Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154216 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melisa Ayu Angelina
"Smart campus telah menjadi salah satu tren teknologi yang diterapkan di berbagai universitas. Salah satu layanan yang dihasilkan dari smart campus adalah layanan berbasis lokasi (LBS) yang dapat digunakan untuk berbagai kegunaan, seperti navigasi indoor. Implementasi LBS memerlukan teknologi indoor positioning system (IPS) agar dapat menentukan posisi seseorang secara akurat dalam lingkup suatu gedung atau ruangan (indoor). Salah satu metode yang populer digunakan dalam IPS adalah fingerprinting dengan teknik mengukur received signal strength indicator (RSSI) dan menggunakan teknologi penunjang Wi-Fi. Metode fingerprinting terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data fingerprint (tahap offline) dan prediksi (tahap online). Proses pengumpulan fingerprint untuk tahap offline memiliki overhead yang sangat tinggi. Pada penelitian ini, tim penulis mengemukakan IPS berbasis semi-autonomous fingerprint collection untuk mengatasi overhead yang sangat tinggi tersebut dengan menerapkan konsep smart campus. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa IPS yang dikembangkan dapat mengurangi overhead pengumpulan fingerprint manual sebanyak 550.550 data fingerprint, dengan tingkat accuracy IPS sebesar 52%. Dengan data training yang lebih banyak dan bervariasi yang digunakan untuk melatih model machine learning, hasil eksperimen menunjukkan bahwa performa IPS semi-autonomous fingerprint collection mampu bersaing dengan IPS manual fingerprint collection.

Smart campus has become one of the technology trends applied in various universities. One of the services that arose due to smart campus is location-based service (LBS) which can be used for various purposes, such as indoor navigation. The implementation of LBS requires indoor positioning system (IPS) technology that determines a person's position accurately within the scope of a building or room (indoor). One of the popular methods used in IPS is fingerprinting by measuring received signal strength indicator (RSSI) and with the help of Wi-Fi technology. The fingerprinting method consists of two stages, namely the fingerprint data collection stage (offline stage) and the prediction stage (online stage). The fingerprint collection process for the offline stage has a very high overhead. In this research, the author team proposes a semi-autonomous fingerprint collection-based IPS to overcome the very high overhead using smart campus. The evaluation results show that the developed IPS can reduce the overhead of manual fingerprint collection by 550,550 fingerprint data, with an IPS accuracy level of 52%. With larger amount and more varied training data used to train the machine learning model, the experimental results show that the performance of the semi-autonomous fingerprint collection IPS can compete with the manual fingerprint collection IPS."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Immanuel Brilan Solvanto Darmawan
"Smart campus telah menjadi salah satu tren teknologi yang diterapkan di berbagai universitas. Salah satu layanan yang dihasilkan dari smart campus adalah layanan berbasis lokasi (LBS) yang dapat digunakan untuk berbagai kegunaan, seperti navigasi indoor. Implementasi LBS memerlukan teknologi indoor positioning system (IPS) agar dapat menentukan posisi seseorang secara akurat dalam lingkup suatu gedung atau ruangan (indoor). Salah satu metode yang populer digunakan dalam IPS adalah fingerprinting dengan teknik mengukur received signal strength indicator (RSSI) dan menggunakan teknologi penunjang Wi-Fi. Metode fingerprinting terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data fingerprint (tahap offline) dan prediksi (tahap online). Proses pengumpulan fingerprint untuk tahap offline memiliki overhead yang sangat tinggi. Pada penelitian ini, tim penulis mengemukakan IPS berbasis semi-autonomous fingerprint collection untuk mengatasi overhead yang sangat tinggi tersebut dengan menerapkan konsep smart campus. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa IPS yang dikembangkan dapat mengurangi overhead pengumpulan fingerprint manual sebanyak 550.550 data fingerprint, dengan tingkat accuracy IPS sebesar 52%. Dengan data training yang lebih banyak dan bervariasi yang digunakan untuk melatih model machine learning, hasil eksperimen menunjukkan bahwa performa IPS semi-autonomous fingerprint collection mampu bersaing dengan IPS manual fingerprint collection.

Smart campus has become one of the technology trends applied in various universities. One of the services that arose due to smart campus is location-based service (LBS) which can be used for various purposes, such as indoor navigation. The implementation of LBS requires indoor positioning system (IPS) technology that determines a person's position accurately within the scope of a building or room (indoor). One of the popular methods used in IPS is fingerprinting by measuring received signal strength indicator (RSSI) and with the help of Wi-Fi technology. The fingerprinting method consists of two stages, namely the fingerprint data collection stage (offline stage) and the prediction stage (online stage). The fingerprint collection process for the offline stage has a very high overhead. In this research, the author team proposes a semi-autonomous fingerprint collection-based IPS to overcome the very high overhead using smart campus. The evaluation results show that the developed IPS can reduce the overhead of manual fingerprint collection by 550,550 fingerprint data, with an IPS accuracy level of 52%. With larger amount and more varied training data used to train the machine learning model, the experimental results show that the performance of the semi-autonomous fingerprint collection IPS can compete with the manual fingerprint collection IPS."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erithiana Sisijoan Koesnadi
"Skripsi ini membahas mengenai rancangan dan implementasi dari sistem translasi koordinat Indoor Positioning pada sistem absensi mahasiswa berbasiskan posisi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode pengujian simulasi.
Hasil penelitian menyarankan bahwa untuk mengimplementasikan sistem absensi tersebut, dibutuhkan kekuatan processing seratus kali lipat dari kekuatan processing sistem dimana penulis mengembangkan sistem tersebut, dan juga penekanan sistem translasi pada translasi koordinat lokal kepada koordinat global.

This research deals with the design and implementation of Indoor Positioning coordinates translation system on position based student attendance system. This research is research development with simulated testing methods.
Research results suggest that to implement the absentee system, it takes the power of processing a hundredfold of power processing system where the author developed the system, and also the emphasis on translational translational system of lokal coordinates to global coordinates.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67235
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdurohman
"Dalam laporan skripsi ini penulis akan memaparkan proses dan hasil pengembangan aplikasi indoor positioning system IPS berbasis iOS dengan menggunakan teknologi Small Cell sebagai alat pendeteksi lokasi objek di dalam gedung. Dan secara spesifik pengembangan ini akan menggunakan bandara sebagai skenarionya, dikarenakan kebutuhan akan IPS sangat tinggi di area ini serta banyak layanan tambahan yang dapat diimplementasikan sebagai komplementer seperti navigasi, jadwal penerbangan, pusat informasi, media komunikasi, dan sistem pengawasan. Secara spesifik dalam pengembangan ini akan dilakukan pengujian atau simulasi untuk mengukur kinerja dan kecepatan komunikasi realtime yang didukung oleh Socket.IO serta pengujian 3D graphic rendering oleh SceneKit."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67937
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Budi Permana
2007
TA695
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Firmansyah Raharjo
"ABSTRAK
Iklan tentunya bukanlah suatu konsep yang asing bagi masyarakat masa kini. Periklanan sekarang dapat ditemukan dimana-mana, dan sektor periklanan sendiri adalah sektor media terbesar di dunia, dengan nilai triliunan Rupiah. Seiring berkembangnya teknologi, bentuk periklanan pun juga ikut berevolusi. Mulai dari papan iklan tradisional, hingga ke iklan digital yang bertarget. Penggunaan iklan bertarget ini semakin banyak dilakukan di bentuk iklan yang bersifat online. Namun pada saat ini, bentuk iklan tradisional seperti papan iklan, belum dapat memanfaatkan teknologi tersebut agar dapat menyampaikan iklan secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasi sistem yang menggunakan WiFi Fingerprinting-Based Indoor Positioning untuk melacak pergerakan konsumen, dan menggunakan sejarah pelacakannya untuk menentukan preferensi, dan juga menggunakan pergerakan konsumen untuk memicu layar digital untuk menampilkan iklan yang relevan dengan preferensi mereka saat memasuki jangkauan tertentu. Analisis dari penelitian ini membuktikan bahwa walaupun konsepnya sendiri baik-baik saja, implementasi yang telah dilakukan, yang menggunakan perangkat lunak FIND untuk melakukan pelacakan konsumen, tidak memadai karena adanya delay dalam pelacakan yang berkisar dari 10 hingga 30 detik, yang mengakibatkan sistem tidak dapat digunakan, karena membutuhkan semua gerakan untuk dilacak secara real time.

ABSTRACT
Advertisement is something that has become very commonplace in society. It is also one of the largest media sectors globally, with market valuation in the billions of dollars. With the growth of technology, the forms of advertising have also evolved, namely the use of targeted advertising have become extremely prevalent. But although targeted marketing has become commonplace online, adapting such a technology for use in pervasive marketing such as in traditional signs and billboards has been difficult. Thie paper explores the design and implementation of a potential system which uses WiFi Fingerprinting Based Indoor Positioning to track consumers and use their movement history to determine their preferences and trigger digital signages to display relevant ads when they are in audio visual range. Analysis of the results prove that although the concept in and of itself is sound, this specific implementation, using the tracking software FIND, is inadequate due to tracking delays ranging from 10 and up to 30 seconds, which renders the entire system obsolete, due to requiring all movements to be tracked in real time.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Siddiq Winarko
"ABSTRACT
Saat ini new psychoacytive substances NPS telah menjadi fenomena yang perlu diperhatikan karena perkembangannya yang cepat untuk menghindari hukum yang berlaku dalam suatu negara. Perkembangan senyawa katinon pada tahun 2013 tercatat sebanyak 30 senyawa katinon sintetik kemudian terjadi peningkatan pada tahun 2018 menjadi 89 senyawa katinon sintetik. Artificial intelegence AI telah menjadi menjadi alat bantu manusia dalam melakukan pengolahan data, perkembangan AI menjadi machine learning dan deep learning penggunaannya meliputi pengenalan objek, klasifikasi gambar dan pengenalan pose manusia. Struktur suatu senyawa diubah menjadi bentuk pemodelan fingerprint sebagai informasi yang akan digunakan oleh metode clustering machine learning dan deep learning untuk melakukan klasifikasi senyawa. Sedangkan metode pemodelan farmakofor akan dijadikan pembanding dengan kedua metode diatas. Metode deep learning dengan pemodelan fingerprint mampu memberikan hasil akurasi dan Kohen Kappa dengan nilai 99,32 dan 0,992. Hasil ini menunjukan bahwa metode deep learning dengan pemodelan fingerprint memiliki potensi sebagai instrumen untuk mencegah perkembangan new psychoacytive substances dengan cara menegakan hukum yang berlaku di indonesia.

ABSTRACT
Nowadays new psychoactive substances NPS have become a phenomenon that needs to be noticed because of its rapid development in order to avoid applicable law within a country. Development of the compound katinon in the year 2013 recorded as many as 30 synthetic katinon compounds then increased in 2018 to 89 synthetic katinon compounds. Artificial intelligence AI has become a tool of human being in doing data processing, AI development become machine learning and deep learning its use include object recognition, image classification and human pose recognition. The structure of a compound was transformed into a form of fingerprint modeling as the information that will be used by the clustering method machine learning and deep learning to classify the compound. While the method of modeling pharmacophore will be used as a comparison with both methods above. Deep learning method with fingerprint modeling can give accuracy and Cohen Kappa with 99.32 and 0.992. This result shows that deep learning method with fingerprint modeling has potential as an instrument to prevent expansion of new psychoactive substances by enforcing applicable law in Indonesia."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 1972
727.3 CAM (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ronald Aditya Saputro
"GPS (Global Positioning System) sebagai salah sam sistem navigasi satelit, penggunaannya kini kian meluas, hal ini dapat terlihat dari banyaknya aplikasi GPS yang dipergunakan diberbagai bidang, diantamnya yaitu survei tanah (land surveying), navigasi rudal, navigasi kendaraan, navigasi pesawat, radar dan lain-lain. Perkembangnn ini tentlmya menuntut peningkatan kemampuan sistem salah sam peningkatan yang mutlak diperlukan yaitu alcurasi pada sistem GPS.
Penggunaan perhihmgan kode pada sistem ini masih banyak kekurangarmya, terutama terhadap kurangnya tingkat akurasi yang dihasilkan, sedangkan penggunaan perhitungan fiasa dapat menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi, namun rentan terhadap tmjadinya cycle slip. Penggabungan kedua jenis perhitungan ini diaplikasikan dcngan menggunakan metode lambda, yaitu dengan menentukan nilai ambiguitas yang teljadi akibat kesalahan cycle slip.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk melihat tingkat akurasi perhitungan kode C/A, perhitungan kode P, dan perhitungan fasa pembawa, Serta perhitungan mengglmakan metode lambda. Perhitungan-perhitungan ini disimulasikan menggunakan perangkat Iunak matlab 6.3. Parameter yang digunakan untuk melihat tingkat akmasi perhitungan-perhitungan ini adalah penggunaan masukan yang memiliki cycle dan tampa cycle. Hasil dari perhitungan ini yaitu berupa jarak semu, dan posisi penerima. Kernudian dengan menggunakan hasil perhitungan ini akan dibuat gradk perbandingan yang kemudian dianalisis tingkat akurasinya.
Hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa penggunaan masukan dengan cycle memperlihatkan rendahnya tingkat akurasi yang dihasilkan perhitungan fasa pembawa, selain itu penggunaan metode lambda temyata cukup membanlu dalam meningkatkan akurasi posisi penerima"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39963
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ricky
"Pariwisata belakangan ini menjadi sektor yang cukup berkembang di Indonesia. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung untuk berwisata di Indonesia. Banyaknya destinasi wisata menjadi peluang yang sangat besar bagi Indonesia untuk mengembangkan sistem teknologi yang dapat membantu perkembangan pariwisata. Hal ini membuat diperlukan adanya sistem yang mampu membantu perkembangan sektor pariwisata di Indonesia. Smart Tourism merupakan sistem yang mampu membantu permasalahan perkembangan pariwisata di Indonesia, oleh karena itu pada Tugas Akhir ini penulis akan membuat sistem Smart Tourism menggunakan metode qr code. Sistem ini dibuat agar pengguna baik itu wisatawan maupun pengelola dapat dengan mudah mengatur jadwal maupun perencanaan transport yang aman. Selain membuat sistem, tentunya diperlukan media pada sistem tersebut agar sistem ini dapar berjalan dengan baik. Media yang akan diimplementasikan untuk sistem ini adalah QR-Code, QR-Code akan berguna untuk melakukan tracking wisatawan yang dapat dikumpulkan datanya sehingga dapat mengumpulkan kebiasaan konsumsi, kebutuhan, serta minat wisatawan sehingga pengelola wisata dapat meningkatkan nilai produk atau layanan tersebut. Sehingga reputasi dan viralitas suatu tempat wisata akan terus meningkat. Dari hasil penulisan ini didapati 100% dari total 70 responden merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini dan 98,6% dari total 70 responden merasa butuh dengan adanya aplikasi ini. Selain itu pada pembuatan kali ini didapati hasil test dengan hanya memerlukan RAM sebesar 32-64MB selama menggunakan program dan pengiriman paket terjadi selama 2 detik untuk pengiriman 45 paket sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan pada perangkat yang memiliki spesifikasi tidak terlalu besar dan tidak memerlukan bandwith internet yang besar.

Tourism has recently become a developed sector in Indonesia. Many tourists from within and outside the country who visit to travel in Indonesia. The number of tourist destinations is a very big opportunity for Indonesia to develop a technology system that can help the development of tourism. This makes it necessary to have a system that can help the development of the tourism sector in Indonesia. Smart Tourism is a system that can help the problems of tourism development in Indonesia, therefore in this Final Project the author will create a Smart Tourism system using the QR-Code method. This system was created so that users, both tourists and managers, can easily manage schedules and safe transport planning. In addition to creating a system, of course, media is needed on the system so that this system can run well. The media that will be implemented for this system is QR-Code, QR-Code will be useful for tracking tourists whose data can be collected so that they can collect consumption habits, needs, and interests of tourists so that tourism managers can increase the value of these products or services. So that the reputation and virality of a tourist spot will continue to increase. From the results of this writing, it was found that 100% of the total 70 respondents felt helped by this application and 98.6% of the total 70 respondents felt the need for this application. In addition, at this time the test results were found to only require 32-64MB of RAM while using the program and packet delivery occurred for 2 seconds for delivery of 45 packets so it can be concluded that the application can run on devices that have not too large specifications and do not require bandwidth. great internet."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>