Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27130 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arieqonella Haswaniesa
"Fenomena globalisasi membuat banyak kota di berbagai negara berlomba untuk menunjukkan keunggulan kompetitif serta kekhasan karakteristik masing-masing yang dijadikan sebagai pembeda dengan kota serta negara lain dengan tujuan untuk meningkatkan turisme serta investasi (Kavaratzis, 2008, dalam Zahrah, 2023). Melalui proses city branding, pemerintah setempat berusaha membangun brand image yang mengacu pada kekhasan serta keunggulan dari masing-masing kota dan dijadikan pembeda antara satu kota dengan kota lainnya. Tidak luput dari tren tersebut, Pemerintah Provinsi Jakarta melalui brand +Jakarta serta child brand turunan lainnya seperti Teman Taman Jakarta, Jalan Baru Jakarta, dan Sobat Air Jakarta berusaha untuk membangun brand image Kota Jakarta sebagai kota kolaborasi yang ditunjukkan melalui slogannya. Menurut Hadrikunia (2011, dalam Achieng, 2014), terdapat beberapa komponen utama dalam membangun city branding, di mana salah satunya ialah komponen individual serta masyarakat. Bagi Kota Jakarta yang berusaha membangun image sebagai kota kolaborasi, aktivitas hubungan dengan komunitas dapat dijadikan sebagai salah satu strategi dalam city branding. Jurnal makalah ini membahas mengenai penerapan hubungan dengan komunitas yang dilakukan oleh brand +Jakarta untuk mewujudkan image Kota Jakarta sebagai kota kolaborasi dengan menggunakan sudut pandang hubungan masyarakat. Penelitian dalam jurnal makalah ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan metode analisis konten pada akun Instagram @plusjakarta yang diunggah dalam rentang periode 2022-20224. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, Pemprov DKI Jakarta menerapkan tiga bentuk hubungan komunitas yakni community nurturing, community organizing, dan community involvement yang dicetuskan oleh Hallahan (2004) dengan tujuan untuk membangun brand image Jakarta sebagai kota kolaborasi.
The phenomenon of globalization has made many cities in various countries compete to show their competitive advantages and unique characteristics which differentiate them from other cities and countries with the aim of increasing tourism and investment (Kavaratzis, 2008, as cited in Zahrah, 2023). Through the city branding process, the local government tries to build a brand image that refers to the uniqueness and advantages of each city and is used as a differentiator between one city and another. Not escaping this trend, the Jakarta Provincial Government through the +Jakarta brand and other derivative child brands such as Teman Taman Jakarta, Jalan Baru Jakarta, and Sobat Air Jakarta are trying to build a brand image of the City of Jakarta as a city of collaboration which is shown through its slogan. According to Hadrikunia (2011, as cited in Achieng, 2014), there are several main components in building city branding, one of which is the individual and community components. For the City of Jakarta which is trying to build an image as a collaborative city, community relations activities can be used as a strategy in city branding. This journal paper discusses the implementation of relationships with the community carried out by the +Jakarta brand to create the image of the City of Jakarta as a collaborative city using a public relations perspective. The research in this paper journal was carried out using descriptive qualitative research methods and content analysis methods on the Instagram account @plusjakarta which was uploaded in the period 2022-20224. Based on the results of the analysis carried out, the DKI Jakarta Provincial Government implements three forms of community relations, namely community nurturing, community organizing, and community involvement which were coined by Hallahan (2004) with the aim of building a brand image of Jakarta as a city of collaboration."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tanjung, Azizah Alkhatami
"City branding merupakan strategi pemasaran pariwisata yang dapat memberikan identitas kota agar dapat bersaing untuk mendatangkan wisatawan dan investor. Dalam membangun city branding Kepulauan Seribu, Pemerintah daerah provinsi DKI Jakarta melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu melaksanakan suatu kampanye public relations. Tulisan ini membahas bagaimana kondisi city branding Kepulauan Seribu dan bagaimana strategi kampanye public relations Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dalam membangun city branding Kepulauan Seribu, serta peran kampanye terhadap city branding Kepulauan Seribu. Hasil analisis menunjukkan Sudin Parekraf Kepulauan Seribu menerapkan strategi kampanye public relations dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan kampanye yang meliputi pameran pariwisata, festival musik, event olahraga, ajang pemilihan duta wisata, dan publikasi online. Kampanye tersebut berperan dalam membangun city branding Kepulauan Seribu karena memenuhi dua kriteria city branding, yakni attributes (menunjukkan karakter Kepulauan Seribu) dan ambassadorship (menginspirasi masyarakat untuk berwisata ke Kepulauan Seribu).

City branding is a tourism marketing strategy that can provide a city identity so that it can compete to bring in tourists and investors. In building the city branding for Kepulauan Seribu, the provincial government of DKI Jakarta through Kepulauan Seribu Tourism and Creative Economy Sub-Department conducted a public relations campaign. This paper discusses the condition of the city branding of Kepulauan Seribu and how the public relations campaign strategy of DKI Jakarta Provincial Government in building the city branding of Kepulauan Seribu, as well as the role of the public relations campaign on the city branding of Kepulauan Seribu. The result shows that Kepulauan Seribu Tourism and Creative Economy Sub-Department implements public relations campaign strategy by holding various campaign activities including tourism exhibitions, music festivals, sports events, tourism ambassador events, and online publications. The campaign plays a role in building the city branding of Kepulauan Seribu because it fulfills two city branding criteria, namely attributes (showing the character of Kepulauan Seribu) and ambassadorship (inspiring people to travel to Kepulauan Seribu)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Rahmawati
"Aktivitas pemasaran tidak hanya dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produk yang mereka tawarkan. Saat ini pemerintah kota juga melakukan aktivitas pemasaran dan city branding untuk mempromosikan kota mereka dengan tujuan tertentu. Dalam menentukan strategi city branding, pemerintah kota harus mengetahui atribut-atribut yang dimiliki oleh kota dan menjadikan atribut tersebut sebagai fitur dari kota tersebut.
Dalam penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang menjadi city brand image kota Jakarta beserta atribut yang ada di dalamnya yang dipersepsikan oleh tiga stakeholder kota Jakarta yaitu penduduk, wisatawan domestik, dan wisatawan mancanegara. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat survey. Kuisioner yang disebarkan terdiri dari dua tipe kuisioner, yaitu pertanyaan terbuka untuk menanyakan atribut kota Jakarta yang ada di dalam benak responden, dan kuisioner tertutup yang menguji atribut kota Jakarta yang telah didapatkan dari hasil pertanyaan terbuka dan studi literatur.
Penelitian ini menggunakan metode exploratory factor analysis untuk mencari faktor-faktor yang menjadi city brand image kota Jakarta berdasarkan persepsi penduduk, wisatawan domestik, dan wisatawan mancanegara, serta city brand attribute yang menjadi komponen di dalam faktor-faktor yang telah terbentuk. Penelitian ini dapat digunakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengevaluasi aktivitas city branding yang telah dilaksanakan dan menyusun strategi city branding untuk masa yang akan datang.

Marketing activity is not only done by companies to promote its products. City governments are also doing marketing activity and city branding to promote their city for some diverse goals. To determine city branding strategy, government of the city must knows the attributes that the city has and make it as city features.
This research identifies the attributes of Jakarta and factors that will be the city brand image of Jakarta that perceived by three stakeholders of Jakarta, the citizens, domestic tourist, and foreign tourist. This research uses two types questionnaire as survey tools. First questionnaire is open ended questionnaire which used to ask the Jakarta's attributes as perceived by the respondents, and the second questionnaire is closed questionnaire which used to test the attributes of Jakarta obtained through the result of literature study and the result of first questionnaire.
This research use exploratory factor analysis (EFA) to analyzing factors that will be the city brand image of Jakarta as perceived by those three stakeholders, and city brand attribute which become components of developed factors. This research may used by Tourism Department of Jakarta City Government to evaluate city branding that has been done, whether the city brand image and city brand attributes that perceived by citizens, domestic tourist, and foreign tourist as it expected, and make the city branding strategies for the future.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulhardiansyah Dwitama
"Customer relations adalah salah satu alat dari public relations yang dapat membentuk kepercayaan pelanggan pada merek (brand trust) SPBU Pertamina di era persaingan pasar bebas yang ditandai dengan masuknya SPBU asing ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh customer relations terhadap brand trust SPBU Pertamina termasuk melihat dimensi dari dari customer relations yaitu reliability responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles yang memiliki mengaruh paling signifikan terhadap brand trust. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Survey dilakukan kepada pelanggan di dua SPBU besar di Jakarta Selatan.
Penelitian ini menemukan adanya pengaruh signifikansi antara customer relations SPBU Pertamina terhadap brand trust. Selain itu, juga ditemukan dimensi customer relations yang berpengaruh signifikan dalam meraih brand trust yaitu responsiveness, assurance dan tangibles.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa SPBU Pertamina telah memiliki customer relations yang baik dan brand trust yang cukup baik, juga terdapat pengaruh yang cukup baik dan signifikan dari customer relations terhadap brand trust. Penelitian ini dapat menjadi dasar dalam meningkatkan brand trust melalui customer relation khususnya bagi SPBU Pertamina.

Customer relations is one of public relations tool that can establish customer confidence in the brand (brand trust) Pertamina gas stations in the era of free market competition that marked the entry of foreign retail outlets to Indonesia. This study aims to see the effect of brand trust on customer relations, including Pertamina gas station to see the dimensions of the reliability of customer relations responsiveness, assurance, empathy, and tangibles that have the most significant mengaruh brand trust. This study uses a quantitative approach and are explanative. Survey carried out to customers in two major retail outlets in South Jakarta.
This study found that there effect of significance between Pertamina gas station customer relations to brand trust. It also found that the dimensions of customer relations have a significant effect in achieving the brand trust responsiveness, assurance and tangibles.
From the research, concluded that Pertamina gas stations already have good customer relations and brand trust are quite good, there is also a pretty good effect and significantly from customer relations to brand trust. This research may be fundamental in increasing brand trust through customer relations, especially for Pertamina gas stations.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Janova Evi Lavita
"Skripsi ini menganalisis unsur-unsur yang mempengaruhi ekuitas merek berbasis konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi unsur ekuitas merek berbasis konsumen pada Telkomsel operator jaringan seluler di Jakarta. Elemen faktor yang diteliti adalah Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Kepercayaan terhadap Merek, dan Loyalitas terhadap Merek.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Nonprobability sampling, wilayah penelitian di Jakarta. Teknik dari pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, data yang diperoleh dari 110 responden, diolah dengan menggunakan SPPS 17,0 menggunakan metode Pearson Corellation, Cochran, Uji Asumsi Klasik, dan Regresi Berganda.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kesadaran Merek, Loyalitas terhadap Merek dan Kercayaan terhadap Merek memilik dampak yang positif dalam Ekuitas Merek Berbasis Konsumen pada Telkomsel, sedangkan Asosiasi Merek dan Persepsi Kualitas tidak mempengaruhi secara positif dalam Ekuitas Merek Berbasis Konsumen pada Telkomsel.

This essay analyzes the elements that affect the consumer-based brand equity. The purpose of this study was to analyze the factors that affect the elements of consumer-based brand equity on the mobile network operator Telkomsel in Jakarta. Factor elements that researched are Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Trust, and Brand Loyalty.
This research uses research methods descriptive with technique sampling using method Non-probability sampling, territory research in Jakarta. Technique of data collection is done through the deployment questionnaires, the data obtained from the 110 respondents, processed with using the SPPS 17.0 using method Pearson Correlation, Cochran, Test Assumptions Classical, and Multiple Regression.
From the results of this study concluded that Brand Awareness, Brand Loyalty and Brand Trust in a positive effect on Consumer-Based Brand Equity on Telkomsel, while the Brand Association and Perceived Quality does not affect positively the Consumer-Based Brand Equity.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46198
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Inco Vrialdi
"Studi ini bertujuan untuk menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan KUBE Akasiah 1. Hasil penelitian melihat bahwa keberhasilan kelompok yang ditunjukkan dengan keberlanjutan kelompok usaha memiliki keterkaitan dengan Modal/Asset kelompok. Studi ini menunjukkan bahwa setiap modal dalam kelompok mempunyai peranan masing-masing dalam mempengaruhi keberhasilan kelompok, namun penelitian melihat bahwa modal sosial menjadi modal utama yang mempengaruhi keberhasilan kelompok. Dari sisi proses pendampingan, penelitian ini melihat bahwa adanya kerancuan status dari pendamping membuat peran pendamping tidak dapat terlaksana.

This study aim to find out the factors that infulence the success of KUBE Akasiah 1. This study indicate that the group?s success which is basically see as a sustainability correlated with Assets and Capital. This study shows that every capital in the group has a role in influencing the success of the group, buat this study see that social capital are the main asset that affect the success of the group. From the mentoring process, this study saw that the confusion status of the companion makes the role of the companion can not be accomplished."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yossie Dwi Ratna Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor City Branding Kota Jakarta berdasarkan persepsi dari Mahasiswa UI anggota Paguyuban Daerah. Apakah City Branding dibentuk oleh faktor-faktor; the presence, the place, the potential, the pulse, the people, dan the pre-requisites. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, analisis multivariat, dan analisis faktor sebagai pengukur hasil penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa responden memiliki persepsi setuju pada faktor the presence, the potential, the pulse sudah baik, persepsi netral pada faktor the people dan the pre-requisites sudah baik, dan persepsi tidak setuju pada faktor the place sudah baik. Faktor the potential merupakan faktor yang menonjol pembentuk city branding Kota Jakarta. City branding dibentuk oleh faktor-faktor seperti The Presence (Letak Kota, Budaya, dan Kunjungan), The Place (Tata Kota, Kualitas Udara, dan Cuaca Malam Hari), The Potential (Tempat Tinggal, Tingkat Ekonomi, Potensi Bisnis), The Pulse (Destinasi Wisata, Gaya hidup masyarakat, Bangunan bersejarah dan monumen), The People (Perilaku Hangat, Komunitas dengan budaya asal, Teman dekat), dan The Pre-requisites (Apartemen terjangkau, Tansportasi nyaman, Penginapan baik).

This research aims to determine the factors City Branding of Jakarta based on the perception of the UI Student members of the Regional Association. Is City Branding shaped by factors; the presence, the place, the potential, the pulse, the people, and the pre-requisites. This study used quantitative research methods, multivariate analysis, and factor analysis as a measurement of research results. The results showed that the respondents have agreed on the perception of the presence of factors, the potential, the pulse are good, neutral perception of the factors the people and the pre-requisites are good, and perception do not agree on a factor of the place is good. The potential factor is the prominent factor forming Jakarta city branding. City branding is shaped by factors such as The Presence (Location of City, Culture, and visits), The Place (City Planning, Air Quality and Weather at Night), The Potential (Residency, Level Economy, Business Potential), The Pulse (Tourists destination, Lifestyle of citizen, Historic buildings and monuments), The People (Warm behavior, Community with the culture of origin, Best friends), and The Pre-requisites (Affordable apartments, Convenient transportation, Lodging).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S60638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadli Arfi
"ABSTRAK
Strategi media relations telah lama dipercaya sebagai salah satu cara untuk membanguncitra image positif suatu produk atau perusahaan. Dalam industri otomotif, media relationssudah sejak lama dimanfaatkan untuk membantu membangun citra positif dan pengetahuanterhadap suatu produk otomotif tersebut. Jurnal ini akan membahas bagaimana strategimedia relations yang dilakukan oleh Wuling Motors Indonesia selaku Agen TunggalPemegang Merk untuk membentuk citra positif merk Wuling di Indonesia.

ABSTRACT
Media relations strategy is a strategy that long well known as an effective strategy to builda strong emotion between a company and media and very useful to build brand knowledge.In automotive industry especially four wheel like car, bus, etc , media relations is alsotake a important part to building a positive image and good brand knowledge. This journalwill discuss how media relations strategy undertaken by Wuling Motors Indonesia asSingle Agent Brand to building a positive image about Wuling brand in Indonesia."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Septy Wulandari
"Situasi global yang semakin kompetitif menyebabkan City branding saat ini semakin diperlukan. Penggunaan strategi city branding mengalami perkembangan dari hanya berbasis pencitraan dan komunikasi satu arah, menuju pengelolaan merek melalui relationship management yang berasal dari perspektif Ilmu Public Relations (PR). Selanjutnya, perkembangan teknologi menyebabkan pembangunan dan pembinaan hubungan tidak hanya dapat dilakukan melalui komunikasi secara langsung, namun juga melalui media sosial. Relationship management pada ranah media sosial merupakan bagian dari praktik kerja baru seorang PR professional. Pembahasan tentang strategi branding untuk destinasi wisata di media sosial pada tulisan ini dimulai dengan menganalisa penggunaan media sosial oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta.
Dengan menganalisa konten pada periode Oktober s.d 10 Desember 2014, akan digali informasi mengenai cara penggunaan media sosial oleh Dinas Pariwsata dan Kebudayaan DKI Jakartadan efektifitasnya dalam membangun hubungan dan interaksi dengan publik. Hasil analisa konten pada platform media sosial pariwisata Jakarta menunjukkan, konten cenderung mengarah pada promosi menjelang diselenggarakannya acara-acara di Jakarta seperti pameran, acara olahraga, dan hiburan. Topik yang berhubungan dengan kebudayaan dan sejarah tidak terlalu menonjol. Penggunaan media sosial tidak banyak memicu partisipasi publik. Dari analisa ini, pada bagian akhir tulisan, penulis merumuskan strategi branding melalui relationship management untuk memperkuat branding destinasi wisata Kota Jakarta.

Global high competitive situation makes city branding is increasingly needed. The use of city branding strategies have evolved from images based strategy and one-way communication, towards relationship management from the perspective of Public Relations (PR) diciplines. Furthermore, the development of technology led to the relationships management not only can be done through face-to-face communication, but also through social media. Relationship management in social media is a part of the new PR practices. This paper is aimed to provide an alternative approach to Jakarta's destination branding through relationship management strategy in social media. The discussion in this text will be begin by analyzing social media content which is managed by the Jakarta Department of Tourism and Culture, as government communication platform to increase Jakarta tourism publicity. This analysis was conducted to determine how the uses of social media effectiveness for publications. The content analysis will be the basis of the argument whether relationship management in social media can be developed.
The analysis carried out during the period October to 10 December 2014. By using observation and literature studies as the methodology of data collection, the authors construct an argument about an alternative solutions for branding Jakarta tourism through relationship management approach. The results of the content analysis on Jakarta tourism social media platform, shows that government still tend to use one-way communication strategy. Their social media are dominated by event publication. Topics related to culture and history, which is has strong relations with the Jakarta tourism vision, is not too obtrusive. The use of social media is not a lot of trigger public participation. From this analysis, at the end of the article, the authors formulate branding strategy through relationship management in social media in order to strengthen tourism destination branding of Jakarta City.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fitrulloh
"Skripsi ini membahas mengenai peran brand community dalam komunitas pengguna Honda nova sonic Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran brand community pada komunitas Honda nova sonic Jakarta, dengan meneliti sejauh mana komponen-komponen brand community berpengaruh terhadap komunitas Jakarta nova sonic club. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dan diuraikan secara deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah Brand community menjadi pembentuk karakter dan keberlanjutan konsistensi komunitas yang berasal dari para anggotanya sehingga terjadi kesetiaan pada merek. Serta tetap menanamkan merek Nova Sonic di dalam benak penggemarnya walaupun merek nova sonic sudah sulit ditemukan yang dapat berakibat dengan timbulnya loyalitas terhadap merek nova sonic. Brand Community juga dapat menjadi promosi dan pemasaran produk, inovasi, peningkatan citra brand, citra produk, citra produsen, peningkatan angka penjualan bagi produsen serta terbentuknya loyalitas konsumen.

This paper discusses about role of brand community within a community of users Honda Nova Sonic Jakarta. The backgroun of this study was determinig how the role of brand community on the Honda Nova Sonic jakarta community, by examining how far to which the components of brand community influence to the community of Jakarta Nova Sonic Club. This research is qualitative with design descriptive.
The result of this study are brand community into forming character consistency and sustainability of community that comes from its members resulting in loyalty to the brand. And still instill Nova Sonic brand in the mind of fans despite the Nova Sonic brand is hard to find which could result in the emergence of loyalty to the nova sonic brand. Brand community can also be a promotion and the marketing of products, innovation, the improved brand image, the product image, the image producer, increased sales for manumactures as well as the formation of consumer loyalty.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>