Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 201820 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raka Pangestu
"Live streaming telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer digunakan oleh para pemasar untuk memperkenalkan produk kepada konsumen secara real-time. Para pemasar aktif mengeksplorasi faktor-faktor eksternal yang dapat merangsang intensitas pembelian, terutama dalam konteks perilaku pembelian impulsif di kalangan konsumen. Meskipun penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi intensitas pembelian, belum banyak penelitian yang mengeksplorasi penggabungan stimulus eksternal psikologis dengan strategi pemasaran berkelanjutan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan menyelidiki munculnya intensitas yang dihasilkan dari stimulus eksternal psikologis dan strategi pemasaran berkelanjutan sebagai faktor eksternal. Dengan menggunakan kerangka kerja Stimulus-Organisme-Respons (SOR), penelitian ini mengeksplorasi bagaimana faktor-faktor eksternal seperti Demand, Interactivity, E-commerce anchor attributes, Playfulness, Perceived scarcity, Immersion dan Convenience, yang kemudian mempengaruhi perceived enjoyment serta involvement dalam perilaku pembelian impulsif dalam lanskap e-commerce di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 393 responden yang telah mengalami dan menikmati fitur belanja live streaming dan melakukan pembelian di platform e-commerce. Analisis dilakukan menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atribut E-commerce, Kesenangan, Persepsi kelangkaan, Imersi, dan Kenyamanan berpengaruh positif terhadap kenikmatan yang dirasakan dan interaktivitas, yang pada gilirannya mempengaruhi perilaku pembelian impulsif. Namun, Permintaan dan Kenyamanan tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang perilaku konsumen dalam lanskap ecommerce yang berkembang, serta peran host live streaming dalam mempengaruhi keputusan pembelian, dan untuk mengatasi kesenjangan penelitian sebelumnya dengan mempertimbangkan berbagai faktor eksternal dan hubungan mereka.

Live streaming features have become a popular marketing strategy used by marketers to introduce their products in real time. Marketers are actively exploring external factors that may induce purchase intensity, particularly in the context of impulsive buying behavior among consumers. Previous studies have identified several isolated external factors that are examined further and seen to have an influence on increasing purchase intensity. However, none have proposed a combination that would allow for the examination of psychological external stimuli with the addition of sustainability marketing strategies. This study aims to fill this gap by exploring the emergence of intensity using psychological external stimuli and sustainability marketing strategies as external factors. Utilizing the Stimulus Organism Response (SOR) framework, this research explores how external factors such as Demand, Interactivity, Ecommerce Anchor Attributes, Playfulness, Perceived Scarcity, Immersion, and Convenience influence perceived enjoyment and involvement in impulsive buying behavior in e-commerce in Indonesia. A total of 393 respondents who have experienced and enjoyed live streaming shopping features and made purchases on one e-commerce platform were used. Analysis was conducted using SmartPLS 4.0. The results show that E-commerce Anchor Attributes, Playfulness, Perceived Scarcity, Immersion, and Convenience have a positive influence on perceived enjoyment and interactivity, which in turn positively affect impulsive buying behavior. However, one variable of demand and both convenience variables were found to have no positive influence. This study aims to provide a deeper understanding of consumer behavior in the evolving e-commerce context, as well as the role of live streaming hosts in directing purchase decisions, and fills a gap in previous research that only used one external factor and placed only one organism relationship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putra Ramadhani
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari interactivity, humor appeal dan sex appeal terhadap continuous watching intention penonton live streaming commerce platform Shopee. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pengambilan data secara cross-sectional melalui penyebaran kuesioner kepada responden menggunakan Google Form. Target responden dalam penelitian ini adalah penonton live streaming commerce platform shopee dengan usia 16-34 tahun dan pernah menonton live streaming commerce platform shopee setidaknya 5 kali dalam tiga bulan terakhir. Jumlah responden yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 200 responden. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interactivity, humor appeal dan sex appeal secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap continuous watching intention.

This study aims to examine the effect of interactivity, humor appeal and sex appeal towards continuous watching intention viewer live streaming commerce of Shopee platform. This study uses a descriptive research design with cross-sectional data collection through distributing questionnaires to respondents using Google Form. The target respondents in this study are the audience live streaming commerce of shopee platform with ages 16-34 and have watchedlive streaming commerce the shopee platform at least 5 times in the last three months. The number of respondents obtained in this study was 200 respondents. The data obtained is then processed using the method Structural Equation Modeling (SEM) with the help software Smart PLS 2.0. The results of this study indicate that interactivity, humor appeal and sex appeal significantly has a positive influence on continuous watching intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ihsan Ranamukti
"Penelitian ini bertujuan untuk megetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi penonton untuk terus menonton layanan live streaming menggunakan pendekatan dual-identification framework. Penelitian ini mengatakan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi continuous watching intention yaitu broadcaster identification dan groupidentification. Penelitian ini juga membuktikan bahwa genre dari layanan live streaming tersebut dapatmempengaruhi faktor-faktor continuous watching intention. Penelitian ini menggunakan sampel masyarakat yang pernah menonton layanan live streaming yang digunakan menggunakan metode purposive sampling dandidapatkan sebanyak 346 responden. Penelitian ini menggunakan teknik PLS-SEM untuk mengolah data yang didapatkan. Data yang didapat lalu di bagi menjadi kelompok sub sampel genre gaming dan genre talent show. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara kedua genre yang digunakan dimana pada genre talent show faktor ideal self- congruity tidak berpengaruh terhadap broadcaster identification dan variabel resonant contagion tidak berpengaruh signifikan terhadap group identification, berbeda dengan sub sampel genregaming dimana kedua variabel tersebut dianggap signifikan dan semua hipotesis lainnya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa genre siaran live streaming berpengaruh besar dan dapat memberikan perbedaan antara faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian.

This study aims to determine the factors that influence the audience's intention to continue watching livestreaming services using a dual-identification framework approach. This study says that there are two factors thatinfluence continuous watching intention, namely broadcaster identification and group identification. This study also proves that the genre of the live streaming service can affect the factors of continuous watching intention. Thisstudy uses a sample of people who have watched live streaming services using a purposive sampling method and obtained as many as 346 respondents. This study uses the PLS-SEM technique to process the data obtained. The data obtained is divided into sub-samples of the gaming genre and talent show genre. The results of this study proved that there is a difference between the two genres used, where in the talent show genre the ideal self-congruity factor has no effect on broadcaster identification and the resonant contagion variable has no significanteffect on group identification, in contrast to the sub- sample of the gaming genre where the two variables areconsidered significant and also the whole hypotheses. It can be concluded that the live streaming genre has a partially moderate effect and can provide differences between the factors used in the study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sophie Andira Cindani Gardian
"Dalam era digital yang semakin berkembang, khususnya setelah pandemi, penggunaan platform e-commerce untuk berbelanja online meningkat pesat di Indonesia, dengan tren live streaming shopping menjadi salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian konsumen. Namun, meskipun popularitasnya meningkat, kegiatan berbelanja melalui live streaming di e-commerce Indonesia sering menghadapi berbagai masalah yang mengganggu kepercayaan konsumen yang merupakan salah satu elemen kunci dalam membentuk niat pembelian dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan konsumen dan perilaku pembelian aktual di live streaming ecommerce. Teori socio-technical dan teori trust transfer digunakan untuk mengidentifikasi hubungan faktor social enabler dan technical enabler terhadap kepercayaan konsumen dan perilaku pembelian aktual. Penelitian ini dilakukan dengan 785 responden yang dianalisis menggunakan PLS-SEM, dan dilanjutkan dengan wawancara kualitatif dengan 30 responden yang dianalisis melalui content analysis untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor social enabler, yaitu active control, two-way communication, dan synchronicity, serta faktor technical enabler seperti visibility affordance dan guidance shopping affordance, terbukti meningkatkan kepercayaan terhadap platform, streamer, dan produk. Aspek technical enabler lainnya, yaitu metavoicing affordance, tidak berpengaruh signifikan terhadap trust in streamer. Kepercayaan pada streamer juga terbukti mempengaruhi kepercayaan pada produk, sesuai dengan teori trust transfer. Niat pembelian dalam live streaming juga terbukti dipengaruhi oleh consumer trust dan kemudian berpengaruh terhadap actual purchase. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan live streaming, terkhusus pihak pengembangnya, mengenai aspek live streaming apa saja yang berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan dan perilaku pembelian konsumen.

In the rapidly evolving digital era, particularly following the pandemic, the use of ecommerce
platforms for online shopping has increased in Indonesia, with the trend of live
streaming shopping emerging as one of the latest innovations capturing consumer attention.
However, despite its growing popularity, live streaming shopping in Indonesian e-commerce
frequently encounters various issues that undermine consumer trust—one of the key elements
in shaping purchase intentions and consumer engagement. This study aims to identify the
factors influencing consumer trust and actual purchasing behavior in live streaming ecommerce.
Socio-technical theory and trust transfer theory are employed to identify the
relationships between social enablers and technical enablers and their impact on consumer
trust and actual purchasing behavior. The research involved 785 respondents analyzed using
PLS-SEM, followed by qualitative interviews with 30 respondents analyzed through content
analysis to support the findings. The results indicate that social enablers, such as active
control, two-way communication, and synchronicity, as well as technical enablers like
visibility affordance and guidance shopping affordance, significantly enhance trust in the
platform, streamer, and product. Another technical enabler aspect, metavoicing affordance,
does not have a significant effect on trust in streamer. Trust in the streamer also influences
trust in the product, in line with trust transfer theory. Purchase intentions in live streaming
are shown to be affected by consumer trust, which subsequently impacts actual purchases.
These findings are expected to provide valuable insights for live streaming service providers
and developers regarding the aspects of live streaming that influence consumer trust and
purchasing behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifkhi Triya Putra
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab dan akibat antara peran interaksi parasosial yang terjadi di social commerce platform dalam mempengaruhi online impulse buying. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kemunculan berbagai situs e-commerce di Indonesia, mulai dari tokopedia, bukalapak, hingga carousell.com membuat persaingan bisnis e-commerce menjadi semakin ketat. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam pemanfaatan fitur situs e-commerce seperti social commerce, yang merupakan inovasi e-commerce baru yang sedang dikembangkan oleh beberapa situs e-commerce di Indonesia dan merupakan kombinasi antara media social dan e-commerce. Penelitian ini dilakukan pada situs social commerce yaitu Carousell www.carousell.com salah satu Social Commerce Platform berbasis gambar yang baru saja hadir di Indonesia dalam empat tahun terakhir. Penelitian ini berhasil mengumpulkan 211 responden namun hanya 180 responden yang layak untuk diteliti yang merupakan pengguna aktif Carosuell.com. Dengan menggunakan skala pengukuran likert, kuisioner penelitian disebarkan dengan metode convinience sampling, dan kuesioner penelitian didistribusikan melali layanan google docs. Penelitian ini meggunakan 33 indikator berdasarkan variabel penelitian. Adapun variabel-variabel penelitian ini terdiri dari Information fit-to-task, visual appeal, perceived usefulness, perceived enjoyment, similarity, expertise, likability, parasocial interactions, impulse buying tendency, dan urge to buy impulsively. Hasil menunjukkan bahwa interaksi parasosial memberikan dampak pada kecenderungan pembelian impulsif,. Persepsi kegunaan dan juga nteraksi parasosial pada social commerce platform mempengaruhi persepsi kenikmatan yang dirasakan oleh pengguna yang selanjutnya berpengaruh terhadap dorongan untuk membeli secara impulsif,. Implikasi, batasan, dan diskusi disediakan

ABSTRACT
This study aims to investigate the cause and effect relationship between the role of parasocial interaction that occurs in the social commerce platform in affecting online impulse buying. This is motivated by the emergence of various e commerce sites in Indonesia, ranging from tokopedia, bukalapak, to carousell.com make e commerce business competition becomes more stringent. Therefore it is necessary to innovate in the utilization of ecommerce site features such as social commerce, which is a new e commerce innovation that is being developed by several e commerce sites in Indonesia and is a combination of social media and e commerce. This research was conducted on the social commerce site Carousell www.carousell.com one of the Social Commerce Platform based image that has just been present in Indonesia in the last four years. This study managed to collect 211 respondents but only 180 respondents who deserve to be investigated who is an active user of Carosuell.com. By using the Likert measurement scale, the research questionnaire was distributed by convinience sampling method, and the research questionnaire distributed by service google docs. This research uses 33 indicators based on research variables. The research variables consist of information fit to task, visual appeal, perceived usefulness, perceived enjoyment, similarity, expertise, likability, parasocial interactions, impulse buying tendency, and urge to buy impulsively. The results show that parasocial interactions have an impact on the impulsive buying tendency. The perception of usability and also the parasocial nteraksi on the social commerce platform affects the perceived enjoyment perceived by the user, which further influences the impulsive buying impulse. Implications, limitations, and discussions are provided."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Azka Husani Lavail
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik Mythia Batford terhadap niat pembelian produk kolaborasi dalam konteks live-streaming commerce di YouTube. Karakteristik yang diteliti meliputi likeability, animacy, dan responsiveness, yang dimediasi oleh social presence dan telepresence untuk memengaruhi niat beli penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disebarkan secara daring kepada 133 responden berusia kurang dari 18-45 tahun yang aktif menonton konten Mythia Batford. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS4 untuk menguji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animacy dan responsiveness memiliki pengaruh signifikan terhadap social presence dan telepresence, yang pada akhirnya meningkatkan niat pembelian. Sebaliknya, likeability hanya berpengaruh signifikan melalui social presence tetapi tidak secara langsung terhadap niat beli. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis VTuber di era digital serta memberikan panduan bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan VTuber sebagai media promosi yang efektif.

This study aims to analyze the influence of Mythia Batford's characteristics on the purchase intention of collaboration products in the context of live-streaming commerce on YouTube. The characteristics studied include likeability, animacy, and responsiveness, which are mediated by social presence and telepresence to influence viewers' purchase intention. This study uses a quantitative approach with a survey method distributed online to 133 respondents aged less than 18-45 years who actively watch Mythia Batford content. Data analysis was conducted using SmartPLS4 to test the relationship between variables. The results showed that animacy and responsiveness had a significant influence on social presence and telepresence, which in turn increased purchase intention. In contrast, likeability only has a significant effect through social presence but not directly on purchase intention. The findings contribute to the development of VTuber-based marketing strategies in the digital era as well as provide guidance for companies looking to utilize VTuber as an effective promotional medium."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Azka Husani Lavail
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik Mythia Batford terhadap niat pembelian produk kolaborasi dalam konteks live-streaming commerce di YouTube. Karakteristik yang diteliti meliputi likeability, animacy, dan responsiveness, yang dimediasi oleh social presence dan telepresence untuk memengaruhi niat beli penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disebarkan secara daring kepada 133 responden berusia kurang dari 18-45 tahun yang aktif menonton konten Mythia Batford. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS4 untuk menguji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animacy dan responsiveness memiliki pengaruh signifikan terhadap social presence dan telepresence, yang pada akhirnya meningkatkan niat pembelian. Sebaliknya, likeability hanya berpengaruh signifikan melalui social presence tetapi tidak secara langsung terhadap niat beli. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis VTuber di era digital serta memberikan panduan bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan VTuber sebagai media promosi yang efektif.

This study aims to analyze the influence of Mythia Batford's characteristics on the purchase intention of collaboration products in the context of live-streaming commerce on YouTube. The characteristics studied include likeability, animacy, and responsiveness, which are mediated by social presence and telepresence to influence viewers' purchase intention. This study uses a quantitative approach with a survey method distributed online to 133 respondents aged less than 18-45 years who actively watch Mythia Batford content. Data analysis was conducted using SmartPLS4 to test the relationship between variables. The results showed that animacy and responsiveness had a significant influence on social presence and telepresence, which in turn increased purchase intention. In contrast, likeability only has a significant effect through social presence but not directly on purchase intention. The findings contribute to the development of VTuber-based marketing strategies in the digital era as well as provide guidance for companies looking to utilize VTuber as an effective promotional medium."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robby
"Pandemi COVID-19 telah membawa dampak signifikan pada perilaku konsumen di seluruh dunia, termasuk dalam aktivitas belanja daring (online shopping). Salah satu bentuk online shopping yang mulai berkembang dan populer akhir-akhir ini adalah live stream shopping (LSS), yaitu aktivitas belanja online yang dilakukan melalui video langsung yang dipandu oleh streamer atau penjual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendorong repurchase intention dalam aktivitas live stream shopping dari perspektif social exchange theory. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori social exchange sebagai teori yang merepresentasikan interaksi dua belah pihak (streamer dengan viewer) dengan menerapkan cost-benefit analysis untuk menentukan risiko dan manfaat yang diperoleh dari interaksi yang terjadi antara viewer dan streamer untuk memaksimalkan benefit dan meminimalisir cost yang dapat terjadi. Penelitian ini memiliki 472 responden valid yang pernah membeli barang dalam live stream shopping di aplikasi e-commerce atau s-commerce. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode partial least square structural equation model (PLS-SEM) dan multigroup analysis berdasarkan jenis kelamin dan kelompok usia menggunakan bantuan program SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Learning, Perceived Enjoyment, Social Presence, Satisfaction, dan Responsiveness berpengaruh terhadap repurchase intention, sedangkan Trust in Streamer dan Privacy Concern tidak berpengaruh terhadap repurchase intention. Lalu, ditemukan bahwa terdapat perbedaan penerimaan hipotesis saat diujikan terhadap kelompok jenis kelamin dan kelompok usia yang berbeda. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak yang menggunakan live stream shopping dalam melakukan pemasaran atau penjualan untuk meningkatkan layanan mereka, yang dapat berdampak pada repurchase intention konsumen.

The COVID-19 pandemic has had a significant impact on consumer behavior around the world, including online shopping. One form of online shopping that is starting to develop and become popular lately is Live Stream Shopping (LSS), which is an online shopping activity carried out via live video guided by a streamer or seller. This study aims to analyze the factors that drive repurchase intention in live stream shopping activities from the perspective of social exchange theory. The theory used in this study is social exchange theory as a theory that represents the interaction of two parties (streamer and viewer) by applying cost-benefit analysis to determine the risks and benefits derived from the interactions that occur between viewer and streamer to maximize benefits and minimize costs that can occur. This study has 472 valid respondents who have purchased goods in live stream shopping in e-commerce or s-commerce applications. Data analysis was carried out using the partial least square structural equation model (PLS-SEM) method and multigroup analysis based on gender and age group using the assistance of the SmartPLS 4 program. The results of this study indicate that Learning, Perceived Enjoyment, Social Presence, Satisfaction, and Responsiveness have an effect on repurchase intention, while Trust in Streamer and Privacy Concern have no effect on repurchase intention. Then, it was found that there were differences in the acceptance of the hypothesis when tested on different gender and age groups. This research is expected to provide insight for parties who use live stream shopping in conducting marketing or sales to improve their services, which has an impact on buyer enthusiasm for repurchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Radityatama suhendra
"Pandemi COVID-19 telah membawa dampak signifikan pada perilaku konsumen di seluruh dunia, termasuk dalam aktivitas belanja daring (online shopping). Salah satu bentuk online shopping yang mulai berkembang dan populer akhir-akhir ini adalah live stream shopping (LSS), yaitu aktivitas belanja online yang dilakukan melalui video langsung yang dipandu oleh streamer atau penjual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendorong repurchase intention dalam aktivitas live stream shopping dari perspektif social exchange theory. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori social exchange sebagai teori yang merepresentasikan interaksi dua belah pihak (streamer dengan viewer) dengan menerapkan cost-benefit analysis untuk menentukan risiko dan manfaat yang diperoleh dari interaksi yang terjadi antara viewer dan streamer untuk memaksimalkan benefit dan meminimalisir cost yang dapat terjadi. Penelitian ini memiliki 472 responden valid yang pernah membeli barang dalam live stream shopping di aplikasi e-commerce atau s-commerce. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode partial least square structural equation model (PLS-SEM) dan multigroup analysis berdasarkan jenis kelamin dan kelompok usia menggunakan bantuan program SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Learning, Perceived Enjoyment, Social Presence, Satisfaction, dan Responsiveness berpengaruh terhadap repurchase intention, sedangkan Trust in Streamer dan Privacy Concern tidak berpengaruh terhadap repurchase intention. Lalu, ditemukan bahwa terdapat perbedaan penerimaan hipotesis saat diujikan terhadap kelompok jenis kelamin dan kelompok usia yang berbeda. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak yang menggunakan live stream shopping dalam melakukan pemasaran atau penjualan untuk meningkatkan layanan mereka, yang dapat berdampak pada repurchase intention konsumen.

The COVID-19 pandemic has had a significant impact on consumer behavior around the world, including online shopping. One form of online shopping that is starting to develop and become popular lately is Live Stream Shopping (LSS), which is an online shopping activity carried out via live video guided by a streamer or seller. This study aims to analyze the factors that drive repurchase intention in live stream shopping activities from the perspective of social exchange theory. The theory used in this study is social exchange theory as a theory that represents the interaction of two parties (streamer and viewer) by applying cost-benefit analysis to determine the risks and benefits derived from the interactions that occur between viewer and streamer to maximize benefits and minimize costs that can occur. This study has 472 valid respondents who have purchased goods in live stream shopping in e-commerce or s-commerce applications. Data analysis was carried out using the partial least square structural equation model (PLS-SEM) method and multigroup analysis based on gender and age group using the assistance of the SmartPLS 4 program. The results of this study indicate that Learning, Perceived Enjoyment, Social Presence, Satisfaction, and Responsiveness have an effect on repurchase intention, while Trust in Streamer and Privacy Concern have no effect on repurchase intention. Then, it was found that there were differences in the acceptance of the hypothesis when tested on different gender and age groups. This research is expected to provide insight for parties who use live stream shopping in conducting marketing or sales to improve their services, which has an impact on buyer enthusiasm for repurchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hebert Kostan
"ABSTRAK
Industri e-commerce adalah industri yang paling bergantung pada pemasaran media sosial .Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjadi acuan bagi perusahaan-perusahaan e-commerce dalam membuat strategi pemasaran di media sosial dengan menganalisa faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada peningkatan brand post popularity share, like, reactions dan komentar dan bagaimana pengaruhnya. Faktor-faktor yang akan dianalisa diadopsi dari beberapa studi sebelumnya yaitu tingkat vividness, tingkat interactivity, durasi di posisi teratas, dan panjang pesan. Data yang akan di observasi adalah 136.009 status dari 75 brand e-commerce yang memiliki akun di Facebook dan kemudian akan dianalisa menggunakan analisa regresi poisson.

ABSTRACT
E commerce industry is the industry most dependent on social media marketing. The aim of this study is to be a guide for brands to help them create a solid social media marketing strategy by analyzing factors influencing brand post popularity shares, likes, reactions, and comments and how these factors influence. The factors that will be analyzed are adopted from previous studies and they are levels of vividness, levels of interactivity, duration on top and message length. The data that will be used to be analyzed consists of 136.009 statuses from 75 e commerce brands that has a brand page on Facebook. Then, the data will be tested via poisson regression analysis."
2017
T49925
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>