Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191057 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Taza Luzia Viarindita
"

Mahasiswa diharapkan mampu menjadi sumber daya manusia berkualitas dalam bidang pendidikan. Demi terwujudnya harapan tersebut, mahasiswa dituntut untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan akademis maupun non-akademis. Dalam hal ini banyak mahasiswa merasa stres. Stres akademik yang dialami juga bervariasi, mulai dari stres akademik rendah, sedang, maupun tinggi. Dalam upaya menurunkan stres akademik pada mahasiswa, perlu diketahui variabel-variabel yang signifikan menjelaskan stres akademik pada mahasiswa. Terdapat variabel-variabel demografi,  internal maupun eksternal seperti gender, self-efficacy, hardiness, prokrastinasi akademik, kecemasan terhadap Covid-19, dukungan sosial teman sebaya, dan dukungan sosial orangtua yang diduga dapat menjelaskan stres akademik pada mahasiswa. Selain itu akan dilihat pola hubungan antara stres akademik dan variabel-variabel yang signifikan. Penelitian ini dilakukan pada masa Covid-19 sehingga terdapat variabel seperti kecemasan terhadap Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode regresi linear berganda dan analisis korespondensi berganda.  Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 FMIPA Universitas Indonesia dengan jumlah 610 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel-variabel yang signifikan menjelaskan stres akademik adalah gender, self-efficacy, prokrastinasi akademik, kecemasan terhadap Covid-19, dan dukungan sosial orangtua. Penelitian ini juga menujukkan bahwa mahasiswa dengan stres akademik tinggi diketahui memiliki kebiasaan menunda waktu pengerjaan tugas akademik yang tinggi, tingkat kecemasan terhadap Covid-19 yang tinggi , dan tingkat kepercayaan diri (self-efficacy) yang rendah. Selain itu mahasiswa yang memiliki stres akademik rendah memiliki kebiasaan menunda waktu pengerjaan tugas akademik yang rendah, tingkat kecemasan terhadap Covid-19 yang rendah, tingkat kepercayaan diri (self-efficacy) yang tinggi, dukungan sosial orangtua yang tinggi, dan cenderung dialami oleh gender laki-laki.


Students are expected to be able to become quality human resources in the field of education. In order to realize these hopes, students are required to participate in various academic and non-academic activities. In this case, many students feel stressed. The academic stress experienced also varies, ranging from low, medium, or high academic stress. In an effort to reduce academic stress in students, it is necessary to know the variables that significantly explain academic stress in students. There are demographic variables, internal and external such as gender, self-efficacy, hardiness, academic procrastination, anxiety about Covid-19, peer social support, and parental social support which are thought to explain academic stress in students. Apart from that, we will see the pattern of relationship between academic stress and significant variables. This research was conducted during the Covid-19 era so there were variables such as anxiety about Covid-19. The method used in this research is the multiple linear regression method and multiple correspondence analysis. The sample in this research was undergraduate students from the FMIPA University of Indonesia with a total of 610 students. Samples were taken using quota sampling technique. The research results show that the variables that significantly explain academic stress are gender, self-efficacy, academic procrastination, anxiety about Covid-19, and parental social support. This research also shows that students with high academic stress are known to have a habit of delaying work on academic assignments, high levels of anxiety about Covid-19, and low levels of self-confidence. In addition, students who have low levels of academic stress have a habit of delaying the time for doing academic assignments, low levels of anxiety about Covid-19, high levels of self-efficacy, high parental social support, and tend to be experienced by gender man.

"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aprilia Rahmawati
"Mahasiswa diharapkan untuk dapat menempuh jenjang pendidikan sarjananya dengan baik dan tentunya selesai tepat waktu. Sebagai mahasiswa, mempunyai aktivitas yang cukup banyak di luar rutinitas kuliah sudah menjadi hal yang lazim, misalnya seperti berorganisasi, berkegiatan di luar kampus, belum lagi ada mahasiswa yang sambil bekerja. Dengan banyaknya rutinitas, mahasiswa seringkali menunda belajar atau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosennya. Inilah yang disebut dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik pada mahasiswa dapat berdampak pada penurunan prestasi akademiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode Regresi Linier Berganda, sedangkan untuk mengetahui profil mahasiswa yang mempunyai tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi menggunakan metode Classification and Regression Tree (CRT), dan juga ingin mengetahui perbedaan antara Regresi Linier Berganda dan Classification and Regression Tree (CRT) berdasarkan urutan variabel-variabel yang signifikan menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa FMIPA Universitas Indonesia. Variabel yang diduga menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik adalah jenis kelamin, tempat tinggal, kondisi fisik, kondisi psikologis, kondisi lingkungan, motivasi belajar, persepsi mahasiswa, dukungan sosial orang tua, dan dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu 660 mahasiswa FMIPA Universitas Indonesia yang diambil dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang secara signifikan menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa FMIPA Universitas Indonesia adalah jenis kelamin, kondisi fisik, kondisi psikologis, motivasi belajar, persepsi mahasiswa, dukungan sosial orang tua, dan dukungan sosial teman sebaya. Profil mahasiswa yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi yaitu mahasiswa dengan kondisi fisik dan kondisi psikologis yang buruk, serta dukungan sosial orang tua yang rendah. Selain itu, ada perbedaan dalam urutan variabel-variabel yang signifikan antara metode Regresi Linier Berganda dan CRT, namun keduanya memiliki satu kesamaan yaitu variabel tertinggi adalah kondisi fisik.

Students are expected to be able to undertake their undergraduate studies satisfactorily and graduate as scheduled. As a students, it is normal having with numerous activities outside academic routine, such as organizations, off-campus activities, not to mention students who are employed. Consequently, students often delay studying and completing the tasks given by their lecturers. This is called academic procrastination. Academic procrastination may lead to a declining academic achievement. This study aimed to determine variables that affect academic procrastination levels and to find out the profile of students with high levels of academic procrastination. The methods used are Multiple Linear Regression and Classification and Regression Tree (CRT), respectively. Furthermore, this study aims to the difference between Multiple Linear Regression and CRT based on the sequence of significant variables explains the level of academic procrastination of FMIPA students of University of Indonesia. The variables considered to affect the level of academic procrastination include gender, residence, physical conditions, psychological conditions, environmental conditions, learning motivation, student perception, parental support, and peer support. This study used primary data, namely 660 FMIPA students of University of Indonesia obtained through purposive sampling. The results showed that the variables that significantly affect the level of academic procrastination of FMIPA students of University of Indonesia include gender, physical conditions, psychological conditions, learning motivation, student perception, parental support, and peer support. Students who demonstrate a high level of academic procrastination are characterized by poor physical and psychological conditions, as well as low parental support. In addition, there is a significant difference in the sequence of variables between the Multiple Linear Regression method and CRT, but both have one thing in common, that is, the highest variable is physical condition."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
In Young Hwang
"This study explores whether teenagers? traditional media use time
has been affected by smartphone use time. Drawing on the Korean Media Panel
Survey from 2011 to 2014, we specify two models?a two-stage least squares
(2SLS) and a two-stage least squares with individual fixed effects (2SLS-FE)?
and compare the estimates. The estimates from the 2SLS model show that
teenagers? smartphone use time has a substitution effect on book reading time,
computer use time, and TV watching time, while the estimates from the 2SLSFE
model show that teenagers? smartphone use time has a substitution effect on
teenagers? book reading time and computer use time but no significant effect on
their TV watching time."
Graduate School of Public Administration Seoul National Universiarty, 2016
370 KJPS 31:3 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Paulo Eduardo, Oliveira
"The book concerns the notion of association in probability and statistics. Association and some other positive dependence notions were introduced in 1966 and 1967 but received little attention from the probabilistic and statistics community. The interest in these dependence notions increased in the last 15 to 20 years, and many asymptotic results were proved and improved.
The goal of this book is to bring together the bulk of these results, presenting the theory in a unified way, explaining relations and implications of the results. It will present basic definitions and characterizations, followed by a collection of relevant inequalities. These are then applied to characterize almost sure and weak convergence of sequences of associated variables. It will also cover applications of positive dependence to the characterization of asymptotic results in nonparametric statistics. "
Berlin: [Springer-Verlag, ], 2012
e20419281
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Annisa
"Dalam upaya meminimalisir penyebaran virus COVID-19, pemerintah di berbagai negara memberlakukan berbagai kebijakan untuk membatasi mobilitas masyarakat yang berdampak pada berbagai aspek, salah satunya aspek psikologis. Banyak orang yang merasa kesepian, gelisah, dan tertekan karena situasi sulit dan tidak pasti akibat pandemi COVID-19 sehingga mengakibatkan terganggunya kesejahteraan mental dan meningkatnya tingkat stres masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menjelaskan tingkat stres masyarakat selama pandemi COVID- 19. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data survei terkait dampak psikologis dan sosial yang ditimbulkan akibat kondisi pandemi COVID-19 pada masyarakat dari berbagai negara di dunia yang diperoleh dari survei global COVIDiSTRESS. Survei ini diselenggarakan mulai dari 30 Maret hingga 30 Mei 2020 dengan total responden sebanyak 173.426 responden dari 179 negara yang berbeda. Data yang digunakan memiliki permasalahan missing value yang ditangani secara khusus dengan menggunakan metode imputasi Predictive Mean Matching (PMM). Setelah seluruh missing value pada data berhasil ditangani, dilakukan analisis faktor- faktor yang menjelaskan tingkat stres selama pandemi COVID-19 menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Dari penelitian ini, diperoleh bahwa metode imputasi PMM memiliki performa yang baik dalam menangani permasalahan missing value pada data survei global COVIDiSTRESS yang selanjutnya dianalisis dengan model PLS. Selain itu, berdasarkan hasil nilai signifikansi path coefficient dari model diperoleh bahwa seluruh variabel prediktor yang terlibat dalam penelitian ini merupakan faktor yang signifikan dalam menjelaskan tingkat stres masyarakat dari berbagai negara di dunia selama menghadapi pandemi COVID-19. Melalui nilai path coefficient dari model, arah hubungan yang terbentuk antara tingkat stres masyarakat selama pandemi COVID-19 dengan faktor-faktor yang dapat menjelaskannya juga teridentifikasi pada penelitian ini.

In an effort to minimize the spread of COVID-19 virus, governments in various countries have implemented various policies to restrict public mobility which has had an impact on various aspects, including psychological well-being. Many people feel lonely, anxious, and depressed because of the difficult and uncertain situation due to the COVID-19 pandemic, which has disrupted mental well-being and increased stress levels in society. This study aims to identify factors that can explain the level of stress in society during the COVID-19 pandemic. The data used in this study is survey data related to the psychological and social impacts caused by the COVID-19 pandemic conditions on people from various countries in the world obtained from the COVIDiSTRESS global survey. This survey was conducted from 30 March to 30 May 2020 with a total of 173.426 respondents from 179 different countries. The data used has a missing value problem which is handled specifically by using the Predictive Mean Matching (PMM) imputation method. After all the missing values in the data have been successfully handled, analysis of factors that explain the stress level during the COVID- 19 pandemic is carried out using the Partial Least Square (PLS) method. From this study, it was found that the PMM imputation method had good performance in dealing with missing value problem in the COVIDiSTRESS global survey data which was then analyzed using the PLS model. Furthermore, based on the significance values of the path coefficients obtained from the model, it was found that all predictor variables involved in this study were significant factors in explaining the level of stress in society from various countries worldwide during the COVID-19 pandemic. Through the path coefficients of the model, the direction of the relationships formed between the level of stress in society and the factors that can explain it were also identified in this research."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat
"

Mahasiswa sebagai cikal bakal penerus bangsa perlu mempersiapkan diri untuk bekerja di era revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 membuat setiap manusia harus memiliki beberapa kemampuan agar siap untuk menghadapi revolusi industri 4.0, seperti pemecahan masalah kompleks, berpikir kritis, kreativitas, kerja sama/berkoordinasi dengan orang lain, memiliki kecerdasan emosional, dan memiliki kemampuan menilai dan mengambil keputusan. Setelah lulus kuliah, mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk bekerja di era revolusi industri 4.0. Agar siap menghadapi era revolusi industri 4.0, perlu diketahui faktor-faktor yang menjelaskan kesiapan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjelaskan kesiapan mahasiswa FMIPA UI dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Faktor-faktor yang diduga menjelaskan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 adalah jenis kelamin, tujuan penggunaan internet, pengalaman kerja, pengalaman organisasi/kepanitiaan, uang saku, kecocokan  jurusan kuliah, departemen, kepribadian ekstrovert, dan kepribadian introvert. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda. Data yang digunakan merupakan data primer dengan sampel sebanyak 523 mahasiswa FMIPA UI yang diambil dengan metode quota sampling. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor yang menjelaskan kesiapan mahasiswa FMIPA UI dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 adalah jenis kelamin, tujuan penggunaan internet, pengalaman kerja, kecocokan jurusan kuliah, dan kepribadian ekstrovert.


Students as the prospective nation’s successors need to prepare themselves to work in the 4.0 industrial revolution era. 4.0 Industrial revolution causes peoples being must have some ability to be ready to face it, such as complex problem solving, critical thinking, creativity, team work/coordinate with others, have emotional intelligence, and could judge and take decisions. It is necessary to know the factors that explain readiness in facing 4.0 industrial revolution. The purpose of this research is to determine the factors that explain the readiness of FMIPA UI students in facing 4.0 industrial revolution. Presumption factors explained the readiness in facing 4.0 industrial revolution are gender, the purpose in using the internet, work experiences, organizations/committees experiences, pocket money, sense of match with majors, department, extrovert personality, and introvert personality. The method used in this research is multiple linear regression. The data of this research is primary data with a sample of 523 FMIPA UI students, collected by using quota sampling method. The results showed that the factors that explain the readiness of FMIPA UI students in facing the 4.0 industrial revolution era are gender, the purpose in using the internet, work experience, sense of match with majors, and extrovert personality.

"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alefa Passadhya Raihani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas hubungan romantis dan kemampuan stress-coping pada masa pandemi COVID-19. Partisipan (N=245) terdiri dari individu berusia 18-29 tahun yang berpacaran atau sudah menikah. Berdasarkan teknik korelasi Pearson, ditemukan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan di antara kedua variabel, namun hubungan tersebut dinyatakan lemah. Penelitian ini menemukan bahwa kualitas hubungan romantic hanya sedikit berpengaruh terhadap kemampuan stress-coping.

The aim of this study is to find the relationship between romantic relationship quality and stress-coping ability during the COVID-19 pandemic. Participants (N=245) consist of individuals aged 18-29 who are dating or married. Using the Pearson correlation method, it is found that there is a positive and significant correlation between the two variables, but the relationship is weak. This study found that the quality of a romantic relationship has only a small effect on the ability to cope with stress.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fischer, Wolfgang
"The book presents the fundamental results and methods of complex analysis and applies them to a study of elementary and non-elementary functions (elliptic functions, Gamma- and Zeta function including a proof of the prime number theorem ...) and - a new feature in this context! - to exhibiting basic facts in the theory of several complex variables."
Wiesbaden: Vieweg+Teubner Verlag, 2012
e20418884
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Melissa Melyana
"Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit yang telah menyebar secara meluas di berbagai negara, termasuk Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2020, salah satu bentuk penanganan kasus COVID-19 di Indonesia adalah pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok pada masyarakat Indonesia. Kesediaan seseorang dalam melakukan vaksinasi COVID-19 menjadi hal yang penting dalam menyukseskan program vaksinasi COVID-19 dan membentuk kekebalan kelompok dalam masyarakat sehingga dapat menekan tersebarnya kasus COVID-19. Oleh karena itu, perlu dilakukan penggalakan vaksinasi COVID-19 dengan menganalisis faktor-faktor yang dapat menjelaskan kesediaan melakukan vaksinasi COVID-19 dan hal inilah yang menjadi tujuan dari penelitian ini. Metode statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah pohon klasifikasi dengan menggunakan cost matrix sebagai strategi menyeimbangkan data. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan sampel berukuran 278 mahasiswa FMIPA UI dan teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dapat menjelaskan kesediaan melakukan vaksinasi COVID-19 adalah keraguan terhadap dampak vaksinasi COVID-19, persepsi terhadap kebergunaan vaksinasi COVID-19, pengetahuan terhadap vaksin COVID-19, adanya riwayat komorbid, pengetahuan terhadap COVID-19, dan provinsi tempat tinggal.

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) is a disease that has spread widely in various countries, including Indonesia. Based on Government Regulation Number 99 of 2020, one of the ways to handling COVID-19 cases in Indonesia is the COVID-19 vaccination program that aims to form herd immunity in society. Willingness to get vaccinated against COVID-19 is an important thing to succeed the COVID-19 vaccination program and forming herd immunity in society so that it can suppress the spread of COVID-19 cases. Therefore, it is necessary to urge the importance of COVID-19 vaccination by analysing the factors that explain the willingness to get vaccinated against COVID-19 and it becomes the purpose of this research. The statistical method used in this research is Classification Tree by using the Cost Matrix as a strategy to balance the imbalanced data. The data used in this research is primary data obtained through a questionnaire with a sample of 278 FMIPA UI students collected by using purposive sampling as the sampling method. The results obtained from this research indicate that the factors that can explain the willingness to do the COVID-19 vaccination are doubtfulness about the impact of COVID-19 vaccination, perceptions of the usefulness of COVID-19 vaccination, knowledge of the COVID-19 vaccine, history of comorbid disease, knowledge of COVID-19, and province of residence."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harley, John H.
New York: John Wiley & Sons, 1954
543 HAR i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>