Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68017 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Paulus Donny Junianto
"Antarmuka pengembangan aplikasi (API) pada organisasi PT XYZ dikembangkan oleh masing-masing bisnis unit terkait secara terpisah sehingga menghasilkan API dengan keamanan dan kemudahaan penggunaan API yang berbeda-beda. Penerapan arsitektur microservices menjadikan API sebagai komponen penting dalam menjalankan kebutuhan bisnis PT XYZ. Seluruh aspek IT yang menunjang dari financial perusahaan sampai operasional sehari-harinya tidak terlepas dengan penggunaan API, terlebih lagi saat ini PT XYZ membuka API publik untuk digunakan oleh partner diluar organisasi seperti pihak ke-tiga yang menggunakan API untuk mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan model bisnis yang bersifat omnichannel dan juga pengguna akhir agar proses bisnis berjalan sangat cepat dengan mengintegrasikan sistem dengan sistem via API PT XYZ. Oleh sebab itu, PT XYZ perlu mengembangkan penggunaan API agar dapat memberikan manfaat yang lebih ke dalam organisasi, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat API Gateway yang terpusat agar seluruh bisnis unit memiliki tingkat keamanan yang sama, juga dengan adanya API Gateway terpusat dapat mengurangi biaya development dari pembuatan API di masing-masing bisnis unit dengan cara menghubungkan API Gateway terpusat dengan masing-masing bisnis unit. Identifikasi manfaat bisnis bagi organisasi juga dilakukan dengan menggunakan tabel manfaat bisnis SI/TI generik. API Gateway akan menghubungkan sistem dengan sistem untuk berinteraksi satu sama lain dengan implementasi dan keamanan yang seragam guna pertukaran data atau informasi antara 2 organisasi atau lebih supaya mendorong aktivitas nilai bisnis satu sama lain. Nilai ekonomi investasi API Gateway diperoleh melalui kuantifikasi manfaat bisnis utama berdasarkan metrik TI dan asumsi-asumsi perhitungan API Gateway. Manfaat bisnis utama selanjutnya dipetakan menggunakan kerangka pikir kesejahteraan digital untuk mendapatkan manfaat investasi bagi negara. Berdasarkan data pada tahun 2019 hingga Desember 2022 terjadi lonjakan trafik API dari 200 juta panggilan API menjadi 9 milyar panggilan API atau kenaikan sebesar 4500%, namun dilihat dari sisi kesalahan pengunaan API juga meningkat dari 0.001% menjadi 5% sehingga peningkatan biaya yang dikeluarkan pun menjadi besar, sehingga API Gateway terpusat juga akan membantu dalam mengontrol hal tersebut, dan penelitian ini menggunakan Ranti's Table Generic dalam mengevaluasi rancangan API Gateway terpusat. Analisis tematik digunakan untuk mengolah data yang bersumber dari wawancara, diskusi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa investasi API Gateway mampu mengurangi biaya (RCO) dan meningkatkan produktivitas (IPR).

Application Programming Interface (API) in the PT XYZ organization is developed by each related business unit separately to produce APIs with different API security and ease of use. The application of microservices architecture makes API an important component in carrying out PT XYZ's business needs. All aspects of IT that support the company's finances to daily operations are inseparable from the use of API, especially now that PT XYZ is opening a public API for use by partners outside the organization such as third parties who use API to benefit from the use of a business model that omnichannel as well as end users so that business processes run very quickly by integrating systems with systems via PT XYZ's API. Therefore, PT XYZ needs to develop the use of API so that it can provide more benefits to the organization, one of the things that can be done is to create a centralized API Gateway so that all business units have the same level of security, also with a centralized API Gateway you can reduce development costs from creating APIs in each business unit by connecting a centralized API Gateway with each business unit. Identification of business benefits for the organization is also carried out by using generic IS/IT business benefits tables. API Gateway will connect system with system to interact with each other with uniform implementation and security to exchange data or information between 2 or more organizations to encourage business value activities for one another. The economic value of API Gateway investment is obtained through the quantification of key business benefits based on IT metrics and API Gateway calculation assumptions. The main business benefits are then mapped using a digital welfare framework to gain investment benefits for the country. Based on data from 2019 to December 2022 there was a jump in API traffic from 200 million API calls to 9 billion API calls or an increase of 4500%, but from an error point of view the use of API also increased from 0.001% to 5% so that the increase in costs incurred became large, so that a centralized API Gateway will also help control it, and this research uses Ranti's Table Generic in evaluating the design of a centralized API Gateway. Thematic analysis is used to process data sourced from interviews, discussions, and document studies. The results of the research show that API Gateway investments can reduce costs (RCO) and increase productivity (IPR)."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Donny Junianto
"Antarmuka pengembangan aplikasi (API) pada organisasi PT XYZ dikembangkan oleh masing-masing bisnis unit terkait secara terpisah sehingga menghasilkan API dengan keamanan dan kemudahaan penggunaan API yang berbeda-beda. Penerapan arsitektur microservices menjadikan API sebagai komponen penting dalam menjalankan kebutuhan bisnis PT XYZ. Seluruh aspek IT yang menunjang dari financial perusahaan sampai operasional sehari-harinya tidak terlepas dengan penggunaan API, terlebih lagi saat ini PT XYZ membuka API publik untuk digunakan oleh partner diluar organisasi seperti pihak ke-tiga yang menggunakan API untuk mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan model bisnis yang bersifat omnichannel dan juga pengguna akhir agar proses bisnis berjalan sangat cepat dengan mengintegrasikan sistem dengan sistem via API PT XYZ. Oleh sebab itu, PT XYZ perlu mengembangkan penggunaan API agar dapat memberikan manfaat yang lebih ke dalam organisasi, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat API Gateway yang terpusat agar seluruh bisnis unit memiliki tingkat keamanan yang sama, juga dengan adanya API Gateway terpusat dapat mengurangi biaya development dari pembuatan API di masing-masing bisnis unit dengan cara menghubungkan API Gateway terpusat dengan masing-masing bisnis unit. Identifikasi manfaat bisnis bagi organisasi juga dilakukan dengan menggunakan tabel manfaat bisnis SI/TI generik. API Gateway akan menghubungkan sistem dengan sistem untuk berinteraksi satu sama lain dengan implementasi dan keamanan yang seragam guna pertukaran data atau informasi antara 2 organisasi atau lebih supaya mendorong aktivitas nilai bisnis satu sama lain. Nilai ekonomi investasi API Gateway diperoleh melalui kuantifikasi manfaat bisnis utama berdasarkan metrik TI dan asumsi-asumsi perhitungan API Gateway. Manfaat bisnis utama selanjutnya dipetakan menggunakan kerangka pikir kesejahteraan digital untuk mendapatkan manfaat investasi bagi negara. Berdasarkan data pada tahun 2019 hingga Desember 2022 terjadi lonjakan trafik API dari 200 juta panggilan API menjadi 9 milyar panggilan API atau kenaikan sebesar 4500%, namun dilihat dari sisi kesalahan pengunaan API juga meningkat dari 0.001% menjadi 5% sehingga peningkatan biaya yang dikeluarkan pun menjadi besar, sehingga API Gateway terpusat juga akan membantu dalam mengontrol hal tersebut, dan penelitian ini menggunakan Ranti's Table Generic dalam mengevaluasi rancangan API Gateway terpusat. Analisis tematik digunakan untuk mengolah data yang bersumber dari wawancara, diskusi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa investasi API Gateway mampu mengurangi biaya (RCO) dan meningkatkan produktivitas (IPR).

Application Programming Interface (API) in the PT XYZ organization is developed by each related business unit separately to produce APIs with different API security and ease of use. The application of microservices architecture makes API an important component in carrying out PT XYZ's business needs. All aspects of IT that support the company's finances to daily operations are inseparable from the use of API, especially now that PT XYZ is opening a public API for use by partners outside the organization such as third parties who use API to benefit from the use of a business model that omnichannel as well as end users so that business processes run very quickly by integrating systems with systems via PT XYZ's API. Therefore, PT XYZ needs to develop the use of API so that it can provide more benefits to the organization, one of the things that can be done is to create a centralized API Gateway so that all business units have the same level of security, also with a centralized API Gateway you can reduce development costs from creating APIs in each business unit by connecting a centralized API Gateway with each business unit. Identification of business benefits for the organization is also carried out by using generic IS/IT business benefits tables. API Gateway will connect system with system to interact with each other with uniform implementation and security to exchange data or information between 2 or more organizations to encourage business value activities for one another. The economic value of API Gateway investment is obtained through the quantification of key business benefits based on IT metrics and API Gateway calculation assumptions. The main business benefits are then mapped using a digital welfare framework to gain investment benefits for the country. Based on data from 2019 to December 2022 there was a jump in API traffic from 200 million API calls to 9 billion API calls or an increase of 4500%, but from an error point of view the use of API also increased from 0.001% to 5% so that the increase in costs incurred became large, so that a centralized API Gateway will also help control it, and this research uses Ranti's Table Generic in evaluating the design of a centralized API Gateway. Thematic analysis is used to process data sourced from interviews, discussions, and document studies. The results of the research show that API Gateway investments can reduce costs (RCO) and increase productivity (IPR)."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Qomaruzzaman Rahmad Akbar
"Dengan perkembangan teknologi, banyak perusahaan start up yang didirikan. Pada bulan November 2022 terdapat 2.400 perusahaan start up di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis perusahaan start up dengan objek penelitian PT XYZ. PT XYZ bergerak di bidang industri makanan sehat. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan Business Model Canvas sebagai dasar teori dan alat untuk mengevaluasi strategi bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT XYZ menerapkan strategi broad differentiation strategy. Fokus strategi perusahaan saat ini adalah mempromosikan dan memperkenalkan produk kepada masyarakat. Strategi promosi tersebut berhasil meningkatkan penjualan, namun tidak mampu menghasilkan keuntungan karena besarnya biaya promosi. Terdapat beberapa kelemahan pada model bisnis PT XYZ. Penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi perbaikan atas kelemahan tersebut. Penambahan segmen pelanggan dalam bentuk B2B berpotensi dapat mendatangkan sumber pendapatan baru dan memberikan keuntungan dalam hal promosi dengan menggunakan sumber daya perusahaan rekanan. Selain itu, penerapan lean accounting dapat diterapkan sebagai upaya efisiensi biaya.

With the development of technology, many start-up companies have been established. In November 2022 there were 2,400 startups in Indonesia. This study aims to evaluate the business strategy of start-up companies with the research object PT XYZ. PT XYZ engaged in the healthy food industry. This research is case study research with descriptive qualitative research methods. This research utilized Business Model Canvas as a basic theory and tool to evaluate business strategy. The results showed that PT XYZ implemented a broad differentiation strategy. The current focus of the company's strategy is to promote and introduce products to the public. The promotional strategy succeeded in increasing sales, but was unable to generate profits due to the large cost of promotion. There are several weaknesses in PT XYZ business model that can be improved to be able to generate profits. Adding customer segments in the form of B2B can potentially provide new revenues and bring benefit in promotions using other company resources. Additionally, the application of lean accounting that focused on cost reduction must be carried out for cost efficiency."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ganjar Daniswara
"Saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam organisasi bisnis. Walaupun demikian, dampak TIK terhadap produktivitas perusahaan di negara-negara berkembang masih menghadirkan ketimpangan produktivitas yang dikenal dengan istilah paradoks produktivitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh kejelasan mengenai hubungan antara penerapan TIK dengan produktivitas perusahaan-perusahaan di Indonesia. Variabel inovasi dan modal sosial dipilih sebagai variabel mediasi untuk menjelaskan dugaan paradoks produktivitas. Teknik analisis yang digunakan adalah model persamaan struktural (SEM) berbasis varian atau komponen yaitu PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menemukan bahwa berdasarkan uji F variabel penerapan TIK, inovasi dan modal sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas perusahaan dengan persentase keberpengaruhan (R Square) sebesar 49%. Berdasarkan uji-t, secara parsial inovasi dan modal sosial masing-masing berpengaruh signifikan terhadap produktivitas perusahaan, sedangkan penerapan TIK tidak berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan. Berdasarkan uji Sobel diperoleh hasil bahwa penerapan TIK berpengaruh signifikan terhadap produktivitas perusahaan secara tidak langsung melalui inovasi dan modal sosial.

Currently, information and communication technologies have become inseparable part of the business organization. Nevertheless, the impact of ICT on firm productivity in developing countries is still present productivity inequality known as the productivity paradox. This research was conducted in order to obtain clarity on the relationship between the ICT adoptions to productivity firms in Indonesia. Innovation and social capital variables selected as a mediating variable to explain the alleged paradox of productivity. The analysis technique used in this research was structural equation model (SEM) based on a variant or a component of the PLS (Partial Least Square). Results of this study found that the test based on the F variable application of ICTs, innovation and social capital simultaneously have significant effect on the productivity of thecompany by the percentage of the effect (R Square) by 49%. Based on t-test, each innovation and social capital partially have significant effect on the productivity of the company, while the ICT application had no effect on the productivity of the company. Based on Sobel test result, the ICT adoption impacts on productivity of the firms indirectly through innovation and social capital."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Ketut Biomantara
"ABSTRAK
Transportasi merupakan sarana guna melakukan pergerakan, perpindahan
berupa orang dan ataupun dengan barang dari suatu tempat menuju ke tempat lain
yang didukung bersama prasarananya. Kondisi transportasi yang baik dapat
meningkatkan aksesbilitas antar wilayah sekitarnya. Penggunaan transportasi yang
tidak tertata dan terkendali seiring pertumbuhan penduduk serta pola hidup telah
menyebabkan volume kendaraan bermotor tak sebanding dengan daya tampung
kapasitas jalan raya sehingga permasalahan kemacetan di jalan raya terjadi.
Kemacetan yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya telah menjadi
permasalahan akut dan perlu dicarikan penyelesaian yang tepat sehingga kerugian
yang diakibatkannya dapat ditekan. Berbagai cara telah diterapkan untuk mengatasi
kemacetan diantaranya penerapan three in one, pembatasan parkir, kawasan larangan
sepeda motor, rekayasa lalu lintas, sistem angkutan umum massal (trans jakarta,
Kereta Api Rangkaian Listrik (KRL)), jaringan jalan tol dan non tol, fly over dan
under pass, serta yang akan diterapkan Elektronik Road Pricing (ERP), Mass Rapid
Transit (MRT). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran angkutan umum
massal kereta api yaitu PT.KAI wilayah kerja Daop 1 dan Jabodetabek dalam
mengurai kemacetan yang terjadi tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi diskriptif kualitatif,
dimana akan menjelaskan peran KAI wilayah kerja Daop 01 dan Jabodetabek dengan
strategi kemampuan kinerjanya untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum
publik agar masyarakat pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kereta api
sehingga kemacetan dapat dikurangi serta aksesbilitas wilayah dapat diwujudkan dan
ditingkatkan. Pengumpulan data didapat dengan cara observasi, wawancara,
dokumentasi pada beberapa sumber (sekunder dan primer).
Kesimpulan didapat bahwa PT.KAI wilayah kerja Daop 1 dan Jabodetabek
untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dilakukan peningkatan sarana
dengan menambah gerbong untuk menambah kapasitas angkutnya. Prasarana dengan
perbaikan-perbaikan stasiun, jalur rel ganda atau double track (rencana doubledouble
track), perpanjangan peron pemberhentian kereta. Daya dukung lainnya yaitu
waktu keberangkatan sesuai jadwal, menempatkan petugas keamanan khusus kereta
(Polsuska) pada setiap perjalanan kereta, kemudahan mencari dan pembelian tiket
berupa pembelian tiket on line di berbagai lokasi, pemberlakuan one ticket one seat,
pemesanan dan pembelian tiket H-90 dari hari keberangkatan, pemberian tiket
subsidi melalui pola PSO (Public Service Obligasi) untuk kereta ekonomi.
Penggunaan kereta api terus meningkat dimana sekitar 3% perhari dari 21
juta orang penduduk yang beraktifitas di sekitaran Jakarta (asumsi berdasar BPS DKI
Jakarta). Khusus dalam wilayah DKI Jakarta saja sekitar 9,8% dari jumlah 3,6 juta
orang yang beraktifitas, sebanyak 390 ribu orang menggunakan KRL. Target 1,2 juta
orang perhari sampai tahun 2019. Pruduk hukum dan kebijakan yang mendukung
pelaksanaan kinerja transportasi kereta juga telah banyak dikeluarkan

ABSTRACT
Transport is the means to perform the movement , displacement or the form of
people and goods from one place to get to other places that are supported along with
infrastructure. Good transportation condition can improve accessibility between the
surrounding region . Use of transportation is not organized and countroled as
population growth and lifestyle has caused the volume of motor vehicles is not
proportional to the capacity of the highway so that the problem of congestion on the
highway occurred .
Jams that occur in Jakarta and surrounding areas has become an acute
problem and needed to find the right solution so that the resulting loss can be
suppressed . Various methods have been applied to overcome bottlenecks include the
application of three in one , parking restrictions , the region ban on motorcycles ,
traffic engineering , mass transportation systems ( trans jakarta , Railway Electric
Circuits ( KRL ) ) , a network of toll roads and non-toll , fly over and underpasses ,
as well as to be applied Electronic Road Pricing ( ERP ) , Mass Rapid Transit
(MRT). This study aims to analyze the role of mass transit train that PT.KAI working
area Daop 1 and Jabodetabek in breaking down the congestion that occurs .
The method used is the methodology of qualitative descriptive , which will
clarify the role KAI working area Daop 01 and Jabodetabek with strategy abilities
performance to meet the transportation needs of the general public so that the public
private vehicle users to switch to using the train so that congestion can be reduced as
well as the accessibility of the region can be realized and improved , The collection
of data obtained by observation , interviews , documentation on several sources (
primary and secondary ) .
The conclusion obtained that PT.KAI working area Daop 1 and Jabodetabek
to meet the transportation needs of society to improve the means by adding carriages
to increase payload capacity . Infrastructure improvements to the station , double
track (plan double-double track) , the extension of the platform the train stops . The
thing of the other supports is the departure time schedule, putting special security
officer train ( Polsuska ) on every train journey , easiness of finding and purchasing
tickets in the form of ticket purchase on line at various locations , the implementation
of one ticket one seat , reservations and ticket purchases H - 90 from the day of
departure , ticket granting subsidies through a pattern PSO (Public Service Bonds )
for economy-class train.
The use of rail continues to increase where about 3 % per day of the 21
million people who activity in surrounding Jakarta ( Jakarta BPS unfounded
assumption ) . Specialized in the Jakarta area is about 9.8 % of the 3.6 million
people who activity , as many as 390 thousand people use the KRL . Getting target of
1.2 million people per day until 2019. Producted laws and policies that support the
implementation of the performance of rail transport has also been widely released ."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Charis
"Salah satu masalah besar yang dihadapi oleh banyak organisasi baik publik maupun bisnis saat ini adalah kemampuan beradaptasi ditengah perubahan lingkungan yang semakin kompleks dan magnitude-nya tidak dapat diprediksi. Pandangan modern melihat adaptasi terhadap perubahan lingkungan dapat dilakukan melalui elaborasi struktur organisasi dengan ketidakpastian lingkungan. Dalam pandangan modern struktur menjadi bagian penting dalam analisis organisasi karena struktur merupakan bagian dari organisasi yang secara langsung bersentuhan dengan lingkungan. Disamping itu, struktur juga dapat menggambarkan aliran kerja dan informasi organisasi dalam mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan. Dalam penelitian Huselid (1995) menemukan bahwa struktur organisasi secara positif mempengaruhi kinerja organisasi, dengan kata lain, pencapaian kinerja organisasi sangat ditentukan oleh fleksibilitas struktur organisasi dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.
Atas dasar pemikiran diatas, penulis mencoba mempelajari masalah struktur organisasi dalam tesis yang berjudul: Analisis Struktur Organisasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Pemilihan PT. Kereta api Indonesia (PT.KAI) sebagai obyek penelitian semata-mata didasari atas peran strategis PT. KAI sebagai pemegang hak monopoli penyelenggaraan moda transportasi kereta api di Indonesia. Mengingat peran strategis PT. KAI dalam penyelenggaraan moda kereta api dan tanggungjawab pemberian pelayanan yang baik bagi masyarakat, menjadikan PT.KAI cukup tepat untuk dijadikan obyek penelitian. Disamping itu, saat ini PT. KAI juga sedang gencar-gencarnya melakukan restrukturisasi organisasi dalam rangka menciptakan struktur organisasi yang fleksibel, efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi.
Didasarkan atas pemikiran diatas, penulis mencoba mengangkat masalah struktur organisasi khususnya masalah hubungan antara variabel-variabel struktur organisasi dalam menciptakan efektivitas organisasi. Variabel-variabel struktur organisasi dalam penelitian ini hanya dibatasi pada variabel formalisasi, sentralisasi, kompleksitas dan koordinasi. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan kekuatan hubungan antara variabel-variabel struktur organisasi PT. KAI terhadap efektivitas organisasi.
Dengan menggunakan alat analisis Multiple Regression untuk melihat pengaruh dan kekuatan hubungan serta kearah mana hubungan antara variabel-variabel struktur dengan efektivitas organisasi, dalam penelitian ini kemudian ditemukan bahwa secara keseluruhan, keempat dimensi struktur perpengaruh secara positif terhadap efektivitas organisasi. Namun demikian, pengaruh keempat variabel tersebut terhadap efektivitas tidak mutlak, artinya tidak semua dimensi yang digunakan dalam pengukuran variabel struktur berpengaruh secara nyata terhadap efektivitas organisasi.
Dari hasil analisis multiple regression ditemukan pada variabel formalisasi hanya ada dua dimensi yang memiliki pengaruh positif terhadap efektivitas organisasi yaitu dimensi job description dan prosedur. Untuk variabel sentralisasi adalah dimensi pelimpahan wewenang, dan variabel kompleksitas adalah dimensi departementalisasi, sedang variabel koordinasi juga secara positif memiliki hubungan terhadap efektivitas organisasi.
Sedangkan dimensi-dimensi lain dari variabel struktur organisasi PT. KAI yang justru berpengaruh negatif (invers) terhadap efektivitas organisasi adalah peraturan dan dokumen tertulis untuk variabel formalisasi dan dimensi spesialisasi untuk variabel kompleksitas. Sedangkan untuk dimensi-dimensi yang lain memiliki pengaruh yang kurang kuat terhadap efektivitas organisasi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T10656
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Ismail
"ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana implementasi electronic document management system dalam penataan dokumen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta menggunakan Rail Document System. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa implementasi electronic document management system dalam penataan dokumen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta menggunakan Rail Document System berfungsi memotong waktu dalam proses birokrasi; hemat sumber daya; serta akses yang lebih efisien dan efektif. Komponen-komponen tersebut telah diimplementasikan dalam kegiatan pengolahan dokumen elektronik, walaupun dalam praktiknya masih ada hal yang perlu diperbaiki guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem.


ABSTRACT


The purpose of this research is to explain how the implementation of electronic document management system in structuring documents of PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta uses the Rail Document System. This research uses a qualitative approach with descriptive case study research method. The research data was obtained through observation, interviews and document studies. The results of this study indicate that the implementation of electronic document management system in structuring documents of PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta using the Rail Document System serves to cut time in the bureaucratic process; saving resources; and more efficient and effective access. These components have been implemented in electronic document processing activities, although in practice there are still things that need to be improved to improve the effectiveness and efficiency of the system.

"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
V. Hutomo Santoso
"ABSTRAK
P.T XYZ mengalami pertumbuhan yang pesat dan memilild prospek yang baik di masa datang, selama mampu menghadapi perubahan lingkungan internal maupun eksternal. Perubahan lingkungan bilamana tidak diatasi akan menghentikan atau menghambat pertumbuhan.
Proses perancangan struktur (restrukturisasi) dilakukan diawali dengan diagnosis guna mengetahui permasalahan yang sebenarnya dihadapi oleh perusahaan sekaligus untuk mengetahui strategi pengembangan yang telah dicanangkan. Atas dasar hal tersebut maka restrukturisasi dilakukan dengan tujuan untuk mendukung strategi perusahaan.
Penelitian yang dilakukan bersifat analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode diagnosis organisasi untuk membaca kondisi organisasi dan merancang struktur berdasarkan pemahaman tentang kondisi tersebut.
Adapun perusahaan yang menjadi obyek penelitian adalah perusahaan yang bergerak dibidang eceran dengan produk kosmetika intemasional yang dipasarkan dengan sistem waralaba. P.T XYZ metnegang hak pemasaran untuk wilayah Indonesia dan berambisi untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia.
Berdasarkan hasil diagnosis organisasi, diketahui bahwa P.T XYZ berkembang secara pesat, sumber daya manusia yang ada belum sempat dikembangkan sedangkan kemampuan koordinasi juga masih terbatas dan dilakukan oleh individu bukan oleh struktur. Kondisi ini menyebabkan munculnya masalah koordinasi sebagai akibat dari terganggunya keseimbangan organisasi perusahaan.
Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa selain visi bisnis maka pimpinan puncak organisasi harus mempunyai visi tentang organisasi dan kondisi lingkungan internal maupun eksternal yang senantiasa berubah menuntut adanya struktur organisasi yang adaptif. "
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruth Magdalena
"PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perawatan pesawat terbang atau yang disebut dengan Maintenance Repair Overhaul (MRO). Dashboards Business Intelligence (BI) hadir di tengah bisnis perusahaan dan diharapkan mampu memberikan data-data yang akurat secara cepat guna aktivitas pengambilan keputusan strategis oleh para pemimpin perusahaan. Ekspektasi awal dari kedua proyek tersebut mampu memberikan data-data dashboards yang cepat dan tentunya akurat. Realita menunjukan data yang digunakan untuk mendukung kegiatan analisa strategis dan pengambilan keputusan tidak cepat selama kurang lebih 3 tahun dashboards BI diimplementasikan. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya penggunaan dashboards BI yang menjadi fokus masalah penelitian. Tujuan penelitian yaitu mendapatkan faktor-faktor penyebab penggunaan dashboard rendah pada PT. XYZ dan apa saja perbaikan untuk meningkatkan penggunaan dashboard yang rendah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mixed method antara kuesioner user testing dan heuristic evaluation serta inspeksi yang dilakukan oleh responden. Hasil dari kedua metode adalah mendapatkan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan dashboards rendah. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah flexibility, efficiency, error detected, error control and help, user`s satisfaction, dan application`s behaviour yang akan memberikan rekomendasi bagi PT XYZ berdasarkan hasil inspeksi dari ahli-ahli BI. Saran penelitian didapatkan berdasarkan hasil inspeksi beberapa ahli BI yang mengacu pada seluruh faktor perbaikan dashboard BI PT XYZ. Adapun saran penelitian di antaranya adalah meningkatkan efisiensi, kecepatan akses, fleksibilitas,, user`s satisfaction melalui dashboard yang user friendly, dan perbaikan beberapa error serta penambahan fitur help sebagai informasi
penggunaan dashboard. Seluruh saran penelitian menjadi rekomendasi peneliti dan telah divalidasi oleh beberapa ahli BI.

ABSTRACT
PT. XYZ is a company that engaged in aircraft maintenance or what is called Maintenance Repair Overhaul (MRO). Dashboards Business Intelligence (BI) is present in the middle of the company`s business and is expected to be able to provide accurate data quickly for strategic decision making activities by company leaders. Initial expectations of the two projects were able to provide fast and certainly accurate dashboards data. Reality shows the data used to support strategic analysis and decision making activities is not fast for approximately 3 years BI dashboards are implemented. One reason is the low usability of
BI dashboards which is the focus of research problems. The research objective is to get the factors causing the low dashboard usability at PT. XYZ and any improvements to improve dashboard usability is low. The study was conducted using a mixed method between the user testing questionnaire and heuristic evaluation and inspection conducted by respondents. The results of the two methods are the factors that influence the usability of low dashboards. These factors include flexibility, efficiency, error detected, error control and help, user satisfaction, and application`s behavior that will provide recommendations for PT XYZ based on the results of inspections from BI experts. Research suggestions were obtained based on the results of inspections from several BI experts which referred to all factors of BI XYZ dashboard improvement. The research recommendations include increasing efficiency, speed of access, flexibility, user`s satisfaction through a user friendly dashboard, and fixing some errors and adding help features as a dashboard usage information. All research recommendations are recommended by researchers and have been validated by several BI experts."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhafizatun Nisa
"Sumber daya manusia (SDM) telah menjadi sumber daya yang penting dalam perkembangan perekonomian perusahaan. Sebagai elemen penting, SDM memiliki sistem sendiri yang menunjang pekerjaan yang digunakan di perusahaan, yaitu SISDM. Untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas SISDM, maka diperlukan evaluasi. Penelitian ini mengidentifikasi dimensi pengukuran kualitas SISDM dan pengaruhnya terhadap efisiensi dan efektivitas penggunaan SISDM di perusahaan. Model penelitian ini menggunakan framework HOT-Fit Model dengan menerapkan mixed methods, yaitu penelitian kualitatif dengan thematic analysis dan penelitian kuantitatif dengan analisis kuantitatif PLS-SEM. Pada penelitian kualitatif, model penelitian yang dikembangkan terdiri dari 9 variabel penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber dari PT XYZ dan studi literatur. Pada penelitian ini, sebanyak 13 hipotesis diajukan yang dianalisis menggunakan SmartPLS. Setelah kuesioner dibagikan, terkumpul data bersih sejumlah 41 data. Hasil dari analisis menunjukkan terdapat beberapa hipotesis yang diterima dan ditolak. System quality berpengaruh positif terhadap system use dan user satisfaction. Namun, information quality tidak berpengaruh positif terhadap system use dan user satisfaction. Lebih lanjut, service quality terbukti berhubungan positif dengan user satisfaction, sedangkan service quality terhadap system use tidak berhubungan positif. Hipotesis akhir, ditemukan bahwa system use tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap HRIS Management Net Benefits, sedangkan user satisfaction memiliki hubungan yang positif yang signifikan terhadap HRIS Management Net Benefits. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengevaluasi SISDM bagi perusahaan yang menggunakannya.

Human resources (HR) have become an important resource in the development of the company's economy. As an important element, HR has its own system that supports the work used in the company, namely HRIS. To determine the efficiency and effectiveness of HRIS, an evaluation is needed. This study identified the dimensions of HRIS quality measurement and their influence on the efficiency and effectiveness of using HRIS in companies. This research model uses the HOT-Fit Model framework by applying mixed methods, namely qualitative research with thematic analysis and quantitative research with PLS-SEM quantitative analysis. In qualitative research, the research model developed consists of 9 research variables obtained based on the results of interviews with informants from PT XYZ and literature studies. In this study, 13 hypotheses were proposed which were analyzed using SmartPLS. After the questionnaires were distributed, 41 data were collected. The results of the analysis show that there are several hypotheses that are accepted and rejected. System quality has a positive effect on system use and user satisfaction. However, information quality has no positive effect on system use and user satisfaction. Furthermore, service quality is proven to be positively related to user satisfaction, while service quality to system use is not positively related. The final hypothesis is that system use does not have a significant effect on HRIS Management Net Benefits, while user satisfaction has a significant positive relationship with HRIS Management Net Benefits. This research is expected to be a reference in evaluating HRIS for companies that use it."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>