Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153741 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ravi Ardiantara Ramadan
"Di era digitalisasi, konsumsi konten berbasis audio seperti musik, podcast, dan bentuk konten audio lainnya mengalami perubahan yang drastis. Hal ini disebabkan oleh kehadiran Music-streaming Platforms (MSP) dimana pengguna dapat mengkonsumsi berbagai bentuk konten audio dalam database yang dimiliki MSP dengan biaya berlangganan yang rata setiap bulan. Dari berbagai banyak MSP di pasar, Spotify merupakan salah satu pemimpin pasar. Banyak penelitian yang sudah meneliti MSP namun sedikit yang membahas perilaku konsumen Generasi Z. Laporan musik global dari IFPI (International Federation of Phonographic Industry) mengatakan bahwa Generasi Z mendominasi demografi pengguna MSP berbayar dengan generasi Z mencapai 54%. Oleh karena itu, penting bagi pemasar untuk mengetahui perilaku demografi tersebut. Penelitian menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengetahui apakah User-Brand Involvement penting dalam membangun Brand Trust, Brand Engagement, dan Positive Word-of-Mouth yang meningkatkan Brand Loyalty dalam konteks MSP. Temuan menunjukkan bahwa User-Brand Involvement mempengaruhi Brand Engagement dan Brand Trust yang alhasil juga membangun Brand Loyalty pengguna dalam aplikasi Spotify. Hal ini menandakan bahwa, keterlibatan pengguna dalam user experience menggunakan aplikasi Spotify membuat mereka percaya dan membangun hubungan emosional yang baik dengan aplikasi alhasil membuat mereka semakin setia dengan aplikasi Spotify.

In the era of digitalization, the consumption of audio-based content such as music, podcasts, and other forms of audio content is undergoing drastic changes. This is due to the presence of Music-streaming Platforms (MSPs) where users can consume various forms of audio content in the databases that MSP owns at a flat monthly subscription fee. Of the many MSPs on the market, Spotify is one of the market leaders. Many studies have already investigated MSPs, but few have dealt with Generation Z consumer behavior. A global music report from the International Federation of Phonographic Industry (IFPI) says that Generation X dominates the demographic of paid MSP users with generation Z reaching 54%. Therefore, it is important for marketers to be aware of such demographic behaviour. The study used Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) to determine whether User-Brand Involvement was important in building Brand Trust, Brand Engagement, and Positive Word-of-Mouth that boosted Brand Loyalty in the context of MSP. This indicates that, the involvement of users in the user experience using the Spotify app makes them trust and build a good emotional relationship with the app resulting in them becoming more loyal to the spotify app.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delia Firka Ayyar
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand authenticity terhadap Brand trust serta peran Brand trust sebagai mediator dalam membangun Brand Affect dan Brand loyalty pada konsumen brand HMNS di Jabodetabek. Penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa brand authenticity memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang kuat antara brand dengan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang merupakan konsumen brand HMNS di Jabodetabek. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan mengedepankan kriteria usia minimal 18 tahun dan pengalaman konsumsi terhadap brand HMNS. Total sampel yang terkumpul adalah 149 responden. Hipotesis di uji dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand authenticity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand trust. Kemudian, Brand trust berpengaruh signifikan terhadap Brand Affect dan Brand loyalty.

The purpose of this research is to cognize the influence of brand authenticity on Brand trust and the mediating role of Brand trust in building brand affect and brand loyalty among HMNS brand consumers in Jabodetabek. This study is based on the understanding that brand authenticity plays a crucial role in establishing a strong relationship between the brand and consumers. A survey method was employed, utilizing questionnaires distributed to HMNS brand consumers in Jabodetabek. The sampling was conducted purposively, with a minimum age requirement of 18 years and experience in consuming the HMNS brand. A total of 149 respondents participated in the study. The hypotheses were tested using Struktural Equation Modeling (SEM). The findings of the study indicate that brand authenticity has a significant influence on brand trust. Additionally, brand trust significantly affects both brand affect and brand loyalty. Furthermore, brand authenticity indirectly affects loyalty through brand trust. These results highlight the importance of brand authenticity in building a strong relationship with consumers. The findings have practical implications for brand communication and marketing strategies, emphasizing the need for brands to emphasize authenticity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Nurmalita
"Industri pada sektor beauty personal care memiliki persaingan yang sangat ketat. Ketatnya persaingan ini membuat pemain dalam sektor beauty personal care mempertahankan konsumennya agar tidak beralih ke produk lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kesadaran nilai terhadap loyalitas merek melalui keterlibatan merek dalam konsep diri pada generasi Z konsumen merek BLP Beauty di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner online. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran nilai memiliki pengaruh sedang terhadap loyalitas merek, kesadaran nilai memiliki pengaruh lemah terdapat keterlibatan merek dalam konsep diri, serta keterlibatan merek dalam konsep diri memiliki pengaruh sedang terhadap loyalitas merek. Berdasarkan hasil uji mediasi yang telah dilakukan, terdapat pengaruh kesadaran nilai terhadap loyalitas merek melalui mediasi keterlibatan merek dalam konsep diri. Penelitian ini merekomendasikan agar merek dapat meningkatkan kesadaran nilai dan keterlibatan merek dalam konsep diri untuk meningkatkan loyalitas.

The beauty personal care industry has a very fierce competition, every player has to do its best to keep their consumer not to switch or even try to the other products. The purpose of this study is to analyse the effect of value consciousness on brand loyalty through brand engagement in self-concept towards Generation Z consumers of BLP Beauty brand in Jabodetabek. This study uses quantitative approach by collecting data through an online questionnaire. The results showed that value consciousness has a moderate effect on brand loyalty while value consciousness has a low effect on brand engagement in self-concept. The other result is brand engagement in self-concept has a moderate effect on brand loyalty. Based on mediation analysis, brand engagement in self-concept affects the relationship of value consciousness and brand loyalty. This study recommends that the brands could increase their value consciousness and brand engagement in self-concept to increase brand loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mita Karima
"Kepuasan dan komitmen terhadap suatu merek dapat mempengaruhi kesetiaan merek serta keinginan untuk membeli kembali merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kepuasan merek dengan anteseden nilai, kualitas dan ekuitas merek yang dirasakan serta komitmen merek dan dampaknya terhadap kesetiaan merek dan keinginan membeli kembali pada merek Toyota. Hasil survey dari 120 sampel dengan metode analisis structural equation modeling (SEM), menyatakan bahwa kepuasan dan komitmen terhadap merek secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesetiaan merek dan keinginan membeli kembali merek khususnya pada merek Toyota. Walaupun hanya nilai dan kualitas merek yang dirasakan yang secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan merek.

Brand satisfaction and brand commitment affected the automotive brand loyalty and repurchase intention. This study focused to analyze influence of brand satisfaction, with perceived brand value, quality, and equity as antesedents of brand satisfaction and brand commitment especially Toyota users and impacted their brand loyalty and repurchase intention to the Toyota brand. Survey of 120 sample who analyzed with structural equation modeling (SEM), suggested that brand satisfaction and brand commitment on automotive affecting their brand loyalty and brand repurchase intention. But only perceived brand value and quality that directly affected the brand satisfaction, perceived brand equity didn’t directly affect the brand satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53185
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michela Monica Setiawan
"Pada era industri kecantikan yang semakin berkembang di Indonesia, persaingan di pasar kecantikan semakin ketat. Dalam konteks ini, celebrity endorsement telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang signifikan untuk menarik perhatian konsumen dan membedakan merek di tengah persaingan yang sengit. Kehadiran selebriti dalam iklan atau promosi produk kecantikan bukan hanya sekadar menonjolkan citra glamor, tetapi juga dapat memberikan dampak yang mendalam terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement terhadap repurchase intention pada konsumen ReVeluv brand Azarine Cosmetic di Jabodetabek dengan menjadikan brand loyalty dan consumer perception of quality sebagai mediator. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik non-probability purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden yang memenuhi kriteria pemilihan responden. Kemudian, analisis data dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 25 dan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand loyalty dapat memediasi secara positif dan signifikan pada hubungan celebrity endorsement dan repurchase intention. Namun, consumer perception of quality tidak memiliki pengaruh pada hubungan celebrity endorsement dan repurchase intention. Selain itu, seluruh hubungan antar variabel dalam penelitian ini menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan, kecuali hubungan antara celebrity endorsement dengan repurchase intention dan consumer perception of quality dengan repurchase intention pada konsumen ReVeluv brand Azarine Cosmetic di Jabodetabek.

In the growing beauty industry era in Indonesia, the competition in the beauty market is becoming increasingly intense. In this context, celebrity endorsement has become a significant marketing strategy to capture consumer attention and differentiate brands amid fierce competition. The presence of celebrities in beauty product advertisements or promotions is not only about highlighting a glamorous image but can also have a profound impact on consumer behavior. This research aims to analyze the influence of celebrity endorsement on repurchase intention among ReVeluv consumers of Azarine Cosmetic brand in Jabodetabek, considering brand loyalty and consumer perception of quality as mediators. The study adopts a quantitative approach, and quantitative data is collected through a questionnaire. Sample selection is carried out using non-probability purposive sampling techniques, involving 110 respondents who meet the criteria. Subsequently, data analysis is conducted using IBM SPSS Statistics 25 and SmartPLS 3.2.9. The research findings indicate that brand loyalty can positively and significantly mediate the relationship between celebrity endorsement and repurchase intention. However, consumer perception of quality does not have an impact on the relationship between celebrity endorsement and repurchase intention. Moreover, all relationships between variables in this study show a positive and significant influence, except for the relationship between celebrity endorsement and repurchase intention and consumer perception of quality with repurchase intention among ReVeluv consumers of Azarine Cosmetic brand in Jabodetabek."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gisella Liati
"Penelitian ini akan membahas efektivitas online event terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi keterlibatan pelanggan dalam online event terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan melalui survei dengan convenience sampling. Data penelitian terdiri atas 77 sampel responden yang pernah berpartisipasi minimal 1 kali pada online event. Kemudian, data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode PLS Partial Least Square dengan smartPLS dan SPSS.
Hasil utama dari penelitian ini adalah event involvement pada online event tidak memiliki pengaruh terhadap event emotions positif maupun negatif. Namun demikian, variabel event involvement dapat mempengaruhi tidak langsung event attitude dengan event emotions sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pengaruh event emotions terhadap event attitude dan pengaruh event attitude terhadap brand attitude. Selanjutnya, brand attitude dapat memengaruhi brand loyalty.

This research will explain the effectiveness from online event towards customers loyalty. The study aim to analyze contribution from customer involvement in online event to customers loyalty with consider event emotions, event attitude, and brand attitude as mediation variable. Data for this research consist of 77 sample with convenience sampling technique. Researcher analyze data with partial least square method.
The main result from this research is event involvement in online event doesnot have effect to event emotions positive and negative emotions. But, event involvement has significant effect to event attitude with event emotions as mediation variable. Meanwhile, event emotions has effect to event attitude and event attitude has effect to brand attitude. Furthermore, brand attitude has effect to brand loyalty. Event involvement as independent variable has effect to brand loyalty with event emotions, event attitude, and brand attitude as mediation variables multiple mediation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathia Humayro Hamidah
"Penggunaan sosial media yang marak membuat perusahaan harus beradaptasi untuk dapat bertahan di industri. Salah satu cara untuk mengoptimalkannya dengan pemberdayaan pelanggan melalui komunitas berbasis sosial media. Indonesia dengan masyarakat mayoritas muslim menjadi negara yang tepat untuk melakukan bisnis busana muslim sehingga banyak perusahaan yang bergerak di bidang ini. Oleh karena itu, perusahaan harus memaksimalkan kualitas dan membangun loyalitas pelanggan terhadap merek. Penelitian ini akan membahas bagaimana pengaruh engagement type (active engagement level dan passive engagement level) terhadap psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment) dalam meningkatkan brand community commitment untuk menumbuhkan brand loyalty pada pelanggan. Dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang dilakukan pada aplikasi IBM AMOS 26, penelitian ini menemukan bahwa engagement type (active engagement level dan passive engagement level) berpengaruh positif terhadap psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment), psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment) berpengaruh positif terhadap brand community commitment, dan brand community commitment berpengaruh positif terhadap brand loyalty.

The widespread use of social media makes companies have to adapt to be able to survive in the industry. One of the way to optimize it is by empowering customers through social media-based communities. Many companies are engaged in this industry because Indonesia is a country where the majority of people embrace Islam. Therefore, companies must maximize quality and build a strong brand loyalty. This study will discuss how the influence of engagement types (active engagement level and passive engagement level) on psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment) in increasing brand community commitment to escalate brand loyalty among customers. Using the Structural Equation Model (SEM) method on the IBM AMOS 26, this study found that engagement type (active engagement level and passive engagement level) has a positive effect on psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment), psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment) has a positive effect on brand community commitment, and brand community commitment has a positive effect on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andara Kusumaningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari brand experience yang berkaitan dengan brand love serta perceived quality terhadap brand loyalty konsumen. Peran brand trust sebagai moderasi juga dianalisis pada dua merek ponsel pintar yang digunakan di Indonesia, yaitu Apple dan Samsung. Untuk menguji 9 hipotesis, desain penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif berupa cross sectional survey menggunakan kuesioner daring. Dengan teknik purposive sampling berhasil dikumpulkan 437 responden, yaitu pengguna ponsel pintar Apple dan Samsung selama minimal 6 bulan terakhir, berusia minimal 17 tahun, dan berdomisili di Indonesia. Pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS, memperlihatkan 6 hipotesis terbukti signifikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh positif brand experience terhadap brand loyalty secara langsung. Namun, brand love dan perceived quality memiliki pengaruh positif terhadap brand loyalty secara langsung dan tidak langsung (mediasi). Kemudian, moderator brand trust tidak memiliki pengaruh pada hubungan brand experience dengan brand love maupun brand loyalty. Penemuan studi ini memberikan wawasan bagi perusahaan ponsel pintar agar dapat meningkatkan brand loyalty dengan memperhatikan faktor brand love dan perceived quality, khususnya di Indonesia.

This research purpose is to analyze the effect of brand experience related to brand love and perceived quality towards brand loyalty. The role of brand trust moderation is also analyzed in two smartphone brands used in Indonesia as the object, Apple and Samsung. To test 9 hypotheses, the research design used in this study is the quantitative method through cross sectional survey with an online questionnaire. With purposive sampling technique 437 respondents gained, which are active Apple and Samsung smartphone users for the last 6 months, a minimum of 17 years old, and Indonesian domicile. Data analysis used was Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS software, showed 6 hypotheses are significant. The result shows there is no significant positive effect on brand experience towards brand loyalty directly. However, there are positive effects of brand love and perceived quality towards brand loyalty both directly and indirectly (mediation). Moreover, brand trust as a moderator does not effect the variable’s relationship. This study offers valuable knowledge for smartphone companies to support their brand loyalty while focusing on brand love and perceived quality aspects, especially in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Johan Wahyudi
"Loyalitas terhadap suatu merek merupakan salah satu tujuan akhir yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan terhadap para audiensnya. Strategi pemasaran digunakan untuk membantu tercapainya tujuan tersebut melalui bentuk-bentuk promosi yang ditujukan secara langsung kepada individu maupun kelompok tertentu. DotA 2 menjadi salah satu game online yang meraih pencapaian paling besar dalam kategori game MOBA melalui perhelatan turnamen terbesar mereka The International yang diadakan setiap tahunnya. Perhalatan The International digunakan oleh DotA 2 sebagai bagian dari strategi pemasarannya dengan menggunakan turnamen tersebut sebagai bagian dari event marketing untuk membangun interaksi langsung dengan para pemain dan penikmatnya dari seluruh dunia. The International juga hadir sebagai bagian dari community marketing yang digunakan untuk menyasara secara spesifik komunitas dari game DotA 2 itu sendiri untuk membangun kedekatan serta menjadikan mereka bagian dari promosi yang dilakukan untuk membangun suatu loyalitas pada game tersebut.

Loyalty to a brand is one of the ultimate goals to be achieved by a company to its audience. Marketing strategies are used to help achieve these goals through promotional forms aimed directly at specific individuals or groups. DotA 2 is one of the online games that achieved the greatest achievement in the MOBA category through their biggest tournament event, The International, which is held annually. The International is used by DotA 2 as part of its marketing strategy by using the tournament as part of event marketing to build direct interaction with players and fans from around the world. The International is also part of community marketing which is used to specifically target the community of the DotA 2 game itself to build closeness and make them part of the promotion carried out to build loyalty to the game."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anastasia Velda Demetria Raharjo
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunitas merek (brand community) Pigeon Teens atau dikenal dengan Teens Club memanfaatkan pendekatan digital dalam membangun loyalitas merek pada segmen remaja di Indonesia. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data survei terhadap 30 anggota komunitas Teens Club. Variabel yang diteliti mencakup brand community identification, digital community engagement, dan brand loyalty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand community identification,memiliki pengaruh signifikan terhadap digital community engagement, yang pada akhirnya meningkatkan brand loyalty. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak responden, mengeksplorasi faktor eksternal, dan menggunakan desain longitudinal guna memahami dinamika komunitas merek dalam jangka panjang.

This study aims to analyze how the brand community of Pigeon Teens, known as Teens Club, utilizes digital approaches to build brand loyalty among the teenage segment in Indonesia. A quantitative approach was applied, using survey techniques to collect data from 30 members of the Teens Club community. The variables studied include brand community identification, digital community engagement, and brand loyalty. The results show that brand community identification significantly influences digital community engagement, which subsequently enhances brand loyalty. Future studies are recommended to involve larger sample sizes, explore external factors, and adopt a longitudinal design to better understand the dynamics of brand communities over time."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>