Ditemukan 105395 dokumen yang sesuai dengan query
Shintya
"Artikel ini membahas konstruksi habitus tokoh Yanis yang berperan sebagai kritik terhadap pendidikan di Prancis dalam film La Vie Scolaire (2019) karya Grand Corps Malade dan Mehdi Idir. Film ini mengangkat isu sosial dan pendidikan yang dialami siswa tingkat menengah pertama di Saint-Denis, wilayah suburban Paris. Kehidupan yang tangguh di wilayah tersebut menghadirkan tantangan bagi guru dan siswa untuk berintegrasi dalam sistem pendidikan yang konservatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana konstruksi habitus tokoh Yanis terbentuk melalui konsep praktik sosial dan menjadi kritik terhadap sistem pendidikan di Prancis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep film dari Boggs & Petrie (2022), teori naratologi oleh A.J. Greimas (1982), dan teori praktik sosial dari Pierre Bourdieu (1979). Melalui analisis yang telah dilakukan, struktur naratif film menunjukkan bahwa terdapat perkembangan karakter tokoh Yanis menjadi lebih optimis untuk melanjutkan pendidikannya berkat bantuan Madame Samia selaku guru pembimbing. Selanjutnya, analisis praktik sosial Pierre Bourdieu memiliki signifikansi bahwa kapital budaya Yanis yang buruk dan kapital ekonomi yang terbatas sebagai penduduk suburban memengaruhi habitus Yanis yang pesimis terhadap pendidikan. Penelitian ini menemukan bahwa habitus tokoh Yanis yang pesimis dalam menempuh pendidikan merupakan kritik untuk menghadirkan sistem pendidikan yang lebih adaptif di wilayah suburban agar dapat mendukung para siswa dalam meningkatkan kapitalnya, terutama kapital budaya dan sosial.
This article aims to criticize the French education system by analyzing the construction of habitus imbued in the figure Yanis from the film La Vie Scolaire (2019) produced by Grand Corps Malade and Mehdi Idir. This film depicts how socio-economic issues faced among middle school students in Saint-Denis, a Parisian suburb, are impacting their education experience. The competitive nature of the area hinders the teachers and students from integrating in a classic education system. This research employs qualitative research methods emphasizing the use of concepts and theories such as film concept from Boggs & Petrie (2022), narratology theory of A.J. Greimas (1982), and the theory of social practice from Pierre Bourdieu (1979). Findings derived from the structural analysis suggest that the narrative of the film shows a character development of the figure Yanis who is becoming more optimist in continuing his education, with the help of Madame Samia as a student counselor. Meanwhile, the thematic analysis reveals that Bourdieu’s theory of social practice signifies that the lack of cultural capital and the limited economical capital of Yanis as a suburban teenager negatively impacts his habitus in which he became pessimistic towards his education. This research explains that the pessimistic habitus of Yanis in school, as an arena, constitutes a critique to a more adaptive and supportive education system in the suburban area allowing students conducive arena to accumulate capitals, especially their social and cultural capitals. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nadhila Nasya Iskandar
"Panti asuhan biasanya dikaitkan dengan anak-anak yang terlantar dan tidak dirawat oleh orangtuanya dengan baik. Artikel ini akan membahas bagaimana panti asuhan menjadi agen perubahan habitus anak dalam film animasi Ma vie de Courgette (2016). Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini menggunakan konsep film dari Joe Boggs dan Dennis Petrie (2018) dan struktur fungsional dari Algirdas Julien Greimas (2016). Setelah itu, konsep habitus dari Pierre Bourdieu (1977) akan dipakai untuk mendalami aspek perubahan anak-anak tersebut. Dari analisis naratif dan sinematografi, ditemukan bahwa alur, aspek visual, dan aspek sonor menunjukkan perubahan yang lebih positif dari hubungan anak-anak di panti asuhan. Dengan memfokuskan narasi seputar anak-anak, film ini memberikan kacamata baru tentang kehidupan anak-anak yang fokus pada hal-hal kecil. Lingkungan yang saling mendukung dan rasa senasib sepenanggungan anak-anak panti asuhan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan membangun hubungan yang erat di antara mereka. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa budaya sehat yang dibentuk di panti asuhan sangat berpengaruh terhadap perubahan habitus anak. Kegiatan terstruktur, pendampingan, dan pendidikan yang layak didapatkan seorang anak dapat membantu membentuk habitus baru yang menghasilkan perilaku yang lebih sehat dan positif. Penelitian ini memberikan pandangan yang berbeda dari stereotip umum terkait panti asuhan dengan menyajikan perspektif yang berbeda terhadap panti asuhan sebagai institusi bagi anak-anak tanpa keluarga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa panti asuhan yang berfungsi dengan baik dapat memainkan peran penting dalam membentuk hubungan anak-anak tersebut dan mempengaruhi perubahan positif dalam habitus mereka. Penelitian ini dapat berguna sebagai evaluasi peran panti asuhan yang efektif dalam membina perkembangan sosial dan psikologis anak-anak yatim piatu, serta mendorong potensi transformatif dari intitusi ini.
Orphanages are usually associated with children who are neglected and not properly cared for by their parents. This article will discuss how the orphanage becomes an agent for changing children's habitus in the animated film Ma vie de Courgette (2016). To answer this question, this article uses the film concept from Joe Boggs and Dennis Petrie (2018) and the functional structure from Algirdas Julien Greimas (2016). After that, the concept of habitus from Pierre Bourdieu (1977) will be used to explore aspects of these children's changes. From the narrative and cinematography analysis, it was found that the plot, visual aspects and sonor aspects showed more positive changes in the relationships between children in the orphanage. By focusing on children, this film’s narrative provides a new perspective on children's lives that focuses on the small things. A mutually supportive environment and a sense of shared fate among the orphans fosters a sense of kinship and builds a close relationship between them. This research also shows that the healthy culture formed in the orphanage has a big influence on changes in children's habitus. Structured activities, assistance and education that a child deserves can help form a new habitus that produces healthier and positive behavior. This research provides a different view from the general stereotypes regarding orphanages by presenting a different perspective on orphanages as shelters for neglected children. The results of this study suggest that a well-functioning orphanage can play an important role in shaping these children's relationships and influencing positive changes in their habitus. This research can be useful as an evaluation of the effective role of orphanages in fostering the social and psychological development of orphaned children, as well as encouraging the transformative potential of this institution."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ganda Jeremy Christopher
"
ABSTRAKArtikel ini membahas konstruksi habitus dan pergeseran posisi sosial tokoh Driss dalam film Intouchables oleh Olivier Nakache. Intouchables adalah film yang didasarkan pada kisah nyata seorang pria kaya yang cacat fisik dengan perawat pribadinya bernama Driss. Kedatangan Driss di rumah majikannya mengubah ruang sosialnya dan sedikit demi sedikit membentuk habitus baru di dalam dirinya. Menggunakan metode kajian sinema, analisis dimulai dengan memaparkan strategi naratif film yang mencakup elemen alur , penokohan , dan latar ruang-waktu. Alur film ini digerakkan oleh perkembangan hubungan Driss dan Philippe yang melibatkan dua latar belakang budaya yang berbeda. Dengan menggunakan konsep habitus dan kapital Pierre Bourdieu, hasil pembacaan lebih dalam menunjukkan konstruksi habitus baru Driss dalam relasinya dengan tokoh-tokoh lain di lingkungan sosial yang baru. Terlihat bahwa pembentukan habitus baru tidak dapat dipisahkan dari akumulasi kapital baru yang diperoleh Driss, dan kemampuannya untuk mengelola kapital ini, terutama kapital budaya. Peningkatan akumulasi kapital ini membuat posisi sosial Driss bergeser lebih tinggi.
ABSTRACTThis article discusses the construction of habitus and the shift in the social position of the figure Driss in the film Intouchables by Olivier Nakache. Intouchables is a film based on the true story of a rich man with a physical disability and his personal nurse named Driss. Driss' arrival at his employers house changed his social space and gradually formed a new habitus within him. Using the cinema study method, the analysis begins by presenting a film narrative strategy that includes flow elements, characterizations, and space-time settings. The flow of the film is driven by the development of the relationship between Driss and Phillipe which involves two different cultural backgrounds. By using Pierre Bourdieus concept of habitus and capital, the results of reading more deeply show the construction of Driss new habitus in relation to other figures in the new social environment. It is seen that the formation of a new habitus cannot be separated from the new capital accumulation obtained by Driss, and its ability to manage this capital, especially cultural capital. This increase in capital accumulation made Driss' social position shift higher. "
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Vallery-Radot, R
Paris Flammarion 1948
926 P 10
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Maeterlinck, M
Paris Fasquelles 1953
848.9 M 40
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Maeterlinck, M
Paris Bibliotheque Charpentier 1947
848.9 M 30
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Romains, Jules
Paris Ernest Flammarion c1939
843.9 R 350
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Giraud, V.
Paris Alcan 1933
922 L 10
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Carles, Jules
Paris Presses Universitaires de Franch 1959
574 C 20
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Vivian Amelia Widitya
"Artikel ini membahas mengenai perubahan posisi sosial ekonomi baru yang mempengaruhi terbentuknya habitus baru pada tokoh-tokoh dalam film Pourris Gâtés melalui aspek naratif, sinematografis film, dan teori Praktik Sosial milik Pierre Bourdieu. Film ini dirilis pada tahun 2021 dan disutradarai oleh Nicolas Cuche. Pourris Gâtés adalah film komedi Prancis yang menceritakan tentang kisah perjuangan seorang ayah borjuis dalam mendidik dan mengubah karakter ketiga anaknya, yaitu Philippe, Stella, dan Alexandre yang manja, sulit diatur, dan boros. Analisis pada artikel ini menggunakan teori Praktik Sosial milik Pierre Bourdieu yang terdiri dari habitus, kapital, dan arena untuk melihat dan menemukan perubahan watak dan habitus yang terjadi pada ketiga tokoh. Hasil analisis melalui aspek naratif dan sinematografis film dengan menggunakan teori kajian film Boggs & Petrie menunjukkan bahwa perubahan karakter anak-anak Francis diperkuat dengan adanya kontras-kontras kehidupan yang ada di Monako dan Marseille. Hal tersebut juga diperkuat dengan hasil analisis menggunakan teori milik Pierre Bourdieu yang menunjukkan bahwa perubahan posisi sosial ekonomi baru ketiga anak Francis dalam tiga arena yang berbeda mampu membentuk habitus baru anakanaknya menjadi lebih mandiri, sederhana, dan pekerja keras, sehingga membentuk mereka ke dalam tiga kelas sosial yang berbeda-beda.
This article discusses the changes in the new socio-economic position that affect the formation of a new habitus on the characters in the film Pourris Gâtés through narrative, cinematographic aspects of the film, and Pierre Bourdieu's Social Practice theory. The movie was released in 2021 and directed by Nicolas Cuche. Pourris Gâtés is a French comedy film that tells the story of a bourgeois father's struggle to educate and change the character of his three children, namely Philippe, Stella, and Alexandre who are spoiled, unruly, and wasteful. The analysis in this article uses Pierre Bourdieu's Social Practice theory consisting of habitus, capital, and arena to see and find changes in character and habitus that occur in the three characters. The results of the analysis through the narrative and cinematographic aspects of the film using Boggs & Petrie's film study theory show that the changes in the characters of Francis' children are strengthened by the contrasts of life in Monaco and Marseille. This is also reinforced by the results of the analysis using Pierre Bourdieu's theory which shows that the change in the new socio-economic position of the three Francis children in three different arenas is able to shape the new habitus of his children to become more independent, simple, and hardworking, thus forming them into three different social classes."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library