Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154796 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Budiman Arbenta
"Pengelolaan proposal tugas akhir untuk program sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masih menggunakan media eksternal, seperti Excel, forum Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI, Google Form, dan sebagainya. Dengan demikian, pengelolaan proposal menjadi tidak terstruktur dan tidak terintegrasi. Untuk menangani masalah ini, sudah ada inisiatif pengembangan sistem informasi untuk mengelola tugas akhir yang dinamakan SISKRIPSI. Namun, fitur SISKRIPSI ini perlu dievaluasi dan dikembangkan lebih lanjut dengan melakukan requirements gathering bersama tim dosen tugas akhir Fasilkom UI agar fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain dari segi fitur, desain antarmuka dari SISKRIPSI juga perlu dievaluasi agar dapat memenuhi standar desain aplikasi. Hasil aplikasi yang telah dikembangkan ini dinamakan Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Pengembangan SIPETA menerapkan metode User Centered Design dan Feature Driven Development. Aplikasi SIPETA dibangun dengan arsitektur decoupled, frontend dikembangkan menggunakan framework React JS sedangkan backend dikembangkan menggunakan framework Django Rest Framework. Selain itu, SIPETA diintegrasi dengan Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). Setelah dilakukan pengembangan, aplikasi dievaluasi dengan metode Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test dan Lighthouse Testing. Hasil evaluasi dari SIPETA menyatakan SIPETA sudah layak untuk digunakan.

The management of final year project proposals of the undergraduate study programs at the Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) still uses external media, such as Excel, Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI’s forum, Google Form, etc. Thus, proposal management becomes unstructured and unintegrated. To handle this problem, there was already an inisiative to develop an information system to manage final year projects named SISKRIPSI. However, the features of SISKRIPSI needs to be evaluated and developed further by conducting a requirements gathering with the Fasilkom UI final year project committee so that the application features match the needs. Apart from the features, the interface design of SISKRIPSI also needs to be evaluated so that it can fulfill the application design standards. The result of the developed application is called Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Development of SIPETA applies User Centered Design and Feature Driven Development method. SIPETA was build on decoupled architecture, frontend was build using React JS framework and backend was build using Django Rest Framework. Besides that, SIPETA was also integrated with Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). After the development process, the application was evaluated using Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test and Lighthouse Testing methods. The evaluation results of SIPETA states that SIPETA is ready to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasomba, Sae
"Pengelolaan proposal tugas akhir untuk program sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masih menggunakan media eksternal, seperti Excel, forum Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI, Google Form, dan sebagainya. Dengan demikian, pengelolaan proposal menjadi tidak terstruktur dan tidak terintegrasi. Untuk menangani masalah ini, sudah ada inisiatif pengembangan sistem informasi untuk mengelola tugas akhir yang dinamakan SISKRIPSI. Namun, fitur SISKRIPSI ini perlu dievaluasi dan dikembangkan lebih lanjut dengan melakukan requirements gathering bersama tim dosen tugas akhir Fasilkom UI agar fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain dari segi fitur, desain antarmuka dari SISKRIPSI juga perlu dievaluasi agar dapat memenuhi standar desain aplikasi. Hasil aplikasi yang telah dikembangkan ini dinamakan Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Pengembangan SIPETA menerapkan metode User Centered Design dan Feature Driven Development. Aplikasi SIPETA dibangun dengan arsitektur decoupled, frontend dikembangkan menggunakan framework React JS sedangkan backend dikembangkan menggunakan framework Django Rest Framework. Selain itu, SIPETA diintegrasi dengan Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). Setelah dilakukan pengembangan, aplikasi dievaluasi dengan metode Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test dan Lighthouse Testing. Hasil evaluasi dari SIPETA menyatakan SIPETA sudah layak untuk digunakan.

The management of final year project proposals of the undergraduate study programs at the Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) still uses external media, such as Excel, Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI’s forum, Google Form, etc. Thus, proposal management becomes unstructured and unintegrated. To handle this problem, there was already an inisiative to develop an information system to manage final year projects named SISKRIPSI. However, the features of SISKRIPSI needs to be evaluated and developed further by conducting a requirements gathering with the Fasilkom UI final year project committee so that the application features match the needs. Apart from the features, the interface design of SISKRIPSI also needs to be evaluated so that it can fulfill the application design standards. The result of the developed application is called Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Development of SIPETA applies User Centered Design and Feature Driven Development method. SIPETA was build on decoupled architecture, frontend was build using React JS framework and backend was build using Django Rest Framework. Besides that, SIPETA was also integrated with Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). After the development process, the application was evaluated using Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test and Lighthouse Testing methods. The evaluation results of SIPETA states that SIPETA is ready to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apandaoswalen, autho
"Terdapat kebijakan baru untuk program studi sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, yaitu pelaksanaan tugas akhir menjadi wajib dilakukan untuk angkatan 2018 ke atas dan dapat dilakukan secara mandiri atau berkelompok dengan jumlah anggota maksimum 3 orang. Kebijakan tersebut menjadi alasan utama dibutuhkannya proses pengembangan lebih lanjut Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (SI Sidang) agar dapat menangani tugas akhir kelompok. Requirements gathering dilakukan dengan melakukan Joint Application Development (JAD) meetings dengan pengguna dan product owner. Metode agile software development dan JAD digunakan untuk mengembangkan aplikasi SI Sidang. Setelah aplikasi dikembangkan, evaluasi dilakukan untuk menilai kualitas aplikasi yang dikembangkan. Proses evaluasi dilakukan dengan metode User Acceptance Test (UAT).  Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, sistem berhasil memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi yang telah ditentukan.

There is a new policy for undergraduate programs at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia. Thesis is mandatory for class of 2018 and above. It can be done individually or in groups with a maximum number of 3 members. This change of policy is the main reason for further development of Information System for Final Project of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (SI Sidang) in order to be able to handle group theses. Joint Application Development (JAD) meetings were conducted in order to gather requirements from users. JAD and Agile Software Development were used to develop SI Sidang. After the development of SI Sidang, an evaluation is carried out to assess the quality of the developed application. The evaluation process was carried out by using the User Acceptance Test (UAT) method. Based on the evaluation, the system has succeeded in providing results in accordance with predetermined expectations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salman Ahmad Nurhoiriza
"Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) telah mengembangkan dua aplikasi web, yaitu (1) Sistem Informasi Sidang (Sisidang) dan (2) Sistem Pengecekan Plagiarisme Elang. Kedua aplikasi web tersebut berturut-turut digunakan untuk memfasilitasi proses pengumpulan, penilaian, dan revisi, serta mengecek tingkat plagiarisme laporan tugas akhir setiap mahasiswa. Akan tetapi, pada kedua aplikasi web tersebut masih terdapat beberapa kelemahan cara kerja, yaitu (1) Elang hanya mengakomodasi pengecekan laporan tugas akhir mahasiswa versi pra-sidang, (2) Elang belum melakukan pengecekan laporan-laporan akhir baru secara otomatis setiap kali terdapat laporan yang diunggah ke Sisidang, (3) pada beberapa kasus Elang menampilkan judul laporan tugas akhir yang kurang sesuai, (4) penggunaan query parameter berupa NPM dapat menimbulkan masalah kurang tepatnya penilaian tingkat plagiarisme, (5) halaman detail hasil cek plagiarism kurang user-friendly, dan (6) hasil cek plagiarism hanya bisa dilihat di Elang. Oleh karena itu, sejumlah perbaikan/penyesuaian perlu dilakukan untuk memperbaiki cara kerja kedua aplikasi web tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada cara kerja Sisidang dan Elang dalam tahapan-tahapan sebelum dan sesudah Sidang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melakukan integrasi yang lebih matang antara Sisidang dan Elang. Penelitian ini menggunakan metodologi design science research sebagai metodologi penelitian. Identifikasi serta analisis masalah dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif berupa wawancara serta mengadakan pertemuan antara product owner dan pengguna kedua aplikasi tersebut. Setelah identifikasi dan analisis masalah dan kebutuhan, penelitian ini mengajukan usulan solusi terhadap masalah yang telah diidentifikasi. Dengan berdasar kepada usulan solusi tersebut, integrasi Elang dan Sisidang serta modifikasi dan penyesuaian fitur untuk mengakomodasi integrasi tersebut berhasil dikembangkan. Setelah integrasi serta penyesuaian fitur berhasil dilakukan, evaluasi sistem dilakukan dengan menggunakan metode user acceptance test. Evaluasi dilakukan kepada enam orang responden yang terdiri dari dosen dan staf sekretariat akademik Fasilkom UI. Seluruh responden setuju bahwa sistem berhasil dalam menyelesaikan masalah dan mampu memenuhi kebutuhan pengecekan plagiarisme. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu melancarkan proses berjalannya Sidang terutama bagi dosen dan staf sekretariat akademik serta bagi para pengembang aplikasi dalam memperbaiki serta mengembangkan aplikasinya.

The Faculty of Computer Science (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) has developed two web applications, which are (1) Sistem Informasi Sidang (Sisidang) and (2) Sistem Pengecekan Plagiarisme Elang. Both applications are used to facilitate the submission, the markings, and the revision of a student's thesis, as well as checking for the possibility of plagiarism. However, both applications have weaknesses on how they operate, which are (1) Elang only does plagiarism checks for documents that are uploaded before the thesis defence, (2) Elang needs to be triggered manually to check for newly submitted document before running plagiarism checks for that specific document, (5) Elang would extract the wrong title of the thesis in some cases, (4) the use of only using student ID as query parameter for plagiarism checks leads may lead to a duplication of results, (5) the not so user-friendly plagiarism check results page, (6) plagiarism check results can only be accessed in Elang. Therefore, the need for modifications and adjustments are needed to address the problems. This study uses design science research as the methodology of study. The identification and analysis of problems are conducted by using the qualitative method of interview and meetings with the product owner and users of both applications. After the identification and analysis of the problems, this study proposes solutions to address each of the problems that have been identified. Based on the proposed solution, the integration of Sisidang and Elang as well as the modifications and adjustments to accommodate the integration has been successfully finished. After the integration, modifications, and adjustments are finished, evaluation of the system is done by using the methodology of user acceptance testing. The evaluation is done through six respondents who are the main users of both apps, the lecturers, and the academic secretariat staff. All respondents agree that the new system has successfully addressed the problems and fill in the need of plagiarism checks in the process of thesis defence. This study is expected to smoothen the process of the thesis defence especially for lecturers and the academic secretary staff and developers that need improving their applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahdi Imani Wafi
"Salah satu fungsi yang sangat kritikal dalam proses tugas akhir adalah pengecekan plagiarisme tugas akhir sebelum kelulusan. Fasilkom UI membuat aplikasi sistem pengecekan plagiarisme (Elang). Selain itu juga mempunyai aplikasi untuk administrasi dokumen tugas akhir (Sisidang). Dua website ini sudah berjalan sejak lebih dari tujuh tahun lalu, dan kemudian diperbarui lagi pada dua tahun lalu.  Walaupun demikian terkadang masih terjadi masalah permasalahan sehingga kegunaan dari dua aplikasi kurang optimal. Dalam melakukan tugas akhir ini, penulis ini menggunakan metodologi design science research sebagai metodologi penelitian. Berdasarkan analisa yang penulis lakukan permasalahannya adalah: integrasi pengecekan plagiarisme dari Sisidang ke Elang, Halaman Elang kurang informatif karena tidak menampilkan error message, dan Terhentinya proses pengecekan karena adanya masalah di proses pengecekan sebelumnya. Penulis memberikan solusi sebagai berikut: Menggunakan Django-Sesame magic link untuk memberikan akses ke pengguna Sisidang untuk melihat hasil di Elang. Menggunakan Django-Session dan Django-Messages untuk mengatasi permasalahan error message yang tidak sampai ke pengguna. Memperbaiki logik dengan menambah try & catch untuk mengembalikan flag reset ke semula agar proses pengecekan tidak terhenti karena masalah sebelumnya. Setelah implementasi solusi tersebut, evaluasi dilakukan dengan melakukan serangkaian tes berdasarkan scenario dari solusi. Berdasarkan hasil dari tes tersebut, disimpulkan solusi yang telah diimplementasikan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan. Hasil dari tugas akhir ini membantu mengoptimalkan proses Sidang dan pengecekan plagiarisme terutama bagi dosen dan staf IT/sekretariat akademik. Hasil ini juga diharapkan menjadi acuan bagi para pengembang aplikasi dalam memperbaiki serta mengembangkan aplikasinya.

One very critical function in the final assignment process is checking plagiarism in the final assignment before graduation. Fasilkom UI created a plagiarism checking system application (Elang). Apart from that, it also has an application for administering final assignment documents (Sisidang). These two websites have been running for more than seven years, and were then updated again two years ago.  However, sometimes problems still occur so that the usability of the two applications is less than optimal. In carrying out this final assignment, this author used the design science research methodology as a research methodology. Based on the analysis carried out by the author, the problems are: integration of plagiarism checking from Sisidang to Elang, the Elang page is less informative because it does not display error messages, and the checking process has stopped due to problems with the previous checking process. The author provides the following solution: Using Django-Sesame magic link to provide access to Sisidang users to view results from Elang. Using Django-Session and Django-Messages to solve the problem of error messages not reaching the user. Improved logic by adding try & catch to return the reset flag to its original state. After implementing the solution, evaluation is carried out by conducting tests based on a scenario of the solution. Based on the results of those tests, it was concluded that the solution that had been implemented resolved the problems found. The results of this final assignment help optimize the trial process and check plagiarism, especially for lecturers and IT staff/academic secretariat. It is also hoped that these results will become a reference for application developers in improving and developing their applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Abdul Haris, 1918-2000
[Place of publication not identified]: Haji Masagung, 1993
923.2 NAS m IX (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriel Erwhian Winarso
"Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) versi terbaru (disebut SISIDANG baru) pada tugas akhir ini bertujuan agar dapat digunakan untuk proses tugas akhir dan sidang di semester genap 2022/2023 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pengembangan tersebut meliputi rancangan dan implementasi fitur baru seperti dashboard dan laporan honor, dan perbaikan fitur-fitur yang belum sempurna seperti laporan-laporan yang terkait dengan persidangan, penilaian sidang, pemberian revisi dari dosen, pengelolaan jadwal sidang, pengelolaan dosen, pengelolaan mata kuliah spesial, jadwal pribadi dosen, serta unggah berkas mahasiswa. Proses pengembangan dilakukan dengan metodologi Feature Driven Development (FDD) dengan kelebihan menciptakan progres yang cepat. Setelah pengembangan, dilakukan pengujian dan evaluasi agar dapat memastikan kinerja website dan kepuasan pengguna. Pengujian dan evaluasi SISIDANG baru diukur dengan User Acceptance Testing (UAT), survei fitur dashboard terkait dashboard design principle, dan System Usability Scaling (SUS). Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa SISIDANG baru telah cukup memenuhi kriteria pembuatan dashboard dan memenuhi kriteria cukup untuk tingkat usability.

The goal of the development of the latest version of the Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) in this final project is to be able to be use for the whole final assignment process in the second semester of 2022/2023 at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia. This development process consisted of designing and implementation process of new features such as dashboards and honorarium reports and improvements to lacking features such as reports related to final assignment presentation, final assignment assessments, final assignment evaluation, the scheduling process of final assignment, lecturers management, final assignment management, lecturer’s personal schedule feature, and uploading student files. The development process is carried out by using Feature Driven Development (FDD) methodology, which has the advantage of faster development progress. After the development process, testing and evaluation were carried out in order to ensure the website’s performance and user satisfaction meet user expectations. Testing and evaluation of the new system are measured with User Acceptance Testing (UAT), survey related to dashboard design principles, and System Usability Scaling (SUS). The results of the evaluation show that the new system has sufficiently met the criteria for making dashboards and the criteria for usability level."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Luthfi Fahlevi
"Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) versi terbaru (disebut SISIDANG baru) pada tugas akhir ini bertujuan agar dapat digunakan untuk proses tugas akhir dan sidang di semester genap 2022/2023 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pengembangan tersebut meliputi rancangan dan implementasi fitur baru seperti dashboard dan laporan honor, dan perbaikan fitur-fitur yang belum sempurna seperti laporan-laporan yang terkait dengan persidangan, penilaian sidang, pemberian revisi dari dosen, pengelolaan jadwal sidang, pengelolaan dosen, pengelolaan mata kuliah spesial, jadwal pribadi dosen, serta unggah berkas mahasiswa. Proses pengembangan dilakukan dengan metodologi Feature Driven Development (FDD) dengan kelebihan menciptakan progres yang cepat. Setelah pengembangan, dilakukan pengujian dan evaluasi agar dapat memastikan kinerja website dan kepuasan pengguna. Pengujian dan evaluasi SISIDANG baru diukur dengan User Acceptance Testing (UAT), survei fitur dashboard terkait dashboard design principle, dan System Usability Scaling (SUS). Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa SISIDANG baru telah cukup memenuhi kriteria pembuatan dashboard dan memenuhi kriteria cukup untuk tingkat usability.

The goal of the development of the latest version of the Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) in this final project is to be able to be use for the whole final assignment process in the second semester of 2022/2023 at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia. This development process consisted of designing and implementation process of new features such as dashboards and honorarium reports and improvements to lacking features such as reports related to final assignment presentation, final assignment assessments, final assignment evaluation, the scheduling process of final assignment, lecturers management, final assignment management, lecturer’s personal schedule feature, and uploading student files. The development process is carried out by using Feature Driven Development (FDD) methodology, which has the advantage of faster development progress. After the development process, testing and evaluation were carried out in order to ensure the website’s performance and user satisfaction meet user expectations. Testing and evaluation of the new system are measured with User Acceptance Testing (UAT), survey related to dashboard design principles, and System Usability Scaling (SUS). The results of the evaluation show that the new system has sufficiently met the criteria for making dashboards and the criteria for usability level."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Technological area grows very fast especu\iallly at information technology. Web become one of the technological activator media.In this time information could get very fast on web, and presented information on page web progressevely easy tu update,this matter because nearly from of server-side function...."
COJUTEK
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Fattah Robbani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi serta perilaku pencarian informasi mahasiswa tingkat akhir Program Studi Arkeologi Universitas Indonesia dalam penelitian skripsi. Penelitian ini juga mencoba untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa arkeologi baik pada saat penelusuran informasi maupun mengakses sumber-sumber informasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan observasi dalam memperoleh informasi dari informan. Penelitian ini menggunakan model dari perilaku pencarian informasi yang dikemukakan oleh Ellis yang selanjutnya ditambahkan oleh Wilson untuk mengidentifikasi keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa Program Studi Arkeologi memiliki kebutuhan informasi berdasarkan topik penelitian yang diteliti. Mahasiswa arkeologi melakukan tahapan-tahapan pencarian informasi sesuai dengan model perilaku pencarian informasi Ellis.
Lokasi dari objek arkeologi yang diteliti menjadi hambatan yang paling banyak ditemui pada penelitian mahasiswa Program Studi Arkeologi.

This study aims to identify information needs and information seeking behavior of their final year students of Archaeological Studies Program, Universitas Indonesia in the research thesis. The study also tries to identify the obstacles encountered both archeology student at the time of the search of information and access to sources of information.
This study is a qualitative study using interviews and observations in obtaining information from informants. This study uses a model of information seeking behavior expressed by Ellis are then added by Wilson to identify the real situation.
The results of this study indicate Archaeological Studies Program students have a need for information based on research topics studied. Archeology students doing the stages of information search in accordance with a behavioral model of information retrieval Ellis.
The location of archaeological object under study into the barriers most commonly found in the research students of Archaeology.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69775
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>