Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 232630 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melia Gusnita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Chatbot LazzieChat terhadap customer satisfaction, brand-relationship quality pada Lazada, dan continuance chatbot intention di Indonesia. LazzieChat sendiri merupakan chatbot e-commerce artificial intelligence (AI) pertama di Asia Tenggara yang ditenagai oleh teknologi OpenAI Chat GPT dari Azure OpenAI Service. Meningkatnya penggunaan chatbot, membuat Lazada menciptakan inovasi yang berkolaborasi Microsoft Azure Open AI Service untuk menambah daya saing Lazada di industri ­e-commerce. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik non probability sampling berupa judgmental sampling dengan jumlah 303 responden pengguna Lazada di Indonesia. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji apakah information quality, system quality, experience with chatbot, dan chatbot anthropomorphism berpengaruh terhadap customer satisfaction, brand-relationship quality, dan chatbot continuance intention. Temuan menunjukkan bahwa information quality, system quality, experience with chatbot, dan chatbot anthropomorphism berpengaruh positif terhadap customer satisfaction, customer satisfaction berpengaruh positif terhadap brand-relationship quality dan chatbot continuance intention, dan brand-relationship quality berpengaruh positif terhadap chatbot continuance intention.

This research aims to determine the influence of the LazzieChat chatbot on customer satisfaction, brand-relationship quality at Lazada, and continuance chatbot intention in Indonesia. LazzieChat itself is the first artificial intelligence (AI) e-commerce chatbot in Southeast Asia which is powered by OpenAI Chat GPT technology from Azure OpenAI Service. The increasing use of chatbots has led Lazada to create innovations in collaboration with Microsoft Azure Open AI Service to increase Lazada's competitiveness in the e-commerce industry. This quantitative research uses a non-probability sampling technique in the form of judgmental sampling with 303 Lazada user respondents in Indonesia. The analysis in this research was carried out using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) to test whether information quality, system quality, experience with chatbot, and chatbot anthropomorphism influence customer satisfaction, brand-relationship quality, and chatbot continuance intention. The findings show that information quality, system quality, experience with chatbot, and chatbot anthropomorphism have a positive effect on customer satisfaction, customer satisfaction has a positive effect on brand-relationship quality and chatbot continuance intention, and brand-relationship quality has a positive effect on chatbot continuance intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ichsan Pahlevi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas layanan chatbot berbasis AI terhadap loyalitas pelanggan yang dirasakan, dengan mempertimbangkan peran mediasi dari perceived value, trust, dan satisfaction. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan pengambilan sampel dari pelanggan Lazada di DKI Jakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan KMO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan AI chatbot secara signifikan mempengaruhi nilai yang dirasakan dan kepuasan pelanggan, yang selanjutnya berdampak pada kepercayaan pelanggan. Nilai yang dirasakan dan kepuasan pelanggan juga berperan sebagai mediator dalam hubungan antara kualitas layanan AI chatbot dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi Lazada dan perusahaan e-commerce lainnya dalam mengembangkan strategi layanan pelanggan berbasis AI. Implikasi praktis dari penelitian ini termasuk pentingnya mengintegrasikan solusi AI chatbot yang efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, yang pada gilirannya dapat mendorong loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menyarankan arah untuk penelitian masa depan, terutama dalam mengkaji dampak jangka panjang dari teknologi AI dalam layanan pelanggan pada berbagai sektor industri.

This study aims to examine the influence of AI-based chatbot service quality on perceived customer loyalty, taking into consideration the mediating roles of perceived value, trust, and satisfaction. The research method employed was a quantitative survey, with a sample taken from Lazada customers in DKI Jakarta. Data were collected through questionnaires and analyzed using KMO. The research results indicate that the quality of AI chatbot services significantly affects perceived value and customer satisfaction, which subsequently impacts customer trust. Perceived value and customer satisfaction also act as mediators in the relationship between AI chatbot service quality and customer loyalty. This study provides valuable insights for Lazada and other e-commerce companies in developing AI-based customer service strategies. Practical implications of this research include the importance of integrating effective AI chatbot solutions to enhance customer experiences, ultimately driving customer loyalty. The study also suggests directions for future research, especially in examining the long-term impact of AI technology in customer service across various industry sectors."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Wahyu Pangestu
"Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji terkait live agent dan chatbot dan pengaruhnya terhadap customer satisfaction dengan moderasi social presence dengan mengetahui pengaruh dari live agent dan chatbot diharapkan akan berdampak terhadap customer satisfaction platform e-commerce.Jenis penelitian ini adalah explanatory research atau penelitian eksplanatif. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel dengan kriteria tertentu. Perhitungan jumlah sampel menggunakan metode Bernoulli yang diperoleh jumlah 300 responden.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu semua hipotesa di dalam penelitian ini terbukti. Seluruh variabel independent dalam penelitian ini berpengaruh terhadap variabel dependen secara siginifikan, dan variabel moderasi terbukti memperkuat hubungan antara variabel independent terhadap variabel dependen.

The purpose of this study is to examine related to live agents and chatbots and their effect on customer satisfaction with social presence moderation by knowing the influence of live agents and chatbots is expected to have an impact on the customer satisfaction of e-commerce platforms. This type of research is explanatory research or explanatory research. The purposive sampling technique is used in the selection of samples with certain criteria. The calculation of the number of samples using the Bernoulli method obtained the number of 300 respondents. The results of the research obtained are that all hypotheses in this study are proven. All independent variables in this study significantly affect the dependent variables, and the moderation variables affect the independent and dependent variables."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Zhafir Shadiq
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi aplikasi AI chatbot dalam proses pencarian pengetahuan atau knowledge retrieval pada suatu organisasi. Metodologi pengembangan aplikasi mengikuti metodologi Agile, dengan tahapan yang meliputi preliminary research, perumusan masalah, studi literatur, pengembangan aplikasi, dan evaluasi. Aplikasi dibangun menggunakan teknologi seperti Node.js, Next.js, dan PostgreSQL, serta diimplementasikan melalui platform Vercel dan GitHub. Penelitian ini menggunakan scenario- based task untuk mengevaluasi efektivitas chatbot dengan model GPT-3.5-turbo. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, satu menggunakan metode pencarian tanpa bantuan AI chatbot dan yang lain mendapatkan bantuan AI chatbot. Eksekusi scenario-based task pada penelitian ini dilakukan terhadap organisasi RM. Payakumbuah Cibubur dan BPOM. Selain dua organisasi tersebut, dilakukan juga uji coba untuk memvalidasi model penelitian dengan melakukan scenario-based task terhadap lingkungan Fasilkom UI. Parameter yang diukur termasuk di dalamnya akurasi informasi dan efisiensi waktu. Akurasi diukur dengan membandingkan nilai jawaban partisipan dengan bantuan AI dan tanpa bantuan AI, sementara efisiensi waktu diukur dari durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. Analisis statistik dilakukan menggunakan Wilcoxon signed-rank test untuk efisiensi waktu dan Mann-Whitney U test untuk akurasi jawaban demi menentukan signifikansi perbedaan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI chatbot mampu mempercepat waktu yang dibutuhkan karyawan dalam pencarian informasi organisasi. Selain itu, implementasi AI chatbot mampu menyajikan jawaban dengan akurasi yang konsisten. Kesimpulan dari penelitian ini adalah integrasi AI chatbot dalam knowledge retrieval organisasi memberikan manfaat dalam hal efisiensi dan akurasi.

This research aims to develop and evaluate AI chatbot applications in the knowledge retrieval process in an organization. The application development methodology follows the Agile methodology, with stages including preliminary research, problem formulation, literature study, application development, and evaluation. The application was built using technologies such as Node.js, Next.js, and PostgreSQL, that implemented through the Vercel and GitHub platforms. This study used scenario-based tasks to evaluate the effectiveness of the chatbot with the GPT- 3.5-turbo model. Participants were divided into two groups, one using the search method without the help of AI chatbot and the other getting the help of AI chatbot. The execution of scenario- based tasks in this study was carried out on the RM. Payakumbuah Cibubur and BPOM. In addition to these two organizations, trials were also conducted to validate the research model by conducting scenario-based tasks on the Fasilkom UI environment. Parameters measured included information accuracy and time efficiency. Accuracy was measured by comparing the value of participants answers with and without AI assistance, while time efficiency was measured by the duration required to complete the task. Statistical analysis was conducted using Wilcoxon signed-rank test for time efficiency and Mann-Whitney U test for answer accuracy to determine the significance of the difference between the two groups. The results showed that the use of AI chatbot was able to speed up the time required for employees to search for organizational information. In addition, the implementation of AI chatbot is able to present answers with consistent accuracy. The conclusion of this research is that the integration of AI chatbot in organizational knowledge retrieval provides benefits in terms of efficiency and accuracy."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Zhafir Shadiq
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi aplikasi AI chatbot dalam proses pencarian pengetahuan atau knowledge retrieval pada suatu organisasi. Metodologi pengembangan aplikasi mengikuti metodologi Agile, dengan tahapan yang meliputi preliminary research, perumusan masalah, studi literatur, pengembangan aplikasi, dan evaluasi. Aplikasi dibangun menggunakan teknologi seperti Node.js, Next.js, dan PostgreSQL, serta diimplementasikan melalui platform Vercel dan GitHub. Penelitian ini menggunakan scenario- based task untuk mengevaluasi efektivitas chatbot dengan model GPT-3.5-turbo. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, satu menggunakan metode pencarian tanpa bantuan AI chatbot dan yang lain mendapatkan bantuan AI chatbot. Eksekusi scenario-based task pada penelitian ini dilakukan terhadap organisasi RM. Payakumbuah Cibubur dan BPOM. Selain dua organisasi tersebut, dilakukan juga uji coba untuk memvalidasi model penelitian dengan melakukan scenario-based task terhadap lingkungan Fasilkom UI. Parameter yang diukur termasuk di dalamnya akurasi informasi dan efisiensi waktu. Akurasi diukur dengan membandingkan nilai jawaban partisipan dengan bantuan AI dan tanpa bantuan AI, sementara efisiensi waktu diukur dari durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. Analisis statistik dilakukan menggunakan Wilcoxon signed-rank test untuk efisiensi waktu dan Mann-Whitney U test untuk akurasi jawaban demi menentukan signifikansi perbedaan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI chatbot mampu mempercepat waktu yang dibutuhkan karyawan dalam pencarian informasi organisasi. Selain itu, implementasi AI chatbot mampu menyajikan jawaban dengan akurasi yang konsisten. Kesimpulan dari penelitian ini adalah integrasi AI chatbot dalam knowledge retrieval organisasi memberikan manfaat dalam hal efisiensi dan akurasi.

This research aims to develop and evaluate AI chatbot applications in the knowledge retrieval process in an organization. The application development methodology follows the Agile methodology, with stages including preliminary research, problem formulation, literature study, application development, and evaluation. The application was built using technologies such as Node.js, Next.js, and PostgreSQL, that implemented through the Vercel and GitHub platforms. This study used scenario-based tasks to evaluate the effectiveness of the chatbot with the GPT- 3.5-turbo model. Participants were divided into two groups, one using the search method without the help of AI chatbot and the other getting the help of AI chatbot. The execution of scenario- based tasks in this study was carried out on the RM. Payakumbuah Cibubur and BPOM. In addition to these two organizations, trials were also conducted to validate the research model by conducting scenario-based tasks on the Fasilkom UI environment. Parameters measured included information accuracy and time efficiency. Accuracy was measured by comparing the value of participants answers with and without AI assistance, while time efficiency was measured by the duration required to complete the task. Statistical analysis was conducted using Wilcoxon signed-rank test for time efficiency and Mann-Whitney U test for answer accuracy to determine the significance of the difference between the two groups. The results showed that the use of AI chatbot was able to speed up the time required for employees to search for organizational information. In addition, the implementation of AI chatbot is able to present answers with consistent accuracy. The conclusion of this research is that the integration of AI chatbot in organizational knowledge retrieval provides benefits in terms of efficiency and accuracy."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Sidharta
"Di era industri 4.0., semakin banyak perusahaan yang mencoba untuk melakukan digitalisasi proses layanannya. Hal ini termasuk pada penggunaan chatbot yang mulai marak di industri perbankan Indonesia, dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui interaksi secara cepat. Fenomena ini menarik minat peneliti untuk mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh kualitas komunikasi (terdiri dari akurasi komunikasi, kredibilitas komunikasi, dan kompetensi komunnikasi) terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan chatbot perbankan, dan memahami pengaruh upaya pemasaran yang dibantu chatbot (yang terdiri dari lima dimensi interaksi, hiburan, tren, kustomisasi, dan pemecahan masalah) terhadap kualitas komunikasi. Sampel yang digunakan berjumlah 202 orang nasabah bank, yang berusia 15 sampai 45 tahun dan pernah menggunakan chatbot sebelum penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan structural equation modelling (SEM) dalam mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pemasaran yang dibantu chatbot dapat mempengaruhi secara positif kualitas komunikasi. Sedangkan dari tiga dimensi kualitas komunikasi, hanya akurasi komunikasi dan kompetensi komunikasi yang mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menjadi sebuah hal yang baru, karena studi ini merupakan studi pertama yang meneliti pengaruh chatbot terhadap kepuasan nasabah di industri perbankan Indonesia.

In industry 4.0., more and more firms try to digitalize their service process. That includes the popular chatbot usage in Indonesia banking industry, with the goal of more customer satisfaction through fast interaction. This sparked an interest to the writer, hence the topic of this study. This study aims to understand the influence of communication quality consisted of communication accuracy, communication credibility, and communication competence) to customer satisfaction in using banking chatbot, and to understand the influence of service agent marketing effort (consisted of five dimension: interaction, entertainment, trendiness, customization, and problem solving) to communication quality. 202 samples of banking customers were used, which age were 15 to 45 years old and had used banking chatbot before. This study used structural equation modelling (SEM) to process the data. The result showed that service agent marketing effort affects positively communication quality. While only two of three dimensions of communication quality (that is communication accuracy and communication competence) affect positively customer satisfaction. This study is a novel study, since it is the first study that discussed about chatbot effects to customer satisfaction in Indonesia banking industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Dewi Tri Putri
"Penggunaan chatbot berbasis AI dalam layanan pelanggan semakin populer di banyak perusahaan. Namun, dalam praktiknya, AI-Chatbot sering kali dianggap cacat, bahkan ditolak oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki resistensi terhadap AI-Chatbot berdasarkan tingkat ketidakpercayaan pelanggan yang mencakup ketidakpercayaan terhadap kompetensi, kebajikan dan integritas AI-Chatbot tersebut. Selain fitur AI pada dimensi kemampuan kognisi, penelitian ini juga mengusulkan bahwa kurangnya empati sebagai dimensi kemampuan emosional merupakan fitur utama lainnya dari AI yang cacat. Secara khusus, penelitian ini mengusulkan tiga mekanisme di mana kurangnya empati kurang berperan berdampak pada resistensi pelanggan: efek langsung, tidak langsung, dan moderasi. Sampel penelitian ini adalah pengguna AI-Chatbot berusia antara 18-45 tahun dan berdomisili di Indonesia. Data didapatkan dari 233 responden menggunakan non-probability sampling dan dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 4.0. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kurangnya empati berpengaruh signifikan terhadap tingkat ketidakpercayaan pelanggan. Selanjutnya, ketidakpercayaan pelanggan juga secara signifikan meningkatkan resistensi pelanggan. Implikasi bagi pemasar adalah perusahaan perlu mengembangkan kemampuan empati AI-Chatbot, memastikan penyampaian informasi yang relevan dan tidak bias, serta meningkatkan kompetensi, kebajikan dan integritas AI-Chatbot untuk mengurangi resistensi pelanggan.

The usage of AI-based chatbot in customer service is increasingly popular among many companies. However, in practice, AI-Chatbot are often perceived as defective and even rejected by customers. This study aims to investigate the resistance to AI-Chatbot based on customer distrusting beliefs, which includes distrust in the competence, benevolence, and integrity of the chatbot. In addition to AI features in the cognitive intelligence dimension, this study also proposes that a lack of empathy, as an emotional intelligence dimension, is another key of defective AI features. Specifically, this study proposes three mechanisms by which lack of empathy affects customer resistance: direct, indirect, and moderation effects. The study sample consists of AI-Chatbot users aged between 18-45 years residing in Indonesia. Data were obtained from 233 respondents using non-probability sampling and analyzed using the Partial Least Squares Structural equation modeling (PLS-SEM) approach with SmartPLS 4.0 software. The findings reveal that lack of empathy significantly affects levels of customer distrust. Subsequently, customer distrust also significantly increases customer resistance. The implications for marketers are that companies need to develop the empathetic capabilities of AI-Chatbot, ensure the delivery of relevant and unbiased information, and enhance the competence, benevolence, and integrity of AI-Chatbot to reduce customer resistance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Linda Nurul Oktavianty
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari keinformatifan, efektivitas, dan hiburan terhadap niat pembelian dan kepuasan yang dimediasi oleh kondisi flow pengunjung toko online Lazada Indonesia dengan konsep model stimulusorganism-response (SOR) yang diperkenalkan oleh Mehrabian dan Russel (1978). Responden penelitian ini berjumlah 160 orang yang telah mengunjungi situs tersebut. Model penelitian menggunakan 7 hipotesis dan diuji oleh metode analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menyatakan bahwa efektivitas dan hiburan (stimulus) mempunyai pengaruh langsung terhadap flow (organism), begitu pula pengaruh tidak langsung keduanya terhadap niat pembelian dan kepuasan (responses). Namun keinformatifan (stimulus) tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap flow maupun pengaruh tidak langsung terhadap niat pembelian dan kepuasan. Sedangkan pada jurnal penelitian, terdapat pengaruh langsung antara variabel-variabel stimulus terhadap flow dan pengaruh tidak langsung variabel-variabel stimulus kepada variabel-variabel responses.

This study aims to know the relationships between informativeness, effectiveness, and entertainment toward purchase intenton and satisfaction mediated by flow of consumers in Lazada Indonesia online store using the stimulus-organism-response (SOR) concept model introduced by Mehrabian and Russel (1978). This study using 160 respondents who has been visiting Lazada Indonesia website. The model has 7 hypotheses and had tested using path analysis method.
The results declare that effectiveness and entertainment (stimulus) have direct effect toward flow (organism) and indirect effect toward purchase intention and satisfaction (responses). But informativeness does not has any direct nor indirect effect towards them. Whereas, in main reference journal, the three stimulus variables have direct effect toward flow as organism variable and indirect effect toward two responses variables.
"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Mutiara Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh satisfaction, habit dan customer value perspectives yang dijelaskan oleh variabel perceived usefulness, perceived enjoyment dan social ties terhadap continuance intention atau intensi mahasiswa Universitas Indonesia untuk melanjutkan penggunaan aplikasi WhatsApp. Responden penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Indonesia program S1 dan D3 Vokasi yang telah menggunakan aplikasi WhatsApp minimal semenjak enam bulan terakhir. Kuesioner dalam penelitian ini adalah self administered questionnaires yang disebarkan dan diisi secara online. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM), dan pengolahan data dari 271 responden menggunakan software LISREL 8.51. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa perceived usefulness dan social ties terbukti secara signifikan memengaruhi satisfaction dan habit, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap continuance intention. Sementara perceived enjoyment terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap satisfaction, habit dan continuance intention

ABSTRACT
This study aims to analyze the effects of satisfaction, habit and customer value perspectives which explained by three variables: perceived usefulness, perceived enjoyment, social ties toward continuance intention of University of Indonesia student in using WhatsApp. Data for this research were collected from University of Indonesia active student from Bachelor (S1) and Diploma (D3) program who has using WhatsApp at least for the last six months. Self administered questionnaires in this research were distributed and filled online. This research using Structural Equation Modelling (SEM) method and 271 response were run with LISREL 8.51. The results of this research indicate that the perceived usefulness and social ties have significant effects on satisfaction and habit but have no significant effect on continuance intention. While perceived enjoyment has no significant effect on satisfaction, habit and continuance intention.
"
2016
S63819
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Pandu Wardana
"

Masa pasca pandemi COVID-19 telah merubah perilaku perusahaan untuk lebih melek terhadap transformasi digital. Penerapan chatbot dalam dunia bisnis merupakan salah satu bentuk digitalisasi yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Namun sayangnya masih minim penelitian yang membahas efektivitas implementasi chatbot di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh chatbot marketing efforts terhadap customer response melalui communication quality dan customer brand relationship pada pengguna Tanya Veronika di aplikasi My Telkomsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan melalui penyebaran kuesioner secara purposive sampling dengan Google Form kepada 196 responden yang merupakan pengguna aplikasi My Telkomsel, minimal berusia 18 tahun, dan pernah menggunakan fitur Tanya Veronika di aplikasi My Telkomsel minimal dua kali dalam satu tahun terakhir. Data yang diperoleh, diolah menggunakan SEM melalui SmartPLS 4.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa customer response pada pengguna Tanya Veronika di aplikasi My telkomsel dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh chatbot marleting efforts melalui communication quality dan customer brand relationship.


The era of post-COVID-19 pandemic has driven changes in company behavior to emphasize awareness on digital transformation. The implementation of chatbots in the business sector is one of the forms of digitalization that can increase competitive advantage to compete in the increasingly tight competition. However, there is still a lack of research that discusses about the effectiveness of chatbot implementation in Indonesia. This study aimed to analyze the effect of chatbot marketing efforts on customer response through communication quality and customer brand relationship on Tanya Veronika's users in My Telkomsel application. This study used a quantitative approach with data collection techniques through distributing questionnaires using purposive sampling with Google Form to 196 respondents who are users of the My Telkomsel application, a minimum of 18 years old, and have used the Tanya Veronika feature in My Telkomsel application at the very least twice in the past year. The data obtained is processed using SEM through SmartPLS 4.0. The results revealed that customer response on Tanya Veronika's users in the My Telkomsel application is positively and significantly affected by chatbot marketing efforts through communication quality and customer brand relationship.

"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>