Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 178988 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salma Putri Syakura
"Wattpad merupakan salah satu aplikasi atau platform digital yang populer bagi kalangan penulis dan pembaca yang memperbolehkan penggunanya untuk membaca cerita dan mempublikasikan cerita yang mereka tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Wattpad mempengaruhi perubahan dan perkembangan minat membaca dan menulis penggunanya dari sebelum dan sesudah mereka menggunakan aplikasi Wattpad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik Snowball Sampling dalam pengambilan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan enam informan terpilih dan ditambahkan juga lima studi pustaka sebagai pendukung pernyataan informan. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana Wattpad merubah minat membaca dan menulis pengguna setelah menggunakan aplikasi selama beberapa tahun. Kata Kunci: Platform Digital, Minat membaca dan menulis, Wattpad.

Wattpad is one of the most popular Digital platforms for reader and writer communities that can be used for reading stories or publishing stories or other writings. This research aims to compare out how Wattpad changed and developed its users’ interests in reading and writing before and after they use the application. The method used in this study is descriptive qualitative. This paper uses Snowball Sampling techniques in taking samples. The study employs data collection method by using semi-structured interviews with six chosen informants and five literature reviews to support the informants statements. The results of this research shows how Wattpad changes the users reading and writing interest after using the application for several years."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Satyari Utami
"Penelitian ini bertujuan untuk untuk memberikan gambaran pelaksanaan reading challenge yang diadakan oleh blog buku sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan minat baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik blog Luckty.wordpress.com dan Renslittlecorner.blogspot.com yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa reading challenge dapat meningkatkan minat baca, khususnya pada kalangan blogger. Akan tetapi, reading challenge di blog hanya dapat meningkatkan minat baca pada orang yang sudah memiliki minat baca, bukan meningkatkan minat baca pada orang yang belum memiliki minat baca.

The aim of this study is to describe the implementation of reading challenge as a method to increase reading interest. A qualitative approach with study case method is used in this study. In this study, the data were collected with interview and observation methods. In this study, the informant are the blogger of Luckty.wordpress.com dan Renslittlecorner.blogspot.com that were chosen with purposive sampling method. The result of this study showed that reading challenge in blog can be a method to increase reading interest, especialy for the blogger. But, reading challenge just increase reading interest for the people that have already had reading interest, not the people who do not have reading interest.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sakawuni Maghfira Firdestia Bunga
"Artikel ini membahas peran akun Twitter @literarybase dalam meningkatkan minat baca pengikutnya. Akun @literarybase adalah akun berjenis autobase yang membahas hal berkaitan dengan literasi dan sastra di Twitter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan survei sebagai teknik pengumpulan data. Survei dilakukan pada bulan Juni 2021 menggunakan kuesioner dan disebarkan kepada pengikut akun @literarybase dengan jumlah yang didapatkan sebanyak 288 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @literarybase memiliki peran yang sangat besar sebagai tempat untuk meningkatkan minat baca pengikutnya. Hal ini terlihat dari 67.4% responden yang mengikuti akun @literarybase karena ingin mendapatkan rekomendasi bacaan dari pengikut lainnya. Namun, sebesar 48.3% responden menyatakan bahwa mereka jarang melakukan diskusi buku. Secara garis besar, akun @literarybase telah menerapkan prinsip pembangunan minat baca Springer, Harris, dan Dole (2017) dengan baik. Tetapi penerapan prinsip teaching interest self-regulation strategies masih belum seefektif tiga prinsip lainnya. Adapun saran dari penulis, tindakan yang dapat dilakukan oleh admin akun @literarybase untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan diskusi secara lebih intensif dengan para pengikutnya mengenai aplikasi reading tracker dan review buku. Admin akun @literarybase juga dapat mengadakan kegiatan diskusi dan baca buku bersama dengan tujuan untuk lebih meningkatkan lagi keaktifan para pengikutnya terkait dengan literasi dan sastra.

his article discusses the role of the Twitter account @literarybase in increasing the reading interest of its followers. The @literarybase account is an autobase that discusses literacy and literature on Twitter. This study uses quantitative methods with descriptive analysis and surveys as data collection techniques. The survey was conducted in June 2021 using a questionnaire and distributed to followers of the @literarybase account with a total of 288 respondents. The results show that the @literarybase account has a very big role as a place to increase followers' reading interest. This can be seen from 67.4% of respondents who follow the @literarybase account because they want to get reading recommendations from other followers. However, 48.3% of respondents stated that they rarely conduct book discussions. In general, the @literarybase account has applied the principles of Springer, Harris, and Dole (2017) reading interest development well. However, the application of the principle of teaching interest self-regulation strategies is still not as effective as the other three principles. As for suggestions from the author, the action that the @literarybase account admin can take to overcome this is to hold more intensive discussions with his followers about reading tracker applications and book reviews. The admin of the @literarybase account can also hold discussion activities and read books together with the aim of further increasing the activity of his followers related to literacy and literature."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Soedarsono
Jakarta : Gramedia, 1988
418.4 SOE s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Fica Rizky Aulia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang minat baca anak petani di Desa Cengkong, Karawang. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah minat baca pada anak petani usia 11 tahun. Untuk dapat mengetahuinya maka dilakukan penelitian berdasarkan aspek minat baca, faktor pengaruh, dan faktor pendorong minat baca anak. Menurut Sandjaja (2005) (dalam Tairas, 2008) aspek minat baca meliputi kesadaran akan manfaat membaca, frekuensi membaca, dan kesenangan membaca. Selain anak petani yang menjadi informan, ada informan pendukung yaitu orang tua dari anak tersebut. Informan pendukung digunakan sebagai gambaran minat baca anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan minat baca dan jenis bacaan yang diminati dan dibutuhkan oleh anak-anak petani di Desa Cengkong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, keempat anak petani di Desa Cengkong sudah memiliki minat baca. Keempat anak tersebut memiliki minat pada jenis bacaan fiksi. Namun minat baca keempat anak tersebut masih belum berkembang dan perlu ditingkatkan. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan minat baca anak bersumber dari faktor pendorong yaitu orang tua, sekolah, dan pemerintah daerah. Hal lain yang menjadi kendala adalah faktor lingkungan dan ketersediaan bahan bacaan.
ABSTRACT
This study discusses the reading interest of farmers' children in Cengkong Village, Karawang. The problem discussed in this study is reading interest in 11-year-old farmer children. To be able to find out, a research was conducted based on aspects of reading interest, influence factors, and factors driving children's reading interest. According to Sandjaja (2005) (in Tairas, 2008) aspects of reading interest include awareness of the benefits of reading, reading frequency, and reading pleasure. In addition to the farmer's children who became informants, there were supporting informants, namely the parents of the child. Supporting informants are used as a description of children's reading interest. This study aims to determine the development of reading interest and the types of reading that are interested and needed by the children of farmers in Cengkong Village. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study method. Based on the results of the study, the four children of farmers in Cengkong Village already have an interest in reading. The four children have an interest in fiction reading. However, the reading interest of the four children is still not developed and needs to be improved. The obstacles faced in developing children's interest in reading come from the driving factors, namely parents, schools, and local governments. Another thing that becomes an obstacle is environmental factors and the availability of reading materials."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joko D. Muktiono
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003
028.9 JOK a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hernowo
Bandung: Kaifa, 2005
418.4 HER v
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Utami
"Minat baca masyarakat Indonesia perlu terus diupayakan. Hal ini terlihat dari mayoritas data yang dilaporkan menunjukkan masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi peranan konten BookTok dalam meningkatkan minat baca Gen Z. Kreativitas para kreator dalam menyajikan ulasan membuat konten ini menarik untuk diteliti. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang pengumpulan datanya dilaksanakan dari 29 April – 5 Mei 2024. Tahap klarifikasi data informan dilaksanakan dari 10 Mei – 9 Juni 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BookTok mampu meningkatkan minat baca yang ditinjau berdasarkan empat prinsip oleh Springer et al., (2017). Hal tersebut ditunjukkan melalui penyajian ulasan buku yang relevan dengan kebutuhan pembaca, penciptaan ruang bagi pembaca untuk saling berdiskusi dan berbagi pandangan, dan penyajian informasi di luar ulasan buku, di antaranya tantangan untuk mengulas buku, aplikasi pelacakan buku, seperti Notion dan Goodreads, tips untuk merawat buku dan mendekorasi rak buku. Dampak BookTok terlihat pada peningkatan frekuensi membaca dan kuantitas buku bacaan yang ditinjau berdasarkan indikator Dalman (2017). Dapat disimpulkan bahwa BookTok dapat menjadi wadah bagi pembaca untuk mengeksplorasi bacaan dan penulis baru melalui konten video pendek yang disesuaikan dengan karakteristik generasi muda saat ini yang dibuktikan dengan adanya peningkatan pada aspek frekuensi dan kuantitas buku bacaan.

Indonesian people's interest in reading needs to be continuously pursued. This can be seen from the majority of reported data showing the low interest in reading among Indonesians. This study aims to explore the role of BookTok content in increasing Gen Z's reading interest. The creativity of the creators in presenting reviews makes this content interesting to study. This research uses a qualitative approach with a case study method whose data collection was carried out from 29 April - 5 May 2024. The data clarification stage by informants from 10 May - 9 June 2024. The results showed that BookTok was able to increase reading interest based on four principles by Springer et al. (2017). This is shown through the presentation of book reviews that are relevant to readers' needs, the creation of spaces for readers to discuss and share their views, and the presentation of information beyond book reviews, including challenges to review books, book tracking applications, such as Notion and Goodreads, tips for caring for books and decorating bookshelves. The impact of BookTok is seen in the increase in reading frequency and quantity of reading books reviewed based on Dalman's (2017) indicators. It can be concluded that BookTok can be a place for readers to explore new readings and writers through short video content tailored to the characteristics of today's younger generation as evidenced by an increase in the aspects of reading frequency and quantity of books."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>