Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87201 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vita Nasrida
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program psikoedukasi Ceria Bersama Anak Tunarungu dengan Membaca (Cermat Baca) untuk meningkatkan keyakinan membaca orang tua dengan anak tunarungu usia dini (4-8 tahun). Desain penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Partisipan dari penelitian ini adalah orang tua mendengar (n=15) dengan anak tunarungu usia 4-8 tahun yang bersekolah di TKLB P di Jakarta. Program psikoedukasi Cermat Baca berlangsung 1 hari selama 4 jam. Keyakinan membaca orang tua diukur dengan menggunakan alat ukur Parent Reading Beliefs Inventory (PRBI) oleh DeBaryshe dan Binder (1994) yang telah diadaptasi oleh Utomo et al. (2021). Hasil olah data pretest dan posttest 1 dengan metode Wilcoxon signed-rank test menunjukkan signifikansi nilai p sebesar 0,012 (p<0,05). Setelah jeda 2 minggu, hasil posttest 2 menunjukkan sedikit penurunan rata-rata skor partisipan dibandingkan posttest 1 namun hasil uji signifikansi tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Dari hasil studi ini menekankan perlunya program intervensi yang berkesinambungan, materi program yang sesuai dengan latar belakang pendidikan orang tua yang beragam, serta pemberian umpan balik kepada partisipan selama sesi program untuk meningkatkan keyakinan membaca orang tua dengan lebih baik dan dampak yang lebih lama. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi ilmiah dalam pengembangan program intervensi serupa untuk orang tua dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa anak tunarungu usia dini.

This study aims to measure the effectiveness of the Ceria Bersama Anak Tunarungu Dengan Membaca (Cermat Baca) psychoeducation to increase the parental reading beliefs of early childhood deaf children (4-8 years). The design of this research is a one group pretest posttest design. Participants in this study are hearing parents (n=15) with deaf children aged 4-8 years who attended TKLB P in Jakarta. The Cermat Baca workshop was held in 1 day for a duration of 4 hours. Parental reading beliefs were measured using the Parent Reading Beliefs Inventory (PRBI) measuring tool by DeBaryshe and Binder (1994) which was adapted by Utomo et al. (2021). The results of pretest and posttest 1 data processing using the Wilcoxon sign-rank test method showed a significance value of p of 0.012 (p<0.05). After a 2-week break, the results of posttest 2 showed a slight decrease in the average participant score compared to protest 1 but the results of the significance test did not show significant results. Based on these results, Cermat Baca psychoeducation is effective in increasing parental reading beliefs of parents with early childhood deaf chidlren, although the cause of increasing score after a 2-week gap needs to be looked at more carefully. The results of this study emphasize the need for a sustainable intervention program, program materials that are suitable for parents from diverse educational backgroud, as well as feedback provision to participants during program sessions to increase parents' reading beliefs better and have a longer lasting impact. The results of this research can be used as a scientific reference in developing similar intervention programs for parents in regards to early childhood deaf children’s language skills development."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Dyslexia merupakan kesulitan belajar khusus daiam membaca. Kegiatan
membaca merupakan kegiatan yang penting untuk dikuasai, agar dapat
berprestasi di sekolah. Namun kegiatan ini juga merupakan suatu proses yang
kompleks, meialui tahap-tahap tertentu. Gangguan pada tabap terlentu akan
dapat membuat seorang anak mengalami kesulitan dalam membaca. Gangguan
ini dapat terjadi pada kemampuan persepsi visual, auditori-linguistik, maupun
kombinasi dari keduanya. Gangguan persepsi visual merupakan gangguan
tabap awal yang dapat segera dideteksi. Salah satu alatukur untuk mengukur
kemampuan ini adalah Tes Bender Gestalt. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan perkembangan persepsi visual seorang anak, yang tclab
didiagnosa Dyslexia, yang terukur oleh Tes Bender Gestalt Berdasarkan babwa
setelahbersekolah di sekolab khusus, anak akan mendapat berbagai remedial
dan terapi untuk mengatasi kesulitannya, antara lain kesulitan persepsi visual,
maka diasumsikan setelah bersekolah di SD Khusus akan terjadi peningkatan
kemampuan persepsi visual. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya Skor tota)
Tes Bender. Ternyata dari 3 subyek yang diteliti, hanya I subyek yang
memperlihatkan peningkatan kemampuan persepsi visual, sedangkan 2 lainnya
masih memperlihatkan kesulitan yang sama dengan hasil tes mereka l-1 %
rabun yang lampau."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T37960
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bryant, Peter, 1937-
Cowley road, Oxford: Blackwell, 1985
372.43 BRY c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fathia Afrazayne Safitri
"Penerimaan orang tua dapat memengaruhi perkembangan anak tunarungu. Berdasarkan hal ini, penelitian dilakukan untuk menguji efektivitas program intervensi “Menjadi Orang Tua Istimewa” dalam meningkatkan pemahaman tentang penerimaan orang tua terhadap anak tunarungu usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan desain within subject yang diikuti oleh empat partisipan yang merupakan Ibu dari anak tunarungu usia dini. Terdapat tiga materi utama yang disampaikan, yakni kondisi anak tunarungu usia dini, peran orang tua dalam kehidupan anak tunarungu usia dini, dan penerimaan orang tua terhadap anak tunarungu usia dini. Respon partisipan didapatkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan teknik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis statistik menunjukkan program intervensi tidak signifikan dalam meningkatkan penerimaan orang tua terhadap anak tunarungu usia dini. Hal ini ditunjukkan melalui hasil perbedaan skor post-test dan pre-test (Z = -0,921, p > 0,05) dan perbedaan skor follow-up test dan post-test (Z = 0,000, p > 0,05). Namun hasil pendalaman respon partisipan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan penerapan materi intervensi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi ilmiah dalam pengembangan program intervensi terkait penerimaan orang tua terhadap anak tunarungu. 

Parental acceptance can affect development of early childhood children with Deaf. Based on this phenomenon, this study aimed to examine the effectiveness of the intervention program “Menjadi Orang Tua Istimewa” to increase understanding of parental acceptance towards early childhood children with Deaf. This study was conducted using within subject design with four participants who are mothers of early childhood children with Deaf. There were three main topics, which are condition of early childhood children with Deaf, parents’ role in early childhood children with Deaf, and parental acceptance towards early childhood children with Deaf. Participants’ response collected through questionnaire, and tested using Wilcoxon Signed Rank Test. The result of statistical analysis showed that the intervention program was not significant in increasing parental acceptance towards early childhood children with Deaf. This is shown through the result of difference in post-test and pre-test scores (Z = -0.921, >0,05) and difference in follow-up test and post-test (Z = 0.000, >0.05). However, the result of participants’ responses showed that there was an increase in understanding and implementation of intervention topics in everyday life. The result of this study can be used as scientific reference in development of intervention programs related to parental acceptance of Deaf children. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Jessika
"Program intervensi yang dilakukan terhadap K didasarkan pada metode Read Aloud dari Trelease (2008) dan pemberian reward jika K berhasil membaca buku secara mandiri. Program intervensi ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca pada K, sehingga ia mampu membaca buku secara mandiri karena keinginannya sendiri Program intervensi diadakan dalam waktu 8 (delapan) hari efektif yang terdiri atas tiga bagian, yaitu Ceramah Interaktif Read Aloud sebagai tahap intervensi pertama dan sebagai kegiatan pengembangan kemampuan bagi Ibu Z, Pelaksanaan Read Aloud di rumah sebagai tahap intervensi kedua dan Program Reward Baca Mandiri sebagai tahap intervensi ketiga. Setelah ketiga tahap selesai maka akan diambil hasil evaluasi dari program intervensi.
Hasil intervensi secara umum menunjukkan bahwa program intervensi Read Aloud dan Reward Baca Mandiri cukup efektif dalam meningkatkan minat membaca pada K, yang ditunjukkan dengan munculnya perilaku yang berhubungan dengan minat membaca termasuk salah satunya membaca mandiri. K berhasil membaca delapan cerita selama intervensi berlangsung. Meskipun begitu, kegiatan Read Aloud di rumah dan Baca Mandiri tidak berjalan sesuai jumlah hari yang direncanakan yaitu 7 hari. Kegiatan Read Aloud hanya berlangsung selama 3 hari dan Baca Mandiri berlangsung selama 4 hari. Menurunnya kesehatan Ibu Z sebagai pembaca buku cerita dan terlalu banyak waktu K untuk menonton televisi menjadi penyebab kurang maksimalnya hasil yang dicapai.
Intervention program that has been conducted upon subject K is based on Read Aloud method from Trelease (2008), reward are also given to K if she is able to read a book independently. The intervention program purpose is to improve reading interest on K, so she is able to read a book independently due to personal interest. The intervention program scheduled for 8 (eight) effective day which consists of three parts, interactive lessorhof Read Aloud for K's mother (or known as Z) as first step of intervention and as a improvement activity for Z, read aloud implementation as second step of intervention, and independent reading reward program as third step. After all steps has been conducted the evaluation of intervention program are taken.
The intervention result generally shows that read aloud and independent reading reward can be quite effective to increase reading interest in K, that is showed by the onset of behavior related to reading interest, where as K has read 8 stories during the intervention. Even so, the time plan for read aloud and independent reading activity in K's house does not occur as scheduled. The program scheduled for 7 days, but in reality read aloud activity only occurred 3 days and independent reading activity only occurred 4 days. Due to the Z as story reader was being sick and K activity that spends too much time watching TV; these have resulted achievements are not maximized."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38276
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arinta Adyanti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi untuk meningkatkan
pengetahuan ibu mengenai mediasi orang tua (parental mediation) dalam kegiatan
menonton televisi anak usia dini. Penyusunan psikoedukasi melalui 3 tahapan, yakni
(1) melakukan asesmen kebutuhan, (2) menyusun rancangan besar psikoedukasi, serta
(3) menyusun modul. Pengujian dilakukan menggunakan pretest dan post-test
terhadap 16 ibu ibu dari anak usia prasekolah yang berasal dari kalangan sosial
ekonomi bawah. Hasil analisa dengan menggunakan wilcoxon signed rank test
menunjukkan psikoedukasi secara signifikan meningkatkan pengetahuan orang tua
mengenai mediasi orang tua (parental mediation) dalam kegiatan menonton televisi
anak usia dini.

ABSTRACT
This study aims to examine the effectiveness of psychoeducation to improve maternal
knowledge about parental mediation in early childhood television viewing activity.
The preparation of psychoeducation are done through 3 stages, namely (1) conducting
needs assessment, (2) preparing the grand design of psychoeducation, and (3)
developing modules. The tests were conducted using pretest and post-test of 16
mothers of preschool-aged children from lower socioeconomic groups. The results of
the analysis using the wilcoxon signed rank test show that psychoeducation
significantly improves maternal knowledge about parental mediation in early
childhood television viewing."
2017
T48390
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mimi M. Lusli
Depok: Pusat Kajian Disabilitas FISIP UI, 2012
155.916 MIM k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Fida Juwitasari
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang upaya menumbuhkan minat baca pada anak usia dini di Taman Pengembangan Anak Makara TPAM Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang sesuai dengan emergent literacy literasi dasar yang diterapkan oleh pengajar pendidikan anak usia dini secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi upaya penumbuhan minat baca anak usia dini yang diterapkan pada Taman Pengembangan Anak Makara Psikologi UI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian ini adalah wakil koordinator TPAM, fasilitator dan co-fasilitator, dan orangtua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya upaya yang diterapkan oleh TPAM dalam menumbuhkan minat baca pada anak usia dini yang terlihat dari program kegiatan di tempat tersebut. Upaya tersebut adalah menyisipkan pengenalan literasi sesuai perkembangan bahasa anak, menggunakan media yang menarik ketika mendongeng dan bercerita, membacakan buku kepada anak sebelum tidur, mengajarkan anak untuk mencintai buku, menyampaikan isi buku dengan kreatif dan efektif, dan memberikan pelatihan kepada para pengajar di TPAM.

ABSTRACT
This research discusses the attempts to foster reading interest for children at early age at Taman Pengembangan Anak Makara TPAM , Faculty of Psychology, Universitas Indonesia that is compatible with emergent literacy implemented by effective early childhood teachers. The goal of this research is to identify the attempts made by Taman Pengembangan Anak Makara Psikologi UI to increase reading interest. This research uses qualitative approach with case study method. The informants of this study were vice coordinators of TPAM, facilitators and co facilitators, and parents of students. The result of this research aims to show that there are efforts seen from the activities held there. The efforts are infusing literacy introduction to children 39 s language development, using interesting media when telling stories, reading books to children before bedtime, teaching children to love books, delivering books creatively and effectively, and providing training to the facilitators in TPAM. Overall, TPAM has been paying attention to children 39 s development from every aspect, including attempts to foster children 39 s reading interest. However, these attempts are expected to be maximized by increasing the collection of books on TPAM. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Khoiriyah Uswah
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran orang tua dalam pemilihan bahan bacaan anak di Perpustakaan Rimba Baca yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran orang tua terkait kebebasan anak dalam memilih bahan bacaan yang disukainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus pembahasan yaitu dengan menganalisis peran orang tua serta beberapa aspek seperti latar belakang pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, serta cara berkomunikasi orang tua yang kemudian dikaitkan dengan preferensi pemilihan bahan bacaan anak, mencakup karakteristik bahan bacaan anak, jenis bahan bacaan anak, strategi pencarian dan pemilihan bahan bacaan anak, perbedaan gender, aspek-aspek yang berkembang dalam diri anak, kemampuan, serta motivasi dan minat.
Hasil penelitian ini yaitu, baik secara langsung maupun tidak langsung, orang tua memiliki peran besar dalam proses pemilihan bahan bacaan anak. Salah satu peran yang dilakukan orang tua yaitu seringnya orang tua mengajak anaknya untuk pergi ke perpustakaan dan memperkenalkan berbagai jenis bahan bacaan. Dalam proses pemilihannya di Perpustakaan Rimba Baca, tidak semua orang tua memberikan kebebasan secara langsung kepada anaknya untuk memilih suatu bahan bacaan tertentu, melainkan dengan membimbing, mengawasi serta memberi saran terhadap suatu bahan bacaan yang bagus menurut orang tua informan. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan peran setiap orang tua menyebabkan perbedaan jenis bahan bacaan yang dipilih dan diminati oleh anak.

This research discusses the role of parents toward children reading material selection at Rimba Baca Library. The purpose of this research is to describe how the role of parents related to children?s freedom for selecting reading material. This research is done by applying qualitative approach and case study method. The focus of the discussion is to analyze the role of parents as well as some aspects such as the educational background of parents, occupation, and the way they communicate and relate them with the selection of reading material preferences, including reading material characteristics, types of reading materials, search strategies and reading material selection, gender differences, develop aspects in children, children's ability, motivation and interest.
The result showed that, either directly or indirectly, parents have a major role in the process of children reading material selection. One of the role of the parents is they often encourage their children to go to the library and introduce various types of reading materials. In reading material selection process at Rimba Baca Library, not all parents give the freedom for their children to choose their reading materials, but also by guiding, supervising and providing advice on a good reading materials. It can be concluded that the difference in the role of each parent cause different types of reading materials chosen and preferred by children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S62579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>