Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150289 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Delphi Hanggoro
"Integrasi lightweight blockchain dengan Wireless Sensor Network (WSN) telah menyelesaikan beberapa masalah seperti authentikasi, authorisasi, keamanan dan integritas data. Namun, belum ada studi yang berfokus memperhatikan network lifetime pada blockchain yang diterapkan pada WSN. Penelitian ini berupaya memodifikasi algoritma Proof-of-Authority (PoA) agar lebih adil dalam pembagian penggunaan energi yang ditujukan untuk meningkatkan network lifetime sekaligus produksi blok. Jenis jaringan yang digunakan adalah WSN terklaster karena memiliki penggunaan energi yang lebih baik. WSN terklaster terdiri dari Base Station, Cluster Head dan Sensor Node yang memiliki tugasnya masing-masing. Dalam hal network lifetime, studi ini mengembangkan Proof-of-Authority menjadi Energy-aware Proof-of-Authority (EA-PoA) yang memodifikasi pertukaran pesan dan pemilihan Leader. EA-PoA memodifikasi pemilihan pengusul blok (Leader) yang awalnya menggunakan round-robin menjadi pemilihan berdasarkan pembobotan battery level pada setiap perangkat. Dengan demikian, node yang memiliki baterai lebih sedikit tidak akan terbebani oleh proses mining. Sedangkan dalam hal produksi blok, penelitian ini telah mengembangkan model jaringan blockchain hirarki yang terdiri dari local dan master blockchain yang disebut Multi-level blockchain model (MLBM). Local blockchain adalah jaringan blockchain untuk setiap klaster dengan anggota Node Sensor. Blok yang diusulkan dan disimpan dalam jaringan local blockchain merupakan data sensor. Sedangkan master blockchain beranggotakan Cluster Head dari setiap klaster, blok yang diusulkan dan disimpan adalah kumpulan header dari beberapa blok dalam local blockchain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan integritas data sekaligus mengingkatkan produksi blok dalam jaringan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa mekanisme pemilihan Leader dari EA-PoA dapat meningkatkan network lifetime hingga 10% dibandingkan PoA tradisional. Selanjutnya, Multi-level blockchain model dapat meningkatkan produksi blok setiap penambahan klaster dalam jaringan.

The integration of lightweight blockchain with Wireless Sensor Network (WSN) has addressed several issues such as authentication, authorization, security, and data integrity. However, no study has specifically focused on the network lifetime of blockchain implemented in WSN. This research aims to modify the Proof-of-Authority (PoA) algorithm to more equitably distribute energy usage to enhance both network lifetime and block production. The type of network employed is clustered WSN, known for its better energy usage. Clustered WSN consists of a Base Station, Cluster Head, and Sensor Nodes, each with distinct responsibilities. In terms of network lifetime, this study develops Proof-of-Authority into Energy-aware Proof-of-Authority (EA-PoA), which modifies message exchange and Leader selection. EA-PoA alters the block proposer (Leader) selection from a round-robin method to a battery-level weighting method for each device. Thus, nodes with lower battery levels are not burdened by the mining process. Regarding block production, this research has developed a hierarchical blockchain network model called the Multi-level Blockchain Model (MLBM), which consists of local and master blockchains. The local blockchain serves as the blockchain network for each cluster with Sensor Node members, where proposed and stored blocks contain sensor data. The master blockchain consists of Cluster Heads from each cluster, where proposed and stored blocks are collections of headers from several blocks in the local blockchain. This approach is designed to enhance data integrity and increase block production within the network. Simulation results indicate that the Leader selection mechanism of EA-PoA can extend network lifetime by up to 10% compared to traditional PoA. Furthermore, the Multi-level Blockchain Model can increase block production with each additional cluster in the network."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muh. Asnoer Laagu
"Infrastruktur jaringan Internet of Things (IoT) saat ini mengalami perkembangan dan
pertumbuhan yang sangat signifikan, seiring dengan semakin banyaknya perangkat pintar
yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kendala dalam infrastruktur
jaringan IoT adalah banyaknya halangan pada area tertentu di jaringan IoT. Halangan
tersebut dapat berupa adanya tembok atau dinding ataupun ketiadaan router dalam area
tertentu. Berbagai pengembangan algoritma routing dalam menghadapi permasalahan
tersebut telah banyak dilakukan, akan tetapi belum ada algoritma routing yang dapat
menembus halangan dalam jaringan IoT. Penelitian ini mengembangkan metode
Physarum Routing Algorithm with Adaptive Power Control (PRA-APC) untuk
menyelesaikan permasalahan halangan dalam jaringan IoT. Rancangan model PRA-APC
akan mengidentifikasi semua informasi dalam jaringan kemudian memberikan power
pada node terakhir sebelum halangan. Algoritma routing PRA-APC akan dibandingkan
dengan algoritma routing lainnya yaitu Physarum inspired Routing Protocol (P-iRP) dan
Robust Selection Physarum-inspired Routing Protocol (RS-PRP). Protokol routing PRAAPC
mampu menghasilkan jalur routing terpendek (shortest path) 70% lebih baik
dibandingkan dengan RS-PRP dan P-iRP. Delay yang dihasilkan lebih kecil, masa hidup
jaringan (network lifetime) lebih lama dan nilai throughput yang dihasilkan jauh lebih
baik dibandingkan dengan protokol algoritma routing lainnya. Peningkatan kinerja
routing PRA-APC menghasilkan efisiensi dan keseimbangan sumber daya dalam jaringan
sehingga dapat memperpanjang masa hidup jaringan IoT yang memiliki keterbatasan
sumber daya dalam infrastruktur jaringan lokal IoT. Peningkatan kinerja routing PRAAPC
dapat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan halangan yang terdapat
pada jaringan IoT.

The Internet of Things (IoT) network infrastructure is currently growing at a significant
rate, as is the number of smart devices being used in everyday life. The existence of
obstacles in the IoT network area is the biggest challenge in the IoT network
infrastructure. This obstacle in the IoT network can be a wall or the absence of a router
in a specific area. Routing development to face problems with obstacles has often been
done; however, there is no routing algorithm that can overcome that obstacle. This
research proposed a Physarum Routing Algorithm with Adaptive Power Control (PRAAPC)
to solve the problem of IoT obstacles in the network. The PRA-APC method
identifies the information for each node and the position of the obstacle in the network,
providing sufficient power to the last node before the obstacle so it can pass through the
obstacle to the final destination node. The PRA-APC routing method will be compared
with other routing algorithms, such as the Physarum-inspired Routing Protocol (P-iRP)
and Robust Selection Physarum-inspired Routing Protocol (RS-PRP). The PRA-APC
routing protocol can develop the shortest routing path, 70% better than P-iRP and RSPRP.
The result of the delay is greater efficiency: network lifetime is longer and
throughput is much better than other routing algorithm protocols. The PRA-APC routing
performance improvement results in efficiency and balance of resources in the network
so that it can extend the life span of IoT networks that have limited resources in the local
IoT network infrastructure. The new development of the PRA-APC routing protocol can
provide solutions to overcome the problem of obstacles in the IoT network
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"WSN merupakan jaringan sensor berskala besar dengan sumber daya yang terbatas. WSN digunakan pada aplikasi yang bersifat spesifik seperti untuk militer, survei, industri sampai pada pemakaian umum. Masalah yang dihadapi WSN adalah keterbatasan sumber daya dan jaringan yang selalu berubah sehingga membutuhkan algoritma yang tepat."
600 TEKNOSAINS 1:11 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Vergin Raja Sarobin M
"The demand for a Wireless Sensor Network (WSN) has increased enormously because of its great ability to supervise the outside world as well as due to its vast range of applications. Since these sensor nodes depend greatly on battery power and being deployed in adverse environments, substituting the battery is a tiresome job. Cluster-based routing techniques are prominent methods to extend the lifetime of wireless sensor networks. In this research, the work on energy efficient clustering approach is considered in two phases. During the cluster head selection phase, cluster heads are chosen which can stabilize the power consumption in sensor networks, by considering both the residual energy and distance of node with respect to sink. Later, during the cluster formation phase, a non-cluster head node will choose a cluster head that lies in close proximity with the center point between the sensor nodes and sink. Also, these non-cluster head nodes should be within the transmission range of the cluster head, as selected by the above method. Initially, the Low Energy Adaptive Clustering Hierarchy (LEACH) which is an eminent protocol for sensor networks is investigated. Furthermore, the same LEACH protocol is enhanced by proposing an effective cluster head election scheme as well as a new cluster formation scheme as mentioned above. Simulation results reveal that the proposed algorithm outperforms the traditional LEACH protocol in prolonging network lifetime."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2016
UI-IJTECH 7:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Hendrarini
"Game theory merupakan algoritma yang mencari solusi permasalahan dengan menganalogikan masalah seperti permainan, kemudian diselesaikan dengan pendekatan matematis. Varian karakter dalam Game theory sangat beragam, dan pada perkembangannya selain diimplementasikan pada bidang sosial ekonomi, ternyata dapat diimplementasikan pada jaringan nirkabel. Pada penelitian ini Game theory dikembangkan dengan diimplementasikan pada jaringan sensor nirkabel sebagai metode optimasi . Jaringan sensor nirkabel sebagai pendukung sistem monitor membutuhkan dukungan jaringan yang andal dan stabil. Kondisi ini sangat membutuhkan ketersediaan energi. Karena keterbatasan ketersediaan energi maka semua proses bisnis jaringan harus dilakukan secara efektif dan efisien. Hal yang dilakukan adalah optimasi dengan pengelolaan jaringan yang baik. Optimasi yang dilakukan pada penelitian ini terkait dengan proses lokalisasi berbasis pengklasteran. Alasan pemilihan metode ini karena pengklasteran umumnya tidak memperhatikan permasalahan gangguan lingkungan terhadap sinyal, sementara lokalisasi adalah penempatan node dengan metode memanfaatkan informasi kekuatan sinyal yang diterima. Lokalisasi yang memanfaatkan informasi pengklasteran berupa konfigurasi sensor node berbasis ketersediaan energi, membantu proses pelacakan sensor node, karena dimulai dengan cluster head dengan tingkat ketersediaan energi yang lebih tinggi dibanding sensor node. Oleh karena itu, pada langkah selanjutnya, node yang dilacak dapat menjadi node referensi untuk node lain yang tidak diketahui. Game theory sebagai algoritma optimasi akan membantu menentukan koalisi anchor node. Pemilihan node sebagai anggota koalisi menggabungkan pendekatan geometris dengan Game theory. Konsep yang diusulkan ini akan divalidasi menggunakan simulator yang dibangun di atas platform Matlab. Akurasi adalah salah satu indikator kinerja lokalisasi, dan Root Mean Square Error (RMSE) dipilih sebagai parameter pengukuran untuk menunjukkan tingkat akurasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa jumlah sensor node mati dapat ditunda sekitar 1000 siklus jika dilakukan lokalisasi dengan Game theory. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa kinerja jaringan cenderung meningkat setelah proses lokalisasi berbasis pengklasteran. Hal ini diindikasikan dengan peningkatan jumlah paket data yang dikirim dan masa hidup sensor node yang lebih lama. Hasil simulasi memvalidasi bahwa pada skenario pengujian pengiriman data terjadi peningkatan paket data yang dikirim sekitar 20%. Lokalisasi sendiri dalam implementasinya dapat mengalami kendala berupa interferensi . Interferensi sinyal radio dapat mengurangi akurasi hasil lokalisasi target node. Kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas informasi yang diambil oleh sensor node terutama ketika jaringan mendukung sistem penginderaan jauh atau pemantauan yang nilai informasi sangat krusial. Gangguan ini timbul karena transmisi terjadi secara simultan pada suatu kanal transmisi, atau karena letak sensor yang kurang tepat. Oleh karena itu perlu dijadwalkan transmisi selama lokalisasi dan mengatur posisi anchor node. Pengaturan jadwal transmisi direpresentasikan dalam komputasi probabilitas transmisi node menggunakan pendekatan Game theory dengan mempertimbangkan energi sisa. Probabilitas transmisi untuk menghindari interferensi membentuk skema penjadwalan transmisi node. Komunikasi data yang lancar akan membuat kualitas proses lokalisasi baik. Hal ini ditandai dengan nilai RMSE yang rendah. Berdasarkan hasil eksperimen, probabilitas keberhasilan transmisi meningkat sekitar 20%. Terdapat korelasi yang kuat antara realibilitas dan parameter throughput.

Game theory is an algorithm that overcomes problems by analogizing games and then solving them with a mathematical approach. Variants of characters in Game theory are very diverse, and in their development, apart from being implemented in the socio-economic field, it can actually be implemented in wireless networks. In this study, Game theory was developed and implemented on a wireless sensor network as an optimization method. Wireless sensor network as a monitoring system support requires reliable and stable network support. This condition really requires the availability of energy. Due to the limited energy availability, all network business processes must be carried out effectively and efficiently. What is done is optimization with good network management. The optimization carried out in this study is related to the clustering-based localization process. The reason for choosing this method is that clustering generally does not pay attention to environmental interference problems to the signal. Localization is the placement of nodes by utilizing the received signal strength information. Localization that utilizes clustering information in sensor node configurations based on energy availability helps the sensor node tracking process. This is because it starts with the cluster head with a higher energy availability level than the sensor node. Therefore, the tracked node can be a reference node for other unknown nodes in the next step. Game theory as an optimization algorithm will help determine the anchor node coalition. The selection of nodes as coalition members combines a geometric approach with Game theory. This proposed concept will be validated using a simulator built on the Matlab platform. Accuracy is an indicator of localization performance, and Root Mean Square Error (RMSE) was chosen as a measurement parameter to indicate the level of accuracy. The simulation results show that the number of dead sensor nodes can be delayed by approximate 1000 cycles if localization is carried out with Game theory. The experiment results show that network performance tends to increase after the clustering-based localization process. This is indicated by an increase in the number of data packets sent and a longer sensor node lifetime. The simulation results validate that there is an increase in data packets sent by about 20% in the data delivery test scenario. Localization itself in its implementation can experience obstacles in the form of interference. Radio signal interference can reduce the accuracy of the target node localization results. This condition can affect the quality of information retrieved by sensor nodes. This happens especially when the network supports remote sensing or monitoring systems where information is valuable. This disturbance arises because the transmission coincides on a transmission channel or the sensor is not located correctly. Therefore, it is necessary to schedule transmissions during localization and set anchor node positions. The transmission schedule arrangement is represented in the computation of the node transmission probability using a Game theory approach by considering the residual energy. The transmission probability of avoiding interference forms a node transmission scheduling scheme. Smooth data communication will make the quality of the localization process good. A low RMSE value characterizes it. Our experiments show that the probability of successful transmission increases by 20%, as shown by the graph. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shankar, K.
"This book offers an essential guide to Wireless Sensor Networks, IoT Security, Image Processing, Secure Information Systems, and Data Encryption. In addition, it introduces students and aspiring practitioners to the subject of destination marketing in a structured manner. It is chiefly intended for researcher students in the areas of Wireless Sensor Networks and Secure Data Communication (including image encryption, and intrusion detection systems), academics at universities and colleges, IT professionals, policymakers and legislators.
Given its content, the book can be used as a reference text for both undergraduate and graduate studies, in courses on Wireless Sensor Networks, Secure Image Processing, and Data Encryption applications. The book is written in plain and easy-to-follow language and explains each main concept the first time it appears, helping readers with no prior background in the field. As such, it is a “must-read” guide to the subject matter."
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20503221
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Aldwin Akbar Hermanudin
"Saat ini terdapat beberapa protokol pada Application Layer yang berjalan di sistem Internet of Things. Protocol seperti MQTT, CoAP, XMPP, dan DDS memiliki arsitektur dan kinerja yang berbeda-beda. Pada jaringan sensor nirkabel yang memiliki daya rendah, bandwidth rendah dan reliabilitas yang terbatas lebih cocok menggunakan CoAP. Namun, CoAP menderita skalabilitas yang buruk jika dibandingkan dengan MQTT. Oleh sebab itu penelitian skripsi ini fokus pada implementasi CoAP Broker yang memungkinkan CoAP menggunakan arsitektur yang serupa dengan MQTT.
Penelitian ini mengimplementasi Access Gateway dan beberapa skenario skalabilitas, meliputi skenario pemantauan sensor dan pengedalian aktuator pada peternakan ayam yang memiliki kandang ayam lebih dari satu. Hasil dari penelitian ini menunjukan keberhasilan mengimplementasi CoAP Broker beserta dengan skenario yang disebutkan dengan hasil evaluasi kinerja menunjukan latency yang belum menunjukan congestion saat menangani 130 permintaan per detik dan error-rate yang baik dengan nilai yang sangat rendah antara 0.01 - 0.04.

Currently there are several Application Layer protocols running in Internet of Things system. Protocols such as MQTT, CoAP, XMPP, and DDS have different architectures and performance. For wireless sensor networks operating in low power, low bandwidth and with limited reliability, is more suitable to use CoAP. However, CoAP suffers from scalability problem which make it inferior to MQTT architecture. Therefore this research focuses on CoAP Broker implementation which enables MQTT like architecture to be implemented in CoAP.
This research aims to implement Access Gateway and several scalability scenarios, involving sensor monitoring scenarios and actuator controls on chicken farms that have more than one chicken coop. The results of this research shows the success of implementing CoAP Broker along with the mentioned scenarios with performance evaluation results show the latency which has not indicate any congestion when handling 130 requests per second and good error rate with very low value between 0.01 0.04.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68683
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Awangga Febian Surya Admaja
"Wireless sensor network (WSN) adalah sekelompok node sensor yang mengambil data dengan parameter pengukuran tertentu dan kemudian mengirim data secara nirkabel ke node pusat atau server untuk pemrosesan data. Salah satu hal yang paling penting dalam WSN adalah umur dari jaringan. Node sensor dalam WSN dirancang agar memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah untuk dipindahkan, diganti dan rendah biaya produksi. Untuk mendukung desain tersebut maka energi dari node sensor dalam WSN biasanya tergantung baterai yang terintegrasi. Sehingga umur dari WSN tergantung pada kapasitas baterai dari masing-masing node sensor. Node sensor harus bekerja seefisien mungkin agar penggunaan energi dapat lebih hemat sehingga umur WSN bisa lebih panjang. Semakin lama umur WSN, maka diharapkan semakin tinggi total data atau semakin banyak data yang dikirimkan. Pada proses transmisi data, node sensor mengkonsumsi lebih banyak energi daripada saat melakukan proses data; Oleh karena itu, WSN perlu menggunakan metode routing untuk menghemat energi pada saat proses transmisi. Salah satu dari banyak cara untuk memperpanjang umur WSN adalah dengan menggunakan konsep pengelompokan node atau disebut dengan metode klaster. Salah satu protokol routing yang menggunakan konsep klaster adalah LEACH. Penelitian ini mengusulkan metode routing DivNCGL yang dimodifikasi berdasarkan LEACH dengan cara mendistribusikan cluster heads (CHs) untuk mencegah terpilihnya CH yang berdekatan. Proses distribusi dilakukan dengan cara membagi luas area sebaran node diawal proses set-up menjadi subregion. Proses pembagian subregion menggunakan nilai probabilitas yang didapatkan dengan metode non-cooperative game berdasarkan sisa node aktif, nilai energi total yang tersisa, dan energi yang dibutuhkan untuk melakukan transmisi. Parameter evalusi dilihat dari umur jaringan, total disipasi energi dan total data terkirim. Perbandingan simulasi akan melihat dari 3 metode yaitu LEACH, LEACH dengan probabilitas non-cooperative game (NCGL), dan DivNCGL. Dari hasil simulasi, umur WSN menggunakan metode DivNCGL meningkat lebih dari 30% dengan disipasi energi yang stabil dibandingkan dengan protokol LEACH. Peningkatan umur WSN akan meningkatkan jumlah data yang dikirimkan dan data yang diterima dengan menggunakan metode DivNCGL meningkat mencapai 70% dibandingkan dengan LEACH.

A wireless sensor network (WSN) is a group of sensor nodes that take data with specific measurement parameters and then send the data wirelessly to a central node or server for data processing. One of the most critical things in WSN is the age of the network. The sensor nodes in WSN are designed to be compact, so they are easy to move or replace, with low production costs. To support the compact design of sensor nodes, the energy from the sensor nodes in the WSN usually depends on the integrated battery. So the lifespan of the WSN depends on the battery capacity of each sensor node. The sensor node must work as efficiently as possible so that energy use can be more efficient so that the WSN life can be longer. The longer the lifespan of the WSN, it is expected for higher total data sent. In the data transmission process, the sensor node consumes more energy than when processing data; Therefore, WSN needs to use a routing method to save energy during the transmission process. One of the many ways to extend the life of the WSN is to use the concept of grouping nodes or the so-called cluster method. One of the routing protocols that use the cluster concept is LEACH. This study proposes the DivNCGL routing method, a modified method based on LEACH by distributing cluster heads (CHs) to prevent the selection of adjacent CH. The distribution process is carried out by dividing the distribution area of ​​the nodes at the beginning of the setup process into subregions. The subregion division process uses the probability value obtained by the non-cooperative game method based on the remaining active nodes, the total remaining energy, and the energy required for transmission. Parameter evaluation is seen from network lifetime, total energy dissipation, and total data sent. The simulation comparison will look at 3 methods, namely LEACH, LEACH with probability non-cooperative game (NCGL), and DivNCGL. From the simulation results, the lifespan of WSN using the DivNCGL method increased up to 30% with stable energy dissipation compared to the LEACH protocol. The increasing lifespan of the WSN also increases the amount of data transmitted. Using the DivNCGL method, the received data increased up to 70% compared to LEACH."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aufa Irsyaddin
"Indonesia, sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki wilayah perbatasan laut dengan berbagai negara. Kawasan perbatasan merupakan salah satu kawasan penting yang perlu dilindungi dan dipantau terus menerus menggunakan sistem monitoring. Sistem monitoring ini dapat digunakan untuk melindungi sumber daya yang berada di laut seperti pertambangan minyak, perikanan, dan kekayaan laut lainnya. Maka dari itu, dikembangkanlah teknologi terbaru yaitu Jaringan Sensor Nirkabel (JSN). Dalam tulisan ini, penulis mengembangkan sistem pendeteksi kapal menggunakan JSN yang dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS). JSN bekerja dengan melakukan seluruh proses pendeteksian pada masing-masing node sensor. Pada node pendeteksian digunakan Fast Fourier Transform (FFT) untuk mengubah keluaran akseelrometer kedalam domain frekuensi. Pendeteksian melibatkan frekuensi dan magnitude dari gelombang air danau. Selain itu digunakan pula GPS untuk mendapatkan data berupa latitude dan longitude dari kapal. GPS juga digunakan untuk menetukan jarak antar node sensor. Pada sistem pendeteksian kapal ini didapat nilai estimasi kecepatan, arah datang, dan koordinat kapal saat meninggalkan daerah pengawasan

Indonesia, as one of the largest archipelagic countries in the world, has maritime borders with various countries. The border area is one of the important areas that need to be protected and monitored continuously using a monitoring system. Monitoring system can be used to protect marine resources such as oil mining, fisheries and other marine resources. Therefore, the latest technology, namely Wireless Sensor Networks (WSN) was developed. In this paper, the authors develop a ship detection system using a JSN equipped with Global Positioning System (GPS). WSN works by carrying out the entire detection process at each sensor node. At the detection node, Fast Fourier Transform (FFT) is used to convert the output of the accelerometer to the frequency domain. Detection involves the frequency and magnitude of lake waves. In addition, GPS is also used to obtain data in the form of latitude and longitude from ships. GPS is also used to determine the distance between sensor nodes. In this ship detection system, the estimated value of speed, direction of arrival, and coordinates of the ship when leaving the surveillance area is obtained"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Yanuar Ary Saputro
"Internet of Things (IoT) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan setiap benda atau barang dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi satu sama lainnya. Salah satu teknologi berbasis IoT adalah LoRa. Terlepas dari semakin banyaknya layanan IoT yang diimplementasikan, aspek keamanan menjadi permasalahan tersendiri dalam pengembangan IoT. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi Blockchain dalam topologi IoT untuk mengamankan data dan transaksi yang terjadi di dalam jaringan Internet of Things (IoT). Akan tetapi Blockchain memerlukan waktu hingga hitungan menit untuk memecahkan suatu rantai kriptografi, serta sumber daya yang cukup besar untuk melakukan komputasi. Hal ini memunculkan ide membuat sebuah platform Blockchain yang ringan, Lightweight Multi-Fog (LMF) dengan latency yang kecil dan bisa berjalan pada perangkat dengan komputasi yang terbatas untuk IoT. Dalam tesis ini, teknologi bernama Lightweight Multi-Fog (LMF) disimulasikan dengan menggunakan kemampuan algoritma Lighweight Scalable Blockchain (LSB) dan jaringan Fog pada IoT untuk memecahkan masalah pengintegrasian Blockchain pada IoT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan total waktu pengiriman (T-average) pada platform LMF memiliki (T-average) yang lebih kecil, yaitu 0,53 untuk variasi jumlah node dan -0,27 untuk variasi jumlah broker miner. Pada rata-rata peningkatan total energi pengiriman (E-average), platform PoW memiliki (E-average) yang lebih kecil, yaitu 1,68 pada variasi jumlah node. Sedangkan platform LMF memiliki rata-rata peningkatan total energi pengiriman (E-average) yang lebih kecil, yaitu 0,28 pada variasi jumlah broker miner.

Internet of Things (IoT) is a technology that allows every object or item to be connected to the internet and communicate with each other. One of the technologies based on IoT is LoRa. Apart from the increasing number of IoT services, security aspects become a separate issue in the development of IoT. One of the solutions is to utilize Blockchain technology in the IoT topology to secure data and transactions that occur in the Internet of Things (IoT) network. The Blockchain takes up to minutes to compute a cryptographic chain. It also needs large enough resources to do computing. This problem gave rise to the idea of making a lightweight Blockchain platform, with low latency which could run on devices with low computing resources like IoT devices. The technology called Lightweight Multi-Fog (LMF) will be implemented using the ability of the Lightweight Scalable Blockchain (LSB) algorithm and the Fog network on the IoT to solve the problem of integrating the Blockchain on the IoT. The results showed that the average increase in total delivery time (T-average) on the LMF platform had a smaller average increase in total delivery time (T-average), which is 0.53 for variations in the number of nodes and -0.27 for variations in the number of brokers/miners. On the average increase in total energy delivery (E-average), the PoW platform has a smaller increase in total energy delivery (E-average), which is 1.68 in variations in this number of nodes. While the LMF platform has a smaller average increase in total shipping energy (E-average), which is 0.28 on variations in the number of brokers miners.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T55201
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>