Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104240 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amanda Amira
"Makalah ini memiliki tujuan untuk menganalisa rekomendasi strategis untuk pengembangan bisnis pada Perusahaan Rntr., sebuah perusahaan rental pakaian, dimana perusahaan mempertimbangkan untuk menggandeng brand baju baru sebagai partner rental, atau menambahkan fitur servis baru. Melalui analisa internal dan eksternal, menggunakan kerangka kerja SWOT, PESTEL, dan Five Forces Porter, serta perumusan masalah menggunakan TOSCA, rekomendasi yang dihasilkan adalah untuk fokus pada penargetan merek klien baru, terutama di segmen fashion pria. Strategi ini memanfaatkan kekuatan Rntr., seperti database pelanggan yang luas dan kombinasi layanan unik, sekaligus mengatasi keterbatasan internal seperti pendanaan dan tenaga kerja yang terbatas. Bermitra dengan merek seperti M.J. Bale, Peter & Jackson, dan Ferrari East disarankan untuk meningkatkan jangkauan pasar dan mendiversifikasi inventaris. Rencana implementasi strategis, bersama dengan metrik kinerja dan manajemen risiko, diuraikan untuk memastikan eksekusi yang sukses. Memfokuskan pada kemitraan klien baru menawarkan jalur yang skalabel dan hemat biaya bagi Rntr. untuk meningkatkan pertumbuhan, mencapai tujuan lingkungan, dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar penyewaan mode yang terus berkembang.
This paper aims to analyse strategic business development recommendations for Rntr., a clothing rental company, which is considering to partner with new clothing brands as rental partners or extending new service features. Through internal and external analyses, including SWOT, PESTEL, and Porter’s Five Forces, along with problem formulation using the TOSCA framework, the recommendation is to focus on targeting new client brands, particularly in the men's fashion segment. This strategy leverages Rntr.’s strengths, such as an extensive customer database and unique service combination, while addressing internal constraints like limited funding and manpower. Partnering with brands such as M.J. Bale, Peter & Jackson, and Ferrari East is suggested to enhance market reach and diversify inventory. A strategic implementation plan, complete with performance metrics and risk management, is outlined to ensure successful execution. Focusing on new client partnerships provides Rntr. with a scalable and costeffective path to boost growth, achieve environmental goals, and maintain a competitive edge in the evolving fashion rental market."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hariono
"Karya akhir ini menggambarkan perkembangan usaha yang berkecimpung di bidang pijat, dari awal mulai usaha sampai berkembang seperti sekarang ini. Memulai suatu bisnis memerlukan suatu konsep, perencanaan dan strategi yang matang, apalagi untuk bisnis pijat yang pada awal tahun 1980-an masih berkonotasi negatif. Supaya bisa tetap eksis, suatu usaha baru juga harus mempunyai keunggulan dibandingkan usaha pesaing. Bersih Sehat merupakan usaha pijat untuk keluarga, yang sudah berkembang lebih dari 25 tahun dan sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2000. Bersih Sehat memiliki 9 cabang, yaitu 7 cabang berada di Jakarta, 1 cabang di Bandung, dan 1 cabang di Anyer. Delapan cabangnya berdampingan dengan Restoran Jepang Midori. Salah satu kunci sukses perkembangan bisnis pijat Bersih Sehat adalah selalu konsisten dan memegang teguh konsep yang dicanangkan sejak awal pendiriannya. Konsep dasar/filosofi tersebut adalah pijat untuk keluarga, bukan pijat negatif, bukan pengobatan, bersih dan sehat, clean governace (tata pamong yang bersih), serta customer oriented. Kewajiban semua warga Bersih Sehat untuk selalu mendukung konsep dasar/filosofi itu. Bersih Sehat selain mengembangkan cabang, juga melakukan diversifikasi usaha di bidang restoran, bimbingan belajar dan salon. Terdapat 8 cabang Restoran Jepang Midori, 1 cabang Restoran Jepang Murah Pikapika, 1 cabang Warung Ngalam. Bimbingan belajar yang bernama VISI, mempunyai 5 cabang. Bimbingan belajar ini juga sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2000. Salon ada 2 cabang, didirikan untuk menjadi suplemen Bersih Sehat. Selama 25 tahun lebih, kepemimpinan dan kepemilikan Bersih Sehat di pegang langsung oleh Hariono. Regenerasi Kepemimpinan merupakan suatu hal yang perlu dipikirkan dan dicarikan solusi yang terbaik. Kalau diteruskan oleh ahli waris, maka ada 4 kemungkinan yang bisa terjadi, yaitu ahli waris tidak mempunyai kemauan dan tidak mempunyai kemampuan teknis dan manajemen dalam meneruskan bisnis ini; ahli waris mempunyai kemauan tetapi tidak mempunyai kemampuan teknis dan manajemen dalam meneruskan bisnis ini; ahli waris tidak mempunyai kemauan tetapi mempunyai kemampuan teknis dan manajemen dalam meneruskan bisnis ini; atau ahli waris mempunyai kemauan dan sekaligus mempunyai kemampuan teknis serta manajemen meneruskan bisnis ini (pilihan yang terbaik dan menjadi harapan penulis). Di samping itu masih ada kemungkinan-kemungkinan lain yaitu: 1. Apakah perusahaan masih akan dikelola sendiri oleh manajemen orang dalam? 2. Pengelolaan diserahkan kepada profesional dari luar perusahaan? 3. Apakah perlu mendatangkan investor? 4. Bagaimana kalau diwaralaba? 5. Atau dijual saja?

This final paper describes develobusiness pment taking place in the sector of massage parlors in the country, covering BERSIH SEHAT in particular, from the time it entered the business through the present day. Starting a new business would require a solid concept, sound planning and a unique strategy, and the more so in the sector of massage parlors in the early 1980s when the business was still looked at negatively. And in order for such venture to survive, the business must, in addition to the three principle criteria stated above, also have a comparative advantage over the competition. Bersih Sehat is a wholesome massage parlor that caters to the family, in business for more than 25 years and developing continually throughout its long history to now become one of the few massage parlors recognized for its quality services and holding the ISO 9001:2000 Certificate. Reaching out to other areas from its original location, Bersih Sehat at present operates 9 branches, 7 of these being located within the Greater Jakarta region, 1 branch in Bandung and 1 other branch in Anyer, these latter two being in the West Java Region. Eight Bersih Sehat branches are now operating flanked by the Midori Japanese Restaurant, another business venture operated and managed by the Company. One of the success keys of business development for Bersih Sehat is, the company`s at all times maintaining consistency and adhering strictly to its initial business concept laid down upon its establishment as a wholesome massage parlor. The company`s philosophy of being a wholesome massage parlor to cater to the family, and not just existing as one of the recreational massage parlors in the country, nor a medical massage clinic. The name Bersih Sehat, literally meaning Clean and Healthy or Clean and wholesome, practices good governance and being customer oriented, and all our employees being obligated to at all times uphold the Company`s basic philosophy of excellent service to both clients and patrons. Besides branching out to other locations, Bersih Sehat has by now diversified its venture to also cover the restaurant business by its network of the Midori Japanese restaurant- now having 8 branches flanking the Bersih Sehat massage parlors in their various locations in the country. The company currently operates and branch Midori Japanese Restaurants, 1 branch Pikapika Japanese Restaurant (lower prices) and 1 branch Warung Ngalam Indonesian restaurant. And besides massage parlors and Japanese Restaurant, Bersih Sehat has lately also diversified into the Education Tutoring courses business, with 5 branches in operation at the moment, and which also received the ISO 9001: 2000 Certificate. Bersih Sehat also diversified into Salon, with 2 branches in operation at the moment and which be additional treatment. In these more than 25 successive years period, the management and ownership of Bersih Sehat have been in the hands of its founder, Hariono. A regeneration of management is a matter of importance requiring attention in the interest of a venture`s survival. A company`s leadership being automatically succeeded by its natural successor(s) may offer four possibilities in the pursuit of the best solution. In the case of Bersih sehat, these possibilities might be : (i) the successor`s not having an interest in nor the technical and management abilities to carry our the job; (ii) the successor`s having an interest in but lacking the necessary technical and management abilities; (iii) the successor`s not having the required interest to continue the business but having the technical and management abilities; or (iv) the successor`s having both an interest to continue the business as well as the technical and management abilities.- this constituting the best option and being this writer`s aspiration. Besides the above, other possibilities that might be considered are : 1. Will the company continue being managed by a management by a company insider? 2. Is the management of the company to be transferred to a professional from outside the company? 3. Is the company considering inviting new investors? 4. Is franchising the company`s operations being considered as an alternative? 5. Or offering the company for sale?"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T 26429
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Zendra Kumar
"ABSTRAK
Skripisi ini membahas rantai nilai yang ada di klaster IKM komponen kapal di
Desa Kebasen, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal untuk meningkatkan daya
saing dan produktifitas klaster industri dengan menggunakan alat analisis teori
rantai nilai Porter (1985). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keseluruhan rantai nilai yang
ada sudah mencakup keseluruhan faktor ?faktor yang dibutuhkan untuk
mendukung berkembangnya daya saing dan produktifitas klaster. Penelitian ini
juga menyarankan bahwa klaster IKM komponen kapal di Kabupaten Tegal harus
meningkatkan kemampuan (skill) sumberdaya manusianya dengan berbagai
macam pelatihan agar dapat menciptakan inovasi baru dalam berproduksi,
meningkatkan teknologi dalam berproduksi untuk mencapai skala ekonomi dan
segera melakukan sertifikasi biro klasifikasi Indonesia untuk seluruh produk yang dihasilkan.

ABSTRACT
The aim of this study is analyzing value chain which exist in small industrial
shipping component cluster in Tegal Regency to increase the competitiveness and
productivity of this cluster using Porter?s value chain theory (1985). This research
is qualitative research by descriptive design method. The result show us that the
value chain of this cluster has enough support to increase the competitiveness and
productivity. This study also suggest that the cluster must be develop their skill
worker with any skill training to create the innovation in production technology,
increasing technological support to achieve economic scale, and very soon to get
classification from Indonesian Classification Bureau for all product."
2016
S62900
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Cibaduyut region is an area artisans developed as centers of production of shoes and shoe shopping in one of Bandung.
But in recent years Cibaduyut shoe manufacturing business began to fall. To overcome the problems faced Cibaduyut
shoe craftsmen, the effort is to implement a management training activities. The activities are the Actual Problem
Solving, target audiences, including the method of approach to a lecture, discussion and simulation as well as action plans
to be implemented.
The result of this activity is that the participants are so enthusiastic to participate in a mentoring training. Of
business management training delivered, the participants do not understand the preparation related to human resources
management, Feasibility Studies Business and Accounting simple. But with the training and mentoring, the craftsmen
began to understand the importance of keeping preparation simple addition to determine the profit in business is also
important for business continuity in the future."
JIA 9:3 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ary Amry
"Sebagai penyumbang penyerapan tenaga kerja terbesar di Indonesia, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, kategori tersebut menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional. Dari sekian banyak jenis UMKM yang ada, UMKM di sektor konstruksi seperti pemasok bahan bangunan memiliki signifikansi tambahan karena kontribusi sektor konstruksi terhadap PDB Indonesia sekitar 10,7% pada tahun 2020. Konsumennya adalah pemilik bangunan, arsitek, dan kontraktor. Dengan pasar ini, perbaikan memiliki manfaat dalam situasi keseluruhan pada sektor konstruksi. Kajian dengan pendekatanbusiness coaching dilakukan pada salah satu UMKM yang masuk dalam kategori ini. Penelitian kualitatif dengan menggunakan kanvas model bisnis sebagai alat dilakukan untuk menemukan ketidaksesuaian pada model bisnis yang ada. Mengikuti temuan kami merumuskan perbaikan model bisnis untuk memicu intervensi dalam bentuk inovasi model bisnis. Dalam penelitian ini kami menemukan pengembangan kanal memiliki peran untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu mengusulkan model bisnis baru termasuk Kanal dan Hubungan Pelanggan yang akan mempengaruhi sumber daya Utama dan aktivitas Utama, karena model bisnis merupakan sistem aktivitas, yang memiliki interaksi dan saling ketergantungan antar komponen bangunan.

As the largest contributors to employment in Indonesia MSMEs have significant role in Indonesian economy, the category absorbs around 97% of the national workforce. And from many types of MSMEs that exist, those in the construction sector such as suppliers of building material have an additional significancy due construction sector contribution to Indonesia's GDP, around 10.7% in 2020. The consumer were the owners, architects, and contractors. With this market, the improvement should have a benefit in overall situation of construction sector.  A study with a business coaching approach was carried out on one of the MSMEs in this category. Qualitative research using business model canvas as tools was held to find discrepancy in existing business model. Follow the finding we formulated business model improvements to trigger an intervention in the form of a business model innovation. In this research we find Channel development has a role to improve the company performance. but it was necessary to propose a new business model including Channels and Customer Relations which will affect their Key resources and Key activities. because business models were an activity system, which has interactions and interdependencies between building components."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusinta Diashrina
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memahami kompleksitas untuk mengelola Usaha
Kecil Menengah (UKM) dengan sistem make to order (MTO) dan untuk
mengembangkan skenario simulasi untuk pertumbuhan serta menghindari
"dwarfisme". Metode Sistem Dinamik (SD) digunakan untuk membantu
memahami dan mensimulasikan variabel yang saling berkaitan yang ada dan
relevan dalam UKM dengan sistem MTO. sub-sistem yang diusulkan terdiri dari
permintaan, pendapatan, produksi dan sumber daya manusia di UKM.
Berdasarkan hasil simulasi, studi ini mengungkapkan beberapa kebijakan, yang
berpengaruh positif secara signifikan seperti memberikan diskon 6% dari harga
jual, mempekerjakan lebih banyak dalam rangka meningkatkan produksi dan pada
saat yang sama, memenuhi jumlah permintaan konsumen. Kami menemukan
bahwa dalam rangka untuk meningkatkan permintaan konsumen, UKM harus
mencapai pasar yang lebih luas secara langsung melalui sistem online,
menyediakan desain yang unik dan mempercepat proses produksi untuk
menghindari keterlambatan dalam mengirimkan produk kepada pelanggan.

ABSTRACT
This research aims firstly, to understand the complexities to manage a Small
Medium Enterprise (SME) with make to order (MTO) system and secondly, to
develop a simulated scenario for its growth and to avoid ?dwarfism?. System
Dynamics (SD) methodology is used to help understand and simulate the
interdependent variables that exist and relevant in the SMEs with MTO system.
The proposed sub-system consists of the demand, the revenues, the production
and the human resources in SMEs. Based on the simulation results, this study
reveals some policies, which are positively significant such as giving discount 6%
of the selling price, hiring more people to support production in order to increase
and at the same time, meet the number of consumer demand. We found that in
order to boost the of consumer demand, SME should reach the wider market
directly through the online system, provide unique designs and speed up the
production process to avoid the longer delay in delivering the product to the
customer."
2016
S64442
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandi Sifananda
"Karya akhir ini merupakan rencana pengembangan bisnis Agro Prima Empat Sekawan yang bergerak dibidang agribisnis hortikultura khususnya paprika Penjualan yang dihasilkan Empat Sekawan tidak mampu memberikan imbal hasil yang optimal dengan investasi yang telah dikeluarkan sehingga diperlukan penyusunan rencana pengembangan bisnis khususnya dari segi perencanaan pemasaran. Kendala yang dihadapi Empat Sekawan adalah infrastruktur yang tidak mendukung, produksi pertanian kurang maksimal, ketergantungan saluran pemasaran, serta keterbatasan sumber daya manusia dan modal.
Tujuan dari perencanaan pemasaran adalah dengan peningkatan penjualan melalui peningkatan nilai (rupiah) maupun peningkatan kuantitas (kilogram) penjualan melalui penerapan strategi pada segmentasi dan positioning, produk, saluran pemasaran, komunikasi pemasaran, dan merk. Perumusan perencanaan pemasaran ini, sebagai bagian dari sam kesatuan dengan perencanaan operasional serta perencanaan keuangan, akan membentuk suatu business development plan yang akan menjadi panduan dalam operasional Empat Sekawan kedepan.

This thesis is a business development plan of Agro Prima Empat Sekawan, a holticulture agrobusiness company especially in paprika. Business development plan needed because sales generated could not give an optimal return to shareholder investment. Problems that Empat Sekawan faces are lck of innastucture, limited productivity depend on marketing channel, and limited of human resources and capital.
The purpose of marketing plan is to increase sales whether increase in value (rupiah) and quantity (kilogram) of sales through strategy formulation and implemention in segmentation and positioning, products, marketing channel, marketing communication, and brand. This thesis that concentrates on marketing plan, together with two other thesis that concentrate on operations and tinancial planning will make up a complete business development plan that will serve as a guidance for operating Empat Sekawan in fixture.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33856
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Cheeryl Nefidya Sari
"Meningkatkan penjualan dan memperbaiki manajemen hubungan pelanggan sangat penting untuk bisnis apapun. Alaskaki Concept Store sebagai subyek penelitian merupakan sebuah usaha skala menengah yang menjual pakaian dan aksesoris seperti sepatu, kacamata, topi dan tas. UKM ini menghadapi kesulitan dalam meningkatkan penjualan online dan dalam mengelola hubungan dengan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk memandu dan mendampingi UKM Alaskaki Concept Store dalam mengembangkan saluran penjualan melalui platform online (Tokopedia dan Shopee) dan memperbaiki manajemen hubungan pelanggannya. Pendampingan bisnis (business coaching) dilakukan selama bulan Januari sampai Juni 2022. Analisis data dan informasi yang diperoleh dilakukan menggunakan analisis kualitatifdeskriptif. Semua data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, pengisian kuesioner online, dan tinjauan literatur. Melalui pendampingan bisnis ini penjualan UKM Alaskaki Concept Store diharapkan dapat meningkat dan penggunaan database pelanggan dapat membantu dalam mengembangkan layanan kanal dan relasi pelanggan yang melayani pelanggan secara efektif dan efisien.

Increasing sales and improving customer relationship management are important for any business. Alaskaki Concept Store, the object of the study through business coaching approach, is a small enterprise who sells apparels and accessories such as shoes, glasses, hats, and bags. The store is facing difficulties to increase its online sales and to manage relationships with customers. The study aims at guiding Alaskaki Concept Store on how to develop or increase the sales through online channels (Tokopedia and Shopee) and improving its customer relationship management. The business coaching was conducted in January-June 2022. Qualitative research and descriptive analysis have been applied. All data was collected by in-depth interviews, observations, online questionnaires, and literature reviews. Through this business coaching approach, it is expected that the sales of Alaskaki Concept Store will increase, and the store can maximize the use of customer’s database to conduct more targeted promotion."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pakistan: The Institut of Business Administration, 2007,
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Kuala Terengganu: Universiti Malaysia Terengganu, 2013
JBSD 1:2 (2013)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>