do self-care indepently."
2016
S64789
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R.M. Indra
"ABSTRAK
Latar Belakang. Anak epilepsi dengan usia awitan di atas lima tahun merupakan kelompok dengan karakteristik epidemiologis dan klinis khas yang mungkin memiliki faktor risiko resistensi terhadap obat anti epilepsi OAE spesifik. Penelitian mengenai resistensi obat pada kelompok usia ini masih sedikit. Tujuan. Mengidentifikasi faktor risiko resistensi OAE pada anak epilepsi dengan usia awitan di atas lima tahun. Metode. Dilakukan penelitian kasus kontrol terhadap anak epilepsi dengan usia awitan di atas lima tahun yang berobat di poliklinik RS Cipto Mangunkusumo dan Mohammad Hoesin bulan Agustus-September 2016. Kelompok kasus adalah anak yang resisten OAE sedangkan kelompok kontrol adalah anak responsif OAE berdasarkan klasifikasi ILAE 2010. Faktor risiko yang diteliti yaitu awitan, jumlah kejang dan lama sakit sebelum berobat, etiologi, jenis kejang, status epileptikus, gambaran EEG awal, evolusi EEG, pencitraan otak dan respon awal terapi. Hasil. Sebanyak 32 pasang anak ikut dalam penelitian. Setelah analisis regresi logistik, faktor yang ditemukan berhubungan dengan resistensi OAE adalah etiologi simtomatik adjusted OR 84,71; IK 95 5,18-1359,15 dan respon awal pengobatan tidak baik adjusted OR 72,55; IK 95 7,08-743,85 . Simpulan. Etiologi simtomatik dan respon awal pengobatan tidak baik merupakan faktor risiko resistensi terhadap OAE pada anak epilepsi dengan usia awitan di atas lima tahun yang bersifat independen.
Background. Epileptic children with onset above five years encompass distinct epidemiological and clinical characteristics that may have specific risk factors for resistance to anti epileptic drugs AED . Studies on this age group are limited. Objective. To identify risk factors for drug resistance in epileptic children with age of onset above five years. Methods. A case control study was conducted on epileptic children with onset above five years visiting Pediatric Neurology clinic of Cipto Mangunkusumo and Mohammad Hoesin Hospital between August and September 2016. Cases consisted of drug resistant children while control consisted of drug responsive children according to 2010 ILAE classification. Risk factors studied include onset, number of seizures and illness duration before treatment, cause, seizure type, status epilepticus, initial EEG and evolution of EEG, brain imaging, and initial treatment response. Results. Thirty two pairs of children were included in the study. After logistic regression analysis, symptomatic etiology and failure to achieve early response to treatment were found to be associated with drug resistance with adjusted OR 84.71 95 CI 5.18 1359.15 and 72.55 95 CI 7.08 743.85 respectively. Conclusion. Poor initial response to AED and symptomatic etiology are independent risk factors for drug resistance in epileptic children with age of onset above five years. "
2016
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>