Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172735 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Edeline Patricia Lase
"Official destination website (ODW) merupakan salah satu media digital tourism marketing untuk mempromosikan destinasi pariwisata tertentu dengan memberikan pengalaman yang berkesan secara daring kepada pengunjung ODW. Penelitian ini menganalisis pengaruh perceived quality official destination website (ODW) terhadap intention to visit destinasi pariwisata melalui moderasi online destination brand experience (ODBE). Penelitian ini dilakukan terhadap individu yang berdomisili di Jabodetabek yang pernah menggunakan ODW Wakatobi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan mengambil data dengan menyebarkan kuesioner secara daring melalui Google Form terhadap 150 responden. Untuk menganalisis data, Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 3 digunakan sebagai teknik analisis data penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terhadap pengaruh yang signifikan antara perceived quality official destination website (ODW) terhadap intention to visit melalui moderasi online destination brand experience (ODBE) pada Wakatobi.

The official destination website (ODW) serves as one of the digital tourism marketing platforms aimed at promoting specific tourist destinations by providing a memorable online experience for ODW visitors. This research analyzes the influence of perceived quality official destination website (ODW) on intention to visit travel destination through the moderation of online destination brand experience (ODBE). The study focuses on individuals residing in Jabodetabek who have previously used the ODW Wakatobi. Employing a quantitative research approach, data were gathered through the distribution of online questionnaires via Google Form to 150 respondents. To analyze the data, Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) was employed using the SmartPLS 3 software as the data analysis technique. The results of this research demonstrate a significant influence of perceived quality official destination website (ODW) on intention to visit, moderated by the online destination brand Experience (ODBE) in the context of Wakatobi."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nufita Twandita Dewi
"Situasi pariwisata yang lumpuh selama pandemi membuat beberapa pengusaha dan perusahaan menggunakan teknologi VR untuk mengajak konsumen berwisata. Salah satunya adalah virtual reality, yang memberikan pengalaman destinasi pilihan kepada konsumen virtual dengan metode baru dan unik. Studi ini menggunakan perceived awareness dari kampanye perjalanan aman sebagai panduan perjalanan penting di era pandemi menjadi faktor moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh indera dan kualitas informasi pada arus dan niat kunjungan, dan moderasi dari kampanye perjalanan yang dianggap aman. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan mencantumkan pernyataan yang menyatakan bahwa responden pernah melakukan virtual travel dan belum pernah mengunjungi tempat tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 223 orang yang pernah mengikuti wisata virtual reality dan belum pernah ke tempat tujuan. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan AMOS 24 dengan metode SEM. Hasilnya menunjukkan bahwa indera sangat memengaruhi telepresence, dan informasi berkualitas secara positif memengaruhi pengalaman aliran. Kepuasan secara positif memengaruhi niat kunjungan dengan kampanye perjalanan aman yang dimoderasi. Hasil uji moderasi membuktikan bahwa tidak ada pengaruh dari kampanye perjalanan aman untuk mempengaruhi niat kunjungan pelanggan.

The paralyzed tourism situation during the pandemic has made some entrepreneurs and companies use VR technology to invite consumers to travel. One of them is virtual reality, which provides virtual consumers with the selected destination experience in a new and unique method. This study employed the perceived awareness of safe travel campaign as important travel guidance in the pandemic era to be a moderating factor. This study aims at analyzing the effect of sense and information quality on flow and visit intentions, and moderation from perceived safe travel campaigns. This study was quantitative and included a statement stating that the respondent had done virtual travel and had never visited the place. This study was conducted using the probability sampling method with a total of 223 respondents who had attended virtual reality travel and had never been to the destination. The data in this study was processed using AMOS 24 with the SEM method. The results show that sense strongly affected telepresence, and quality information positively affected the flow experience. Satisfaction positively affected visit intentions with a safe travel campaign as moderated. The result of moderation test proved that there was no effect from the safe travel campaign to influence customer visit intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Agustin Pratama Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh travel motivation dan destination image terhadap intention to visit halal destinaton yang dimoderasi oleh novelty seeking behavior. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 229 wisatawan nusantara. Peneliti menggunakan survey online sebagai cara memperoleh responden. Data diolah dengan menggunakan Equation Structural Modelling.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa faktor yang signifikan dan berhubungan positif terhadap intention to visit halal destination hanya travel motivation dan affective destination image. Untuk faktor lainnya tidak signifikan terhadap intention to visit halal destination. Selain itu, dalam penelitian ini juga diketahui adanya pengaruh moderasi baik dari cognitive destination image maupun affective destination image, meskipun begitu kedua variabel tersebut memiliki hasil pengaruh yang berbeda.

The purpose of this study is to understand the effect of travel motivation and destination image to intention to visit halal destination. This study also use novelty seeking behavior as moderating variable. This researh is quantitative research with 229 respondents. Researcher use online survey to get respondents. The data is processed by using Equation Structural Modeling.
The result of the research is only travel motivation and affective destination image that significant and positively related to intention to visit halal destination. The other factors not significant to intention to visit halal destination. In addition, in this study also known the influence of moderation both from cognitive destination image and affective destination image, although both variables have different effects.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52050
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Cahayani Rahayu
"Penelitian ini fokus pada pengaruh Pre-visit Destination Image terhadap Intention to Visit pada Flashpacker. Destination image adalah citra yang dirasakan seseorang tentang sebuah destinasi dan yang diukur dalam penelitian ini adalah pre-visit image atau image yang dirasakan sebelum melakukan kunjungan yang sebenarnya. Destination image berasal dari evaluasi afeksi yang dipengaruhi evaluasi kognisi, dan evaluasi kognisi dibentuk oleh motivasi wisata dan sumber informasi (Baloglu dan McCleary, 1999) yang didominasi oleh penggunaan jejaring dan media sosial (Govers dan Go, 2003).
Penelitian sebelumnya telah menunjukan hubungan positif antar variabel yang diteliti, namun karena penelitian tersebut dilakukan di Amerika, maka peneliti hendak membuktikan model yang digunakan dan melihat pengaruh antar variabel di Indonesia dengan membatasi subjek penelitian terhadap flashpacker yang didefinisikan sebagai traveler yang tech savvy, telah bekerja dan mapan namun tetap memiliki semangat berpetualangan layaknya seorang backpacker (Caniago, 2010, Paris, 2010). Alat ukur yang digunakan adalah model yang digunakan oleh Baloglu dan McCleary (1999) dengan responden sebanyak 235 yang mengunakan metode judgemental sampling dan snowball sampling. Setelah itu data diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi LISREL 8.7.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pre-visit Destination Image secara positif mempengaruhi Intention to Visit, yang berarti semakin tinggi image yang terpapar dan dirasakan oleh flashpacker akan menaikkan keinginan mereka untuk datang ke Destinasi Wisata. Maka dari itu, pemasar destinasi wisata dapat melakukan promosi kepada segmen flashpacker dengan cara menimbulkan citra yang sesuai dengan motivasi wisata melalui sumber informasi yang dekat dengan target, yaitu jejaring dan media sosial.

This research is focused on the effect of Pre-visit Destination Image towards Intention to Visit on Flashpacker. Destination image is an image that a traveler is perceived about a destination and this research is using a pre-visit image which is an image perceived before the actual visit. Destination image is made from Affective Evaluation and influenced by Cognitive Evaluation which is derived from Travel Motivation and Information (Baloglu dan McCleary, 1999) dominated by the usage of Media and Social Network (Govers dan Go, 2003).
The previous research has shown that there is a positive correlation among the variables yet the research was conducted in United States. Hence, the researcher is trying to prove the model in Indonesia and using a smaller segment as the subject. The subject used is Flashpacker, which is defined as a tech-savvy traveler with a bigger budget because they had a good job but still with a passion to explore and advanture like a backpacker (Caniago, 2010, Paris, 2010). This paper is using the model that was used by Baloglu and McCleary (1999). A survey is conducted involving 235 participants using judgmental sampling and snowball sampling via media and social network. Afterwards, the data is proccesed with Structural Equation Modeling (SEM) using LISREL 8.7.
The research founding shows that Pre-visit Destination Image is affecting Intention to Visit positively, which means if there is a raise in pre-visit destination image perceived by flashpacker, the more they willing to visit the destination. Henceforth, Destination Marketing Organization should put efforts in increasing the destination image in the flashpacker segment by juxtaposing the destinasion image with their motivation and using the information source they‟re using, which is the media and social network.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Dwi Handayani
"Peluang bisnis yang cerah dari sektor pariwisata mengakibatkan persaingan di hampir setiap sektor industri ini semakin meningkat Sebelum memilih destinasi wisata wisatawan biasanya mencari informasi untuk mendukung pengambilan keputusan mereka Saat ini banyak sarana yang bisa digunakan dalam pencarian informasi mengenai destinasi wisata salah satu media informasi modern yang sedang diminati saat ini adalah penyebaran e WOM dengan media Travel Blog Konten blog merupakan faktor penting untuk diketahui dan dipelajari agar dapat diketahui sifat konten seperti apa yang akan memberikan kenyamanan bagi pembaca Sifat sifat yang mengarahkan kepada kenyamanan dalam membaca blog berasal dari novelty reliability understandability dan interestingness yang terdapat pada konten blog tersebut Penelitian ini didesain untuk melihat bagaimana pengaruh sifat sifat yang mengarahkan kepada kenyamanan dalam membaca blog yang berasal dari novelty reliability understandability dan interestingness yang terdapat pada konten blog tersebut Penelitian dilakukan dengan sampel 105 responden yang pernah membaca travel blog Survey dilakukan secara offline dan online selama bulan April ndash Juni 2015 Metode analisis data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan metode Partial Least Square PLS Dan hasil analisis diperoleh hasil bahwa understandability dan interestingness memiliki pengaruh positif terhadap blog usage enjoyment dan blog usage enjoyment memiliki pengaruh positif terhadap behavioral intention.

Bright opportunity from tourism sector affects competion in most of every sector in this industry increase Before selecting destination most of tourist find information for support their decion makin process Today there are many channel that can be used to find information about travel destination one of them is Travel Blog Blog contents are important factor to be known and learned so what kind of blog that can give enjoyment to their reader can be identified That blog content factor that can drive their reader to the enjoyment when reading blog are novelty reliability understandability and interestingness from their blog This study was designed to see the inflence of blog usage enjoyment that came from novelty reliability understandability andinterestingness from that blogs content The study was designed to see how blog content factors can influence their readers enjoyment that come from novelty reliability understandability and interestingness from that blog content The study was conducted with a sample of 105 respondents of people that have experience use travel blog The survey was conducted offline and online during the month April ndash June 2015 Data analysis methods used are the multivariate analysis by Partial Least Sqare method And analytical results obtained results that understandability andinterestingness have a significant positive effect on blog usage enjoyment and blog usage enjoyment has a significant positive effect on behavioral intention K."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61025
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Ary Wiwekananda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, dan attitude toward destination di sektor pariwisata. Dalam hal ini peneliti memberikan beberapa batasan penelitian terkait objek yang akan diteliti yaitu online review dengan destinasi Lombok. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel sebagai responden yang memiliki kriteria pernah membaca ulasan perjalanan online untuk destinasi Lombok dan belum pernah berkunjung ke Lombok. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 163 orang responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity dan attitude toward destination memiliki pengaruh yang positif terhadap travel intention seseorang terhadap destinasi Lombok, dimana variabel dengan pengaruh terbesar terhadap travel intention adalah destination image.

This study aims to determine and analyze the influence of electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, and attitude towards destination in the tourism sector. In this case the researchers provide several limitations of research related to the object to be studied, namely online review with the destination of Lombok. Data obtained by distributing questionnaires to the sample as respondents who have criteria; have read online travel reviews for Lombok destinations and have never been to Lombok. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. Samples collected were 163 respondents. Data analysis using Partial Least Square (PLS) and assisted by Smart PLS 3.0 software. Based on the results of data processing, it was found that electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity and attitude toward destination have a positive influence on a person's travel intention towards Lombok destination, where the variable with the greatest influence on travel intention is the destination image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Mutia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Social Comparison, Self Presentation, Constraints, Travel Envy Terhadap Intention To Visit Destination. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan menggunakan teknik snowball sampling dengan menggunakan googleforms. Kuesioner dibuat secara online pada link berikut: http://bit.ly/risettravelenvy Kemudian tautan kuesioner ini disebarkan melalui berbagai aplikasi instant messaging seperti LINE, WhatsApp, dan Instagram Message. Total kuesioner yang tersebar dan terkumpul adalah sejumlah 229 dengan jumlah responden yang lolos dalam kualifikasi sejumlah 229 responden. Sampel penelitian yang telah terkumpul sebanyak 229 tersebut merupakan representatif dari pengguna Social Network Site Instagram terdiri dari jenis kelamin pria sebanyak 103 (44,7%) dan wanita sebanyak 126 (55,3%). Metode statistik menggunakan Structural Equation Model dengan software AMOS 24.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima dan berpengaruh signifikan, hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Nick Hajli, Yichuan Wang, Mina Tajvidi (2018).

This study aims to determine the relationship of Social Comparison, Self Presentation, Constraints, Travel Envy to Intention to Visit Destination. Data collection was done by questionnaire distributed using the snowball sampling technique using googleforms. The questionnaire was made online at the following link: http://bit.ly/risettravelenvy Then the link to this questionnaire was disseminated through various instant messaging applications such as LINE, WhatsApp, and Instagram Message. Total questionnaires spread and collected were 229 with the number of respondents who passed the qualifications of 229 respondents. 229 research samples that have been collected are representative of Instagram Social Network Site users consisting of 103 (44.7%) male and 126 (55.3%) women. The statistical method uses the Structural Equation Model with AMOS 24.0 software. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted and have a significant effect, this is in line with previous research conducted by Nick Hajli, Yichuan Wang, Mina Tajvidi (2018)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stacia Reviany Mege
"ABSTRACT
The increasing popularity of reality shows renders them as potential media for tourism promotion. However, there is limited research regarding the impact of destination exposure in reality shows. This study aimed to investigate the impact of destination exposure in television reality shows on destination image, familiarity, and travel intention. To test the hypotheses, a within subject experiment was conducted. A worldwide popular reality show, The Amazing Race, was used as a stimulus for the participants. The results revealed that, in general, both cognitive and affective destination im- ages were rated higher after watching the reality show. Furthermore, familiarity with the destination and travel intention to the destination increased after watching the destination in the reality show. The result of this study will be useful for destination marketing organization and the government to explore alternative promotional media and aid the promotion of tourism destination."
Depok: Department of Management Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia, 2017
658 AMJ 9:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Ayu Ditha Ambarawati
"Dalam situasi yang semakin kompetitif serta tantangan yang lebih besar dalam industri pariwisata, suatu destinasi memerlukan pemahaman yang baik mengenai destination image dan hubungannya dengan behavioral intention agar dapat bertahan dan sustainable di pasar yang semakin kompleks.Penelitian ini menguji dimensi dari destination image (cognitive, affective, dan unique image) terhadap behavioral intention.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 wisatawan domestik di Bandung.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan multiple regression.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dua dimensi destination image (affective and unique image) merupakan dimensi yang berpengaruh pada behavioral intention wisatawan domestik di Bandung.

The competitive situation and greater challenges within the tourism industry entail a better understanding of a destination image toward future behavioral intention to make a sustanaible position in the competitive market. This study examines the dimensions of destination image (cognitive, affective, and unique image) toward behavioral intention of domestic tourist to Bandung. This research uses a quantitative methodology using responses given by 100 domestic tourist. Analysis technique of the data used in this study is multiple regression.
The results showed that two dimensions of destination image (affective and unique image) are significant dimensions of domestic tourists‟s behavioral intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S56733
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vinesya Jeanette Sasmitawidjaja
"Penelitian ini bertujuan untuk menemukan anteseden-anteseden halal destination brand equity dan pengaruhnya terhadap tourist motivation dan travel revisit intention pada 10 destinasi pariwisata halal yang dipilih Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berdasarkan Indonesian Muslim Travel Index 2019. Data penelitian didapatkan dari 413 wisatawan nusantara pada generasi X dan Y yang pernah mengunjungi salah satu dari destinasi halal tersebut selama 5 tahun terakhir dan metode structural equation modeling (SEM) digunakan untuk mengolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 dari 5 anteseden halal destination brand equity tidak berpengaruh signifikan, yaitu halal destination awareness dan halal destination image. Selain itu, ditemukan bahwa halal destination brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap tourist motivation dan travel revisit intention pada pariwisata halal di Indonesia.

This research aims to find the effect of halal destination brand equity’s antecedents on tourist motivation and travel revisit intention on Indonesia’s 10 halal tourism destinations. The research data was collected from 413 domestic tourists from X dan Y generations who visited one of those halal tourism destinations for the last 5 years and analyzed by structural equation modeling (SEM) technique. This research revealed that 2 of 5 antecedents, halal destination awareness and halal destination image, do not have a significant effect to halal destination brand equity. Rather than that, this also revealed that there was a positive and significant effect between halal destination brand equity to tourist motivation and travel revisit intention on Indonesia’s halal tourism destinations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>