Ditemukan 191483 dokumen yang sesuai dengan query
Daffa Arkan Naufal
"Laporan magang ini disusun untuk menganalisis proses pengajuan belanja modal pada PT YFJ. PT YFJ merupakan salah satu anak perusahaan dari LKD Indonesia, sebuah perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) multinasional yang beroperasi di Indonesia. Fokus laporan magang ini adalah menganalisis sistem pengendalian internal pada proses pengajuan belanda modal pada PT YFJ. Analisis dilakukan untuk mengetahui apakah pengendalian yang ada sudah memadai atau belum, dengan mengidentifikasi risiko dan pengendalian yang telah dilakukan serta kesesuaiannya dengan Capex Policy PT YFJ. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengendalian internal pada proses pengajuan belanja modal PT YFJ sudah cukup memadai dan sesuai dengan kerangka teori dan aturan yang berlaku.
This internship report is prepared to analyze the application process of capital expenditure at PT YFJ. PT YFJ is one of the subsidiaries of LKD Indonesia, a multinational Fast Moving Consumer Goods (FMCG) company operating in Indonesia. The focus of this internship report is to analyze the internal control system in the capital expenditure application process at PT YFJ. The discussion begins with the identification of risks and controls based on activities during the capital expenditure application process. The analysis was conducted to determine whether the existing internal controls are adequate or not by identifying the risks and controls that have been implemented, as well as their compliance with PT YFJ's Capex Policy. The analysis results indicate that the internal controls in the capital expenditure application process at PT YFJ are adequate and have been carried out in accordance with the theoretical framework and applicable rules."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
I Made Anggara Wijayatman
"Kompetisi dalam meraih kecepatan tertinggi dalam melakukan proses pengiriman barang memicu gudang untuk terus melakukan improvisasi agar dapat terus bersaing .Proses Order Picking merupakan salah satu proses yang paling kritikal. Dalam beberapa penelitiannya, proses order picking dapat berkontribusi sebesar 50-55% dari total biaya operasional bahkan dapat mencapai 60-65% dari biaya tersebut. Perhitungan jumlah tenaga kerja yang produktif namun paling efisien dari segi biaya akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Metode pengaturan beban kerja yang paling sering digunakan adalah metode Full Time Equivalent (FTE). Metode ini akan menghitung jumlah tenaga kerja yang optimal dari jumlah beban kerja dibanding dengan jumlah waktu kerja yang ditentukan. Optimasi ini dapat dibantu dengan penggunaan model matematika Integer Linear Programing yang secara langsung juga dapat menghitung fungsi optimasi biaya. Dalam penelitian ini, didapatkan efisiensi biaya sebesar 7.55% dan tidak adanya pekerja yang overload dari optimasi jumlah tenaga kerja dengan pendekatan FTE dan ILP.
Competition in achieving the highest speed in the process of shipping goods triggers the warehouse to continue to improvise in order to continue to compete. The Order Picking process is one of the most critical processes. In several studies, the order picking process can contribute 50-55% of the total operational costs and can even reach 60-65% of these costs. Calculation of the number of workers who are productive but most efficient in terms of costs will greatly assist the company in achieving its business goals. The most frequently used workload management method is the Full Time Equivalent (FTE) method. This method will calculate the optimal number of workers from the total workload compared to the specified amount of working time. This optimization can be assisted by the use of the Integer Linear Programming mathematical model which can also directly calculate the cost optimization function. In this study, we found a cost efficiency of 7.55% and there were no workers who were overloaded from optimizing the number of workers using the FTE and ILP approaches."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Arief Rachman Putera
"Laporan ini memaparkan proses pengendalian internal yang diterapkan pada siklus penggajian di PT AB. Proses penggajian yang dibahas mencakup peng-update-an master file pemggajian jika ada perekrutan karyawan abru, atau karyawan yang naik level atau grade, perhitungan kompensasi dan keuntungan karyawan, proses absen ke aplikasi ATA, perhitungan piutang atau pengurangan karyawan yang akan mempengaruhi potongan gajinya, perhitungan gaji karyawan, pembayaran gaji karyawan melalui bank ke rekening masing-masing, pembayaran pajak penghasilan, dan potongan jamsostek ke perusahaan asuransi. Pengendalian internal PT AB sudah memadai, serta siklus penggajian yang dterapkan PT AB telah berjalan dengan baik.
This report describes the internal control process in payroll cycle. The payroll process consist of updating the master file of payroll if there are new employee, or employee that upgrade their level/grade, calculating employee?s compensation and benefit, calculating employee?s receivable or any deduction that have an impact to their salary, calculating employee?s salary, payment employee?s salary via bank to their bank account, paying employee?s income taxes, and ?jamsostek? dedcution to insurance company. The internal control in PT AB is adequate, as well as the payroll cycle that applied in PT AB has gone well."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rendy Rizki Primazon
"Laporan ini memaparkan proses-proses yang diterapkan pada siklus pengeluaran kas di PT FGH. Proses-proses yang akan dibahas mencakup pemesanan, penerimaan barang, Persetujuan Invoice dari Pemasok, serta pengeluaran kas. Selain itu laporan ini juga menjelaskan bagaimana cara melakukan proses input atas tagihan kedalam sistem yang digunakan oleh PT FGH dan juga akan membahas analisis atas pengendalian internal yang terjadi selama proses tersebut. Laporan ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal dari PT FGH dapat dinilai baik karena unsur-unsur pengendalian internal telah dijalankan.
This report describes the processes in Expenditure Cycle. These processes consist of Ordering, Receiving, Approving Invoice from Supplier, and Cash Disbursements. In addition, this report also describes how to do the input process for the invoices to the system and also describes the analysis of internal control that occurred during the process. This report concludes that internal control at PT FGH can be determined as good, because every aspects of internal control have been done correctly."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Windira Kurniadi
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
S26407
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurfadilla Nofiyanti
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan pengendalian internal pada proses pengelolaan Wakaf Al Azhar dan melihat kesesuaian terhadap pengendalian internal COSO 2013. Wakaf merupakan bentuk filantropi Islam yang dapat memberikan kebermanfaatan sosial dan ekonomi umat. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan instrumen analisis penelitian yang berdasarkan pada tujuh belas prinsip pengendalian internal COSO 2013. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan objek penelitian Wakaf Al Azhar. Hasil dari penelitian ini adalah pengendalian internal COSO 2013 sudah diterapkan pengelola Wakaf Al Azhar namun belum optimal, hal ini dibuktikan dengan tidak terpenuhinya seluruh instrumen analisis penelitian.
This research aims to analyze application internal control system of management waqf and analyze according toward internal control COSO 2013. Waqf as a Islamic philanthropy provide a social benefit and develop economic ummah. Researcher use instrument analysis based on seventeen principles of Internal Control COSO 2013. This research is a case study at Wakaf Al Azhar. The results shows that internal control system at wakaf Al Azhar have been applied but not optimum. This proven by not exist at all principle of internal control system COSO 2013."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57169
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hutagalung, Angga Trisali
"Laporan magang ini menjelaskan tentang penerapan pengendalian internal atas skema pembayaran menggunakan SKBDN pada PT BLEM. Skema pembayaran ini digunakan perusahaan untuk pembayaran pembelian minyak solar. Aspek-aspek yang akan dibahas di dalam laporan magang ini mencakup konsep SKBDN, jenis SKBDN yang digunakan perusahaan, skema pembayaran menggunakan SKBDN, pengendalian internal yang diterapkan oleh PT BLEM terkait SKBDN, dan analisis pengendalian internal skema pembayaran SKBDN tersebut. Analisis pengendalian internal yang dilakukan di dalam laporan magang ini berfokus pada aktivitas pengendalian yang dijalankan oleh perusahaan dalam transaksi pembelian minyak solar.
This internship report describes the implementation of internal control over payment methods using SKBDN in PT BLEM. This payment method used by the company for the payment of the purchase of high-speed diesel fuel. Aspects that will be covered in the report include the concept of SKBDN, the type of SKBDN used by companies, payment scheme using SKBDN, internal controls applied by PT BLEM related SKBDN and internal control analysis of payment method using SKBDN. Internal control analysis performed in this internship report focuses on control activities undertaken by the company in the purchase of diesel fuel."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ahmad Zakky Ash Shidiqi
"[
ABSTRAKNama Ahmad Zakky Ash ShidiqiProgram Studi AkuntansiJudul Skripsi Analisis Siklus Pendapatan dan Pengendalian Internal PT XYZ Laporan magang ini akan membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ sebagai perusahaan dagang penyedia varietas benih padi hibrida Pembahasan akan lebih ditekankan pada proses penerimaan penjualan hingga pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 23 2010 serta analisis pengendalian internal sesuai dengan komponen yang terdapat dalam COSO rsquo s Internal Control Framework Hasil analisis dan evaluasi penulis terhadap siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ menunjukkan bahwa pencatatan pengakuan pendapatan telah sesuai dengan PSAK 23 2010 namun di dalam pengendalian internal yang telah dilakukan PT XYZ masih ada beberapa hal penting yang perlu diperbaiki Kata Kunci Siklus pendapatan pengakuan pendapatan pengendalian internal PSAK 23
ABSTRACTName Ahmad Zakky Ash ShidiqiStudy Program AccountingTitle Revenue Cycle Analysis and Internal Control of PT XYZ This internship report summarizes revenue cycle and internal control analysis of PT XYZ as a trading company which supply hybrid rice varieties The analysis focuses on the flow transaction from sales requisition until revenue recognition based on PSAK 23 2010 and analysis of internal control in accordance with COSO rsquo s Internal Control Framework Analysis of revenue cycle indicates that revenue has been recognized in accordance with PSAK 23 2010 The evaluation over internal control on revenue cycle finds that several weaknesses in internal control which needs to be improved Keywords Revenue cycle revenue recognition internal control PSAK 23 , ABSTRACT Name Ahmad Zakky Ash ShidiqiStudy Program AccountingTitle Revenue Cycle Analysis and Internal Control of PT XYZ This internship report summarizes revenue cycle and internal control analysis of PT XYZ as a trading company which supply hybrid rice varieties The analysis focuses on the flow transaction from sales requisition until revenue recognition based on PSAK 23 2010 and analysis of internal control in accordance with COSO rsquo s Internal Control Framework Analysis of revenue cycle indicates that revenue has been recognized in accordance with PSAK 23 2010 The evaluation over internal control on revenue cycle finds that several weaknesses in internal control which needs to be improved Keywords Revenue cycle revenue recognition internal control PSAK 23 ]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-PDF
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Raden Ajeng Ayu Koesuma Dewi
"[Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari implementasi Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) terhadap elemen COSO di PT ABC. Pembahasan meliputi pemahaman proses implementasi ICoFR dan analisis terhadap perbedaan pada tiap-tiap elemen COSO sebelum dan sesudah pengimplementasian ICoFR. Dari hasil observasi yang telah dilaksanakan, PT ABC telah menjalankan program ICoFR dengan baik. Akan tetapi, masih terdapat beberapa kelemahan dalam implementasinya seperti tidak adanya divisi khusus untuk program ICoFR, kurangnya kesadaran karyawan, dan kurangnya informasi yang terdapat di dalam sistem yang digunakan untuk proses ICoFR. Secara keseluruhan, program ICoFR telah berkontribusi di dalam meningkatkan mutu dari elemen-elemen COSO di perusahaan.
The purpose of this report is to evaluate the impact of the implementation of Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) on COSO internal control elements in PT ABC. This report explains the understanding of the implementation of ICoFR and analysis on difference in COSO internal control elements before and after the implementation of ICoFR program. The observation finds that PT ABC has appropriately implemented the ICoFR program. However, there are some limitation in the implementation such as no separate division for ICoFR program, lack of awareness on ICoFR, and insufficient information on the system used in ICoFR. In overall, the implementation of ICoFR contributes well to the improvement of COSO internal control elements in PT ABC., The purpose of this report is to evaluate the impact of the implementation of InternalControl over Financial Reporting (ICoFR) on COSO internal control elements in PTABC. This report explains the understanding of the implementation of ICoFR andanalysis on difference in COSO internal control elements before and after theimplementation of ICoFR program. The observation finds that PT ABC hasappropriately implemented the ICoFR program. However, there are some limitationin the implementation such as no separate division for ICoFR program, lack ofawareness on ICoFR, and insufficient information on the system used in ICoFR. Inoverall, the implementation of ICoFR contributes well to the improvement of COSOinternal control elements in PT ABC.]"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59994
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Veronika Lutfi Anindhita
"Laporan magang ini membahas pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X dalam melakukan pembayaran In House Transfer. Tujuan ditulisnya laporan magang ini adalah memberikan evaluasi terhadap implementasi pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X berdasarkan pada tiga prinsip Control Activities menurut COSO yaitu memilih dan membangun aktivitas pengendalian untuk mencegah risiko dalam upaya mencapai tujuan suatu entitas, memilih dan membangun aktivitas pengendalian atas teknologi dalam rangka mendukung upaya mencapai tujuan yang ditetapkan, serta menerapkan aktivitas pengendalian dengan mengevaluasi kebijakan yang telah ditetapkan. Dari hasil evaluasi, PT. X masih perlu meninjau kembali otorisasi akses masuk ke dalam sistem agar pengendalian internalnya dapat berjalan dengan lebih efektif. Bab terakhir dari laporan ini membahas refleksi diri atas pengalaman magang yang telah dilakukan. Tujuannya adalah mengevaluasi pengalaman yang diperoleh selama magang.
This internship report discusses the internal control implemented by PT. X in doing In House Transfer payment. The objective of this report is to give an evaluation towards the implementation of internal control by PT. X based on three control activities principles by COSO (2013), which are choose and establish control activities to mitigate the occurance of the risk while trying to achieve the entitiys objectives, choose and establish control activities towards technology to support the effort of achieving objectives, and implement the control activities by doing a review towards policies that has been develop. The result of the evaluation shows that PT. X should review about authorization of entry access to company system so that the internal control would be more effective. The last part of this internship report discusses about self reflection of internship experience. The objective of this self reflection is to evaluate the experiences that gained during the internship program."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library