Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 180973 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdian Razak
"Baterai menjadi komponen kunci dalam sistem penyimpanan energi, maka dari itu sangat penting untuk mengestimasi nilai State of Charge secara akurat untuk mengelola dan memanfaatkan daya baterai secara optimal. Ketidakakuratan estimasi SoC dapat menyebabkan performa yang tidak optimal dan kerusakan baterai. Pendekatan tradisional dalam estimasi SoC cenderung kurang presisi, terutama di bawah kondisi dinamis. Oleh karena itu, untuk meningkatkan akurasi estimasi SoC, pada penelitian ini diusulkan model estimasi SoC menggunakan metode Support Vector Machine dengan Particle Swarm Optimization pada baterai Lithium-Ion dan Lithium-Polymer karena keduanya banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kendaraan listrik, perangkat seluler, dan peralatan elektronik. Hasil penelitian ini akan menunjukkan algoritma SVM dan PSO-SVM yang dapat digunakan untuk memprediksi estimasi pada baterai Lithium-Ion dan Lithium-Polymer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil skor R-Squared menggunakan SVM pada Lithium-Ion sebesar 96,1% dan Lithium-Polymer sebesar 92,8%, serta menggunakan PSO-SVM pada Lithium-Ion 97,8% sebesar dan Lithium-Polymer sebesar 93,6%. hasil skor Mean Absolute Error diperoleh dengan menggunakan SVM pada Lithium-Ion sebesar 4,9% dan Lithium-Polymer sebesar 6,0%, serta menggunakan PSO-SVM pada Lithium-Ion sebesar 3,8% dan Lithium-Polymer sebesar 5,7%. hasil skor Root Mean Squeared Error diperoleh dengan menggunakan SVM pada Lithium-Ion sebesar 6,3% dan Lithium-Polymer sebesar 8,1%, serta menggunakan PSO-SVM pada Lithium-Ion sebesar 4,8% dan Lithium-Polymer sebesar 7,7%. Hasil analisis menunjukkan bahwa algoritma PSO-SVM dan SVM lebih cocok diaplikasikan pada baterai Lithium-Ion dibandingkan Baterai Lithium-Polymer, khusunya PSO-SVM.

Batteries become a key component in the energy storage system; therefore, it is crucial to accurately estimate the State of Charge to manage and utilise the battery power optimally. Inaccuracy in SoC estimation can lead to suboptimal performance and battery damage. Traditional approaches in SoC estimation tend to lack precision, especially under dynamic conditions. Therefore, to improve the accuracy of SoC estimation, this study proposes a SoC estimation model using Support Vector Machine with Particle Swarm Optimization method for Lithium-Ion and Lithium-Polymer batteries as they are widely used in various applications, including electric vehicles, mobile devices, and electronic equipment. The results of this research will show the PSO-SVM and SVM algorithms that can be used to predict estimates for Lithium-Ion and Lithium-Polymer batteries. Based on research that has been carried out, the R-Squared score results obtained using SVM on Lithium-Ion were 96.1% and Lithium-Polymer was 92.8%, and using PSO-SVM on Lithium-Ion was 97.8% and Lithium-Polymer was 93 .6%. The Mean Absolute Error score results were obtained using SVM on Lithium-Ion of 4.9% and Lithium-Polymer of 6.0%, and using PSO-SVM on Lithium-Ion of 3.8% and Lithium-Polymer of 5.7%. The Root Mean Squeared Error score results obtained using SVM on Lithium-Ion were 6.3% and Lithium-Polymer were 8.1%, and using PSO-SVM on Lithium-Ion was 4.8% and Lithium-Polymer was 7.7%. The analysis results show that the PSO-SVM and SVM algorithms are more suitable for application to Lithium-Ion batteries compared to Lithium-Polymer Batteries, especially PSO-SVM."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Febby Fitratama
"

Baterai Lithium-Ion merupakan salah satu media yang efektif untuk meyimpan energi. Baterai ini pun terus diteliti lebih lanjut untuk meningkatkan efisiensi dan kekuatan baterai. Pada saat ini. Anoda LTO merupakan material yang sedang dikembangkan sebagai pengganti anoda grafit. LTO atau litium titanat memiliki beberapa kelebihan seperti sifat zero strain yaitu tidak terjadi perubahan volume atau perubahan volume yang sangat rendah saat charge dan discharge. Sintesis LTO dilakukan dengan menggunakan metode solid state dengan proses mekanokimia dan sintering pada suhu 850o C selama 6 jam. Kadar Zn yang ditambahkan sebesar 3 wt%, 7wt% dan 11 wt%. dan grafit sebesar 3 wt%. Penambahan doping Zn pada LTO meningkatkan konduktifitas elektronik dan kapasitas spesifik dari baterai. Komposit LTO-Grafit/Zn dilakukan karakterisasi menggunakan XRD dan SEM-EDS. Uji performa baterai dilakukan menggunakan pengujian EIS, CV dan CD. Hasil pengujian EIS didapatkan nilai konduktifitas tertinggi pada komposit LTO-grafit/Zn 3%. Kapasitas spesifik tertinggi hasil uji CV didapatkan LTO-grafit/Zn 11% sebesar 154.3 mAH/g. Kapasitas chage discharge tertinggi didapatkan LTO-grafit/Zn 11% pada current rates 0.5 C sampai 15C


Lithium-Ion batteries are one of the effective media for storing energy. This battery continues to be investigated further to increase the efficiency and power of the battery. At this time. LTO anode is a material that is being developed as a substitute for graphite anode. LTO or lithium titanate has several advantages, such as the zero strain characteristic, that is, there is no change in volume or volume changes that are very low during charge and discharge. The LTO synthesis was carried out using a solid state method with a mechanochemical process and sintering at a temperature of 850o C for 6 hours. Zn content added is 3 wt%, 7wt% and 11 wt%. and graphite at 3 wt%. Addition of Zn doping to LTO increases the electronic conductivity and specific capacity of the battery. LTO-Graphite/Zn composites were characterized using XRD and SEM-EDS. Battery performance test is carried out using EIS, CV and CD testing. The EIS test results obtained the highest conductivity value on 3% LTO-graphite / Zn composites. The highest specific capacity CV test results obtained LTO-graphite/Zn 11% of 154.3 mAH / g. The highest chage discharge capacity is obtained by LTO-graphite/Zn 11% in the current rates of 0.5 C to 15C.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Hafidzan Aziz Sahab
"Litium Ferro Phosphate, LiFePO4 (LFP) adalah kandidat yang menjanjikan sebagai bahan katoda baterai lithium ion. Dalam penelitian ini, LFNP/C disintesis dengan metode solid-state dari precursor LFP, Nikel menjadi variasi penambahan konten LFP dalam bentuk doping, yaitu, 6, 7,5 dan 9%, diberi label sampel LFNP/C-Ni6%, LFNP/C-Ni7.5% dan LFNP/C-Ni9%. Karakterisasi dilakukan menggunakan XRD, SEM, EDX, dan MAPPING. Ini dilakukan untuk mengamati efek penambahan Nikel pada struktur, morfologi, dan komposisi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase optimum doping Nikel adalah 7.5% karena telah menunjukan hasil yang memuaskan di performa CV,CD, dan EIS dengan ukuran kristal 76.93 nm. Dalam pengujian cyclic voltametry, konduktivitas dan kapasitas sampel meningkat dan disebabkan oleh penambahan Nikel pada LFP.

Lithium Ferro Phosphate, LiFePO4 (LFP) is a promising candidate as a cathode material for lithium ion batteries. In this study, LFNP / C was synthesized by the solid-state method of the LFP precursors, Nickel became a variation of LFP content addition in the form of doping, namely, 6, 7.5 and 9%, labeled LFNP / C-Ni6% sample, LFNP / C-Ni7.5% and LFNP / C-Ni9%. Characterization was done using XRD, SEM, EDX, and MAPPING. This was done to observe the effect of adding Nickel to the structure, morphology, and composition of the sample. The results showed that the optimum percentage of Nickel doping was 7.5% because it had shown satisfactory results in the performance of CV, CD, and EIS with a crystal size of 76.93 nm. In cyclic voltametry testing, the conductivity and capacity of the sample increases and is caused by the addition of Nickel to LFP."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Hafidzan Aziz Sahab
"Litium Ferro Phosphate, LiFePO4 (LFP) adalah kandidat yang menjanjikan sebagai bahan katoda baterai lithium ion. Dalam penelitian ini, LFNP/C disintesis dengan metode solid-state dari precursor LFP, Nikel menjadi variasi penambahan konten LFP dalam bentuk doping, yaitu, 6, 7,5 dan 9%, diberi label sampel LFNP/C-Ni6%, LFNP/C-Ni7.5% dan LFNP/C-Ni9%. Karakterisasi dilakukan menggunakan XRD, SEM, EDX, dan MAPPING. Ini dilakukan untuk mengamati efek penambahan Nikel pada struktur, morfologi, dan komposisi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase optimum doping Nikel adalah 7.5% karena telah menunjukan hasil yang memuaskan di performa CV,CD, dan EIS dengan ukuran kristal 76.93 nm. Dalam pengujian cyclic voltametry, konduktivitas dan kapasitas sampel meningkat dan disebabkan oleh penambahan Nikel pada LFP.

Lithium Ferro Phosphate, LiFePO4 (LFP) is a promising candidate as a cathode material for lithium ion batteries. In this study, LFNP / C was synthesized by the solid-state method of the LFP precursors, Nickel became a variation of LFP content addition in the form of doping, namely, 6, 7.5 and 9%, labeled LFNP / C-Ni6% sample, LFNP / C-Ni7.5% and LFNP / C-Ni9%. Characterization was done using XRD, SEM, EDX, and MAPPING. This was done to observe the effect of adding Nickel to the structure, morphology, and composition of the sample. The results showed that the optimum percentage of Nickel doping was 7.5% because it had shown satisfactory results in the performance of CV, CD, and EIS with a crystal size of 76.93 nm. In cyclic voltametry testing, the conductivity and capacity of the sample increases and is caused by the addition of Nickel to LFP."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Dian Sepala
"ABSTRAK
Optimasi Anoda LTO-Sn dengan Penambahan Karbon Aktif pada Baterai Litium-ion Penelitian ini membahas mengenai optimasi anoda LTO-Sn dengan penambahan karbon aktif. Persen Sn yang ditambahkan adalah 5, 7.5, dan 12.5 berat. Sementara pada LTO dengan kadar karbon 5, 15 dan 25 berat, ditambahkan Sn 7.5 berat. Analisi sintesis material dilakukan dengan menguji XRD, BET dan SEM. Analisis performa baterai dilakukan dengan uji EIS, CV, dan CD. Didapatkan luas permukaan yang lebih besar dengan penambahan karbon. Pengamatan SEM juga menunjukkan morfologi yang lebih halus, ditunjukkan dengan ukuran partikel yang lebih kecil, walaupun masih terdapat aglomerat beras dan kecil. Hasil EIS menunjukkan penambahan Sn memberikan nilai konduktivitas yang lebih baik, sementara penambahan karbon menurunkan konduktivitas. Hasil CD menunjukkan penambahan Sn menurunkan kapasitas pada 12C sementara penambahan karbon menaikkan kapasitas yang bisa tercapai. Hasil XRD dan CV menunjukkan terdapat senyawa LTO, TiO2 rutile, TiO2 anatase, dan Sn. LTO dengan penambahan Sn 7.5 dan karbon 5 menjadi parameter optimum untuk mencapai kapasitas sebesar 270.2 mAh/g pada saat discharge dan LTO dengan penambahan Sn 12.5 menjadi sampel dengan kapasitas charge terbesar yaitu 191.1 mAh/g

ABSTRACT
Optimization of LTO Sn Anode with Activated Carbon Addition on Lithium ion Batteries This study discusses the LTO Sn anode optimization with the addition of activated carbon. Percent Sn added was 5, 7.5, and 12.5 wt. While the LTO with a carbon content of 5, 15 and 25 added 7.5 wt Sn. Analysis done by testing the material synthesis XRD, BET and SEM. Analysis of the performance of the battery is done by using EIS, CV, and CD. Obtained a larger surface area with the addition of carbon. SEM observations also show finer morphology, shown with a smaller particle size, although there are small and big agglomerates. EIS results showed the addition of Sn provides better conductivity value, while the addition of carbon to lower the conductivity. The CD results showed the addition of Sn lowering capacity at 12C while adding carbon to raise capacity that could be achieved at same C rates. The results of XRD and CV shows there are LTO compound, TiO2 rutile, TiO2 anatase, and Sn. LTO with the addition of Sn 7.5 and 5 carbon given optimum parameters to achieve a capacity of 270.2 mAh g at discharge. LTO with the addition of Sn 12.5 to the sample achieve a charge capacity 191.1 mAh g"
2017
T46920
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Ismoyojati
"Li4Ti5O12 merupakan salah satu material yang menjanjikan untuk bahan anoda baterai litium ion. Li4Ti5O12 adalah material yang bersifat zero strain, dimana material tidak mengalami ekspansi volum pada saat prose charge/discharge. Namun, Li4Ti5O12 memiliki kapasitas teoritis yang relatif rendah (175 mAh/g). Hal ini membuat perlu dilakukannya modifikasi terhadap material Li4Ti5O12 untuk meningkatkan performa elektrokimianya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggabungkan material Li4Ti5O12 dengan timah (Sn), yang mana memiliki kapastitas teoretis yang sangat tinggi (994 mAh/g). Namun, Sn memiliki permasalahan ekspansi volum yang sangat besar dan juga pulverization pada saat siklus charge/discharge. Oleh karena itu, digunakan grafit untuk mencegah terjadinya ekspansi volum yang berlebihan dari Sn. Grafit memiliki efek stress-relieving pada Sn, sehingga dapat menghambat ekspansi volumnya pada saat siklus charge/discharge.
Pada penelitian ini, dilakukan sintesis komposit LTO/Sn-grafit dengan metode solid state. Untuk mengetahui pengaruh kadar Sn pada komposit tersebut, dilakukan variasi kadar Sn sebesar 5% wt.; 10% wt.; dan 15% wt. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa sampel dengan kadar Sn 10% wt. memiliki kapasitas discharge dan nilai potensial kerja terbaik. Sampel dengan kadar Sn 5% wt. memiliki kemampuan retensi paling baik. Sampel dengan kadar Sn 15% wt. memiliki nilai hambatan terkecil.

Li4Ti5O12 is one of promising materials for lithium ion battery anode material. Li4Ti5O12 is a zero strain material, where the material does not undergo volume expansion during the charge/discharge process. However, Li4Ti5O12 has a relatively low theoretical capacity (175 mAh/g). Modifying Li4Ti5O12 material is necessary to improve its electrochemical performance. Method that can be done is by combining Li4Ti5O12 with tin (Sn), which has a very high theoretical capacity (994 mAh/g). However, Sn has very large volume expansion problems as well as pulverization phenomena during its charge/discharge cycle. Therefore, graphite is used to prevent the excessive volume expansion of Sn. Graphite has the effect of stress-relieving on Sn, so it can inhibit its volume expansion during the charge/discharge cycle.
In this study, composite synthesis of LTO/Sn-graphite was carried out by solid state method. To determine the effect of Sn content on these composites, Sn variations were carried out at 5% wt., 10% wt., and 15% wt. The results of this study shown that sample with 10% wt. Sn content has the best discharge capacity and working potential value. Sample with 5% wt. Sn content has the best retention capability. Sample with 10% wt. Sn content has the least resistance value.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faisa Maulidina
"Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh yang tidak terkendali. Ketika kanker dimulai di paru-paru, hal ini dinamakan sebagai kanker paru-paru. Terdapat faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko seseorang yang mengidap penyakit ini, yaitu dengan merokok (termasuk perokok pasif), riwayat kanker paru-paru dalam keluarga, terpapar radiasi, dan infeksi HIV. Penyakit ini dapat didiagnosis melalui image tests, diantaranya yaitu chest x-ray, CT scan, MRI scan, PET scan, dan bone scan. Meskipun diagnosa telah dilakukan dengan banyak cara, namun masih terdapat banyak kesalahan dalam mendiagnosa penyakit tersebut. Untuk mengatasi dan membantu hal tersebut, klasifikasi penyakit kanker paru-paru dapat dilakukan dengan menggunakan metode machine learning. Dataset yang akan digunakan untuk mengklasifikasikan penyakit ini berupa CT Scan yang didapatkan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Indonesia. Metode klasifikasi yang digunakan adalah Particle Swarm Optimization-Genetic Algorithm-Support Vector Machine (PSO-GA-SVM), dimana Particle Swarm Optimization-Genetic Algorithm (PSO-GA) digunakan untuk mengoptimisasi parameter pada Support Vector Machine (SVM). Untuk mengevaluasi hasil kinerja metode tersebut, akan dilihat nilai akurasi, presisi, recall, dan f1-score dan dibandingkan dengan metode SVM tanpa optimisasi. Dari hasil yang didapat, klasifikasi dengan menggunakan Particle Swarm Optimization-Genetic Algorithm-Support Vector Machine (PSO-GA-SVM) menghasilkan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan Support Vector Machine (SVM) tanpa optimisasi parameter.

Cancer is an uncontrolled growth of abnormal cells in the body. When cancer starts in the lungs, it is referred as lung cancer. There are certain factors that increase a person's risk of this disease, such as smoking (including passive smoker), a family history of lung cancer, exposure to radiation, and HIV infection. This disease can be diagnosed through image tests, including chest x-ray, CT scan, MRI scan, PET scan, and bone scan. Although diagnosis has been made in many ways, there are still many errors in diagnosing the disease. To overcome and help this problem, the classification of lung cancer can be done by using machine learning method. The dataset that used to classify this disease is CT Scan obtained from Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta, Indonesia. The classification method that will be used is Particle Swarm Optimization-Genetic Algorithm-Support Vector Machine (PSO-GA-SVM), where Particle Swarm Optimization-Genetic Algorithm (PSO-GA) was used to optimize the parameters of the Support Vector Machine (SVM). To evaluate the results of the performance of the method, values of accuracy, precision, recall, and f1-score will be seen and it will be compared with SVM without the optimization. From the results obtained, classification using Particle Swarm Optimization-Genetic Algorithm-Support Vector Machine (PSO- GA-SVM) produces better performance compared to Support Vector Machine (SVM) without parameter optimization."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sianturi, Gregoryo Jeremi
"Baterai merupakan komponen yang penting dalam implementasi kendaraan listrik baik kendaraan listrik hibrid, kendaraan listrik hibrida plug-in, maupun kendaraan listrik baterai. Salah satu baterai jenis baterai yang sering digunakan untuk aplikasi kendaraan listrik adalah baterai litium ion (Li-ion). Dalam aplikasi kendaraan listrik pak baterai terdiri dari ratusan sel individual untuk memberikan energi dan daya listrik yang dibutuhkan. Penggunaan baterai pada jumlah dan kapasitas besar membutuhkan sistem kendali baterai dan sistem manajemen baterai yang baik untuk menjaga performa, keamanan, serta keandalan baterai. Nilai kondisi keadaan (SoC) baterai menjadi parameter yang paling penting untuk sistem manajemen baterai dan memberikan informasi untuk sistem manajemen energi. Baterai memiliki karakteristik non linear dan dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga estimasi SoC menjadi tantangan yang perlu dipecahkan. Oleh karena itu, pada studi ini dirancang estimator SoC yang secara tidak langsung dapat membantu untuk menjaga baterai pada kondisi aman yang menggunakan metode berbasis model elektrokimia
.Batteries are an important component in the implementation of electric vehicles, both hybrid electric vehicles, plug-in hybrid electric vehicles, and battery electric vehicles. One type of battery that is often used for electric vehicle applications is a lithium ion (Li-ion) battery. In electric vehicle applications the battery pack consists of hundreds of individual cells to provide the required energy and electrical power. The use of batteries in large numbers and capacities requires a good battery control system and battery management system to maintain battery performance, safety, and reliability. The state condition (SoC) value of the battery becomes the most important parameter for the battery management system and provides information for the energy management system. Batteries have nonlinear characteristics and are influenced by many factors, so SoC estimation is a challenge that needs to be solved. Therefore, in this study, a SoC estimator was designed to keep the battery in a safe condition and optimal output power using an electrochemical model-based method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gde Ngurah Renaldi Shantika
"Perkembangan luas baterai lithium-ion (LIB) telah menarik banyak minat dari banyak peneliti. Peningkatan khusus penelitian baterai ini dapat dilihat dari LIB yang mulai digunakan dalam sistem grid yang disebut battery energy storage system (BESS). Proyek tesis ini bertujuan untuk menentukan jenis LIB apa yang cocok untuk digunakan dalam sistem jaringan yang berbeda. Untuk memilih jenis LIB mana yang cocok untuk sistem, efisiensi siklus dan mekanisme degradasi LIB harus dipelajari. Saat ini, jenis LIB yang digunakan untuk BESS adalah Lithium Iron Phosphate (LFP) dan Lithium Nickel Manganese Cobalt (NMC).
Terlepas dari kemampuan LFP dan NMC, mekanisme degradasi mereka masih merupakan bagian penting dari batasan BESS. Selain itu, degradasi LFP dan NMC dipengaruhi oleh suhu dan laju arus sehingga peningkatan kedua parameter akan menghasilkan degradasi yang lebih tinggi. Variasi suhu dan laju arus membuktikan bahwa LFP memiliki stabilitas yang unggul dibandingkan NMC, meskipun memiliki kapasitas lebih rendah dari NMC. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LFP lebih cocok untuk sistem bersiklus tinggi, sementara NMC lebih cocok untuk sistem yang memiliki penyimpanan kapasitas tinggi sebagai perhatian utama mereka.

The vast development of lithium-ion batteries (LIB) has gained a lot of interest from many researchers. The particular improvement of LIB research is that LIB is starting to be used in a grid system called battery energy storage system (BESS). This thesis project aims to determine what type of LIB is suitable to be used in different grid systems. To choose which type of LIB that is suitable for the system, the cycling efficiency and the degradation mechanism of the LIB must be studied. Currently, the types of LIB used for BESS are Lithium Iron Phosphate (LFP) and Lithium Nickel Manganese Cobalt (NMC).
Despite the capability of LFP and NMC, their degradation mechanism is still an essential part of the limitation of the BESS. Additionally, the degradation of LFP and NMC are affected by temperature and current rate (C-rate) such that increasing both parameters will result in higher degradation. The variation of temperature and C-rate proves that LFP has superior stability compared to NMC, despite having lower capacity than NMC. Therefore, it can be concluded that LFP is more suitable for a high cycling system while NMC is more suitable for system which has high capacity storage as their primary concern.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Salaam
"Litium Titanat (Li4Ti5O12) memiliki beberapa kelebihan : sifat zero strain, charge-discharge yang panjang, tidak menimbulkan SEI (Solid Electrolyte Interphase). Namun Litium Titanat (LTO) memiliki kapasitas yang rendah (10-9 S cmn-1), dimana diatasi melalui pembuatan komposit dengan material lain. Grafit memiliki kapasitas spesifik yang besar, 372 mAh/g. Penambahan ZnO dapat meningkatkan kapasitas dan konduktivitas.
Penelitian ini berfokus mengetahui pengaruh penambahan ZnO variasi 3%, 5%, dan 7% dengan konsentrasi grafit tetap sebesar 5% sintesis solid state dengan sampel pembanding neat LTO dan LTO/Grafit disertai penambahan serbuk LiOH sebesar 6%. XRD menunjukkan adanya Li4Ti5O12 yang terbentuk, dengan ukuran kristalit terbesar pada LTO/Grafit-ZnO 3%. Hasil EIS menunjukkan LTO/Grafit-ZnO 5% memiliki konduktivitas terbaik.
Hasil CV menunjukkan Eo terbesar pada 3%, dan uji CV menghasilkan kapasitas spesifik yang lebih besar dari pengujian CD akibat C rate yang lebih besar, dengan kapasitas spesifik tertinggi CV pada LTO/Grafit-ZnO 3%, dan kapasitas terbesar CD pada LTO/Grafit-ZnO 5%, tidak terlalu jauh dengan kapasitas LTO/Grafit-ZnO 3%.
Perhitungan retensi menunjukkan LTO/Grafit-ZnO 3% memiliki rate capability baik sehingga tahan lama. Ketiga sampel memiliki efisiensi coulomb tinggi, sehingga tidak ada energi yang hilang selama charge-discharge. Meninjau hasil penelitian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan hasil yang optimal dalam meningkatkan konduktivitas serta kapasitas.

Lithium Titanate (L4Ti5O12) has several advantages, zero strain, good charge-discharge stability, and does not form SEI (Solid Electrolyte Interphase). However, LTO has low specific capacity (10-9 S cmn-1), and to improve that is to make a composite with another materials. Graphite has high specific capacity, 372 mAh/g, and the addition of ZnO would enhanced the capacity and conductivity.
This research focused on examined the effect of ZnO by various concentration 3%, 5% and 7% with a fixed concentration of graphite 5% by using solid state method and make a comparison between the neat LTO along with LTO/Graphite with the addition of excess LiOH 6% for LTO. XRD shows the presence of Li4Ti5O12 on each samples with the biggest crystallite size found in LTO/Graphite-ZnO 3%.
EIS shows LTO/Graphite-ZnO 5% has the best conductivity, and CV shows that LTO/Graphite-ZnO 3% has the biggest specific capacity. CD shows LTO/Graphite-ZnO 5% has the biggest capacity, with a little deviation form LTO/Graphite-ZnO 3%.
Retention indicate the LTO/Graphite-ZnO 3% has good rate capability, and all the samples have good coulumbic efficiency, indicates no energy lost during charge-discharge. Reveiweing the results, further research is need to obtained the best results.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>